Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 73510 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Erwinsyah Negara
"Pariwisata merupakan sektor dengan nilai ekonomi dan potensi pertumbuhan yang cukup besar. Pandemi COVID-19 yang terjadi memiliki dampak negatif yang cukup besar pada kinerja perekonomian industri pariwisata. Tetapi setelah status pandemi dicabut, masyarakat akan kembali antusias untuk berwisata dan pada akhirnya dapat membuat perekonomian industri pariwisata kembali berjalan. Namun, preferensi masyarakat dalam berwisata pasca pandemi masih belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi intensi pemilihan destinasi wisata pasca pandemi COVID-19 (Studi kasus Lombok sebagai destinasi wisata halal). Kerangka konseptual dikembangkan melalui tinjauan literatur terdahulu dengan menggunakan model Theory of Planned Behavior (TPB) yang diperluas. Data dikumpulkan dari 1068 responden dengan menggunakan teknik kuota sampling dengan kriteria: Masyarakat Jabodetabek yang pernah melakukan kegiatan pariwisata selama 5 tahun terakhir, telah berusia di atas 20 tahun, dan belum pernah melakukan kunjungan ke Lombok. Selanjutnya data dianalisis dengan pendekatan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subyektif, kontrol perilaku, dan citra destinasi berpengaruh positif signifikan terhadap intensi berwisata ke Lombok sebagai destinasi wisata halal. Namun, religiosity ditemukan tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Selanjutnya, sikap dan norma subyektif ditemukan berperan sebagai mediator antara religiusitas dan pengetahuan tentang COVID-19 terhadap intensi berkunjung ke Lombok. Penelitian ini juga menemukan bahwa sikap berperan sebagai mediator antara risiko psikologis dan citra destinasi terhadap niat mengunjungi Lombok. Penelitian ini memberikan wawasan kepada agen perjalanan, terutama dalam mendefinisikan determinan yang mempengaruhi niat mengunjungi Lombok sebagai destinasi wisata halal pasca pandemi. Akhirnya, penelitian ini menyampaikan beberapa keterbatasan dan menawarkan arahan untuk penelitian selanjutnya.

Tourism is a sector with considerable economic value and growth potential. But with the COVID-19 pandemic that occurred had a significant negative impact on the economic performance of the tourism industry. But after the pandemic status is lifted, people will be enthusiastic about tourism again and in the end can get the tourism industry economy back running. However, people's preferences in post- pandemic tourism are still unknown. This study aims to determine the factors that significantly influence the intention to choose a tourist destination after the COVID- 19 pandemic (the case study of Lombok as a halal tourist destination) in the Jabodetabek community. The conceptual framework was developed through a review of the previous literature using the extended Theory of Planned Behavior (TPB) model. Data were collected from 1068 respondents using a quota sampling technique with the following criteria: Jabodetabek’s resident who have carried out tourism activities for the last 5 years, are over 18 years old, and have never visited Lombok. Furthermore, the data were analyzed using the SEM-PLS approach. The results showed that attitudes, subjective norms, behavioral control, and destination image had a significant positive effect on the intentions to visit Lombok. However, religiosity was found to have no significant effect. Furthermore, subjective attitudes and norms were found to play a role as a mediator between religiosity and knowledge about COVID-19 towards the intention to visit Lombok. This study also found that attitude acts as a mediator between psychological risk and destination image on intention to visit Lombok. This research provides insight to travel agents, especially in defining the determinants that affect the intention to visit Lombok as a post-pandemic halal tourist destination. Finally, this study addresses some limitations and offers recommendation for further research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erwinsyah Negara
"Pariwisata merupakan sektor dengan nilai ekonomi dan potensi pertumbuhan yang cukup besar. Pandemi COVID-19 yang terjadi memiliki dampak negatif yang cukup besar pada kinerja perekonomian industri pariwisata. Tetapi setelah status pandemi dicabut, masyarakat akan kembali antusias untuk berwisata dan pada akhirnya dapat membuat perekonomian industri pariwisata kembali berjalan. Namun, preferensi masyarakat dalam berwisata pasca pandemi masih belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi intensi pemilihan destinasi wisata pasca pandemi COVID-19 (Studi kasus Lombok sebagai destinasi wisata halal). Kerangka konseptual dikembangkan melalui tinjauan literatur terdahulu dengan menggunakan model Theory of Planned Behavior (TPB) yang diperluas. Data dikumpulkan dari 1068 responden dengan menggunakan teknik kuota sampling dengan kriteria: Masyarakat Jabodetabek yang pernah melakukan kegiatan pariwisata selama 5 tahun terakhir, telah berusia di atas 20 tahun, dan belum pernah melakukan kunjungan ke Lombok. Selanjutnya data dianalisis dengan pendekatan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subyektif, kontrol perilaku, dan citra destinasi berpengaruh positif signifikan terhadap intensi berwisata ke Lombok sebagai destinasi wisata halal. Namun, religiosity ditemukan tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Selanjutnya, sikap dan norma subyektif ditemukan berperan sebagai mediator antara religiusitas dan pengetahuan tentang COVID-19 terhadap intensi berkunjung ke Lombok. Penelitian ini juga menemukan bahwa sikap berperan sebagai mediator antara risiko psikologis dan citra destinasi terhadap niat mengunjungi Lombok. Penelitian ini memberikan wawasan kepada agen perjalanan, terutama dalam mendefinisikan determinan yang mempengaruhi niat mengunjungi Lombok sebagai destinasi wisata halal pasca pandemi. Akhirnya, penelitian ini menyampaikan beberapa keterbatasan dan menawarkan arahan untuk penelitian selanjutnya.

