Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 116486 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Almadinna Jasmine
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari effort expectancy, perceived usefulness, information quality, perceived risk, social influence, dan trust dalam UTAUT terhadap repurchase intention pada konteks aplikasi pemesanan makanan online ShopeeFood. Sampel yang diteliti adalah pengguna ShopeeFood yang berdomisili di Indonesia dan berusia 17-45 tahun. Kuesioner penelitian disebarkan secara online. Jumlah responden yang berhasil dikumpulkan pada penelitian ini adalah 200 responden. Data yang sudah berhasil dikumpulkan diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan software PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived usefulness dan trust memiliki pengaruh positif terhadap repurchase intention. Selain itu, hubungan antara effort expectancy, information quality, perceived risk dan social influence tidak berpengaruh signifikan. Saran manajerial dan penelitian selanjutnya dibahas dalam penelitian ini.

This study aims to determine the effect of effort expectancy, perceived usefulness, information quality, perceived risk, social influence, and trust in UTAUT on repurchase intention in the context of the ShopeeFood online food ordering application. The sample studied were ShopeeFood users who are domiciled in Indonesia and aged 17-45 years. Research questionnaires were distributed online. The number of respondents who were collected in this study was 200 respondents. The data that has been collected is processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method and PLS-SEM software. The results of this study indicate that perceived usefulness and trust have a positive influence on repurchase intention. In addition, the relationship between effort expectancy, information quality, perceived risk and social influence has no significant effect. Managerial suggestions and further research are discussed in this study."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karyanto Wijaya
"Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia BPK RI merupakan satu lembaga negara yang bebas dan mandiri dalam memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di BPK diharapkan dapat meningkatkan hubungan yang sinergi antara BPK dengan pihak eksternal dan antara pihak pihak internal BPK sehingga optimalisasi pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara dapat segera tercapai Sistem Informasi Aplikasi Persuratan SIAP merupakan aplikasi yang dikembangkan tahun 2012 untuk mendukung tugas pokok dan fungsi dalam bidang administratif penyebaran informasi melalui surat menyurat antar sesama internal BPK maupun ke eksternal BPK Berdasarkan data log statistik SIAP pada bulan April 2014 diketahui bahwa unit kerja yang aktif menggunakan SIAP untuk administrasi persuratan hanya 23 dari keseluruhan unit kerja yang sudah implementasi SIAP Salah satu sebabnya karena penerimaan acceptance pegawai terhadap sistem ini masih sangat rendah Hal ini yang membuat peneliti ingin mengetahui faktor faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan pegawai BPK RI terhadap Sistem Informasi Aplikasi Persuratan Model penelitian yang dikembangkan merupakan hasil modifikasi teori Technology Acceptance Model TAM dengan penambahan variabel eksternal Social Influence Facilitating Condition Self Efficacy dan User Training Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan kuesioner sedangkan pengolahan dan penarikan kesimpulan adalah dengan menggunakan Structural Equation Modeling SEM sebagai alat analisisnya Dari perhitungan tersebut dapat diketahui faktor faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap Sistem Informasi Aplikasi Persuratan Faktor faktor tersebut adalah Social Influence User Training Self Efficacy memiliki korelasi positif terhadap Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use yang pada akhirnya akan mempengaruhi keinginan pegawai untuk menggunakan Intention to Use SIAP untuk administrasi persuratan di lingkungan BPK RI

