Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 67778 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muammar Akbar Al Qhuraissy
"Perkembangan dunia yang semakin maju menyebabkan kebutuhan akan tenaga terampil pada aspek keilmuan dari jenjang pendidikan formal semakin tinggi, sedangkan untuk dapat mengakses pendidikan formal membutuhkan biaya yang sulit dijangkau oleh masyarakat kurang mampu sehingga perusahaan ikut berkontribusi dengan bentuk program Corporate social responsibility (CSR). Keterlibatan dan kontribusi perusahaan sebagai tanggung jawab filantropi pada CSR untuk masyarakat tersebut dilakukan dalam berbagai macam bentuk, salah satunya adalah bantuan pada bidang pendidikan dalam bentuk beasiswa. Bantuan beasiswa dinilai menjadi salah satu partisipasi perusahaan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan program beasiswa dan mendeskripsikan manfaat program “Beasiswa mahasiswa asal Sulawesi Selatan”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam. Pelaksanaan beasiswa didorong karena masih terbatasnya kapasitas sebagian kelompok masyarakat dalam menempuh pendidikan, sehingga dengan adanya bantuan beasiswa dapat memberikan ruang serta peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kapasitas serta kontribusinya bagi kelompoknya dimasa mendatang yang sejalan dengan tujuan perusahaan melakukan program-program CSR. Kesimpulan pada penelitian ini memperlihatkan bahwa pelaksanaan program beasiswa Kalla Group dimulai dari tahap pendaftaran, verifkasi dan seleksi penerima beasiswa dengan memprioritaskan penerima dari masyarakat dengan keterbatasan keuangan untuk melanjutkan pendidikan. Kemudian pada pelaksanaan program, penerima beasiswa juga diwajibkan mengikuti kegiatan community development ataupun kegiatan sosial mandiri yang mengakibatkan peningkatan kepedulian penerima beasiswa untuk berkontribusi kepada masyarakat sekitar. Sedangkan manfaat program beasiswa terhadap prestasi memberikan manfaat dalam mendukung peningkatan nilai akademik dan prestasi non-akademik pada beneficiaries.

The development of an increasingly advanced world causes the need for skilled workers in the scientific aspect from the formal education level to be higher, while being able to access formal education requires costs that are difficult to reach for the poor so that companies contribute to the form of Corporate social responsibility (CSR) programs. The involvement and contribution of the company as a philanthropic responsibility to CSR for the community is carried out in various forms, one of which is assistance in the field of education in the form of scholarships. Scholarship assistance is considered to be one of the company's participation in efforts to improve the quality of education. The purpose of this research is to describe how the scholarship program is implemented and to describe the benefits of the “South Sulawesi Student Scholarship” program. This study used qualitative research methods, data collection was carried out by in-depth interview techniques. The implementation of scholarships is encouraged due to the limited capacity of some community groups in pursuing education, so that the scholarship assistance can provide space and opportunities for the community to increase their capacity and contribution to their group in the future which is in line with the company's objectives of conducting CSR programs. The conclusion of this study shows that the implementation of the Kalla Group scholarship program starts from the registration, verification and selection stages of scholarship recipients by prioritizing recipients from the community with financial limitations to continue their education. Then in the implementation of the program, scholarship recipients are also required to participate in community development activities or independent social activities which result in increased awareness of scholarship recipients to contribute to the surrounding community. Meanwhile, the benefits of the scholarship program on achievement provide benefits in supporting the increase in academic scores and non-academic achievements of beneficiaries."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendri Budi Satrio
"Program tanggung jawab sosial perusahaan swasta atau lebih dikenal dengan corporate social responsibility (CSR) merupakan suatu program yang masih penuh kontroversi. Ada pihak yang mendukung CSR dan menyadari pentingnya CSR dilakukan oleh perusahaan, namun ada yang tidak mendukung dengan beranggapan bahwa tidak mungkin program CSR dapat menguntungkan perusahaan di masa mendatang karena hanya membuang uang perusahaan.
