Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 220380 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Moh. Nurcahyo H.
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses warranty dan mencari solusi atas banyaknya klaim warranty yang penyelesaian klaimnya lebih dari lima hari di jaringan diler PT. XYZ dan memberikan usulan perbaikan atas prosedur warranty. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan adanya kelemahan dalam proses warranty di diler PT. XYZ terutama pada pengelolaan kontrol internal di masing-masing diler tersebut. Hasil dari penelitian ini menyarankan perbaikan standar operasi baku atas proses warranty di diler yaitu dari proses membuat klaim warranty, proses klaim dan pengiriman warranty sampai dengan menerima jawaban klaim warranty.

The purpose of this study is to analyze the process of warranty and to find the solutions of why there are so many claims of warranty that settled more than five days in the dealer network of PT. XYZ and to provide the proposal of improvements over warranty procedures. This research uses qualitative method with case study approach. In this research presents the facts on the warranty process in the dealer network of PT. XYZ from the process of creating warranty claims, claims and delivered warranty claim process until the receiving of warranty claims. The result of the research shows the weakness in the warranty process in the dealer of PT. XYZ mainly on the management of internal controls in each dealers. The results of this study suggest the improvement of standard operating procedures on the warranty process in the dealership of the process of making warranty claims, claims process and warranty delivery until receive warranty claim answers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elisabeth Widyani Dwi Astuti
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi proses manajemen risiko pada lembaga pemerintah XYZ. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Setiap organisasi akan menghadapi beberapa risiko dalam pencapaian tujuan. Studi kasus pada lembaga pemerintah XYZ dilakukan karena dihadapkan pada ancaman dan risiko yang sangat besar, baik eksternal maupun internal, sehingga diperlukan manajemen risiko organisasi. Oleh karena itu, lembaga pemerintah XYZ membutuhkan suatu manajemen risiko yang efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Hasil pengukuran tingkat maturitas menggunakan kriteria atribut ERM Process Management pada RIMS RMM menunjukkan bahwa lembaga pemerintah XYZ berada pada tingkat “initial” dalam menerapkan proses manajemen risiko organisasi. Selain itu, penelitian ini memberikan rekomendasi yang relevan dalam penerapan proses manajemen risiko organisasi sekaligus sebagai peta jalan dalam meningkatkan tingkat maturitas proses manajemen risiko pada lembaga pemerintah XYZ.

This study aims to analyze and implement the risk management process at the XYZ government agency. The type of research used in this research is descriptive qualitative research with a case study approach. This research data collection techniques using document analysis and interviews. Every organization will face some risks in achieving its goals. The case study at the XYZ government agency was carried out as they are faced with huge threats and risks, both external and internal so the organizational risk management was needed. Therefore, government agency XYZ requires effective risk management to achieve organizational goals. The results of measuring the maturity level using the ERM Process Management attribute criteria at RIMS RMM indicate that XYZ agency is at the "initial" level in implementing the organizational risk management process. In addition, this study provides relevant recommendations in the application of organizational management processes as well as a roadmap in increasing the level of maturity of the risk management process in XYZ government agencies.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erwin Soeseno
"ABSTRACT
Permasalahan utama dalam remanufacturing mesin diesel adalah tingginya ketidakpastian. Ada tujuh ketidakpastian yang mempengaruhi proses remanufacturing dan ketujuh faktor tersebut terbukti (salah satu atau beberapa faktor) menjadi akar permasalahan utama dalam kasus di PT XYZ, yaitu ketidakpastiak ketersedian suku cadang. Dua faktor utama penyebab hal itu adalah kedatangan core yang tidak sesuai dengan jumlah dan waktu yang diperlukan, dan ketidakpastian mengenai kualitas core yang akan diterima (return core). Untuk memecahkan kedua masalah tersebut, perusahaan harus menerapkan manajemen akuisisi core, antara lain berupa: 1) melakukan pembelian core dalam jumlah tertentu, 2) melakukan persedian suku cadang re-use dalam order sub komponen, 3) melakukan perubahan sistem ERP yang ada agar dapat mengakomodasi job order tunggal menjadi dapat mengakomodasi job order ganda.

