Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 206043 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Athaya Vita Krisrana
"Pesatnya penggunaan aplikasi on demand menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perusahaan penyedia aplikasi yang dapat membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan seharinya. Penelitian ini ingin membahas salah satu layanan pesan antar makanan yang tersedia di masing-masing aplikasi tersebut yaitu Gofood dan Grabfood. Perkembangan layanan Gofood dan Grabfood yang pesat juga mempengaruhi pola konsumsi konsumen Muslim di Indonesia, sehingga cenderung untuk melakukan konversi. Kemudian penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konversi. Penelitian ini dilakukan mixed method dengan melakukan focus group discussion dan menyebarkan kuesioner. Berdasarkan hasil FGD terdapat variabel lain yang dianggap memberi pengaruh pada konversi yaitu desain pembayaran sehingga variabel laten yang diteliti pada penelitian ini diantaranya desain visual, desain informasi, desain navigasi, desain pembayaran, dan desain kolaborasi. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan mengolah data kuesioner yang memiliki skala likert 1-7 menggunakan SPSS 28 dan SmartPLS 3.0. Dihasilkan bahwa desain informasi, desain navigasi, desain pembayaran dan desain kolaborasi mempengaruhi konversi penggunaan layanan Gofood dan Grabfood. Namun desain visual tidak mempengaruhi konversi penggunaan layanan Gofood dan Grabfood oleh konsumen Muslim di Indonesia.

The rapid use of on-demand applications is one of the factors influencing application provider companies that can assist consumers in meeting their daily needs. This study wants to discuss one of the food delivery services available in each of these applications, namely Gofood and Grabfood. The rapid development of Gofood and Grabfood services also affects the consumption patterns of Muslim consumers in Indonesia, so they tend to convert. Then this research wants to know the factors that affect the conversion. This research was carried out with a mixed method by conducting focus group discussions and distributing questionnaires. Based on the results of the FGD, there are other variables that are considered to have an influence on the conversion, namely payment design so that the latent variables studied in this study include visual design, information design, navigation design, payment design, and collaboration design. This study uses Structural Equation Modeling (SEM) by processing questionnaire data which has a Likert scale of 1-7 using SPSS 28 and SmartPLS 3.0. The result is that information design, navigation design, payment design and collaboration design affect the conversion of Gofood and Grabfood service usage. However, the visual design does not affect the conversion of the use of Gofood and Grabfood services by Muslim consumers in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Farid Gumilar
"Populasi umat Islam di dunia, khususnya penduduk Muslim di Indonesia semakin meningkat. Hal ini dapat mempengaruhi industri pariwisata. Pada tahun 2019, Indonesia dinobatkan sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia, mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia. Meski begitu, aspek industri perhotelan di Indonesia masih mendapatkan skor yang relatif buruk. Selain itu, ada sepuluh destinasi di Indonesia yang akan dikembangkan wisata halal, tentunya industri perhotelan dapat berkontribusi untuk kemajuan wisata halal di Indonesia. Penelitian ini ingin mengidentifikasi beberapa atribut Muslim Friendly (Muslim Friendly) pada industri perhotelan, yang mana atribut tersebut dapat mempengaruhi loyalitas konsumen pada industri perhotelan di Indonesia. Penelitian ini menemukan bahwa atribut halal food & beverage dan halal service quality berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.

