Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 173692 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arga Taufiq Fairuza
"Persepsi mahasiswa akuntansi akan praktik profesional yang tidak etis penting untuk diketahui karena mahasiswa akuntansi adalah calon akuntan atau calon pekerja yang akan berhadapan dengan berbagai dilema etika di lingkungan bisnis. Di sisi lain, narsisisme yang memiliki karakteristik kurangnya rasa empati, kebutuhan yang berlebihan akan validasi dan pujian, serta perasaan superior yang berlebihan dapat memengaruhi ethical judgement seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh narsisisme terhadap persepsi mahasiswa akuntansi akan praktik profesional yang tidak etis, serta untuk menguji efek moderasi usia dan gender pada pengaruh narsisisme terhadap persepsi mahasiswa akuntansi akan praktik profesional yang tidak etis. Penelitian ini menggunakan penerimaan perilaku manipulasi laporan keuangan, penerimaan perilaku penyalahgunaan aset, dan penerimaan narcissistic acts untuk mendefinisikan persepsi mahasiswa akuntansi akan praktik profesional yang tidak etis. Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan sebagai metode penelitian untuk menganalisis 292 mahasiswa akuntansi dari beberapa universitas di Indonesia. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum narsisisme berpengaruh positif terhadap penerimaan perilaku manipulasi laporan keuangan dan narcissistic acts, tetapi narsisisme tidak berpengaruh terhadap penerimaan perilaku penyalahgunaan aset. Selanjutnya, usia terbukti tidak memiliki efek moderasi yang memperlemah pengaruh narsisisme terhadap penerimaan akan perilaku manipulasi laporan keuangan dan penyalahgunaan aset, tetapi usia terbukti memperlemah pengaruh narsisisme terhadap penerimaan akan narcissistic acts. Lebih lanjut, gender laki-laki tidak terbukti memiliki efek moderasi yang memperkuat pengaruh narsisisme terhadap penerimaan akan perilaku manipulasi laporan keuangan, penyalahgunaan aset, dan narcissistic acts. Penelitian ini juga menguji hipotesis menggunakan subsampel mahasiswa asal Jakarta dan mahasiswa asal luar Jakarta. Narsisisme terbukti berpengaruh positif terhadap penerimaan perilaku manipulasi laporan keuangan pada mahasiswa asal Jakarta dan mahasiswa asal luar Jakarta. Selanjutnya, narsisisme terbukti berpengaruh positif terhadap penerimaan perilaku penyalahgunaan aset dan narcissistic acts pada mahasiswa asal luar Jakarta

Accounting students’ perception towards unethical professional practices is important to be investigated because accounting students will deal with various ethical dilemmas in the business environment. On the other hand, narcissism which characterized by the lack of empathy, excessive need for validation and praise, and excessive superior feelings might affect one's ethical judgment. The purpose of this study is to test the effect of narcissism on accounting students' perceptions towards unethical professional practices, as well as to test the moderation effect of age and gender on the effect of narcissism on accounting students' perceptions towards unethical professional practices. Approval of financial statement manipulation behavior, approval of assets appropriation behavior, and approval of narcissistic acts are used to define accounting students’ perception towards unethical professional practices. This study uses Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) as a research method to analyze 292 accounting students from several universities in Indonesia. This study proves that, in general, narcissism positively affects the approval of financial statement manipulation behavior and narcissistic acts, however narcissism has no effect on the approval of assets appropriation behavior. Moreover, this study proves that age has no moderation effect on the relationship between narcissism and the approval of financial statement manipulation behavior and assets appropriation behavior, however age is proven to weaken the relationship between narcissism and the approval of narcissistic acts. Furthermore, this study proves that male has no moderation effect to strengthen the relationship between narcissism and the approval of financial report manipulation behavior, assets appropriation behavior, and narcissistic acts. This study also tests the hypothesis using subsample of students from Jakarta and students from outside Jakarta. Narcissism is proven to positively affects the approval of financial statement manipulation in students from Jakarta and students from outside Jakarta. Furthermore, narcissism is proven to positively affects the approval of asset appropriation and narcissistic acts in students from outside Jakarta."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanna Sabrina Alfian
"Psikopat adalag ciri-ciri kepribadian yang dilukiskan oleh kekurangan hati nurani dan empati, yang mengarah ke sikap dan pengambilan keputusan yang tidak berperasaan dan manipulatif. Bersama-sama dengan kepribadian lainnya yaitu Machiavellianisme dan Narcissisme, terbentuklah segitiga "Triad Gelap". Triad Gelap ini telah mendapat perhatian dalam literatur akuntansi, dan jelas memiliki implikasi serius untuk penipuan dan perilaku yang tidak etis yang dilakukan oleh akuntan dan auditor. Dengan menggunakan sampel mahasiswa/i akuntansi, penelitian ini mendokumentasikan tingkat variabel kepribadian, dan asosiasinya dengan sikap tertentu tentang praktik profesional yang tidak etis, dan juga perbedaan potensial di seluruh usia, jenis kelaminm dan senioritas. Studi ini menemukan bahwa tingkat psikopati siswa berasosiasi dengan penerimaan mereka terhadap perilaku yang tidak etis. Bagaimanapun, penelitian ini tidak menemukan adanya perbedaan penerimaan perilaku tidak etis untuk siswa dengan perbedaan jenis kelamin, kelas akademik, senioritas, dan perminatan untuk menjadi akuntan publik.

