Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 49152 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aurel Alifqa Putri Aldira
"Lecture Contrôlée adalah salah satu mata uji Kemahiran Berbahasa Prancis (KBP) di Program Studi Prancis, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (FIB UI). Mata uji ini dilakukan dengan memberi tugas membaca teks bacaan berupa cerpen dan fabel yang diujikan dengan memberikan pertanyaan seputar buku teks tersebut. Tujuan dari ujian tersebut adalah untuk mengukur kemampuan membaca teks secara utuh dengan kemampuan bahasa Prancis sesuai tingkatannya. Bahan bacaan berasal dari dokumen otentik, sehingga pengajar harus memberikan teks bacaan yang sesuai dengan tujuan pengajaran yang mengacu pada CECRL serta pengajaran bahasa Prancis sebagai bahasa asing atau Français langue étrangère (FLE). Artikel ini akan melihat karakteristik bahan bacaan yang digunakan untuk mata kuliah Kemahiran Bahasa Prancis I (KBP I) angkatan 2018-2021 Prodi Prancis FIB UI dan kesesuaiannya dengan tingkat A1.1 menurut CECRL. Bertujuan untuk mengetahui efektivitas ujian Lecture contrôlée bagi pemahaman global mahasiswa Prodi Prancis KBP I angkatan 2018–2021, penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi kepustakaan serta wawancara dengan dosen pengampu ujian LC KBP I. Melalui teori jenis dan fungsi kalimat Le Querler (1994), kompetensi CECRL serta teori pengajaran bahasa Prancis sebagai bahasa asing atau Français langue étrangère (FLE), ditemukan bahwa buku bacaan yang diujikan mulai dari angkatan 2019 sudah sesuai dengan CECRL tingkat A1.1. Melalui unsur linguistik, ekstralinguistik dan teknis ujian, ujian Lecture Contrôlée terbukti efektif untuk mengevaluasi pemahaman global pemelajar dengan persentase keberhasilan di atas 78,84%.

Lecture Contrôlée is one of the French Language Proficiency test subjects at the French Studies, Faculty of Humanities, Universitas Indonesia. This test is carried out by reading texts in the form of short stories and fables that are tested by asking questions about the story in the textbook. The objective of the test is to measure the ability to read the reading materials as a whole with French language skills according to their level. Reading materials come from authentic documents, so the teacher has to provide reading texts that are compatible with the teaching objectives that refer to CECRL and teaching French as a foreign language or Français langue étrangère (FLE). This article will look at the characteristics of the reading materials used for the French Language Proficiency I class 2018-2021 at the French Studies, Faculty of Humanities, Universitas Indonesia, and their conformity with the A1.1 level according to CECRL. Aiming to determine the effectiveness of the Lecture Controlée for global understanding, this study will use a qualitative method with library research techniques and interviews with the lecturer in charge of the Lecture Contrôlée for French Language Proficiency I. Through the theory of sentence types and functions, Le Querler (1994) CECRL, and the theory of teaching French as a foreign language or Français langue étrangère (FLE), it was found that the reading books tested starting from 2019 are compatible with CECRL level A1.1. Through the linguistic, extralinguistic, and technical elements of the test, the Lecture Contrôlée is proven effective in evaluating students' global understanding with a success percentage of over 78.84%."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Phihaniar Insaniputri
"ABSTRAK
Kepatuhan pasien diabetes melitus tipe 2 dalam meminum antidiabetes oral masih
sangat rendah. Hal ini dapat meningkatkan risiko komplikasi pasien. Untuk
meningkatkan kepatuhan pasien dapat diberikan pendidikan kesehatan berupa
ceramah dan pemberian materi ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengevaluasi adanya pengaruh ceramah dan pemberian materi ceramah terhadap
tingkat kepatuhan pasien dan hubungan antara faktor sosiodemografi serta
penggunaan antidiabetes oral terhadap kepatuhan. Penelitian ini dilakukan secara
pra eksperimental dengan rancangan pretest-posttest two group. Seluruh pasien
diabetes melitus di puskesmas Beji adalah sampel penelitian yang dibagi dalam
dua kelompok. Kelompok pertama (30 orang) diberi ceramah dan materi ceramah,
kelompok kedua (30 orang) hanya diberi materi ceramah saja. Ceramah tentang
kepatuhan diberikan oleh Apoteker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kepatuhan pasien setelah diberi ceramah dan materi ceramah meningkat pada
kedua kelompok. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank menunjukkan bahwa ceramah
dan materi ceramah meningkatkan kepatuhan pasien dalam meminum obat. Hasil
uji kai kuadrat menunjukkan bahwa faktor sosiodemografi dan penggunaan obat
tidak memiliki pengaruh yang nyata terhadap kepatuhan. Hasil uji Mann Whitney
U menunjukkan bahwa pemberian ceramah (1,23±0,92) lebih baik dibandingkan
pemberian materi ceramah(1,07±1,04) terhadap peningkatan kepatuhan.