The population of Muslims in the world, especially the Muslim population in Indonesia is increasing. This can affect the tourism industry. In 2019, Indonesia was named the best halal tourism destination in the world, outperforming 130 destinations from around the world. Even so, aspects of the hospitality industry in Indonesia still get a relatively poor score. In addition, there are ten destinations in Indonesia that will be developed for halal tourism, of course the hotel industry can contribute to the advancement of halal tourism in Indonesia. This study wants to identify some Muslim Friendly (Muslim Friendly) attributes in the hospitality industry, which attributes can affect consumer loyalty in the hospitality industry in Indonesia. This study found that the attributes of halal food & beverage and halal service quality have an effect on consumer loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aimee Suria Chendra
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran perceived value multidimensi, diantaranya service value (SV), process value (PV), dan relationship value (RV), sebagai faktor pendorong tingkat satisfaction (S) konsumen dan dampaknya pada attitudinal loyalty (AL) dan behavioral loyalty (BL) pada konsumen GoFood. Sampel terdiri dari individu berusia 17-55 tahun, menggunakan layanan GoFood setidaknya dalam tiga bulan terakhir, dan menjadikan GoFood sebagai aplikasi utama untuk pesan-antar makanan. Teknik sampling yang digunakan adalah judgemental sampling yang disebar melalui Google Form dan terkumpul sebanyak 362 responden. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 4. Hasil penelitian membuktikan service value, process value, dan relationship value memiliki pengaruh signifikan terhadap satisfaction dan attitudinal loyalty, kecuali process value yang tidak ditemukan signifikansinya terhadap attitudinal loyalty. Satisfaction dan attitudinal loyalty masing-masing memiliki hubungan yang signifikan kepada behavioral loyalty dan keduanya (S, AL) memediasi seluruh variabel perceived value multidimensi (SV, PV, RV) dengan behavioral loyalty.

This study aimed to investigate the role of multidimensional perceived value, encompassing service value (SV), process value (PV), and relationship value (RV), as driving factors of satisfaction (S) and its impact on attitudinal loyalty (AL) and behavioral loyalty (BL) among GoFood users. The sample consisted of individuals aged 17-55 years, used GoFood services at least in the last three months and primarily used GoFood for food delivery. Judgemental sampling was employed with data collected through Google Forms, successfully collected 362 respondents. Data analysis was conducted using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method with SmartPLS 4. The findings revealed that service value, process value, and relationship value significantly influenced satisfaction and attitudinal loyalty, except for process value, which did not exhibit a significant relationship with attitudinal loyalty. Satisfaction and attitudinal loyalty, respectively, demonstrated significant associations with behavioral loyalty. Additionally, both satisfaction (S) and attitudinal loyalty (AL) mediated the entire relationship between multidimensional perceived value variables (SV, PV, RV) and behavioral loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Denzel William Mandela
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mengenai layanan aplikasi pengiriman makanan di Indonesia serta bagaimana perbedaannya antara generasi Y dan generasi Z. Variabel yang diteliti pada penelitian ini yaitu pengaruh atribut aplikasi pengiriman makanan (CNV, DSG, TRS, PRC, VFC) terhadap Perceived Value yang selanjutnya mengarah kepada Attitude dan Intention to Coninuously Use. Sampel yang diteliti adalah individu yang berdomisili di Indonesia, berusia 17-41 tahun, dan aktif dalam menggunakan aplikasi pengiriman makanan. Jumlah responden yang berpartisipasi pada penelitian ini adalah 314 responden. Data yang merupakan hasil jawaban dari responden diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan software LISREL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Convenience, Trustworthiness, dan Price memiliki pengaruh positif terhadap Perceived Value yang selanjutnya mengarah kepada pengaruh positif terhadap Attitude dan Intention to Contiuously Use. Hasil perbandingan antara generasi Y dan generasi Z menunjukkan mereka tidak memiliki perbedaan signifikan pada pengaruh atribut aplikasi terhadap Perceived Value. Keterbatasan penelitian, implikasi manajerial, dan saran penelitian selanjutnya dijelaskan dalam penelitian ini.

