Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12444 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Puti Asyifa Matoati Yusfid
"Penulisan skripsi ini berfokus pada the overlooked architecture yang merupakan elemen arsitektur yang berinteraksi dengan aktivitas manusia dalam lingkup everyday life dengan frekuensi yang tinggi hingga menciptakan suatu ritme tersendiri. Pembahasan mengenai peran arsitektur dalam everyday life ini masih sangat minim. Hal ini karena ketidaksadaran manusia terhadap everyday life itu sendiri dan kurangnya kemampuan persepsi manusia menangkap detail sekelilingnya. Karena itu, diperlukan metode yang efektif untuk melihat overlooked architecture dan mendalami faktor pembentuknya. Dengan demikian, skripsi ini akan mengkaji the overlooked architecture lebih lanjut melalui sinema sebagai alat bantu kita melihat arsitektur dari perspektif everyday. Menggunakan sistem rhythmanalysis, pengkajian dilakukan dengan mengamati ritme yang terjadi pada film Still Walking (Kore-eda, 2008) yang menjadi studi kasus pada skripsi ini.

This thesis is focused on the overlooked architecture that can be defined as architectural elements that interact with humans’ activities within the everyday life with such high frequency it creates its own rhythm. The discussion surrounding architecture’s role as a subject within the everyday life is still very much the bare minimum. Humans’ unawareness to everyday life and the limit of our environment perception is to blame. That is the reason why we need an effective method to see through the overlooked architecture and to understand its origins. By that means, this thesis will study the overlooked architecture even deeper through the cinema lens to help us look at architecture from the perspective of everyday life. Using rhythmanalysis, this study is conducted to observe and analyse the rhythm within Still Walking (Kore-eda, 2008) — the film that will be used for the study case in this thesis."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifa Diba Subandrio
"Persil Empat (4) pada pengembangan TOD Harmoni Kelompok Sudut diperuntukkan sebagai area komersil. Tipologi Bioskop dipilih sebagai magnet penarik massa. Program ruang dimodifikasi dengan menggunakan prinsip disprogramming antara dua tipologi ruang yang berbeda agar penggunaan fasilitas dapat maksimal. Tipologi ruang yang digabung adalah bioskop dan teater seni tampil.

