Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 153629 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tamara Rizkiputri Herdiani
"Pandemi telah menyebabkan perubahan dalam pendidikan di mana berbagai kegiatan sekolah dan belajar sekarang dilakukan secara online dengan alat dan platform digital. Namun, perubahan ini ditemukan telah mempengaruhi minat dan frekuensi membaca siswa secara negatif. Aplikasi pembaca eBook oleh penerbit buku teks yang paling banyak digunakan, Erlangga, akan ditingkatkan untuk menyediakan platform bagi siswa untuk membantu studi online mereka. Aplikasi ini juga akan dioptimalkan sebagai branded app, sehingga memungkinkan Erlangga untuk memaksimalkan peluang ini dengan memanfaatkan apa yang dapat ditawarkan oleh branded app untuk membantu tujuan pemasaran dan pencitraan brand perusahaan. Studi ini mengikuti metodologi pemikiran desain dan menggunakan berbagai analisis statistik, termasuk rekayasa Kansei untuk pengumpulan dan pemrosesan data, analisis komponen prinsip sebagai alat pengurangan dimensi faktor dengan solusi varimax yang diputar, dan kuadrat terkecil parsial untuk menentukan elemen desain antarmuka pengguna. Hasil penelitian ini divisualisasikan dalam wireframe desain antarmuka pengguna menggunakan rapid prototyping dan dievaluasi menggunakan seperangkat ukuran penilaian pengujian kegunaan (usability). Selain itu, mock-up yang dapat diklik dibuat untuk mewakili desain pengalaman pengguna. Penelitian ini menghasilkan dua desain antarmuka pengguna akhir yang sesuai dengan target audiens, serta rekomendasi untuk desain pada peneletian lanjutan.

The pandemic has caused a change in education where various school and studying activities are now conducted online with digital tools and platforms. These changes was found to have affected the students’ reading interest and frequency negatively. An eBook reader app by the most used textbook publisher, Erlangga, will be improved, in order to provide students a platform to help with their online studies. The app will also be optimized as a branded app, enabling Erlangga to maximize this opportunity, utilizing what branded apps can offer to aid in the company’s marketing and branding objectives. This study followed the design thinking methodology and used a variety of statistical analyses, including Kansei engineering for data collection and processing, principle component analysis as a factor dimension reduction tool with rotated varimax solution, and partial least square for determining the user interface's design elements. The results of this study were visualized in user interface design wireframes using rapid prototyping and evaluated using a set of usability testing scoring measures. In addition, a clickable mock-up was created to represent the user experience design. This research yielded two final user interface designs that were appropriate for the target audience, as well as recommendations for future designs.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hatara Trirama
"Kualitas kesehatan batita di Indonesia masih memiliki masalah, tercermin dari jumlah angka kematian batita yang tergolong masih cukup tinggi dibanding negara-negara lain di ASEAN. Berdasarkan rekomendasi UNICEF, dikatakan bahwa "Membuat sistem informasi yang kuat sebagai salah satu komponen penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan". Untuk mendapatkan sistem informasi yang kuat dan dapat dipercaya oleh pengguna, maka dibuatlah mobile app yang dapat menjadi sumber informasi kesehatan bayi serta penghubung orangtua dengan dokter spesialis anak.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis persona, card sorting, conjoint analysis, dan system usability scale.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah mobile app yang dapat menjadi sumber informasi kesehatan bayi serta penghubung orangtua dengan dokter spesialis anak.

The quality issue of infant health in Indonesia are not done yet, it is reflected in the number of infant deaths are still quite high compared to other countries in ASEAN. Based on the recommendation of UNICEF, said that "Creating a powerful information systems is an important component in improving the quality of health services". To build a strong information system which can be trusted by the user is to make a mobile app which can be a source of health information and connecting parents with the pediatrician.
The method used in this research is the analysis of persona, card sorting, conjoint analysis, and system usability scale.