This study aims to determine the perception of food delivery application in Indonesia and how the difference is between generation Y and generation Z. The variable studied in this study is the effect of food delivery application attributes (CNV, DSG, TRS, PRC, VFC) towards Perceived Value, Attitude, and Intention to Continuously Use. The samples studied were individuals who were domiciled in Indonesia, aged 17-41 years, and were active in using food delivery application. The number of respondents who participated in this study were 314 respondents. All data obtained from respondents' answers are processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method and the LISREL software. The results of this study indicate that Convenience, Trustworthiness, and Price have a positive influence on Perceived Value which lead to a positive influence on Attitude and Intention to Continuously Use. The results of the comparison between generation Y and generation Z did not show significant differences in the effect of application attributes towards Perceived Value. Limitations, managerial implications, and recommendations for further research are provided in this study."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizkia Amalia Primaputri
"Penelitian ini bertujuan melihat dampak yang ditimbulkan atribut religius dalam konten promosi di media sosial terhadap perilaku konsumen Muslim ketika termediasi consumer offensiveness (kekecewaan). Model diaplikasikan pada obyek studi kasus Hanamasa Indonesia, restoran yang sempat ramai disebut dalam e-WOM sebab isu kehalalannya. Penelitian bersifat kuantitatif dengan melibatkan 204 konsumen Hanamasa Indonesia yang datanya diolah dengan teknik SEM (structural equation modelling). Dari penelitian ini terungkap bahwa: 1) atribut visual memicu e-WOM negatif secara tidak langsung, 2) consumer offensiveness memediasi atribut visual pada konten promosi di media sosial terhadap disampaikannya e-WOM negatif, 3) sikap responsiveness konsumen memediasi atribut visual pada konten promosi di media sosial terhadap kekecewaannya, dan 4) perceived importance of Halal logo menghindari konsumen dari rasa kecewa.

This study investigates the effect of religious-related attributes in social media promotion materials towards Muslim consumers’ behavioural intention, with consumer’s offensiveness mediating. Theories are applied to a case where Hanamasa Indonesia’s promotion materials were treated with skeptical e-WOMs since a customer revealed her experience was contrast to what appears visually and audibly on the restaurant’s social media posts. This quantitative study utilized 204 samples in a SEM (structural equation modelling) analysis and resulted: 1) visual attributes cause negative e-WOM indirectly, 2) consumer’s offensiveness mediates visual attributes on social media promotion materials to cause negative e-WOM, 3) consumer’s responsiveness mediates visual attributes on social media promotion materials to their offensiveness and 4) how consumers perceive the importance of Halal logo prevents them from getting offended."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shafira Maulidya
"Kondisi Indonesia yang memiliki jumlah pengguna internet yang tinggi, serta penggunaan e-commerce yang semakin meningkat tiap tahunnya menunjukkan bahwa terdapat peluang pasar yang besar bagi bisnis di Indonesia. Indomaret sebagai perusahaan yang bergerak di bidang ritel berinovasi membuat aplikasi mobile berupa aplikasi Klik Indomaret. Meskipun demikian, daya penggunaan aplikasi Klik Indomaret masih rendah dibandingkan dengan aplikasi e-commerce lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut inovasi yang berdasarkan pada teori Diffusion of Innovation oleh Rogers (relative advantage, compatibility, complexity, trialability, dan observability) pada aplikasi Klik Indomaret terhadap intention to use. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 160 masyarakat Jakarta sebagai responden. Analisis data penelitian ini menggunakan regresi hierarki dengan hasil terdapat pengaruh positif secara signifikan antara atribut inovasi relative advantage, compatibility, trialability, dan observability terhadap minat untuk menggunakan aplikasi Klik Indomaret. Sementara itu, tidak ditemukan pengaruh negatif yang signifikan antara atribut inovasi complexity terhadap minat untuk menggunakan aplikasi Klik Indomaret.

