Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 74166 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anatevi Natasha Cornelia
"Pesatnya kemajuan teknologi di Indonesia telah mengubah setiap aspek kehidupan masyarakat sehari-hari, termasuk transaksi komersial yang kini biasa dilakukan melalui platform digital. Perilaku konsumen telah berubah sebagai akibat dari e-Commerce, terutama di industri kecantikan. PT. XYZ memanfaatkan peluang ini hingga membesarkan merek lokal dan Internasional, serta meraih Penghargaan MURI sebagai Toko Online Indonesia pertama yang Mendapat Merek Internasional, namun masih memiliki kepuasan konsumen yang rendah dengan pengalaman penggunanya. Studi ini diarahkan oleh metodologi pemikiran desain, yang berfungsi sebagai kerangka kerja inti, serta pendekatan six thinking hats untuk pemecahan masalah dan studi pengumpulan dan pemrosesan data lainnya. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan Usability Heuristics Principles and Visual Design Principles sebagain paduan utama dalam mengevaluasi UI/UX pada antarmuka website PT. XYZ. Penelitian ini menghasilkan prototipe antarmuka pengguna dengan ketelitian tinggi untuk Situs Web e-Commerce Kecantikan, yang divalidasi melalui pengujian kegunaan dan kuesioner PSSUQ.

The rapid advancement of technology in Indonesia has altered every aspect of people's everyday lives, including commercial transactions, which are now commonly undertaken via digital platforms. Consumer behaviour has changed as a result of e-Commerce, notably in the beauty industry. PT. XYZ seize this opportunity up to raising local brands and achieved MURI Awards as the first Indonesian Online Store to Get International Brand, but it still has low consumer satisfaction with its user experience that was confirmed through website performance and the distributed open questionnaire. This study follows the design thinking methodology, which served as the core framework, as well as the six hats thinking approach for issue solving and other data gathering and processing studies. Furthermore, it uses the Usability Heuristics Principles and Visual Design Principles as the main guidelines. Hence, the research resulted in a high-fidelity prototype of the user interface for a Beauty e-Commerce Website, which was validated through usability testing and the PSSUQ questionnaire.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anatevi Natasha Cornelia
"Pesatnya kemajuan teknologi di Indonesia telah mengubah setiap aspek kehidupan masyarakat sehari-hari, termasuk transaksi komersial yang kini biasa dilakukan melalui platform digital. Perilaku konsumen telah berubah sebagai akibat dari e-Commerce, terutama di industri kecantikan. PT. XYZ memanfaatkan peluang ini hingga membesarkan merek lokal dan Internasional, serta meraih Penghargaan MURI sebagai Toko Online Indonesia pertama yang Mendapat Merek Internasional, namun masih memiliki kepuasan konsumen yang rendah dengan pengalaman penggunanya. Studi ini diarahkan oleh metodologi pemikiran desain, yang berfungsi sebagai kerangka kerja inti, serta pendekatan six thinking hats untuk pemecahan masalah dan studi pengumpulan dan pemrosesan data lainnya. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan Usability Heuristics Principles and Visual Design Principles sebagain paduan utama dalam mengevaluasi UI/UX pada antarmuka website PT. XYZ. Penelitian ini menghasilkan prototipe antarmuka pengguna dengan ketelitian tinggi untuk Situs Web e-Commerce Kecantikan, yang divalidasi melalui pengujian kegunaan dan kuesioner PSSUQ.

