Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 88101 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Suci Pratiwi
"Pemerintah Republik Indonesia menunjuk badan usaha tertentu sebagai pemungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN), berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik
Indonesia 37/PMK.03/2015. Hal ini menimbulkan masalah bagi perusahaan lain, terutama perusahaan yang merupakan anak perusahaan dari badan usaha tertentu
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji desain ideal sistem informasi PPN, menggunakan metode FAST, untuk mengurangi sanksi administrasi pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian metode campuran. Hasil penelitian adalah sistem informasi akuntansi PPN memerlukan sinergi antara kantor pusat dan unit kerja, sehingga penerbitan Faktur Pajak tepat waktu, untuk mengurangi risiko sanksi administrasi PPN. Perusahaan membutuhkan dukungan dari manajemen, jaringan, pengetahuan karyawan yang memadai, dan sosialisasi mengenai optimalisasi sistem informasi PPN

The Republic of Indonesia’s government appoints certain business entities as Value Added Tax collectors (VAT) , based on Regulation of the Minister of Finance of the Republic of Indonesia 37/PMK.03/2015. This creates problems for other companies, especially companies that are subsidiaries of certain business entities. This study aims to examine the ideal design of a VAT information system, using FAST method, to reduce administrative tax sanctions. The study uses a mixed-method research
approach. The results of the study conclude that a VAT-accounting information system needs synergy between the head office and work units, so that the issuance of tax invoices can be timely, to reduce the risk of VAT administrative sanctions. In addition, the company needs support from management, networks, adequate employee knowledge, and socialization regarding optimalization of the VAT information system.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anto Kang
"Penelitian ini mengenai analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi dalam rangka optimalisasi modul Accounts Payable pada PT XYZ. Penelitian menggunakan metode studi kasus pada data dan kondisi perusahaan dari hasil wawancara dan observasi bersama studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kelemahan pada sistem informasi akuntansi terkait modul Accounts Payable di PT XYZ yang menyebabkan terjadinya duplikasi pembayaran dan kesulitan dalam penyetoran pajak PPN dan PPh Badan . Melalui perbaikan sistem informasi akuntansi yang memadai terjadi peningkatan yang signifikan pada proses dan pengendalian internal terhadap masalah duplikasi pembayaran, penyetoran pajak pertambahan nilai masukan dan pajak penghasilan badan.

This research discusses the analysis and design of accounting information system in order to optimize Accounts Payable module at PT XYZ. The research itself is a case study on the company rsquo s data and condition using interviews and observation together with literary study. The result shows there are several weaknesses in current systems in Accounts Payable which cause duplicate payment and difficulties in tax payment for Value Added Tax and Corporate Income Tax. Through sufficient of system rsquo s improvement, the company is able to gain a significant improvement in process and internal control in connection with duplicate payment, payment of value added tax and payment of corporate income tax."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anung Satriaji Rahman
"PT XYZ TBK merupakan perusahaan yang memiliki bisnis utama menyewakan ruang pada site sebagai tempat pemasangan antenna dan peralatan lain untuk transmisi sinyal nirkabel yang tertera di dalam skema perjanjian kontrak jangka panjang dengan perusahaan operator telekomunikasi nirkabel. Sesuai dengan bisnis utama tersebut maka PT XYZ TBK melakukan pembangunan site di beberapa wilayah di Indonesia. Pembangunan site tidak terlepas dari kebutuhan material menara yang menjadi komponen utama. Logisitc Section dari Procurement and Plan Operation Department sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pengelolaan material menara yang meliputi proses alokasi, pemesanan, relokasi, dan pendistribusian material menara masih belum mampu menjalankannya secara optimal dikarenakan adanya permasalahan dari aspek proses, sumber daya manusia, dan biaya.
Sebagai solusi terhadap tiga aspek permasalahan tersebut diajukan sebuah pengembangan sistem informasi terintegrasi yang mampu membantu proses alokasi, pemesanan, relokasi, dan pendistribusian material menara. Penelitian ini melakukan perancangan sistem informasi logistik pengelolaan material menara yang akan dimasukan sebagai sebuah modul baru pada enterprise resource planing (ERP) bernama TBGSys dan Vendor Portal. Analisa manajemen rantai pasokan berdasarkan supply chain framework pada komponen information system dilakukan untuk menganalisa penggunaan sistem informasi yang saat ini digunakan dimana dari hasil analisa tersebut didapatkan kebutuhan fungsionalitas sistem yang tidak tersampaikan oleh stakeholder namun memiliki peran penting untuk membentuk sistem informasi yang mampu mendukung proses logistik agar strategi supply chain perusahaan dapat dieksekusi.
Metodologi yang digunakan dalam perancangan sistem informasi adalah rational unified process (RUP) dengan mengadopsi RUP Reduced Model. Discipline RUP yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Requirement dan Analysis and Design. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah dokumen dari kedua Discipline RUP tersebut yang kemudian akan menjadi panduan dalam proses pengembangan sistem informasi logistik pengelolaan material menara.

