Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 78844 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Windya Nazlaa Maharani
"Social media has become one of the most important things in this digital era. Dynamic, widespread and often real-time interactions have made it possible for social media to significantly change the landscape for managing brand images (Gensler et al., 2013). This research focuses more on beauty enthusiasts who use Instagram as their most used social media platform and have an interest in Indonesian local beauty brands. The aim of this research is to know the effect of reposting consumer photos on Rose All Day's Instagram feeds that are regular social media users as a form of testimony as part of their social media strategy for future consumer purchase intentions. To fulfil this paper’s objective, this study uses two theories; User-Generated Content and Theory of Planned Behavior. The data collection is collected through content analysis and past journals. The data analysis is using qualitative data analysis. The result of this study is that people become more interested in Rose All Day Cosmetics products after seeing a post of regular social media users wearing Rose All Day’s product that is reposted by the Rose All Day Cosmetics Instagram account and people will ask further questions or find out further information about the item that is being used in the picture.

Media sosial menjadi salah satu hal terpenting di era digital ini. Interaksi yang dinamis, tersebar luas, dan seringkali real-time memungkinkan media sosial mengubah lanskap pengelolaan citra merek secara signifikan (Gensler et al., 2013). Penelitian ini lebih fokus pada beauty enthusiast yang menggunakan instagram sebagai platform media sosial yang paling banyak digunakan dan memiliki ketertarikan pada brand kecantikan lokal Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reposting foto konsumen pada feed Instagram Rose All Day yang merupakan pengguna media sosial reguler sebagai bentuk testimoni sebagai strategi media sosial mereka terhadap niat beli konsumen di masa mendatang. Untuk memenuhi tujuan makalah ini, penelitian ini menggunakan dua teori; User-Generated Content dan Theory of Planned Behavior. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis isi dan jurnal masa lalu. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini masyarakat menjadi lebih tertarik dengan produk Rose All Day Cosmetics setelah melihat postingan pengguna media sosial yang biasa memakai produk Rose All Day yang di repost oleh akun Instagram Rose All Day Cosmetics dan akan bertanya lebih lanjut atau mencari informasi lebih lanjut tentang item yang sedang digunakan dalam gambar."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Jessica Joanne Mahardhika
"Dewasa ini, User Generated Content (UGC) merupakan salah satu media utama bagi konsumen untuk membangun keterikatan dengan merek (customer brand engagement) dengan mengaitkan nilai fungsional dan nilai emosional yang dirasakan pengguna UGC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti content quality, design quality, dan technology quality UGC yang dapat mempengaruhi keterikatan konsumen dengan merek (customer brand engagement), melalui nilai fungsional dan emosional sebagai mediator pada hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan model yang terdapat pada teori Stimulus-Organisme-Respons (S-O-R). Responden pada penelitian ini merupakan generasi Z dan milenial berusia 18-41 tahun, memiliki akun media sosial Youtube, Instagram, dan/atau Tiktok, serta pernah melihat UGC selama satu bulan terakhir. Kuesioner disebarkan secara online. Data sebanyak 286 responden yang terdapat pada penelitian utama diolah dengan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, nilai fungsional dan emosional memiliki peran sebagai mediator dalam hubungan antara kualitas UGC dan keterikatan konsumen dengan merek (customer brand engagement). Secara lebih lanjut, ditemukan bahwa content quality mampu memberikan pengaruh positif terhadap keterikatan konsumen dengan merek (customer brand engagement) dengan bantuan nilai fungsional dan nilai emosional sebagai mediator. Kemudian, technology quality dapat memberikan pengaruh positif terhadap keterikatan konsumen dengan merek (customer brand engagement) dengan bantuan nilai emosional dan design quality dapat memberikan pengaruh positif terhadap keterikatan konsumen dengan merek (customer brand engagement) dengan bantuan nilai emosional.