The rapid advancement of technology in Indonesia has altered every aspect of people's everyday lives, including commercial transactions, which are now commonly undertaken via digital platforms. Consumer behaviour has changed as a result of e-Commerce, notably in the beauty industry. PT. XYZ seize this opportunity up to raising local brands and achieved MURI Awards as the first Indonesian Online Store to Get International Brand, but it still has low consumer satisfaction with its user experience that was confirmed through website performance and the distributed open questionnaire. This study follows the design thinking methodology, which served as the core framework, as well as the six hats thinking approach for issue solving and other data gathering and processing studies. Furthermore, it uses the Usability Heuristics Principles and Visual Design Principles as the main guidelines. Hence, the research resulted in a high-fidelity prototype of the user interface for a Beauty e-Commerce Website, which was validated through usability testing and the PSSUQ questionnaire."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jonathan Farrel Kosimwidjaja
"PT. Golden Harvest Cocoa Indonesia sedang mengalami sebuah masalah dimana banyak
dari karyawan yang dipekerjakan dari masyarakat sekitar tidak mempunyai kompetensi,
yang dibuktikan dengan nilai rendah dalam tes yang diadakan dalam workshop dan
penilaian dari audit eksternal. Perusahaan telah memberikan mereka pelatihan dan
informasi cukup mengenai pekerjaan mereka namun mereka tidak mempunyai
kemampuan mental untuk bekerja dengan lebih baik. Perusahaan ingin mencari cara lain
untuk menaikkan tingkat kompetensi karyawan selain memberikan mereka pelatihan dan
pendidikan yang benar. Salah satu hipotesis yang digunakan adalah bahwa mencari halhal
apa saja yang membuat karyawan tidak puas dengan pekerjaan mereka dan
memperbaiki hal-hal tersebut bisa menaikkan kompetensi. Sebuah survey kepuasan
karyawan dilaksanakan bagi karyawan perusahaan, dan menggunakan sebuah teori
kepuasan karyawan Kano model alternative, butir-butir yang dibahas dalam survey dapat
dikelompokkan kedalam empat kategori Kano: Delighters, Dissatisfiers, atribut
Performance, dan atribut Indifferent. Kategori Dissatisfier dan atribut Performance
adalah dua kategori yang paling diperhatikan sebab Dissatisfier adalah sumber dari
ketidakpuasan karyawan dan atribut Performance dapat meningkatkan kepuasan dan
menurunkan ketidakpuasan secara bersamaan. Survei membuktikan bahwa aspek yang
paling menjadi perhatian bagi karyawan adalah mereka perlu atasan yang mereka bisa
andalkan jika sesuatu yang luar biasa terjadi dan juga pengertian yang baik tentang job
description mereka dan semua sarana dan prasarana yang mereka bisa gunakan untuk
pekerjaan mereka. Salah satu cara masalah in bisa diatasi adalah dengan pengerahan
pemimpin tim agar mereka bisa menjadi motivator dan pengelola tim yang baik.

PT. Golden Harvest Cocoa Indonesia is currently facing an issue in which many of the
locally sourced employees of the company are lacking in competence, as evident by their
low scores in workshop tests and external audits. The company has given them adequate
training and information, but they simply do not have the mental capability to perform
better. The company wants to look for other ways in which the competence level of the
employees can be increased beside giving them the proper education and training for the
job. It is hypothesised that finding out the current aspects of dissatisfaction among the
employees and fixing them can improve competence. An employee satisfaction survey is
carried out among the organisation’s employees, and using an alternative form of the
Kano model of customer and employee satisfaction, the different attributes in the survey
can be mapped out into four Kano categories: Delighters, Dissatisfiers, Performance
attributes, and indifferent attributes. The dissatisfiers and performance attributes are the
areas of most concern because dissatisfiers are the main sources of dissatisfaction and
performance attributes have the potential to increase satisfaction and decrease
dissatisfaction at the same time. The survey reveals that the aspect that is the most
concerning for employees is that they need someone to report to in the case of something
out of the ordinary happening and they need a good understanding of their job description
and all the resources available for them to do their job. One way this problem can be
solved is by expanding the role of team leaders in the company so that team leaders can
function as good motivators and managers of their team.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aysha Salsabilla Herfinanda
"Universitas Indonesia menyatakan target universitas pada tahun 2024 mendatang yaitu meningkatkan rangking universitas secara internasional (via QS rank) menjadi top 5 universitas di Asia Tenggara. Namun, di tahun 2022 Universitas Indonesia masih menempati rangking QS rank pada posisi ke-11 se-Asia Tenggara. QS rank sendiri menempatkan rangking universitas berdasarkan 6 metriks, 3 diantaranya berhubungan langsung dengan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia di universitas yang dinilai. Maka, secara langsung Direktorat Sumber Daya Manusia di Universitas Indonesia (DSDM UI) berperan penting dalam perwujudan target Universitas Indonesia pada tahun 2024 mendatang. Website Direktorat Sumber Daya Manusia Universitas Indonesia merupakan salah satu kiat Direktorat Sumber Daya Manusia Universitas Indonesia untuk mewujudkan target universitas dengan mempercepat layanan dan ketepatan agar menigkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia didalam universitas. Penelitian ini berpedoman pada metodologi berpikir desain (design thinking) yang akan digunakan sebagai kerangka utama penelitian bersamaan dengan metode konsep berpikir SCAMPER untuk menyelesaikan permasalahan, yang tentunya juga didukung oleh beberapa analisis statistik lainnya dalam melakukan peroses pengumpulan dan pengolahan data. Hasil akhir dari penelitian ini berupa prototipe high fidelity desain antarmuka Website DSDM UI yang dihasilkan setelah dilakukan pengujian usability dan pengukuran kepuasan menggunakan kuesioner PSSUQ.

