Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 122630 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Annisa Aulia Asmarani
"Krisis yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 telah meningkatkan jumlah pengangguran di Indonesia. Kondisi ini diperparah ketika para pekerja yang kehilangan matapencaharian tersebut memiliki utang jangka panjang yang berjalan. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk memiliki alat proteksi pembiayaan untuk memitigasi risiko tersebut. Salah satu alat proteksi tersebut adalah produk Asuransi Pembiayaan Syariah (Risiko PHK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi niat untuk membeli produk Asuransi Pembiayaan Syariah (Risiko PHK) di kalangan masyarakat Indonesia sebagai respons dari pandemi COVID-19. Kerangka konseptual dikembangkan melalui tinjauan literatur terdahulu dengan menggunakan model Theory of Reasoned Action (TRA) yang diperluas. Data dikumpulkan dari 228 responden Muslim Indonesia yang sedang memiliki kewajiban jangka panjang, lalu kemudian dianalisis dengan pendekatan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, motif menabung, dan literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap pembelian asuransi syariah. Namun, motif penghindaran risiko dan religiusitas ditemukan tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Selanjutnya, sikap dan norma subjektif ditemukan berperan sebagai mediator antara pengetahuan tentang COVID-19 terhadap niat beli asuransi syariah. Penelitian ini juga menemukan bahwa motif menabung berperan sebagai mediator antara motif penghindaran risiko terhadap niat beli asuransi syariah. Penelitian ini memberikan wawasan kepada perusahaan asuransi syariah, terutama dalam mendefinisikan determinan yang mempengaruhi niat beli konsumen sebagai respons dari terjadinya krisis. Akhirnya, penelitian ini menyampaikan beberapa keterbatasan dan menawarkan arahan untuk penelitian selanjutnya.

The crisis caused by the COVID-19 pandemic has increased the number of unemployed in Indonesia. This condition is exacerbated when these laid off workers have ongoing long-term debt. Therefore, it is important for them to have financing protection tools to mitigate this risk. One of the protection tools for the Muslim segment is Sharia financing insurance-layoff risk product. This research aims to investigate the factors that significantly affect the intention to purchase Sharia financing-layoff risk product among the Indonesian society as a response to the COVID-19 pandemic. A conceptual framework was developed by the review of existing literature with the help of the extended Theory of Reasoned Action (TRA) model. Data were collected from 228 Indonesian Muslim respondents who have long-term liabilities and then analyzed by the SEM-PLS approach. The result revealed that attitude, subjective norm, saving motives, and financial literacy have a significant positive impact on Sharia insurance purchase. However, religiosity and risk aversion motives were found to have no significant impact. Furthermore, attitude and subjective norms play as a mediator between perceived knowledge of COVID-19 and Sharia insurance purchase intention. This research also found that saving motives plays as a mediator between risk aversion motives and Sharia insurance purchase intention. This research provides insights to the Sharia insurance companies, especially to understand the factors that lead the consumers purchase intention during the crisis. Finally, the study conveyed several limitations and offered directions for further research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yesica Dyah Oktavia
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teori tindakan beralasan dan alat komitmen beragama terhadap intensi memilih produk halal pemuda Islam (Gen Y) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data primer dari pemuda Islam pada rentang usia 17-33 tahun di Indonesia melalui kuesioner serta diolah dengan metode regresi berganda dan Anova. Pada penelitian ini mengikutsertakan 480 responden dari tiga industri produk yang terdiri dari industri personal care, makanan dan obat-obatan. Teori tindakan beralasan dalam penelitian ini dibangun dari attitude toward halal product dan subjective norms. Alat komitmen beragama dibangun berdasarkan inter-personal religiousity dan intra-personal religiousity. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada tiga industri, attitude toward halal product, subjective norms dan intra-personal religiousity memengaruhi intensi memilih produk halal. Pada industri personal care, attitude toward halal product dan subjective norms memengaruhi intensi memilih produk halal. Industri makanan, attitude toward halal product dan intra-personal religiousity memengaruhi intensi memilih produk halal. Terakhir, industri obat-obatan, attitude toward halal product dan intra-personal religiousity memengaruhi intensi memilih produk halal. Secara umum, pada penelitian ini menjelaskan bahwa intensi memilih produk halal pada pemuda Islam di Indonesia sudah tinggi.

