Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 53438 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hendricks, Gay
Bandung: Kasifa, 2002
153.35 HEN c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Grossman, Stephen R.
London: Wordware, 1988
658.314 GRO i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Amin Syufangat M
"ABSTRAKSI
Bersamaan dengan program pelaksanaan pembangunan nasional di segala bidang kehidupan dan seluruh wilayah Nusantara, khusus di Jakarta dan di kota-kota besar lainnya banyak terjadi berbagai jenis kejahatan. Padahal, "beban yang besar dan korban yang fatal akibat kejahatan jelas merupakan ancaman dan hambatan bagi usaha pembangunan yang ingin mendekatkan kesejahteraan umat manusia" (Soedjono, 1983: 5).
Berdasarkan pengamatan, laju kriminalitas cenderung meningkat baik secara kuantitas maupun secara kualitas dan masih rendahnya perkara tindak pidana yang dapat diselesaikan (Mabes Polri, 1983, Soejarwo, 1985, Sanusi, 1987, Suara Pembaruan, 1988). Reserse sebagai pengemban fungsi melaksanakan tugas pokok Polri di bidang "represif justisiil"; pemberantasan kriminalitas. Reserse berperan membuat terang suatu tindak pidana yang terjadi sehingga pelaku dapat dituntut dan mendapat putusan Pengadilan (Soesilo, 1976), masih terdapat kelemahan (Soedjarwo, 1983, Soesetio, 1983. Suara Karya, 15 Juni 1989). Oleh karena itu Polri dalam program kerja memprioritaskan peningkatan fungsi reserse, di samping fungsi lain (Sanusi, 1986).
Bila dikaji mengenai tugas reserse dan kegunaan kreativitas yang dikatakan Rahardjo (1968) dan Sanusi (1987c) bahwa reserse adalah sebagai juru tafsir dan transformator hukum, Sebagai penegak hukum "jalanan" yang bersifat telanjang memiliki risiko yang cukup tinggi, pekerjaannya berkualitas ganda bahkan majemuk dan kedudukannya dalam sistem penyelenggaraan hukum pidana pada pos terdepan sebagai pemburu kejahatan yang tidak mengenal menyerah meskipun masalah yang dihadapi lebih banyak di luar batas-batas yang sudah dikenal. Sedang kegunaan kreativitas dalam hal ini dikatakan Sanusi (1987c) dan Lantang Harahap (1987) kreativitas berguna untuk mengantisipasi kemajuan dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks dan untuk menemukan cara-cara baru yang lebih tepat dan cepat dalam mengatasi masalah-masalah peningkatan kualitas tindak pidana. Disamping dapat mendorong semangat kerja keras, memberikan kesukaan dan kepuasan, mendorong semangat juang dan ketahanan untuk tidak berhenti berjuang, mencambuk untuk mencapai tujuan serta merupakan sarana mengembangkan kepribadian dan memotivasi perbaikan-perbaikan kualitas dan kuantitas hidup. Muncullah dugaan ada hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kreatif, sikap kreatif dan keberhasilan tugas bintara reserse.
Sebagai konsekuensi logis dari dugaan tersebut maka dalam peningkatan fungsi reserse seyogyanya mencakup aspek kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif para petugas, baik melalui program pendidikan, penempatan maupun pengalaman (lama tugas). Karena ketiga faktor tersebut cukup besar pengaruhnya terhadap proses pengembangan kreativitas sebagaimana dikatakan Utami Munandar (1984) bila ditinjau dari segi pendidikan bakat kreatif dapat dipupuk dan dikembangkan, tetapi bakat itu dapat pula terhambat dan tidak terwujud. Demikian pula Selo Soemardjan mengatakan bahwa timbul dan tumbuhnya kreativitas dan selanjutnya berkembang suatu kreasi yang diciptakan oleh individu tidak dapat luput dari pengaruh kebudayaan serta pengaruh masyarakat di mans individu itu hidup dan bekerja (1983). Campbell pun mengatakan bahwa orang-orang kreatif biasanya sudah lama hidup dalam lingkungan orang-orang yang dapat menjadi contoh (1986).
Ungkapan ini menunjukkan bahwa upaya pengembangan kreativitas melalui pendidikan, penempatan maupun lama tugas terhadap pengembangan kreativitas bukan dengan sendirinya akan terwujud tetapi diperlukan suatu kondisi yang secara sadar mengarah kepada peningkatan kreativitas.
