Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 141132 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sarry Asrini
"Pasar memainkan peranan cukup penting dalam memasok kebutuhan pokok masyarakat, termasuk ikan. Namun pasar tradisional memiliki stigma buruk dalam hal pengelolaan lingkungan, identik dengan kotor dan bau. Dalam rangka mengubah stigma masyarakat terhadap pasar ikan tradisional, pemerintah membangun Pasar Ikan Modern (PIM) di Muara Baru yang bertujuan menyediakan tempat jual beli ikan yang nyaman dan bersih. Dalam pengoperasiannya, pemerintah merelokasi pedagang ikan di PPI untuk berjualan di PIM Muara Baru. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kondisi lingkungan pasar, partisipasi pedagang, omset penjualan, dan menyusun strategi dalam pengembangan PIM Muara Baru. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan metode AHP. Berdasarkan hasil penelitian, kondisi lingkungan PIM Muara Baru belum memenuhi standar sanitasi pasar sehat berkelanjutan, partisipasi pedangang terhadap kebersihan lingkungan PIM Muara Baru kurang baik dengan nilai rata-rata <50%, omset penjualan pedagang mengalami penurunan sebesar 30-80% setelah direlokasi, dan strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan PIM adalah peningkatan peran pengelola pasar.

The market plays an important role in supplying the community's basic needs, including fish. However, traditional markets have a bad stigma in terms of environmental management, synonymous with dirty and smelly. In order to change the community's stigma towards traditional fish markets, the government built a Modern Fish Market (PIM) in Muara Baru which aims to provide a comfortable and clean place to buy and sell fish. In operation, the government relocated fish traders at PPI to sell at PIM Muara Baru. The purpose of this research is to analyze the condition of the market environment, merchant participation, sales turnover, and develop strategies for developing PIM Muara Baru. This study uses a quantitative approach with data analysis methods using descriptive analysis and AHP methods. Based on the results of the study, the environmental conditions of PIM Muara Baru have not met the sanitary standards of a sustainable healthy market, the participation of traders in environmental cleanliness of PIM Muara Baru is not good with an average value of <50%, the sales turnover of traders has decreased by 30-80% after being relocated, and the strategy that can be used in the development of PIM is the increased role of market managers.

 

 

"
Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fenny Febrianita Z.
"UMKM Risma (Laris Manis) merupakan usaha skala mikro yang bergerak di bidang kuliner dan berlokasi di Depok, Jawa Barat. Pemetaan kondisi UMKM Risma dengan memperlihatkan banyaknya gap yang terjadi antara kondisi aktual dan kondisi ideal. Tujuan utama dari kegiatan business coaching ini adalah untuk menstabilkan dan meningkatkan penjualan UMKM Risma dengan mengembangkan strategi untuk mengatasi fluktuasi permintaan. Kegiatan business coaching dilakukan pada periode Februari ? Mei 2016. Berdasarkan hasil pemetaan kondisi UMKM dan analisis gap, diusulkan kepada UMKM Risma untuk menerapkan strategi pengembangan pasar untuk produk pai apel ukuran mini. Pengembangan pasar yang dilakukan melibatkan modifikasi ukuran produk, pengemasan, perbaikan pengelolaan media sosial sebagai sarana promosi, serta penambahan saluran pemasaran yang baru

UMKM Risma is a micro enterprise which engaged in culinary and located in Depok, Jawa Barat. Condition mapping of UMKM Risma shows there are several gaps between actual and ideal conditions. The main objective of business coaching is to help UMKM Risma to stabilizes and increases sales by developing strategy which will resolve the problem of fluctuations in demand. Business coaching was conducted on February ? May 2016. Based on the result of condition mapping and gap analysis, UMKM Risma is suggested to implement market development strategy using its existing product, apple pie. The implementation of this strategy involves modification of the size of product, modification of packaging, improving social media management, and adding new channels."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desy Alfa Irianti
"ABSTRAK
PT Isra Presisi Indonesia adalah UKM yang bergerak dalam bidang manufaktur dalam pembuatan dies, precision part, checking fixtures, machining, serta molding. Dalam meningkatkan penjualannya, PT Isra ingin memperluas pasar ke arah industri non-otomotif. Sayangnya, pemilik tidak tahu apa potensi mereka.Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui kapabilitas dan potensi konsumen di pasar non-otomotif serta membuat strategi untuk perluasan pasarnya. Data didapatkan melalui serangkaian wawancara terstruktur dengan PT Isra Presisi Indonesia dan perusahaan non-otomotif di Delta Silicon Cikarang untuk mengetahui kebutuhan mereka dan apa kemampuan PT Isra Presisi Indonesia untuk memenuhi kebutuhan para pelanggannya. Hasil dari wawancara terstruktur dianalisis dengan menggunakan beberapa alat. Untuk melihat kapabilitas menggunakan Analisis Core Competence Kompetensi Utama dan untuk melihat potensi menggunakan Analisis Potensi Konsumen. Hasil akhir akan ditentukan strateginya oleh TOWS Matrix. Dari hasil analisis terbentuklah beberapa strategi untuk market development, yaitu melakukan repositioning produk, memperluas channel pemasaran, merevisi dan meningkatan kapabilitas kritikal untuk memasuki pasar non-otomotif, dan menambah lini baru dari produk saat ini, seperti penambahan mesin stamping, pressing, injuction, dan lain-lain.

