Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 139577 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lutfia Sashi Kirana
"Studi ini bertujuan mengeksplorasi narasi dalam boys’ love yang diproduksi oleh lelaki gay dan bagaimana representasi gay yang dibuat oleh mereka digunakan untuk membongkar mitos homoseksualitas yang dibentuk oleh perempuan. Boys’ love merupakan genre dalam media populer dengan narasi yang berfokus pada hubungan romantis dan seksual antarlelaki. Sejak awal, genre ini dibuat oleh dan ditujukan kepada perempuan yang diasumsikan heteroseksual. Para perempuan mengembangkan mitos mengenai homoseksualitas lelaki dalam boys’ love, yang mendorong lelaki gay mengembangkan cerita sendiri dalam genre tersebut yang sesuai dengan pengalaman mereka. Dengan menggunakan model semiotika Barthes, studi menganalisis lima adegan dalam serial I Told Sunset About You yang dibuat oleh lelaki gay. Temuan penelitian menunjukkan bahwa lelaki gay membentuk mitos dalam boys’ love sebagai upaya membongkar mitos homosekualitas buatan perempuan, sekaligus untuk mengkritik struktur heteronormatif. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa boys’ love, sebagai salah satu bentuk komersialisasi budaya queer, memiliki potensi aktivisme bagi komunitas LGBTQ.

This study aims to explore the narrative in boys' love produced by gay men and how the gay representations made by them are used to dismantle myths of homosexuality formed by women. Boys' love is a genre in popular media with a narrative that focuses on romantic and sexual relationships between men. From the very beginning, this genre was created by and aimed at presumably heterosexual women. Women develop myths about male homosexuality in boys' love, which pushed gay men to develop their own stories within the genre that are relevant to their experiences. Using Barthes' semiotic model, this study analyzes five scenes from a series made by gay man called I Told Sunset About You. Research findings show that gay men form myths in boys' love to dismantle the myth of homosexuality made by women, as well as to criticize heteronormative structures. In addition, results also show that boys' love as a form of commercialization of queer culture has the potential for LGBTQ activism."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rogin, Michael Paul.
London: BFI publishing, 1998
791.436 1 ROG i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Darwis [Tere Liye], 1979-
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2015
808.81 DAR a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Riki Alviano
"Drama Korea banyak didasari oleh cerita romantis, sejarah, tema kisah-kisah nyata, komedi, drama keluarga, serta penggabungan gender. Salah satu yang menarik di antaranya adalah pengangkatan LGBT dalam drama Korea. Studi ini bertujuan untuk mengetahui representasi dari kaum gay dalam drama Korea Love With Flaws. Metode penelitian penulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, untuk mencari sumber data terkait representasi dan analisis kaum gay dalam drama Korea Love With Flaws. Penulis menggunakan teori representasi dan teori sosiologi perilaku menyimpang dengan pendekatan paradigma struktural fungsional untuk mendekati dan menganalisis data. Merepresentasikan mempunyai artian yaitu menampilkan sesuatu di pemikiran melalui imajinasi ataupun deskripsi. Proses merepresentasikan merupakan proses untuk menentukan bentuk konkret dari konsep pemikiran yang absurd. Teori sosiologi perilaku menyimpang dengan pendekatan paradigma struktural fungsional memiliki artian bahwa masyarakat dan lembaga sosial saling berkaitan satu sama lainnya untuk bekerja sama membangun keharmonisan. Teori ini mengandung kepercayaan akan adanya kemampuan dari tiap masyarakat untuk mengatasi adanya konflik tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah penulis membuktikan bahwa pada drama Korea Love With Flaws, kaum homoseksual memiliki kesetaraan sosial yang hampir sama dengan kaum heteroseksual. Kaum homoseksual dalam drama ini juga digambarkan masih berjuang untuk mendapatkan hak-hak asasinya sebagai manusia yang berada di dalam lingkungan masyarakat luas. Di sisi lain, drama ini juga memperlihatkan adanya kelompok masyarakat yang mulai mendukung tokoh homoseksual.

