Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 113561 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tiara Putri Ananta Poli
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui transformasi tempat pada rumah yang menjadi coffee shop di Kota Manado. Dari tujuan tersebut, memunculkan pertanyaan tentang bagaimana transformasi tempat pada rumah yang menjadi coffee shop. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuisioner daring pada 39 responden yang diolah menggunakan analisis kualitatif. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa rumah sebagai first place dengan fungsi domestik, berubah penggunaan ruangnya menjadi third place, yaitu tempat untuk berinteraksi sosial. Perubahan tempat ini didorong oleh keinginan orang untuk bekerja di luar rumah saat pandemi. Selain kegiatan domestik, juga terjadi kegiatan produksi dan berkumpul yang menjadi karakter dari second dan third place. Kegiatan yang terjadi pada waktu dan tempat yang bersamaan, pada akhirnya menciptakan tempat baru di dalam rumah, yaitu fourth place. Penelitian ini kemudian bisa menjadi masukan bagi pembuat kebijakan untuk meninjau kembali kebijakan perkotaan dalam bidang perumahan dan permukiman agar penggunaan ruang di rumah dapat dimaksimalkan dengan baik.

The purpose of this study was to determine the transformation of the place in the house into a coffee shop in Manado City. From this goal, it raises the question of how to transform a place in a house into a coffee shop. The study was conducted using an online questionnaire on 39 respondents who were processed using qualitative analysis. The findings in this study indicate that the house as the first place with a domestic function, changes its use of space into a third place, which is a place for social interaction. This change of place is driven by people's desire to work outside the home during the pandemic. In addition to domestic activities, there are also production and gathering activities which are the characteristics of the second and third places. Activities that occur at the same time and place, ultimately create a new place in the house, namely the fourth place. This research can then be input for policy makers to review urban policies in the housing and settlements sector so that the use of space at home can be maximized properly."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reynaldi Alvandry
"Mobilitas masyarakat perkotaan yang tinggi menyebabkan tumbuhnya kebutuhan akan tempat untuk melepas penat. Kedai kopi dianggap sesuai dengan tren dan gaya hidup masyarakat perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik lokasi kedai kopi dan preferensi pengunjung kedai kopi. Preferensi dapat terbentuk berdasarkan persepsi terhadap kedai kopi, atribut-atribut kedai kopi, dan motivasi kunjungan. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah analisis spasial dengan metode deskriptif berdasarkan hasil penyebaran kuisioner kepada pengunjung.
Hasil yang diperoleh adalah setiap kedai kopi memiliki karakteristik lokasi yang beragam. Pengunjung dengan motivasi sosial lebih memilih kedai kopi dengan site yang mendorong terjadinya interaksi sosial yang lebih tinggi. Pengunjung dengan motivasi mental dan motivasi fisik lebih memilih kedai kopi dengan site yang mendorong terjadinya interaksi sosial yang lebih rendah. Pengunjung dengan motivasi intelektual dan status lebih memilih kedai kopi berdasarkan faktor-faktor di luar karakteristik lokasi. Pengunjung dengan frekuensi kunjungan yang semakin tinggi dan durasi yang semain lama lebih memilih kedai kopi dengan site yang mendorong terjadinya interaksi sosial yang lebih rendah.

High mobility in urban communities raise a growing need for a place to unwind. Coffee shops are considered in accordance with the trends and lifestyles of urban communities. Each visitor has a different reason in choosing a coffee shop, and which coffee shop which more preferred. This study aims to determine the characteristics of the location of a coffee shop and a visitor's preferences coffee shop. Preferences can be formed based on the perception of the coffee shop, the attributes of the coffee shop, and motivation of the visitor. The method used to achieve the purpose of the research is descriptive spatial analysis method based on the results of questionnaires to visitors.
The results obtained every coffee shop has the characteristics of diverse locations. Visitors with a social motivation prefer a coffee shop with a site that encourage a higher social interaction. Visitors with mental motivation and physical motivation prefers coffee shop with a site that encourage a lower social interaction. Visitors with intellectual motivation and status prefers coffee shop based on factors beyond the characteristics of the location. Visitors with a higher frequency of visits and longer duration prefer a coffee shop with a site that encourage a lower social interaction.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2016
S63745
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarhana Lutfia
"