Di lingkungan Polri selama ini belum pernah dilakukan penelitian mengenai kreativitas hubungannya dengan keberhasilan tugas, tingkat pendidikan, penempatan dan lama tugas bintara reserse. Maka dapat dikatakan penelitian ini sebagai pendahuluan dalam rangka penjajagan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif tidak ada hubungan dengan keberhasilan tugas, tingkat pendidikan dan lama tugas. Namun pada kemampuan berpikir kreatif maupun sikap kreatif terdapat perbedaan antara bintara reserse dan sabhara. Di mana kemampuan berpikir kreatif bintara reserse lebih tinggi daripada bintara sabhara, tetapi pada sikap kreatif (sementara) bintara reserse lebih rendah daripada bintara sabhara.
"
1989
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maridha Normawati
"Student engagement pada mahasiswa selama kuliah daring mengalami penurunan ketika pandemi COVID-19. Salah satu mata kuliah yang sulit dipelajari selama pembelajaran daring yaitu Statistika. Statistika dianggap sulit dipelajari oleh mahasiswa Psikologi karena banyak menggunakan perhitungan padahal penguasaan Statistika dibutuhkan untuk menganalisis hasil penelitian. Faktor-faktor seperti perilaku mengajar dosen dan strategi mahasiswa dalam meregulasi dirinya dapat memengaruhi student engagement selama kuliah Statistika. Penelitian bertujuan untuk menguji peran self-regulated learning sebagai mediator dalam hubungan antara persepsi terhadap creativity fostering teacher behavior dan student engagement. Responden yang terlibat dalam penelitian sebanyak 460 mahasiswa S1 Psikologi dari berbagai universitas di Indonesia. Uji mediasi dilakukan menggunakan software RStudio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat mediasi parsial melalui self-regulated learning pada hubungan antara persepsi terhadap creativity fostering teacher behavior dan student engagement. Hasil uji mediasi juga menunjukkan bahwa efek langsung (0,254) lebih kecil dibandingkan efek tidak langsung (0,349). Hasil uji mediasi tersebut menjelaskan bahwa peran self-regulated learning sebagai mediator lebih memberikan dampak kepada student engagement dibandingkan tanpa melalui mediator. Oleh karena itu, penelitian ini menemukan bahwa peran dari berbagai pihak seperti perilaku dosen dalam mendorong kreativitas dibutuhkan untuk meningkatkan self-regulated learning pada mahasiswa agar student engagement dapat berjalan optimal.

Student engagement during online learning has decreased during the COVID-19 pandemic. One of the subjects that is difficult to learn during online learning is Statistics. Statistics is considered difficult for Psychology students because it uses many calculations, even though mastery of statistics is needed to analyze research. Factors such as the lecturer's teaching behavior and students' Self-Regulation strategies can influence student engagement during a Statistics course. The research examines the role of self-regulated learning as a mediator in the relationship between perceptions of creativity fostering teacher behavior and student engagement. Respondents involved in the study were 460 undergraduate Psychology students from various universities in Indonesia. The mediation test was carried out using the RStudio software. The results showed partial mediation through self-regulated learning on the relationship between perceptions of creativity fostering teacher behavior and student engagement. The results of the mediation test also show that the direct effect (0,254) is smaller than the indirect effect (0,349). The mediation test explains that the role of self-regulated learning as a mediator will have more impact on student engagement than without a mediator. Therefore, this study discovered that the role of various actors, such as lecturer behavior to foster creativity is needed to improve student self-regulated learning so that student engagement can run optimally."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurhalim Shahib
Bandung: Alumni, 2003
153.35 NUR p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Pengembangan kewirausahaan sekolah merupakan trend baru yang mendukung pengembangan satuan pendidikan di berbagai tingkatan . Hal ini di dasarkan pada realitas bahwa semangat dan jiwa wirausaha tidak hanya dimiliki oleh pengusaha tetapi juga sem7ua orang yang - minimal - mampu berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk meningkatkan nilai tambah (manfaat) dari hasil usahanya...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"The art subject is included in the 2004 competence-based currilum for elementary school level. The researchers conducted a study on the teachers' ways of promoting students creativity in the teaching of arts, in the topics of art drawing and painting,also comprising the material selection, themes,methods,techniques, and media...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Proses pembelajaran di sekolah pada umumnya kurang mengembangkan kreativitas peserta didik dan cnderung lebih menekankan pada pengembangan berpikir logis dan konvergen...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"This research was aimed to know creaqtivity level of student at university and to compare it wtih some student background aspects. The research was conducted in six universities in Makasar..."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>