Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 114990 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Qhiffari Pradana
"Trend bimbel merupakan fenomena yang terjadi di kalangan peserta didik di Kota Yogyakarta. Tidak mengikuti kegiatan bimbel adalah hal yang tidak benar menurut peserta didik di Kota Yogyakarta. Kegiatan bimbel yang dianggap perlu diikuti adalah persiapan ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN) seperti ujian mandiri dan UTBK. Jumlah demand yang tinggi menyebabkan pelaku ekonomi di bidang pendidikan mendirikan bimbel di berbagai wilayah termasuk Kota Yogyakarta. Variasi lokasi bimbel di Kota Yogyakarta dapat dilihat dari faktor geografis dan non-geografis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh karakteristik lokasi terhadap kesuksesan bimbel di Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah keruangan dan uji korelasi. Metode keruangan digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik lokasi bimbel. Karakteristik lokasi bimbel diidentifikasi dengan site and situation. Sementara itu, uji korelasi yang digunakan adalah uji korelasi spearman. Variabel yang diuji korelasinya adalah karakteristik lokasi dan kesuksesan peserta bimbel. Kesuksesan peserta bimbel diukur dengan persentase kelulusan setiap lokasi bimbel dan rasio peserta bimbel yang masuk PTN unggulan. Data primer penelitian ini berupa aspek site and situation, faktor yang memengaruhi kesuksesan bimbel (geografis dan nongeografis), dan persebaran lokasi bimbel di Kota Yogyakarta. Sementara itu, data sekunder yang digunakan adalah peta administrasi, jaringan jalan, persebaran SMA/SMK, dan persentase kelulusan bimbel. Hasil dari penelitian ini adalah 6 karakteristik lokasi bimbel di Kota Yogyakarta memiliki nilai korelasi spearman sebesar 0,331 terhadap kesuksesan bimbel. Artinya terdapat korelasi yang cukup antara karakteristik lokasi dan kesuksesan bimbel di Kota Yogyakarta.

The tutoring trend is a phenomenon that occurs among students in the city of Yogyakarta. Not participating in tutoring activities is not true according to students in the City of Yogyakarta. The tutoring activity that is considered necessary to be followed is preparation for the state university entrance exam such as UTBK and mandiri exam. The high number of demands has caused economic actors in the field of eduacion to establish tutoring in various areas, including the city of Yogyakarta. Variations in the location of tutoring in the city of Yogyakarta can be seen from geographical and non-geographical factors. This study aims to see the effect of location characteristics on the success of tutoring in the city of Yogyakarta. The method used is spatial and correlation test. The spatial method is used to identify the characteristics of the location of the tutoring. The characteristics of the tutoring location are identified by site and situation aspect. Meanwhile, the correlation test used is the spearman correlation test. The variables tested for correlation are the characteristics of the location and the success of the tutoring participants. The success of tutoring participants is measured by the percentage of graduation from each tutoring location and the ratio of tutoring participants entering top state universities. The primary data of this research are site and situation aspects, factors that influence the success of tutoring (geograhical and non-geographical), and the distribution of tutoring location in the city of Yogyakarta. Meanwhile, secondary data used are administrative maps, road network, distribution of high school, and percentage of tutoring graduations. The result of this research is the 6 characteristics of tutoring locations in the city of Yogyakarta have a spearman correlation value of 0,331 to the success of tutoring. This means that there is a sufficient correlation between the characteristics of the location and the success of tutoring in the city of Yogyakarta."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Schumm, Jeanne Shay
Minneapolis: Freespirit Publishing, 1999
R 372.4 Sch r
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Dawe, Charles W.
Boston: Little, Brown and Company, c1984
808.042 DAW o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwik Wahyuni
"Standar minimum kompetensi akademik serta kurikulum yang digunakan dalam sistem pendidikan Indonesia meningkatkan permintaan rumah tangga terhadap les privat anak. Sementara itu, rumah tangga dihadapkan pada kendala semakin meningkatnya biaya pendidikan dan keterbatasan pendapatan rumah tangga. Dengan menggunakan data Survey Sosial Ekonomi Nasional tahun 2012 dan metode analisis Tobit model, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan rumah tangga dalam membayar les privat anak.