Produksi kopi nasional Indonesia mencapai 720.000 ton pada tahun 2022 dengan pertumbuhan 1,2% dari tahun sebelumnya. Hal ini berdampak positif pada industri kopi lokal terutama dalam pendirian kedai kopi lokal. Peningkatan bisnis kedai kopi lokal sedang dialami oleh Kecamatan Tebet yang menandakan perkembangan industri kedai kopi lokal yang semakin pesat dan meningkatkan pentingnya strategi pemasaran dalam sektor kuliner kopi yang erat dengan kebudayaan dan sosial masyarakat setempat. Salah satu kawasan yang diminati sebagai tempat nongkrong di Jakarta adalah Kecamatan Tebet. Peningkatan peluang bagi para pemilik kedai kopi untuk mendirikan usaha di Kecamatan Tebet disebabkan oleh letaknya yang strategis. Strategi dalam menjalankan usaha kedai kopi menjadi kebutuhan bagi para pemiliknya. Pengaruh lokasi terhadap kesuksesan kedai kopi lokal harus dipertimbangkan dengan serius dalam pemilihan lokasi (place based). Pengolahan data dilakukan dengan metode kualitatif studi kasus dimana memfokuskan place attachment pada empat kedai kopi lokal yang dipilih berdasarkan kriteria dan karakteristik khusus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik lokasi bisnis kedai kopi lokal di Kecamatan Tebet serta dampaknya terhadap kesuksesan bisnis. Hasil penelitian ini mengungkap dua karakteristik lokasi utama berdasarkan wilayah ekonomi dan wilayah pemukiman, di mana keempat kedai kopi beroperasi. Sleepless Owl's Coffee dan Sodare Kopi yang berada di wilayah ekonomi menunjukkan kesuksesan dengan aksesibilitas yang tinggi, sementara Onkel John's Jakarta dan Sky High Coffee House yang berada di wilayah permukiman menunjukkan omzet yang lebih rendah. Pada analisis ini, peran place-based marketing mix menjadi kunci dalam memahami kesuksesan kedai kopi lokal di Tebet. Strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan karakteristik lokasi menjadi faktor utama yang mempengaruhi kesuksesan bisnis.


The national coffee production of Indonesia reached 720,000 tons in 2022, with a 1.2% growth from the previous year. This has had a positive impact on the local coffee industry, especially in the establishment of local coffee shops. The increased business of local coffee shops is being experienced in the Tebet District, indicating rapid development in the local coffee shop industry and the growing importance of marketing strategies in the coffee culinary sector, which is closely related to the local culture and social aspects. One of the areas popular for hanging out in Jakarta is the Tebet District. The increased opportunities for coffee shop owners to establish businesses in the Tebet District are due to its strategic location. The location's influence on the success of local coffee shops must be seriously considered in the selection of the location (place-based). Data processing was done using a qualitative case study method, focusing on place attachment in four local coffee shops selected based on specific criteria and characteristics. This research aims to analyze the characteristics of the local coffee shop business locations in the Tebet District and their impact on business success. The research revealed two main location characteristics based on economic and residential areas, where the four coffee shops operate. Sleepless Owl's Coffee and Sodare Kopi, located in the economic area, have shown success with high accessibility, while Onkel John's Jakarta and Sky High Coffee House, located in the residential area, have shown lower turnover. In this analysis, the role of place-based marketing mix is key to understanding the success of local coffee shops in Tebet. The right marketing strategies according to the location's characteristics are the main factors influencing business success.