Psychopaths are personality traits represented by shortage of conscience and empathy, which lead to callousness and manipulative behavior. Together with other personality, Machiavellianism and Narcissism, formed "Dark Triad" personality. Dark Triad has received attention in the accounting literature and clearly has serious implications for fraud and unethical behavior by accountants and auditors. Using a sample of accounting students, this study documents the level of personality variables, how they are associated with certain attitudes about unethical professional practice, and the potential differences across age, gender, and academic class levels. This study found that students' psychopathy level is associated with their acceptance of unethical behavior. This study, however, did not find any differences in the acceptance of unethical behavior for student with different gender, academic class, and interest to be public accountant."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syarifa Nadira Putri
"[ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang cara mengukur loyalitas pelanggan terhadap gerai ritel
The Goods Dept dilihat dari kepribadian merek ritel dan kesesuaian antara konsep diri
konsumen The Goods Dept dengan konsumen The Goods Dept yang lain. Selain itu,
variabel gender digunakan sebagai moderasi dalam penelitian ini. Penelitian ini
tergolong penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan
apabila The Goods Dept ingin meningkatkan loyaitas terhadap gerainya, maka tim
manajerial The Goods Dept sebaiknya membuat rencana pemasaran yang tidak
membedakan gender pelanggannya dan untuk mempertahankan nilai keunikannya
dengan lebih menyeleksi dengan baik produk-produk yang dijual.

ABSTRACT
The focus of this study is how to measure The Goods Dept?s store loyalty in terms of
retail brand personality and self-congruity. Gender is uses as moderating variable in
this study. This research is quantitative descriptive interpretive. The researcher
suggests that if The Goods Dept wants to increase the store loyalty, the manager should
make marketing plans which can be applied to both men and women customers and
should keep its uniqueness by selling unique and selected products only;The focus of this study is how to measure The Goods Dept?s store loyalty in terms of
retail brand personality and self-congruity. Gender is uses as moderating variable in
this study. This research is quantitative descriptive interpretive. The researcher
suggests that if The Goods Dept wants to increase the store loyalty, the manager should
make marketing plans which can be applied to both men and women customers and
should keep its uniqueness by selling unique and selected products only, The focus of this study is how to measure The Goods Dept’s store loyalty in terms of
retail brand personality and self-congruity. Gender is uses as moderating variable in
this study. This research is quantitative descriptive interpretive. The researcher
suggests that if The Goods Dept wants to increase the store loyalty, the manager should
make marketing plans which can be applied to both men and women customers and
should keep its uniqueness by selling unique and selected products only]"
2015
S60578
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhea Arini
"Kondisi pandemi mengakibatkan perubahan dalam kehidupan masyarakat, termasuk dalam aspek pendidikan. Kegiatan belajar mengajar yang secara normal dilakukan secara tatap muka harus berubah menjadi pembelajaran jarak jauh sehingga meningkatkan permasalahan berkaitan dengan ketidakjujuran akademik. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fraud diamond yaitu incentive, opportunity, rationalization, dan capability terhadap kecenderungan perilaku fraud akademik berupa penggunaan solusi manual dari situs web untuk mengerjakan kuis atau ujian dalam pembelajaran jarak jauh pada mahasiswa akuntansi. Selain itu dalam skripsi ini juga menganalisis pengaruh academic integrity culture sebagai variabel moderasi terhadap hubungan antara fraud diamond dan kecenderungan perilaku fraud akademik. Penelitian ini dikhususkan terhadap mahasiswa akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa incentive dan capability berpengaruh terhadap perilaku fraud akademik. Sementara itu, opportunity, rationalization tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku fraud akademik. Hasil dari penelitian ini juga membuktikan bahwa academic integrity culture tidak mempengaruhi hubungan antara fraud diamond dan kecenderungan perilaku fraud akademik.

