Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 94668 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Aufa
"Litium Titanat atau Li4Ti5O12 (LTO) merupakan salah satu material yang menguntungkan sebagai bahan dasar anoda baterai lithium ion. Dalam penelitian ini, LTO disintesis dengan karbon aktif (AC) yang berbahan dasar dari sampah pelastik (PET), dengan komposisi karbon aktif yang berbeda sebesar 3 wt%, 5 wt%, and 7 wt%. Karbon aktif tersebut terbuat dari campuran sampah pelastik dan bentonite (9:1) yang dikarbonisasi melalui tungku pembakaran pada suhu 400°C dalam atmosfer inert nitrogen menjadi karbon amorf hitam. Setelah karbonisasi, karbon tersebut diaktivasi melalui empat proses utama: pencampuran dengan NaOH, sintering dalam atmosfir nitrogen, pencucian, dan pengeringan. LTO/AC yang sudah disintesis lalu diubah menjadi anoda baterai lithium-ion setengah sel. Kemudian anoda tersebut dikarakterisasi melalui Uji Voltametri Siklus, Uji Pengisian Daya Muatan (CD) dan Spektroskopi Impedansi Listrik (EIS). Hasil akhir dari pengujian ini menunjukan bahwa penambahan karbon aktif dapat meningkatkan konduktifitas dari baterai lithium-setengah sel. Sesuai dengan hasil pengujian CV, penambahan karbon sebesar 7% wt% menghasilkan kapasitas spesifik sebesar 143.4 (mAh/g). Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukan bahwa penambahan karbon aktif optimal adalah sebesar 7 wt%.

Lithium titanate or Li4Ti5O12 (LTO) is a favorable contender as lithium-ion battery anode material. In this research, LTO/AC was synthesized with activated carbon made of plastic waste, the different composition of 3 wt%, 5 wt%, and 7 wt% has been carried out. The activated carbon was made using the mixture of plastic waste and bentonite nano clay (9:1) that will go through the slow pyrolysis carbonization process, which is performed under 400°C in an inert atmosphere of N2 with the help of a furnace into black amorphous carbon. After the carbonization, the carbon is activated through four main stages: mixing with NaOH, sintering under a nitrogen atmosphere, washing, and drying. The synthesized LTO/AC materials are then formed into a half-cell lithium-ion battery anode. The half cell lithium-ion battery anodes are then examined using the Cycle Voltammetry Test, Charge Discharge (CD) Test, and Electrical Impedance Spectroscopy (EIS). The final result of this research shows that activated carbon can increase the conductivity of the half-cell lithium battery. According to the results of the CV test, the addition of 7% wt% carbon resulted in a specific capacity of 143.4 (mAh/g). The test results in this research indicate that the optimal addition of activated carbon is 7 wt%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zidni Eilma Laallani Chairunnisa
"ABSTRAK
Salah satu bahan aktif paling populer yang digunakan dalam baterai lithium ion adalah Lithium Titanate (Li4Ti5O12), karena menunjukkan sifat regangan nol serta ketahanan tinggi terhadap perubahan volume. Salah satu kelemahannya adalah kapasitasnya yang rendah dan konduktivitas listrik yang rendah. Dalam percobaan ini, Lithium Titanate didoping dengan bahan aktif lain dengan kapasitas teoritis yang lebih tinggi dalam bentuk partikel nano Seng Oksida (ZnO). Perbedaan konsentrasi Zinc Oxide yang digunakan dalam percobaan ini adalah 5%, 8% dan 11% Zinc Oxide. Bahan aktif kemudian dibuat menjadi anoda baterai lithium ion setengah sel. Anoda baterai lithium ion setengah sel kemudian diuji menggunakan Uji Voltametri Siklus, Spektroskopi Impedansi Listrik (EIS) dan Uji Pengisian Daya Muatan (CD). Hasil akhir menunjukkan bahwa dengan penambahan doping Zinc Oxide menggunakan metode solid state dan sintering yang mampu meningkatkan kapasitas KPP dan ketahanan terhadap kehilangan kapasitas, meskipun itu meningkatkan resistansi dalam hasil tes EIS.