"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prigel Priyo Utomo
"Gaya hidup dapat mempengaruhi perilaku seseorang dan akhirnya menentukan pilihan-pilihan konsumsi seseorang. Salah satu bentuk gaya hidup urban anak muda di era milenial dan gen z adalah suka berkumpul di coffee shop. Perguruan Tinggi merupakan agen pengubah wajah kota, termasuk gaya hidupnya. Di kota-kota kedua (secondary cities), peran Perguruan Tinggi lebih besar lagi dalam mengubah gaya hidup, terutama kota kedua yang memiliki Perguruan Tinggi. Hal ini disebabkan karena Perguruan Tinggi, terutama Perguruan Tinggi Negeri, merupakan faktor penarik mahasiswa dari berbagai daerah. Dengan mengacu pada latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola persebaran dan perubahan persebaran coffee shop di Kota Bogor, Kota Purwokerto, dan Kota Malang di tahun 2019 dan di masa pandemi, yakni tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode scraping data dan analisis deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari hasil scraping data dan Google Earth, sedangkan untuk validasi data berasal dari aplikasi Zomato dan Google Maps. Adapun variabel spasial yang digunakan dalam penelitian ini adalah lokasi coffee shop, lokasi perguruan tinggi, dan jarak coffee shop dari perguruan tinggi. Variabel non spasial yang dikumpulkan yaitu harga produk, jam operasional coffee shop, rating dan jenis dari coffee shop. Hasil analisis data menunjukkan bahwa jumlah dan pola persebaran coffee shop pada masa sebelum dan saat terjadi pandemi tidak berubah. Keberadaan civitas akademika Kampus Vokasi IPB, Kampus Unsoed, dan Kampus UB & UM sebagai konsumen coffee shop, dan pada saat pandemi kembali ke daerah asalnya, tidak berpengaruh terhadap pola persebaran coffee shop. Coffee shop baru tetap tumbuh dan tersebar di berbagai lokasi. Penelitian ini berkesimpulan bahwa coffee shop sebagai gaya hidup telah menjadi bagian dari penduduk setempat sehingga menciptakan kegiatan ekonomi baru di berbagai lokasi, baik coffee shop konvesional maupun coffee shop dengan jenis coffee to go.

Lifestyle can influence a person's behavior and ultimately determine a person's consumption choices. One form of the urban lifestyle of young people in the millennial and gen z era is gathering in coffee shops. College is an agent that changes the face of the city, including its lifestyle. In secondary cities, the role of universities is even robust in changing lifestyles, especially in the second city where universities lie. The phenomenon happened because Universities, especially State Universities, are a factor attracting students from various regions. Concerning this background, this study aims to determine the distribution pattern and changes in the distribution of coffee shops in Bogor City, Purwokerto City, and Malang City in 2019 and during the pandemic, namely in 2021. The method used in this study is the scraping method, qualitative descriptive data, and analysis. The data sources used are from data scraping and Google Earth, while data validation comes from Zomato and Google Maps applications. The location of the coffee shop, the college, and the distance of the coffee shop from the university are considered spatial variables. The non-spatial variables collected are product price, coffee shop operating hours, rating, and type of coffee shop. The results of data analysis show that the number and distribution pattern of coffee shops in the period before and during the pandemic did not change. During the pandemic, most of the academic community of the IPB Vocational Campus, Unsoed Campus, and UB & UM Campuses returned to their original areas. They are one of the loyal coffee shop consumers. Even the number of the academic community decreased, it did not affect the coffee shop distribution pattern. New coffee shops continue to grow and spread in various locations. This study concludes that the coffee shop has become part of the local people's lifestyle and creating new economic activities in various locations, both conventional coffee shops, and coffee shops with the type of coffee to go. "
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitompul, Samuel Jonathan Ezra
"[Biji kopi adalah tanaman yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, hal ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dari kalangan pemuda maupun orang tua. Industri kopi juga menjadi bagian dari pemasukan devisa negara dan mata pencaharian masyarakat. Tahun 2016 total penjualan biji kopi yang dihasilkan oleh Indonesia sebesar 632,00 ribu ton, dan mengalami peningkatan yang cukup besar yaitu 685,79 ribu ton biji kopi dengan persentase sebesar 8,49 persen. (Badan Pusat Statistik,2018). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik lokasi coffee shop sesuai dengan klasifikasi berdasarkan faktor aksesibilitas yang mudah dijangkau, fasilitas yang dimiliki, dan lokasi yang strategis di pusat kegiatan bisnis akan mempengaruhi pola perilaku spasial masyarakat dalam memutuskan untuk membeli suatu produk di coffee shop selama Pandemi COVID-19 dan mengetahui bagaimana tingkat penjualan antar coffee shop yang diteliti. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan cara pengumpulan data yaitu melakukan pengamatan di lapangan, wawancara pelaku usaha serta melakukan validasi data. Setiap coffee shop yang diteliti memiliki karakteristik yang berbeda. Starbucks dan Djournal Coffee sebagai coffee shop dengan klasifikasi Internasional, dikarenakan lokasi yang strategis di pusat kegiatan bisnis dan memiliki banyak Point of Interest yang menjadi potensi pasar. Anomali Coffee dan Coffee Vespa yang berfokus terhadap produk biji lokal dapat diklasifikasikan sebagai Coffee Shop Local. Tingkat penjualan Djournal Coffee dan Starbucks Coffee walaupun dengan adanya pandemi covid tidak mengurangi intensitas penjualan, Sedangkan intensitas penjualan yang diperoleh Coffee Vespa turun secara signifikan.