ABSTRACT
This study aims to determine the effect of theory of reasoned action and the religious commitment inventory on intention to choose halal products among Islamic youth (Gen Y) in Indonesia. this study employ primary data from Islamic youth in the age range of 17-33 years old in Indonesia with quesionares and processed using multiple regression and ANOVA. In this study included 480 respondent from three product industries consisting of personal care, food, and medicine. Thory of reasoned action in this study are based on attitude toward halal product and subjective norms. While the religious commitment inventory are based on inter-personal religiousity and intra-personal religiousity. The results of this study indicate that in three industries, attitude toward halal product, subjective norms and intra-personal religiousity significantly affect the intention to choose halal product. In the personal care industry indicate that attitude toward halal product and subjective norms significantly affect the intention to choose halal product. The food industry indicate that attitude toward halal product and intra-personal religiousity significantly affect the intention to choose halal product. The pharmaceutical industry indicate that attitude toward halal product and intra-personal religiousity significantly affect the intention to choose halal product. Overall, our results explained that the intention to choose halal products for Islamic youth in Indonesia was high."
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Solikhin
"Fokus dari laporan ini adalah untuk membahas faktor-faktor yang mempengaruhi intensi pembelian produk kosmetik Korea dengan menganalisis faktor- faktor seperti kegunaan yang dirasakan dari kosmetik Korea, nilai persepsi , perilaku terhadap daya beli kosmetik Korea , norma subjektif , perilaku terhadap daya beli kosmetik Korea yang dikelola oleh pengaruh paparan dari drama korea , dan norma subjektif yang dikelola oleh pengaruh paparan Korean drama dari riset ini. Kuantitatif analisis ini deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa perilaku terhadap subjektif kosmetik Korea dan norma telah berpengaruh positif terhadap niat untuk membeli kosmetik Korea, selain itu, nilai persepsi dan kesadaran kosmetik Korea juga secara tidak langsung berpengaruh terhadap niat beli. Namun , hasil studi ini menunjukkan bahwa pengaruh paparan dari drama korea juga tidak mempunyai pengaruh pada niat untuk membeli kosmetik Korea.

The focus of this study is to examine the factors that influence purchase intention of Korean cosmetics by analyzing several factors namely awareness Korean cosmetics, perceived value, attitude towards purchasing Korean cosmetics, subjective norm, attitude towards purchasing Korean cosmetics that moderated by exposure of Korean drama, and subjective norm that moderated by exposure of Korean drama.This research is using quantitative descriptive analysis. This research finds that attitude towards Korean cosmetics and subjective norm has positive influence on purchase intention, moreover, perceived value and awareness of Korean cosmetics also indirectly influence on purchase intention. However, this study finds that exposure of Korean drama does not have any influences on purchase intention to Korean cosmetics."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S62257
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oxford: Pergamon Press, 1993
616.979 205 THE
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Kezia Hapsari Siswosoebrotho
"Penelitian ini membahas tentang pengaruh keahlian salesperson dan trust belief pada drugstore terhadap minat konsumen untuk membeli nutrasetika dengan mengadopsi penelitian Tsai et al. (2010) yang menggunakan kerangka Theory of Reasoned Action (TRA) yang melibatkan mediasi oleh variabel sikap dan norma subjektif. Dengan mengambil 150 responden, data hasil penelitian dioleh menggunakan Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil penelitian menyatakan bahwa keahlian salesperson dan trust belief pada drugstore tidak bisa secara langsung mempengaruhi minat konsumen untuk membeli nutrasetika melainkan harus melalui mediasi sikap dan norma subjektif.