Nowadays, User Generated Content (UGC) is one of the main media for consumers to build brand engagement by linking the functional value and emotional value felt by UGC users. The purpose of this study is to examine the content quality, design quality, and technology quality of UGC that can affect consumer brand engagement, through functional and emotional values as mediators in the relationship. This study uses the model contained in the Stimulus-Organism-Response (S-O-R) theory. Respondents in this study were Generation Z and millennials aged 18-41 years, had social media accounts on Youtube, Instagram, and/or Tiktok, and had seen UGC for the past month. Questionnaires were distributed online. The data of 286 respondents in the main study was processed using the Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) method. The results of this study indicate that in general, functional and emotional values have a role as a mediator in the relationship between UGC quality and consumer brand engagement. Furthermore, it was found that content quality was able to have a positive influence on consumer brand engagement with the help of functional values and emotional values as mediators. Then, technology quality can have a positive influence on consumer brand engagement with the help of emotional values and design quality can have a positive influence on consumer brand engagement with the help of emotional values."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karina Dwi Pramesti
"Pengguna TikTok di Indonesia semakin berkembang pesat. Pengguna dapat langsung terhubung dengan informasi mengenai produk melalui User-Generated Content (UGC) di TikTok, sehingga dapat menarik perhatian konsumen untuk mengevaluasi produk sebelum melakukan pembelian. Studi ini mengkaji pengaruh sikap pengguna TikTok terhadap UGC terhadap niat pembelian konsumen dengan mengusulkan model untuk menilai pengaruh brand engagement, perceived source credibility, perceived source homophily, perceived benefits, dan information quality sebagai faktor yang mempengaruhi sikap terhadap UGC pada niat pembelian. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dari 256 pengguna TikTok di Indonesia yang telah menonton fashion UGC di TikTok. SEM-PLS digunakan untuk melihat hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini menemukan bahwa brand engagement, perceived source credibility, perceived source homophily, dan perceived benefits efek positif pada sikap terhadap UGC. Selain itu, sikap terhadap UGC di TikTok memiliki pengaruh yang signifikan dalam mempengaruhi niat membeli konsumen. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang strategi pemasaran digital dengan memeriksa pengaruh sikap konsumen terhadap UGC yang dibagikan di media sosial

TikTok users in Indonesia are growing rapidly. The users can directly connect with information through User-Generated Content (UGC) in TikTok which can attract consumers' attention to evaluate the product before making purchases. This study examines the effect of TikTok users' attitudes toward UGC on consumer purchase intention by proposing a model to assess the impact on purchase intention and brand engagement, perceived source credibility, perceived source homophily, perceived benefits, and information quality as the ancedentens of attitude toward UGC. This study uses purposive sampling from 256 TikTok users in Indonesia who have watched fashion UGC on TikTok. SEM-PLS was used to see the relationship between variables. The findings imply that brand engagement, perceived source credibility, perceived source homophily, and perceived benefit have a positive effect on attitude toward UGC. Also, attitude toward UGC in TikTok has a significant effect on generating purchase intention. The results provide a better understanding of digital marketing strategy by examining the influence of consumer attitudes toward UGC shared on social media."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muchammad Farchan Febriananto
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah consumer engagement dari suatu platform media sosial dipengaruhi oleh keberadaan User-Generated Content (UGC) di dalamnya. Konsep UGC mencakup berbagai pola di media sosial ketika masing-masing individu memilih untuk mengonsumsi, berkontribusi, atau membat UGC baru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pengguna instagram, khususnya milenial dan generasi Z yang berdomisili di Jabodetabek. Terdapat sebanyak 197 responden terkumpul yang menggunakan metode purposive sampling. Kemudian diolah dan dianalisis menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Method (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan efek signifikan dan positif dari UGC pada niat para pengguna Instagram untuk engage dengan platform tersebut, serta pengaruh dari nilai yang dirasakan dari UGC terhadap penggunaannya. Temuan ini memperdalam pemahaman mengenai mekanisme mendasar UGC dalam keterlibatannya dengan consumer engagement di Instagram, sehingga implikasi tersebut dapat digunakan oleh manajer, marketers. UMKM, dan lainnya dalam menentukan metode yang tepat dalam mengembangkan akun Instagram mereka dengan UGC.