ABSTRACT
PT Isra Presisi Indonesia is a SME engaged in the manufacture of dies, precision parts, checking fixtures, machining, and molding. In increasing its sales, PT Isra wants to expand the market toward non automotive industry. Unfortunately, the owners don rsquo t know what their potential is. The purpose of this paper is to know the capabilities and potentials of customers in the non automotive market as well as to create strategies for market expansion. The data were obtained through a series of structured interviews with employees of PT Isra Presisi Indonesia and non automotive companies in Delta Silicon Cikarang to find out their needs and what the ability of PT Isra Presisi Indonesia to meet the needs of its customers. The results of structured interviews were analyzed using several tools. To view capabilities using Core Competence Analysis and to see potential use of Customer Potential Analysis. The final result will be determined strategy by TOWS Matrix. From the analysis, there are several strategies for market development repositioning products, expanding marketing channels, revising and increasing critical capabilities to enter non automotive markets, and adding new lines of current products, such as adding stamping, pressing, injection, and etc."
2017
T49361
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
First Lendy Al Adi Tafit
"Tesis ini membahas tentang kegiatan business coaching yang dilakukan kepada Ubrownies, UMKM yang menjual kue brownies berbahan dasar tepung mocaf. Tujuan dari tesis ini adalah untuk membantu Ubrownies meningkatkan penjualan dengan cara memperbaiki promosi, mendesain ulang kemasan, dan memperbaiki laporan. Data dari business coaching ini akan diolah dengan menggunakan analisis segmenting, targeting, and positioning STP , analisis bauran pemasaran, analisis peluang pasar, analisis SWOT, analisis jarak, dan analisis pertumbuhan pasar. Hasil yang diperoleh dari business coaching ini adalah perubahan pada desain kemasan dari produk Ubrownies yang memungkinkan untuk pengiriman jarak jauh, penggunaan media sosial seperti Instagram sebagai alat pemasaran, serta sistem pelaporan yang sudah ditingkatkan.

This thesis disscusses about business coaching activities to Ubrownies, a small and medium sized enterprise that sells brownie cakes made from mocaf flour. The aim of this thesis is to help Ubrownies to increase its sales revenues by improving its promotion, packaging, and reporting. Data from this business coaching will be analyzed using segmenting, targeting, and positioning STP analysis, marketing mix analysis, market opportunity analysis, SWOT analysis, gap analysis, and market growth analysis. Results of this business coaching are packaging redesign to enable Ubrownies in long distance delivery, use of social medias such as Instagram as a marketing tool, and improved reporting system.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Lestari Widaningrum
"Pengembangan industri pariwisata berkelanjutan yang terarah dan terintegrasi dengan perencanaan pengembangan daerah sangat penting, khususnya untuk daya tarik wisata (DTW) yang masuk ke dalam World Heritage List (WHL). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model penentuan lokasi potensial fasilitas layanan pendukung industri pariwisata yang mempertimbangkan interaksi spasial antar kategori fasilitas pendukung pariwisata serta pertumbuhan sektor pariwisata yang memiliki hubungan timbal balik dengan sektor lain. Tinjauan pustaka serta hasil analisis konten data media sosial dari wisatawan menunjukkan adanya keterkaitan antara lokasi DTW dengan fasilitas akomodasi, fasilitas penyedia makanan dan minuman, fasilitas belanja, fasilitas transportasi, dan fasilitas pendukung pariwisata lainnya. Hasil analisis average nearest-neighbor membuktikan bahwa setiap kategori memiliki kecenderungan mengelompok, dan hasil overlay antara peta Kernel Density Estimation (KDE) DTW dengan peta KDE fasilitas pendukung pariwisata menunjukkan adanya interaksi spasial. Nilai Participation Index membuktikan bahwa lokasi DTW dan lokasi setiap kategori fasilitas pendukung pariwisata merupakan co-location rules pada prevalence threshold 50% dan prevalence distance 5 km. Pertumbuhan fasilitas pendukung pariwisata berhubungan erat dengan pertumbuhan pariwisata, yang dipengaruhi dan mempengaruhi berbagai sektor kehidupan, yaitu sektor sosial demografi, sektor ekonomi pariwisata, dan sektor alam dan lingkungan (termasuk di dalamnya adalah penggunaan lahan). Untuk mengkaji berbagai hubungan yang terjadi, maka dikembangkan model spasial dinamik untuk mengkaji perubahan penggunaan lahan untuk waktu yang akan datang. Pendekatan multi-criteria decision making diterapkan dalam proses penentuan lokasi potensial untuk lima kategori fasilitas pendukung industri pariwisata, yang bersama-sama dengan lokasi DTW dan infrastruktur jalan raya, saling mempengaruhi secara simultan. Hasil analisis co-location pattern mining digunakan untuk mengembangkan model penentuan lokasi potensial yang mempertimbangkan perilaku interaksi spasial antar kategori fasilitas pendukung pariwisata agar tercipta jaringan kompleks interaksi aktifitas layanan harian. Dengan demikian, pengembangan fasilitas yang mendukung aktifitas pariwisata tidak hanya untuk mendorong peningkatan kapasitas pariwisata, namun juga untuk menjaga aspek proteksi dan preservasi dari (WHS) secara khusus, serta menjaga ecosystem services secara umum.