ABSTRACT
The main problem of remanufacturing is its high level of uncertainty. There are seven factors of uncertainty that affect the process of remanufacturing and these factors are proven to be (one or several factors) the root cause of the main problem in the case of PT XYZ, which is uncertainty of availability of spare parts availability. Two main factors that cause it are the arrival of cores that are not in accordance with the amount and the time required, and the uncertainty about the quality of the return cores. To solve both problems, the company must implement core acquisition management such as: 1) make purchases cores in a certain amount, 2) to supply spare parts re-use in sub-component order, 3) to modify the existing ERP system so that it can accommodate multiple job order."
2016
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karmein Witanudin
"Penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat employee engagement berdasarkan faktor demografi di PT XYZ yang bergerak dibidang kontraktor pertambangan batubara. Instrumen survei yang digunakan adalah alat ukur Ultrecht Work Engagement Scale (UWES). Data penelitian diambil dari 191 responden yang merupakan karyawan tetap. Analisis data menggunakan statistik deskriptif serta pengujian statistik yang meliputi t-test dan one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat engagement karyawan PT XYZ berada dalam kategori sedang. Berdasarkan faktor demografi, hanya pada faktor gender tidak terdapat perbedaan tingkat employee engagement. Sedangkan pada faktor demografi lainnya, kelompok usia, masa kerja dan lokasi kantor terdapat perbedaan signifikan tingkat employee engagement. Penelitian ini juga memberikan saran kepada manajemen PT XYZ seperti membangun komunikasi yang baik dengan karyawan dan memperhatikan faktor demografi sebagai upaya peningkatan employee engagement.

This research is conducted to measure the employee engagement level based on demographic factor in PT XPZ a coal mining contractor company. The research using the Ultrecht Work Engagement Scale (UWES) as the survey instrument. Research data taken from 191 respondents who are permanent employees of PT XYZ. Data analysis using descriptive statistis and also statistics test which includes t-test and of one-way ANOVA. The analysis of the level of employee engagement indicate that employees of PT XYZ has a level of engagement in the medium category. Based on demographic factors, only on gender factors that presented no differences in levels of employee engagement. whereas, significant differences of employees engagement rate appeared on other demographic factors, that based on age, tenure and office location factor. This research also provides advice to the management of PT XYZ as establishing good communication with employees and take into account the demographics of an effort to improve employee engagement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Naufal Afif Fadhilah
"Penelitian ini menganalisis perlakuan akuntansi dan perpajakan yang tepat atas sengketa pajak biaya tooling di PT XYZ. Biaya tooling dibayarkan oleh oleh PT. XYZ kepada PT. PQR dalam rangka memproduksi pesanan dari PT. HOA. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan teknik analisis dekriptif kualitatif berdasarkan dokumentasi dan hasil wawancara. Hasil analisis berdasarkan regulasi dan hasil wawancara, biaya tooling dapat dikapitalisasi oleh PT. XYZ sebagai aset tetap jika manfaat lebih dari satu periode, jika tidak maka akan diakui sebagai beban. Biaya tooling dapat diperlakukan sebagai sewa (aset hak guna) secara akuntansi oleh PT. HOA, jika secara substansi memenuhi kriteria sewa atau mengandung sewa. Perpajakan tidak mengakui prinsip transaksi mengandung sewa dalam transaksi tersebut sehingga biaya tooling tidak dapat diakui sebagai sewa menurut pajak.

This study analyses the appropriate accounting and taxation treatment for tooling fee tax disputes at PT XYZ. The tooling fee is paid by PT. XYZ to PT. PQR in regards to produce orders from PT HOA. This research is a case study with qualitative descriptive analysis techniques based on documentation and interviews. The result of the analysis is tooling costs can be capitalized by PT XYZ as a fixed asset based on regulations and interviews. It can be capitalized if its benefit is more than one period otherwise, it will be recognized as an expense. Tooling costs can be treated as leases (right of use assets) in accounting perspective by PT HOA, if it substantially fulfils the criteria of a lease or contains a lease. Taxation does not recognize the principle of a transaction containing a lease in the transaction. Thus, tooling costs cannot be recognized as a lease in tax perspective."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suci Pratiwi
"Pemerintah Republik Indonesia menunjuk badan usaha tertentu sebagai pemungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN), berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik
Indonesia 37/PMK.03/2015. Hal ini menimbulkan masalah bagi perusahaan lain, terutama perusahaan yang merupakan anak perusahaan dari badan usaha tertentu
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji desain ideal sistem informasi PPN, menggunakan metode FAST, untuk mengurangi sanksi administrasi pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian metode campuran. Hasil penelitian adalah sistem informasi akuntansi PPN memerlukan sinergi antara kantor pusat dan unit kerja, sehingga penerbitan Faktur Pajak tepat waktu, untuk mengurangi risiko sanksi administrasi PPN. Perusahaan membutuhkan dukungan dari manajemen, jaringan, pengetahuan karyawan yang memadai, dan sosialisasi mengenai optimalisasi sistem informasi PPN

