Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 228754 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indah Purnamaningtyas
"Melihat kondisi “new normal” di Indonesia, survei Nielsen 2020 menemukan bahwa selama pandemi COVID-19, 49% konsumen sering memasak di rumah, dan hal ini mendorong pertumbuhan penjualan bahan baku dan produk segar. Belanja bahan makanan online adalah adaptasi baru dan telah menjadi pengubah permainan bagi pedagang grosir. Faktanya, selama pandemi di Indonesia, hanya 16% yang menyatakan menggunakan layanan sembako online, sedangkan 49% dan 33% responden menyatakan preferensinya untuk membeli di supermarket terdekat dan di warung sayur biasa. Pengaruh penilaian/persepsi kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan sikap minat pelanggan dapat diketahui melalui perhitungan uji korelasi, dengan hasil menunjukkan adanya korelasi positif antara persepsi kualitas layanan kepuasan pelanggan dengan sikap minat pelanggan

Oversee at the “new normal” conditions in Indonesia, the Nielsen 2020 survey found that during the COVID-19 pandemic, 49% of consumers often cook at home, and this has driven the growth of sales of fresh products. Online grocery shopping is a new adaptation and has been a game changer for wholesalers. In fact, during the pandemic in Indonesia, only 16% said they used online basic food services, while 49% and 33% of respondents stated their preference to buy at the nearest supermarket and at regular vegetable stalls. The influence of the assessment/perception of service quality on customer satisfaction and customer interest attitudes can be known through the calculation of the correlation test, with the results showing a positive correlation between perceptions of customer satisfaction service quality and customer interest attitudes."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarahwenda Martinus
"ABSTRAK
Dalam karya tulis ini akan dibahas bagaimana pengaruh lingkungan fisik suatu tempat dapat mempengaruhi perilaku konsumen, dan analisis bagaimana lingkungan fisik akan memberikan perbedaan terhadap konsumen yang sudah lama dan masih baru. Lingkungan fisik sangat berperan penting dalam sebuah tempat untuk menarik konsumen. Berbagai macam hal yang dapat mempengaruhi lingkungan fisik akan dibahas dalam karya tulis ini.

ABSTRACT
Provision of appropriate servicescape is of strategic importance. Servicescape performs a variety of roles which cause a favourable impact on customers. In this assignment, I am going to discuss how does the servicescape can influence customer behavour. This analysis will based on literature review and the application in real life. This report will describe how physical environment, colour, sound, and scent affect customer behavior, and field report analysis."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Guntur Prayogo
"Pengguna media sosial tumbuh signifikan hingga mencapai 60% penduduk Indonesia. Di antara pengguna tersebut adalah Pandawara Group, influencer media sosial ramah lingkungan yang terkenal dengan aktivisme lingkungannya di platform media sosial seperti TikTok dan Instagram. Pandawara Group memperoleh popularitas dalam waktu singkat karena kontennya yang unik dan saat ini memiliki 10 juta pengikut aktif, menjadikan Pandawara Group menjadi Mega Influencer dalam waktu kurang dari setahun. Penelitian ini mengkaji peran Pandawara Group dalam mempromosikan niat pembelian ramah lingkungan melalui pendekatan The Extended Theory of Planned Behavior (TPB). Penelitian ini fokus dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan survei yang disebarkan kepada pengikut Pandawara Group dengan jumlah sampel yang terkumpul sebanyak 122 responden. Kemudian data tersebut diolah melalui SEM-PLS dengan bantuan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived credibility dan perceived expertise berpengaruh positif terhadap sikap terhadap perilaku ramah lingkungan. Studi ini juga menemukan bahwa congruence yang dirasakan konsumen terhadap Pandawara Group dapat mempengaruhi parasocial relationship secara positif dan signifikan, yang pada akhirnya secara signifikan mempengaruhi niat pembelian ramah lingkungan.

