Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 157395 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ilham Bagus
"Salah satu aplikasi struktur perkerasan jalan adalah dengan penggunaan paving block yang merupakan komposisi dasar bahan bangunan yang dibuat dari semen Portland dengan perekat hidrolik seperti campuran air dengan agregat. Karena kekuatan yang tinggi, mudah dikerjakan dan banyak diperoleh dipasaran mengakibatkan penggunaan Paving block menjadi popular pada pekerjaan konstruksi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kuat tekan akibat perbedaan pemadatan dan umur sampel, serta mencari nilai korelasi antara kuat tekan dua dimensi paving block yang berbeda. Sasaran dari penelitian ini adalah menambah wawasan dan pengetahuan tentang pengaruh besar kuat tekan antara dua bentuk yang berbeda. Metode pengujian dengan uji kuat tekan adalah metode yang paling sesuai untuk menentukan pengaruh kepadatan terhadap kuat tekan sampel berbentuk balok dan kubus. Dengan mengetahui hasil nilai kuat tekan berdasarkan dua dimensi benda uji yang berbeda, diharapkan dapat diketahui sebuah nilai konversi antara balok ke kubus yang dapat memudahkan permintaan pasar akan kebutuhan paving block tanpa memerlukan waktu pengujian yang lebih lama.

One of road pavement application is paving block filled by Portland cement binded with aggregates and water. Paving block become broadly used because of high compressive strength, relatively convenient to be assembled and its availability on market. The purpose of this research is to find the effect of compressive strength based on density, age, and correlation between two dimension of test samples. The goal of this research is to broaden the knowledge about effect of compressive strength with difference of two test sample shape. Compression test as the most suitable test method is being used to find compressive strength effect on density. By finding compressive strength based on two different dimension of test samples, conversion factor is hoped to be obtained which will facilitate suppliers on paving block demand and enabling much easier and shorter duration of test."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
Ilham Bagus
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hari Mahardika
"Penggunaan bahan material plastik dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya populasi manusia, perkembanan aktivitas dan pola gaya hidup masyarakat. Plastik merupakan salah satu material yang sulit terurai secara alami. Berbagai masalah dapat ditimbulkan dari pencemaran limbah plastik. Salah satu penanganan limbah plastik adalah dengan pemanfaatan kembali limbah plastik untuk dijadikan bahan material paving block. Paving block adalah suatu komposisi bahan bangunan yang dibuat dari campuran semen, air dan agregat dengan perbandingan tertentu. Penelitian ini menggunakan plastik jenis Low Density Polypropylene (LDPE) sebagai bahan material subtitusi agregat halus (abu batu) pada pembuatan paving block beton. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik paving block beton berdasarkan hasil uji tekan pada benda uji balok dan kubus yang telah diberi penambahan limbah pastik sebanyak 3%, 5% dan 7%. Dari hasil penelitian didapatkan nilai kepadatan tertinggi rata-rata pada sampel balok paving block dengan campuran LDPE 3% sebesar 2,1 gr/cm3. Nilai kuat tekan tertinggi rata-rata pada sampel balok paving block dengan campuran LPDE 5% sebesar 243,12 kg/cm2. Hasil penelitian menunjukkan terdapat penurunan nilai rasio kepadatan dan kuat tekan seiring dengan bertambahnya komposisi campuran plastik LDPE di dalam paving block beton berdasarkan umur sampel.