Penelitian ini mengambil kasus PT. Unilever Indonesia karena PT. Unilever Indonesia merupakan salah satu perusahaan besar di Indonesia. Perusahaan ini sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1934. PT. Unilever Indonesia mengklaim dirinya sebagai satu-satunya perusahaan di Indonesia yang tidak terkena dampak krisis moneter. Selain itu PT. Unilever Indonesia sedang melakukan tiga program CSR yaitu SME Development, Forum Brantas Bersih dan Program ICD.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui sebab-sebab PT. Unilever Indonesia melakukan program CSR dan bagaimana CSR dijadikan alat komunikasi perusahaan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan model komunikasi yang digunakan adalah P-Proses.
Dari penelitian ini diketahui bahwa PT Unilever Indonesia melaksanakan CSR karena program CSR sejalan dengan falsafah, tujuan dan keyakinan perusahaan. PT. Unilever Indonesia telah membuktikan keuntungan menjalankan program CSR. Perusahaan atau sektor swasta lainnya diharapkan dapat mengadopsi atau bahkan menciptakan program CSR karena selain sangat mudah dilakukan, CSR juga sangat menguntungkan perusahaan dan stake holdernya."
Depok: Universitas Indonesia, 2002
T8738
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Aldy Nugraha
"ABSTRAK
LPDP berperan penting dalam mendukung salah satu program prioritas pemerintah, yaitu membangun kualitas sumber daya manusia Indonesia sebagai pendonor beasiswa Pendidikan tinggi. Namun, studi mengenai pengaruh program persiapan keberangkatan beasiswa LPDP terhadap kinerja alumni beasiswa LPDP masih belum banyak dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nasionalisme dan kepemimpinan transformasional alumni LPDP terhadap kinerja alumni penerima beasiswa LPDP yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Data 597 responden dikumpulkan melalui survei online dan dianalisis menggunakan CB-SEM. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nasionalisme dan kepemimpinan transformasional dapat mempengaruhi kepuasan kerja secara positif dan berada pada nilai signifikansi dibawah 5%, namun nasionalisme tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja dengan nilai signifikansi diatas 5% berbanding terbalik dengan kepemimpinan transformasional, serta kepuasan kerja alumni dapat mempengaruhi kinerja secara positif dan berada pada nilai signifikansi dibawah 5%.

ABSTRACT
LPDP plays an important role in supporting one of the government's priority programs, namely building the quality of Indonesian human resources as a donor of higher education scholarships. However, studies on the effect of the LPDP scholarship departure preparation program on LPDP scholarship alumni performance have not been done much. The purpose of this study was to determine the effect of nationalism and transformational leadership of LPDP alumni on the performance of alumni of LPDP scholarship recipients mediated by job satisfaction. Data on 597 respondents were collected through online surveys and analyzed using CB-SEM. The test results show that nationalism and transformational leadership can positively affect job satisfaction with a significance value below 5%, but nationalism does not have a significant effect on performance with a significance value above 5% which is inversely proportional to transformational leadership, and alumni job satisfaction can affect performance positively with a significance value below 5%."
2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Dian Nurani
"ABSTRAK
Tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility -
CSR) merupakan isu hangat beberapa tahun terakhir ini, baik di seluruh dunia
maupun di Indonesia. Beragamnya konsep, definisi dan pemahaman mengenai
CSR menimbulkan perbedaan dalam menilai keberhasilan, keefektivan dan
manfaat program CSR, baik bagi perusahaan pelaksananya, maupun bagi
penerima program (beneficiaries), dan bagi Iingkungan hidup. Peraturan yang
disusun oleh pemerintah untuk memberikan kepastian dalam pelaksanaan CSR,
justru ditolak oleh kalangan bisnis karena ketidakjelasan dan ketidakkonsistenan
pasal-pasalnya serta ketidakpastian yang ditimbulkannya bagi kalangan
pengusaha. Sementara itu secara internasional, sedang disusun panduan
standar, yaitu ISO 26000 Guidance on Sociai Responsibility yang diharapkan
mampu menjadi dasar bagi pelaksanaan CSR di setiap negara.