The pandemic has resulted in changes in practices, likewise in education. Learning activities that are normally in class should be transformed into online learning, thereby increasing problems related to academic dishonesty. This study aims to analyze the effect of fraud diamonds, incentives, opportunities, rationalization, and capability on academic fraud behavior in the form of using manual solutions from websites for quizzes or exams in online class in accounting students. In addition, this study also analyzes the influence of academic integrity culture as a moderation variable on the relationship between fraud diamond and academic fraud behavior. This study is conducted specifically on accounting students at the Faculty of Economics and Business, University Indonesia. In this study, I find that incentives and capability affect academic fraud behavior. Meanwhile, opportunity and rationalization do not have a significant effect on academic fraud behavior. The results of this study also prove that academic integrity culture does not affect the relationship between fraud diamond and academic fraud behavior."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifa Salsabila
"Kegiatan entrepreneurship merupakan hal yang sangat penting dalam perkembangan ekonomi dan sosial suatu negara. Salah satu upaya pemerintah untuk menghasilkan entrepreneur yang berkompeten dan berdaya saing adalah dengan menerapkan entrepreneurial education di perguruan tinggi, yaitu salah satunya di Universitas Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting bagi universitas untuk mengetahui intensi berwirausaha agar dapat mengembangkan potensi dan ide-ide kreatif dari mahasiswa. Dengan demikian penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana tingkat entrepreneurial intentions mahasiswa yang dilihat dari faktor pendidikan (education), sikap (attitude) dan budaya (culture). Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan partisipan responden mahasiswa sarjana di Universitas Indonesia. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dalam bentuk g-form yang disebarkan secara online dan offline, dengan kriteria responden mahasiswa sarjana Universitas Indonesia yang pernah atau sedang mengikuti mata kuliah entrepreneurship. Data kuesioner terkumpul sebanyak 315 tanggapan, namun hanya 262 tanggapan yang memenuhi kriteria penelitian. Analisis data deskriptif digunakan dengan bantuan software SPSS versi 19, dan analisis data PLS-SEM dilakukan dengan bantuan software SmartPLS versi 4 untuk menguji hipotesis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa entrepreneurial education dan entrepreneurial attitude mempengaruhi entrepreneurial intentions secara signifikan positif, entrepreneurial education mempengaruhi entrepreneurial attitude secara signifikan positif dan entrepreneurial attitude memiliki efek moderasi terhadap entrepreneurial education dengan entrepreneurial intentions secara signifikan positif. Selanjutnya, hasil dari variabel culture gagal menjelaskan efek sebagai variabel moderasi dari hubungan entrepreneurial education dengan entrepreneurial attitude, sehingga hasil tersebut negatif dan tidak signifikan.