Social media users have grown significantly, reaching 60% of the Indonesian population. Among those users is Pandawara Group, a green social media influencer known for its environmental activism on social media platforms such as TikTok and Instagram. Pandawara Group gained popularity in a short period of time viiuet o its unique content and currently has 10 million active followers, making Pandawara Group a Mega Influencer in less than a year. This research examines the role of the Pandawara Group in promoting green purchase intention through the lens of the Theory of Planned Behavior (TPB). The study focuses on and employs a quantitative approach, utilizing surveys distributed to followers of the Pandawara Group with 122 samples collected. Then, the data is processed through SEM-PLS with the help of SmartPLS. The findings indicate that perceived credibility and expertise attributes positively affect attitudes toward green behavior. The study also finds that perceived congruence positively and significantly influences parasocial relationships, which in turn significantly influences green purchase intentions. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Nadiah Kusuma Ariastuti
"Penelitian ini mengkaji pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM), kepedulian terhadap lingkungan (environmental concern), dan kepedulian terhadap kesehatan (health concern) terhadap niat pembelian produk perawatan kulit ramah lingkungan di Indonesia dengan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Fokus penelitian ini adalah Generasi Z dengan usia 18–28 tahun, berdomisili di Indonesia, aktif menggunakan media sosial, memiliki pengetahuan tentang produk perawatan kulit ramah lingkungan, dan mencari informasi sebelum pembelian. Sebanyak 290 responden terlibat dalam penelitian ini. Penelitian mengeksplorasi hubungan eWOM dan niat pembelian konsumen secara langsung maupun melalui mediasi variabel TPB (sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan) serta perluasan variabel berupa kepedulian terhadap kesehatan dan lingkungan. Menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM), penelitian ini menemukan bahwa eWOM, environmental concern, dan health concern signifikan mempengaruhi niat pembelian produk perawatan kulit ramah lingkungan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini berkontribusi pada literatur perilaku konsumen ramah lingkungan serta menawarkan wawasan strategis bagi pemasar dalam merancang kampanye komunikasi digital yang efektif.

This research investigates the impact of Electronic Word of Mouth (eWOM), environmental concern, and health concern on the purchase intention of eco-friendly skincare products in Indonesia, employing the extended Theory of Planned Behavior (TPB) as its conceptual framework. The study targets Generation Z, aged 18–28 years, residing in Indonesia, active on social media, knowledgeable about eco-friendly skincare products, and regularly seeking information before making purchases. A total of 290 qualified respondents participated in this study. The study examines both direct and indirect effects of eWOM on purchase intention, mediated by TPB constructs (attitude, subjective norm, and perceived behavioral control) and extended by health and environmental concern. Utilizing Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM), the findings confirm that eWOM, environmental concern, and health concern significantly influence the purchase intention for eco-friendly skincare products, either directly or through mediating variables. This research offers valuable contributions to the understanding of eco-conscious consumer behavior and provides actionable insights for marketers in developing effective digital communication strategies."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilma Khairani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas pelayanan elektronik dari moda transportasi roda empat terhadap kepuasan pelanggan dan intensi perilaku, dalam penelitian ini intensi perilaku tersebut adalah loyalitas pelanggan dan word of mouth pada moda transportasi roda empat berbasis aplikasi. Model penelitian dengan enam hipotesis diuji dengan menggunakan Structural Equation Modeling SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas pelayanan elektronik dan persepsi nilai terhadap uang berpengaruh secara positif terhadap kepuasan pelanggan. selain itu, kepuasan pelanggan juga berpengaruh secara positif terhadap loyalitas pelanggan dan word of mouth. Akan tetapi loyalitas pelanggan tidak mempunyai pengaruh terhadap word of mouth.

This study aim to determine the effect of service quality and e service quality in application based transportation towards customer satisfaction and behavioral intentions. In this study, the behavioral intentions are customer loyalty and word of mouth. The six hypotheses research model in this study are tested with Structural Equation Modeling SEM. The results found out that perceived value for money, service quality and e service quality have a positive and significant impact towards customer satisfaction. Also, it found out that customer satisfaction has a positive and significant impact towards customer loyalty and word of mouth. However, customer loyalty doesn rsquo t have significant impact towards word of mouth. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T48047
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mas Elok Masyrifah
"ABSTRAK
Kebutuhan akan tempat tinggal merupakan kebutuhan yang dharuriyat sehingga harus segera dipenuhi. KPR atau Kredit Pemilikan Rumah merupakan salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh perbankan untuk mempermudah mewujudkan hal tersebut. Market share dari pembiayaan KPR Syariah di Indonesia saat ini sangat rendah dibandingkan dengan KPR Konvensional padahal mayoritas penduduk di Indonesia beragama muslim. Rendahnya market share KPR Syariah di Indonesia dan terbatasnya literatur yang yang membahas perilaku konsumen terkait KPR Syariah mendorong perlunya eksplorasi terhadap masalah tersebut. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk melihat sikap, pengetahuan dan kepuasan konsumen atas kualitas layanan KPR Syariah di Indonesia. Dengan menggunakan penelitian kualitatif eksploratori dan Teknik analisis data deductive content analysis, dan 27 responden yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan konsumen muslim terhadap KPR Syariah masih kurang serta alasan utama yang menentukan konsumen muslim memilih KPR Syariah adalah cicilan yang tetap. Sikap konsumen terhadap kualitas layanan dan kepuasan konsumen atas layanan KPR Syariah sangat dipengaruhi oleh kinerja dari karyawan dalam melayani konsumen.