PT XYZ TBK is a company that has a major business rents out space on the site as the installation of antennas and other equipment for wireless signal transmission are listed in the scheme of long-term contractual agreements with corporate wireless telecom operators. In accordance with the main business of the PT XYZ TBK perform site development in several regions in Indonesia. Site development can not be separated from the material needs of the tower which is the main component. Logistic Section of Procurement and Plant Operations Department as the party responsible for the management of material tower which includes the process of allocation, ordering, relocation, and distribution of material towers are still not able to run optimally because of the problems of the aspects of the process, human resources, and costs.
As a solution to the problem posed three aspects of a development of an integrated information system that can help the process of allocation, ordering, relocation, and distribution of material tower. This research did the logistics management information system design tower material that will be included as a new module in the enterprise resource planing (ERP) named TBGSys and Vendor Portal. Analysis of supply chain management based supply chain framework on component information system performed to analyze the use of information systems that are currently used in which the results of the analysis obtained the needs of system functionality that is not conveyed by the stakeholders but has an important role to establish an information system that is capable of supporting the logistics process in order corporate supply chain strategy can be executed.
The methodology used in the design of information systems is a rational unified process (RUP) by adopting RUP Reduced Models. Discipline RUP conducted in this study is a Requirements and Analysis and Design. Results from this research is a document of both the RUP Discipline which will then serve as a guide in the process of logistics management information system development of material tower.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Latif Alias Saleh Mulyono
"Departemen sumber daya manusia merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah perusahaan. Aktivitas yang ada pada departemen sumber daya manusia meliputi melakukan proses rekrutmen dan penerimaan karyawan; pelatihan; proses penggajian; evaluasi karyawan serta pelepasan karyawan baik melalui mekanisme pemutusan hubungan kerja maupun pengunduran diri dari karyawan yang bersangkutan. Seiring dengan perkembangan sistem informasi, penggunaan dari alat bantu berupa sistem informasi sumber daya manusia sangat mambantu dalam pengelolaan sumber daya manusia sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. PT ABC adalah salah satu perusahaan manufaktur di bidang kimia di Jawa Timur. Saat ini PT ABC masih mengelola sumber daya manusia secara manual dan ada beberapa masalah yang dihadapi oleh departemen sumber daya manusia dalam mengelola data karyawan sehingga dibutuhkan sistem informasi yang memadai untuk dapat diterapkan departemen sumber daya manusia yang ada di PT ABC. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melakukan analisis berdasarkan wawancara dengan narasumber dan menggunakan literatur serta media elektronik dan cetak. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode FAST (Framework for the Application of System Thinking) beserta dengan tahapan-tahapan yang ada di dalamnya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan analisis yang baik serta perancangan sistem informasi yang memadai untuk diimplementasikan oleh departemen sumber daya manusia di PT ABC, supaya pengelolaan sumber daya manusia di PT ABC dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Human resource department is one of important part at company. Activities that are maintained in human resource department are recruiting process and hiring employee; training; payroll process; employee performance evaluation and discharge of employee due to involuntary or voluntary termination. The development of information system is growing nowadays and along with this situation, the use of tools or application such as human resource information system is very assisting and helpful in human resource management to become more effective and efficient. PT ABC is one of chemical manufacture company located in East Java. Currently, PT ABC is developing the human resource manually and there were several problems faced by the human resource department in managing the employee data and therefore, a suitable information system is needed to be implemented by the human resource department at PT ABC. This study is a qualitative research that conducting analysis based on interviews with key informant and using literatures, other electronic and printed media. The analysis approach used in this research is FAST (Framework for the Application of System Thinking) method altogether with the steps covered in it. The result from this research is expected to give a good analysis and a suitable information system design to be implemented by human resource department at PT ABC, in order to be more effective and efficient in managing the human resource at PT ABC."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taurus Meruditya
"Penelitian ini menganalisis praktik sistem informasi akuntansi pada perusahaan yang bergerak di bidang retail. Perusahaan yang dijadikan sebagai objek penelitian adalah PT XYZ. Pada penelitian digunakan dasar teori dari Romney dan Steinbart (2012) sebagai dasar analisis. Terdapat dua siklus sistem informasi akuntansi pada PT XYZ yang diteliti. Kedua siklus sistem informasi akuntansi yang dimaksud yaitu siklus pembelian dan siklus penjualan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa masih terdapat kekurangan dari penerapan sistem informasi akuntansi pada PT XYZ. Kekurangan yang terdapat pada siklus pembelian adalah tidak adanya sesi pemilihan shipping forwarder oleh perusahaan dan tidak adanya sistem order return. Pada siklus pembelian juga ditemukan kasus berupa tidak terdapatnya rincian biaya barang pada sistem point of sales (POS). Pada siklus penjualan terdapat kekurangan berupa permasalahan pengendalian sistem voucher.