Entrepreneurship activities are very important in the economic and social development of a country. One of the government's efforts to produce competent and competitive entrepreneurs is by implementing entrepreneurial education in universities, one of which is at the University of Indonesia. Therefore, it is very important for universities to know their entrepreneurial intentions so they can develop students' potential and creative ideas. Thus this research is carried out with the aim of analyzing how the level of entrepreneurial intentions of students is seen from the factors of education (education), attitude (attitude) and culture (culture). A quantitative approach was used in this study by involving undergraduate student respondents at the University of Indonesia. Data was collected by distributing questionnaires in the form of g-forms which were distributed online and offline, with the criteria of respondents being undergraduate students at the University of Indonesia who had or were currently taking entrepreneurship courses. Questionnaire data collected as many as 300 responses, but only 262 responses met the research criteria. Descriptive data analysis was used with the help of SPSS version 19 software, and PLS-SEM data analysis was carried out with the help of SmartPLS version 4 software to test the hypothesis. The findings of this study indicate that entrepreneurial education and entrepreneurial attitude influence entrepreneurial intentions significantly positively, entrepreneurial education influences entrepreneurial attitudes significantly positively and entrepreneurial attitude has a moderating effect on entrepreneurial education with entrepreneurial intentions significantly positively. Furthermore, the results of the culture variable failed to explain the effect as a moderating variable on the relationship between entrepreneurial education and entrepreneurial attitude, so the results were negative and not significant."
Depok: Fakultas Ilmu administrasi Universitas ndonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Alif Maggalatta
"ABSTRAK
The focus of this study is the regular and international Accounting students of Faculty of Economy and Business at University of Indonesia‟s Level of Money, and Machiavellian and their degree of Ethical Perception. The purpose of this study is to understand the effect that Love of Money and Machiavellian have on ethics. The knowledge attained from this study will allow lecturers and academicians to better form the methods in teaching ethics in accounting, through the evaluation of Love of Money and Machiavellian. This research is quantitative research. The data were collected with online questionnaires. The result of the study is that love of money and Machiavellian are both negatively affecting the ethical perception.

ABSTRACT
Fokus penelitian ini adalah level of money, Machiavellian, dan persepsi etis dari mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia kelas regular dan internasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari love of money dan Machiavellian terhadap persepsi etis. Pengetahuan yang di dapat dari penelitian ini bisa di manfaatkan pengajar dan akademisi untuk membentuk metode pembelajaran yang lebih baik lagi dalam pengajaran
etika di akuntansi, melalui evaluasi love of money, & Machiavellian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data di dapat menggunakan kuesioner online. Hasil dari penelitian ini adalah love of money & Machiavellian berpengaruh negatif terhadap persepsi etis."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Salshabila
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kinerja perusahaan dapat dipengaruhi oleh working capital management, dengan melihat juga pengaruh variabel makroekonomi sebagai variabel moderasi di negara dengan tingkat inflasi rendah. Penelitian ini menggunakan sampel 143 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan membagi periode penelitian menjadi dua subperiode, yaitu periode 2011-2015 dan 2015-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara WCM dan kinerja keuangan. Pengaruh inflasi baik secara langsung maupun sebagai variabel moderasi tidak signifikan terhadap hubungan WCM dan kinerja keuangan di kedua periode, sedangkan terdapat perbedaan arah signifikansi dari pengaruh pertumbuhan PDB dalam memoderasi hubungan WCM dan kinerja keuangan di antara kedua periode.

This study aims to analyze how the firm’s performance can be influenced by working capital management, by looking at the effect of macroeconomic variables as moderating variables in a country with a low inflation rate. This study uses a sample of 143 manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange and divides the research period into two sub periods, namely the period 2011-2015 and 2015-2019. The results showed that there is a negative and significant effect between WCM and financial performance. Either direct effect of inflation or inflation as a moderating variable is not significant on the relationship between WCM and financial performance in both periods, while there is a significant difference in the direction of the effect of GDP growth in moderating the relationship between WCM and financial performance between two periods."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pakpahan, Margaretha Uly
"ABSTRAK
Pertumbuhan pengguna internet menjadi pendorong utama meningkatnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Dalam menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan, peranan kepercayaan menjadi penting karena sifat jasa yang intangible. Untuk itu, menjadi menarik bahwa perusahaan harus mengetahui seberapa besar tingkat kepercayaan pelanggan mempengaruhi keputusan pembelian. Pada penelitian ini, hal yang menjadi pokok bahasan adalah pengaruh kepercayaan pelanggan dan efek persepsi risiko. Penelitian ini menggunakan alat bantu statistik SPSS 19.0, metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi dengan variabel moderating. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, kepercayaan pelanggan pada pedagang online berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pelanggan dalam berbelanja online, sedangkan variabel persepsi risiko pelanggan tidak memoderasi hubungan antara kepercayaan pelanggan pada pedagang online dan kepercayaan pelanggan dalam berbelanja online.