Coffee beans are plants that have a fairly high economic value, this has become a part of people's lives, both young and old. The coffee industry is also part of the country's foreign exchange income and people's livelihoods. In 2016 the total sales of coffee beans produced by Indonesia amounted to 632.00 thousand tons, and experienced a fairly large increase of 685.79 thousand tons of coffee beans with a percentage of 8.49 percent. (Central Bureau of Statistics, 2018). This study aims to determine the characteristics of the coffee shop location according to the classification based on accessibility factors that are easily accessible, the facilities owned, and the strategic location in the center of business activities will affect the spatial behavior pattern of the community in deciding to buy a product at the coffee shop during the COVID-19 pandemic. 19 and find out how the level of sales between the coffee shops under study. This study uses descriptive analysis method by collecting data by conducting field observations, interviewing business actors and validating data. Each coffee shop studied has different characteristics. Starbucks and Djournal Coffee as coffee shops with an international classification, due to their strategic location in the center of business activities and having many Points of Interest that become market potential. Anomali Coffee and Coffee Vespa which focus on local bean products can be classified as Coffee Shop Local. The level of sales of Djournal Coffee and Starbucks Coffee, even though the Covid pandemic did not reduce the intensity of sales, while the intensity of sales obtained by Coffee Vespa fell significantly.,

Nama                : Silvy Anita Theresia S.

Program Studi   : Magister Manajemen

Judul                 : Perbaikan Model Bisnis Pada Usaha Kerupuk Kulit Sarno: Pengembangan Channel melalui E-Commerce pada Usaha Kerupuk Kulit Sarno

Pembimbing     : Avanti Fontana, Ph.D

 

Tesis business coaching ini membahas tentang kegiatan yang dilakukan di Usaha Kerupuk Kulit Sarno, sebuah usaha yang berlokasi di Pesanggerahan, Jakarta Selatan. Dengan melakukan penelitian eksplorasi dan penelitian kualitatif, Coach menemukan masalah fungsional dalam channel yang menyebabkan peningkatan penjualan sulit dicapai. Masalah tersebut dapat terjadi karena model bisnis yang ada saat ini belum optimal untuk mencapai kondisi yang diharapkan. Melalui business coaching ini, Coach melakukan perbaikan dan perumusan model bisnis baru, di mana Coach berfokus pada elemen channel. Coach berharap dengan menambahkan saluran online maka pendapatan akan meningkat.

 

Kata kunci        : business coaching, channel, model bisnis, online.

 


Name                : Silvy Anita Theresia Sitorus

Study Program  : Magister of Management

Title                  : Business Model Improvement in Sarno’s Business: Development of Channel through E-commerce in Sarno's Business

Counsellor        : Avanti Fontana, Ph.D

 

 

This business coaching thesis discussed the activities did at Usaha Kerupuk Kulit Sarno, a business located in Pesanggerahan, Jakarta Selatan. By doing exploratory research and qualitative research, coach found functional problem in channel, causing the revenue stream to increase was difficult to be achieved. This problem could happen because the current business model wasn’t optimum to achieve the prospected condition. From this business coaching, coach did the improvement and formulation of the new business model, in which the coach was focused on channel element. Coach expect by adding the online channel the revenue stream will increase.

 

Key words       : business coaching, business model, channel, online

 

 