Audit Board of the Republic of Indonesia BPK RI is a state agency that is free and independent in examining the management and financial responsibility of the state Utilization of information and communication technology is expected to increase synergies relationship between BPK with external parties and among the internal unit of BPK so as optimalization of the management and financial responsibility of the State can be achieved Electronic Document Information Systems SIAP is an application that was developed in 2012 to support the basic tasks and functions of information dissemination through correspondence among internal unit of BPK and also to external parties of BPK Based on the statistics log of data SIAP in April 2014 it is known that the unit who actively uses SIAP for correspondence administration only 23 of the total work units that has been implementing SIAP One of the reason is because user acceptance of Electronic Document Information Systems is still very low This makes the researchers want to determine the factors that influence BPK employees in using SIAP Research model is developed from a modified theory of the Technology Acceptance Model TAM with the addition of external variables Social Influence Facilitating Condition Self Efficacy and User Training Data collection methods is using a questionnaire while processing and conclusion is using Structural Equation Modeling SEM as the tool of analysis From these calculation can be estimate factors affecting user acceptance of SIAP These factors are Social Influence User Training Self efficacy which has a positive correlation to the Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use which will affect the Intention to Use SIAP for correspondence administration in the BPK
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Affandi Faiza
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian ramah lingkungan pada Konsumen di Jakarta dan Kota sekitarnya serta mengamati apakah terdapat hubungan antara perilaku pembelian ramah lingkungan dengan profil demografis konsumen. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen dari berbagai kelompok umur, tingkat pendidikan, Ras atau Suku, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan dan Domisili secara Geografis.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa prediktor terbaik untuk perilaku pembelian hijau adalah lingkungan social, kemudian secara berurutan adalah sikap terhadap lingkungan, urgensi atau keseriusan masalah lingkungan yang dirasakan, efektivitas akan perilaku berorientasi lingkungan yang dirasakan, tanggung jawab terhadap lingkungan yang dirasakan, dan kepedulian terhadap citra-diri pada perlindungan lingkungan.
Hasil penelitian ini dapat berfungsi sebagai pedoman bagi perusahaan untuk menyusun strategi pemasaran mereka pendekatan yang menyebabkan perilaku pembelian sementara menganalisis karakteristik demografis akan memberi perusahaan pengetahuan yang lebih baik terhadap Segmentasi atau menargetkan kelompok-kelompok konsumen.

The purpose of this study is to examine the factors that influence green purchasing behaviors of Jakarta and surrounding city consumers and observes if the green purchasing behavior related by demographic profile. Respondents in this study were consumers from various age groups, education level, ethnic group, type of occupation, income level and Geographic Domiciles.
The results shows that the best predictor for green purchasing behavior is social influence, then the sequence is environmental attitude, perceived seriousness of environmental problem, perceived effectiveness of environmental behavior, perceived environmental responsibility, and concern for self-image in environmental protection.
The result of the research can serve as a guideline for firms to strategize their marketing approaches that caused buying behavior while analyzing the demographic characteristics would give firms better knowledge towards Segmenting or targeting these groups of consumer.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sibarani, Nicolas Dominic Horas
"Seiring dengan berkembangnya pemasaran melalui media sosial, influencer menjadi salah satu faktor kunci dalam membentuk perilaku konsumen, termasuk dalam sektor produk makanan. Lanskap media sosial yang semakin dinamis akibat persaingan ketat antar influencer TikTok menuntut setiap individu untuk terus beradaptasi dengan membangun kredibilitas yang kuat guna menjangkau audiens yang luas dan mempertahankan loyalitas pengikut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh influencer media sosial terhadap niat beli konsumen melalui peran mediasi dari kredibilitas pada pengikut akun TikTok Vinny Laurencia (@kulinersamacici). Penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif ini mengumpulkan jawaban dari 135 responden melalui kuesioner secara daring. Perangkat lunak IBM SPSS Statistics 20 dan SmartPLS 4 digunakan untuk pengolahan dan analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa influencer media sosial memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap niat beli konsumen. Lebih lanjut, kredibilitas memainkan mediasi secara positif pada hubungan antara influencer media sosial dan niat beli konsumen.