Studi ini menemukan bahwa belanja rumah tangga untuk les privat anak meningkat sejalan dengan semakin tingginya tingkat pendapatan rumah tangga. Secara rata-rata untuk seluruh kelompok rumah tangga maupun untuk kelompok rumah tangga terkaya, les privat merupakan barang kebutuhan pokok, sementara itu bagi kelompok rumah tangga kurang mampu les privat masih merupakan barang mewah. Terdapat ketidak merataan dalam mengakses les privat anak antara rumah tangga kaya dengan rumah tangga miskin.Kata Kunci: Les privat, keputusan rumah tangga, pendapatan rumah tangga.

The minimum standards of academic competence as well as the curriculum used in the Indonesian education system increase household demand for private children 39 s lessons. Meanwhile, households are faced with constraints on the rising cost of education and limited household incomes. By using data of National Socioeconomic Survey Susenas 2012 and Tobit model analysis method, this study aims to analyze household decisions in children 39 s private tutoring expenditure.
This study found that household spending on children 39 s private tutoring increases with increasing household income levels. On average for all household groups as well as for the richest household groups, private tutoring is necessity good, while for the poorer household group is still a luxury good. There is an inequality between richest households and poorer households in accessing private children 39 s private tutoring.Keywords Private tutoring, households rsquo decision, households rsquo income."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
T49731
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christie, Agatha, 1890-1976
"In the sprawling, half-timbered mansion in the affluent suburb of Swinly Dean, Aristide Leonides lies dead from barbiturate poisoning. An accident? Not likely. In fact, suspicion has already fallen on his luscious widow, a cunning beauty fifty years his junior, set to inherit a sizeable fortune, and rumored to be carrying on with a strapping young tutor comfortably ensconced in the family estate. But criminologist Charles Hayward is casting his own doubts on the innocence of the entire Leonides brood. He knows them intimately. And he's certain that in a crooked house such as Three Gables, no one's on the level."
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2018
823 CHR b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
I Made Candiasa
"ABSTRAK
Sistem tutor untuk membantu slswa dalam nempelajarl kemampuan memecahkan masalah yang didasarkan pada strategl Polya telab dikembangkan, dan dlterapkan untuk mengajarkan pemecahan masalah dalam arithmetIka berbentuk cerita di Sekolah Dasar.
Sistem tutor inl dikembangkan sebagai sebuah model perangkat lunak pendidlkan, dimana implementasi dara aapek-aspek pengajaran yang berbeda dlpisahkan menjadi bagian-bagian yang terlepas. Sebuah sistem basis-data informasi sederhana telah dikembangkan untuk mendukung model tersebut. Kemudahan dalam hal mengubah-ubah basis-data informal membuat sistem lebih luwes, mudah dladaptasikan dengan kegiatan pengajaran yang lebih luas dan dengan kondisi slswa yang lebih bervarlasi. Kemungkinan pengakssaan basis-data informasi cecara terpadu dimanfaatkan untuk lebib membuka dialog antara sistem dengan siswa, sehingga informan pengajaran dapat disajlkan dengan lebih utuh dan umpan-balik bisa lebih diperkaya.
Karakteristik dari sistem dalam operasinya adalah menerapkan konsep belajar hirarki. Teknik pilihan bertahap secara khusua dlkembangkan untuk mendukung konsep tersebut. Pada aaat yang sama sistem juga menerapkan konsep belajar siswa aktif. Siswa selalu ditantang untuk bertanya dan beruaaba menjawab soal. Sistem secara cermat menganalisa kesalahan siswa, kemudian memberikan umpan-balik yang tepat dan mengarah.
