Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 162635 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhamad Farhan Robani
"Teknologi pada era industri 4.0 menuntut kebutuhan akan perangkat teknologi yang semakin canggih namun dengan berat yang semakin ringan dan ukuran yang lebih kecil. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, proses manufaktur berkembang kearah pembuatan komponen elektronik mikro yang diproduksi dengan teknik fabrikasi mikro (Microforming). Komponen dalam proses microforming yang paling berpengaruh yaitu cetakan (dies), dimana gesekan antarmuka antara permukaan cetakan dengan benda kerja dapat berpengaruh terhadap hasil produk akhir serta dapat memperpendek umur pakai cetakan. Untuk mengatasi masalah ini dapat diberikan pelapisan permukaan cetakan dengan diamond-like carbon (DLC). Studi literatur ini mempelajari pelapisan DLC pada permukaan cetakan microforming dengan membandingkan data penelitian terhadap koefisien friksi dan laju keausan. Hasil perbandingan pelapisan DLC dengan teknik physical vapour deposition (PVD) pada permukaan cetakan baja AISI D2 menghasilkan pengurangan nilai koefisien friksi hingga 50% dan penurunan laju keausan sebesar 2-6 kali lipat lebih kecil. Variasi penambahan gas Ne ke dalam gas Ar pada proses pelapisan DLC menghasilkan pengurangan koefisien friksi beserta laju keausan. Ketahanan aus lapisan DLC menunjukkan nilai koefisien friksi dan laju keausan terendah bila dibandingkan lapisan tahan aus lain.

Technology in the industrial era 4.0 demands the need for increasingly sophisticated technological devices but with lighter weight and smaller sizes. To meet these needs, the manufacturing process has been developing towards the manufacture of micro-electronic components which are manufactured using micro fabrication techniques (Microforming). The component in microforming process that has the most influence is the die, where the interface friction between the surface of the die and the workpiece can affect the final product and shorten the life cycle of the die. In this literature review, the DLC coating on the surface of the microforming die will be studied by comparing research data on the friction coefficient and wear rate. The comparison results of DLC coating with physical vapour deposition (PVD) techniques on the die surface, namely AISI D2 steel, have shown a reduction in the friction coefficient value of up to 50% and a decrease in wear rate of 2-6 times smaller. Then the variation with the addition of Ne gas into Ar gas in the DLC coating process obtained a reduction in the friction coefficient along with the wear rate. Finally, the wear resistance of the DLC coating is compared with other wear-resistant coatings, the lowest friction coefficient and wear rate were found in the DLC coating when compared to others."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Syihan
"Timbunan bertiang merupakan salah satu metode dalam meningkatkan daya dukung tanah lunak ketika dilakukan pekerjaan penimbunan, dimana tanah dasar diberikan perkuatan berupa pondasi tiang. Adapun dengan adanya perkuatan pada tanah lunak ini ternyata dapat mengurangi penurunan yang terjadi. Hal ini disebabkan oleh adanya mekanisme arching effect yang menyebabkan sebagian beban timbunan ditransfer ke pondasi tiang, sehingga tanah lunak mengalami reduksi beban. Penelitian ini merupakan turunan dari penelitian timbunan bertiang, dimana pada penelitian ini akan dianalisis perbedaan antara pondasi tiang yang menggunakan gesekan antara pondasi tiang dan tanah (friction piles) dengan pondasi tiang dengan menggunakan tahanan ujung (end bearing piles), dimana digunakan Program Plaxis 3D Foundation dalam permodelannya. Selain itu, studi ini juga memvariasikan ketinggian timbunan, jarak antar tiang, kekakuan aksial lapisan geosintetik, dan juga susunan pondasi tiang sehingga dapat terlihat pengaruhnya terhadap sistem timbunan bertiang ini. Bahasan dalam penelitian ini mencakup penurunan dan juga prilaku konsentrasi tegangan yang terjadi pada timbunan bertiang, serta pengaruhnya terhadap gaya tarik geosintetik yang terjadi pada pondasi tiang.