Sinar Mas Group adalah satu dari sedikit perusahaan di Indonesia yang
aktif dalam pengembangan draft ISO 26000 dan dalam tim kajian Ps. 74 UU No.
40/2007. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses
pemahaman dan penentuan sikap (organizationai information processing) terjadi
di Sinar Mas Group terhadap standar dan peraturan tersebut, serta bagaimana
peran boundary spanner. Hasilnya diharapkan dapat berkontribusi bagi
pengembangan ilmu komunikasi, khususnya komunikasi organisasi, serta dapat
digunakan sebagai bahan rekomendasi bagi perusahaan Iain dalam
meningkatkan kemampuannya memahami informasi Iingkungan sehingga
mampu bertindak dengan tepat demi mempertahankan hidup dan keunggulan
kompetitifnya sambil pada saat yang sama membenkan manfaat bagi
masyarakat dan Iingkungan hidup. Hasil penelitian juga dapat digunakan sebagai
bahan rekomendasi bagi pemerintah dalam upayanya mendorong perusahaan
melakukan Ianggung jawab sosialnya, tanpa bertentangan dengan instrumen
Internasional dan tanpa mengurangi, bahkan meningkatkan daya saing
Indonesia. Hasil penelitian juga bisa digunakan sebagai bahan rekomendasi bagi
NMC SR, LSM, dan asosiasi bisnis dalam upaya mereka melakukan sosialisasi
dan advokasi mengenai tanggung jawab sosial dengan Iebih efektif dan efisien.
Kerangka pemikiran dari penelitian ini adalah: organisasi sebagai suatu
institusi, dituntut tetap hidup dan bertumbuh di dalam situasi yang terus berubah
dengan kecepatan dan akselelasi yang semakin tinggi. Pemrosesan inforrnasi
mengenai Iingkungan eksternal merupakan aktivitas kunci manajerial organisasi
Hal ini penting bagi adaptasi dan periahanan hidup jangka panjang. Isu
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility - CSR)
dengan standarisasi dan peraturannya, merupakan salah satu isu Iingkungan
yang perlu diperhatikan perusahaan sebagai bagian dari upayanya untuk
bertahan hidup dan berkembang.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik
pengumpulan data dengan observasi partisipasi moderat, wawancara mendalam,
wawancara tidak terstruktur, dan studi dokumentasi. Sampel sumber ditentukan
secara purposive, yaitu GM CSR Enhancement, GM Comorate Govemance, GM
Public Relations, dan Komisaris lndependen. Analisis data dilakukan dengan
data reduction, data display dan verification.
Hasil penelitian menunjukkan proses pemahaman dan penentuan sikap
teljadi melalui tahapan yang nampak sederhana, namun sesungguhnya
kompleks dan merupakan proses iterasi terus-menerus. Penentu dari proses ini
adalah kesiapan dari boundary spanner secara individu dan kesiapan organisasi
tempat ia bekerja. Di Sinar Mas proses ini terjadl dengan menggunakan berbagai
media komunikasi, baik yang berfungsi untuk menginformasikan, mengatur,
membujuk, dan mengintegrasikan dengan menggunakan pesan task,
maintenance, human, dan pesan inovatif. Arah komunikasi ke atas, ke bawah,
dan ke samping, baik secara formal maupun informal. ISO 26000
diinterpretasikan merupakan peluang keunggulan kompetitif sekaligus tantangan,
dengan respons: perubahan internal dan mempengaruhi kondisi Iingkungan.
Sementara Pasal 74 UU No.40l2007 diintepretasikan merupakan tantangan
dengan respons: mempengaruhi kondisi Iingkungan. Dari hasil penelitian
didapatkan ternyata peran boundary spanner dan peran change agent
dibawakan oleh orang yang sama sehingga hasilnya tidak optimal.