Interaksi antara sistem dengan siswa sepenuhnya dipandu dengan "pull-down menu", sehlngga antar-muka pemakai tampak konsisten dan pengoperasian sistem menjadi lebih mudah.

Abstract
A tutoring system to help student to learn problem-solving skill, which is based on Polya strategy has been developed and used In elementary school mathematics course to teach arithmetics story problem.
It is implemented as an educational software, where different instructional aspects of implementation are separated into conceptually independent parts. A simple information database has been developed to support this model. The ease of varying the information database make the model more flexible. It can be easily adapted for a wide range of instructional activities and student populations. Moreover The possibility of integrated access of several database is used to open more dialog between system and student. Hence instructIonal information can be presented In more complete form, and on the other side feedback can be given in rich variation.
Important characteristics of this system include application of hierarchical learning concept. Terraced pull-down menu is specially developed to support that concept. At the same time the system apply student oriented learning concept. lt ways stimulate student to ask missed information and do exercise. It gently recognizing student misconceptions and giving appropriate feedback.
In order to maintain the consistency of user interface and to make rashness of system usage, system-student-interactions in a whole are directed by pull-down menu.
"
1990
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Harja Santana
"Tesis ini membahas representasi pengetahuan untuk sistem MELATI, yaitu sistem tutor cerdas berbasis strategi belajar. Sistem MELATI merupakan sistezn tutor cerdas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa sekolah menengah, yaitu dengan meningkatkan kemampuan teknik berpikir kerasnya.
Domain pengetahuan sistem MELATI adalah pengetahuan untuk mengidenti fikasi strategi belajar berdasarkan skrip rekaman teknik berpikir keras_ Pengetahuan sistem ini berasal dari pengetahuan pakar psikologi pendidikan Universitas Indonesia. Fokus pembahasan tesis ini adalah mencari model teknik representasi yang cocok untuk merepresentasikan pengetahuan pakar tersebut, sehingga dapat diolah dengan menggunakan komputer.
Berdasarkan hasil studi literatur disimpulkan bahwa: teknik representasi pengetahuan berbasis jaringan semantik dan frame cocok untuk merepresentasikan domain pengetahuan yang hierarkis dan sating berhubungan; sedangkan teknik representasi berbasis aturan cocok untuk merepresentasikan domain pengetahuan yang dapat dinyatakan dengan pasangan kondi'si dan aksi, dan potongan pengetahuan dalam domain itu masing masing dapat berdiri sendiri. Disamping itu, berdasarkan hasil analisis karakteristik pengetahuan strategi belajar, disimpulkan bahwa: pengetahuan strategi belajar merupakan pengetahuan deklaratif yang dapat dinyatakan dengan bentuk pasangan kondisi-aksi; dan tiap potongan pengetahuan strategi belajar bersifat otonom, sehingga dapat berdiri sendiri_ Dengan demikian maka teknik representasi yang cocok untuk merepresentasikan pengetahuan strategi belajar adalah sistem berbasis aturan.
Sebagai uji cobs dalam riset ini dibuat suatu prototipe Sistem Pakar Identifikasi Strategi Belajar (SPISB) dengan memakai CLIPS. Basis pengetahuan prototipe ini inenggunakan teknik representasi berbasis aturan. Dengan subjek siswa SMU Jakarta, diperoleb basil eksperimen bahwa: sister mampu mengidentifil:asi dengan benar pada eksperimen pertama sebesar 85% dan pada eksperimen kedua sebesar 60%. Sebagai pembanding hasil identifikasi SPISB dibandingkan dengan hasil identifikasi pakar psikologi pendidikan Universitas Indonesia."
1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Intelligent tutoring system is a tutor behaviour system which can be used as an alternative goal for interactive e-learning and distant learning. This system can provide an adaptive system to support student's learning and retention process based on their characteristic and needed."
005 ULTI 5:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ender, Steven C.
San Francisco: Jossey-Bass Pub., 2000
R 371.4 END s
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>