Ditemukan 77463 dokumen yang sesuai dengan query
Mohammad Ilham Dwiputra
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi prosedur finalisasi atas laporan keuangan pada PT GGWP Indonesia yang dilaksanakan oleh KAP WML Indonesia untuk tahun buku 2021. PT GGWP Indonesia adalah perusahaan yang bergerak pada produksi komponen otomotif dan memiliki klien yang tersebar secara nasional maupun secara internasional. Evaluasi berfokus pada kesesuaian kegiatan prosedur finalisasi atas laporan keuangan yang dilakukan dengan kerangka evaluasi meliputi Standar Audit (SA). Berdasarkan evaluasi yang sudah dilakukan terhadap prosedur audit yang sudah dilaksanakan, yaitu finalisasi atas laporan keuangan, sudah sesuai dengan standar yang berlaku dan kerangka evaluasi, yaitu Standar Audit (SA), dan Hayes, et al. (2014). Selain itu, seluruh asersi yang ingin diuji juga sudah terbuktikan melalui prosedur finalisasi atas laporan keuangan. Selain itu, laporan magang ini juga berisikan refleksi diri selama menjalankan program magang beserta kegiatan tindak lanjut kedepannya untuk proses pengembangan diri berdasarkan aspek positif dan negatif yang terjadi dalam pengalaman program magang.
This internship report discusses audit procedure of financial statement finalisation on PT GGWP Indonesia conducted by KAP WML Indonesia for the fiscal year 2021. PT GGWP Indonesia is a company engaged in the production of automotive component and has clients both nationally and internationally. The evaluation focuses on the compatibility of the audit procedure of financial statement finalisation performed with the evaluation framework, which includes Standar Audit (SA). Based on the evaluation of audit procedures performed, which is the financial statement finalisation procedures, are already following applicable standards and evaluation framework, which are Standar Audit (SA) and Hayes, et al. (2014). Moreover, all the assertions which are need to be tested have been verified through financial statement finalisation procedure. This internship report also include self-reflection from the internship program and the next step plan for the self- improvement process based on positive and negative aspect that happened in the internship program’s experience."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ni Putu Ayu Kartika Diva Putri
"Laporan magang ini mengevaluasi kesesuaian prosedur yang dijalankan oleh PT MDR dalam aktivitas konsolidasi laporan keuangan PT AGL. PT AGL merupakan entitas anak perusahaan dari PT MDR dengan persentase kepemilikan 99,99% yang bergerak di bidang kesehatan digital. PT MDR didirikan pada tahun 2021 sebagai entitas anak baru dan merupakan bentuk ekspansi PT CHR (salah satu perusahaan seluler di Indonesia) dalam bidang digital. Fokus pembahasan terletak pada kesesuaian prosedur PT MDR dalam aktivitas konsolidasi laporan keuangan PT AGL dengan PSAK No. 65 tentang Laporan Keuangan Konsolidasian. Prosedur yang menjadi bahasan utama adalah terkait 3 (tiga) tahapan penting dalam proses konsolidasi. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa prosedur konsolidasi yang dilakukan oleh PT MDR terhadap laporan keuangan PT AGL telah sesuai dengan referensi dan standar akuntansi yang berlaku.
This internship report addresses the procedures undertaken by PT MDR in consolidating PT AGL’s financial statements. PT AGL is a subsidiary company of PT MDR with a 99.99% ownership that operates in the digital healthcare sector. PT MDR was established in 2021 as a new holding company that represents the expansion of PT CHR (a cellular company in Indonesia) in the digital sector. The primary focus of the discussion revolves around the adequacy of PT MDR's procedures in consolidating PT AGL's financial statements in accordance with PSAK No. 65, which pertains to Consolidated Financial Statements. The main topics under examination relate to 3 (three) significant stages in the consolidation process. Upon evaluation, it has been determined that PT MDR's consolidation procedures for PT AGL's financial statements align with the relevant references and accounting standards."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Nadira Putri Andiani
"Laporan Magang ini dibentuk untuk menjelaskan kesesuaian penyajian Catatan atas Laporan Keuangan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). BPK merupakan lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Dalam menyusun Catatan atas Laporan Keuangan, BPK mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 232/PMK.05/2022 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 232/PMK.05/2022 yang mengatur penyusunan laporan keuangan pada kementerian/lembaga merupakan ketentuan pelaksanaan dari Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan. Komponen Laporan Keuangan BPK berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 232/PMK.05/2022 terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Catatan atas Laporan Keuangan. Catatan atas Laporan Keuangan memuat penjelasan lebih lanjut atas rincian dari angka yang tertera dalam komponen laporan keuangan guna memperoleh informasi yang komprehensif atas penyajian laporan keuangan. Berdasarkan hasil evaluasi, penyajian Catatan atas Laporan Keuangan BPK Tahun 2023 Unaudited telah sesuai dengan struktur Catatan atas Laporan Keuangan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 232/PMK.05/2022 yang terdiri dari gambaran umum, penjelasan atas pos Laporan Realisasi Anggaran, pos Neraca, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, dan pengungkapan penting lainnya.