The use of plastic materials from year to year continues to increase along with an increasing of human population, the development of activities and people's lifestyle patterns. Plastic is a material that is difficult to decompose naturally. Various problems can be caused by plastic waste pollution. One way to handle plastic waste is to reuse plastic waste to be used as paving block materials. Paving block is a composition of materials made from a mixture of cement, water and aggregate in a certain ratio. This research uses Low Density Polypropylene (LDPE) as a partial substitute for fine aggregate (stone ash) in paving concrete block’ mixtures. The purpose of this study was to determine the characteristics of paving concrete blocks based on the results of compressive tests on blocks and cubes specimens hat have been added with 3%, 5% and 7% plastic waste. The experimental results showed the highest average density value in the sample of paving blocks with a mixture of 3% LDPE was 2.1 gr/cm3. The highest average compressive strength value in the sample of paving blocks with 5% LPDE mixture was 243.12 kg/cm2. The results showed that there was a decreased in ratio of density and compressive strength along with an increasing the composition of the LDPE plastic in concrete’s mixture of paving concrete block based on specimen’s age."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Dwi Rahmat Rajab Sirfefa
"Penggunaan Asbuton LGA dan pemanfaatan limbah beton (RCA) semakin berkembang dan menjadi alternatif yang menarik sebagai pengganti agregat dan aspal konvensional dalam pembangunan jalan yang memiliki kapasitas beban lalu lintas yang rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penambahan limbah beton terhadap parameter marshall dan nilai kuat lentur campuran aspal. Benda uji yang dibuat dibagi menjadi dua yaitu benda uji marshall yang akan diuji marshall dan benda uji paving block yang akan diuji bending. Kedua benda uji tersebut menggunakan spesifikasi campuran CPHMA, dimana benda uji paving block akan menggunakan kadar aspal optimum dari pengujian marshall. Tahapan pengujian dimulai dengan pengujian karakteristik dari material yang digunakan yaitu agregat baru, limbah beton, aspal minyak, asbuton LGA serta oli bekas yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan material yang digunakan. Selanjutnya dilakukan pembuatan benda uji berdasarkan blending agregat dan job mix formula yang dibuat. Kemudian dilakukan pengujian Marshall Standard terhadap benda uji untuk mencari kadar aspal optimum dari campuran, dan dilanjutkan dengan pengujian lentur untuk mengetahui kuat lentur dari campuran. Hasil pengujian yang didapatkan yaitu nilai KAO untuk campuran agregat baru tanpa menggunakan RCA adalah 7,5% sedangkan untuk campuran dengan tambahan RCA adalah 8%. Serta nilai kuat lentur yang didapatkan dari pengujian kuat lentur menggunakan campuran agregat baru tanpa RCA yaitu 0.313 Mpa sedangkan untuk campuran dengan RCA adalah 0.295 Mpa.

The use of Asbuton LGA and the utilization of Recycled Concrete Aggregates (RCA) is growing and is an attractive alternative as a substitute for conventional aggregate and asphalt in the construction of roads that have a low traffic load capacity. The purpose of this study was to determine the effect of the addition of recycled concrete aggregates on Marshall parameters and the value of the flexural strength of the asphalt mixture. The test object made is divided into two, namely the Marshall test object which will be tested by Marshall and the paving block test object which will be tested for bending. The two specimens used the CPHMA mixture specifications, where the paving block specimens will use the optimum bitumen content from the Marshall test. The testing phase begins with testing the characteristics of the material used, namely new aggregate, waste concrete, oil asphalt, LGA asbuton and used oil which aims to determine the feasibility of the material used. Then, the test object is made based on the aggregate blending and job mix formula made. Then the Marshall Standard test was carried out on the specimens to find the optimum asphalt content of the mixture, and continued with flexure testing to determine the flexural strength of the mixture. The test results obtained were that the KAO value for the new aggregate mixture without using RCA was 7.5% while for the mixture with additional RCA it was 8%. As well as the flexural strength value obtained from the flexural strength test using a new aggregate mixture without RCA, which is 0.313 Mpa, while for a mixture with RCA, it is 0.295 Mpa."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Belanto Hadiwido
"Permasalahan pokok yang dibahas dalam tesis ini pada dasar ada dua, yaitu:
1. Permasalahan Sektor Konstruksi, adalah semakin banyaknya pembangunan fisik, berupa bangunan gedung dan bangunan sipil Iainnya, akan menyebabkan semakin tingginya permintaan bahan bangunan pembentuk beton (agregat halus, agregat kasar dan semen). Hal ini dibatasi oleh semakin menipisnya sumberdaya alam yang dijadikan bahan pembentuk beton tersebut. Pengambiian agregat halus dan kasar dari alam tidak hanya mengurangi ketersediaannya saja di alam, tetapi juga akan berakibat pada rusaknya keseimbangan morfologis dari suatu daerah. Penambangan pasir dan batu gunung akan mengurangi kestabilan tanah terhadap erosi. Hal ini perlu dicarikan bahan yang mampu sebagai pengganti bahan alami tersebut agar keseimbangan alam dapat terjaga.