Tourism is a sector with considerable economic value and growth potential. But with the COVID-19 pandemic that occurred had a significant negative impact on the economic performance of the tourism industry. But after the pandemic status is lifted, people will be enthusiastic about tourism again and in the end can get the tourism industry economy back running. However, people's preferences in post- pandemic tourism are still unknown. This study aims to determine the factors that significantly influence the intention to choose a tourist destination after the COVID- 19 pandemic (the case study of Lombok as a halal tourist destination) in the Jabodetabek community. The conceptual framework was developed through a review of the previous literature using the extended Theory of Planned Behavior (TPB) model. Data were collected from 1068 respondents using a quota sampling technique with the following criteria: Jabodetabek’s resident who have carried out tourism activities for the last 5 years, are over 18 years old, and have never visited Lombok. Furthermore, the data were analyzed using the SEM-PLS approach. The results showed that attitudes, subjective norms, behavioral control, and destination image had a significant positive effect on the intentions to visit Lombok. However, religiosity was found to have no significant effect. Furthermore, subjective attitudes and norms were found to play a role as a mediator between religiosity and knowledge about COVID-19 towards the intention to visit Lombok. This study also found that attitude acts as a mediator between psychological risk and destination image on intention to visit Lombok. This research provides insight to travel agents, especially in defining the determinants that affect the intention to visit Lombok as a post-pandemic halal tourist destination. Finally, this study addresses some limitations and offers recommendation for further research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Giannisa Umara
"Jakarta merupakan salah satu dari 10 destinasi yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata untuk pengembangan wisata halal. Maka dari itu, Jakarta memiliki tantangan untuk mengembangkan konsep wisata halal agar dapat menjadi destinasi wisata halal di Indonesia. Oleh karenanya, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi dan tantangan penerapan dan pengembangan konsep wisata halal di Jakarta. Hal tersebut dilihat dari kesiapan pemerintah DKI Jakarta dalam menerapkan konsep wisata halal serta persepsi masyarakat Jakarta mengenai potensi objek wisata Jakarta untuk dijadikan objek wisata halal. Kesiapan pemerintah diteliti melalui wawancara pakar, sementara persepsi masyarakat diteliti dengan menggunakan survei yang dilakukan dengan menyebar kuesioner. Data primer yang didapat dari wawancara dan survei tersebut diolah dengan menggunakan metode analisis SWOT, Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan regresi logistik. Dari hasil wawancara, dapat disimpulkan bahwa Jakarta memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan wisata halal, yang antara lain dapat dilihat dari jumlah industri pendukung wisata yang besar dan objek wisata yang ramai wisatawan. Hasil uji CFA menunjukkan bahwa masyarakat memiliki persepsi bahwa objek wisata di Jakarta telah sesuai dengan indikator wisata halal yang ditinjau dari aspek attractions (daya tarik), amenities (fasilitas), dan accessibilites (keterjangkauan). Sedangkan hasil regresi logistik menunjukkan bahwa faktor attractions (daya tarik), agama Islam, usia muda, pendidikan, menikah, jumlah anggota keluarga, frekuensi wisata dan pengeluaran wisata moderat mempengaruhi intensi untuk melakukan wisata halal domestik di Jakarta. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa potensi penerapan konsep wisata halal di Jakarta cukup besar dan dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut diatas.
Berdasarkan hasil penelitian ini, pemerintah diharapkan dapat memanfaatkan potensi ini dengan menambah sosialisasi, meningkatkan daya tarik serta melakukan pemasaran yang tersegmentasi pada kelompok-kelompok potensial  yang telah diidentifikasi tersebut agar Jakarta dapat lebih dikenal sebagai destinasi halal di Indonesia. Selain itu, penelitian ini diharapkan bisa dijadikan sebagai referensi untuk lebih memahami konsep dan pengembangan wisata halal di Indonesia.