Piled embankment is one of the methods to improve soft soil’s bearing capacity when the embankment construction is done, in which the base soil is given piles as the support. With piles support the soft soil, the settlement of the embankment can be reduced. This is because of the arching effect mechanism which causes some of the loads of the embankment are transfered through the piles, so that the load working on soft soil is reduced. This study is a derivative of piled embankment case study, where this study will analyze the differences of behaviour between the friction piles system and end bearing piles system using Plaxis 3D Foundation for modeling the case. Besides that, this study is also varying the height of embankment, the spacing between piles, the axial stiffness of geosynthetic layer, and the arrangement of piles so that the affection against piled embankment system could be concluded. The discussion of this research concludes the settlements and also the stress concentration behaviour, and also the axial force of geosynthetic layer that occurs in the piled embankment system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44718
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rabinowicz, Ernest
New York: John Wiley & Sons, 1995
620.112 92 RAB f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Farhan Ramadhan
"Friksi yang tidak dikendalikan pada mesin dapat mengakibatkan keausan yang tinggi, menyebabkan maintenance yang sering, dan membuat umur pendek serta memiliki efisiensi energi yang rendah. Lubrikasi merupakan solusi untuk masalah ini dengan membentuk lapisan pelumas yang mencegah kontak langsung antara permukaan material, mengurangi gesekan dan keausan pada mesin. Material nanopartikel timah oksida dan graphene digunakan sebagai aditif pada lubrikan PAO karena masing-masing material sudah menunjukkan performa yang baik dalam menurunkan coefficient of friction (COF) dan wear scar dimension (WSD) pada minyak PAO. Selain itu usaha pemanfaatan SnO2 dilakukan guna memaksimalkan hilirasi tambang dan industri timah dengan usaha pengolahan limbah solder dross. Sintesis SnO₂ dilakukan dari limbah solder dross menggunakan metode leaching dengan asam nitrat berkonsentrasi 68%. Hasil sintesis menunjukkan kemurnian SnO₂ sebesar 98.4%. Karakterisasi XRD mengindikasikan fase kristal rutile dengan ukuran kristal sekitar 21.7 nm. SEM-EDS mengungkapkan partikel SnO₂ berukuran rata-rata 198.5 nm² yang cenderung beraglomerasi. Graphene yang digunakan menunjukkan kemurnian tinggi dengan kandungan karbon 99.4% berdasarkan berat. Pengujian HFRR dilakukan untuk menilai kinerja tribologi dari berbagai sampel pelumas. Penambahan 0.05 wt% graphene dan variasi konsentrasi SnO₂ (1 wt%, 3 wt%, dan 5 wt%) secara signifikan menurunkan COF dan WSD dibandingkan dengan PAO murni. Penambahan 1 wt% SnO₂ dan 0.05 wt% graphene memberikan hasil paling optimal dengan penurunan COF sebesar 44.59% dan WSD sebesar 71.53% dibandingkan PAO murni.

Uncontrolled friction in machinery can lead to high wear, frequent maintenance, short lifespan, and low energy efficiency. Lubrication addresses these issues by forming a lubricating layer that prevents direct contact between material surfaces, reducing friction and wear. Tin oxide nanoparticles and graphene are used as additives in PAO lubricants due to their proven performance in reducing the coefficient of friction (COF) and wear scar dimension (WSD) in PAO oil. Additionally, the utilization of SnO₂ aims to optimize downstream mining and the tin industry by processing solder dross waste. SnO₂ was synthesized from solder dross waste using a leaching method with 68% nitric acid. The synthesis resulted in SnO₂ with a purity of 98.4%. XRD characterization indicated a rutile crystal phase with a crystal size of approximately 21.7 nm. SEM-EDS revealed SnO₂ particles with an average size of 198.5 nm², which tended to agglomerate. The graphene used exhibited high purity with a carbon content of 99.4% by weight. HFRR testing was conducted to evaluate the tribological performance of various lubricant samples. The addition of 0.05 wt% graphene and varying concentrations of SnO₂ (1 wt%, 3 wt%, and 5 wt%) significantly reduced COF and WSD compared to pure PAO. The optimal results were achieved with the addition of 1 wt% SnO₂ and 0.05 wt% graphene, resulting in a 44.59% reduction in COF and a 71.53% reduction in WSD compared to pure PAO."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hilmi Hakim