This Internship Report is created to explain the conformity of the presentation of Notes to the Financial Statements of the Audit Board of Indonesia (BPK). BPK is a state institution which has duty to audit state financial management and accountability. In preparing the Notes to the Financial Statements, BPK refers to the Minister of Finance Regulation Number 232/PMK.05/2022 concerning the Accounting System and Financial Reporting of Agencies. The Minister of Finance Regulation Number 232/PMK.05/2022, which regulates the preparation of financial reports for ministries/agencies, is an implementation regulation of Government Regulation Number 71 of 2010 concerning Government Accounting Standards. The components of BPK's Financial Statements based on the Minister of Finance Regulation Number 232/PMK.05/2022 consist of the Budget Realization Report, Balance Sheet, Operational Report, Statement of Changes in Equity, and Notes to the Financial Statements. The Notes to the Financial Statements provide further explanations on the details of the figures listed in the components of the financial statements to obtain comprehensive information on the presentation of the financial statements. The evaluation of the presentation of the Unaudited 2023 Notes to the Financial Statements of BPK suggests that is has conformed with the structure of the Notes to the Financial Statements as stipulated in the Minister of Finance Regulation Number 232/PMK.05/2022, which consists of a general overview, explanations of the Budget Realization Report items, Balance Sheet items, Operational Report, Statement of Changes in Equity, and other important disclosures."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Leonardus
"Laporan magang ini dibuat dengan tujuan untuk mengevaluasi kecukupan dan ketepatan prosedur audit yang dilakukan atas akun aset tetap PT. AT, dalam audit umum atas laporan keuangan. Pembahasan mencakup prosedur pelaksanaan audit, dan membandingkan prosedur yang dilaksanakan dengan prosedur yang seharusnya menurut standar profesi, sebagaimana penulis dapatkan dalam buku atau literatur auditing yang penulis peroleh selama mengambil mata kuliah audit dan asurans. Evaluasi akan dilakukan dengan membandingkan prosedur yang dilakukan berdasarkan literatur auditing yang diperoleh dengan prosedur yang dilakukan, kemudian penulis akan memberikan rekomendasi atas hasil evaluasi tersebut. Berdasarkan observasi penulis, ditemukan bahwa tidak terdapat penurunan nilai aset tetap pada periode yang berakhir per 31 Desember 2019, meskipun demikian, prosedur audit yang dilakukan oleh KAP NSX atas aset tetap PT. AT telah dilaksanakan untuk memperoleh bukti audit yang cukup dan sesuai dengan standar profesi yang berlaku.
This report was made with the aim of evaluating the sufficiency and appropriateness of the audit procedures performed on the fixed asset of PT. AT, during general audit of financial statements. The discussion includes the procedures for conducting audits, and comparing the procedures performed with the procedures required according to professional standards, which the author obtained in the audit literature or book, while taking the audit and assurance course. Evaluation will be done by comparing the procedures performed based on the audit literature, with the procedures performed, then the authors will provide recommendations based on the results of the evaluation. Based on observation results of the authors, it is found that the impairment of fixed asset for the year ended on 31 December 2019 is non-existent, however the audit procedures performed by KAP NSX on the fixed assets of PT. AT has been carried out so that sufficient and appropriate audit evidence has been earned in accordance with applicable professional standards."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Muhamad Farchan Fathurrahman
"Laporan ini membahas tentang gambaran umum persaingan usaha leasing ruang kantor di Jakarta dimana salah satu usaha PT Binakarsa Swadaya Adalah leasing ruang kantor di gedung Graha Binakarsa. Analisis usaha leasing ini dilakukan dengan menggunakan Porter?s five forces analysis. Selain itu analisis usaha leasing ini juga dilakukan dengan melihat trend dari perubahan komposisi bidang usaha dari perusahaan yang menjadi lessee dan juga dari occupancy rate di Graha Binakarsa.