Universitas Indonesia announced that its goal for 2024 is to improve its worldwide rating (through QS rank) to become one of the top five institutions in Southeast Asia. However, the Universitas Indonesia is still ranked 11th in Southeast Asia in the QS rankings in 2022. The QS rank assigns university rankings based on six criteria, three of which are directly connected to the quality and quantity of human resources at the evaluated institutions. As a result, the Directorate of Human Resources of Universitas Indonesia (DSDM UI) plays a direct role in achieving the Universitas Indonesia's 2024 aim. The website of the Directorate of Human Resources at the Universitas Indonesia is one of the strategy by the Directorate of Human Resources at Universitas Indonesia for achieving university goals by increasing the quality and quantity of human resources within the university by accelerating service and accuracy. This research is guided by the design thinking methodology which will be used as the main research framework along with the SCAMPER concept thinking method to solve problems, which of course is also supported by several other statistical analyzes in carrying out the data collection and processing process. The final result of this research is a high fidelity prototype of the DSDM UI’s Website interface design which was produced after usability testing and satisfaction measurement using the PSSUQ questionnaire were carried out."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erinna Masari Putri
"Meningkatnya tren makanan Jepang di Indonesia menimbulkan persaingan dalam industri makanan dan minuman. Hal ini menciptakan urgensi bagi setiap bisnis, dalam hal ini Restoran Boloo2, untuk menciptakan kehadiran digital yang baik. Salah satu caranya adalah dengan menciptakan user experience yang lebih baik melalui situs web. Penelitian ini menggunakan metodologi design thinking yang terdiri dari empathy, define, ideation, prototype, dan test untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dengan mendesain ulang website yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah prototipe dengan ketelitian tinggi yang akan diuji menggunakan pengujian kegunaan dan kuesioner PSSUQ.

The increasing trend of Japanese Food in Indonesia created competition in the food and beverages industry. This creates an urgency for every business, in this case Boloo2 Restaurant, to create a good digital presence. One of the ways is to create an elevated user experience through the website. This research used the design thinking methodology that consists of empathy, define, ideate, prototype, and test to solve the existing problems by redesigning the current website. The output of this research would be the high-fidelity prototype that will be tested using usability testing and PSSUQ questionnaire."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Adlan Walid Muntashir
"Fenomena thrifting mengalami perkembangan yang pesat dan diprediksi akan terus bertumbuh. Secondhand fashion e-commerce merupakan platform online yang memfasilitasi aktivitas jual beli barang bekas berjenis fashion. Meskipun mengalami pertumbuhan yang pesat, secondhand fashion e-commerce menghadapi tantangan seperti masalah kepercayaan dan keamanan serta masalah kenyamanan dan kemudahan pengguna. Oleh karena itu, diperlukan analisis mendalam untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem informasi dan desain antarmuka dari platform secondhand fashion e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, serta melakukan evaluasi terhadap desain antarmuka tersebut. Penelitian ini memanfaatkan metodologi Design Thinking yang berfokus pada inovasi dan pemecahan masalah yang kompleks. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui benchmarking, survei kualitatif, dan wawancara dengan stakeholders utama. Analisis dan perancangan sistem informasi dari platform ini terdiri atas pemodelan functional, structural, dan behavioral yang dilakukan menggunakan pendekatan Object-Oriented Systems Analysis and Design. Penelitian ini juga akan menyoroti pentingnya informasi naratif, validasi barang, dan gamifikasi dalam secondhand fashion e-commerce. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan high-fidelity prototype dari platform secondhand fashion e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Evaluasi akhir penelitian ini melibatkan Usability Testing yang menunjukkan success rate di atas 90% dan System Usability Scale (SUS) dengan skor SUS sebesar 86,36. Penelitian ini diharapkan dapat menghadirkan wawasan baru terkait implementasi metode Design Thinking dalam analisis dan perancangan sistem informasi serta desain antarmuka dari platform secondhand fashion e-commerce, serta memberikan masukan untuk calon pengembang platform dan peneliti yang akan menjalankan penelitian selanjutnya dengan konteks yang sama.