Many Korean dramas are based on romantic stories, history, themes of true stories, comedy, family dramas, and the incorporation of gender. One of the highlights is the adoption of LGBT in Korean dramas. This study aims to determine the representation of gays in the Korean drama Love With Flaws. This research method of writing uses a qualitative method with a descriptive approach, to find data sources related to the representation and analysis of gays in the Korean drama Love With Flaws. The Author uses representation theory and deviant behavior sociology theory with a functional structural paradigm approach to approach and analyze data. Representing has the meaning of displaying something in thought through imagination or description. The process of representing is a process of determining the concrete form of an absurd concept of thought. The sociological theory of deviant behavior with a structural functional paradigm approach means that society and social institutions are interrelated with each other to work together to build harmony. This theory contains the belief in the ability of each community to overcome the conflict. The results of this study are the authors prove that in the Korean drama Love With Flaws, homosexuals have almost the same social equality as heterosexuals. Homosexuals in this drama are also depicted as still struggling to get their human rights as human beings in the wider community. On the other hand, this drama also shows that there are groups of people who begin to support homosexual characters.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Yuliza
"Perempuan penggemar fans kisah percintaan antar lelaki tersebut di sebut fujoshi Fujoshi sendiri adalah sebutan istilah yang diambil dari bahasa Jepang sedangkan boy s love adalah sebutan untuk genre penerbitan media fiksi yang berfokus pada hubungan antar pria yang bersifat homoerotis maupun homoromantis Di Jepang ada beberapa istilah atau genre yang berkaitan dengan boy s love dalam komik manga Istilah istilah tersebut adalah june shota con shounen ai yaoi dan lain lain Dalam skripsi saya ini saya berfokus pada genre yaoi yaitu kisah percintaan antar lelaki yang berisikan materi hubungan seksual yang lebih banyak dan lebih jelas Penelitian yang digunakan adalah penelitian etnografi dengan mengunakan metode wawancara mendalam in depth interviews dan pengamatan berperanserta participant observation dengan para informan di dunia maya atau biasa dikenal dengan metode cyberetnography dimana subyek fujoshi yang di ambil tidak terbatas Melalui wawancara mendalam dan pengamatan berperanserta diharapkan bisa mengetahui apa saja fantasi dan representasi fujoshi terhadap gay terutama dalam genre yaoi.

Females who is into and is a fan of love story between men is called fujoshi. Fujoshi itself is a reference term taken from the Japanese language, while "boy's love" is the term used as the genre of a fiction story focusing on the relationships between men in a homoromantic and homoerotic nature. In Japan there are several terms or genre of comic books (manga) that are associated with "boy's love", these terms are june, shota-con, shounen-ai, yaoi and others. My thesis will be focusing on the genre, yaoi, which is a love story between men with a more obvious depiction of sexual relationship. This thesis is an ethnographic research using in-depth interviews and participative observation as the data collecting methods. These methods are used as I interact with the informants in cyberspace, commonly known by the method of 'cyberethnography', where fujoshi subjects are unlimited. Through in-depth interviews and observations this thesis is expected to be able to inform the fantasies and representation of fujoshi towards gays, especially in the genre, yaoi.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S60957
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adelia Dinda Sani
"Penelitian ini membahas mengenai pengalaman hidup lelaki gay dalam konteks Indonesia dalam membangun narasi resistensi dan kontestasi identitas demi melawan budaya kelompok dominan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma kritis serta desain fenomenologi, peneliti melakukan wawancara mendalam dengan lima lelaki gay yang tinggal di berbagai kota di Indonesia. Melalui Teori Ruang Ketiga yang dicetuskan Homi K. Bhabha, peneliti mampu mengeksplorasi bagaimana individu membangun narasi resistensi berbentuk mimikri untuk mengganggu relasi kuasa budaya dominan. Ada empat narasi resistensi yang dibangun melalui praktik komunikasi dalam ruang publik, yakni: edukasi, aktivisme, keterbukaan identitas seksual, serta keterlibatan dalam hubungan sesama jenis. Selain itu, peneliti juga mengeksplorasi bagaimana individu dapat menciptakan ruang ketiga dan hibriditas untuk mendestabilisasi identitasnya sebagai "gay" atau "warga Indonesia", dan justru menggabungkan keduanya dalam ruang intrapersonal. Identitas hibrid tersebut diciptakan melalui kontestasi hegemoni heteronormatif, norma agama, dan nasionalitas. Pada akhirnya, individu dapat merekonstruksi dan meredefinisi identitasnya melalui narasi resistensi terhadap budaya dominan, dimana mereka dapat menciptakan kekuasaannya sendiri di dalam ruang ketiga.

