Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 132771 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sitepu, Stefan Adrian
"Fenomena Korean Wave kini sudah mendunia dan Indonesia merupakan salah satu negara utama yang sangat terdampak oleh fenomena ini. Sehingga penggunaan selebritis Korea kini digunakan oleh perushaan di Indonesia sebagai endorser dengan tujuan agar dapat mempercepat consumer purchase. Namun, terdapat sebuah gap antara fenomena tersebut dengan teori pemilihan celebrity endorser. Untuk memperoleh celebrity endorser yang tepat, biasanya celebrity tersebut harus memiliki pengaruh yang positif dan image dari celebrity tersebut harus cocok atau sesuai dengan produk. Penelitian terdahulu menunjukan adanya hubungan yang tidak cocok antara celebrity dan brand, namun celebrity endorser yang digunakan diakui dan disetujui oleh konsumen maka celebrity tersebut akan dianggap congruent dengan brand apa pun. Kasus dengan celebrity endorser Korea dengan brand situs belanja online, belum diketahui hubungannya, karena berdasarkan penelitian terdahulu, Indonesia masih berada dalam kategori yang belum sepenuhnya memandang Korean Wave sebagai suatu fenomena yang sudah diadposi. Sehingga, penelitian ini akan berfokus kepada hubungan celebrity – brand congruence antara celebrity endorser Korea dengan brand e-commerce terhadap consumers’ purchase intention. Sebanyak 332 responden dengan umur antara 18 – 41 dan sudah pernah melihat iklan situs belanja online yang menggunakan celebrity endoser Korea, mengisi kuesioner secara online. Metode structural (SEM) digunakan untuk menguji dan mengevaluasi hipotesis. Model ini menemukan bahwa Attitudes Towards Brand tidak memiliki pengaruh terhadap consumers’ purchase intention dan celebrity - brand congruence tidak memiliki pengaruh langsung terhadap consumers’ purchase intention. Penelitian ini, secara praktis dapat diterapkan kepada Situs Belanja Online untuk mengatur strategi pemasaran kedepannya untuk meningkatkan consumers’ purchase intention dengan menggunakan celebrity endorser Korea

The Korean Wave phenomenon has now become global, and Indonesia is one of the countries that is greatly affected by this phenomenon. The use of Korean celebrities as endorsers is increasing among local companies especially on online marketplaces to generate purchase intention. Celebrity – Brand Congruence is one of the factors when choosing the right celebrity as an endorser, the image of the Celebrity and the Brand should match. Previous studies show an incongruent relationship between Celebrity and the Brand but still managed to maintain the congruency image as the celebrity is accepted and acknowledged by consumers. The congruency between Korean Celebrity and Online Marketplace has not been tested, as previous studies show that Indonesia has not fully viewed Korean Wave as an adopted phenomenon. An online survey was used and was filled out by 332 respondents aging between 18 – 41 and who have already seen an online marketplace advertisement that uses Korean celebrities as their endorsers. Structural Equation Model was used to test the hypothesis. The results show that Celebrity – Brand Congruence has no direct effect on Purchase Intention for online marketplaces and Brand Credibility has the most significant effect on Purchase Intention. This study offers managerial implications to online marketplaces in using celebrity endorsers more effectively, as marketing communication tools to increase revenue."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shoffan Ardhika Wijoyo
"Untuk mencapai kesuksesan dalam diferensiasi produk, perusahaan menghabiskan jutaan dolar setiap tahunnya untuk menandatangani selebriti guna mendukung kontrak dukungan terhadap merek, sebagai sumber efek yang memainkan peran penting dalam komunikasi persuasif. Berdasarkan teori kredibilitas sumber dan teori diferensiasi produk, penelitian ini menguji hubungan kausal antara kredibilitas endorser, sikap merek, kredibilitas merek dan niat pembelian perusahaan yang menerapkan strategi dukungan selebriti.
Data penelitian diolah menggunakan PLS-SEM. Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara semua konstruksi yang dihipotesiskan. Oleh karena itu, selain memiliki selebriti yang baik untuk mendukung iklan yang berorientasi pada pelanggan, kredibilitas selebriti sama pentingnya dalam meningkatkan sikap merek, kredibilitas merek dan niat membeli.