"Aluminium merupakan salah satu komoditas utama di berbagai industri karena sifatnya yang tahan karat. Namun, lapisan oksida Al2O3 yang timbul pada permukaan aluminium menjadikan aluminium rentan terkena deformasi saat proses pengelasan. Friction stir welding (FSW) merupakan salah satu metode pengelasan yang mampu menjadikan proses pengelasan aluminium menjadi lebih kuat karena mikrostruktur hasil proses pengelasannya yang lebih halus, sehingga laju korosi produk pengelasan juga dapat menurun. Karakteristik laju korosi sampel FSW di observasi pada lingkungan netral (3.5 wt% NaCl), asam (0.5 M H2SO4), dan basa (0.5 M NaOH) dengan metode linear sweep voltammetry (LSV) untuk menganalisis pengaruh proses FSW terhadap sifat korosi pada lingkungan yang berbeda, karakterisasi XRD digunakan untuk menganalisis parameter kristal sampel Base metal (BM) dan FSW. Hasil pengujian korosi menunjukkan peningkatan laju korosi pada lingkungan netral, asam, dan basa secara berturut-turut sebesar -20,75%; 10,54%; dan 4,83%. Kemudian berdasarkan hasil difraksi sinar X menggunakan metode W-H plot diketahui terjadi proses pembesaran parameter ukuran rata-rata kristal dari 437,394 Å menjadi 650,957 Å pada sampel FSW. Tingginya nilai microstrain dan pergeseran dan pelebaran puncak difraksi menjadi indikasi terdapat tegangan sisa pada sampel FSW hasil dari proses pengelasan yang mengurangi sifat ketahanan korosi sampel FSW
Aluminum is one of the main commodities in various industries because of its corrosion resistance. However, the Al2O3 oxide layers that appears on the aluminum surface makes aluminum susceptible to deformation during the welding process. Friction stir welding (FSW) is a welding method that can make the product of welded aluminum stronger because the microstructure of the welding products is smoother, so that the corrosion rate of welding products can also decrease. The characteristics of the corrosion rate of FSW samples were observed in neutral (3.5 wt% NaCl), acidic (0.5 M H2SO4), and alkaline (0.5 M NaOH) environments using the linear sweep voltammetry (LSV) method to analyze the effect of the FSW process on corrosion properties in the different environment, XRD characterization was used to analyze the crystal parameters of the Base metal (BM) and FSW samples. The results of the corrosion test showed an increase in the corrosion rate in neutral, acidic, and alkaline environments, respectively, by 10.54%; -20.75%; and 4.83%. Then based on the results of X-ray diffraction using the W-H plot method, it is known that there is a process of enlargement of the average crystal size parameter from 437,394 to 650,957 in the FSW sample. The high value of microstrain and the shift and broadening of the diffraction peaks are an indication that there is residual stress in the FSW sample resulting from the welding process which reduces the corrosion resistance properties of the FSW sample.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aminuddin Day
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Blau, Peter J.
New York: CRC Pres, 2008
621.89 BLA f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Laksita Aji Safitri
"Micro Friction Stir Spot Welding (m-FSSW) merupakan salah satu jenis solid state welding dengan menggunakan non-consumable tool ber-skala mico thicknes material<1 mm) dan memanfaatkan gesekan serta axial force pada prosesnya. Hasil pengelasan yaitu lap-joint pada satu titik. Pada penelitian ini dilakukan pengujian Geometril tool terhadap hasil pengelasan, sehingga didapartkan korelasi antara geometri tool, temperature ,perubahan kecepaatn putar, hasil uji tarik geser dan uji hardness . Dimana semakin tinggi pin maka semakin tinggi RPM,temperature dan uji tarik (berbanding lurus) dimana ketinggian pin < plunge dept (600 µm). Namun Pada tool 4 geometri tool memiliki ketinggian pin 650 µm dan diameter 2.540 mm, sehingga membuat RPM masih di putaran tinggi ,temperatur pada suhu yang rendah dan hasil uji tarik yang belum maksimal (penetrasi hanya dilakukan di pin/Shoulder tidak menyentuk spesimen uji). Pada eksperimen ini peak temperatur tertinggi berada pada tool 3 (shoulder 450) dengan temperature 428.44˚C dengan hasil uji tarik geser yaitu 449.66 N (tertinggi). Pada pengujian tarik geser terdapat mode