This research discusses the lived-experiences of Indonesian gay men and how they created resistance narratives and contested identities to counter the dominant group culture. Using a qualitative approach with a critical paradigm and phenomenology design, researcher conducted in-depth interviews with five gay men who live in various cities in Indonesia. Through employing Third Space Theory by Homi K. Bhabha, researcher manages to explore how individuals built the resistance narratives in the form of mimicry to disrupt the power dynamics of the dominant culture. There are four resistance narratives created through communication practices in the public space, which are: education, activism, openness about sexual orientation, and engagement in same-sex relationships. Aside from that, researcher also explores how Indonesian gay men can construct the third space and hybridity to destabilize their fixed identity as a "gay" or "Indonesian", and mix it instead in the intrapersonal space. Hybrid identity is constructed through the contestation of hegemonic heteronormativity, religious norms, and nationality. In the end, Indonesian gay men are able to reconstruct and redefine their identities through the resistance narratives against the dominant culture, where they can build their own power in the third space."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"[Melangkah jauh dari persoalan seksualitas gay laki-laki, tulisan ini berusaha
menganalisa penindasan dan penolakan yang dialami oleh gay laki-laki di
Indonesia saat ini. Penindasan dan penolakan tersebut berlandaskan nilai-nilai
heteronormativitas serta terwujud dalam sikap homonegativism yang membuat
gay laki-laki di Indonesia terkungkung dan terasing ke ruang yang maya. Peneliti
menempatkan fenomena kriminologi budaya sebagai sebuah tanda dalam dalam
semiotika. Eksplorasi mitos berupa penguraian mitos dilakukan untuk mengetahui
makna dibalik keterkungkungan dan keterasingan gay laki-laki. Pembentukan
mitos baru dilakukan peneliti untuk memunculkan makna-makna tersembunyi
dibalik penggunaan Twitter, Grindr, Jack’D, dan GROWLr oleh gay laki-laki.
Dari hasil eksplorasi mitos ditemukan bahwa ada sebuah makna besari dibalik
penggunaan ke-empat jejaring sosial tersebut oleh gay laki-laki; bahwa Twitter,
Grindr, Jack’D, dan GROWLr digunakan oleh gay laki-laki karena mereka
terasing dari ruang yang nyata ke dalam ruang maya. Dalam ke-empat jejaring
sosial tersebut, gay laki-laki merasa lebih bebas dan membentuk sebuah ruang
heterotopia. Kebebasan gay laki-laki di ruang heterotopia ternyata merupakan
sebuah paradoks karena masyarakat terus mengawasi dengan kuasa-nya yang
panoptic., Moving faraway from the gay men sexuality itself, this research trying to analyzes
the rejections and oppressions towards gay men. Those behaviors are based on the
heteronormativity values that manifested in homonegativism acts––this
Indonesia’s status quo marches gay men into a captivity circumstances and
alienate them into the virtual space. Researcher sees this cultural criminology
phenomenon as a sign in a semiotic world. To embrace the meaning behind those
status quo, researcher intend to do some myth exploration by deciphering it as
well as making a new myth to restore and notify the meaning that has been hiding
behind the uses of Twitter, Grindr, Jack’D, and GROWLr by gay men. From the
exploration, researcher found that there is a huge meaning behind the uses of
those four social network sites by the gay men society; that Twitter, Grindr,
Jack’D and GROWLr uses by gay men as the society alienates them from the
physical space into the virtual space. On those four social network sites, gay men
do feel freer as they also signify and occupy the heterotopian space. The freedom
in heterotopian space apparently is just a paradox since they are always under the
scrutiny of society’s panoptic power.]"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S57318
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizal Kuncoro Romadhon
"ABSTRAK
Penelitian ini menelusuri bagaimana mitos-mitos tentang perempuan
dalam masyarakat patriarkal direproduksi dan disosialisasikan melalui media film,
yang pada akhirnya dapat berpotensi menghasilkan kekerasan simbolik terhadap
perempuan dalam konteks perkawinan poligami. Sebagai sebuah kritik sosial
dalam kerangka paradigma kritis, penelitian ini juga menyoroti praktik poligami
yang dilakukan oleh Soekarno dengan berpihak pada perempuan sebagai korban.