To achieve product differentiation, companies spend millions of dollars annually in signing celebrities to endorse their brands rsquo endorsement contracts, as source effects that play an important role in persuasive communications. Based on source credibility theory and product differentiation theory, this study examines the causal relationship between endorser credibility, brand attitude, brand credibility and purchase intention of companies that adopt a celebrity endorsement strategy.
The research data is run by PLS SEM. The results indicate that positive relationships exist between all the hypothesized constructs. Therefore, in addition to having a favorable celebrity to endorse a customer oriented advertisement, the credibility of the celebrity is as important in enhancing brand attitude, brand credibility and purchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S70046
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Audina Chairun Nisa
"Hallyu atau Korean Wave, termasuk fenomena K-Pop dan K-Drama, telah menjadi bagian dari budaya populer di Indonesia. Tren ini mendorong banyak perusahaan memanfaatkan selebriti Korea sebagai endorser untuk memperkuat citra merek. Kredibilitas endorser dinilai dari daya tarik (attractiveness), kepercayaan (trustworthiness), dan keahlian (expertise), yang mempengaruhi niat pembelian (purchase intention). Faktor FOMO (fear of missing out) juga dianggap memperkuat niat pembelian konsumen. Penelitian ini mengkaji hubungan celebrity endorsement credibility terhadap purchase intention dengan moderasi FOMO. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis SEM PLS, studi ini melibatkan 219 responden di Indonesia, dengan kerangka Elaboration Likelihood Model (ELM) serta Multi Group Analysis (MGA) pada tiga kelompok data: keseluruhan, FOMO tingkat rendah dan FOMO tingkat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan Trustworthiness, Attractiveness pada celebrity endorser serta FOMO memoderasi hubungan attractiveness terbukti signifikan mempengaruhi purchase intention. Temuan ini memberikan wawasan bagi perusahaan dalam strategi pemasaran dengan celebrity endorsement, khususnya menggunakan selebriti Korea yang sedang tren.

Hallyu, or the Korean Wave, including the phenomena of K-Pop and K-Drama, has become a significant part of popular culture in Indonesia. This trend has driven many companies to leverage Korean celebrities as endorsers to enhance their brand image. Endorser credibility is assessed based on attractiveness, trustworthiness, and expertise, which influence purchase intention. The FOMO (fear of missing out) factor is also considered to strengthen consumers' purchase intention. This study explores the relationship between celebrity endorser credibility and purchase intention with FOMO as a moderating factor. Using a quantitative approach and SEM-PLS analysis, the study involved 219 respondents in Indonesia, employing the Elaboration Likelihood Model (ELM) framework and Multi-Group Analysis (MGA) across three data groups: overall, low FOMO, and high FOMO. The results reveal that trustworthiness, attractiveness of the celebrity endorser, and FOMO moderating the relationship between attractiveness significantly affect purchase intention. These findings provide insights for companies in designing marketing strategies with celebrity endorsements, particularly using trending Korean celebrities."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ellysa Utin Apandi
"Penelitian ini membahas sejauh mana keterlibatan seseorang dengan selebriti mempengaruhi persepsi pariwisata mereka terkait suatu destinasi. Sebuah survai melalui penyebaran kuesioner online dilakukan untuk mengetahui persepsi penonton K-drama di Indonesia terhadap Korea terkait keterlibatan mereka dengan selebriti Korea dalam K-drama. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan penonton dengan selebriti secara positif mempengaruhi familiaritas. Pengaruh keterlibatan selebriti secara positif terhadap citra destinasi dan niat kunjungan melalui pengaruh langsung tidak dapat dibuktikan dalam penelitian ini. Pengaruh keterlibatan selebriti terhadap niat kunjungan dihasilkan dari pengaruh tidak langsung melalui familiaritas dan citra kognitif.