As marketing via social media develops, influencers have become one of the key factors in shaping consumer behaviour, including in the food products sector. The increasingly dynamic landscape of social media, driven by intense competition among TikTok influencers, demands that individuals constantly adapt by building strong credibility to reach a wider audience and maintain follower loyalty. The aim of this study is to investigate the influence of social media influencer on consumer purchase intention through the mediating role of credibility on followers of Vinny Laurencia's TikTok account (@kulinersamacici). The study, which uses a quantitative approach, collected answers from 135 respondents through an online questionnaire. IBM SPSS Statistics 20 and SmartPLS 4 software were used for data processing and analysis. The study findings show that social media influencer has a significant and positive influence on consumer purchase intention. Furthermore, credibility plays a positive mediation role on the relationship between social media influencer and consumer purchase intention. "
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bestari Nurfitriana
"Partisipasi konsumen merupakan bagian yang penting dalam proses pemasaran. Di era teknologi ini, internet yang tidak dapat lagi dipisahkan dalam kehidupan manusia modern memberi warna baru dalam perilaku konsumen di dunia maya sehingga topik tersebut semakin penting untuk dipelari. Komunitas virtual pun bermunculan, salah satunya dalam jenis social media seperti Twitter. Di Indonesia, Twitter digunakan masyarakat untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan banyak orang. Perusahaan menggunakan Twitter sebagai media dalam melakukan promosi dan komunikasi kepada pelanggan. Namun masih banyak akun Twitter perusahaan yang pengelolaannya kurang efektif dalam menarik partisipasi konsumen mereka karena kurangnya pemahaman terhadap perilaku konsumen di komunitas virtual.
Penelitian ini di desain untuk meneliti value perception terhadap social influence variable yang mengarah pada pengambilan keputusan dan partisipasi konsumen. Penelitian berdasarkan survei ini menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online dan offline kepada pengguna Twitter yang merupakan follower dari akun produk di Indonesia.
Hasil yang didapatkan mendukung model penelitian, dimana salah satunya adalah value perception berpengaruh besar terhadap group norms di dalam komunitas sehingga pengguna merasa lebih bersatu di dalamnya. Peneliti juga menyimpulkan temuan riset ini dalam implikasi manajerial dan saran penelitian ke depannya.

Consumer participation is an important part of marketing process. In this technology era, internet is inseparable nowadays in modern human life that gives new meaning on consumer behavior in virtual world, consequently that topic became more important to be studied. Virtual communities then mushroomed, one of them, in social media type, is Twitter. In Indonesia, people use Twitter for communicating and sharing information with other users. Companies use it as the medium in promotion and communication with their consumers. However, many companies do not manage their Twitter account effectively to attract consumer participation (in this case, Twitter user who followed the company account)astheir lack of understanding of consumer behavior in virtual community.
This study was designed to examine the influence of value perception to social influence variable that lead to create decision making and participation of consumers. This surveybased study used online and offline questionnaires to Twitter users who are followers of companies account in Indonesia.
The results are supporting the study model, one of them is that value perception plays great role to form group norms in virtual community. Researcher also conclude with a consideration of study and managerial implications.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S58034
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This book provides an insight into recent technological trends and innovations in solutions and platforms to improve mobility of visually impaired people. The authors goal is to help to contribute to the social and societal inclusion of the visually impaired. The books topics include, but are not limited to, obstacle detection systems, indoor and outdoor navigation, transportation sustainability systems, and hardware/devices to aid visually impaired people. The book has a strong focus on practical applications tested in a real environment. Applications include city halls, municipalities, and companies that must keep up to date with recent trends in platforms, methodologies and technologies to promote urban mobility. Also discuss are broader realms including education, health, electronics, tourism, and transportation. Contributors include a variety of researchers and practitioners around the world.;"
Switzerland: Springer Nature, 2019
e20509264
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Gerald M. Gading Matasik
"Di Indonesia, mobile games masih dipandang sebelah mata dan sering memiliki konotasi negatif di ranah publik. Penilitian ini bertujuan mencari pandangan positif atas penggunaan mobile games dengan menguji intention to purchase virtual items, menggunakan variabel-variabel dari teori-teori sebelumnya seperti unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT), information system (IS), self-perception, dan self-presentation. Studi ini berfouskan pada pemain Indonesia, serta menggunakan beberapa mobile game yang dianggap populer dan menjadi tren saat penilitian ini dibuat). Menggunakan SEM-PLS, penelitian ini memenganalisis social influence, usage habit, prior usage experience, dan prior purchase experience dapat mempengaruhi intention to use free items dan intention to purchase virtual items baik secara simultan atau dengan sendirinya.  Data untuk penelitian ini dikumpulkan secara online menggunakan beberapa platform online. Teknik pengambilan sampel dalam riset ini menggunakan kombinasi dari judgmental dan snowball sampling. Total sampel dalam riset ini adalah sebanyak 334 responden, dimana 321 responden melewati pertanyaan screening. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis yang berpengaruh positif dan signifikan, kecuali untuk dua hipotesis yang disebabkan oleh perbedaan perilaku dan budaya. Akhir kesimpulan dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa mobile games adalah segmen pasar yang strategis dan pemain di Indonesia memiliki pengaruh pembelian terhadap mobile games Free-to-Play secara siginifikan.