]
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, [2021, ]
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alief Sulthan Jordan
"Karakteristik Tempat dan Konsumen saling berkaitan satu sama lain yang dengan mengetahui karakteristik tempat maka akan mengenal apa yang terdapat di tempat coffee shop tersebut yang utamanya diketahui adalah fasilitas, suasana, produk, harga, promosi, dan ruang interior yang mempunyai fungsi untuk memahami apa yang diwujudkan oleh coffee shop. Objek penelitian yang dijadikan unit analisis adalah Dua Coffee Bintaro Sektor 3A, Tomoro Coffee Bintaro Sektor 5, Bajawa Kopi Flores Bintaro Sektor 7, dan Bakoel Koffie Bintaro Sektor 7. Untuk mengerjakan hal tersebut, maka penting untuk memahami pustakanya secara geografi. Untuk menganalisis penelitian skripsi ini diketahui pustaka yang paling baik adalah dengan memahami sejarah coffee shop dengan variasinya, perkembangan di dalam & luar negeri serta memahami variabel penelitian. Variabel yang dipilih adalah site & situation dengan komponen gabungannya site adalah bauran pemasaran sebagai cara/taktik agar mendapati data yang mau dikerjakan pada karakteristik tempat dan variabel geografi, demografi, dan motivasi konsumen yang variabelnya adalah fisik, sosial, status, intelektual, dan mental untuk karakteristik konsumen. Penelitian ini dibuat secara deskriptif kualitatif yang disertai data tambahan atau pendukung secara survey utamanya untuk memahami karakteristik konsumen sehingga hasil yang didapatkan komprehensif. Oleh karena itu, dibuatkan Peta Wilayah di Kawasan Bintaro Jaya agar memahami kependudukan, penggunaan tanah, dan jaringan jalan yang terbentuk utamanya untuk Sektor 3A, 5 dan 7. Hasil penelitian yang didapatkan adalah secara site konsumen yang didapatkan pada Kawasan Bintaro Jaya di keempat coffee shop, faktor suasana yang paling berpengaruh kepada konsumen dalam pemilihan coffee shop, sedangkan secara situation konsumen factor yang paling berpengaruh adalah kondisi lingkungan di sekitar coffee shop dan jaringan jalan. Sedangkan motivasi konsumen yang terbentuk adalah motivasi sosial merupakan motivasi utama konsumen berkunjung di suatu coffee shop baik itu untuk pertemuan, perjanjian, maupun perkenalan yang lebih banyak ditujukan kepada terjadinya interaksi sosial. Kemudian keterkaitannya adalah dengan karakteristik tempat yang disertai dengan suasana yang kuat dengan motivasi sosial yang kuat maka akan tericpta ulasan konsumen yang baik sehingga potensi pertumbuhan lokasi coffee shop di Bintaro Jaya akan semakin tumbuh.

The characteristics of the place and the consumer are related to each other. By knowing the characteristics of the place, you will know what is in the coffee shop. The main things to know are the facilities, atmosphere, product, price, promotion, and interior space which has the function of understanding what the coffee shop embodies. The research objects used as the unit of analysis are Dua Coffee Bintaro Sector 3A, Tomoro Coffee Bintaro Sector 5, Bajawa Kopi Flores Bintaro Sector 7, and Bakoel Koffie Bintaro Sector 7. To do this, it is important to understand the literature geographically. To analyze this thesis research it is known that the best literature is understanding the history of coffee shops with their variations, developments at home & abroad and understanding research variables. The selected variables are site & situation with the combined components site being the marketing mix as a method/tactic for obtaining data to be worked on on the characteristics of the place and the geographic, demographic and motivational variables of the consumers whose variables are physical, social, status, intellectual and mental for the characteristics of the consumers. This research was made in a qualitative descriptive manner accompanied by additional or supporting data in a survey primarily to understand consumer characteristics so that the results obtained were comprehensive. Therefore, a Map of the Area in the Bintaro Jaya Region was made in order to understand population, land use, and the road network that was formed mainly for Sectors 3A, 5 and 7. The research results obtained were from a consumer site obtained in the Bintaro Jaya Area in the four coffee shops, the atmosphere factor that most influenced consumers in choosing a coffee shop, while in terms of consumer the most influential factor was the environmental conditions around the coffee shop and the road network. Meanwhile, the consumer motivation that is formed is social motivation which is the main motivation for consumers to visit a coffee shop, be it for meetings, agreements, or introductions that are more aimed at the occurrence of social interaction. Then the relationship is with the characteristics of the place which is accompanied by a strong atmosphere with strong social motivation so that good consumer reviews will be created so that the growth potential for coffee shop locations in Bintaro Jaya will grow even more."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bayundaru Hadi Prabuono
"ABSTRAK
Fokus tesis ini membahas mengenai isu identitas organisasi perusahaan dibalik pembentukan budaya ngopi di suatu organisasi perusahaan kedai kopi. Selama ini gagasan food culture selalu digiring pada perdebatan ruang sosial atas interaksi yang berlangsung. Saya melihat konsep lain yang tertinggal dari wacana ini di era menguatnya persaingan usaha, yaitu mengenai konsep identitas organisasi perusahaan. Konsep identitas organisasi adalah hal yang muncul dari proses pemaknaan budaya ngopi yang berlangsung di suatu organisasi perusahaan kedai kopi. Data tulisan hasil riset ini diperoleh melalui wawancara mendalam mengenai sejarah hidup individu-individu yang terkait dengan pengelolaan organisasi perusahaan kedai kopi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa konsep identitas organisasi dari pembentukan food culture dapat diangkat dengan adanya ikatan emosional pada praktik budaya ngopi. Tanpa menampik keberadaan dari ruang sosial atas praktik pemaknaan budaya ngopi, gagasan ini tetap dilandasi oleh adanya narasi dan hubungan sosial antara karyawan dan pelanggan. Temuan atas konsep identitas perusahaan ini memberikan pemahaman baru untuk melihat proses pembentukan food culture pada organisasi perusahaan makanan atau minuman.