2. Permasalahan Sektor Lingkungan atau sub sektor Pengeloaan Sampah Perkotaan, yaitu semakin banyak volume abu insinerator hasil pemusnahan sampah yang harus segera distabiIisasi. Hasil lain yang didapatkan dari proses pemusnahan sampah dengan insinerator adalah abu (slag) yang pada lokasi penelitian berjumlah 21,6 ton/tahun. Abu ini harus ditangani dengan baik agar tidak mencemari lingkungan. Salah satu pemanfaaian abu tersebut adalah dengan jalan membuat sebagai bahan bangunan.
Tujuan Penelitian ini pada dasarnya adalah mencari cara agar abu insinerator dapat dipakai sebagai bahan bangunan pembentuk baton. Cara tersebut adalah dalam bentuk komposisi yang paling tepat dari abu insinerator didalam baton struktural dan non struktural dari segi kakuatan tekan beton. Kekuatan tekan dipakai sebagai Iandasan penelitian karena kuat tekan merupakan sifat beton yang utama (beton memiliki kekuatan menahan gaya tekan dibandingkan tarik sedangkan baja tulangan memiliki kekuatan menahan gaya tarik dibandingkan tekan sehingga tercipta beton bertulangan yang memiliki kekuatan tekan dan tarik sekaligus).

There are two major issues that discus in this thesis :
1. Problem occurred by using Concrete Material; The recent problem is, all of us realize now, the more we construct buildings or other civilian constructions, the higher demand on concrete material such as fine aggregate, coarse aggregate and Portland cement. This condition makes us to spend more supply of nature concrete material resources. High consumption of nature concrete material resource results high pressure on two aspects, in one aspect makes decline of limited natural supplies and the other aspect gives contribution of devastation soil stability that makes environmental problem. The exploration of coast sand, mountain rock and sand makes decline of land resistance to land erosion and abrasion. Thus, Finding a concrete material that replace natural material in order to prevent environmental quality declining is necessary.
2. The surrounding problem is to tind the things or activities that absorb solid waste incineration residues. Municipal Solid Waste incineration Residues (MSWIR) in the recent days is becoming highly increasing as the high volume of MSWIR that could disturb our lives. This incinerator's residues have to be handled properly by the right treatment to safe our environment and health. One of the solutions is using that residue to concrete material.
The objective of this research is to find the right composition in using maximum incinerator's solid waste residues for concrete structural and nonstructural material. Concrete specimen within incinerator ash must have compressive strength at the same or higher than normal concrete. This step has been proven by concrete compressive test. Compressive strength is the most importance concrete criteria."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2001
T2582
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mampearachchi, Wasantha
"This book provides a comprehensive overview of concrete block paving (CBP). Starting with the basics, such as the history, applications, advantages and limitations of CBP, it then discusses in detail the structural behavior, construction process, and design support conditions, covering topics like specifications for blocks and laying patterns, field performance and mix design for ICBP. Lastly, it examines good CBP practices and maintenance."