The phenomenon of thrifting, or buying and selling secondhand clothing, has experienced rapid growth and is predicted to continue expanding in the future. Secondhand fashion e-commerce is an online platform that facilitates the buying and selling of used fashion items or clothing. Despite its rapid growth, secondhand fashion e-commerce faces challenges such as trust and security issues, as well as convenience and user-friendliness. Therefore, an in-depth analysis is needed to address these challenges. This research aims to analyze and design the information system and user interface of a secondhand fashion e-commerce platform that meets user needs, as well as to evaluate the designed interface. The research utilizes the Design Thinking methodology, which focuses on innovation and solving complex problems. Data collection in this study is conducted through benchmarking, qualitative surveys, and interviews with key stakeholders, namely buyers, sellers, and administrators. The analysis and design of the information system for this platform include functional, structural, and behavioral modeling using the Object-Oriented Systems Analysis and Design (OOSAD) approach. This research also highlights the importance of narrative information, item validation, and gamification in secondhand fashion e-commerce. The final result of this research is a high-fidelity prototype design of a secondhand fashion e-commerce platform that meets user needs. The final evaluation of this research involves Usability Testing, which shows a success rate above 90% and a System Usability Scale (SUS) score of 86.36 which categorize the interface’s overall rating as Excellent. This research is expected to provide new insights into the implementation of the Design Thinking method in the analysis and design of information systems and user interfaces for secondhand fashion e-commerce platforms, as well as to offer input for future platform developers and researchers conducting studies in the same context."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arkan Fauzan
"Fenomena thrifting mengalami perkembangan yang pesat dan diprediksi akan terus bertumbuh. Secondhand fashion e-commerce merupakan platform online yang memfasilitasi aktivitas jual beli barang bekas berjenis fashion. Meskipun mengalami pertumbuhan yang pesat, secondhand fashion e-commerce menghadapi tantangan seperti masalah kepercayaan dan keamanan serta masalah kenyamanan dan kemudahan pengguna. Oleh karena itu, diperlukan analisis mendalam untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem informasi dan desain antarmuka dari platform secondhand fashion e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, serta melakukan evaluasi terhadap desain antarmuka tersebut. Penelitian ini memanfaatkan metodologi Design Thinking yang berfokus pada inovasi dan pemecahan masalah yang kompleks. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui benchmarking, survei kualitatif, dan wawancara dengan stakeholders utama. Analisis dan perancangan sistem informasi dari platform ini terdiri atas pemodelan functional, structural, dan behavioral yang dilakukan menggunakan pendekatan Object-Oriented Systems Analysis and Design. Penelitian ini juga akan menyoroti pentingnya informasi naratif, validasi barang, dan gamifikasi dalam secondhand fashion e-commerce. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan high-fidelity prototype dari platform secondhand fashion e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Evaluasi akhir penelitian ini melibatkan Usability Testing yang menunjukkan success rate di atas 90% dan System Usability Scale (SUS) dengan skor SUS sebesar 86,36. Penelitian ini diharapkan dapat menghadirkan wawasan baru terkait implementasi metode Design Thinking dalam analisis dan perancangan sistem informasi serta desain antarmuka dari platform secondhand fashion e-commerce, serta memberikan masukan untuk calon pengembang platform dan peneliti yang akan menjalankan penelitian selanjutnya dengan konteks yang sama.