This study discusses the extent of people?s involvement with a celebrity affects their perception of tourism destinations. An online survey was conducted by distributing questionnaires to determine the perception of K-drama viewers in Indonesia related to their involvement with Korean Celebrities in K-drama. Data analysis technique used in this study is Structural Equation Modeling (SEM).
The results showed that celebrity involvement positively affected familiarity. The positive effects of celebrity involvement towards destination image and visitation intention not directly proven in this study. The influence of celebrity involvement towards visitation intention is generated from indirect effect through familiarity and cognitive image.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45522
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ficita Verdiana
"ABSTRAK
Beberapa tahun terakhir budaya popular Korea (hallyu) berkembang dengan sangat pesat di Indonesia. Segala aspek yang dibawa hallyu cukup bisa diterima di Indonesia, seperti musik, film, busana, makanan, hingga wisata. Hal ini terlihat dari jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan. Hal ini tidak luput dari peran media massa yang mempromosikan citra kebudayaan Korea Selatan dalam bentuk tulisan atau artikelnya. Dengan adanya promosi mediamassa, wisatawan dapat dengan mudahmemperkirakanlokasi tujuan wisata yang akan dikunjungi. Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk menganalisis citra kebudayaan Korea mempengaruhi kunjungan turis Indonesia ke Korea dalam media massa Indonesia dan untuk mengetahui peran institusi wisata Korea dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Korea. Metode yang digunakan adalah metode penelitan kualitatif, dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber buku, jurnal, dan internet. Hasil temuan dari penelitian ini adalah secara tidak langsung media massa memiliki peran sebagai agen promosi wisata dalam peningkatan jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan dan usahapromosi institusi wisata Korea Selatan dalam mendukung peningkatan jumlah wisatawan ke Korea.

ABSTRACT
In the past few years, the developing of hallyu in Indonesia are raising rapidly. The aspects that hallyu brought are quite acceptable in Indonesia, such as music, film, fashion, food, and tourism. We can see it from the graphic about tourists from Indonesia that visited South Korea are increased a lot. This could be a role of media that showed South Korea cultural imagery in the form of writings. With the presence of media, tourists can easily imagine the tourist location that is described in the articles. The purpose of writing this journal is to see how the cultural image of Korea affects Indonesian tourist to visit Korea that shown in Indonesian media and to find out the role of the Korean tourist institutions to help the increasing visits of tourists to Korea. Method used in the writing of this paper is the qualitative with collecting the data from books, journals, and internet. The findings of this study indicate that the media has a role as an agent for the promotion of tourism to increase the visits of tourist from Indonesia to South Korea and there is some work done by Korean tourism institution to supports it."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Annisa
"ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan terkenalnya etos kerja keras yang dimiliki oleh orang Korea dalam bekerja di sebuah perusahaan. Korea merupakan negara ke-3 di dunia dengan tingkat kerja keras tertinggi. Etos kerja keras yang diterapkan oleh Lotte tentunya juga mempengaruhi karyawan Indonesia yang bekerja di sana. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk budaya kerja keras yang terdapat di Lotte dan pengaruhnya terhadap karyawan indonesia. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskritif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah pada budaya kerja keras dan pengaruh budaya kerja keras itu sendiri. Instrumen pengumpulan data adalah wawancara dan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa etos kerja keras Korea itu sendiri membawa pengaruh terhadap karyawan Indonesia yang bekerja di Lotte Mart. Pengaruh tersebut terbagi menjadi dua, yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif.

ABSTRACT
The background of this research is the acknowledgement of Korean hardworking ethic while work in a company. Korea is in the 3rd place of the highest level of hard work in the world. Hardwork ethic that applied by Lotte Indonesia would also affect Indonesian employees who work there. In general, this study aims to describe the cultural forms contained in the hard work and its influence towards Indonesian employees in Lotte company. This study uses a qualitative descriptive method. The research will be focused on the culture of hard work and the cultural influence of the hard work itself. Data collection instruments are interviews and literature. The data analysis in this study will be conducted qualitatively. The results of this study explains that the hardwork ethic in Korea itself had an impact towards Indonesian employee who works at Lotte Mart. The effect is divided by two, positive and negative influences."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Putri Shafira
"Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengetahuan tentang bagaimana suatu negara menciptakan identitasnya dengan menggunakan “nation branding”. Studi ini berfokus menganalisa bagaimana Korea Selatan menggunakan “Korean Wave”, fenomena budayanya, dan media global, untuk mengubah identitas nasionalnya. Menggunakan teori kultivasi analisis, penelitian dilakukan dengan menggunakan tinjauan literatur pada database jurnal, katalog perpustakaan dan database surat kabar online, dengan mempelajari bagaimana Korea Selatan digambarkan dalam artikel media dan jurnal penelitian. Hasil mengungkapkan bahwa Korea Selatan telah berhasil mengubah identitasnya. Dahulu nya Korea Selatan dikenal karena perang Korea dan krisis keuangan yang parah, namun karena fenomena global telah berdampak pada industri pariwisata, ekonomi dan hiburan, Korea Selatan sekarang telah dikenal akan hiburan dan pariwisatanya.