This research discussed about the effect of salesperson?s expertise and trust belief on drugstore on consumer?s intention to purchase nutraceuticals by adopting the research by Tsai et al. (2010) which used the Theory of Reasoned Action (TRA) that involving mediation of attitude and subjective norm. 150 respondents was surveyed and the data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM).
Results show that salesperson?s expertise and trust belief on drugstore can not directly affect consumer?s intention to purchase nutraceuticals but through mediation of attitude and subjective norm.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46288
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indila Mayrosa
"Knowledge management merupakan pendekatan yang dapat diimplementasi oleh manajemen organisasi untuk meningkatkan kemampuan kompetitif. Sebagai salah satu tahapan dalam knowledge management, knowledge sharing KS memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan KM. Berbagi pengetahuan antar lintas fungsi atau lintas departemen dapat mensukseskan dan mengembangkan berbagai hal di dalam perusahaan. Peneliti berpendapat jika perusahaan ingin meraih keberhasilan dalam memotivasi karyawan untuk berbagi pengetahuan, maka bukan hanya dengan memperbaiki sistemnya ketika menjalankan strategi bisnis tetapi juga dengan merubah perilaku dan kebiasaan mereka sehingga berbagi pengetahuan dapat berjalan dengan konsisten dan didasari oleh kerelaan. Theory of reasoned action digunakan sebagai kerangka dasar penelitian ini, yang didukung dengan beberapa faktor yang mempengaruhi sikap dalam berbagi pengetahuan. Hasilnya menunjukan bahwa penghargaan, hubungan sosial, konsekuensi dalam bersosial, iklim orgaanisasi, norma subyektif dan sikap terhadap berbagi pengetahuan memberikan pengaruh yang besar terhadap intensi berbagi pengetahuan karyawan perusahaan. Sesuai dengan perhitungan yang dilakukan, tidak terjadi asimetri intensi. Karyawan dari departemen pemasaran, teknik, dan umum masing-masing 80 , 80 , dan 70 memiliki niatan untuk berbagi pengetahuan dengan rekan kerja lainnya.

Knowledge management is an approach that can be implemented by organizational management to improve competitive advantage. As one of the stages of knowledge management, knowledge sharing KS plays a very important role in determining the success of KM implementation. Sharing knowledge across cross functional or cross departmental can succeed and develop things within the company. Previous researchers consider that if companies want to achieve success in motivating employees to share knowledge, then the way to achieve it is not only by improving the system when running a business strategy but also by changing their behavior and habits so that knowledge sharing can run consistently and based on willingness. Theory of Reasoned Action is used as the basic framework of this study, combined with several factors that affect behavior in sharing knowledge. The results show that reward, social ties, social cost, organizational climate, subjective norms and attitudes toward knowledge sharing have a profound effect on the intentions of sharing knowledge of company employees. In accordance with the calculations performed, there is no intimacy asymmetry. Employees from the marketing, engineering, and general departments share 80 , 80 , and 70 each that have an intention to share knowledge with other co workers.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T51172
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Eka Wulandari
"Tingkat kepercayaan konsumen memainkan peran sentral dalam membantu konsumen menilai sebuah brand. Kepercayaan membuat konsumen nyaman berbagi informasi pribadi, melakukan pembelian, dan bertindak. Salah satu cara populer bagi pemasar untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap sebuah brand, produk dan layanan mereka adalah dengan menggunakan brand ambassador. Dengan mentransfer citra positif dan karakteristik brand ambassador ke sebuah brand, pemasar bertujuan untuk memicu niat konsumen untuk membeli atau menggunakan produk atau layanan yang didukung. Tesis ini membahas bagaimana karakteristik konsumen, dan juga pengaruh brand ambassador, sikap dan norma subjektif terhadap brand trust. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Pemerolehan data dilakukan dengan metode survey dan memperoleh 506 sampel. Data kemudian diolah dengan metode tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukan bahwa variable brand ambassador, sikap, dan norma subjektif merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi brand trust secara positif.

The level of consumer trust plays a central role in helping consumers evaluate a brand. Trust makes consumers comfortable sharing personal information, making purchases, and acting. One popular way for marketers to increase consumer confidence in a brand, their products and services is to use a brand ambassador. By transferring a positive image and their characteristics to a brand, marketers aim to trigger consumer intentions to purchase or use the endorsed product or service. This thesis discusses how the characteristics of consumers, as well as the influence of brand ambassadors, attitudes and subjective norms on brand trust. This research is a quantitative research with descriptive type. Data collection was carried out by survey method and obtained 506 samples. The data is then processed by cross tabulation method. The results showed that the brand ambassador variables, attitudes, and subjective norms were factors that positively affected brand trust."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sakti Arif Wicaksono
"Pandemi Covid-19 telah menyebabkan penurunan aktivitas ekonomi baik secara global maupun nasional, yang juga berdampak terhadap kinerja perbankan termasuk perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh pembiayaan pada 7 sektor yang terdampak pandemi Covid-19 terhadap risiko kredit bank syariah di Indonesia. Selain itu, penelitan ini juga mencoba melihat apakah proporsi pembiayaan mudharabah-musyarakah juga mempengaruhi risiko kredit di bank syariah. Pengujian dilakukan melalui pendekatan Generalized Method of Moments (GMM) estimator terhadap panel data 14 Bank Umum Syariah dan 20 Unit Usaha Syariah periode tahun 2011-2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenaikan proporsi pembiayaan pada sektor perdagangan besar dan eceran akan meningkatkan risiko kredit di bank syariah. Sementara, hasil estimasi pada 6 sektor lainnya menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Terkait pangsa pembiayaan mudharabah-musyarakah, hasil penelitian ini menunjukkan kenaikan pangsa pembiayaan mudharabah-musyarakah akan mengurangi risiko kredit di bank syariah.