Kesimpulan yang diperoleh adalah ceramah dapat meningkatkan kepatuhan pasien
lebih baik dari materi ceramah.

ABSTRACT
Patient with diabetes type 2 compliance in taking oral antidiabetes still very low.
This can increase the risk of patients complications. To be able to increase
compliance level of the patiences, health education in form of lecture and lecture
material is ways to go. The purpose of this study was to evaluate the influence of
lecture and lecture material to increased patient compliance and the relationship
between sociodemographic factors and the use of oral antidiabetic towards patient
compliance. The research was done with pre-experimental pretest-posttest design
of two groups. All patients with diabetes mellitus in Beji health public center was
sample of research that divided into two groups. The first group (30 people) were
given lecture and lecture material, the second group (30 people) were given a
lecture course material. Lecture on compliance given by a pharmacist. The results
show that patient compliance after being given lecture and lecture material
increased in both groups. Wilcoxon Signed Rank test results show that the lecture
and lecture material increased patient compliance in taking medication. Kai
squared test results show that sociodemographic factors and drug use had no
significant effect on adherence. . Mann Whitney U test results show that giving a
lecture (1.23 ± 0.92) is better than giving a lecture materials (1.07 ± 1.04) to
increased patients compliance. The conclusion is lecture can improve patients
compliance better than lecture material.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2012
S42064
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"[Berbagai permasalahan kesehatan reproduksi yang dialami remaja disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan kesadaran akan reproduksi sehat. Penyuluhan kesehatan perlu diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap mengenai kesehatan reproduksi remaja dan dapat dilakukan dengan beberapa metode, diantaranya metode ceramah dan diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan metode ceramah dan diskusi kelompok terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap kesehatan reproduksi remaja pada siswa SMP Negeri 281 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan Non Equivalent Control Group. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa pada masing-masing kelompok eksperimen (metode ceramah dan diskusi kelompok) dan 31 siswa pada kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan peningkatan pengetahuan responden yang bermakna antara metode ceramah dan metode diskusi kelompok. Terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan responden yang bermakna ketika metode ceramah ataupun metode diskusi kelompok dibandingkan dengan kelompok kontrol. Terdapat perbedaan peningkatan sikap responden yang bermakna antara metode ceramah dan metode diskusi kelompok. Terdapat perbedaan peningkatan sikap responden yang bermakna ketika metode ceramah ataupun metode diskusi kelompok dibandingkan dengan kelompok kontrol. Penyuluhan kesehatan dengan metode ceramah dan metode diskusi kelompok tidak memberikan perbedaan pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap siswa mengenai kesehatan reproduksi remaja., Reproductive health problems adolescents face are mostly caused by lack of knowledge and awareness about healthy reproductive. Health intervention needs to be done to increase knowledge and attitudes on adolescent reproductive health and can be held by methods, such as lecture and group discussion. This study aimed to analyze the difference of using lecture and group discussion to increase student’s knowledge and attitudes on adolescent reproductive health in SMP Negeri 281 Jakarta. The type of research was the quasi experiment with Non Equivalent Control Group design. The subject consists of 27 students in each experiment group (lecture and group discussion) and 31 students in control group. The results showed that there is no significant difference on increasing the knowledge between lecture and group discussion methods. There is significant difference on increasing the knowledge, either using lecture or group discussion methods compared to control group. There is significant difference on increasing the attitudes between lecture and group discussion methods. There is significant difference on increasing the attitudes, either using lecture or group discussion methods compared to control group. Health intervention using lecture and group discussion methods dont give any difference on increasing student’s knowledge and attitudes on adolescent reproductive health.]"