Berdasarkan penelitian tersebut diberikan rekomendasi perbaikan dalam strategi
komunikasi internal dan eksternal, serta strategi komunikasi untuk memperbaiki
kesalahan persepsi yang terjadi. Rekomendasi lain yang diberikan adalah
perlunya dimasukkan aspek sustainability, yang rnerupakan jiwa ISO 26000, ke
dalam visi misi setiap unit bisnis Sinar Mas, serta dalam media komunikasi
internal dan eksternal. ETF sebagai wadah pelaksana tanggung jawab sosial di
Sinar Mas juga disarankan untuk memperjelas identitas dirinya. Rekomendasi
bagi perusahaan lain, pemerintah maupun bagi Iembaga-Iembaga yang berminat
melakukan kampanye kepada perusahaan-perusahaan agar mau melakukan
CSR, juga diberikan."
2007
T17364
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mariana Lasmida Rohana
"Penelitian ini akan menganalisa bagaimana perusahaan FMCG bisa memperbaiki usaha pemasaran dan proses produksi untuk memperoleh keterikatan konsumen melalui program tanggung jawab sosial perusahaan. Program tanggung jawab sosial kadang dianggap hanya untuk mencari nama. Seharusnya, program ini digunakan sebagai jembatan menuju pelanggan, di mana pelanggan bisa berkontribusi, maka dari itu meningkatkan kesadaran dan kepercayaan. Hal-hal yang disebutkan di dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterikatan konsumen, yakni semua hal yang berhubungan dengan kondisi emosional dan perilaku konsumen terhadap suatu produk. Landasan teori penelitian ini adalah dynamic capability, menganalisis bagaimana perusahaan harus beradaptasi untuk menganggapi tuntuntan masalah lingungan dengan program tanggung jawab sosial yang masuk akal, dan juga teori stakeholder based competition, karena tanggung jawab sosial berhubungan dengan hampir seluruh bagian stakeholder suatu perusahaan.

This research will elaborate on where can FMCG firms improve their marketing and production practices to engage consumer through Corporate Social Responsibility (CSR) activities.  Some firms confuse CSR by just renaming purpose for publicity. Nonetheless, the better way to use CSR as a bridge to your consumer is when they are involved, therefore increasing awareness and trust. Practices discussed in this study aim to increase consumer engagement, which is anything in regard to emotional and behavioural conditions on a consumer to your brand. Perspectives in this research is dynamic capability, because firms has to be adaptable more than ever to keep up with the current environmental pressure, in relation to have visible and effective CSR practices. This research also views the stakeholder based competition perspective. This is important as this research deals with CSR that interacts with most of stakeholder.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sibarani, Grace Sisca N.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4526
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"[Penelitian ini membahas persepsi program Corporate Social
Responsibility (CSR) PT Pertamina yang dinilai dari salah satu programnya, yakni
Beasiswa Sobat Bumi Pertamina. Penilaian ini diperoleh dari persepsi para
penerima beasiswa terkait pelaksanaan program Beasiswa Sobat Bumi Pertamina
yang mereka peroleh. Kemudian, persepsi dari program CSR ini akan dikaitkan
dengan citra perusahaan. Hal ini melihat dengan salah satu faktor pembentukan
citra perusahaan adalah tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR. Penelitian
ini akan mengkaji konsep tersebut dengan melihat realitas pada salah satu
perusahaan BUMN Indonesia di bidang energi tambang serta perminyakan yang
kemudian dilihat dari kegiatan CSRnya di bidang pendidikan dan lingkungan., This research discusses the perception of Corporate Social Responsibility
(CSR) PT Pertamina are assessed from one of its programs, Sobat Bumi
Pertamina Scholarship. This assessment is derived from the perception of the
scholars about Sobat Bumi Pertamina Scholarship program's implementation that
they earn. Then, this perception of CSR program will be associated with the
corporate image. It is noticed by one of the factors that creating the corporate
image is the corporate social responsibility or CSR. This research will examine
the concept with the reality in one of the Indonesian state-owned companies in oil
and gas sector which is seen from its CSR activities in education and the
environment area.]"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S58056
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Ali Akbar
"Penelitian ini mencoba untuk menggambarkan bagaimana proses pengembangan masyarakat yang dilakukan oleh PT. Tirta Investama, mulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap kemandirian masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah dalam tahapan persiapan dilakukan beberapa kegiatan seperti survei wilayah, pemetaan sosial dan pemetaan kebutuhan, perencanaan program serta penyiapan tim pendamping. Tahap pelaksanaan dilakukan kegiatan antara lain sosialisasi program kepada pemangku kepentingan, penentuan kelompok penerima program, penguatan kelompok dan pelatihan, pembentukan kelembagaan lokal serta perintisan kader lokal. Sedangkan tahap kemandirian dilakukan kegiatan seperti penguatan kelembagaan, studi banding, dan legalisasi/formalisasi lembaga komunitas.