This research analyzes the application of the accounting information system in the retail company. The object of this research is XYZ company. This research uses theory of accounting information system from Romney and Steinbart (2012). There are two cycles examine in this research, first is procurement cycle and the second is revenue cycle. Results of this research conclude that there are some issues from the application of the accounting information system in the XYZ company. There are three issues found in the procurement cycle. The first issue is the absence of shipping forwarder selection. The second issue is the lack of order return system inside of procurement cycle. The third issue is no price details of some item inside the point of sale system. In the revenue cycle the issue is lack of voucher systems control.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S61143
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aloysius Bramono Wisnumurti
"Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memberikan rekomendasi perancangan pengembangan atau penyempurnaan sistem informasi yang saat ini digunakan oleh PT. Bank XYZ, Tbk., sehingga siklus keuangan dan pengeluaran dapat dikelola dengan efektif dan efisien oleh Manajemen Bank. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan lebih menekankan pada aspek pendalam data untuk mendapatkan kualitas dari penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sistem informasi Spend Management System (SMS) adalah usulan perancangan yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan proses penganggaran, pengadaan dan penerimaan barang dan/atau jasa dan pembayaran, termasuk mengintegrasikan transaksi non pembayaran seperti pengelolaan beban akrual, status uang muka dan kas kecil dengan pembayaran terkait. Usulan perancangan sistem informasi SMS ini menggantikan proses permohonan persetujuan pembayaran dari semula menggunakan kertas dan dibutuhkan tanda tangan basah menjadi paperless melalui sistem tersebut, termasuk memberikan informasi terkini status setiap proses dan persetujuan yang dilewati.