Jakarta is identified by the Ministry of Tourism to be one of 10 destinations for halal tourism development. Hence, Jakarta still has challenges to improve the halal tourism implementation to become the halal destination in Indonesia. This research aims to analyze the potentials of implementing halal tourism concept in Jakarta. These potentials can be seen by the governments readiness and peoples perception towards tourist attractions in Jakarta. Governments readiness was examined through direct interview while the people perception was collected with questionnaires. Data collected through the questionnaires was processed using the SWOT analysis method and Confirmatory Factor Anaysis (CFA) method.
Based on the interview, it can be concluded that Jakara has the potential that can be seen from the large number of industries and tourist attractions. While the result of the CFA method was based on peoples perception, tourist attractions in Jakarta are already fit with the halal tourism indicators based on the attractions, amenities, and accessibilities.
From these results, in can be concluded that Jakarta has a big potential to improve the halal tourism implementation. Therefore, the government needs to take advantage of this potential by adding more socialization and marketing so that Jakarta can be known as a halal destination in Indonesia. This research is also expected to be used as a reference to understand the the concet and the development of halal tourism in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salma Nur Azizah
"Layanan pengiriman makanan/food delivery mulai merebak beberapa tahun ke belakang. Kehadiran aplikasi motorbike ride-hailing (ojek online) menawarkan layanan pengiriman makanan melalui armadanya untuk membeli makanan di restoran mitra. Layanan tersebut memudahkan masyarakat untuk memesan makanan tanpa pergi keluar. Namun, virus COVID-19 yang muncul menimbulkan isu kepercayaan konsumen terhadap keamanan dan kehigienisan makanan yang dipesan. Termasuk konsumen muslim yang memiliki kewajiban mengonsumsi makanan halal, kepercayaan dalam memesan makanan halal melalui aplikasi menjadi isu untuk memastikan kepastian kehalalan makanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kepercayaan halal terhadap loyalitas konsumen muslim Indonesia dalam pembelian makanan halal melalui aplikasi food delivery dalam masa pasca-pandemi. Penelitian ini berdasar pada valence theory dan teori perceived quality untuk melihat pengaruhnya terhadap kepercayaan halal dan loyalitas. Metode analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dan menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0. Dari 251 sampel yang diteliti, ditemukan bahwa kepercayaan halal berpengaruh positif terhadap loyalitas secara signifikan. Adapun kualitas makanan halal dan kualitas aplikasi food delivery ditemukan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap risiko kesehatan yang dirasakan.