Sebagai temuannya, occupancyrate di Graha Binakarsa tergolong rendah dibandingkan dengan occupancyrate gedung-gedung perkantoran di sekitarnya. Temuan lain adalah terjadinya perubahan pola komposisi bidang usaha dari perusahaan-perusahaan yang menjadi lessee di binakarsa swadaya. Temuan ini dapat menjadi bahan pertimbangan PT Binakarsa Swadaya dalam membuat keputusan-keputusan strategisnya di masa yang akan datang terutama dalam usaha leasing nya.
Selain itu penelitian ini juga menganalisis laporan keuangan yang hasilnya dapat digunakan untuk pertimbangan pengambilan keputusan keuangan dan operasional di masa depan. Analisis laporan keuangan yang dilakukan meliputi analisis komparatif yang terdiri dari analisis vertikal dan analisis horizontal. Disamping itu penulis juga melakukan analisis rasio keuangan yang juga dapat menunjukkan kinerja perusahaan. Baik analisis usaha leasing dan analisis laporan keuangan dilakukan menggunakan data yang tersedia selama selama sepuluh triwulan terakhir.
This report shows the overview of leasing competition in Jakarta which one of the business of PT Binakarsa Swadaya is leasing office building. The analysist of leasing business was conducted with Porter?s Five Forces Analysis. Besides, the analysis of this leasing business was also conducted by showing the trend of changing business composition criteria of the lessees and also from the occupancy rate in Graha Binakarsa.As the result, the author found that the occupancy rate in Graha Binakarsa is categorized as low compared with the nearby buildings. Another finding is that the composition of the lessees and their business almost changing all the time. This finding can be used to make strategic decition for the company in the future, aspecially for it?s leasing business.This report also conducts analysis of financial statement which is useful in taking financial decision and operational decision for the company. The analysis of financial statement that have been conducted in this internship report are vertical analysis and horizontal analysis. Besides, the author also conduct analysis of financial ratio which could help in showing company performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Tania Uma Marvelyn
"Laporan magang ini merupakan hasil evaluasi selama kegiatan magang di PT XYZ yang membahas dan mengevaluasi prosedur dan konstruksi Rekonsiliasi Bank di PT XYZ. Kegiatan utama dalam penyusunan Laporan Keuangan di PT XYZ adalah melakukan Rekonsiliasi Bank. Rekonsiliasi Bank akan dilakukan pada awal bulan dan berdasarkan evaluasi; Proses Rekonsiliasi Bank telah dilakukan dengan baik setiap bulannya oleh pihak yang berwenang.
This internship report is the result of an evaluation during the internship activities at PT XYZ that discusses and evaluates the procedure and construction of Bank Reconciliation in PT XYZ. The main activity in preparing the Financial Statements in PT XYZ is making Bank Reconciliation. Bank Reconciliation will be done at the beginning of the month and based on the evaluation; Bank Reconciliation process has been done properly on a monthly basis by the authorized person."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Nurul Aulia Hafidza Qolbi
"
ABSTRAKLaporan magang ini membahas mengenai prosedur pengambilan sampel pada audit atas laporan keuangan PT Peralatan Bagus Tbk. dengan menggunakan metode scoping serta kesesuaiannya dengan ISA 500 dan ISA 530. Berdasarkan analisis yang dilakukan, penerapan metode scoping saat audit memerlukan penilaian atau judgement dari auditor yang menghasilkan penyesuaian pada metode scoping. Selain itu, metode scoping dinilai kurang sesuai dengan ISA karena metode scoping tidak bisa digunakan untuk proyeksi salah saji, sebab setiap unit populasi yang akan diambil sampelnya tidak memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih
ABSTRACTThis internship report is aimed to explain about sampling procedure in financial statement audit of PT Peralatan Bagus Tbk. using scoping method and its alignment with ISA 500 and ISA 530. Based on the analysis, scoping method in audit relies on auditor rsquo;s judgement which resulting in adjustments in the scoping method. Also, scoping method is not fully in accordance with ISA because each item in the test population does not have the same chance of being selected, which makes scoping method can not be used in projecting misstatement."