The development of a sustainable tourism industry that is organized and integrated with regional development planning is very important, especially for tourism sites that are included in the World Heritage List (WHL). This study aims to develop a tourism support service facility potential location model that incorporates several considerations, such as spatial interactions between tourism sites and their support facilities, and tourism growth that has relationships with other sectors. The results of the literature review, as well as the results of the content analysis of social media data, show a relationship between the location of DTW and the locations of accommodation facilities, food and beverage facilities, shopping facilities, transportation facilities, and other tourism support facilities. The average nearest-neighbor analysis demonstrates that each category has a clustering tendency, and the overlay between the Kernel Density Estimation (KDE) map of DTW has spatial interactions with the KDE map of tourism support facilities. The Participation Index value verifies that the DTW locations are co-location rules with the location of each category of tourism support facilities, at 50% prevalence threshold and 5 km prevalence distance. The growth of tourism supporting facilities is related to tourism growth, which is influenced by and affects various sectors of life, namely the socio-demographic sector, the tourism economic sector, and the natural and environmental sector (including land use). To investigate these relationships, a spatial dynamic model was developed to assess future land use changes. The multi-criteria decision-making approach is applied in the process of allocating five categories of tourism support facilities, which together with the location of the DTW and road infrastructure, influence each other simultaneously. The results of the co-location pattern mining analysis are used to develop a potential location model that considers the behavior of spatial interactions between categories of tourism support facilities to create a complex network of interactions for daily service activities. Thus, the development of facilities that support tourism activities is not only to increase tourism capacity but also to maintain protection and preservation aspects (WHS) in particular, as well as to maintain ecosystem services in general."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heru Cakra
"ABSTRAK
Tesis ini membahas business coaching yang dilakukan Penulis dengan Autik Craft, UMKM yang memproduksi sepatu etnik wanita. Tujuan dari tesis ini adalah membantu pertumbuhan bisnis Autik Craft dengan melakukan formulasi Co-creation dan standarisasi produk, serta pengembangan pasar melalui website. Data dari hasil business coaching diolah dengan menggunakan analisis 5 forces, peta persepsi, SWOT dan Jarak. Hasil yang diperoleh dari business coaching adalah produk dengan atribut baru berupa sepatu etnik yang nyaman, tahan lama, serta desain yang dapat digunakan sehari-hari; perubahan proses bisnis sehingga standarisasi produk dapat tercapai; perubahan logo dan kemasan, serta website yang menjadi distribution channel penjualan produk utama bagi Autik Craft.