Indonesia has a high number of internet users and an increasing use of e-commerce, which is increasing every year. It shows that there is a large market opportunity for businesses in Indonesia. Indomaret, as a retail company, is innovating to create mobile application in the form of the Klik Indomaret application. Even so, the number of users of the Klik Indomaret application is still low compared to other e-commerce applications. This study aims to analyze the influence of innovation attributes based on Rogers' Diffusion of Innovation theory (relative advantage, compatibility, complexity, trialability, and observability) in the Klik Indomaret application on intention to use. This study used a quantitative approach with explanatory research by distributing online questionnaires to 160 Jakarta residents as respondents. Data analysis in this study used hierarchical regression, with the result that there was a significant positive effect between the attributes of innovation (relative advantage, compatibility, trialability, and observability) and the intention to use the Klik Indomaret application. Meanwhile, no significant negative effect was found between the complexity and the intention of using the Klik Indomaret application."
Depok: Fakultas Ilmu administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salwa Athaya Syamila
"Perkembangan e-commerce memberikan kemudahan bagi orang untuk melakukan pembelian, tidak terkecuali kegiatan pembelian dilakukan secara kompulsif dan berlebihan. Pembelian kompulsif merupakan dorongan tak terkendali oleh individu untuk melakukan pembelian lebih dari kemampuan yang dimiliki, membeli barang yang tidak dibutuhkan, atau berbelanja lebih lama dari waktu yang sudah direncanakan. Perilaku kompulsif tidak sesuai dengan ajaran agama Islam bagi muslim karena dalam ayat Al-Quran surah Al-Isra ayat 26-27 menunjukkan bahwa terdapat larangan muslim untuk berperilaku boros. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kepribadian dan religiusitas konsumen muslim indonesia terhadap perilaku pembelian kompulsif di e-commerce menggunakan pengalaman belanja hedonis sebagai variabel mediasi. Terdapat 452 responden penelitian yaitu muslim berusia di atas 18 tahun dan aktif melakukan pembelian di e-commerce setidaknya dalam satu bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square Structural Equation Method (PLS-SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepribadian big five theories neuroticism, extraversion, dan openness terhadap pembelian kompulsif secara positif dan signifikan yang dimediasi oleh pengalaman belanja hedonistik. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tingkat religiusitas konsumen muslim berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif

The development of e-commerce makes it easy for people to make purchases, including buying activities carried out compulsively and excessively. Compulsive buying is an uncontrollable urge by individuals to make purchases more than they can afford, to buy things they don't need, or to shop for longer than planned. Compulsive behavior is not in accordance with the teachings of Islam for Muslims, which are shown in the verses of the Qur'an Surah Al-Isra verses 26-27 that there is a prohibition on Muslims to behave extravagantly. This study aims to analyze the influence of personality and religiosity of Indonesian Muslim consumers on compulsive buying behavior in e-commerce, using hedonic shopping experience as a mediating variable. There are 425 research respondents who are Muslims aged over 18 years and have been active in making purchases in e-commerce at least in the past month. This study uses the Partial Least Square Structural Equation Method (PLS-SEM) using the SmartPLS3. This study found that there was a positive and significant influence of the big five theories of neuroticism, extraversion, and openness on compulsive buying mediated by hedonistic shopping experiences. This study also shows that the level of religiosity of Muslim consumers has a negative and significant effect on compulsive buying behavior."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yola Lista Valentina
"Meningkatnya aktivitas belanja makanan secara online seiring dengan perkembangan teknologi menyebabkan meningkatnya jumlah sampah kemasan sekali pakai. Penerapan dan pengembangan biopolimer telah menarik perhatian dalam industri pengemasan makanan, sehingga diperlukan model penerimaan yang dapat menggambarkan penerimaan penggunaan kemasan biopolimer dalam pengantaran belanja makanan melalui aplikasi GoFood. Model konseptual penerimaan penggunaan kemasan Biopolimer pada riset ini merupakan integrasi dari variabel-variabel dari theory of planned behavior (TPB) dengan variabel tambahan pengetahuan lingkungan (environment knowledge) dan variabel kepedulian lingkungan (environment concern). Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Indonesia yang menggunakan layanan aplikasi pengiriman makanan GoFood. Analisis data menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil yang diperoleh melalui riset ini ialah terdapat 5 faktor yang memengaruhi yaitu sikap (attitude), perilaku yang diharapkan (perceived behavior), niat kemasan hijau (green packaging intention) dan perilaku kemasan hijau (green packaging behavior), variabel tambahan pengetahuan lingkungan (environmental knowledge). Pengetahuan lingkungan berpengaruh positif terhadap sikap, sikap berpengaruh positif terhadap niat kemasan hijau, perilaku yang dirasakan memiliki pengaruh positif  terhadap niat kemasan hijau, dan niat kemasan hijau memiliki pengaruh positif terhadap perilaku kemasan hijau. Faktor-faktor dan hubungan antar faktor tersebut menjadi faktor yang terdapat pada model penerimaan penggunaan kemasan pengiriman belanja makanan melalui aplikasi GoFood. Kebaruan pada model yang dikembangkan memberikan hasil bahwa pengetahuan lingkungan (environmental knowledge) berpengaruh terhadap sikap (attitude).