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Rachel Amabel
"Laporan magang ini mengevaluasi prosedur audit pengujian rinci atas akun utang dagang PT CLF Indonesia yang dilakukan oleh KAP ADR. Kegiatan usaha PT CLF Indonesia adalah memproduksi tabung laminasi yang dapat digunakan untuk berbagai segmen industri kesehatan dan perawatan pribadi. Prosedur audit yang dievaluasi dalam laporan ini berfokus pada tahap pengumpulan dan pengujian bukti audit atas akun utang dagang. Berdasarkan hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa prosedur audit pengujian rinci yang dilakukan oleh KAP ADR atas akun utang dagang PT CLF Indonesia secara keseluruhan telah sesuai dengan pemaparan teori dan standar audit yang berlaku dengan dua pengecualian. Dua pengecualian tersebut adalah penggunaan kurs yang kurang tepat dan tidak adanya prosedur konfirmasi eksternal.
This internship report evaluates the audit procedures for tests of details of PT CLF Indonesia's accounts payable carried out by KAP ADR. PT CLF Indonesia's business activity is to produce laminated tubes that can be used for various segments of the health and personal care industry. The audit procedures’ evaluation in this report is focused on the collecting and testing of audit evidence on accounts payable. The evaluation result concluded that the audit procedures for tests of details carried out by KAP ADR on the account payables of PT CLF Indonesia as a whole are in accordance with the applicable theory and audit standards with two exceptions. The two exceptions are the use of inaccurate exchange rates and the absence of external confirmation procedures."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Asriana Eka Putri
"Laporan magang ini bertujuan untuk menganalisis prosedur tata cara verifikasi laporan keuangan dengan PMK 177 tahun 2015 dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43 Tahun 2015. Laporan magang ini juga bertujuan untuk menganalisis tahapan verifikasi laporan keuangan yang dilakukan oleh Sekretariat Jenderal Kementan RI. Dalam rangka mendapatkan informasi dan data verifikasi laporan keuangan, penulis melakukan aktivitas magang di Biro Keuangan dan Perlengkapan Sekretariat Jenderal Kementan RI. Hasil analisis menunjukkan bahwa proses verifikasi laporan keuangan yang dilakukan oleh Kementan RI telah sesuai dengan PMK 177 dan Permentan 43, meskipun masih terdapat beberapa kelemahan dalam proses pelaksanaan seperti ketidakefektifan waktu kerja. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa tahapan verifikasi laporan keuangan dan laporan hasil verifikasi yang disusun oleh Setjen Kementan RI telah sesuai dengan standar penyusunan laporan keuangan kementerian negara/lembaga dan prosedur verifikasi akuntansi pemerintah yang terkait.
This internship report aims to analyze procedures for verification of financial statements with PMK 177 of 2015 and Minister of Agriculture Regulation Number 43 of 2015. This internship report also aims to analyze the stages of financial statement verification applied by the Secretariat General of the Ministry of Agriculture. In order to obtain information and data, the author conducted the internship activities in Finance and Equipment Bureau of the Secretariat General of the Ministry of Agriculture. The analysis show that the financial report verification process applied by the Ministry of Agriculture complies with PMK 177 and Permentan 43, although there are still some weaknesses in the implementation process such as the ineffectiveness of work time. The analysis also show that the stages of financial statement verification applied and verification report prepared by the Secretariat General of the Ministry of Agriculture are appropriate to the standards of the preparation of financial statements of state ministries/institutions and related government accounting verification procedures."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Halida Ramadhani
"Laporan magang ini membahas mengenai audit proses atas laporan keuangan konsolidasi PT K yang dilakukan oleh KAP ABC. Penyusunan laporan keuangan konsolidasi PT K dilakukan oleh KAP ABC dengan teknik reperformance karena PT K tidak membuat laporan keuangan konsolidasi internal. Teknik tersebut memungkinkan auditor untuk menyusun laporan keuangan konsolidasi berdasarkan hasil audit atas laporan keuangan induk dan anak perusahaan. Audit pada anak perusahaan dilakukan oleh KAP lain sehingga KAP ABC sebagai auditor grup perusahaan harus melakukan pengendalian atas kinerja auditor anak perusahaan sesuai ketentuan dalam International Standard on Auditing (ISA) 600 mengenai audit grup perusahaan.
This internship report discusses about the audit process on consolidated financial statement done by KAP ABC. Consolidated financial statement prepared by KAP ABC with reperformance technique because PT K doesn?t make any internal consolidated financial statement. The technique make possible for auditor to prepare the consolidated financial statement based on audit result in parent and subsidiaries financial statement. Audit in subsidiary done by other KAP, thus KAP ABC as group auditor have to do controls on subsidiary auditor?s performance as comply in International Standard on Auditing (ISA) 600 about audit of group."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library