ABSTRACT
This thesis discusses about business coaching conducted by writer and Autik Craft, SMEs that produce ethnic women shoes. The aim of this thesis is to help business growth Autik Craft by formulation of value co-creation, product standardization, and market penetration via internet. Data from business coaching processed using 5 forces analysis, perceptual map, SWOT and Gap. The results of business coaching is new product of ethnic shoes that have superior attributes of comfort, long-lasting, as well as daily use; change of the logo and packaging; and develop website to become the main product sales channel for Autik Craft.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zanariah
"Palembang sebagai ibukota Provinsi Sumatera Selatan terus berkembang seirama dengan pesatnya kemajuan pembangunan dan aktivitas penduduknya. Kegiatan pembangunan kota membawa implikasi pada upaya perbaikan kuaiitas kehidupan masyarakat dan kualitas Iingkungan hidup. Permasalahan yang dapat diidentifikasi daiam penelitian ini adalah: (a) penyediaan air bersih belum memenuhi kebutuhan masyarakatnya, baik kualitas maupun kuantitasnya, (b) sering terjadi pemadaman aliran listrik secara bergilir yang mengganggu aktivitas masyarakat, (c) kondisi infrastruktur kota sebagian besar rusak, (d) terbatasnya ruang terbuka hijau pada lokasi-lokasi padat hunian.
Masalah penelitian adaiah bagaimana pengembangan praktis indikator keberlanjutan Kota Palembang. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan pengembangan praktis indikator keberlanjutan Kota Palembang. Mengidentifikasi masalah-masalah pokok Kota Palembang yang mengancam keberlanjutan Kota dan menyusun indikator-indikator pembangunan berkelanjutan secara kualitatif normatif.

Palembang is the capital city of South Sumatra Province has many progress in development and social activities. City development activities have some impact on quality of environment and improvement of human life. Many problem can be identifed such as (a) the quality and quantity of water supply is necessary not enough with society needs, (b) the electrical turn-off often disturb the human activities, (c) the public infrastructure much inappropriate condition, and (d) lack of green space in many slump areas.
The problem in this research is how practical of sustainable development indicator of Palembang city. The aim of this research is to give a concept of the practical of sustainable development indicators of Palembang city. To identify the main problems of Palembang city which threatening of sustainable city and to arrange normative or qualitative concept of sustainable development indicators."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2002
T10482
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taufik Rahman
"ABSTRAK
Tesis ini merupakan hasil analisis dari proses business coaching di salah satu UMKM di Jakarta bernama Kriya Me Creative Studio yang memproduksi kerajinan tangan bernuansa batik. Dengan menggunakan metode wawancara dan observasi telah ditemukan beberapa masalah dan beberapa saran-saran sudah disampaikan. Dengan menggunakan beberapa alat analisis seperti VRIO, SWOT, dan analisis gap, telah ditemukan satu kesempatan untuk meningkatkan penjualan dengan memproduksi lini produk baru yaitu suvenir pernikahan. Inisiatif ini perlu didukung dengan berkolaborasi dengan usaha penyelenggara pernikahan. Oleh karena itu, UMKM perlu menyiapkan proposal kerjasama yang menarik sebagai bahan pengajuan kolaborasi dengan usaha penyelenggara pernikahan.

ABSTRACT
This thesis is the analysis result of business coaching process in one of Small Medium Enterprises SMEs in Jakarta named Kriya Me which produces Batik crafts. By using in depth interview and observation methods, several issues were found and some improvements were suggested. By performing some analytics tools such as VRIO, SWOT, Gap analysis, this study found that there is an opportunity to increase sales volume by producing new product line which is wedding souvenir. Collaboration with more wedding organizers is needed in order to sell this specialty product. Preparing a good company profile as a pitching tool to some wedding organizers is what will make this new initiative works well."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50419
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Putu Gede Ary Suta, 1958-
Jakarta: Yayasan Sad Satria Bhakti, 2000
R 332.0415 PUT m (1)
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Anak Agung Gde Padmeshwara W
"Makalah ini menganalisis kelayakan perluasan pasar yang komprehensif untuk Linfox Thailand, khususnya di sektor kecantikan dan kesehatan. Sektor ini dipilih karena potensi profitabilitas, ukuran pasar, dan keselarasan dengan kemampuan inti Linfox dalam manajemen gudang, solusi transportasi, logistik rantai dingin, serta keselamatan dan keamanan. Meskipun relatif sukses, Linfox Asia menghadapi tantangan yang signifikan, termasuk terbatasnya basis klien dan meningkatnya persaingan dari penyedia layanan logistik lainnya. Tantangan peraturan dan perlunya kepatuhan terhadap standar Good Distribution Practice menjadi hambatan tambahan untuk masuk ke sektor ini. Rekomendasi pendekatan bagi Linfox untuk mengejar sektor tertentu diberikan untuk lebih memperkuat keputusan Perusahaan dalam memasuki sektor baru.
This report provides a comprehensive market expansion feasibility analysis for Linfox in Thailand, particularly within the beauty or healthcare sector. This sector was chosen due to its potential for profitability, market size, and alignment with Linfox’s core capabilities in warehouse management, transportation solutions, cold chain logistics, and safety and security. Despite its success, Linfox Asia faces significant challenges, including a limited client base and increasing competition from other logistics service providers. Regulatory challenges and the need for adherence to Good Distribution Practice standards also pose additional barriers to entry. A recommended approach for Linfox to pursue a particular sector is provided to solidify its entry decision further"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>