The Republic of Indonesia’s government appoints certain business entities as Value Added Tax collectors (VAT) , based on Regulation of the Minister of Finance of the Republic of Indonesia 37/PMK.03/2015. This creates problems for other companies, especially companies that are subsidiaries of certain business entities. This study aims to examine the ideal design of a VAT information system, using FAST method, to reduce administrative tax sanctions. The study uses a mixed-method research
approach. The results of the study conclude that a VAT-accounting information system needs synergy between the head office and work units, so that the issuance of tax invoices can be timely, to reduce the risk of VAT administrative sanctions. In addition, the company needs support from management, networks, adequate employee knowledge, and socialization regarding optimalization of the VAT information system.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Santriaji Santoso Putro
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pembiayaan dengan akad rahn dan rahn tasjily serta perlakuan akuntansinya pada produk - produk syari'ah di PT XYZ, dan juga menganalisis kesesuaiannya berdasarkan ketentuan syari'ah yang berlaku di Indonesia, yaitu Fatwa DSN MUI terkait, selanjutnya dengan peraturan akuntansi yang berlaku umum, yaitu PSAK 107 tentang Akuntansi Ijarah. Ditambahkan lagi dalam penelitan ini yaitu kesesuaian penerapan produk dengan ketentuan - ketentuan fiqh islam lainnya yang belum diatur dalam Fatwa DSN MUI. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan produk pada PT XYZ tidak sepenuhnya berseberangan dengan fatwa dan peraturan terkait, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperbaiki.

This research purpose is to explains how the product implementations with rahn methodes and the accounting treatment on PT XYZ products, with the analysis related to Fatwa DSN MUI and with the standard of accounting treatment PSAK 107 on ijarah accounting. For further analysis, these researches also find out the product implementations with the others islamic fiqh which yet included in Fatwa DSN MUI. The result shows that the product implementations on PT XYZ not entirely opposite against the sharia regulation and accounting standard, but there are several things that PT XYZ needs to be adjusted.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S58708
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Setyanti
"Aktivitas administrasi di dalam ruang kantor seperti menulis, membaca, mengetik dan menggunakan komputer merupakan pekerjaan yang dilakukan terus menerus dan membutuhkan tingkat pencahayaan yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pencahayaan dan keluhan subjektif kelelahan mata pada pekerja di ruang kantor PT. XYZ tahun 2017. Variabel independen dalam penelitian ini adalah tingkat pencahayaan, usia, lama kerja, kelainan refraksi, perilaku berisiko terhadap kesehatan mata, durasi kerja, kekontrasan, dan tampilan layar monitor. Sedangkan variabel dependen adalah keluhan subjektif kelelahan mata. Penelitian ini dilakukan kepada 45 orang pekerja dengan desain studi cross sectional.
Hasil pengukuran tingkat pencahayaan menggunakan lux meter diketahui bahwa 80 area kerja tidak memenuhi standar Permenkes No. 48 Tahun 2016, dimana terdapat 82,2 pekerja mengalami keluhan subjektif kelelahan mata. Hasil penelitian ini tidak menunjukan adanya hubungan yang bermakna antara karakteristik individu usia, lama kerja, kelainan refraksi, perilaku berisiko terhadap kesehatan mata, faktor pekerjaan durasi kerja, kekontrasan,tampilan layar monitor, dan tingkat pencahayaan dengan keluhan subjektif kelelahan mata.

Administrative activities in office such as writing, reading, typing and using computers are work that are done repetitively and require adequate lighting levels. This study aims to analyze the lighting level and subjective complaints of eye fatigue in workers in the office of PT. XYZ in 2017. The independent variables in this study are the lighting level, age, duration of employment, refractive abnormalities, risky behavior, duration of work, contrast, and monitor screen display. While the dependent variable is subjective complaints of eye fatigue. This research was conducted to 45 workers with cross sectional study design.
From the measurement of ligthing level using lux meter, 80 work area is known to not meet the standard of Permenkes. 48 of 2016, where 82.2 of workers are experiencing eyestrain due to insufficient level of lighting. The results of this study did not show any significant relationship between individual characteristics age, duration of work, refractive abnormalities, risky behavior to eye health, occupational factors duration of work, contrast, monitor screen display and lighting level with subjective complaints of eyestrain on workers.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febriandaru Kurniasih
"PT. XYZ merupakan salah satu BUMN yang memiliki trend outstanding biaya listrik yang meningkat dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor penyebab outstanding transaksi pencatatan biaya listrik di PT XYZ, risiko yang timbul dan tindakan perbaikan yang harus dilakukan oleh Manajemen Perusahaan PT. XYZ. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengumpulan data internal perusahaan dan wawancara semi-struktur kepada informan sebelum dan setelah perusahaan mengimplementasikan Shared Services. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksploratif. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tujuh risiko, yaitu understated expense, over budget, over payment, kerugian perusahaan, abnormal balance account payables (saldo debit), tidak tepatnya pencatatan, dan reputasi perusahaan menurun. Hasil penelitian menunjukan bahwa risiko mengalami penurunan setelah dilakukan mitigasi risiko menggunakan model bisnis Shared Services dan teknologi Robotic Process Automation (RPA). Penulis menyarankan agar PT XYZ menerapkan roadmap Enterprise Risk Management (ERM) dalam proses bisnis, dan secara konsisten melakukan pengelolaan proses bisnis pencatatan biaya listrik sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan.