The application and development of biopolymers has attracted attention in the food packaging industry, so an acceptance model is needed that can describe the acceptance of the use of biopolymer packaging in the delivery of food purchases through the GoFood application. The conceptual model for acceptance of the use of Biopolymer packaging in this research is the integration of variables from the theory of planned behavior (TPB) with additional environmental knowledge and environmental concern variables. The sample in this study is Indonesian people who use the GoFood food delivery application service. Data analysis used the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results obtained through this research are that there are 5 influencing factors, namely attitude, expected behavior, green packaging intention and green packaging behavior, an additional variable of environmental knowledge. knowledge). Environmental knowledge has a positive effect on attitudes, attitudes have a positive effect on green packaging intentions, perceived behavior has a positive influence on green packaging intentions, and green packaging intentions have a positive influence on green packaging behavior. These factors and the relationship between these factors are the factors contained in the acceptance model for the use of food shopping delivery packages through the GoFood application. The novelty of the developed model gives the result that environmental knowledge influences attitudes."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Adri Sahasika
"Industri halal merupakan salah satu industri yang berkembang paling pesat di pasar global. Hal ini didukung dengan pertumbuhan populasi muslim yang tinggi menjadikan industry halal semakin menjanjikan. Dalam industry halal, peran logo halal memainkan peran penting terutama pada sector makanan halal. Muslim secara umum diperintah untuk selalu mengkonsumsi makanan yang halal. Dengan adanya logo halal konsumen muslim bisa mengidentifikasi mana yang telah menerapkan Syariah Islam dan mana yang belum sehingga mereka bisa mengetahui produk siapa yang aman untuk di konsumsi. Pada kenyataannya konsumen dari industri halal tidak hanya orang muslim saja tetapi ada juga konsumen non muslim. Penelitian ini ingin mengidentifikasi pengaruh dari logo halal pada reputasi yang dirasakan, kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan pada restoran cepat saji. Penelitian ini juga ingin mengidentifikasi perbedaan antara kedua kelompok konsumen yaitu konsumen muslim dan non muslim dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM).

The halal industry is one of the fastest growing industries in the global market. This is supported by the high Muslim population growth which makes the halal industry more promising. In the halal industry, the role of the halal logo plays an important role especially in the halal food sector. Muslims in general are ordered to always consume halal food. With the halal logo, Muslim consumers can identify which ones have implemented Islamic Sharia and which have not, so they can find out whose products are safe for consumption. In fact consumers of the halal industry are not only Muslims but there are also non-Muslim consumers. This study wants to identify the effect of the halal logo on perceived reputation, customer trust and customer loyalty in fast food restaurants. This study also wants to identify the differences between the two groups of consumers namely Muslim and non-Muslim consumers by using the Structural Equation Modeling (SEM) method.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuza Yasya Aliyya
"Penelitian ini menggunakan Tehcnology Acceptance Model (TAM) yang sudah banyak digunakan untuk melihat bagaimana penerapan atau penerimaan suatu teknologi. Pada konteks penelitian ini adalah, melihat bagaimana penerapan atau penerimaan teknologi E-Commerce pembelian pakaian oleh konsumen muslim di Indonesia, serta melihat bagaimana pengaruh dari Subjective Norms dan Online Shopping Anxiety-nya. Penelitian ini juga menggunakan religious commitment sebagai variabel moderasi. Berjumlahkan 666 responden, penelitian ini menggunakan metode Structural Eqaution Modeling (SEM) untuk menganalisis data.

This study uses the Technology Acceptance Model (TAM) which has been widely used to see how the adoption or acceptance of a technology is. This study wants to see how the adoption or acceptance of E-Commerce technology for clothing purchases by Muslim consumers in Indonesia, as well as seeing how the influence of Subjective Norms and their Online Shopping Anxiety. This study also uses a religious commitment as a moderating variable. With 666 respondents in total, this study used the Structural Equation Modeling (SEM) method to analyze the data."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>