Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1012 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Stefani Hid
Depok: Katakita, 2004
899.221 HID s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Krishna, Anand
Jakarta: Gramedia , 2005
158.1 KRI s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Indah Kartika
"Penelitian ini membahas tentang idiom-idiom dalam bahasa Rusia yang menggunakan kata ‘jiwa’. Kata ‘душа / duša / jiwa’ memiliki makna mendalam untuk mengungkapkan sikap, nilai, dan harapan bangsa Rusia. Data yang digunakan berasal dari buku elektronik berjudul A Book of Russian Idioms Illustrated yang ditulis oleh Dubrovin tahun 1980. Penelitian ini bertujuan menjelaskan makna idiom-idiom dalam bahasa Rusia yang menggunakan kata ‘jiwa’ melalui skema citra. Penelitian ini menggunakan teori metafora konseptual oleh Lakoff dan Johnson (2003) dan teori skema citra oleh Croft dan Cruse (2004). Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini, yaitu jenis metafora mendominasi adalah metafora orientasional, sedangkan jenis skema citra yang mendominasi adalah space dan container.
This study discusses the idioms in the Russian language using the word ‘soul’. The word ‘душа / duša / soul’ has a deep meaning to express the attitudes, values and hopes of the Russian nation. The data used is from an electronic book entitled A Book of Russian Idioms Illustrated written by Dubrovin in 1980. This study aims to explain the meaning of idioms in Russian using the word 'soul' through image schema. This study uses the conceptual metaphor theory by Lakoff and Johnson (2003) and image schema theory by Croft and Cruse (2004). The method used is descriptive analysis. The results of this study are the most common type of metaphor found is orientational metaphor, while the dominating types of image schemes are space and container."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Stevens, R. Paaul
Jakarta: Literature Perkantas IKAPI, 2012
248.408 STE t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Phillo Dominikus Pius Jacobus Naraha
"Apa dan bagaimana itu jiwa manusia ? Herakletos, mengajak kita menatap ke langit dan melihat pijaran (kobaran) api abadi sambil berkata: ?The soul as fiery in nature: To souls it is death to become water, to water death to become earth, but from earth water is born, and from water soul. Herakletos, jiwa-jiwa makluk dan jiwa manusia dihasilkan dari bahan lain seperti api (abadi itu) yang memiliki dimensi tak terbatas. Sokrates dalam Plato, menegaskan bahwa ?tubuh akan mati (hancur), sementara jiwa terusmenerus dilahirkan kembali (berinkarnasi) dalam tubuh berikutnya?. Aquinas memberi kita pupuk dan air, katanya siram dan rawilah dia, karena ketika tiba saatnya dia akan muncul. Kata Thomas Aquinas; Allah menentukan hukum universal kehidupan yang berlangsung terus dalam proses evolusi manusia, ketika materi (janin) memenuhi syarat-syarat hukum evolusi universal, maka jiwa akan timbul (Immitere). jiwa diletakan dalam materi (tubuh); Matahari pun terbitbersinar di pagi itu dan ia (jiwa) pun muncul. Pertanda kehidupan baru telah di mulai.
Dari tiga gagasan in kata pastikan bahwa Jiwa telah bertanda dalam tubuh manusia. Kemudian Aristoteles member kita spidol dan tali. Ia meminta kita meberi tanda dan menyatukan tiang pagar dengan simpulan tali sehingga menghasilkan areal khusus yang sibatasi pagar. Kemudian kata Arsitoteles bahwa: ?hanya tubuh fisik dikelilingi oleh tubuh lain yang (secara nyata) dalam ruang, karena ruang tubuh adalah defined sebagai batas dalam tubuh yang mengelilinginya? (Teori Ruang). Selanjutnya Thales meminta kita membuat eksperiment agar membuktikan bahwa Apakah benar jiwa kita tetap berada dalam ruang tubuh. Ia memberi kepada kita sebatang besi magnet dan bebrapa jarum. Jarum ditaburkan diseputar besi magnet. Perhatikan apa yang terjadi?!, kemudian Thales mengatakan itulah kekuatan energi jiwamu (teori magnet).