Plot Four (4) in the development of the Sudut Group Harmony TOD is designated as a commercial area. Cinema Typology was chosen as a mass attracting anchor. The space program is modified by using the principle of disprogramming between two different room typologies so that the use of the facilities can be maximized. The combined space typologies are cinemas and performing arts theaters."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Silalahi, Maria Chrysanthy Meilina
"[Skripsi ini menelaah kasus industri persinemaan Belanda untuk mengetahui apabila ekses kapasitas berhubungan dengan perilaku ancaman masuk. Eksplorasi ini dilakukan dengan replikasi parsial pendekatan empirikal mengenai bagaimana pangsa pasar mempengaruhi ekses kapasitas. Permasalahan utama yang hendak dijawab melalui skripsi ini adalah: seberapa terkonsentrasinya pasar industri persinemaan di Belanda dan bagaimana keadaan tersebut berhubungan dengan ekses kapasitas. Selain itu dapat ditambahkan juga bahwa skripsi ini menyelidiki apabila excess kapasitas yang ada didalam industri dapat dibenarkan sebagai strategi ancaman masuk atau memenuhi penjelasan alternatif lainnya. ;This thesis examines the case of cinema industry in the Netherlands and whether excess capacity is related to entry-deterring behavior by attempting to partially replicate the empirical approach on how market share affects the excess capacity. The main questions this thesis set out to answer is: how concentrated is the cinema industry in the Netherlands and how does it corresponds in relation to idle/excess capacity. In addition to that, this thesis would also like to explore whether the excess capacity in the industry justifiably constitutes as entry deterrence strategy or seems to satisfy other alternative explanations., This thesis examines the case of cinema industry in the Netherlands and whether excess capacity is related to entry-deterring behavior by attempting to partially replicate the empirical approach on how market share affects the excess capacity. The main questions this thesis set out to answer is: how concentrated is the cinema industry in the Netherlands and how does it corresponds in relation to idle/excess capacity. In addition to that, this thesis would also like to explore whether the excess capacity in the industry justifiably constitutes as entry deterrence strategy or seems to satisfy other alternative explanations.]"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59456
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Octiviani
"Fotografi adalah sebuah alat komunikasi yang dapat menangkap gambar secara objektif, fotografi merepresentasikan sesuatu yang nyata secara cepat. Arsitek kemudian memanfaatkan fotografi untuk merekam karya mereka yang nantinya dapat digunakan untuk beberapa tujuan, seperti dokumentasi, materi pameran, dan juga sebagai pengganti interaksi langsung dengan bangunan. Arsitektur mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi melalui wujud dan ruang bangunannya, dimana manusia dapat mengalami dan berinteraksi dengan ruang arsitektur melalui raga dan indra mereka. Sejak ditemukannya fotografi, arsitek telah memanfaatkan fotografi untuk mengkomunikasikan ide, konsep dan tujuan dari karya sang arsitek. Fotografer diharapkan dapat membantu arsitek untuk menciptakan sebuah ilusi pada fotografi, ilusi yang kemudian dapat membantu manusia dalam memvisualisasikan bangunan arsitektur melalui media dua dimensi atau bahkan merasakan pengalaman ruang tiga dimensi. Keberhasilan ilusi ini bergantung kepada bagaimana manusia mempersepsikan informasi yang telah diberikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor konsep fotografi arsitektur dan bagaimana persepsi manusia dapat mempengaruhi cara manusia mencerna informasi. Dengan memahami cara kerja persepsi manusia, diyakini bahwa manusia dapat berinteraksi dengan ruang arsitektur melalui foto sebagaimana manusia berinteraksi dengan ruang arsitektur secara langsung. Untuk mendukung dan menanggapi isu yang muncul, beberapa responden telah diwawancari dengan beberapa pertanyaan. Dengan menganalisa hasil dari wawancara dari responden dan teori-teori yang ada, penelitian ini akan menuntun kepada sebuah kesimpulan tentang bagaimana manusia mempersepsikan informasi yang didapat dari sebuah fotografi arsitektur.

Photography is a communication tool that can capture an image objectively, it represents what exists with its brief moment. Afterwards Architects utilize it to record their works that can later be used for other purposes such as documentation, exhibition material, and also as a substitute of direct interaction with the building. Architecture has the ability to communicate through its form and space where people can experience and interact in it with their body and senses. Since the discovery of photography, architects have been taking advantage of the device with the intention of communicating their ideas, concepts, and purposes of their works. Photographers can hopefully aid the architects by using their skill to create an illusion in photography, which can helps people visualize the building in two-dimensional form or even offering the experience in three dimensional form. Such illusion can work depending on how the human percepts the information given.
This study will explore the concept of photography in architecture and how human perception can affect the way people perceived information. With understanding of the human’s working method in perception, it is believed that humans can interact with an architectural space through a photograph similar to the experience they would get in threedimensional form. Several people are interviewed to support and validate the issue that has been raised. Analyzing the informant’s point of view and several theories, this study will lead to a conclusion on how human percepts information from an architectural photography.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S59948
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Conway, Hazel
London: Routledge , 1994
720 CON u (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Chelsea Putri
"Perkembangan teknologi informasi berbasis internet semakin mempermudah aktivitas jual beli, salah satunya dapat kita lihat melalui fenomena pertumbuhan transaksi tiket digital bioskop. Dengan mengadopsi model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) sebagai kerangka teori, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, dan trust terhadap behavioral intention penggunaan platform e-ticketing bioskop, khususnya pada platform M- Tix/CGV CINEMAS. Penelitian ini dilaksanakan secara kuantitatif. Sebanyak total 243 data berhasil dikumpulkan dari pengguna platform e-ticketing M-Tix/CGV CINEMAS dengan rentang usia 17-35 tahun yang berdomisili di Pulau Jawa. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode Partial Least Square- Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa performance expectancy dan social influence berpengaruh positif secara signifikan terhadap behavioral intention. Kemudian, ditemukan bahwa effort expectancy, facilitating conditions, dan trust tidak berpengaruh secara signifikan terhadap behavioral intention.