Singapore: Springer Singapore, 2019
e20510450
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Naldo Jabari Mulya
"Saat ini Asbuton telah banyak digunakan sebagai alternatif pengganti aspal konvensional pada pembangunan jalan raya. Pertimbangannya adalah keberadaan serta harga aspal minyak selalu cenderung meningkat seiring fluktuasi harga minyak bumu dunia yang meningkat. Pemelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui persentase kadar aspal dan agregat yang terkandung dalam Asbuton Lawele Granular Asphalt (LGA), mengetahui kadar penggunaan limbah beton pada campuran beraspal terhadap nilai parameter Marshall dengan mempertimbangkan kandungan mortarnya.dan mengetahui rancangan susunan agregat baru dan agregat limbah beton untuk mendapatkan Asbuton paving block berpori. Penelitian kali ini diawali dengan pengujian karakteristik agregat, aspal pen 60/70, dan ekstraksi LGA. Untuk mendapatkan kadar aspal serta agregat yang terkandung dalam LGA dapat dilakukan dengan ekstraksi butiran LGA menggunakan metode Reflux dan Centrifuge. Bitumen dan agregat yang sudah ter-ekstrak kemudian diuji karakteristik agregat dan aspalnya. Aspal yang ter-ekstrak dari butiran LGA memiliki nilai penetrasi yang rendah, sehingga perlu penambahan oli bekas untuk menaikan nilai penetrasi. Setelah semua bahan sudah diuji kemudian dilanjutkan dengan pembuatan benda uji untuk mencari nilai kadar aspal optimum sebanyak 30 total, 15 untuk benda uji aspal dengan agregat baru dan 15 untuk benda uji aspal yang ditambahkan agregat limbah beton. Kemudian sampel akan diuji Marshall Standard berguna untuk mendapatkan nilai KAO. Setelah nilai KAO didapatkan dilanjutkan pembuatan benda uji pavingblock dengan ukuran 25x25x6,5 cm sebanyak 6 buah, 3 untuk campuran tanpa RCA dan 3 buah untuk benda uji menggunakan RCA. Setelah sampel pavingblock dibuat, dilakukan proses core drill sebanyak dua lubang setiap satu pavingblock yang akan diuji nilai volumteriknya dengan uji Marshall Standard dan Immersion. Kemudian dilihat apakah ada pengaruh terhadap nilai volumetric pada pavingblock dan compact standard. Hasil yang didapatkan dari pengujian adalah Asbuton Lawele Granular Asphalt (LGA) memiliki kanduangan bitumen sebanyak 26% dan kandungan agregat sebanyak 73%, komposisi yang digunakan untuk campuran agregat baru tanpa menggunakan RCA yang didapat dari blending agregat yaitu 52% agregat kasar, 40% agregat halus, dan 8% agregat LGA, sedangkan untuk campuran dengan tambahan RCA memiliki komposisi 23% RCA, 29% agregat kasar, 20% agregat halus, dan 8% agregat LGA, kadar aspal optimum yang di dapat dari campuran agregat baru tanpa menggunakan RCA dan campuran dengan tambahan RCA adalah 7%, dan berdasarkan hasil volumetrik dan pengujian marshall menunjukkan bahwa campuran dengan menggunakan agregat baru masih lebih baik dari campuran dengan menggunaan RCA sebagai subtitusi agregat baru.

Currently, Asbuton has been widely used as an alternative to conventional asphalt in highway construction. The consideration is that the existence and price of petroleum asphalt always tends to increase along with increasing fluctuations in world petroleum prices. This research aims to determine the percentage of asphalt and aggregate content contained in Asbuton Lawele Granular Asphalt (LGA), determine the level of use of concrete waste in the asphalt mixture against the Marshall parameter value by considering the mortar content, and determine the design of the new aggregate composition and waste concrete aggregate for get porous Asbuton paving blocks. This research began with testing the characteristics of aggregate, asphalt pen 60/70, and LGA extraction. To obtain the asphalt and aggregate content contained in LGA, extraction of LGA granules can be done using the Reflux and Centrifuge methods. The extracted bitumen and aggregate are then tested for the characteristics of the aggregate and asphalt. Asphalt extracted from LGA granules has a low penetration value, so it is necessary to add used oil to increase the penetration value. After all the materials have been tested then proceed with making test objects to find the optimum asphalt content value of 30 in total, 15 for asphalt test objects with new aggregate and 15 for asphalt test objects with added concrete waste aggregate. Then the sample will be tested using the Marshall Standard to get the KAO value. After the KAO value was obtained, 6 pieces of pavingblock test specimens measuring 25x25x6.5 cm were continued, 3 for the mixture without RCA and 3 for non-RCA test objects and 3 for test objects using RCA. After the paving block samples are made, a core drill process is carried out with two holes for each paving block which will be tested for their volumetric value using the Marshall Standard and Immersion