Kini, kita harus memenuhi undangan Sigmund Freud untuk menyaksikan kompentisi perebutan piala drive, yaitu pertandingan gulat antara Id, Superego dan Ego di dalam ring jiwa (Personality Theory). Babak penyisihan pun berakhir, dan entah kenapa salah satu pegulat dijebloskan ke penjara. Maka Platonis memberi kita kunci dan Plato meminta kita ke ruang sel, membuka gemboknya dan melepaskan rantai besi yang membelenggu sang pegulat dan membawa dia keluar dari penjara. Maka jiwa itu telah bebas dan dapat beraktivitas kembali. Seperti kata Platonis (Neoplatonisme): ?Jiwa yang dirantai, rindu untuk melarikan diri dari belenggu tubuh dan kembali ke sumber asalnya?.
Selanjutnya Homer memberi kita kamera dan mengajak menemaninya meliput perang, dengan istruksi: dengarkan dengan cermat apa yang dikatakan oleh perang: "Kematian pahlawan, jiwanya pergi ke Hades...(kata penulis), sedangkan mereka sendiri yang tertinggal di medan perang setelah kematian? (Puisi pengantar ke Illiad). Selanjutnya terdengar suara Plato: jiwa mereka bukan ke Hedes tetapi ke Dunia Kayangan. Para Theolog, membantah; Bukan ke Kayangan tetapi ke Surga kembali ke sang Pencipta. Sementara debat, terdengar pekikan keras dari dunia bawah kematian: Semuanya salah, jiwa mereka kini sementara menuju ke Neraka (Iblis), disanalah tempat keabadian jiwa mereka. Itulah kata Filsuf dan Ilmuan tentang Jiwa manusia dan tentang jiwa mereka.

What and how the human soul? Herakletos, invites us to stare into the sky and see the flame (flame) eternal flame, saying: "The soul as Fiery in nature: To souls it is death to Become water, to water death to Become earth, but from earth water is born, and from water soul. Herakletos, souls and the souls of human beings produced from other materials such as fire (eternal) which has infinite dimension. Socrates in Plato, asserts that "the body will die (destroyed), while the soul continually reborn (reincarnated) in the next body." Aquinas gives us the fertilizer and water, flush and rawilah he said, because when the time comes he will emerge. Thomas Aquinas; God determine the universal law of life that goes on in the process of human evolution, when the material (the fetus) meets the requirements of the law of universal evolution, then the soul will arise (Immitere). soul placed in the material (body); sun was rising, shining in the morning and he (the soul) appeared. A sign of new life has begun.
Of the three ideas in words make sure that the soul has been marked in the human body. Then Aristotle gives us markers and ropes. He asks us to give the stolen signs and fence posts together with a knot the rope so as to produce a special area that sibatasi fence. Then said Arsitoteles that: "only the physical body is surrounded by other bodies which (significantly) in the space, because space is defined as the boundary of the body in the body that surrounds it" (Theory Room). Furthermore, Thales is asking us to make experiments to prove that Is it true that our souls remain in the body space.He gave us an iron bar magnet and miraculous needle. Sown around each magnetic iron needle. Watch what happens ...!, Then Thales said that the power of your soul energy (magnetic theory).
Now, we have to meet Sigmund Freud's invitation to witness the struggles kompentisi cup drive, which is a wrestling match between the Id, Superego and Ego in the ring soul (Personality Theory). Preliminary round was over, and somehow one of the wrestlers thrown in jail. Platonic then gives us the key and Plato asks us to space the cells, open the lock and release the iron chains which bind the wrestler and take him out of jail.Then the soul is freed and can return to work. Like the Platonic word (Neoplatonism): "The soul is chained, longing to escape from the shackles of the body and return to the original source."