Results from this study is a mobile app that can be a source of infant health information and connecting parents with the pediatrician.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62021
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irzanes Putri
"PT XL Axiata Tbk merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan telekomunikasi di Indonesia yang terus berupaya untuk melakukan digitalisasi dalam bisnisnya. Salah satu bentuk transformasi digital yang dilakukan adalah aplikasi MyXL. Aplikasi MyXL merupakan aplikasi self–care yang menawarkan berbagai paket layanan serta sarana untuk melayani pelanggan secara digital. Data total transaksi pelanggan XL menujukkan bahwa total transaksi melalui aplikasi MyXL hanya 39% dibandingkan total transaksi melalui modern channel. Di samping itu berdasarkan data Play Store dan Apple Store, hanya 29% pelanggan yang mengunduh aplikasi MyXL. Rendahnya penggunaan aplikasi MyXL disebabkan rendahnya minat pelanggan untuk menggunakan aplikasi MyXL. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor yang memengaruhi niat penggunaan aplikasi MyXL. Konstruk yang digunakan pada model penelitian yaitu system quality, information quality, service quality, perceived usefulness, perceive ease of use, social influence, facilitating conditions, reward, trust, dan intention to use. Penelitian ini menggunakan mixed method dimana data kuantitatif didapatkan dari hasil kuesioner dan data kualitatif didapatkan dari hasil open-ended question. Analisis data dilakukan terhadap 122 data responden menggunakan pendekatan PLS-SEM dan analisis tematik. Hasil dari penelitian menunjukkan 10 hipotesis diterima dan 9 hipotesis lainnya ditolak. Facilitating conditions, perceived usefulness, perceived ease of use, system quality, dan information quality menjadi faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan aplikasi MyXL. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, dan facilitating conditions memperkuat hasil penelitian terdahulu terkait niat penggunaan dan menunjukkan hal-hal yang harus ditingkatkan oleh perusahaan sebagai pemiliki aplikasi.

PT XL Axiata Tbk is one of the telecommunications company services in Indonesia that continues to strive to digitize its business. One form of digital transformation carried out is the MyXL application. The MyXL application is a self-care application that offers various service packages and facilities to serve customers digitally. Data on total XL customer transactions shows that total transactions via the MyXL application are only 39% compared to total transactions via modern channels. Apart from that, based on Play Store and Apple Store data, only 29% of customers downloaded the MyXL application. The low use of the MyXL application is due to low customer interest in using the MyXL application. This research aims to analyze the intention to use factors in the MyXL application. The constructs used in the research model are system quality, information quality, service quality, perceived usefulness, perceived ease of use, social influence, facilitating conditions, reward, trust, and intention to use. This research uses mixed methods where quantitative data is obtained from questionnaire results and qualitative data is obtained from open-ended questions. Data analysis was carried out on 122 respondents, data analysis using the PLS-SEM and thematic approaches. The results of the research showed that 10 hypotheses were accepted and 9 other hypotheses were rejected. Facility conditions, perceived usefulness, perceived ease of use, system quality, and information quality are factors that influence intentions to use the MyXL application. The implications of this research show that perceived usefulness, perceived ease of use, and facilitating conditions strengthen the results of previous research regarding usage intentions and indicate things that must be improved by companies as application owners."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Erwin Oky Sutjonong
"Tukang.com adalah brand dari PT Tukang Teknologi Indonesia yang bergerak di bidang jasa pemeliharaan bangunan yang meliputi perbaikan, pemasangan, dan paket pemeliharaan properti. Pada 3 bulan pertama setelah didirikan, Tukang.com belum mampu mencapai target pesanan yang diharapkan karena bisnis prosesnya yang masih konvensional dan tidak efisien utamanya pada proses pemesanan menggunakan website yang belum berjalan dengan baik. Manajemen Tukang.com kemudian mengambil keputusan untuk mengembangkan aplikasi berbasis mobile dalam rangka meningkatkan kualitas layanan dan memberikan nilai lebih kepada pelanggan, mitra kerja, dan tukang.
Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan aplikasi mobile yang dimaksud dengan berbasikan metode Rational Unified Process yang telah dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Tukang.com, pengembangan meliputi alur kerja requirement, analysis and design, dan implementation yang dilakukan secara iteratif sebanyak 3 kali. Hasil penelitian berupa aplikasi mobile Tukang.com untuk pelanggan, mitra kerja, dan tukang, selain itu dihasilkan juga konfigurasi proses pengembangan dalam bentuk Standard Operating Procedure SOP yang dapat digunakan untuk pengembangan perangkat lunak pada lingkungan Tukang.com.