tests. Then see whether there is an influence on the volumetric value of standard paving blocks and compacts. The results obtained from the test were that Asbuton Lawele Granular Asphalt (LGA) had a bitumen content of 26% and an aggregate content of 73%. The composition used for the new aggregate mixture without using RCA was obtained from blending the aggregate, namely 52% coarse aggregate, 40% aggregate fine, and 8% LGA aggregate. Meanwhile, the mixture with the addition of RCA has a composition of 23% RCA, 29% coarse aggregate, 20% fine aggregate, and 8% LGA aggregate. The optimum asphalt content obtained from the new aggregate mixture without using RCA and the mixture with the addition of RCA is 7%. Based on the volumetric results and Marshall testing, it shows that the mixture using new aggregate is still better than the mixture using RCA as a substitute for new aggregate."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdi Suryadi
"Hidroksiapatit (HA) merupakan salah satu material bone graft alloplast yang sering digunakan dalam prosedur bone grafting karena sifat osteokonduktif dan biokompatibel yang baik serta komposisinya yang mirip dengan komponen anorganik tulang dan gigi. Namun, HA yang diproduksi dengan metode sintering sulit teresorpsi di dalam tubuh karena kristalinitas yang tinggi. HA dengan kristalinitas rendah dapat diproduksi dengan metode disolusi presipitasi. Pembuatan HA dalam bentuk blok membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan granul, penambahan kondisi hidrotermal dapat mempercepat waktu konversi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan tekan HA yang dihasilkan dari blok gipsum yang direndam dalam larutan Na3PO4 1 mol/L pada kondisi hidrotermal selama 48 jam pada suhu 100oC dan 140oC dan 180oC dan. Blok gipsum dibuat dengan mencampurkan bubuk kalsium sulfat hemihidrat dan aquades dengan rasio akuades dibanding bubuk 0,5. Blok gipsum direndam di dalam larutan Na3PO4 1 mol/L dan dipanaskan selama 48 jam pada suhu 100oC, 140oC dan 180oC. Uji compressive strength dilakukan untuk evaluasi kuat tekan dengan menggunakan Universal Testing Machine AGS-X (Shimadzu, Japan). Setelah perendaman, HA teridentifikasi pada semua kelompok spesimen, namun pada kelompok 100oC dan 140oC selain HA, fasa gipsum juga masih teridentifikasi. Pada kelompok 180oC hanya HA yang teridentifikasi. Berdasarkan uji statistik One-Way ANOVA dan Post-Hoc Tamhane, terdapat penurunan nilai kuat tekan yang signifikan antara kelompok kontrol (gipsum) dan setelah perlakuan suhu 100oC, 140oC dan 180oC. Penurunan nilai kuat tekan juga signifikan antara kelompok perlakuan suhu 180oC dengan kelompok perlakuan suhu 100oC dan 140oC. Namun, tidak ada perbedaan bermakna nilai kuat tekan antara kelompok perlakuan suhu 100oC dan 140oC. Disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan nilai kekuatan tekan yang turun secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol (gipsum).

Hydroxyapatite (HA) is one of the alloplastic materials that is often used in bone grafting procedures because of its osteoconductive and biocompatible properties and its composition which is similar to the inorganic components of bones and teeth. However, sintered HA cannot be reabsorbed in the body due to its high crystallinity. Low crystalline HA can be fabricated through dissolution-precipitation reaction. HA block require conversion time that HA granules. Applying hydrothermal condition to dissolution-precipitation reaction would compensate for longer conversion time. The aim of this study was to analyze the compressive strength of HA block produced from gypsum block that immersion in Na3PO4 1 mol/L solution based on dissolution precipitation method under hydrothermal condition. Block gypsum were made from calcium sulfate hemihydrate powder mixed with distilled water at water to powder ratio 0,5. The gypsum blocks were immersed in Na3PO4 1 mol/L solution for 48 hours at 100oC, 140oC and 180oC. Compressive strength test was used for mechanical strength evaluation and was done with Universal Testing Machine AGS-X (Shimadzu, Japan). After immersion, there was a HA phase identified in all groups, however, groups that had immersion at 100oC and 140oC there was gypsum identified too. Based on statistical analysis using One Way ANOVA and Post-Hoc Tamhane test, there was a significant decrease in compressive strength value between groups of specimens before and after immersion at 100oC, 140oC and 180oC. Compressive strength value was Also significant between group immersion at 180oC and 100oC, 140oC. But the difference between the group after immersion at 100oC and 140oC was not significant. It was concluded that the compressive strength value decreased significantly compared to the control group (gypsum)."