Universitas Indonesia, 2014
S57295
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tjut Rifameutia Umar Ali
"Perguruan tinggi merupakan salah satu institusi yang ?mempersiapkan? sumber daya manusia melalui kegiatan pembelajaran yang dilaksanakannya. Interaksi pengajar dengan mahasiswa, khususnya dalam pembelajaran, perlu mendapat perhatian agar tercapai kualitas pada hasil belajar rnahasiswa. Dalam penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas, pemberian umpan balik oleh mahasiswa tanpa tindak lanjut nyata merupakan inefisiensi dalam pelaksanaan pendidikan, dan tidak efektif dalam usaha pencapaian akuntabilitas pelaksanaan pendidikan serta lulusan yang berkualitas. Bila institusi memiliki komitmen pembelajaran yang berorientasi kcpada pembelajar, maka seyogyanya evaluasi pengajaran berfokus pada usaha yang dilakukan pengajar untuk membangun atmosfir pembelajaran yang berorientasi kepada peserta didik, dalam hal ini mahasiswa. Bagaimana pengajaran dan pengajar yang berhasil menurut pendapat mahasiswa seharusnya ditelaah. Bila tidak, umpan balik dari mahasiswa yang diperoleh pengajar akan tidak akurat dan sia-sia sebagai pendukung pemelajaran aktif.
Menurut Biggs (199l) belajar melibatkan tiga variabel yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu variabel masukan (presagc), variabel proses (process), dan variabel hasil (product). Setelah mengikuti pembelajaran dalam instilusi perguruan tinggi, mahasiswa memiliki pengalaman belajar dan pendapat tertentu mengenai pengajar yang efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan model teoritik pendapat mahasiswa mengenai keterampilan utama pengajar yang efektif. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) membuktikan bahwa konsep belajar dan orientasi belajar mahasiswa memiliki pengaruh Iangsung yang bermakna terhadap pendapat mahasiswa mengenai keterampilan utama pengajar yang efektif (2) membuktikan bahwa motif mahasiswa memiliki pengaruh tidak langsung yang bermakna, yaitu melalui orientasi belajar, terhadap pendapat mahasiswa mengenai keterampilan ulama pengajar yang efektif; (3) membuktikan bahwa focus of control mahasiswa memiliki pengaruh tidak langsung yang bermakna, yaitu melalui orientasi belajar, terhadap pendapat mahasiswa mengenai keterampilan utama pengajar yang efektif; (4) membuktikan bahwa konsep belajar mahasiswa memiliki pengaruh tidak langsung yang bermakna, yaitu melalui orientasi belajar, terhadap pendapat mahasiswa mengenai keterampilan utama pengajar yang efektif; (5) membuktikan bahwa lamanya mahasiswa belajar di perguruan tinggi memiliki pengaruh tidak langsung yang bernakna, yaitu melalui konsep belajar dan orientasi belajar, terhadap pendapat mahasiswa mengenai keterampilan utama pengaiar yang efektif.
Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori motif mahasiswa ke perguruan tinggi dari Gibbs, Morgan dan Taylor (Morgan, 1993), teori locus of control dari Rotter (Robinson Shaver, 1973), teori orientasi belajar dari Ramsden (1992), teori konsep belajar clari Marten, dall? Alba, dan Beary (Chalmers & Fuller, 1996), dan teori keterampilan pengajar yang efektif dari Centra (1993).