kegagalan diamati selama TS tes, yaitu mode PF (Pulled Out Nugget) pada seluruh hasil lasan dengan menggunakan tool 1 hingga tool 4. Hasil kekerasan pada geometri tool diketahui bahwa semakin tinggi pin maka hardnes akan semakin besar atau selaras dengan temperature yang terjadi. Namun saat temperatur berada pada suhu 400°C , material AA100 mengalami fully aneling sehingga berdampak pada penurunan hardness pada material hasil lasan (Jaehyung Cho ,2010). Pada hasil uji struktur makro (crossection) terdapat daerah Stir Zone (SZ), Thermo-Mechanically Affected Zone (TMAZ), Heat Affected Zone (HAZ),ParentMetal (PM), Hook dan EXTD zone (pada tool 1,2,3).Dimana daerah SZ (stir zone), terjadi rekristalisasi secara penuh (>350°C) sedangkan daerah TMAZ yang mengalami rekristalisasi sebagian akibat adanya panas dan mengalami perubahan sifat mekanik (250°C-350°C). dan untuk daerah HAZ atau daerah yang terpengaruhi panas namun

Micro Friction Stir Spot Welding (m-FSSW) is a type of solid-state welding using a non-consumable tool with a mico scale (materialthickness < 1mm), using friction and axial force in the process. The result of welding is a lap joint at one point. This study has a correlation between tool geometry, temperature, rotational speed, tensile shear test, and hardness (Vickers) test. Where the higher the pin have higher the RPM, temperature, and tensile shear test (directly proportional) where the pin height < plunge depth (600 m). However, in tool 4 the geometry of the tool has a pin height of 650 m and a diameter of 2.54 mm so that the RPM is still at high rotation, the temperature is at a low temperature and the tensile shear results are not maximized (penetration is only at the pin/shoulder not touching the specimen). In this experiment, the highest peak temperature at tool 3 (shoulder 450) is about 428.44˚C with the results of the shear tensile test being 449.66 N (the highest). In the tensile shear test, get a failure mode, there is PF (Pulled Out Nugget) on all weld results (tools 1 to tool 4). The results of the hardness on the geometry of the tool are known that the higher pin, get the high hardness or proportional with the temperature that occurs. However, when the temperature is was at 400 °C, this material (AA100) had fully annealed and had an impact on decreasing the hardness of the welded material (Jaehyung Cho, 2010). In the macrostructure test results, there are Stir Zone (SZ), Thermo-Mechanically Affected Zone (TMAZ), Heat Affected Zone (HAZ), ParentMetal (PM), Hook, and EXTD zone (on tool 1,2,3). The SZ region (stir zone), where full recrystallization occurs (>350 °C) while the TMAZ region partially recrystallizes due to heat and changes in mechanical properties (250 °C-350 °C). and for the HAZ region or heat-affected region but not recrystallized (<250 °C)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Uswatun Hasanah
"Telah dilakukan pelapisan diamond-like carbon (DLC) dengan metode plasma enhanced chemical vapour deposition (PECVD). Variasi parameter jenis gas, temperatur, tekanan, dan architecture coating dilakukan untuk mengetahui karakteristik lapisan diamond-like carbon yang terbentuk. Diamond dan grafit adalah alotrop karbon yang paling banyak diketahui. Diamond merupakan mineral alam yang paling keras yang memiliki struktur hibridisasi sp3 dan memiliki sifat ketahanan terhadap abrasive. Sedangkan grafit memiliki sifat yang lunak dengan struktur hibridisasi sp2. Diamond-like carbon adalah bentuk karbon amorf metastabil yang memiliki hibridasi sp3 dan sp2.
Dalam penelitian ini dilakukan rekayasa lapisan diamod-like carbon di atas permukaan substrat AISI D2 dengan metode chemical vapour deposition berupa plasma lucutan pijar yang biasa disebut plasma enhanced chemical vapour deposition. Digunakan liquid petroleum gas (LPG) sebagai sumber gas hidrokarbon yang lebih murah dan mudah di dapat. Selain itu juga dilakukan variasi parameter tempespratur dan tekanan untuk mengontrol rasio sp3/sp2. Selanjutnya architecture coating dengan metode double layer dipilih sebagai upaya untuk memperbaiki lapisan single layer. Karakterisasi raman dilakukan untuk membuktikan pembentukan lapisan diamond- like carbon serta rasio ID/IG (Intensity Graphitic/Intensity Disorder). Selain itu pengujian mekanik dan keausan dilakukan untuk mengetahui hubungan rasio sp3/sp2 terhadap rekayasa yang telah dilakukan.