ABSTRACT
The focus of this thesis discusses the issue of corporate organizational identity behind the formation of coffee culture in a coffee shop company organization. So far, the idea of food culture has always been led to the debate of social space over the ongoing interaction. I see another concept left behind in this discourse in the era of strengthening business competition, namely the concept of corporate organizational identity. The concept of organizational identity is something that emerges from the process of understanding coffee culture that takes place in a coffee shop company organization. The research data was obtained through in-depth interviews about the life histories of individuals related to the management of the coffee shop company organization. The results of this study state that the concept of organizational identity from the formation of food culture can be raised by the emotional attachment to the practice of coffee culture. Without denying the existence of social space on the practice of the meaning of coffee culture, this idea is still based on the existence of narration and social relations between employees and customers. The findings of the concept of corporate identity provide a new understanding to see the process of forming food culture in food or beverage company organizations."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evan Gavriel Harazaki
"Kopi telah memiliki sejarah panjang dalam masyarakat Indonesia dan terus berperan besar dalam masyarakat setempat. Konsumsi kopi telah menjadi gaya hidup yang berkembang dari generasi ke generasi dan menjadi peluang bisnis yang besar bagi banyak orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana bahasa Inggris dikomodifikasikan dalam konteks kedai kopi di Bandung, Indonesia karena bahasa Inggris telah menjadi salah satu bahasa utama di era globalisasi. Penelitian metode campuran dilakukan dengan menggunakan penelitian lanskap linguistik menu di layanan pesan-antar makanan online untuk kedai kopi. Ditemukan bahwa bahasa Inggris secara menyeluruh dikomodifikasikan melalui penggunaan Fetish Linguistik, Global Englishes, Arus Transkultural, dan McDonald-isasi. Kedai kopi di Bandung telah menggunakan bahasa Inggris untuk menciptakan persepsi keaslian dan kualitas yang lebih tinggi untuk membenarkan produknya yang lebih mahal. Apalagi bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang paling dominan dalam industri kopi Indonesia dan telah meminggirkan bahasa daerah Indonesia melalui imperialisme linguistik.