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan teknik pengambilan sampel convenience sampling (Schwab, 1999). Responden penelitian ini berjumlah 360 yang mewakili 12 fakultas di Universitas Lndoncsiag terdiri dari laki-laki (49.2%) dan perempuan (50.8%) Alat ukur yang digunakan adalah Internal. Poweful others, and Chance Scales (or untuk internal scale=0.73, or untuk external scale=0.76), Skala Orientasi Belajar (cr meaning 0rientation= 0.79, 0. reproduction orientation=0.74, or. achievement orientation?-?0.72). Alat ukur konsep belajar dan lama belajar adalah pilihan jawaban. Pendapat mengenai keterampilan utama pengajar yang efektif diperoleh dari peringkat pertama yang diberikan responden terhadap keterampilan pengajar efektif yang dikemukakannya.
Analisis jalur (path analysis) dengan bantuan perangkat lunak Linear Structural Relations (LISREL) terhadap model utama menunjukkan bahwa model teoritik utama yang diajukan dapat diterima, artinya variabel karakteristik mahasiswa (motif locus of control, dan konsep belajar), Serta variabel orientasi belajar dan variabel lama belajar dapat digunakan untuk memprediksi dan menerangkan variabel pendapat mahasiswa mengenai keterampilan utama pengajar yang efektif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep belajar mahasiswa paling besar pengaruhnya terhadap pendapat mereka mengenai keterampilan utama pengajar yang efektif. Makin konstruktif konsep belajar mahasiswa, maka pendapat mereka mengenai keterampilan utama pengajar yang efektif adalah keterampilan motivasional.
Dari analisis tambahan untuk masing-masing semester, hanya data dari mahasiswa semester empat dan enam yang dapat digunakan untuk memprediksi model yang dikemukakan pada penelitian ini. Mahasiswa semester dua sangat beragam dalam motif dan pengalaman belajar. Pengaruh pembelajaran di pendidikan menengah masing-masing diperkirakan masih sangat besar, sehingga data yang diperoleh pada semester dua menjadi sangat beragam. Mereka cenderung tidak tahu secara pasti tujuan mereka melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Mahasiswa semester delapan pada penelitian ini motifnya kembali kuat pada motif vokasional. Diperkirakan ada kecenderungan pada mereka untuk mencari Jalan menyelesaikan pendidikannya, sehingga usaha belajar mereka menjadi sangat bcrvariasi, tergantung yang menurut mereka akan mempermudah cara mereka untuk selesai dan bekerja.
Untuk penelitian lebih lanjut, disarankan membuat alat ukur yang diujicobakan untuk mahasiswa dari berbagai program studi. memasukkan faktor konteks pengajaran agar dapat diteliti secara lebih komprehensif pengaruh variabel presage dan process terhadap pendapat mahasiswa mengenai keterampilan utama pengajar yang elektif dan melakukan penelitian tidak saat mahasiswa menghadapi ujian tengah semester, agar dapat diperoleh data yang lebih akurat.

This research was aimed to prove a theoretical model of students opinion about the primary skills of ejective teachers. Specyically, the objectives of this research are ( I ) to prove that student 's learning conception and learning orientation will have direct and significant eject to the student 's opinion about the primary skills of ejfective teachers, (2) to prove that student?s motivation has indirect yet signyicant effect, through the learning orientation, to the students opinion about the primary skills of ejjective teachers, (3) to prove that student 's locus of control has indirect yet signwcant effect. through the learning orientation, to student 's opinion about the primary skills of effective teachers, (4) to prove that students learning conception has indirect yet significant eject, through the learning orientation, to student 's opinion about the primary skills of effective teachers, (5) to prove that the duration of study at the university will have indirect yet significant effect, through learning conception and learning orientation, to students opinion about the primary skills of effective teachers.
Path Analysis, with the help of software called Linear Structural Relations (LISREL), to the model .showed that the primary theoretical model can be accepted. It means that the student 's characteristic (motivation, locus of control, and learning conception), learning orientation and duration ofstudy are variables that can be used to predict and explain the student 's opinion about the primary skills of effective teachers.