Food delivery services have started to spread in the past few years. The presence of an motorbike ride-hailing application (ojek online) offers food delivery services partnered with selected restaurants. Food delivery service provide convenience for people to order food without going out. However, the emerging COVID-19 virus raises issues of consumer confidence in the safety and hygiene of the food ordered. Including Muslim consumers’ obligation to consume halal food. Trust in ordering halal food through mobile application is also becaming an issue because they have to ensure its halal assurance. This study aims to analyze the effect of halal trust on the loyalty of Indonesian Muslim consumers in purchasing halal food through food delivery applications in the post-pandemic period. This research is based on valence theory and perceived quality theory to see the effect on halal trust and loyalty. The analytical method used in this study is the Structural Equation Model (SEM) and uses the SmartPLS 4.0 application. From the 251 from Muslim respondents, it was found that halal trust had a significant positive effect on loyalty. Meanwhile, the quality of halal food and the quality of the food delivery application were found to have no significant effect on perceived health risk."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kevin Ewaldo
"Mangrove, sebagai ekosistem pesisir, memberikan berbagai manfaat penting bagi kehidupan, salah satunya untuk wisata. Namun permasalahan terjadi akibat kehadiran pandemi yang memperburuk kondisi objek wisata. Tujuan penelitian ini adalah menentukan kesesuaian wisata, menganalisis daya dukung wisata dan sosial, menilai total ekonomi, menganalisis kondisi pasca pandemi dan mengembangkan konsep destinasi pariwisata berkelanjutan di Ekowisata Mangrove, Pantai Indah Kapuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu indeks kesesuaian wisata, daya dukung kawasan, indeks kepuasan pengunjung, nilai ekonomi total, analisis perbandingan dan multidimensional scalling. Hasil penelitian menunjukkan keberlanjutan objek wisata yang cukup pada dimensi ekonomi, tetapi kurang pada dimensi ekologi dan sosial. Kesimpulan, objek wisata termasuk dalam kategori sesuai untuk wisata, dengan daya dukung sebesar 9.330 orang per bulan dan tingkat kepuasan pengunjung 34,68%. Nilai ekonomi total mencapai Rp1.302.127.715,- per tahun, dengan perubahan signifikan selama pandemi dan tren positif pada akhirnya. Konsep destinasi berkelanjutan setelah pandemi mengintegrasikan kesesuaian wisata, daya dukung wisata, dan daya dukung sosial untuk mendukung pemulihan dan meningkatkan nilai ekonomi Ekowisata Mangrove.

Mangroves, as coastal ecosystems, offer essential benefits to life, including tourism. However, the problem arise due to the presence of a pandemic that worsens the condition of tourist attractions. This study aims to determine tourism suitability, analyze tourism and social carrying capacity, assess total economic value, analyze post-pandemic conditions, and develop a sustainable tourism destination concept at Mangrove Ecotourism, Pantai Indah Kapuk. Employing methods such as the tourism suitability index, area carrying capacity, visitor satisfaction index, total economic value, comparative analysis, and multidimensional scaling. The results reveal a relatively sustainable state in the economic dimension but lack in ecological and social dimensions. The conclusion is that the tourist destination falls into the suitable category, with a tourism carrying capacity of 9,330 people per month and a visitor satisfaction rate of 34.68%. The total economic value reaches IDR 1,302,127,715 per year, displaying significant changes during the pandemic and a positive trend eventually. The post-pandemic sustainable destination concept integrates tourism suitability, carrying capacity, and social support for recovery and enhances the economic value of Mangrove Ecotourism."
Depok: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afif Setya Ramadhan
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas menggenai faktor-faktor Halal Awarenesss, Persepsi Pribadi dan Sosial, Pemasaran Halal, Sertifikat Halal, Kepercayaan Religius, Pengetahuan yang mempengaruhi intensi pembelian produk Halal pada rentang usia 17 hingga 30 tahun. Metode penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan alat ukur kuisioner. Hasil data primer diolah menggunakan metode SEM-PLS. Temuan hasil dari penelitian menunjukan Faktor-faktor yang ada mempengaruhi intensi pembelian sebesar 72,6 persen. Dari enam variabel yang ada tiga variabel tidak signifikan mempengaruhi intensi pembelian.