Penggunaan reaktan gas LPG sebagai sumber gas hidrokarbon untuk pelapisan berhasil meningkatkan nilai kekerasan lebih besar yaitu 418,08 HV dibandingkan dengan nilai kekerasan menggunakan gas C2H2 (388,58 HV). Selain itu penggunaan gas LPG menghasilkan CoF lebih kecil sebesar 5,52 x 10-3 sedangkan gas C2H2 didapatkan 7,59 x 10-3. Hal ini dikarenakan rasio H/C pada LPG yang lebih besar yaitu 2,3 sedangkan pada C2H2 yaitu 1. Daya lekat yang dimiliki lapisan dengan gas LPG maupun gas C2H2 memiliki kriteria klasifikasi yang sama yaitu 5B. Didapatkan ketebalan lapisan menggunakan gas LPG lebih besar yaitu 38,65 µm, sedangkan lapisan dengan gas C2H2 sebesar 25,7 µm. Ketebalan ini dipengaruhi oleh kandungan karbon di permukaan, didapatkan bahwa kandungan karbon LPG sebesar 50,57% sedangkan pada gas C2H2 sebesar 35,9%. Nilai rasio ID/IG penggunaan gas LPG berhasil menurunkan rasio yaitu 1.17 dibandingkan dengan gas C2H2 yaitu sebesar 1.31. Semakin kecil nilai rasio maka akan semakin bear rasio sp3/sp2 nya, hal ini akan memperbaiki sifat mekanik di permukaan.
Pengaruh parameter temperatur dan tekanan pelapisan juga telah dilakukan untuk merekayasa lapisan diamond-like carbon. Didapatkan bahwa nilai kekerasan terbesar terjadi di tekanan 1.6 mbar sebesar 445,51 HV, sedangkan pada temperatur yang lebih rendah yaitu 400 oC dihasilkan kekerasan yang lebih besar yaitu 448,06 HV dibandingkan nilai kekerasan pada temperatur yang lebih tinggi (450 oC). Kenaikan tekanan pada 1.6 mbar berhasil menurunkan CoF menjadi 1.3 x10-3. Selain itu juga pada temperatur 400oC dihasilkan nilai CoF yang lebih kecil sebesar 1,15 x10-3, sedangkan pada temperatur 450oC didapatkan 5,52 x10-3. Hal ini dikarenakan kenaikan tekanan akan menghasilkan volume gas yang meningkat dan menghasilkan deposisi yang semakin banyak di permukaan substart yang menyebabkan kekerasan dan ketahanan ausnya meningkat. Kemudian pada temperatur rendah akan menghasilkan tumbukan antar gas dengan energi yang lebih kecil untuk menghasil sp3 lebih banyak, sehingga hal ini menyebabkan peningkatan kekerasan dan ketahanan keausan pada lapisan DLC. Daya lekat yang dimiliki lapisan diamond-like carbon pada semua varisasi temperatur dan tekanan memiliki kriteria klasifikasi yang sama yaitu 5B. Peningkatan temperatur berhasil meningkatkan ketebalan yaitu 38,65 µm. Sedangkan peningkatan ketebalan lapisan didapatkan pada tekanan yang rendah yaitu 1.2 mbar sebesar 28,9 µm. Kenaikan tekanan pada 1.6 mbar berhasil menurunkan rasio ID/IG sebesar 0,84 dibandingkan pada tekanan 1.4 dan 1.2 mbar masing-masing sebesar; 0,96 dan 1,17. Penurunan temperatur terbukti berhasil menurunkan rasio ID/IG sebesar 0,78. Semakin kecil nilai rasio maka akan semakin bear rasio sp3/sp2 nya, hal ini akan memperbaiki sifat mekanik di permukaan.