The result of this research showed that student?s learning conception has the strongest eject on their opinion about the primary skills of ejective teachers. Students with constructive learning conception consider motivational skills as the primary skills of effective teachers.
In the additional analysis of data from students in dyferent semesters, only the data from the students who are in their 4 and 6 .semester that can be used to predict the model proposed in this research. ln the analysis of data from students of different branch of science, only the data from the students ofthe humanities science that can be used to predict the model proposed in this research.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
D681
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ariq Rahadianto
"Dunia sedang menghadapi wabah COVID-19 yang membuat seluruh proses pembelajaran dan perkuliahan dilakukan secara daring. Namun saat ini kasus COVID-19, khususnya di Indonesia sudah menunjukkan penurunan sehingga pembelajaran sudah mulai dilakukan secara luring. Adanya perubahan metode perkuliahan dari daring ke perkuliahan luring akibat kasus COVID-19 yang sudah mulai menurun ini membuat mahasiswa harus menyesuaikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai proses penyesuaian diri mahasiswa tingkat 2 yang tinggal di daerah 3T dalam menghadapi perubahan metode perkuliahan dari daring ke luring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian merupakan gambaran penyesuaian diri mahasiswa tingkat 2 dari daerah 3T yang berisi pengalaman, perasaan, cara menyesuaikan diri terhadap perubahan metode perkuliahan dari daring ke luring.

The world is facing COVID-19 which has made the entire learning and lecture process carried out online. However, currently the cases of COVID-19, especially in Indonesia, have shown a decrease, so learning has begun to be carried out offline. There has been a change in lecture methods from online to offline lectures due to the COVID-19 case which has started to decrease, forcing students to adapt. This study aims to describe in depth the adjustment process of level 2 students living in the 3T area in dealing with changes in lecture methods from online to offline. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach. The results of the study are a description of the adjustment of level 2 students from the 3T area which contains experiences, feelings, how to adjust to changes in lecture methods from online to offline."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Verra Syahmer
"ABSTRAK
Rendahnya kualitas perkuliahan dapat mengakibatkan ketidakpuasan mahasiswa. Oleh karena itu diperlukan pengidentifikasian atribut kualitas perkuliahan yang kemudian dikelompokkan menjadi beberapa faktor menggunakan analisis faktor serta pemodelan hubungan kualitas perkuliahan dengan kepuasan mahasiswa menggunakan analisis regresi berganda. Analisis penelitian ini dilakukan menggunakan data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada mahasiswa S1 Universitas Indonesia sebagai sampel penelitian. Setelah melakukan analisis, teridentifikasi 6 faktor kualitas perkuliahan yang dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa, namun hanya dua diantaranya yang berpengaruh secara signifikan, yaitu faktor kemampuan dosen menyampaikan materi dan kondisi bangunan dan ruang kelas. Jika memperhatikan tingkat kepuasan mahasiswa, faktor yang menjadi prioritas adalah kemampuan dosen menyampaikan materi.

ABSTRACT
Low quality of lecture can cause students dissatisfaction. Therefore, it is necessary to identified the attribute of quality of lecture, then grouped into several factors using factor analysis and modelling relations between quality of lecture and student satisfaction using multiple regression analysis. Analysis of this study use primary data obtained from the questionnaire to undergraduate students of University of Indonesia as the sample. After doing an analysis, 6 factors are identified as a matter of student satisfaction on quality of lecture, but only two factors significantly influence, there are lecturer ability given the lecture and the condition of buildings and classrooms. If we see the level of student satisfaction, the priority factor is the lecturer ability given the lecture."