The aim of this research is to provide a recommendation of system design to develop or enhance existing information system that being used by PT. Bank XYZ, Tbk., thus financial cycle and expenditure can be managed effectively and efficiently by the Bank Management. This research is using qualitative method approach and emphasize data. The research method used is a qualitative method with more emphasis on deepening aspects of the data to get the quality of the research conducted. The results of the study concluded that the Information System Management System (SMS) is a system design that can be used to integrate the budgeting process, procurement and receipt of goods and/or services and payments, including integrating non-payment transactions such as accrual expense management, cash in advance status and petty cash that related to its payments. The proposed design of the SMS information system replaces the process of requesting payment approval from paper and requires a wet signature to be paperless through the system, including providing up-to-date information on the status of each process and approval passed."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firmansyah
"Di saat era globalisasi, persaingan bisnis semakin hari semakin ketat, para pelaku bisnis harus senantiasa dituntut terus untuk menemukan cara dan strategi agar bisa unggul menghadapi persaingan di bidangnya masing?masing. PT Bank XYZ yang merupakan perbankan yang sedang berkembang juga ikut dalam persaingan di dunia perbankan. Pelaku perbankan berlomba-lomba dalam meningkatkan teknologinya dalam mendukung bisnis perusahaan agar bisa bertahan dan memenangkan kompetisi. Akan tetapi PT XYZ memiliki masalah terkait aplikasi pemberi usulan strategis yaitu aplikasi Business Intelligence (BI). BI yang diharapkan dapat menampilkan usulan solusi dari analisis semua data, akan tetapi kurang optimal dikarenakan aplikasi BI terletak di masing-masing divisi yang berdiri secara terpisah sehingga analisis datanya pun dilakukan terpisah. Kondisi lainnya terletak pada penegrajaan proyek SI/TI yang tidak mencapai target pada dua tahun terakhir. Maka dari itu dibutuhkan suatu metode untuk menyelesaikan permsalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan hasil observasi dan wawancara sebagai data primernya. Setiap tahapan analisis di penelitian menggunakan metode Ward & Peppard, value chain, PESTEL, SWOT, CSF, tren teknologi, dan portofolio McFarlan. Hasil dari penelitian ini berupa Perencanaan Strategis SI/TI yang meliputi strategi SI, strategi TI, dan strategi manajemen SI/TI yang selaras dengan strategi bisnis dan menghasilkan BI yang terintegrasi serta penyusunan program kerja berdasarkan prioritas.

In the current era of globalization, the competition is getting increasingly tough, the actor of the business is required to find a way to forward the strategy and facing competition in their fields. PT Bank XYZ, as a growing banking that participated in competition of the banking world. The Bankers is struggling in improving its technology in support of the company's business in order to survive and win the competition. However, PT Bank XYZ has a problem regarding the application provider's proposed strategic applications of Business Intelligence (BI). BI expected to display the proposed solutions from the analysis of all data, but less than optimal due to the application of BI lies in each Division that stood separately so that the data analysis was done separately. The other condition is situated on SI/TI projects workmanship which did not reach the target in the last two years. Therefore it needs a method to resolve such issue. This study uses the results of observation and interviews as the primary data. Each stage of analysis in the research emphasis on using the method of Ward & Peppard, value chain, PESTEL, SWOT, CSF, technology trends, and McFarlan's portfolio. The results of this research represent planning strategy in the form of SI/TI that includes the SI strategy, IT strategy, and Management strategy of SI/TI that are aligned with business strategy and produce an integrated BI as well as the preparation of a work program based on the priority."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Febrian
"Tesis ini membahas analisis dan rancangan sistem informasi akuntansi yang tepat untuk perguruan tinggi swasta sesuai dengan karakteristiknya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan disain studi kasus pada Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil interview dengan bagian yang terkait, hasil observasi dan dari dokumen-dokumen yang berhubungan. Penelitian ini memberikan hasil analisis sistem inforrnasi yang sedang berjalan dengan menggunakan model PIECES, analisis sebab akibat dan analisis tujuan perbaikan sistem. Penelitian ini juga memberikan hasil rancangan prosedur dalam bentuk flowchart, rancangan model proses dalam bentuk Data Flow Diagram, rancangan model data dalam bentuk Entity Relationship Diagram berikut atribut yang terdapat di dalamnya, dan rancangan antarmuka input, output dan dialog dengan menggunakan microsoft infopath. Kesimpulan dari penelitian ini agar PTS membuat rancangan sistem infomiasi akuntansi sesuai dengan karakteristik organisasinya.