Tukang.com is a brand of PT Tukang Teknologi Indonesia that provides property maintenance and fixing services. After the first three months since its establishment, Tukang.com has not yet reached its sales target because it still uses a conventional business process which is not efficient especially on its order information system. In order to solve this problem, management board has taken a decision to create mobile applications that can improve the quality of service and bring additional values to their customers, vendors, and workers.
This research attempts to develop such applications based on Rational Unified Process model that has been modified to suite Tukang.com rsquo s environment and requirements, it involves three workflows which are requirement, analysis and design, and implementation, these workflows are performed in three iterations. The results of this research are Tukang.com mobile applications and a process configuration in a form of a Standard Operating Procedure SOP of software development for Tukang.com.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Manuel Yoseph Ray
"Aplikasi mobile bidang transportasi di Indonesia semakin populer digunakan. MRT-J merupakan aplikasi mobile bidang transportasi yang membantu penggunanya dalam menggunakan layanan MRT Jakarta. Meskipun aplikasi mobile MRT-J dapat memudahkan penggunanya dalam menggunakan layanan MRT Jakarta, terdapat beberapa masalah yang terdapat pada aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pada aspek transportasi dan finansial dari aplikasi tersebut dan memberikan solusi berupa rancangan desain antarmuka alternatif. Perancangan desain antarmuka alternatif pada penelitian ini menggunakan metode User-Centered Design dengan menerapkan prinsip desain interaksi Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design dan Nielsen’s Ten Usability Heuristics. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan penyebaran kuesioner daring, Usability Testing (UT), dan penyebaran kuesioner System Usability Scale (SUS). Data berupa keluhan dan saran dianalisis dan hasil analisis tersebut digunakan untuk merancang solusi berupa desain antarmuka alternatif yang mencakup aspek transportasi dan finansial yaitu fitur beli tiket, lihat jadwal, pembayaran dan kartuku. Setelah proses perancangan solusi selesai, solusi dievaluasi dengan UT dan SUS. Hasil evaluasi solusi kemudian dibandingkan dengan hasil evaluasi terhadap aplikasi saat ini (as-is). Diperoleh bahwa nilai dari SUS mengalami peningkatan pada aspek transportasi dan finansial. SUS pada aspek transportasi memperoleh nilai 95,75, yang sebelumnya 51,5, dan SUS pada aspek finansial memperoleh nilai 92,75, yang sebelumnya 55,25. Nilai-nilai tersebut melebihi nilai 80 yang menjadi benchmark untuk menentukan suatu produk memiliki tingkat User experience yang di atas rata-rata.

Mobile applications on the transportation sector in Indonesia are increasingly being used. MRT-J is a mobile application in the field of transportation that helps users to use MRT Jakarta. Although the MRT-J mobile application can make it easier for users to use MRT Jakarta, there are several problems with the application. This study aims to identify problems in the transportation and financial aspects of the application and provide solutions in the form of alternative interface designs. The design of alternative interface designs in this study uses the User-Centered Design method by applying the interaction design principles of Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design and Nielsen's Ten Usability Heuristics. Research data was collected by distributing online questionnaires, Usability Testing (UT), and distributing System Usability Scale (SUS) questionnaires. Data in the form of complaints and suggestions are analysed and the results of the analysis are used to design solutions in the form of alternative interface designs that include transportation and financial aspects, namely the ticket purchase feature, view schedule, payment and my card. After the solution design process is completed, the solution is evaluated with UT and SUS. The results of the evaluation of the solution are then compared with the results of the evaluation of the current application (as-is). It was found that the value of SUS has increased in the transportation and financial aspects. SUS in the transportation aspect scored 95.75, previously 51.5, and SUS in the financial aspect scored 92.75, previously 55.25. These values exceed the value of 80 which is the benchmark to determine a product has an above average level of User experience."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Willana Almira Asysyafa
"Perkembangan teknologi memberikan manfaat di berbagai industri salah satunya pada industri fasilitatif di sektor transportasi. Transportasi memiliki peran penting dalam perkembangan ekonomi. Khususnya DKI Jakarta sebagai ibukota negara dan pusat perekonomian Indonesia, transportasi umum dibutuhkan untuk mendukung mobilitas warganya. PT Transportasi Jakarta memiliki aplikasi traveller service mereka untuk membantu mobilisasi warganya dalam menggunakan bus Transjakarta bernama Tije. Namun, berdasarkan feedback serta hasil evaluasi user experience dari pengumpulan dan pengolahan data menggunakan usability testing, aplikasi masih memiliki tingkat usability yang rendah sehingga tingkat kepuasan pengguna masih rendah pula. Pengukuran yang digunakan dari jenis performance metrics (task success rate, error, dan time on task), issue-based metrics (retrospective think aloud) serta self-reported metrics (single ease question dan juga pengisian kuesioner PSSUQ). Untuk itu, pendekatan user centred design digunakan dengan memberikan rekomendasi perbaikan desain untuk aplikasi Tije dengan mengacu kepada teori 10 Heuristics for User Interface Design. Dari hasil uji verifikasi, rekomendasi perbaikan yang diberikan dapat meningkatkan kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi Tije.