The Covid-19 pandemic has affected economic activity both globally and nationally, which also has an impact to banking sector, and Islamic banking is no exception. This study aims to see how the effect of Islamic Bank financing in 7 sectors affected by the Covid-19 on the credit risk of Indonesia Islamic banks. In addition, this study also tries to see whether the proportion of mudharabah-musharaka financing to non-profit sharing financing also affects credit risk in Indonesia Islamic banks. This study employs Generalized Method of Moments (GMM) estimator on panel data of 14 Indonesia Islamic Banks and 20 Islamic Window Units over the period 2011–2020. The results of this study show that the increase in proportion of wholesale and retail trade financing will increase credit risk in Indonesia Islamic banks, while 6 other sectors show non-significant results. In terms of the proportion of mudharabah-musharaka financing, it shows that a larger share of mudharabah-musharaka financing will reduce credit risk in Islamic banks."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriela Christie
"ABSTRAK
Manga Scanlations dalam tahun-tahun terakhir ini telah menjadi momok dalam Industri Manga, Industri Manga bersikeras menyatakan penurunan penjualan Manga disebabkan oleh Manga Scanlations, sedangkan dilain pihak sebagian penggemar sangat vokal menyatakan dukungannya terhadap Manga Scanlations terutama disebabkan oleh Manga Scanlations berperan besar dalam Globalisasi Manga. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana hubungan dan pengaruh antara Consumer Attitude terhadap Manga Scanlations dan Purchase Intention Manga dengan pendekatan Model Attitude-Intention dengan melibatkan pertimbangan etikal dalam proses pembuatan keputusan konsumen. Hasil penemuan menunjukkan bahwa Attitude terhadap Manga Scanlations berpengaruh negatif terhadap Intensi Pembelian Manga.

ABSTRACT
Manga Scanlations in recent years has been a scourge in Manga Industry. Manga Industry insists on declaring a decrease in Manga sales due to Manga Scanlations, while on the other hand, some fans are very vocal expressing their supIport for Manga Scanlations especially since Manga Scanlations playing a major role in Manga Globalization. This study aims to find out the relationship and influence between Consumer Attitude to Manga Scanlations and Manga Purchase Intention with Attitude Intention Model approach by involving ethical considerations in consumer decision making process. The findings show that Attitude to Manga Scanlations negatively affects the Manga Purchase Intention."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Raihan Dwisatria
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor hubungan hotel syariah dengan pengunjungnya yakni attitude, subjective norms, perceived behavioral control, moral reflectiveness, dan conscientiousnessterhadap intensi mengunjungi hotel syariah tersebut dan pengaruh mediasi dari attitudeterhadap pengaruh moral reflectiveness dan conscientiousness terhadap visit intention hotel syariah serta penelitian ini dilakukan pada hotel syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode linear multiple regression menggunakan SPSS 22 dengan data primer yang dikumpulkan peneliti melalui kuesioner yang disebar di internet. Penelitian ini menemukan bahwa attitude, subjective norms, dan perceived behavioral control memiliki pengaruh positif terhadap intensi mengunjungi hotel syariah. Penelitian ini juga menemukan bahwa moral reflectiveness dan conscientiousness tidak memiliki pengaruh terhadap intensi mengunjungi hotel syariah. Selanjutnya, attitude memediasi pengaruh moral reflectiveness dan conscientiousness terhadap visit intention hotel syariah.

This study aims to determine the effect of relationship between attitude, subjective norms, perceived behavioral control, moral reflectiveness, and conscientiousness towards visit intention of sharia hotel and effect of moral reflectiveness and conscientiousness towards attitude towards sharia hotel. This study used linear multiple regression using SPSS 22 by collecting data with online administered questionnaire. The results of this study show that attitude, subjective norms, dan perceived behavioral control has positive influence on sharia hotel visit intention. The results of this study also show that moral reflectiveness and conscientiousness has no effect on visit intentions. Moreover, Attitude mediate the influence of moral reflectiveness and conscientiousness on sharia hotel visit intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>