This research aims to determine whether consumer engagement on a social media platform is influenced by the presence of User-Generated Content (UGC) within it. The concept of UGC encompasses various patterns on social media when individuals choose to consume, contribute to, or create new UGC. The sample used in this study consisted of Instagram users, specifically millennials and Generation Z living in Jabodetabek. A total of 197 respondents were collected using purposive sampling method. The data was then processed and analyzed using Partial Least Square - Structural Equation Method (PLS-SEM). The results of this study show a significant and positive effect of UGC on the intention of Instagram users to engage with the platform, as well as the influence of the perceived value of UGC on its usage. These findings deepen the understanding of the fundamental mechanism of UGC in its involvement with consumer engagement on Instagram, so that these implications can be utilized by managers, marketers, SMEs, and others in determining the appropriate methods to develop their Instagram accounts with UGC."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimitri Ismandana Utama Putera
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh perceived credibility, perceived usefulness, dan information quality dari user generated content (UGC), serta fear of missing out (FoMO) terhadap purchase intention pemain game gacha di Indonesia. Game seluler telah mencatat pendapatan terbesar di antara platform game lainnya, dengan game gacha seperti Genshin Impact dan Uma Musume berhasil mencapai 10 besar terlaris di seluruh dunia pada tahun 2021. Indonesia telah menunjukkan banyak potensi sebagai pasar game terbesar di Asia Tenggara dan diprediksikan penetrasi pengguna smartphone akan terus meningkat. Namun, baru sedikit penelitian yang dilakukan mengenai game gacha dan pengaruh user generated content terhadap purchase intention di game gacha. Studi yang menunjukkan pengaruh FoMO terhadap purchase intention dalam konteks video game juga masih minim. Pengukuran penelitian dan model struktural ini dilakukan menggunakan PLS-SEM dan 234 responden didapatkan melalui survei online. Temuan menunjukkan bahwa perceived credibility dan information quality dari UGC berpengaruh positif terhadap attitude, tetapi information quality dari UGC tidak berpengaruh terhadap attitude. FoMO berpengaruh positif terhadap purchase intention dan subjective norms, tetapi tidak berpengaruh terhadap attitude dan perceived behavioral control. Dan attitude, subjective norms, dan perceived behavioral control berpengaruh positif terhadap purchase intention. Studi ini menyarankan bahwa pemasar harus mencoba mengembangkan strategi yang mendorong FoMO dan mendorong pembuatan user generated content karena dapat mengarah niat membeli para pemain game gacha.

This paper aims to empirically analyze the effect of perceived credibility, perceived usefulness, and information quality of user generated content (UGC), as well as fear of missing out (FoMO) towards purchase intention for gacha games in Indonesia. Mobile games has recorded the biggest revenue amongst the gaming platform, with several gacha games like Genshin Impact and Uma Musume made it to top 10 grossing worldwide in 2021. Indonesia has shown a lot of potential as the largest gaming market in South East Asia and increasing penetration of smartphone users. However, there is little known research regarding gacha games and the effect of user generated content towards purchase intention in gacha games. Studies which shows the effect of FoMO towards purchase intention in gaming is also minimal. This research measurement and structural model were assesed using PLS-SEM and 234 respondents data were collected from online survey. Finding shows that perceived credibility and perceived usefulness of UGC information has a positive effect towards attitude, but information quality of UGC has insignificant effect towards attitude. FoMO has a positive effect towards purchase intention and subjective norms, but insignificant effect towards attitude and perceived behavioral control. And attitude, subjective norms, and perceived behavioral control has positive effect towards purchase intention. The study suggests that marketers should try to develop FoMO inducing strategy and encourage the creation of user generated content as it may lead to purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Alsakina
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh firm created dan user generated content sosial media terhadap brand equity pada salah satu industri yang tengah berkembang di Indonesia yakni industri smartphone. Data pada penelitian ini didapat dari penyebaran kuesioner secara online kepada pengguna smartphone OPPO yang telah menggunakan merek tersebut minimal 1 (satu) tahun terakhir dan aktif mengakses sosial media terkait merek OPPO dalam kurun waktu 6 (enam) bulan terakhir. Data ini diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa firm created berpengaruh positif terhadap keseluruhan komponen brand equity yang terdiri dari brand awareness, brand loyalty dan perceived quality. Sedangkan user generated content hanya berpengaruh positif terhadap brand awareness. Hasil penelitian juga menunjukkan brand awareness tidak memiliki pengaruh positif terhadap brand loyalty maupun perceived quality.

