Ditemukan 179765 dokumen yang sesuai dengan query
Andrea Kirana Anggreni
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Social Networking Site (SNS) Brand Community Experience dan SNS Brand Community Commitment terhadap Brand Attitude dan Repurchase Intention dalam konteks BTS Twitter brand community. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan anggota aktif dari komunitas brand BTS di Twitter yang berdomisili di Indonesia, berusia 18-29 tahun dan pernah membeli produk official merchandise BTS dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Kuesioner menggunakan platform Google Forms dan disebarkan secara online melalui Twitter. Terdapat sebanyak 419 responden yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini. Selanjutnya, data yang dikumpulkan diolah dengan metode Partial Least Square - Structural Equation Modeling (SEM) dan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua dimensi dari SNS Brand Community Experience yaitu Information Experience, Entertainment Experience, Homophily Experience dan Relationship-based Experience memiliki pengaruh positif terhadap SNS Brand Community Commitment dengan pengaruh paling besar dari variabel Entertainment Experience. SNS Brand Community Commitment juga ditemukan memiliki pengaruh positif terhadap Brand Attitude dan Repurchase Intention. SNS Brand Community Commitment juga memediasi secara positif hubungan antara SNS Brand Community Experience (IE, EE, HE, RE) dengan Brand Attitude dan Repurchase Intention. Selebihnya, Brand Attitude juga memiliki pengaruh positif terhadap Repurchase Intention dan juga memediasi antara variabel SNS Brand Community Commitment dan Repurchase Intention.
This study aims to determine the effect of Social Networking Site (SNS) Brand Community Experience and SNS Brand Community Commitment on Brand Attitude and Repurchase Intention in the context of BTS Twitter brand community. The samples used in this study are active members of the BTS brand community on Twitter who resided in Indonesia, aged 18-29 years and have purchased BTS official merchandise products within the last 3 months. The questionnaire utilized Google Forms platform and was spread online through Twitter. There was a total data from 419 respondents who were successfully collected in this study. The data collected was processed using Partial Least Square - Structural Equation Modeling (SEM) method with the SmartPLS software. The results of this study indicate that all dimensions of the SNS Brand Community Experience, namely Information Experience, Entertainment Experience, Homophily Experience and Relationship-based Experience, have a positive influence on SNS Brand Community Commitment with the greatest influence coming from the Entertainment Experience variable. SNS Brand Community Commitment was also found to have a positive influence on Brand Attitude and Repurchase Intention. Moreover, SNS Brand Community Commitment also positively mediates the relationship between SNS Brand Community Experience (IE, EE, HE, RE) with Brand Attitude and Repurchase Intention. Lastly, Brand Attitude also has a positive influence on Repurchase Intention and also mediates between SNS Brand Community Commitment and Repurchase Intention variables."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Syarianna Diah Rabyanti
"Penelitian ini mengkaji bagaimana pengalaman anggota komunitas penggemar superhero di media sosial memengaruhi keterikatan mereka pada komunitas tersebut, serta bagaimana keterikatan ini pada akhirnya membentuk pandangan mereka terhadap merek dan keinginan untuk membeli tiket film bioskop superhero. Penelitian ini melibatkan 276 responden dari tiga generasi (X, Y, dan Z) yang aktif dalam komunitas penggemar superhero di media sosial. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan analisis structural equation modelling (SEM), penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar aspek community experiences di media sosial, seperti pengalaman mendapatkan informasi, hiburan, kesamaan dengan anggota lain, dan pengalaman emosional, berpengaruh besar pada seberapa kuat seseorang merasa terikat dengan komunitas tersebut. Namun, pengalaman yang didasarkan pada hubungan tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Temuan ini memberikan pemahaman berharga bagi para pemasar dan pengelola komunitas penggemar superhero di media sosial. Dengan memahami bagaimana pengalaman komunitas memengaruhi keterikatan dan selanjutnya sikap terhadap merek serta niat beli, mereka dapat merancang strategi yang lebih efektif untuk memperkuat hubungan dengan anggota komunitas, meningkatkan citra merek, dan mendorong penjualan tiket film bioskop superhero.