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andre
"Dalam penelitian ini meninjau penggunaan serbuk kerang sebagai substitusi perekat semen sedangkan agregat halus untuk Campuran mortar dengan bahan limbah berupa Concrete Sludge Waste (CSW) sebagai substitusi pasir. Sifat mekanik Paving block yang diuji dengan total benda uji sebanyak 180 buah. Yang meliputi kuat tekan sebanyak 60 benda uji sesuai SNI 03-0691-1996, kuat lentur sebanyak 60 benda uji sesuai standar ASTM C 78-94, absorpsi sebanyak 60 benda uji sesuai SNI 03-0691-1996.
Pengujian kuat tekan hingga umur benda uji 28 hari, dibagi menjadi 4 variasi pengujian sehingga didapat variasi optimum untuk komposisi semen, agregat halus 1:4,5 , yang terdiri dari 98 % semen, 2 % serbuk kerang dan 100 % CSW didapatkan nilai kuat tekan optimum sebesar 10.05 MPa. Pengujian kuat lentur hingga umur benda uji 28 hari dengan variasi yang sama didapatkan kuat lentur optimum sebesar 6.42 MPa. Pengujian absorpsi hingga umur benda uji 56 hari dengan variasi yang sama didapatkan nilai absorpsi sebesar 5.51 %. Dengan nilai yang diharapkan maka paving block dapat diaplikasikan dalam pembuatan bata beton (paving block) kelas pedestrian.
This reseach aims to observe the use of shell powder as a substitute of adhesive cement while Concrete Sludge Waste (CSW) as a substitute of sand for paving block. The mechanical properties tested in the laboratory with 180 samples of total samples. Comprising 60 samples for testing of the compressive strength refers to SNI 03-0691-1996, 60 sample for testing of flexural strength refers to C 78-94, 60 samples for testing of absorption refer to SNI 03-0691-1996.
Testing of the compressive strength performed up to 28 days is divided into 4 variations. From this research, variation for composition cement, Aggregate 1:4,5, consist of 98% cement 2% shell powder as an adhesive materials and 100% CSW as an aggregate getting 10.05 MPa as an optimum compressive strength. Testing of the flexural strength performed up to 28 days with the same variation getting 6.42 MPa as an optimum flexural strength. Testing of the absorption performed up to 56 days with the same variation getting 4,84 % as an optimum absorption. With this value, hoped can be applied in the manufacture of concrete bricks (paving blocks) for pedestrian class.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42726
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rida Madya Tresna Febria Resniyanto
"Limbah sisa adukan beton dan limbah kaca seringkali menjadi sampah dan berpotensi merusak lingkungan karena sifatnya yang sulit terurai. Padahal kedua bahan tersebut mempunyai potensi untuk dimanfaatkan, salah satunya sebagai pengganti agregat dan semen pada paving block. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh penambahan limbah adukan beton dan serbuk kaca terhadap sifat-sifat mekanik paving block. Pembuatan paving block dibuat dari limbah adukan beton, semenPC type I, dan serbuk kaca yang berasal dari sisa botol heinkein dan anker bir. Benda uji penelitian dibuat dengan perbandingan komposisi semen dan agregat 1:4,5 dengan 4 perlakuan subtitusi serbuk kaca yaitu 0%, 10%, 20%, dan 30% dari berat semen. Pengujian kuat tekan dan kuat lentur dilakukan pada hari ke-7,14,28 sedangkan pengujian penyerapan air dilakukan pada hari ke-14, 28, 49 dan 56.