2016
T46267
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat pada abad ini membawa dampak yang sangat signifikan terhadap dunia pendidikan, di mana proses peralihan dari abad industrialisasi ke abad pengetahuan menuntut setiap bidang dalam kehidupan berubah sangat cepat dan harus dapat beradaptasi dengan cepat. Begitu pula dengan pendidikan, karakteristik umum model pembelajaran abad pengetahuan berbeda dengan karakteristik pembelajaran abad industrialisasi. Model praktik pendidikan yang dianggap menguntungkan pada abad industrial, seperti belajar fakta, drill dan praktik, kaidah dan prosedur digantikan dengan belajar dalam konteks dunia nyata, otentik melalui problem dan proyek, inkuiri, discovery, dan invensi dalam praktik abad pengetahuan. Akan tetapi pola belajar yang diterapkan pada masa industrialisasi sudah dianggap tidak cocok lagi di abad pengetahuan, di mana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu pesat, dan teknologi tersebut merupakan katalis penting untuk gerakan menuju metode belajar di abad pengetahuan. Makalah ini akan membahas perancangan model pembelajaran abad 21 dengan cara mengintegrasikan model pembelajaran Project Based Learning, Project Oriented Learning, dan Cooperative Learning dengan teknologi informasi Web 2.0."
TEKNODIK 19:1 (2015) (1)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Muslicha
"[ABSTRAK
Penurunan kualitas lingkungan terjadi karena kelalaian, ketidaktahuan dan tiadanya etika serta moral terhadap lingkungan. PLH penting diajarkan pada murid SD. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis metode yang digunakan di Sekolah Jepang dan Sekolah Adiwiyata dalam mengajarkan PLH; dan (2) menganalisis metode yang efektif dalam mengajarkan PLH. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian dilakukan di
Sekolah Jepang Jakarta dan Bandung; dan sekolah penerima Adiwiyata di DKI Jakarta yaitu SDN Klender 22, SDN Benhil 12, SDN Menteng 02, dan SDN Sungai Bambu 05 serta SDN Sungailiat 05. Responden berjumlah 72 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan oleh guru Sekolah Jepang dan Sekolah Adiwiyata dalam mengajarkan PLH adalah metode ceramah, metode pengalaman langsung dan metode diskusi. Pemilihan metode mempertimbangkan tujuan pembelajaran, situasi dan kesiapan pengajar sendiri. Metode yang efektif digunakan untuk mengajarkan PLH di sekolah dasar Adiwiyata dan sekolah Jepang adalah metode pengalaman langsung, metode diskusi dan metode ceramah.

ABSTRACT
The degradation of environmental quality caused by human negligence, ignorance, lack of ethics/moral towards the environment. Environmental education is a
significant subject to be taught to elementary students.The aims of this study are
(1) to analyze the teaching method on environmental education in Japanese
Schools and Adiwiyata-achiever Primary Schools; and (2) to analyze the effective
teaching method on environmental education. The method of this research is
quantitative method with descriptive analysis. The study has conducted in
Japanese Schools located in Jakarta (JJS) and Bandung (BJS); and Adiwiyata
achiever schools, which are SDN Klender 22, SDN Benhil 12, SDN Menteng 02,
and SDN Sungai Bambu 05 also SDN Sungailiat 03. There are 72 respondents.
The result shows that the teaching method used by the Japanese Schools and
Adiwiyata-achiever schools are lecture, discussion, and experiential methods. The
selection of teaching method is based on the criteria of the objectives of the study,
situation, and teacher itself. The teaching method on environmental education
used in Japanese Schools and Adiwiyata-achiever schools are experiential,
discussion and lecture methods considered most effective.;The degradation of environmental quality caused by human negligence, ignorance,
lack of ethics/moral towards the environment. Environmental education is a
significant subject to be taught to elementary students.The aims of this study are
(1) to analyze the teaching method on environmental education in Japanese
Schools and Adiwiyata-achiever Primary Schools; and (2) to analyze the effective
teaching method on environmental education. The method of this research is
quantitative method with descriptive analysis. The study has conducted in
Japanese Schools located in Jakarta (JJS) and Bandung (BJS); and Adiwiyata
achiever schools, which are SDN Klender 22, SDN Benhil 12, SDN Menteng 02,
and SDN Sungai Bambu 05 also SDN Sungailiat 03. There are 72 respondents.