The study aims to seek knowledge of how a nation creates its identity using the application of nation branding. The study focuses on analysing how South Korea use Korean Wave, its cultural phenomenon, and the global media, to alter its national identity. Using the cultivation analysis theory, the study was carried out using literature reviews on journal databases, library catalogue and online newspaper databases. It examines how South Korea was visualised in media articles and research journals. Results revealed that South Korea has succeeded in changing its identity. In the past, South Korea was known for the Korean War and the severe financial crisis, but because the global phenomenon has had an impact on the tourism, economic and entertainment industries, South Korea is now known for its entertainment and tourism.

The study aims to seek knowledge of how a nation creates its identity using the application of nation branding. The study focuses on analysing how South Korea use Korean Wave, its cultural phenomenon, and the global media, to alter its national identity. Using the cultivation analysis theory, the study was carried out using literature reviews on journal databases, library catalogue and online newspaper databases. It examines how South Korea was visualised in media articles and research journals. Results revealed that South Korea has succeeded in changing its identity. In the past, South Korea was known for the Korean War and the severe financial crisis, but because the global phenomenon has had an impact on the tourism, economic and entertainment industries, South Korea is now known for its entertainment and tourism.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Shinta Tri Astika
"[Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kredibilitas endorser selebriti terhadap minat beli konsumen studi pada iklan shampo L rsquo Oreal versi Dian Sastro Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Sampel dalam penelitian ini adalah 100 wanita karir berusia 21 ndash 55 tahun yang bekerja di Jakarta dengan menggunakan metode non probability sampling serta teknik purposive Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan linear regression Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kredibilitas endorser selebriti memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat beli konsumen Kredibilitas endorser selebriti mempengaruhi minat beli konsumen sebesar 35 3 dan sisanya sebesar 64 7 dipengaruhi oleh faktor lain ;The aim of this study is to analyze the effects of celebrity endorser credibility on consumer rsquo s purchase intention study on L rsquo Oreal shampoo advertisement Dian Sastro rsquo s version This study uses a quantitative approach The sample in this study were 100 working women aged 21 55 years who worked in Jakarta using non probability sampling and purposive technique The instrument of this study using a questionnaire and analyzed by using linear regression The results of this study indicate that the credibility of the celebrity endorser has a significant positive effect toward consumer purchase intention Celebrity endorser credibility effect consumer purchase intention equal to 35 3 and the residue equal to 64 7 influenced by other factors , The aim of this study is to analyze the effects of celebrity endorser credibility on consumer rsquo s purchase intention study on L rsquo Oreal shampoo advertisement Dian Sastro rsquo s version This study uses a quantitative approach The sample in this study were 100 working women aged 21 55 years who worked in Jakarta using non probability sampling and purposive technique The instrument of this study using a questionnaire and analyzed by using linear regression The results of this study indicate that the credibility of the celebrity endorser has a significant positive effect toward consumer purchase intention Celebrity endorser credibility effect consumer purchase intention equal to 35 3 and the residue equal to 64 7 influenced by other factors ]"
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2015
S61350
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kevin Komala
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan celebrity endorser dalam iklan serta pensponsoran siaran langsung MotoGP di televisi oleh merek sepeda motor Yamaha di Indonesia terhadap citra merek keseluruhan serta keinginan konsumen untuk membeli produk dari merek tersebut. Setelah dilakukan uji regresi dan uji mediasi menggunakan metode analisis jalur pada hasil kuesioner terhadap 234 responden, ditemukan bahwa celebrity endorser dan pensponsoran yang dilakukan Yamaha Indonesia berpengaruh positif terhadap citra merek dan intensi membeli konsumen, dimana citra merek berperan penuh sebagai mediator terhadap intensi membeli konsumen. Akan tetapi, lamanya paparan konsumen terhadap acara yang disponsori tidak berpengaruh positif terhadap citra merek Yamaha Indonesia.

The purpose of the study is to identify the effect of using celebrity endorser in advertisement and sponsoring MotoGP live broadcast by Yamaha motorcycle brand in Indonesia to its overall brand image and consumers purchase intention. After conducting linear regression and path analysis to test the mediation effect, it is found that celebrity endorser and sponsorship that Yamaha Indonesia has been doing positively influence its brand image and consumers purchase intention, where brand image fully act as a mediator to consumers purchase intention. Nevertheless, the duration of consumer rsquo s exposure to the sponsored event does not positively influence Yamaha Indonesias brand image."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Korniawan, R.
Jakarta: The Journal Publishing, 2022
951.05 KOR g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>