Dari hasil pengujian, didapatkan bahwa penambahan serbuk kaca 10% dari berat semen mempunyai komposisi terbaik untuk menghasilkan kekuatan yang optimum. Dimana kuat tekan paving block pada umur 28 hari mencapai 13,625 Mpa dan mengalami peningkatan sebesar 25,86% dari paving block tanpa mengunakan campuran serbuk kaca.

Residual concrete sludge waste and glass waste is often a waste and potentially damaging to the environment because it is difficult to unravel. Yet, both materials have the potential to be used, as a substitute for aggregate and cement on paving block for example. The purpose of this study was to determine how much impact from the addition of waste concrete and glass powder on the mechanical properties of paving block. Paving blocks were made ​​of concrete waste, Portland Cement type I, and glass powder taken from the rest of heinkein and Anker beer bottles. Research specimens were made ​​with cement and aggregate composition ratio of 1:4,5 and different amount of substitution using glass powder. Glass powder ratios are as follow: 0%, 10%, 20%, and 30% of cement weight. Compressive and flexural strength testing were performed on day 7, 14, 28 while the water absorption test were performed on day 14, 28, 49 and 56.
From the test results, it was found that the specimen with the addition of glass powder by 10% of cement weight has the best composition resulted in producing optimum power. Compressive strength of paving blocks at day 28 reached 13.625 MPa, produced an increase by 25,86% compared to the paving block without using mixture of glass powder.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42263
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anita Kartika
"By expanding science and technology, hence in concrete technology also experiencing of many change effect of finding of new materials like addition of fly ash, silica fume as admixture mineral, addition of organic fibre to improve the tensile strength, etcetera, addressed all to obtain the nature of special behavior according to target its use, despitefully environmental factor become one of the aspect which must be paid attention. To reach this, cement industry innovate to utilize to get cement product able to support concrete have high performance with process of friendly environment. 'Blended Cement' representing one of the solution, where with process of certain can support concrete have high performance and effectively lessen CO2 emission into the air. And in this time which used by many in marketing is this type cement that is Portland Composite Cement ( PCC). At this research, the characteristic of compressive strength of concrete is analysed by using PCC ( Portland Composite Cement) with base on the target strength K-368 ( fc' 30 MPa). The mix desain method is ACI method. From this research we got the target strength after day-17, and trend of the curve over 28 day is going up and by degrees become asimtotis. The compressive strength value of PCC compared to normal concrete is higher. Compressive strength conversion from object test cube to cylinder at this PCC concrete is about 0.88.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka dalam teknologi beton juga banyak mengalami perubahan akibat ditemukannya bahan-bahan pembentuk baru seperti penambahan fly ash dan silica fume sebagai mineral admixture, penambahan serat organik untuk mempertinggi kekuatan tarik, dan sebagainya, yang semuanya ditujukan untuk memperoleh sifat-sifat khusus sesuai tujuan penggunaannya, disamping itu faktor lingkungan menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan. Untuk mencapai ini, industri semen melakukan inovasi guna mendapatkan produk semen yang dapat mendukung beton berkinerja tinggi dengan proses pembuatan yang ramah lingkungan. 'Blended Cement' merupakan salah satu solusi, dimana dengan proses pembuatan tertentu dapat mendukung beton berkinerja tinggi dan secara efektif mengurangi emisi CO2 ke udara. Dan saat ini yang banyak digunakan di pasaran adalah semen tipe ini yaitu Portland Composite Cement (PCC). Pada penelitian ini dianalisa karakteristik kuat tekan beton dengan menggunakan semen tipe PCC (Portland Composite Cement) dengan berdasarkan kuat tekan rencana K-368 (fc' 30 MPa). Metode mix desain yang digunakan adalah metode ACI. Dari penelitian ini didapatkan bahwa kuat tekan rencana beton dicapai setelah hari-17, dan trend yang dihasilkan setelah lewat 28 hari adalah naik dan lambat laun menjadi asimtotis. Nilai kuat tekan beton PCC lebih tinggi dibanding beton normal. Konversi kuat tekan dari benda uji kubus ke silinder pada beton PCC ini adalah sekitar 0.88."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S35249
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>