An improvement among technological development have provided benefits across various industries, including the facilitative industry in the transportation sector. Transportation plays a crucial role in economic development, particularly in DKI Jakarta, the capital city of Indonesia and the center of its economy, where public transportation is essential to support the mobility of its residents. PT Transportasi Jakarta has developed their traveller service application to assist the mobility of residents using the Transjakarta bus, called Tije. However, based on feedback and user experience evaluation through usability testing, the application still exhibits a low level of usability, resulting in low user satisfaction. Performance metrics (task success rate, errors, and time on task), issue-based metrics (retrospective think aloud), and self-reported metrics (single ease question and PSSUQ questionnaire) were utilized to measure usability. To address this, a user-centered design approach was adopted to provide design improvement recommendation for Tije application based on the 10 Heuristics for User Interface Design theory. Through statistical verification, the suggested design improvements were found to enhance user satisfaction in using the Tije application."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maulydia Trivania
"Produk finansial berbasis teknologi terus mengalami perkembangan dan disambut baik oleh banyak masyarakat Indonesia dengan bukti seperti meningkatnya pembayaran cashless dan penggunaan produk keuangan digital lainnya. Akan tetapi, peningkatan kemajuan teknologi ini juga mendorong tindak penipuan keuangan. Untuk melindungi masyarakat Indonesia, pemerintah membangun banyak infrastruktur edukasi sebagai sarana menyampaikan edukasi keuangan. Salah satunya adalah Aplikasi Sikapi Uangmu yang bertujuan untuk memberikan edukasi keuangan kepada masyarakat dan sekaligus menjadi alat bantu perencanaan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan awal pada aplikasi ini dan memperoleh rancangan perbaikan aplikasi dalam domain produk sejenis yaitu Edukasi dan Perencanaan Keuangan. Perbaikan yang dilakukan akan meningkatkan efektivitas edukasi yang diberikan sekaligus menyediakan aspek kemudahan dan kenyamanan penggunaan aplikasi. Kategori permasalahan awal yang teridentifikasi adalah penyajian informasi dan kelengkapan fitur aplikasi, kemudahan penggunaan aplikasi, dan tampilan aplikasi. Metode yang digunakan adalah Kansei Engineering untuk mendapatkan rancangan aplikasi yang sesuai dengan preferensi pengguna dan Usability Testing serta Eye Tracking untuk menguji dan membandingkan prototipe aplikasi baru dengan Aplikasi Sikapi Uangmu. Hasil yang didapatkan adalah pada rancangan perbaikan mendapat nilai yang lebih tinggi untuk semua kriteria yang diukur dalam penelitian ini yaitu efektivitas edukasi, kemudahan dan kenyamanan penggunaan, serta kepuasan pengguna secara keseluruhan
..Technology-based financial products continue developing and welcome by many Indonesian people. However, this increase in technological progress has also led to financial fraud. To protect the people, Indonesian government built a lot of educational infrastructure as a means of delivering financial education. One of them is the Sikapi Uangmu mobile application which aims to provide financial education to the community and become a financial planning tool. This study aims to identify the initial problems in this application and obtain an application improvement plan in the domain of similar products, namely Education and Financial Planning. Improvements made will increase the effectiveness of the education provided while providing aspects of the ease and convenience of using the application. The initial problem categories identified were the application’s contents, ease of use, and appearance. The methods used were Kansei Engineering to get an application design that is in accordance with user preferences and Usability Testing and Eye Tracking to test and compare new application prototypes with the Sikapi Uangmu. The result obtained was the improvement design gets a higher score for all the criteria measured in this study, namely the effectiveness of education, ease and convenience of use, and overall user satisfaction."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suwarno Pribadi