ABSTRACT
This study discusses the factors Halal Awarenesss, Personal and Social Perceptions, Halal Marketing, Halal Certificates, Religious Faith, Knowledge that affect the intention of purchasing Halal products at the age of 17 to 30 years. This research method using quantitative technique with questionnaire measuring instrument. The result of primary data is processed using SEM PLS method. Findings of research results 3 factors are significantly affecting intention to purchase halal product."
2017
S69218
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Reza Kurniadi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan theory of planned behavior dalam mengukur intensi yang dimiliki individu untuk membeli produk kosmetik halal dengan menambahkan variabel habit yang ada pada theory of interpersonal behavior. Penelitian ini menggunakan pendekatan kausal dan data diolah dengan menggunakan software LISREL 8.8 dan IBM SPSS Statistics edisi 26. Sampel yang digunakan adalah 264 masyarakat yang merupakan generasi milenial dan menggunakan kosmetik halal dalam kegiatan sehari-hari. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa theory of planned behavior dapat mempengaruhi intensi yang dimiliki individu dalam membeli produk kosmetik halal dan theory of interpersonal behavior mampu mempengaruhi perilaku pembelian konsumen terhadap produk kosmetik halal, sedangkan variabel religiusitas tidak mampu mempengaruhi sikap yang dimiliki individu.

This study aims to determine the use of planned behavior theory in measuring the intention of individuals to buy halal cosmetic products by adding habit variables that exist in the theory of interpersonal behavior. This study uses a causal approach and LISREL 8.8 software and IBM SPSS Statistics 26 edition for the data process. The samples used are 264 individuals who are millennial generation and use halal cosmetics in their daily activities. This study found that the theory of planned behavior can affect the intention of individuals in buying halal cosmetic products and theory of interpersonal behavior can influence consumer buying behavior towards halal cosmetic products. Meanwhile, the variable of religioisity was not able to influence the attitudes of individuals."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farkhan Abdul Ghofier
"Meningkatnya jumlah masyarakat beragama Islam di dunia diiringi dengan meningkatnya masyarakat dengan penghasilan menengah keatas membuat konsumsi akan produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan gaya hidup juga meningkat. Salah satu kebutuhan gaya hidup adalah wisata ke luar negeri. Hal ini ditandai dengan gencarnya pihak maskapai yang mengadakan travel fair, khususnya di Indonesia. Saat melakukan travelling, selain mengunjungi tempat wisata, wisatawan juga akan melakukan wisata kuliner ke restoran maupun tempat makan di negara yang akan dikunjungi. Bagi wisatawan muslim, tidak semua makanan dapat dikonsumsi, karena adanya batasan halal dan haram.
Penelitian ini ditujukan untuk melihat dari beberapa faktor sikap terhadap logo halal, religiusitas, pemasaran halal, dan persepsi pribadi dan sosial terhadap intensi pembelian halal konsumen. Penelitian ini juga mengembangkan model penelitian melalui integrasi antara konsep Theory of Reason Action TRA dengan model penelitian sebelumnya. Model yang dikembangkan kemudian divalidasi menggunakan Structural Equation Modelling SEM berdasarkan data yang diperoleh melalui survei kepada muslim yang berdomisili di Jabodetabek dengan kisaran usia antara 18 hingga 65 tahun.
Hasil penelitian ini mengonfirmasi bahwa sikap terhadap logo halal dan persepsi pribadi dan sosial merupakan faktor-faktor mampu memengaruhi intensi pembelian halal konsumen. Implikasi manajerial serta saran bagi penelitian selanjutnya juga dibahas pada penelitian ini.

The increasing number of Islamic religious communities in the world and accompanied by Upper middle class community will provide the consumption of products or services that improve their lifestyle. One of the lifestyle needs is to travel abroad. This is marked by the many of airline companies held travel fair, especially in Indonesia. When traveling, in addition to visiting tourist attractions, tourists will also do culinary tours to restaurants or places to eat in the country to be visited. For Muslim tourists, not all food could be eaten, because of the limitations of halal and haram.
This study aims to see from several factors attitudes toward halal logo, religiosity, halal marketing, and personal societal perception to the halal purchase intention. This research also develops research model through integration between Theory of Reason Action TRA concept with previous research model. The developed model was then validated using Structural Equation Modeling SEM based on data obtained from the survey to Muslims domiciled in Jabodetabek at a price between 18 and 65 years.
The results of this study confirm that attitudes toward halal logos and personal and social perceptions are factors that can affect halal purchase intention. Managerial implications of suggestions for further research on this research.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Astuti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang memengaruhi purchase intention untuk produk suplemen bersertifikasi halal dengan mengembangkan theory of reasoned action (TRA) dengan subjective norm sebagai variabel eksogen dan variabel eksogen tambahan seperti religiosity, halal knowledge dan halal certification serta attitude sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif dengan memperoleh 193 data yang berasal dari survei berupa kuesioner online menggunakan google form kepada Muslim dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia serta pernah membeli suplemen yang sudah bersertifikasi halal selama rentang waktu Maret 2020 - Maret 2022. Analisis data menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Penelitian ini menemukan bahwa Subjective Norm, Halal Knowledge dan Attitude berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention, sedangkan Religiosity dan Halal Certification tidak berpengaruh. Selanjutnya, variabel Halal Certification, Halal Knowledge dan Subjective Norm ditemukan memiliki pengaruh signifikan terhadap Attitude. Hasil uji mediasi menunjukan bahwa attitude tidak berpengaruh signifikan dalam memediasi variabel religiousity dengan purchase intention.

