Dewasa ini, pengurangan daya dorong (thrust) atau derate praktiknya telah digunakan secara umum sebagai prosedur standar dari lepas landas (takeoff). Berhubung daya digunakan secara maksimal ketika fase lepas landas, praktik ini memiliki banyak keuntungan dalam pengoperasian pesawat terbang. Tidak hanya tindakan ini mampu mengurangi konsumsi bahan bakar ketika fase lepas landas, tetapi juga mengurangi keausan mesin yang disebabkan tegangan dan suhu tinggi. Exhaust Gas Temperature (EGT) adalah salah satu parameter penting yang digunakan untuk memonitori kerusakan mesin. Terdapat hubungan pasti antara pengurangan daya dorong dan EGT dimana nilai diantara keduanya saling berlawanan. Tetapi, perhitungan harus dilakukan terlebih dahulu oleh kru penerbang berapa persen derate yang layak digunakan sebelum lepas landas. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk menemukan efektivitas derate untuk menurukan EGT dengan maksud meningkatkan performa, memperpanjang umur mesin dan mengurasi biaya operasi oleh operator.
Reduced thrust or derate has been practiced commonly nowadays as a standard procedure of takeoff. Since power is being used at maximum during the takeoff phase, the practice has many benefits for the operation of aircraft. Not only it reduced fuel consumption during the takeoff phase, but also reduced the engines wear and tear that caused by stress and very high temperature. Exhaust Gas Temperature (EGT) is one of the most important parameters that is used to monitor engine deterioration. There is a definite correlation between reducing takeoff thrust and EGT reduction, where both values are contradicting one another. However, there must be some calculation by the flight crew on how much percentage of derate is eligible prior to takeoff. The goal of this paper is to find the effectiveness of derate to reduce EGT in order to improve performance, prolong engine life and reduce operating costs of the operators.
"Banjir rob merupakan salah satu ancaman yang terdapat di Pesisir Kabupaten Cirebon, terutama Kecamatan Pangenan, Gebang, dan Losari adalah banjir rob. Kondisi pesisir yang terus berubah serta adanya penggunaan lahan yang terus berubah semakin memperparah banjir rob. Penelitian ini menggunakan analisis secara spasial serta temporal dan spatial metric. Analisis spasial temporal digunakan untuk melihat perubahan penggunaan lahan pada wilayah banjir rob di tahun 2002, 2009, dan 2019, sementara spatial metric digunakan untuk melihat pola tersebut, terutama aggregation dan diversity. Hasil pengolahan menunjukkan bahwa perubahan penggunaan tanah pada tahun 2002 – 2019 didominasi oleh tambak dan sawah irigasi. Luas penggunaan lahan terbesar pada wilayah banjir rob terdapat pada tambak, namun peningkatan terus terjadi pada penggunaan lahan permukiman dan lahan terbangun dari tahun 2002 – 2019. Secara keseluruhan, hasil spatial metric menunjukkan bahwa fragmentasi penggunaan lahan di Pesisir Kabupaten Cirebon pada wilayah banjir rob semakin meningkat. Meski demikian, perkembangan penggunaan lahan di Pesisir Kabupaten Cirebon cenderung rendah akibat adanya banjir rob.
Tidal flood is one of the threats found in the Coastal Areas of Cirebon Regency, especially in Pangenan, Gebang and Losari Districts, is tidal flooding. The changing coastal conditions and the changing land use have worsened the tidal flood. This study uses spatial analysis and temporal and spatial metrics. Temporal, spatial analysis is used to see changes in land use in tidal flood areas in 2002, 2009, and 2019, while spatial metrics are used to see these patterns, especially aggregation and diversity. The results of processing show that changes in land use in 2002 - 2019 were dominated by ponds and irrigated rice fields. The largest land use area in the tidal flood area is in ponds, but the increase has continued to occur in settlement and built-up land from 2002 to 2019. Overall, the spatial metric results show that land use fragmentation in the Coastal Zone of Cirebon Regency in the tidal flood area is increasing. However, the development of land use in the Coastal District of Cirebon Regency is low due to tidal flood.
"