This study examines how the experiences of superhero fan community members on social media influence their attachment to the community, and how this attachment ultimately shapes their brand perceptions and willingness to purchase superhero movie tickets. The study involved 276 respondents from three generations (X, Y, and Z) who are active in superhero fan communities on social media. Using quantitative methods and structural equation modeling (SEM) analysis, the study found that most aspects of community experiences on social media, such as experiences of gaining information, entertainment, similarity with other members, and emotional experiences, have a large influence on how strongly a person feels attached to the community. However, relationship-based experiences did not have a significant influence. These findings provide valuable insights for marketers and managers of superhero fan communities on social media. By understanding how community experiences influence attachment and subsequently brand attitudes and purchase intentions, they can design more effective strategies to strengthen relationships with community members, enhance brand image, and drive superhero movie ticket sales."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Achmad Arif Maulana
"Penelitian ini membahas mengenai pengaruh brand community terhadap brand loyalty Piaggio Vespa matik pada komunitas Scooterfixed. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand community terhadap brand loyalty dan dimensi mana dari brand community yang paling berpengaruh terhadap brand loyalty. Konsep dasar dari brand community terbagi menjadi tigar pilar penting yaitu consciousness of kind, shared rituals and tradition, dan sense of moral responsibility. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Survei dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100 orang anggota komunitas Scooterfixed yang telah dua kali melakukan pembelian motor Piaggio Vespa matik. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa brand community memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand loyalty Piaggio merek Vespa matik pada komunitas Scooterfixed.
This study discusses the influence of brand community on brand loyalty Piaggio Vespa matic on Scooterfixed community. The purpose of this study to determine the influence of brand community on brand loyalty and which dimension of the brand community most influential on brand loyalty. The basic concept of brand community is divided into important tigar pillars, namely consciousness of kind, shared rituals and tradition, and sense of moral responsibility. This research uses quantitative approach. The survey was conducted by distributing questionnaires to 100 members of the Scooterfixed community who had made two purchases of the automatic Piaggio Vespa motor. The results of this study indicate that the brand community has a significant influence on the brand loyalty Piaggio Vespa matik on Scooterfixed community."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S68459
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Winson Widjaja
"Skripsi ini membahas tentang pengaruh dari brand community Honda Brio yang terdiri dari brand kripsi ini membahas tentang pengaruh dari brand community Honda Brio yang terdiri dari brand community identification dan brand community commitment terhadap brand identification dan brand commitment Honda Brio dengan melihat peran mediasi dari brand attachment dan peran moderasi dari perceived community-brand similliarity. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis path dalam program Smartpls 2.0.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa brand community secara signifikan mempengaruhi brand identification dan brand commitment, brand attachment memiliki peran mediasi yang penting sedangkan efek moderasi perceived community-brand similiariy hanya ada pada satu hubungan sedangkan efek moderasi perceived community-brand similiariy hanya ada pada satu hubungan.
This research discusses about the This research discusses about the effect of Honda Brio’s brand community which consists of brand community identification and brand community commitment on brand identification and brand commitment toward Honda Brio with the mediation role of brand attachment and moderation role of perceived community-brand similarity. Smartpls 2.0 was used to process the data. The result of this research indicates that brand community has a significant effect on brand identification and brand commitment. Brand attachment play a full mediatin role but perceived community-brand similiarity only moderates one relation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S55626
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Lukman Makarim
"Tulisan ini bertujuan untuk mendefinisikan hubungan tentang bagaimana kesetiaan
brand oposisi dapat mencapai komunitas
brand positif dengan mempengaruhi dalam aspek daya saing dan kesadaran jenis. Sebuah model konseptual juga diusulkan dalam makalah ini untuk lebih memahami dan mengintegrasikan hubungan dan hasil dari hubungan antara loyalitas
brand oposisi dan komunitas
brand sambil menerapkan teori identitas sosial oleh Tajfel (1974) dan hubungan konsumen-merek oleh Chang dan Chieng ( 2006).