This study aims to identify factors that influence purchase intention for halal-certified supplement products by developing a theory of reasoned action (TRA) with subjective norms as exogenous variables and additional exogenous variables such as religiosity, halal knowledge and halal certification and attitude as mediating variables. This study uses a quantitative research method with a descriptive design by obtaining 193 data from a survey in the form of an online questionnaire using a google form to Muslims and Indonesian citizens (WNI) who live in Indonesia and have purchased supplements that have been certified halal during the period March 2020 - March 2022. Data analysis using the Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) method with SmartPLS 3.0 software. This study found that Subjective Norm, Halal Knowledge and Attitude have a significant effect on Purchase Intention, while Religiosity and Halal Certification have no effect. Furthermore, the variables Halal Certification, Halal Knowledge and Subjective Norm were found to have a significant relationship with Attitude. The results of the mediation test show that attitude has no significant effect in mediating the religiosity with purchase intention

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lulu Qolbi
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk meneliti faktor-faktor yang memengaruhi sikap wanita muslim terhadap intensi membeli produk kosmetik halal di Indonesia dengan studi kasus pada merek wardah yang menggunakan celebrity endorser yang berhijab (Dewi Sandra) dan tidak berhijab (Raline Shah). Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner menggunakan metode single cross-sectional dengan sampel sebesar 324 responden yang merupakan wanita beragama Islam. Penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square Structural Equation Method (PLS-SEM). Adapun hasil dari penelitian ini baik pada endorser berhijab (Dewi Sandra) dan tidak berhijab (Raline Shah) ditemukan signifikansi pada seluruh variabel penelitian yang terdiri dari kredibilitas, pengetahuan, religiusitas, serta sikap, yang memengaruhi intensi atau keinginan membeli dari konsumen terhadap produk kosmetik halal Wardah. Lebih lanjut, hasil penelitian juga menunjukkan terdapat perbedaan faktor yang memengaruhi intensi konsumen wanita muslim untuk membeli produk kosmetik halal antara kelompok yang memiliki preferensi celebrity endorser berhijab Dewi Sandra dengan kelompok yang memiliki preferensi celebrity endorser tidak berhijab Raline Shah.

This research tends to analyze some factors that affect the attitude of muslim women towards the intention to buy halal cosmetic products in Indonesia by the case of the Wardah brand that uses celebrity endorser who wears the hijab (Dewi Sandra) and celebrity endorsers who were not wearing hijab (Raline Shah). The approach used in this study is a quantitative approach with a questionnaire method using a single cross-sectional method with a sample of 324 respondents who are Muslim women. This research uses the Partial Least Square Structural Equation Method (PLS- SEM) for the analysis. The result of this research is the finding of significance in both cases (celebrity endorser who wears the hijab, Dewi Sandra, and celebrity endorser who does not wear the hijab, Raline Shah) in all research variables which broadly consist of credibility, knowledge, religiosity, and attitude, all of which affect the intention or desire to buy from consumers towards Wardah halal cosmetic products. Furthermore, the findings of this research also show that there are some different factors that affect the purchase intention of Muslim women to buy halal cosmetic products between the group with the preference of wearing hijab celebrity endorser (Dewi Sandra) and the group with the preference of non-wearing hijab celebrity endorser (Raline Shah)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>