The development of internet-based information technology has made buying and selling activities easier, one of which can be seen through the phenomenon of the growth of digital cinema ticket transactions. By adopting the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model as a theoretical framework, this study aims to determine the effect of performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, and trust on behavioral intention, especially M-Tix/CGV CINEMAS platform. This research was conducted quantitatively. A total of 243 data were collected from users of M- Tix/CGV CINEMAS e-ticketing platform with an age range of 17-35 years who live in Java. Then the data was analyzed using the Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method through SmartPLS software. The results of this study indicate that performance expectancy and social influence have a significant positive effect on behavioral intention. Then, it was found that effort expectancy, facilitating conditions, and trust did not significantly influence behavioral intention."
Depok: 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Alver Giandri Melvern Poernomo
"[ABSTRAK
Global komuter di Australia sedang dalam masa puncaknya, iklim kering lokal mendorong arsitek untuk melahirkan inovasi baru yang dapat mengatasi isu tersebut. Pengertian dari hidup secara pusar regeneratif memberikan sebuah solusi untuk mengurangi kebutuhan pegawai untuk pulang-pergi dengan menyediakan akomodasi dan sebuah pusat responsif lingkungan di tempat mereka bekerja. Menyadarkan pentingnya suatu desain arsitektur yang dapat mempengaruhi dan mengoptimalkan kinerja manusia dengan mengatur variabel Pencahayaan, Akustik, dan kenyamanan Termal.

ABSTRACT
Australia global commuters are at an all time high. The local arid climate calls for architects to bring forth new sustainable innovation to counter this issue. A living concept of a Regenerative Hub suggests a solution to lessen the need for employees commuting by providing on-site accommodation and a responsive center for the environment. Sustainable housing that caters to on site occupants, realizes the importance of design to optimize human performance through architecture by altering the variables of Lighting, Acoustics and Thermal Comfort., Australia global commuters are at an all time high. The local arid climate calls for
architects to bring forth new sustainable innovation to counter this issue. A living
concept of a Regenerative Hub suggests a solution to lessen the need for employees
commuting by providing on-site accommodation and a responsive center for the
environment. Sustainable housing that caters to on site occupants, realizes the
importance of design to optimize human performance through architecture by altering
the variables of Lighting, Acoustics and Thermal Comfort.]"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59294
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Putri
"ABSTRAK
Tulisan ini bertujuan untuk memahami bagaimana keterhubungan Augmented Reality terkait dengan interaksi dalam arsitektur. Untuk memahaminya, arsitektur diposisikan sebagai konteks dari Augmented Reality. Arsitektur akan dilihat berdasarkan aspek material dan immaterial, serta interaksi yang terjadi akan dirumuskan sebagai interaksi antara objek-pengguna-ruang. Terdapat dua kasus yang dipelajari yaitu, instalasi pada Museum Kebangkitan Nasional dan Galeri Indonesia Kaya. Dari kajian yang dilakukan diketahui bahwa, Augmented Reality yang ditempatkan dalam ruang arsitektur berhubungan erat dengan persepsi dan respons pengguna. Sehingga dapat dikatakan, Augmented Reality menambahkan ragam interaksi lain dalam ruang, dan memiliki potensi untuk diterapkan dalam ruang arsitektur.

ABSTRACT
This paper aims to understand how Augmented Reality is related to the interaction in architecture. For that, architecture will act as the context for Augmented reality. The understanding of architecture is constructed based on material and immaterial aspects, as the interaction that occur will be defined as interactions between space-user-objects. The installation of Museum Kebangkitan National and Galeri Indonesia Kaya are the cases that being studied in this paper. From the studies, it was found that Augmented reality in an architectural space is closely related to the perception and response of the user. Therefore, Augmented reality provides more variety to the interactions in architecture and provides potentially enrich to be applied in architectural spaces."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Archipelago Press, 1998
R 720.9 ARC
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>