Coffee has had a long history in Indonesian society and continues to play a big role in the local community. The consumption of coffee has been an evolving lifestyle for generations and become a great business opportunity for many. The intention of this research would be to investigate how English has been commodified in the context of coffee shops in Bandung, Indonesia as English has been one of the main languages of the globalization era. The mixed method research was done using the linguistics landscape research of menus in online food delivery service for coffee shops. It was found that English is thoroughly commodified through means of utilizing Linguistic Fetish, Global Englishes, Transcultural Flows, and McDonaldization. Coffee shops in Bandung have used English to create a perception of authenticity and higher quality to justify its more expensive products. Moreover, English has become the most dominant language in the coffee industry of Indonesia and has marginalized Indonesian local languages through linguistic imperialism."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fajrina Reza
"Pergeseran gaya hidup masyarakat menjadikan kedai kopi sebagai tempat yang nyaman untuk bersosialisasi, sampai bekerja sembari ditemani secangkir kopi atau minuman lain. Hal tersebut menyebabkan prospek bisnis kedai kopi terlihat menjanjikan, termasuk di Kawasan Kemang, suatu Kawasan yang memiliki karakteristik unik dengan sejarah perkembagannya yang panjang. Meningkatnya jumlah kedai kopi di Jakarta setiap tahunnya menyebabkan diperlukannya strategi pemasaran yang baik dan terukur. Salah satu pertimbangan bagi seorang pebisnis dalam membuka usahanya adalah ketepatan dalam memilih lokasi. Pemilihan lokasi yang tepat mempengaruhi risiko dan keuntungan kedai kopi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi terhadap kesuksesan usaha pada bisnis kedai kopi di Kawasan Kemang. Observasi dilakukan dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana visibilitas, lahan parkir, dan kondisi lingkungan bisnis pada lokasi usaha. Adapun variable yang digunakan untuk mengukur kesuksesan usaha adalah lama usaha, pencapaian BEP, jumlah penjualan kopi, dan rating. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi terhadap lingkungan kedai kopi, serta wawancara kepada pemilik kedai kopi. Penelitian ini menemukan bahwa lokasi yang berada di kelas jalan arteri, memperoleh kesuksesan yang lebih besar dibanding kelas jalan lainnya. Hasil dari penelitian ini didapatkan temuan bahwa lokasi memiliki pengaruh terhadap kesuksesan bisnis. Kedai dengan visibilitas, lahan parkir, dan lingkungan bisnis yang tinggi memiliki tingkat kesuksesan usaha yang tinggi pula. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kelas jalan dan nilai spasial lokasi menajdi kunci penting bagi kesuksesan usaha.

The shifting in people's lifestyles makes coffee shos a comfortable place to socialize, or work while accompanied by a cup of coffee or other drinks. This causes the coffee shop business prospects to look promising, especially in the Kemang area, an area that has unique characteristics with a long development historical. The increasing number of coffee shops in Jakarta every year requires a good and measurable marketing strategy. One consideration by an entrepreneur in opening his business is the accuracy in choosing a location, this is one of the factors that can affect the risks and profits of an overall business. The purpose of this study was to determine the effect of location on business success in the coffee shop business success in the Kemang area. Observations were carried out in this study to see how visibility, parker space and business environment around coffee shop business location. The variables used to measure business success are the years in operation, break-even point, number of coffee sales, and rating. Data collection was done by observing the coffee shop environment and the interview survey was conducted to find out how the development of the coffee shop business in the Kemang area. Spatial descriptive analysis was used in this study to explain the effect of location on the success of a coffee shop business in the Kemang Area. This study found that locations in the arterial road class had greater success than other road classes. The results of this study found that location has an influence on business success. Stores with high visibility, parking space, and business environment have a high level of business success as well. The conclusion of this study shows that the road class and the spatial value of the location are important keys to business success."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aria Atyanto Satwiko
"ABSTRAK
Kedai kopi kini bukan hanya sebatas tempat untuk menyediakan kopi dan dimana pengunjungnya tidak hanya sekedar untuk menikmati kopi, tapi café atau kedai kopi kini telah berubah wajah dengan menjadi rumah kedua para komunitas, budayawan, dan aktivis kampus. Teknik pengamatan dan wawancara digunakan untuk mendapatkan hasil yang deskriptif untuk menjelaskan sudut pandang konsumen mengenai kegiatan yang mereka lakukan, serta pandangan yang mereka miliki mengenai konsumen-konsumen lainnya. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan teori-teori dan konsep yang relevan untuk mendapatkan pemahaman mengenai pembagian ruang dalam suatu peristiwa di ruang publik. Dengan menerapkan pengetahuan budaya yang mereka miliki, konsumen kedai kopi semesta, dalam konteks tertentu menjadikan ruang yang terdapat di kedai kopi Semesta sebagai ragam ruang bagi kehidupan mereka.

ABSTRAK
Coffee shop is now not only a place to provide coffee and where visitors not only to enjoy the coffee, but the café or coffee shop has now turned face to become the second home of the community, cultural, and campus activists. Observation and interview techniques used to obtain descriptive results to explain the viewpoint of consumers about their activities, as well as the views they have about other consumers. The data obtained were then processed using the theories and concepts that are relevant to gain an understanding of the division of space in an event in a public space. By applying their knowledge of culture, consumer at Cafe ‗Semesta?, in a particular context to make space available in the Cafe ‗Semesta? as a wide space for their lives."
2015
S59401
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>