Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 115892 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Inu Kencana Syafiie
Jakarta: Bumi Aksara, 1995
297.632 INU i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Inu Kencana Syafiie
Jakarta: Rineka Cipta, 1996
297.6 INU a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Baiquni
Yogyakarta: Dana Bakti Wakaf , 1994
297.6 ACH a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy
Djakarta: Bulan Bintang, 1971
297.32 TEU i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hizbut Tahrir
Jakarta: HTI-Press, 2006
321 HIZ at
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Daulay, Saleh Partaonan
"Kitab Taj Al-Salatin merupakan salah satu kitab yang ditulis oleh seorang pujangga besar sastra Melayu yang hidup pada kisaran abad ke-17 di kerajaan Aceh Darussalam. Terdapat dua penafsiran mengenai asal-usul dan keberadaan pujangga ini. Pendapat pertama menyatakan bahwa dia adalah seorang pujangga Parsi yang juga kebetulan seorang ahli permata (al-jauhari). Sedangkan pendapat kedua mengatakan bahwa kitab ini ditulis dalam bahasa Melayu dan di dunia Melayu oleh seorang pujangga yang berasal dari daerah yang berbahasalarsi. Dari kedua pendapat tersebut, sebagian besar ahli sastra Melayu lebih cenderung memakai pendapat kedua. Hal ini disebabkan banyaknya persesuaian antara penjelasan yang dikemukakan dalam kitab tersebut dengan fenomena sosial politik yang berkembang pada masa itu di kerajaan Aceh Darussalam. Persesuaian itu dapat dilihat dari aspek struktur pemerintahan, pembagian daerah kekuasaan, dan pembagian tugas di kalangan aparatur pemerintahan. Sebagai sebuah karya sastra, kitab T/ al-Salatin disajikan dalam bentuk yang sangat memikat dengan mempergunakan unsur-unsur estetis sebagai pendukungnya. Keindahan karya ini dapat dirasakan dengan memperhatikan dua prinsip dasar yang dikemukakan oleh penulis yaitu prinsip asl dan fiiru'. Asl adalah prinsip dasar bagi seluruh fenomena yang ditetapkan?"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
T11437
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Badawi, M. Taha
"Buku ini berisi tentang Hukum-hukum dalam negara."
Kairo: Dar al-Ma`arif, 1955
ARA 297.65 BAD q
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: INIS, 1993
297.65 ISL
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Heri Herdiawanto
"Studi ini mengkaji pemikiran politik HAMKA mengenai Islam dan negara dalam perdebatan-perdebatan dasar negara yang berlangsung di Dewan Konstituante 1956-1959. HAMKA termasuk dalam kelompok pembela dasar negara Islam bersama Mohammad Natsir di fraksi Masyumi, memperjuangkan syariat Islam dihadapan fraksi-fraksi lain Nasionalis, Islam, Komunis dan Sosialis, Katholik-Protestan dan anggota Konstituante yang tidak berfraksi.
Secara khusus mengkaji permasalahan tentang mengapa Islam diperjuangkan sebagai dasar negara oleh HAMKA dan bagaimana pemikiran HAMKA mengenai hubungan Islam dan negara serta bagaimana pandangan HAMKA tentang Pancasila.
Metode penelitian ini adalah jenis penelitian pustaka dengan studi literatur atau dokumen yang terdiri dari data primer dan sekunder serta diperkuat dengan wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori relasi agama (Islam) dan negara.
Studi ini menemukan Panama, menurut HAMKA perjuangan Islam sebagai dasar negara adalah sebagai kelanjutan cita-cita sejarah pergerakan nasional Indonesia. Kedua, ditemukan bahwa perdebatan Konstituante adalah pengulangan debat ideologis Islam dan nasionalis dalam soal perumusan Piagam Jakarta. Ketiga studi ini juga menemukan pandangan HAMKA bahwa Sila Ketuhanan Yang Maha Esa itu berarti Tauhid atau konsep meng-Esakan Allah SWT. Hal itu berarti sila pertama sebagai sumber moral dan etik sila lainnya, sekaligus menegaskan bahwa negara Indonesia berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa.
Adapun implikasi teori penelitian ini adalah memperkuat pemikiran Islam secara legal formal yaitu pemikiran yang menghendaki agar Islam secara formal memainkan peran utama dalam kehidupan bernegara. Kesimpulannya adalah masyarakat Indonesia adalah masyarakat heterogen dari' segi agama. DaIam anti bahwa, secara konstitusional, negara mengakui keberagaman agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia dan menjamin kebebasan setiap individu untuk memeluk agama dan merealisasikan ajaran yang diyakininya, dalam segala aspek kehidupan sehingga HAMKA dalam Konstituante menyatakan perjuangan untuk mendirikan negara berdasarkan Islam bukan negara sekuler bagi kelompok Islam adalah kelanjutan cita-cita wasiat sejarah.

This study examines the political thought of Hamka on Islam and state in the debates on basis of the state in the Constituante 1956-1959. Hamka is one of the members of defender of Islam as basis of the state opposed to other factions such as Nationalist, Communist and Socialist, Catholic and Protestant, and non-faction members.
This study focuses on the question of why Islam is fought as a basis of the state by Hamka and what is his idea on Pancasila.
The method of the research is literature study based on primary and secondary data sources and strengthens by interview. In this study, the theory of relation of religion and state is applied.
The study finds that 1) according to Hamka, the struggle for Islam as the state basis is the continuation of national struggle history; 2) it is found that the debates in Constituante is a repetition ideological debate between Islam and nationalism on Jakarta Charter; and 3) the study founds that Hamka's view on Oneness of the God in Pancasila is similar with tauhid in Islam. It means that the first item in Pancasila is a basis of moral and ethic for other items and confirms that Indonesia is based on Oneness of the God.
Meanwhile, the theoretical implication of the study strengthens Islamic thought Iegally and formally which desires Islam as a formal basic value in the state. The conclusion is that Indonesian society is heterogenic in religion. It means that the state, constitutionally, acknowledges the heterogeneity of religion in Indonesian society and guarantees freedom of every individual to embrace and implement their religion in the whole aspects of life so that Hamka in Constituante stated that the struggle to make Islamic base of state and not secular state for Islamic group is a continuation of historical heritage.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
T21465
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>