Furthermore, Homer gives us a camera and took with him covering the war, with istruksi: listen carefully to what the war: "The death of a hero, his soul went to Hades ... (says the author), while they themselves are left on the battlefield after death" (Poetry preface to the Iliad). Then came the sound of Plato: their soul is not to Hedes but to the World of Heaven. Theologians, denied; not to Heaven but to return to the Creator of Heaven. While the debate, there was a loud shriek from the underworld of death: Everything wrong, while their souls are now headed to Hell (Satan), that's where the immortality of their souls. That said the Philosopher and Scientist of the human soul and of their souls."
Depok: Universitas Indonesia, 2011
T29646
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Chong, Ki-yong, 1945-
[Seoul] : Hyunsil Munhwa, 2008
KOR 722.13 JUN s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Cosmas D. Gozali
Jakarta: Kompas Gramedia, 2012
R 720 COS s (1)
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Aafini Rizqia Kamal
"Air memiliki dualisme identitas, dimana air memiliki kemampuan untuk menandai perpindahan dari satu kondisi psikologis ke kondisi psikologis lainnya. Air juga seringkali direpresentasikan dalam simbolisasi yang menceritakan dua hal berbeda yang saling berlawanan, seperti keselamatan dan bencana, kebahagiaan dan malapetaka, atau hidup dan mati. Dengan melihat kemungkinan ini, tugas akhir ini mengeksplorasi kemampuan air dalam membalikkan persepsi untuk menyembuhkan pikiran yang sakit. Arsitektur air ini mengkoreografikan air kedalam berbagai bentuk dan pergerakan, menciptakan pengalaman-pengalaman atmospheric sepanjang journey of healing. Dihadirkan dalam sebuah wellness resort yang berlokasi di Hakusan, Ishikawa, Jepang, proyek ini membantu para pengunjung untuk mencapai kesehatan holistik yang melingkupi kesehatan jiwa, raga, dan pikiran.

Water has a duality in its identity, in which water has the ability to mark the passage from one psychological condition to another. Water is also oftentimes represented in an opposing symbolization, where it shows two things that are opposite to one another, like salvation and catastrophe, blissfulness and disaster, or life and death. Understanding this possibility, this final project explores water’s ability to reverse perception in order to heal the sick mind. This water architecture choreographs water into various states and motions, creating atmospheric experiences through the journey of healing. Presented in a wellness resort that is located in Hakusan, Ishikawa, Japan, this project aims to help the visitors to achieve holistic health which includes the health of the mind, body, and soul."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aafini Fizqia Kamal
"Air memiliki dualisme identitas, dimana air memiliki kemampuan untuk menandai perpindahan dari satu kondisi psikologis ke kondisi psikologis lainnya. Air juga seringkali direpresentasikan dalam simbolisasi yang menceritakan dua hal berbeda yang saling berlawanan, seperti keselamatan dan bencana, kebahagiaan dan malapetaka, atau hidup dan mati. Dengan melihat kemungkinan ini, tugas akhir ini mengeksplorasi kemampuan air dalam membalikkan persepsi untuk menyembuhkan pikiran yang sakit. Arsitektur air ini mengkoreografikan air kedalam berbagai bentuk dan pergerakan, menciptakan pengalaman-pengalaman atmospheric sepanjang journey of healing

Water has a duality in its identity, in which water has the ability to mark the passage from one psychological condition to another. Water is also oftentimes represented in an opposing symbolization, where it shows two things that are opposite to one another, like salvation and catastrophe, blissfulness and disaster, or life and death. Understanding this possibility, this final project explores water’s ability to reverse perception in order to heal the sick mind. This water architecture choreographs water into various states and motions, creating atmospheric experiences through the journey of healing"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2021
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Heathcote, Edwin
Chichester: Academy Editions, 1997
720.92 HEA i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>