Analisis semiotika Roland Barthes yang digunakan dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa pesan dalam teks film Soekarno: Indonesia Merdeka
memiliki hubungan intertekstual dengan mitos yang terkandung dalam teks
Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan yang disahkan pada
era Pemerintahan Orde Baru. Mitos fertilitas perempuan dan mitos ibuisme yang
terkandung dalam kedua teks tersebut, menyebabkan perempuan mengalami
obyektifikasi sekaligus domestifikasi. Dengan memadukan konsep mitos Roland
Barthes, kekerasan simbolik Pierre Bourdieu, dan symbolic annihilation dari
Gerbner dan Tuchman, penelitian ini menunjukkan bahwa film Soekarno:
Indonesia Merdeka dapat menggiring opini penonton dalam hal poligami dengan
cara memperhalus penokohan karakter laki-laki dan sebaliknya menampilkan
karakter perempuan dalam citra negatif mengikuti penggambaran arus utama

ABSTRACT
This study explores how myths about women in a patriarchal society
reproduced and disseminated through the medium of film, which in turn can
potentially generate symbolic violence against women in the context of
polygamous marriages. As a social criticism within the framework of a critical
paradigm, this study also highlights the practice of polygamy by Soekarno and in
favor of women as victims. Roland Barthes semiotic analysis used in this study
indicates that the message in the text of the film Soekarno: Indonesia Merdeka has
intertextual connection with the myth contained in the text of Act No. 1 of 1974
on Marriage passed in the era of the New Order Government. By combining the
concept of myth by Roland Barthes, symbolic violence by Pierre Bourdieu, and
symbolic annihilation by Gerbner and Tuchman, this study shows that film
Soekarno: Indonesia Merdeka can lead the audience?s opinions in terms of
polygamy by its way of refining characterizations of male characters and
otherwise displaying female character in negative image following the mainstream
depictions"
2016
T45699
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kaplan, Abby
"Do women talk more than men? Does text messaging make you stupid? Can chimpanzees really talk to us? This fascinating textbook addresses a wide range of language myths, focusing on important big-picture issues such as the rule-governed nature of language or the influence of social factors on how we speak. Case studies and analysis of relevant experiments teach readers the skills to become informed consumers of social science research, while suggested open-ended exercises invite students to reflect further on what they've learned. With coverage of a broad range of topics (cognitive, social, historical), this textbook is ideal for non-technical survey courses in linguistics. Important points are illustrated with specific, memorable examples: invariant 'be' shows the rule-governed nature of African-American English; vulgar female speech in Papua New Guinea shows how beliefs about language and gender are culture-specific. Engaging and accessibly written, Kaplan's lively discussion challenges what we think we know about language"
Cambridge: Cambridge University Press, 2016
401.9 KAP w
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Comstock, Gary David
New York: Columbia University Press, 1991
345 Com v
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>