This paper aims to define the relation on how oppositional brand loyalty can achieve a positive brand community by influencing in the aspect of competitiveness and consciousness of kind. A conceptual model is also proposed in this paper to better understand and integrate the relationship and the outcome of the relationship between oppositional brand loyalty and brand community while applying the social identity theory by Tajfel (1974) and consumer-brand relationship by Chang and Chieng (2006)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Isnaini Nursilvia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pengalaman merek pada konsumen Gojek Indonesia memiliki pengaruh terhadap loyalitas merek. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan para pengguna Gojek Indonesia yang berdomisili di Indonesia yang berusia 18-28 tahun. Terdapat sebanyak 290 responden terkumpul yang menggunakan metode purposive sampling. Kemudian, diolah dan dianalisis menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh dari pengalaman merek yang dirasakan oleh konsumen Gojek Indonesia terhadap loyalitas merek melalui persepsi kualitas dan kepercayaan merek. Penelitian ini menunjukkan bahwa loyalitas merek dipengaruhi secara langsung oleh pengalaman merek, persepsi kualitas, dan kepercayaan merek. Selain itu, persepsi kualitas dan kepercayaan merek juga memiliki efek mediasi terhadap hubungan antara pengalaman merek dan loyalitas merek. Penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan pada industri on-demand service dalam meningkatkan loyalitas merek dari konsumen mereka.
This study aims to determine that the brand experience of Gojek Indonesia customers has an influence on brand loyalty. The samples used in this study are Gojek Indonesia users who are domiciled in Indonesia aged 18-28 years. There were 290 respondents collected using purposive sampling method. The date is processed and analyzed using Partial Least Square - Structural Partial Model (PLS-SEM). The results of this study show the influence of the brand experience felt by Gojek Indonesia customers on brand loyalty through perceived quality and brand trust. This study shows that brand loyalty is directly influenced by brand experience, perceived quality, and brand trust. Moreover, perceived quality and brand trust also have a mediating effect on the relationship between brand experience and brand loyalty. This study is expected to help companies in the on-demand service industry in increasing brand loyalty from their customers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Olivia Abigail
"Tupperware merupakan merek plastic container yang beredar di Indonesia sejak 1991. Tupperware berusaha membentuk citra mereknya sebagai plastic container berkualitas yang cocok dengan wanita modern yang praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image Tupperware terhadap repurchase intention. Penelitian ini mengukur brand image dengan konsep yang dikemukakan Michael Korchia (1999) dan konsep repurchase intention yang dikemukakan oleh Zeithaml (1996). Menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengambilan sampel purposive. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden wanita yang datang ke Tupperware Party dengan analisa eksplanatif dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian membuktikan brand image Tupperware memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap repurchase intention.
Tupperware is a brand of plastic containers that has been in Indonesia since 1991. Tupperware tries to establish their brand image as a quality plastic container that suites with practical modern woman. This research was intended to observe the influence of Tupperware brand image on repurchase intention. This study measures brand image with the concept presented by Michael Korchia (1999) and repurchase intention with the concept presented by Zeithaml (1996). Used quantitative methods and purposive sampling technique by distributed questioners to 100 women who came to the Tupperware Party with explanatory analysis and simple linear regression. This research proved that Tupperware brand image has a significant positive effect on repurchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S55012
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Putri Diah Lestari
"Islamic branding adalah fenomena yang terjadi dalam dunia pemasaran di Indonesia dengan semakin maraknya merek yang menggunakan klaim halal pada produknya serta juga penggunaan simbol-simbol Islami dalam komunikasi pemasarannya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pembentukan ekuitas merek (brand equity) dalam Islamic brand dengan menggunakan merek kosmetik Wardah sebagai obyek penelitian.
Menciptakan loyalitas konsumen adalah merupakan tujuan utama dari seorang pengelola merek, dan merupakan inti dari konsep brand equity. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari variabel-variabel perceived quality, corporate brand image dan brand personality dari Islamic brand terhadap brand loyalty baik secara langsung maupun melalui variabel perantara brand attitude. Penelitian dilakukan pada 159 responden dengan menggunakan menggunakan metode kuantitatif analisa jalur.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perceived quality dapat memberikan pengaruh kepada brand loyalty baik secara langsung maupun secara tidak langsung yaitu melalui variabel brand attitude. Sementara brand personality tidak dapat memberikan pengaruh langsung pada brand loyalty melainkan hanya melalui brand attitude. Corporate brand image tidak secara signifikan dapat memberikan pengaruh baik pada brand loyalty maupun brand attitude.