"Aplikasi berbasis web dengan kemudahan fitur yang ditawarkan bagi user membuat perusahaan-perusahaan menggunakannya sebagai aplikasi penunjang bisnis mereka. Namun dibalik kemudahan itu, aplikasi ini memiliki celah keamanan berupa suatu kerawanan yang dapat dieksploitasi apabila tidak ditangani dengan baik. Faktor keamanan suatu aplikasi harus diperhatikan tidak hanya saat aplikasi tersebut beroperasi, tapi sudah dimulai sejak aplikasi tersebut masih dalam proses pengembangan. Tidak adanya pedoman keamanan yang dapat dijadikan acuan dalam proses pengembangan aplikasi dapat berakibat pada kurangnya kualitas keamanan aplikasi yang akan dihasilkan.
Penelitian ini berusaha menunjukkan suatu proses perancangan pedoman keamanan pengembangan aplikasi berbasis web studi kasus pada perusahaan industri telekomunikasi yang memiliki strategi mengembangkan sendiri aplikasi-aplikasi berbasis web sebagai penunjang bisnisnya. Proses diawali dengan kajian risiko keamanan aplikasi berbasis web dalam proses pengembangan aplikasi yang sudah ada dalam perusahaan tersebut. Dilanjutkan dengan pemilihan kontrol-kontrol untuk mengendalikan risiko hasil kajian tadi.
Kajian risiko menggunakan kerangka kerja yang sudah dibakukan di perusahaan dan dikombinasikan dengan kerangka kerja kajian risiko dan kontrol standar dari OWASP dan NIST. Hasil yang diharapkan berupa pedoman keamanan pengembangan aplikasi berbasis web yang sesuai untuk lingkungan studi kasus tersebut.

Web base application with the rich fitur that can be offered to the user has motivate many companies to use it as a business application platform. But behind the simplicity, this application has a security vulnerability that can be exploited if not handled properly. Safety factor of the application must be considered not only when the application is in operation, but has started since the application is still under development. The absence of security guidelines that can be used as a reference in the application development process can result in a lack of quality security application that will be generated.
This study attempted to show a security guideline development process of designing a web-based application on a case study of the telecommunication industry company who have their own strategies to develop web-based applications to support its business. The process begins with the assessment of security risks in web based application development process existing applications within the enterprise. Followed by the selection of controls to control risk assessment results earlier.
Using a risk assessment framework that has been standardized across the enterprise and combined with the framework of risk assessment and control of the OWASP and NIST standards. Results are expected in the form of security guideline fort web-based application development environment in the case study.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Turina Farouk
"Penelitian ini menganalisis jaringan data komunik.asi BlackBerry di Divisi Marketing Communication PT. Excelcomindo Pratama menggunakan kerangka untuk mengetahui model jaringan komunikasi yang terbentuk, indikator dari nilai konsumsi, fitur komunikasi data yang paling tersentralitas, serta anggota jaringan yang menjadi.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa model jaringan komunikasi yang te!bentuk odalah lingkaran dengan temuan menarik bahwa indikator aman dan ketergantungan yang merupakan indikator dari nilai emosional memiJiki sentralitas yang ekstrirn, serta memunculkan juga push mail sehagai fitur komunikasi data yaog paling tersentralitas, dengan adanya salah satu anggota jaringan yang menjadi star pada jaringan pengguna BlackBerry di Divisi Marketing Communication PT. Excelcomindo Pratama.

This research is conducted to analyze Blackberry communication in Marketing Communication Division PT. Excelcomindo Pratama by using a framework to reveal established communication network model consumption value indicator the most centralized Blackberry data communication feature, and the network member who becomes a star in network.