This study attempts to describe how the community development process by PT. Tirta Investama, ranging from the preparation phase, the implementation phase and the phase of self-reliance. This study used a qualitative approach.
The results of this study are in the stages of preparation do some activities such as surveying the area, social and needs mapping, program planning and preparation of the team. Implementation phase activities include socialization programs, determining a program, strengthening and training groups, the establishment of local institutions and pioneering local cadres. While independence phase, activities such as institutional strengthening, study tours, and formalization of community agencies.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41679
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angeline Parahita
"Tesis ini membahas mengenai program pemberdayaan masyarakat yang menjadi tanggung jawab sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan berbentuk BUMN. Dalam tesis ini, penulis menekankan bagaimana sebuah perusahaan dapat mempunyai kewajiban yang bersifat sama namun diatur dalam beberapa peraturan perundang-undangan yang berbeda. Penulis menggunakan metode normatif empiris dengan tipologi deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa perusahaan harus mampu mengambil benang merah dan memahami filosofi dasar dari program pemberdayaan masyarakat pada peraturan perundang-undangan yang berbeda agar dapat melaksanakan kewajibannya dengan efektif dan tepat guna.

This thesis discusses the obligation of a state-owned mining company to have a community development program. The author emphasizes how the company is supposed to manage the program while it is ruled by several different legislations. The author uses the method of empirical normative research approach. Based on this research, the author concluded that even though the program is ruled by several different legislations, a company must be able to get the gist behind the legislation in order to have an effective and rule-complying program."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2012
T21673
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Christine Henny Lydia Pepah
"Tesis ini membahas indikator program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP) PT. Nusa Halmahera Minerals, aspek-aspek pada laporan TSP, dan pengintegrasiannya pada laporan Global Reporting Initiatives (GRI) korporasi.
Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan indikator yang tidak sesuai dengan tujuan program, yaitu keuangan dan kuantifikasi pertanian. Aspek dalam laporan bersifat teknis, sehingga lebih digunakan untuk kepentingan internal. Pengintegrasian indikator ke GRI korporasi sangat minim keterlibatan site.
Perlu digunakan indikator yang lebih tepat agar dampak program dapat diukur dan termonitor dalam laporan TSP. Pelaporan GRI perlu lebih melibatkan site agar lebih akurat dan mudah didiseminasi ke pemangku kepentingan lokal.

This thesis is discussing Corporate Social Responsibility (CSR) indicators at PT.Nusa Halmahera Minerals, aspects in CSR reports, and its integration to corporate?s Global Reporting Initiatives (GRI).
This qualitative descriptive research shows that indicators used (financial and agriculture) were not aligned with program?s objectives. Reporting aspects are technical and mainly for internal purposes. Site?s involvement in integration process of indicators to GRI was minimum.
Precise indicators are needed to better measure impacts of CSR programs and monitor them in the reports. More site?s involvement needed to improve the accuracy of GRI reporting and for better dissemination to local stakeholders.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35352
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>