PT. XYZ is one of the state-owned enterprises that has a trend of outstanding electricity costs that increase from year to year. This study aims to analyze the factors that cause outstanding transactions for recording electricity costs at PT XYZ, the risks that arise and corrective actions that must be taken by the company management of PT. XYZ. The research was conducted by collecting company internal data and semi-structured interviews with informants before and after the company implemented Shared Services. The research method uses qualitative methods with an exploratory case study approach. Based on the results of the study, there are seven risks, namely understated expense, over budget, over payment, company losses, abnormal balance of account payables (debit balance), inaccurate recording, and declining company reputation. The results showed that the risk decreased after risk mitigation was carried out using the Shared Services business model and Robotic Process Automation (RPA) technology. The author suggests that PT XYZ implement a roadmap in business processes, and consistently manage the business process of recording electricity costs in accordance with established policies and procedures."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bonny Tofani Antonio
"PT. XYZ, sebuah perusahaan produsen sepatu yang sedang berkembang pesat mengalami permasalahan dalam operasional maupun keuangan. Banyaknya stock out yang menyebabkan hilangnya kesempatan penjualan, padahal tingkat inventory cukup tinggi. Kondisi ini berdampak pada profitabilitas perusahaan yang terus menurun hingga menjadi -1,71 pada 2016-Q1. Untuk memperbaiki kondisi ini perusahaan berinisiatif untuk menerapkan konsep lean dalam sebuah proyek yang dipimpin oleh Chief of Operations Officer COO . Setelah berjalan hampir setahun perusahaan akan mengevaluasi proyek ini dan akan memutuskan kelanjutannya. Dengan menggunakan Value Stream Mapping, dan membandingkan kondisi sebelum dan sesudah perbaikan, pencapaian kinerja PT. XYZ mengalami kenaikan yang signifikan diantaranya profitabilitas yang meningkat hingga 5 dan stock out yang turun dari 81 menjadi 7 . Dari hasil survey dan wawancara dengan Chief of Executive Officer CEO , COO, Business Development, Supply Chain Manager, Marketing dan Vendor, dapat disimpulkan lima faktor kunci keberhasilan penerapan konsep lean, yaitu: komitmen dan keterlibatan manajemen, kerja sama tim, komunikasi, mengelola perubahan budaya, dan keberlanjutan aktivitas improvement. Kenaikan pencapaian kinerja saat ini masih dapat ditingkatkan dengan beberapa perbaikan yang dapat dilakukan, yaitu: penggunaan teknologi informasi, implementasi kanban system, penyederhanaan aliran proses, dan direct delivery untuk bahan baku.

PT. XYZ, a fast growing shoe producer, has problems in both operations and finance. The number of stock outs causes loss of sales opportunities, whereas the level of inventory is quite high. This condition affects the company 39 s profitability which continues to decline to 1.71 in 2016 Q1. To improve this condition the company took the initiatives to apply the lean concept in a project led by Chief of Operations Officer COO . After running for almost a year the company evaluates this project and decides on its continuity. By using Value Stream Mapping, and comparing the condition before and after improvement, PT. XYZ performance achievement experienced a significant increase among which profitability increased to 5 , and stock out is reduced from 81 to 7 . From the results of the survey and interviews with Chief of Executive Officer CEO , COO, Business Development, Supply Chain Manager, Marketing and Vendor, it can be concluded that five key factors of successful application of lean concepts are management commitment and involvement, teamwork, communication, managing cultural change, and sustainability of activities Improvement. The increase in current performance achievement can still be improved with several improvement actions, such as use of information technology implementation of kanban system simplify process flow and direct delivery of raw materials.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>