The result shows that the established communication network is an interesting circle. The secure indicator, dependency, and craziness are emotional value indicator which have extreme centrality and push mail becomes the most centralized data communication feature because a member of network becomes the star in Marketing Communication Division PT. Excelcomindo Pratama Blackberry users network.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T32474
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Moh. Hasan Basri
"Perbankan di Indonesia telah meluncurkan aplikasi perbankan seluler dengan tujuan untuk memberikan pengalaman layanan yang baik bagi nasabah. Bank harus meningkatkan efektivitas aplikasi perbankan seluler mereka untuk memberikan peningkatan nilai aplikasi tersebut. Dalam upaya menemukan ruang perbaikan bagi perbankan, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui topik yang umum dibicarakan serta mengetahui sentimen ulasan pengguna layanan perbankan seluler di Indonesia pada ulasan Google Play yang dimiliki oleh BNI, BCA, dan Mandiri. Penelitian ini menambah penerapan text mining dan membantu pengembang platform digital perbankan ulasan dengan efisien, dan mendukung pengambilan keputusan dan strategi bisnis unggul. Tiga algoritma klasifikasi sentimen, yaitu logistic regression, naïve bayes, dan support vector machine digunakan dalam penelitian ini. Algoritma dijalankan pada pemodelan train data, k-fold cross validation data train, k-fold cross validation semua data, dan prediksi data test. Pemodelan topik adalah LDA (Latent Dirichlet Allocation) untuk kategori sentimen. Algoritma logisitc regression memiliki akurasi tertinggi yaitu 97,00 %. Model digunakan pada data baru, diketahui ulasan didominasi dengan sentimen negatif yaitu sebesar 62,22% atau sebanyak 7.374 sedangkan ulasan sentimen positif sebesar 37,78% atau sebanyak 4.477 ulasan. Pemodelan topik ulasan aplikasi perbankan seluler sentimen positif memiliki nilai koheren tertinggi 0,649 dengan jumlah 19 topik membahas kemudahan dan kelancaran transaksi, kelengkapan fitur, keamanan, akses dan login, kecepatan dan efisiensi, dan kemudahan penggunaan. Pemodelan topik ulasan aplikasi perbankan seluler sentimen negatif memiliki nilai koheren tertinggi 0,440 dengan jumlah 18 topik membahsas push notifikasi uang masuk, top-up dan transfer gagal, kesulitan login aplikasi perbankan seluler, update mengganggu, gagal transaksi, saldo terpotong saat gagal transaksi, error sistem, kendala BI-Fast dan kartu, dan masalah verifikasi. Kata kunci: pemodelan topik, analisis sentimen, text mining, aplikasi perbankan seluler, ulasan aplikasi.

Banks in Indonesia have launched mobile banking to provide good experience for customers. However, digital mobile banking services in Indonesia are considered unideal. Banks shall increase the effectiveness of their mobile banking applications to gain value added. Finding room for improvement can be done by analyzing mobile banking user feedback in the Google Play review column. This research aims to determine the topics that are commonly discussed and expected as well as to find out the sentiment of reviews of mobile banking owned by BNI, BCA, and Mandiri. This research enhances the application of text mining and helps digital banking platform developers analyze reviews efficiently, supporting decision-making and superior business strategies. Three sentiment classification algorithms, namely logistic regression, naïve Bayes, and support vector machine were used in this research. Each algorithm is run for modeling train data, k-fold cross validation of train data, k-fold cross validation of all data, and prediction of test data. Topic modeling is LDA (Latent Dirichlet Allocation) for each sentiment category. The logical regression algorithm is the highest accuracy, 97.00%. Apply model for new data, 62.22% or 7,374 reviews are dominated by negative sentiment, while positive sentiment reviews are 37.78% or 4,477 reviews. Topic modeling of mobile banking review with positive sentiment has the highest coherent value of 0.649 with 19 topics discusses ease and smoothness of transactions, completeness of features, security, access and login, speed and efficiency, and ease of use. Meanwhile, topic modeling with negative sentiment has the highest coherent value of 0.440 with a total of 18 topics discusses push notifications for incoming money, failed top-ups and transfers, difficulties login to mobile banking, annoying updates, failed transactions, balances deducted when transactions fail, system errors, BI-Fast and card problems, and verification problems."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>