Selain pelapisan single layer, architecture coating dengan metode double layer telah dilakukan untuk memperbaiki sifat lapisan single layer. Kemudian pengembangan lapisan interlayer kromium juga dilakukan sebagai metode architecture coating lainnya. Pada tahap penelitian architecture coating diperoleh dengan metode double layer Rekayasa 1 didapatkan nilai kekerasan 438,7 HV dan CoF sebesar 2.9x10-3. Hal ini dikarenakan pengaruh gas LPG pada tahap 2 di rekayasa 1 yaitu penggunaan gas LPG, tahap akhir disetiap rekayasa menentukan sifat dari lapisan DLC. Daya lekat yang dimiliki architecture coating Rekayasa 1 dan Rekayasa 2 juga memiliki kriteria klasisfikasi yang sama dengan lapisan diamond-like carbon single layer yaitu 5B. Selain itu juga ketebalan lapisan Rekayasa 1 dan Rekayasa 2 didapatkan masing masing; 30,1 µm dan 24,3 µm. Hal ini dikarenakan jumlah kandungan karbon di permukaan pada Rekayasa 1 lebih besar yaitu 48,74% dan pada Rekayasa 2 yaitu sebesar 29,08%. Architecture coating Rekayasa 1 memiliki nilai rasio ID/IG yang lebih kecil dibandingkan Rekayasa 2 yaitu masing-masing; 0,89 dan 0,96. Semakin kecil nilai rasio maka akan semakin besar rasio sp3/sp2 nya, hal ini akan memperbaiki sifat mekanik di permukaan. Lapisan interlayer chromium pada rekayasa parameter arus dan waktu pelapisan berhasil memperbaiki sifat mekanik dan ketahanan aus subtrat AISI D2. Kenaikan nilai kekerasan seiring dengan penurunan laju keausan yang mencapai 2,85 x 10-6. peningkatan arus listrik meningkatkan migrasi ion chromium dari larutan elektrolit ke katoda dan menghasilkan lebih banyak chromium di permukaan.

A diamond-like carbon coating has been carried out using the plasma enhanced chemical vapor deposition method. Variations in the parameters of gas type, temperature, pressure, and architecture coating were carried out to determine the characteristics of the diamond-like carbon layer formed. Diamond and graphite are the most widely known allotropes of carbon. Diamond is the hardest mineral with an sp3 hybridized structure and abrasive resistant properties. Meanwhile, carbon has a soft nature with an sp2 hybridization structure. Diamond-like carbon is a metastable amorphous carbon form with sp3 and sp2 hybridization.
In this study, we fabricate diamond-like carbon coatings on AISI D2 substrates using glow discharge plasma-enhanced chemical vapor deposition. LPG gas is used as a cheap and readily available source of hydrocarbon gas. In addition, we modified the temperature and pressure parameters to control the sp3/sp2 ratio. In addition, a double- layer coating structure was chosen to improve the single-layer coating. Raman characterization was performed to demonstrate the formation of diamond-like carbon layers and the sp3/sp2 ratio. Additionally, mechanical and abrasion tests were performed to determine the relationship between the sp3/sp2 ratio and the technique performed.
Using LPG gas reactants as a source of hydrocarbon gas for coatings increased the hardness value to , 418.08 HV as compared to 388.58 HV when using C2H2 gas reactants. In addition, using LPG gas resulted in a CoF of 5.52 x 10-3, whereas C2H2 gas yielded 7.59 x 10-3. This is because the ratio of hydrogen to carbon in LPG is greater than in C2H2; 2.3, 1 respectively. The adhesion of the coating with LPG gas and C2H2 gas has the same classification, 5B, as the adhesion of the coating with C2H2 gas. It was determined that the layer with LPG gas was thicker, measuring 38.65 µm, than the layer with C2H2 gas, which measured 25.7 µm. This thickness is influenced by the carbon content on the surface; it was determined that the carbon content of LPG was 50.57 % while it was 35.9% for C2H2 gas. Using LPG gas, the ID/IG ratio decreased to 1.17 from 1.31 when C2H2 gas was utilized. The greater the sp3/sp2 ratio, the better the mechanical properties of the surface, the smaller the ratio.
The influence of coating temperature and pressure parameters has also been carried out to engineer diamond-like carbon coatings. At a pressure of 1.6 mbar, the highest hardness value was 445.51 HV, while at a lower temperature of 400 oC, the hardness value was 448.06 HV, which was greater than the hardness value at a higher temperature (450 oC). The pressure increase at 1.6 mbar was able to decrease the CoF to 1.3 x 10-3. In addition, a CoF value of 1.15 x10-3 was measured at 400oC, whereas 5.52 x10-3 was measured at 450oC. This is due to the fact that an increase in pressure will result in an increase in gas volume, leading to an increase in deposition on the surface of the substrate, thereby increasing its hardness and wear resistance. Then, at low temperatures, encounters between gases with less energy produce more sp3, resulting in an increase in the DLC layer's hardness and wear resistance. The adhesion of the diamond-like carbon layer is classified as 5B regardless of variations in temperature and pressure. Temperature increase resulted in a thickness increase of 38.65 m. While the increase in layer thickness was achieved at a low pressure of 1.2 mbar and 28.9 µm, it was observed at a thickness of 28.9 µm. Increased pressure at 1.6 mbar decreased the ID/IG ratio by 0.84 compared to pressures of 1.4 and 1.2 mbar, by 0.96 and 1.17 respectively. The ID/G ratio was successfully decreased by 0.78 by lowering the temperature. The greater the sp3/sp2 ratio, the better the mechanical properties of the surface, the smaller the ratio.