ABSTRAK
In Islam, housing is one of human basic needs and thus it is regarded as a dharuriyat type of goods. House financing is made in order to increase the acceessbility to provide a house. Indonesian Islamic house financing user is much lower that the conventional one which is uniqe when Indonesian is dominated by moeslem. It is imperative to study the behavior of Islamic house financing consumer to boost the marketshare. This research is conducted to explore the correlation between consumer attitude, consumer behavior and consumer satisfaction on service quality of Islamic house financing. Using exploratory research and deductive content analysis with 27 respondent. this research concluded that consumer knowledge regarding Islamic house financing is still low and the main reason people use Islamic house financing is because its fix payment and safety. Consumer satisfaction of service quality of Islamic house financing is affected by the bank employees when conducting services to consumer. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Isna Nur Imami
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh service quality terhadap kepercayaan konsumen pada transportasi berbasis online GrabBike. Penelitian ini dilakukan dengan pola eksplanatif untuk menggambarkan dan mendapatkan pemahaman mengenai permasalah penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan instrumen kuesioner dengan sampel 110 responden. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa service quality mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar peningkatan service quality yang telah diberikan oleh GrabBike harus ditingkatkan dengan mengembangkan dan memperkuat reliability, responsiveness, customization, credibility, competence, access, courtesy, security, communication, tangible, dan understanding/ knowing the customers sebagai dimensi kualitas pelayanan untuk semakin meningkatkan kepercayaan konsumen.

ABSTRACT
This study attempted to explain the influence of service quality on consumer trust of the application based transportation GrabBike . Researcher will use explanative research to describe and understanding about research problem . This study used quantitative approach using survey method of data collection by delivering questionnaires to 110 respondents. The result presented that service quality affected consumer trust significantly. Thereby, service quality must be increased by establishing and strengthening reliability, responsiveness, customization, credibility, competence, access, courtesy, security, communication, tangible, dan understanding knowing the customers as service quality dimensions, thus consumer trust will be considerably enhanced."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bernaded Oka Anggarani
"Listrik merupakan energi yang sangat dibutuhkan. Untuk memastikan bahwa suplai listrik terdistribusikan dengan baik, semua peralatan, baik yang utama maupun pendukung harus dalam kondisi andal dan aman, maka peran laboratorium uji di bidang ketenagalistrikan sangat dibutuhkan. Meningkatnya kebutuhan listrik yang sebanding dengan bertambahnya jumlah peralatan penyalur listrik membuat berdirinya laboratorium pengujian yang sejenis. Oleh karena itu, untuk tetap dapat bersaing, laboratorium uji harus memperbaiki keseluruhan kinerja pelayanan, dengan demikian diharapkan pelanggan akan kembali untuk menggunakan jasa dari laboratorium tersebut. Penelitian ini mencoba mengidentifikasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Enam faktor kualitas pelayanan yang akan diuji terdiri dari informasi, administrasi, waktu, petugas, peralatan, dan hasil uji dan untuk mengukur keenam faktor tersebut digunakan Structural Equation Modeling SEM.

Energy in the form of electricity is required by a lot of people in the world, particularly in Indonesia. To assure the electricity supply is distributed very well, the major and other supporting equipment should be reliable and safe. For checking the equipment, role of electricity testing laboratory required. Increasing demand of electricity, which is equal to the amount of electricity equipment, causes the establishment of similar laboratory. Thus, to stay in high competition, the laboratory should maintain the overall performance service quality then customer will reuse the service. This study attempts to identify the impact of service quality factors on customer satisfaction and customer loyalty. In this case, six service quality factors will be examined, encompassing information, administration, time, personnel, equipment, and test report. Structural Equation Modeling SEM will be used to measure the factors."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T50784
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fika Restyana Ramadhani
"ABSTRAK
Consumers rsquo; Perception of Ethics of Online Retailers CPEOR dalam bisnis e-commerce bersifat penting karena transaksi online memunculkan kekhawatiran konsumen terhadap adanya perilaku tidak etis yang dilakukan oleh peritel online. Peritel online yang menjalankan kegiatan bisnisnya dengan memperhatikan unsur-unsur etika, akan mampu membentuk kepuasan dan loyalitas konsumen. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara CPEOR terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Sampel yang digunakan sebanyak 110 responden konsumen MatahariMall.com di Jakarta. Kuesioner dijadikan sebagai instrumen penelitian, dan data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling SEM . Hasil penelitian menunjukkan bahwa CPEOR memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen.

ABSTRACT
Consumers rsquo Perception of Ethics of Online Retailers CPEOR in e commerce business is important because online transactions raise consumer concerns about unethical behavior by online retailers. Online retailers who run their business activities with attention to the elements of ethics, will be able to build a consumer satisfaction and consumer loyalty. The main purpose of this research was to examine the relationship between CPEOR and loyalty through consumer satisfaction. This research use 110 respondents from MatahariMall.com consumer in Jakarta. The questionnaires were used as research instruments, and data were analyzed using Structural Equation Modeling SEM . The results show that CPEOR has a significant influence on consumer loyalty through consumer satisfaction.
"
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>