In Indonesia, mobile games are still underestimated and often viewed negatively in the public. This research aims to seek a positive view towards mobile games by examining purchase intention to purchase virtual items of mobile games, using the variables from early theories such as unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT), information system (IS), self-perception, and self-presentation. This study focused on Indonesian players, using multiple mobile games which considered popular and trending in the time of this research was made. Using SEM-PLS, the research analyzes how social influence, usage habit, prior usage experience, and prior purchase experience could simultaneously or single-handedly affect intention to use free items and intention to purchase virtual items.  The data collected for this research were gathered online using different various online platforms. The sampling technique used is a combination of judgmental and snowball sampling. The total samples taken for this research were 334 respondents, where 321 respondents passed the screening questions. The result showed a positive and significant effect, except for two hypotheses caused by the difference in behavior and culture. The conclusion of this research prove mobile games to be a strategic market segment and Indonesian players do have a significant intention to purchase influence regarding Free-to-Play mobile games."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Putri Fadillah
"Pertumbuhan streaming musik telah mengubah industri musik secara signifikan, dengan sebagian besar pendapatan berasal dari aktivitas streaming. Di Indonesia, konten musik online merupakan konten online yang paling banyak diakses masyarakat setelah konten video online. Model bisnis freemium menjadi populer di platform streaming music atau platform Audio on-Demand (AoD) seperti Spotify, YouTube Music, dan Joox, di mana pengguna dapat mengakses layanan dasar streaming musik secara gratis serta melakukan peningkatan ke versi premium untuk fitur tambahan. Namun, terjadi penurunan pengguna premium Spotify sebesar 4% persen dari Q1 2019 hingga Q1 2023 yang memunculkan pertanyaan menarik mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pengguna untuk meningkatkan langganan ke premium pada AoD freemium. Untuk meneliti hal tersebut, peneliti menggunakan teori Consumer Value Theory (CVT), yaitu teori yang digunakan untuk memahami perilaku konsumen dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihannya dalam berbagai kategori produk dan layanan. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh secara kuantitatif melalui kuesioner yang diisi oleh 693 responden dan kualitatif melalui wawancara dengan 30 narasumber. Data kuantitatif diolah dengan Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM), sedangkan data kualitatif diolah menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa enjoyment, performance expectancy, social influence, attractiveness of alternatives, facilitating conditions, dan price value berpengaruh terhadap intention to upgrade to AoD premium. Selain itu, intrusiveness of alternatives juga berpengaruh terhadap enjoyment pengguna platform AoD. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembang platform AoD agar dapat meningkatkan jumlah pengguna akun premium pada aplikasinya.

The growth of music streaming has significantly transformed the music industry, with the majority of revenue now coming from streaming activities. In Indonesia, online music content is the most accessed online content after online video content. The freemium business model has become popular on music streaming platforms or Audio on-Demand (AoD) platforms such as Spotify, YouTube Music, and Joox, where users can access basic music streaming services for free and upgrade to premium versions for additional features. However, there has been a 4% decrease in Spotify premium users from Q1 2019 to Q1 2023, raising intriguing questions about the factors influencing users' decisions to upgrade to premium subscriptions on freemium AoD platforms. To investigate this, researchers used the Consumer Value Theory (CVT), which is employed to understand consumer behavior and the factors influencing their choices across various product and service categories. The data for this study were collected quantitatively through questionnaires filled out by 693 respondents and qualitatively through interviews with 30 participants. Quantitative data were analyzed using Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM), while qualitative data were processed using content analysis. The results showed that enjoyment, performance expectancy, social influence, attractiveness of alternatives, facilitating conditions, and price value affect the intention to upgrade to AoD premium. Additionally, the intrusiveness of alternatives also affects users' enjoyment of AoD platforms. The findings of this study are expected to provide insights for AoD platform developers to increase the number of premium account users on their applications."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khadijah Husnudini
"Agar sebuah perusahaan dapat bertahan untuk terus digunakan atau dibeli produknya oleh para konsumen dalam jangka panjang, dibutuhkan adanya usage intention dari para konsumen. Untuk itu, penting untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat memengaruhi usage intention seperti social influence, perceived benefits, perceived risks, dan trust. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross-sectional dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menganalisis 213 responden dengan usia di atas 17 tahun dan merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Selain itu, responden juga merupakan pengguna dompet digital sejak masa pandemic COVID-19 yaitu Maret 2020. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei online dan kemudian data diolah menggunakan Teknik Partial Least Squares - Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil dari olahan data menunjukkan bahwa social influence, perceived benefits, dan trust memiliki pengaruh signifikan secara positif terhadap usage intention. Selain itu, perceived risk memberikan pengaruh signifikan secara negatif terhadap trust dan usage intention.