In order to enhance the properties of single layer coating, architecture coating with double layer method has also been implemented. The development of the chromium interlayer layer as an additional architectural coating method followed. At the architectural coating research stage, the double layer Design 1 method yielded a coating with a hardness of 438.7 and a CoF of 2.9 x 10-6. This is due to the effect of LPG gas in stage 2 of design 1. The final stage of this design affects the characteristics of the DLC layer. The adhesive strength of Design 1 and Design 2 is also classified as 5B, the same as the single-layer diamond-like carbon coating. In addition, the thickness of Design 1 and Design 2 layers were determined to be 30,1 µm and 24,3 µm, respectively. This is because the surface carbon content of Design 1 is 48.74% higher than Design 2, which is 29.08%. Design 1's architectural coating has a lower ID/G ratio than Design 2's; 0.89 and 0.96, respectively. The surface's mechanical properties will be enhanced as the ratio decreases and the sp3/sp2 ratio increases. The mechanical properties and wear resistance of the AISI D2 substrate were enhanced by the chromium interlayer coating on the current and coating time parameter optimization. The increase in hardness value corresponded to the 2.85 x 10-6 decrease in wear rate. The increase in ecurrent increases the migration of chromium ions from the electrolyte solution to the cathode, resulting in a greater concentration of chromium on the surface.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deden Rahayu
"Friction Stir Welding (FSW) adalah suatu teknologi pengelasan yang merupakan proses solid-state joining yang bisa digunakan untuk menyambungkan material yang berbeda, karakter awal base material bisa dipertahankan dan juga tidak memerlukan bahan tambah (filler). Distorsi dari hasil proses FSW sangat rendah dikarenakan prosesnya dalam keadaan padat sehingga defleksi setelah pengelasan bisa diminimalisir dengan kekuatan sebanding dengan proses pengelasan lain dan juga dapat diaplikasikan pada material-material yang sulit dilas bila menggunakan metode konvensional atau teknik penyambungan lain seperti solder atau rivet.
Tipe sambungan pada FSW yang akan dilakukan adalah tipe Lap Welding dan Spot Welding. Adapun parameter yang akan digunakan adalah kecepatan putaran tool, kecepatan translasi tool (feeding), kemiringan tool saat proses pengelasan, dan desain mata pisau tool. Mesin yang digunakan pada proses ini yaitu mesin CNC tipe adjustable vertical milling machine sehingga hasil tiap langkah proses pengelasan akan seragam Untuk mengetahui kekuatan mekanik dari spesimen maka dilakukan uji kekasaran permukaan (surface rougness) dan uji tarik untuk setiap specimen yang berbeda tiap parameternya.
Hasil analisis data dengan menggunakan metode Grafik, Chi Square, dan Response Surfece Methodology (RSM) menunjukkan bahwa setiap parameter yang digunakan pada proses FSW mempengaruhi kekuatan mekanik dan kekasaran permukaan pada material hasil pengelasan.

Friction Stir Welding (FSW) is a welding technology which is a solid-state joining process that can be used to connect different materials. The initial character of the base material can be maintained and also does not require the added material (filler). Distortion of the FSW process is very low due to the process in the solid state so that the deflection after welding can be minimized with the strength compare to other welding processes, FSW can also be applied to materials that are difficult to weld when using conventional methods or other sewing techniques such as Solder or Rivet.
In this study, the type of connection with FSW method are Lap Welding and Spot Welding. The parameters were the tool rotation speed, translational speed of the tool (feeding), the slope of the tool when the welding process, and tool shape. Machine that used in this process was the adjustable CNC vertical milling machine so that the results of each step of the welding process will be uniform. To find the mechanical strength of the performed test specimens surface roughness and tensile test for each different specimens each parameter were investigated.
The results of data analysis using Graph Method, Chi Square, and Response Surface Methodology (RSM) showed that each parameter used in the FSW process influences to mechanical strength and surface roughness of welded materials.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42891
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>