Islamic branding is a phenomenon that occurs in the world of marketing in Indonesia with the increasingly widespread brands that use halal claims on their products as well as the use of Islamic symbols in their marketing communications. This research was conducted to analyze the formation of brand equity in Islamic brand by using Wardah cosmetic brand as research object. Creating brand loyalty is the main objective of a marketer and is at the core of the brand equity concept.The purpose of this research is to analyse the effect of perceived quality, corporate brand image and brand personality of Islamic brand towards brand loyalty either directly or through the mediation of brand attitude. The research was conducted on 159 respondents by using quantitative method of path analysis.The result of this study indicates that perceived quality variables gives effect to brand loyalty either directly or indirectly through variable brand attitude. Meanwhile brand personality does not give a direct impact on brand loyalty but only through mediation of brand attitude. Corporate brand image does not significantly effect to both brand loyalty and brand attitude."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T48689
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Iksan Basuki
"Tesis ini membahas mengenai pengaruh loyalitas akan merek induk, persepsi kesamaan merek induk dan merek ekstensi, dan keterlibatan konsumen akan kategori produk ekstensi, terhadap evaluasi dan intensitas pembelian ekstensi merek deodoran dari Adidas. Teknik sampling yang dilakukan adalah non probability sampling. Metode analisis data menggunakan dua software, yakni SPSS 16.0 untuk pretest dan SmartPLS 3 untuk melakukan analisis model pengukuran dan model struktural penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi dari loyalitas akan merek induk, yakni hubungan afektif terhadap merek induk, perilaku loyalitas terhadap merek induk, dan hubungan citra diri konsumen dengan merek induk, secara positif mempengaruhi evaluasi konsumen akan brand extension deodoran Adidas. Keterlibatan konsumen terhadap kategori extended product juga secara positif mempengaruhi evaluasi konsumen akan brand extension deodoran Adidas. Persamaan antara merek induk dan merek ekstensi secara positif mempengaruhi evaluasi konsumen akan brand extension deodoran Adidas. Lalu yang terakhir adalah, evaluasi konsumen akan brand extension juga secara positif mempengaruhi intensi pembelian terhadap brand Adidas deodorant.
This thesis examine the effects of loyalty towards parent brand, similarity between parent brand and extended brand, and consumer involvement towards extended product category, towards attitude regarding brand extension and purchase intention towards brand extension of deodorant from Adidas. The research using non probability sampling technique and using two softwares for data analysis SPSS 16.0 for pretest and SmartPLS 3 for analyzing measurement model and structural model. Output from the research shows that three dimension of brand loyalty toward parent brand, which is affective relationship, behaviour intention, and self image relationship have a positive effect toward attitude regarding brand extension. Then, similarity between parent brand and extended brand has a positive effect towards attitude regarding brand extension. After that, consumer involvement towards extended product category also has a positive effect towards attitude regarding brand extension. Lastly, attitude towards brand extension also has a positive effect towards purchase intention regarding Adidas deodorant as a brand extension."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mita Karima
"Kepuasan dan komitmen terhadap suatu merek dapat mempengaruhi kesetiaan merek serta keinginan untuk membeli kembali merek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari kepuasan merek dengan anteseden nilai, kualitas dan ekuitas merek yang dirasakan serta komitmen merek dan dampaknya terhadap kesetiaan merek dan keinginan membeli kembali pada merek Toyota. Hasil survey dari 120 sampel dengan metode analisis structural equation modeling (SEM), menyatakan bahwa kepuasan dan komitmen terhadap merek secara signifikan berpengaruh positif terhadap kesetiaan merek dan keinginan membeli kembali merek khususnya pada merek Toyota. Walaupun hanya nilai dan kualitas merek yang dirasakan yang secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepuasan merek.
Brand satisfaction and brand commitment affected the automotive brand loyalty and repurchase intention. This study focused to analyze influence of brand satisfaction, with perceived brand value, quality, and equity as antesedents of brand satisfaction and brand commitment especially Toyota users and impacted their brand loyalty and repurchase intention to the Toyota brand. Survey of 120 sample who analyzed with structural equation modeling (SEM), suggested that brand satisfaction and brand commitment on automotive affecting their brand loyalty and brand repurchase intention. But only perceived brand value and quality that directly affected the brand satisfaction, perceived brand equity didn’t directly affect the brand satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53185
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library