The result shows that the teaching method used by the Japanese Schools and
Adiwiyata-achiever schools are lecture, discussion, and experiential methods. The
selection of teaching method is based on the criteria of the objectives of the study,
situation, and teacher itself. The teaching method on environmental education
used in Japanese Schools and Adiwiyata-achiever schools are experiential,
discussion and lecture methods considered most effective.;The degradation of environmental quality caused by human negligence, ignorance,
lack of ethics/moral towards the environment. Environmental education is a
significant subject to be taught to elementary students.The aims of this study are
(1) to analyze the teaching method on environmental education in Japanese
Schools and Adiwiyata-achiever Primary Schools; and (2) to analyze the effective
teaching method on environmental education. The method of this research is
quantitative method with descriptive analysis. The study has conducted in
Japanese Schools located in Jakarta (JJS) and Bandung (BJS); and Adiwiyata
achiever schools, which are SDN Klender 22, SDN Benhil 12, SDN Menteng 02,
and SDN Sungai Bambu 05 also SDN Sungailiat 03. There are 72 respondents.
The result shows that the teaching method used by the Japanese Schools and
Adiwiyata-achiever schools are lecture, discussion, and experiential methods. The
selection of teaching method is based on the criteria of the objectives of the study,
situation, and teacher itself. The teaching method on environmental education
used in Japanese Schools and Adiwiyata-achiever schools are experiential,
discussion and lecture methods considered most effective.;The degradation of environmental quality caused by human negligence, ignorance,
lack of ethics/moral towards the environment. Environmental education is a
significant subject to be taught to elementary students.The aims of this study are
(1) to analyze the teaching method on environmental education in Japanese
Schools and Adiwiyata-achiever Primary Schools; and (2) to analyze the effective
teaching method on environmental education. The method of this research is
quantitative method with descriptive analysis. The study has conducted in
Japanese Schools located in Jakarta (JJS) and Bandung (BJS); and Adiwiyata
achiever schools, which are SDN Klender 22, SDN Benhil 12, SDN Menteng 02,
and SDN Sungai Bambu 05 also SDN Sungailiat 03. There are 72 respondents.
The result shows that the teaching method used by the Japanese Schools and
Adiwiyata-achiever schools are lecture, discussion, and experiential methods. The
selection of teaching method is based on the criteria of the objectives of the study,
situation, and teacher itself. The teaching method on environmental education
used in Japanese Schools and Adiwiyata-achiever schools are experiential,
discussion and lecture methods considered most effective.;The degradation of environmental quality caused by human negligence, ignorance,
lack of ethics/moral towards the environment. Environmental education is a
significant subject to be taught to elementary students.The aims of this study are
(1) to analyze the teaching method on environmental education in Japanese
Schools and Adiwiyata-achiever Primary Schools; and (2) to analyze the effective
teaching method on environmental education. The method of this research is
quantitative method with descriptive analysis. The study has conducted in
Japanese Schools located in Jakarta (JJS) and Bandung (BJS); and Adiwiyata
achiever schools, which are SDN Klender 22, SDN Benhil 12, SDN Menteng 02,
and SDN Sungai Bambu 05 also SDN Sungailiat 03. There are 72 respondents.
The result shows that the teaching method used by the Japanese Schools and
Adiwiyata-achiever schools are lecture, discussion, and experiential methods. The
selection of teaching method is based on the criteria of the objectives of the study,
situation, and teacher itself. The teaching method on environmental education
used in Japanese Schools and Adiwiyata-achiever schools are experiential,
discussion and lecture methods considered most effective.;The degradation of environmental quality caused by human negligence, ignorance,
lack of ethics/moral towards the environment. Environmental education is a
significant subject to be taught to elementary students.The aims of this study are
(1) to analyze the teaching method on environmental education in Japanese
Schools and Adiwiyata-achiever Primary Schools; and (2) to analyze the effective
teaching method on environmental education. The method of this research is
quantitative method with descriptive analysis. The study has conducted in
Japanese Schools located in Jakarta (JJS) and Bandung (BJS); and Adiwiyata
achiever schools, which are SDN Klender 22, SDN Benhil 12, SDN Menteng 02,
and SDN Sungai Bambu 05 also SDN Sungailiat 03. There are 72 respondents.