ABSTRACT
Rapid growth of internet user becomes a main driver for the increasing growth of e-commerce in Indonesia. In order to create a good relations with customers, trust becomes an important role of the intangible nature of service. Therefore, it becomes interesting for the companies to know how much customer level of trust influence the purchase decision. The subject of this study are influence of subscriber trust and consumer perceived risk. This study uses SPSS 19.0 as a statistical tools, and methods of analytical used is a simple regression analysis with moderating variables. This research found that customer trust in online merchants significantly influence the customer trust in online shopping, while the customer perceived risk does not moderate the relationship between trustworthiness in internet merchant and customer trust in online shopping."
2013
S46670
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Palti Karina Amorita
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh asimetri informasi pada mekanisme kepemilikan piramida terhadap biaya utang. Pada penelitian ini juga dianalisis efek moderasi dari penerapan konservatisme akuntansi pada mekanisme kepemilikan piramida terhadap pengaruh asimetri informasi pada biaya utang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 61 perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2013. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa biaya utang perusahaan di Indonesia dipengaruhi oleh asimetri informasi akibat penggunaan mekanisme kepemilikan piramida pada perusahaan. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa penerapan konservatisme akuntansi pada mekanisme kepemilikan piramida memiliki pengaruh dalam mengurangi biaya utang perusahaan.

This research aimed to analyze the effect of information asymmetry on corporate pyramid structures towards company's cost of debt. This research also analyzes the moderating effect of the implementation of accounting conservatism on pyramid structures towards the effect of information asymmetry on company's cost of debt. Samples used in this research are 61 manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange during 2012-2013. The result of this research gives evidence that company's cost of debt in Indonesia is affected by information asymmetry due to the usage of pyramid structures in companies. This research also shows that the implementation of accounting conservatism on pyramid structures has the effect of reducing company's cost of debt."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S56856
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vina Hantina
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh agresivitas laporan pajak terhadap agresivitas laporan keuangan. Pengujian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya rent extraction atas pengelolaan pajak yang dilakukan perusahaan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan model regresi berganda data panel pada 152 perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama periode 2009 hingga 2012.
Hasil penelitian ini menemukan adanya pengaruh positif agresivitas laporan pajak terhadap agresivitas laporan keuangan. Hal ini mengindikasikan bahwa agresivitas pajak mampu memfasilitasi rent extraction di perusahaan publik. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengaruh positif agresivitas laporan pajak terhadap agresivitas laporan keuangan lebih kecil pada perusahaan publik milik keluarga. Keluarga merasa konsekuensi ekspropriasi seperti penurunan harga saham, hilangnya reputasi dan ancaman sanksi/denda lebih tinggi dari manfaatnya.
Terakhir, penelitian ini menunjukkan bahwa perngaruh positif agresivitas laporan pajak terhadap agresivitas laporan keuangan lebih rendah pada perusahaan yang diaudit oleh auditor dengan spesialisasi industri. Hasil ini menunjukkan bahwa auditor dengan spesialisasi industri mampu memitigasi rent extraction yang difasilitasi oleh agresivitas pajak.

The main objective of this research is to test the effect of tax aggressiveness to financial aggressiveness. This test has the objective to examine whether tax aggressiveness facilitates rent extraction in the company. Hypotheses test was done using multiple regression model on panel data of 152 public companies listed in Indonesian Stock Exchage from 2009 to 2012.
The result found a positive effect of tax aggressiveness to financial aggressiveness. This indicates tax aggressiveness facilitates rent extraction in public companies. This research also shows that the positive effect of tax aggressiveness was lower in family own-public company. Family feels that the cost of expropriation such as price discount, loss of reputation and penalty threat was higher than it's benefit.
Finally, this research also shows that the positive effect tax aggressiveness to financial aggressiveness was lower in public company which was audited by industry-specialist auditor. This result shows that industry-specialist auditor able to mitigates rent extraction that was facilitates by tax aggressiveness.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T39255
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>