This research aims to analyzes The Effect of Firm Created and User Generated Content Social Media towards Brand Equity in one of emerging industry in Indonesia, smartphone industry. Data for this research were collected through online questionairre to OPPO consumers who have been using this brand for at least 1 (one) year and actively access social media about OPPO in the last 6 (six) months. They were analyzed using Structural Equation Modelling (SEM) method.
The result of this research shows that firm created have a positive effect on all components of brand equity including brand awareness, brand loyalty and perceived quality. Meanwhile, user generated content only has a positive effect on brand awareness. The result of this research also shows that brand awareness doesn?t effect brand loyalty and perceived quality.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S66345
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Almira Vania Puspitasari
"Seiring dengan meningkatnya penggunaan perangkat seluler, media sosial, dan online review yang semakin penting dalam penyebaran WOM, serta berperan penting dalam pengambilan penting dalam pengambilan keputusan konsumen dan consumer journey. Perusahaan dapat memanfaatkan online review berupa User-Generated Review (UGR) dan Influencer-Generated Review untuk meningkatkan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui online review manakah yang lebih efektif antara user-generated review dan influencer-generated review. Penelitian ini memprediksi adanya perbedaan antara kedua online review tersebut dalam mempengaruhi consumer purchase intention. Hasil penenelitian ini menemukan influencer-generetad review lebih efektif dalam mempengaruhi purchase intention. Penelitian ini juga menemukan bahwa konsumen membuat kesimpulan penting saat melihat online review yang diposting pada media sosial instagram.

As the use of mobile devices increases, social media and online reviews are increasingly important in the spread of WOM and play an important role in consumer decisions and the consumer journey. Companies can take advantage of online reviews in the form of User-Generated Reviews (UGR) and Influencer-Generated Reviews (IGR) to improve marketing strategies. This study aims to determine which online review is more effective between user-generated reviews and influencer-generated reviews. This study predicts differences between the two online reviews influencing consumer purchase intentions. This study found that influencer-generated reviews were more effective in influencing purchase intentions. This study also found that consumers make important inferences when viewing online reviews posted on Instagram."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gebyar Mekkah
"ABSTRAK
Konsumen mulai mencari informasi dari sumber yang berguna untuk meminimalisir usaha pencarian informasi dan memaksimalkan keuntungan yang dapat mereka dapatkan dengan melihat user-generated review yang dibuat berdasarkan pengalaman konsumen terdahulu. Penelitian ini menganalisis bagaimana user-generated review dapat mempengaruhi minat beli konsumen pada konteks layanan rekomendasi tempat makan Zomato. Adapun user-generated review pada penelitian ini ditinjau dari motif konsumen untuk menggunakannya sebagai sumber informasi yang dipercaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 135 pengguna Zomato di Jakarta dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa user-generated review memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pengguna Zomato pada suatu kafe.