The phenomenon of thrifting, or buying and selling secondhand clothing, has experienced rapid growth and is predicted to continue expanding in the future. Secondhand fashion e-commerce is an online platform that facilitates the buying and selling of used fashion items or clothing. Despite its rapid growth, secondhand fashion e-commerce faces challenges such as trust and security issues, as well as convenience and user-friendliness. Therefore, an in-depth analysis is needed to address these challenges. This research aims to analyze and design the information system and user interface of a secondhand fashion e-commerce platform that meets user needs, as well as to evaluate the designed interface. The research utilizes the Design Thinking methodology, which focuses on innovation and solving complex problems. Data collection in this study is conducted through benchmarking, qualitative surveys, and interviews with key stakeholders, namely buyers, sellers, and administrators. The analysis and design of the information system for this platform include functional, structural, and behavioral modeling using the Object-Oriented Systems Analysis and Design (OOSAD) approach. This research also highlights the importance of narrative information, item validation, and gamification in secondhand fashion e-commerce. The final result of this research is a high-fidelity prototype design of a secondhand fashion e-commerce platform that meets user needs. The final evaluation of this research involves Usability Testing, which shows a success rate above 90% and a System Usability Scale (SUS) score of 86.36 which categorize the interface’s overall rating as Excellent. This research is expected to provide new insights into the implementation of the Design Thinking method in the analysis and design of information systems and user interfaces for secondhand fashion e-commerce platforms, as well as to offer input for future platform developers and researchers conducting studies in the same context."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kevin Xavier Emil Aryade Kalsim
"Fenomena thrifting mengalami perkembangan yang pesat dan diprediksi akan terus bertumbuh. Secondhand fashion e-commerce merupakan platform online yang memfasilitasi aktivitas jual beli barang bekas berjenis fashion. Meskipun mengalami pertumbuhan yang pesat, secondhand fashion e-commerce menghadapi tantangan seperti masalah kepercayaan dan keamanan serta masalah kenyamanan dan kemudahan pengguna. Oleh karena itu, diperlukan analisis mendalam untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem informasi dan desain antarmuka dari platform secondhand fashion e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, serta melakukan evaluasi terhadap desain antarmuka tersebut. Penelitian ini memanfaatkan metodologi Design Thinking yang berfokus pada inovasi dan pemecahan masalah yang kompleks. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui benchmarking, survei kualitatif, dan wawancara dengan stakeholders utama. Analisis dan perancangan sistem informasi dari platform ini terdiri atas pemodelan functional, structural, dan behavioral yang dilakukan menggunakan pendekatan Object-Oriented Systems Analysis and Design. Penelitian ini juga akan menyoroti pentingnya informasi naratif, validasi barang, dan gamifikasi dalam secondhand fashion e-commerce. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan high-fidelity prototype dari platform secondhand fashion e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Evaluasi akhir penelitian ini melibatkan Usability Testing yang menunjukkan success rate di atas 90% dan System Usability Scale (SUS) dengan skor SUS sebesar 86,36. Penelitian ini diharapkan dapat menghadirkan wawasan baru terkait implementasi metode Design Thinking dalam analisis dan perancangan sistem informasi serta desain antarmuka dari platform secondhand fashion e-commerce, serta memberikan masukan untuk calon pengembang platform dan peneliti yang akan menjalankan penelitian selanjutnya dengan konteks yang sama.

The phenomenon of thrifting, or buying and selling secondhand clothing, has experienced rapid growth and is predicted to continue expanding in the future. Secondhand fashion e-commerce is an online platform that facilitates the buying and selling of used fashion items or clothing. Despite its rapid growth, secondhand fashion e-commerce faces challenges such as trust and security issues, as well as convenience and user-friendliness. Therefore, an in-depth analysis is needed to address these challenges. This research aims to analyze and design the information system and user interface of a secondhand fashion e-commerce platform that meets user needs, as well as to evaluate the designed interface. The research utilizes the Design Thinking methodology, which focuses on innovation and solving complex problems. Data collection in this study is conducted through benchmarking, qualitative surveys, and interviews with key stakeholders, namely buyers, sellers, and administrators. The analysis and design of the information system for this platform include functional, structural, and behavioral modeling using the Object-Oriented Systems Analysis and Design (OOSAD) approach. This research also highlights the importance of narrative information, item validation, and gamification in secondhand fashion e-commerce. The final result of this research is a high-fidelity prototype design of a secondhand fashion e-commerce platform that meets user needs. The final evaluation of this research involves Usability Testing, which shows a success rate above 90% and a System Usability Scale (SUS) score of 86.36 which categorize the interface’s overall rating as Excellent. This research is expected to provide new insights into the implementation of the Design Thinking method in the analysis and design of information systems and user interfaces for secondhand fashion e-commerce platforms, as well as to offer input for future platform developers and researchers conducting studies in the same context."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Yogaswara
"The growing interest in bonds has created a need for a method to evaluate performance of bond portfolios. The method of evaluation is called fixed income performance attribution. This paper will present fixed income performance attribution using the Campisi Model, how to use it and how to analyze the results. PT XYZ, a professional fund managing company, will be used for the test case."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25460
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>