The result shows that the teaching method used by the Japanese Schools and
Adiwiyata-achiever schools are lecture, discussion, and experiential methods. The
selection of teaching method is based on the criteria of the objectives of the study,
situation, and teacher itself. The teaching method on environmental education
used in Japanese Schools and Adiwiyata-achiever schools are experiential,
discussion and lecture methods considered most effective.;The degradation of environmental quality caused by human negligence, ignorance,
lack of ethics/moral towards the environment. Environmental education is a
significant subject to be taught to elementary students.The aims of this study are
(1) to analyze the teaching method on environmental education in Japanese
Schools and Adiwiyata-achiever Primary Schools; and (2) to analyze the effective
teaching method on environmental education. The method of this research is
quantitative method with descriptive analysis. The study has conducted in
Japanese Schools located in Jakarta (JJS) and Bandung (BJS); and Adiwiyata
achiever schools, which are SDN Klender 22, SDN Benhil 12, SDN Menteng 02,
and SDN Sungai Bambu 05 also SDN Sungailiat 03. There are 72 respondents.
The result shows that the teaching method used by the Japanese Schools and
Adiwiyata-achiever schools are lecture, discussion, and experiential methods. The
selection of teaching method is based on the criteria of the objectives of the study,
situation, and teacher itself. The teaching method on environmental education
used in Japanese Schools and Adiwiyata-achiever schools are experiential,
discussion and lecture methods considered most effective., The degradation of environmental quality caused by human negligence, ignorance,
lack of ethics/moral towards the environment. Environmental education is a
significant subject to be taught to elementary students.The aims of this study are
(1) to analyze the teaching method on environmental education in Japanese
Schools and Adiwiyata-achiever Primary Schools; and (2) to analyze the effective
teaching method on environmental education. The method of this research is
quantitative method with descriptive analysis. The study has conducted in
Japanese Schools located in Jakarta (JJS) and Bandung (BJS); and Adiwiyata
achiever schools, which are SDN Klender 22, SDN Benhil 12, SDN Menteng 02,
and SDN Sungai Bambu 05 also SDN Sungailiat 03. There are 72 respondents.
The result shows that the teaching method used by the Japanese Schools and
Adiwiyata-achiever schools are lecture, discussion, and experiential methods. The
selection of teaching method is based on the criteria of the objectives of the study,
situation, and teacher itself. The teaching method on environmental education
used in Japanese Schools and Adiwiyata-achiever schools are experiential,
discussion and lecture methods considered most effective.]"
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Penelitian ini dimotivasi oleh pentingnya permainan bagi kehidupan anak usia dini untuk membantu menciptakan iklim yang kondusif yang memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk: mengembangkan penerimaan diri dan orang lain, memberikan ide-ide, perasaan, dukungan untuk solusi masalah, membuat keputusan yang tepat, praktek baru perilaku dan bertanggung jawab atas pilihan yang ditentukan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model bimbingan untuk mengembangkan karakter anak usia dini melalui permainan. Studi penelitian ini menggunakan dan pengembangan pendekatan dengan cumpuran desain metode penelitian. Penelitian ini jelaskan dalam tahapan sebagai berikut: (1) mempelajari konsep teoritis dan kebutuhan pembangunan, (2) mengembangkan model panduan hipotesis untuk mengembangkan karakter anak usia dini, (3) menguji model hipotesis, (4) merevisi hipotesis menjadi model bimbingan yang efektif dalam mengembangkan karakter anak usia dini melalui permainan, (5) mengembangkan panduan guru untuk menerapkan model diuji dan (6) mengembangkan program pelatihan bagi para pengguna model. Studi ini muncul dengan temuan utama bahwa model yang dibangun terbukti efektif untuk mengembangkan karakter anak usia dini. Tiga buklet yang disediakan untuk para pengguna model yang diuji: (1) deskripsi mode diuji, (2) pedoman untuk menggunakan model diuji dan (3) program pelatihan bagi pengguna model yang diuji."
JURPEND 14:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>