ABSTRACT
Consumers tend to seek information from useful sources to minimize the efforts and maximizing their benefits by looking to user generated reviews made by previous consumer rsquo s experience. This research analyzes how user generated reviews can influence consumer rsquo s purchase intention on using Zomato, a where to eat recommendation service. The context of user generated review in this research is derived from its consumer rsquo s motives to using it as a reliable information sources. This quantitative research was accomplished by collecting questionnaires from 135 Zomato users in Jakarta and analyzed with linear regression. The result of this research indicate that the influence of user generated review to purchase intention of Zomato users on a cafe is significant. "
2016
S66554
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Parningotan, Arthur Holong
"Sebagai salah satu sumber video online yang paling besar, YouTube menjadi sangat populer dan banyak orang mulai membuat video yang menghibur dan menarik banyak penonton. Fenomena ini juga didukung oleh YouTube dengan cara memberi dukungan terhadap pengguna untuk membuat video di sosial media YouTube. YouTube memberikan banyak fasilitas seperti video editor, musik gratis dan bahkan studio di beberapa kota, selain itu penghargaan juga diberikan kepada pengguna yang sudah mendapatkan pelanggan dalam jumlah tertentu. Dengan jumlah pembuat video di YouTube yang terus bertambah, perusahaan mulai melakukan promosi melalui video YouTube yang dibuat oleh penggguna.
Penelitian ini mempelajari tentang dampak dari pemasaran melalui YouTube yang berasal dari pengguna terhadap perilaku konsumen. Identifikasi faktor-faktor dilakukan dengan mempelajari beberapa penilitian yang terkait. Faktor-faktor tersebut dikelompokkan menjadi dua faktor, faktor konten yang berasal dari pengguna dan faktor perilaku konsumen. Faktor konten yang berasal dari pengguna yang terdiri dari keahlian, kepercayaan, kekayaan informasi dan valensi konten telah dihitung untuk menemukan relasi dengan perilaku intensi consumer yang terdiri dari intensi membeli dan kesediaan untuk berbagi.
Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa keahlian, kepercayaan dan kekayaan informasi mempengaruhi intensi membeli, tetapi, valensi konten tidak mempengaruhi intensi membeli. Sementara itu, kesediaan untuk berbagi dipengaruhi oleh keahlian, kepercayaan, kekayaan informasi dan konten valensi. Tetapi, hanya keahlian dan kekayaan informasi yang mempengaruhi intensi membeli dan kesediaan untuk berbagi secara signifikan.

As the most online video source, YouTube is very popular and a lot of people trying to create entertain video on it. This phenomenon happened because YouTube try to encourage the user to create video on it. YouTube company gives facilities like video editor, free music, even studio in certain cities, and also, the reward given for user that get certain subscriber. With a lot of video creator on YouTube, brands start promoting through YouTube user videos.
This research studied about the impact of marketing from YouTube that generated by users or user generated content on consumer behavior. Moreover, after reviewed some previous research, factors were identified. Factors were divided into two, first, the user generated content and the next one is consumer behavior. For user generated content, expertise, trustworthiness, information richness and content valence was measured to find the relation with consumer intended behavior factors which are purchase intention and willingness to share.
The result shows that expertise, trustworthiness and information richness affect purchase intention, but content valence does not affect purchase intention. Meanwhile, willingness to share is affected by expertise, trustworthiness, information richness and content valence. However, only expertise and information richness affect either purchase intention or willingness to share significantly.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hutajalu, Marina Sinarta Sarmauli
"Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pentingnya User Generated Content(UGC)dalam aspek citra merek, trust, danperanbudaya dalam kaitannya dengan niat pembelian. Existingliteraturditerapkan untuk mencapai pemahaman lebih lanjut terkait pemahaman tentang UGC dalam citra merek, trust, dan peran budaya. Studi ini menerapkan metode penelitian kuantitatif dengan ukuran sampel 108 peserta di Indonesia dan Inggris didistribusikan secara merata pada54 peserta per negara dalam bentuk survei untuk membuktikan kesenjangan penelitian dan,oleh karena itu diskusi diterapkan di bagian temuan. Hasilmenunjukkan bahwa citra merekdan trustmemiliki hubungan positif yang kuat dengan UGC. Sebaliknya, ditemukan bahwabudaya tidak memainkan peran penting dalam cara UGC mempengaruhi niat beli. Berdasarkan hasildiskusi, UGC direkomendasikan sebagai alat komunikasi karena dampaknya untuk berinteraksi dengan konsumen dan kemampuannya untuk mengubah niat konsumen untuk membeli

The research is aimed at determining the importance of UGC in the aspect of brand image and trust and culture roles in relation to purchase intention. Existing literatures are applied to reach a further in-depth understanding of UGC in brand image, trust, and culture. The study applied a quantitative research method with the sample size of 108 participants in Indonesia and United Kingdom distributed evenly at 54 participants per country in the form of a survey to testify research gaps and, therefore discussion is applied in findings section. The result shows that Brand Image and Trust has a strong positive relationship with UGC. On the contrary, it is found that culture does not play a crucial role in the way UGC affect purchase intention. Derived from the discussions, UGC is recommended as a communication tool due to its impact to interact with consumers and its ability to alter consumers intention to buy."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>