In order for a company to continue to be used by consumers in the long term, it requires usage intention from consumers. For this reason, it is important to know what factors can influence usage intentions such as social influence, perceived benefits, perceived risk, and trust. The research design used in this study is cross sectional with purposive sampling method. This study has 213 respondents aged over 17 years and were Indonesian citizens (WNI). In addition, respondents are also digital wallet users since the COVID-19 pandemic (i.e., since March 2020). The data collection method used is an online survey and then the data is processed using the Partial Least Squares - Structural Equation Modelling (PLS-SEM) technique. The results of the processed data show that social influence, perceived benefits, and trust have a positive significant effect on usage intention. In addition, perceived risk has a significant negative effect on trust and usage intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angelina Dewi Laksana Putri
"Artikel ini menjelaskan popularitas industri fast fashion. Pada akhir dekade 90-an, masyarakat menganggap konsumsi produk fesyen sebagai sebuah hiburan (Hayes, 2021). Pola konsumsi ini dilanggengkan oleh tren mode fesyen kelas atas, di mana kelompok elite menghamburkan uang untuk mengikuti tren fesyen yang termutakhir. Fenomena ini berujung pada fesyen ‘sekali pakai’(Bhardwaj dan Fairhurst, 2010). Sementara itu, masyarakat pada lapisan yang lebih rendah berupaya mencari cara untuk mengikuti tren fesyen elitis melalui berbagai cara. Fenomena ini pada akhirnya melahirkan tren fast fashion yang mampu mengakomodasi kebutuhan masyarakat bawah terhadap akses simbolik berupa produk fesyen yang mirip dengan high-fashion pada kalangan atas. Dengan menggunakan teori Trickle-down Georg Simmel (1904) dan mengambil kasus “fashion robbery”—dimana bisnis mode cepat 'mencuri' tampilan estetika mode tinggi—yang terjadi di industri adibusana (Zerbo, 2015), artikel ini mengkaji peran media dalam mengangkat tren fast fashion. Lebih jauh, artikel tersebut berpendapat bahwa orang- orang sedang mengikuti tren dan menginginkan kepuasan instan dalam mode tanpa harus menghabiskan banyak uang.

This article describes the consumer practices toward fashion trends that lead to the rapid rise of fast fashion. In the late 1990s, clothing shopping became entertainment, and people tended to spend more money on it (Hayes, 2021). Fashion trends have perpetuated this habit in which affluent people continuously buy new clothes to keep themselves up to date (Ming Law, Zhang, and Leung, 2004), thus initiating the ‘throwaway’ fashion (Bhardwaj and Fairhurst, 2010). While the upper social class enjoys high-class fashion products, the lower part of the society seeks akin experience in a way they can afford. Using Georg Simmel’s (1904) trickle-down theory and taking the case of fashion robbery–where fast fashion businesses ‘steal’ the look of high-fashion aesthetic–occurring in the couture industry (Zerbo, 2015), this paper studies the role of media in raising the fast fashion trend. Furthermore, the article argues that people are into high-fashion trends but want instant gratification in fashion without spending much money.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>