The focus of this study are to analysis and design accounting information system for private universities based on their characteristics. This research is qualitative descriptive interpretive. The data were collected by means of deep interview with related parties, observation and collect any related documents. This research result the analysis of existing accounting information system with PIECES model, problem analysis phase and system improvement objectives. This research also design procedure with flowchart, design process model with Data Flow Diagram, design data model with Entity Relationship Diagram completed by their atributte, and design interface of input, output, dialog with microsoft infopath. The researcher suggest that an organization should design an accounting information system based on their characteristics."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T33232
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Datya Sabilla
"Laporan magang ini membahas tentang analisis sistem informasi akuntansi pada siklus pendapatan premi asuransi dan pengeluaran klaim asuransi pada salah satu perusahaan asuransi yang terdapat di Indonesia. Analisis ini dilakukan mulai dari penjelasan secara detail mengenai prosedur tahap-tahap siklus premi yang terdiri dari dua tahapan, yaitu proses new business dan proses billing & penerbitan polis serta prosedur tahap-tahap siklus klaim yang terdiri dari tiga tahap, yaitu pengajuan klaim, pengujian klaim, dan pembayaran klaim. Laporan ini juga membahas analisis pengendalian internal perusahaan yang secara keseluruhan dilakukan dengan menggunakan kerangka COSO. Hanya saja, terdapat pengendalian yang kurang dan masih belum ada sehingga disarankan untuk memperbaikinya agar proses berjalan lebih efektif dan efisien.

This internship report discusses about the analysis of accounting information system of premium cycle process and claim cycle process in the one of insurance company located in Indonesia. This analysis starts from detailed explanation stages of the company's premium cycle which consists of two stages: new business process and billing process and also stages of the company's claim cycle which consists of three stages: submitting claim, testing claim, and payment of claim. This report also discusses the analysis of the company's internal controls as a whole using the COSO framework. However, there are some lack of controls that still needed to be fixed so that the whole process will run more effectively and efficiently.
"
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nira Nurwulan Astririni
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti sistem informasi aset pada institusi perbankan. Aset merupakan modal kerja yang sangat penting yang perlu dikelola dengan baik di masa depan, pengelolaan aset bertujuan untuk memaksimalkan nilai manfaatnya dan bisa mengoptimalkan keberadaannya. Penelitian ini menggunakan metode FAST Framework for the Application of System Thinking dan lembar kerja PIECES Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, and Services . PT Bank XYZ masih menggunakan sistem informasi secara manual untuk mengelola asetnya sehingga belum bisa mengintegrasikan aktifitas pelaporan aset yang berada di unit Satuan Kerja Pengelola Aset SKPA , Satuan Kerja Pelaksana Pengadaan SKPP , Satuan Kerja Pengendalian Keuangan dan Anggaran SKPKA dengan seluruh cabang PT Bank XYZ. Hasil analisis dan perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Tetap ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai kelemahan-kelemahan sistem yang dimiliki PT Bank XYZ pada saat ini serta saran perbaikan yang bisa dilakukan PT Bank XYZ agar lebih baik lagi di masa depan.

ABSTRACT
This purpose of literature is observation about system information of asset in Banking Institution. Asset is very important working capital and needs for good managing in the future. The purpose of managing asset is maximality for profit value and optimum well to do. Based on FAST methods Framework for the Applicationof System Thinking and PIECES worksheets Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, and Services . Nowadays, PT Bank XYZ still using manually system to managing asset, by the way report activity asset does not integration between units in PT Bank XYZ like Working Team of Asset Organizer SKPA , Working Team of Supplying Executor SKPP , Working Team of Finance and Budgeting Controller SKPKA with all of branch in PT Bank XYZ. Result from analyst and design of Fixed Asset Management Information System hopefully can give illustration about system weaknesses has had PT Bank XYZ at this time and give recommendation suggestion to PT Bank XYZ in order to better in the future."
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>