ABSTRACT
One of the most popular active materials being used in a lithium ion battery is Lithium Titanate (Li4Ti5O12), as it exhibits zero strain properties as well as high resistance to volume change. One of its disadvantages is its low capacity and low electrical conductivity. In this experiment, Lithium Titanate is doped with another active material with higher theoretical capacity in the form of Zinc Oxide (ZnO) nanoparticles. The different concentrations of Zinc Oxide used in this experiment are 5%, 8% and 11% Zinc Oxide. The active materials are then fabricated into a half-cell lithium ion battery anode. The half-cell lithium ion battery anodes are then tested using the Cycle Voltammetry Test, Electrical Impedance Spectroscopy (EIS) and Charge Discharge (CD) Test. The final results show that with the addition of Zinc Oxide doping using a solid state and sintering method that it is able to enhance the LTO capacity and resistance to capacity loss, although it does increase its resistance in the EIS test results.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pierre Wolter Winowatan
"Konsumsi bahan bakar fosil telah dianggap sebagai salah satu kebutuhan utama kita. Penggunaan bahan bakar fosil bisa merusak lingkungan dengan menghasilkan polusi sebagai produk dari pembakaran bahan bakar fosil. Ada banyak penemuan mengenai pengembangan penyimpanan energi seperti baterai. Penggunaan baterai lithium-ion dapat menjanjikan untuk aplikasi yang membutuhkan daya tinggi dan salah satu kandidat untuk mengalihkan penggunaan bahan bakar fosil. Lithium titanat adalah bahan yang menjanjikan untuk digunakan sebagai bahan anoda. Penambahan silikon yang memiliki kapasitas teoritis 4200 mAh g-1 telah membuat lithium titanat dan silikon untuk saling melengkapi dan bersinergi satu sama lain. Lithium titanate disintesis menggunakan metode sol-gel dan metode solid state. Peracikan dengan elemen silikon dalam slurry dapat mencegah perubahan fase dari silikon menjadi SiO2. Kadar silikon dibagi menjadi tiga komposisi 10 , 20 dan 30 dengan nomenklatur LTO-Si10 sr, LTO-Si20 sr dan LTO-Si30 sr untuk setiap sampel memiliki konten yang berbeda dari silikon masing-masing. Kapasitas tertinggi terkait dengan tingkat C rate yang berbeda adalah LTO-Si20 sr dan Diikuti oleh LTO-Si10 sr yang dimana kapasitas saat C rate berbeda LTO-Si30 memiliki kapasitas yang terbilang buruk.

The consumption of fossil fuel has been considered as one of our main necessity. The use of fossil fuel could damage our environment with the produce of pollution as the combustion product of fossil fuel. There are many inventions regarding the development of energy storage such as battery. The use of lithium ion has been promising for high power application and one of the candidates to divert the usage of fossil fuel. Lithium titanate is a promising material to be used as anode material. The addition of silicon which has theoretical capacity of 4200 mAh g 1 has made lithium titanate and silicon to compliment and synergize with one another. The lithium titanate was synthesized using sol gel and solid state methods. The compounding with silicon element was in the slurry making to prevent any phase changes of silicon to be SiO2. The silicon content was divided into three compositions of 10, 20 and 30 with the nomenclature of LTO Si10 sr, LTO Si20 sr and LTO Si30 sr for each sample having different content of silicon respectively. The highest capacity associated with different C rate is LTO Si20 sr and followed by LTO Si10 sr with LTO Si30 sr having poor overall capacity."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S69280
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winidias Chandra Prameswari
"Litium Titanat Oksida (Li4Ti5O12) adalah kandidat yang menjanjikan sebagai anoda untuk baterai Litium ion. Dalam penelitian ini, Li4Ti5O12 disintesis oleh solid-state dengan kadar ZnO Nanorod yang berbeda. Tiga variasi penambahan kadar ZnO Nanorod yaitu 0%, 4% dan 7% dengan label LTO anoda, LTO/ZnO 4% dan LTO/ZnO Nanorod 7%. Uji karakterisasi terhadap zat yang digunakan adalah SEM dan XRD. Uji karakterisasi bertujuan untuk mengamati terbentuknya ZnO Nanorod dengan metode Chemical Bath Deposition (CBD) dan efek penambahan kadar ZnO Nanorod terhadap LTO pada struktur morfologi sampel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kapasitas optimum masing-masing sampel adalah 127.73 mAh/g untuk LTO anoda, 120.74 mAh/g untuk LTO/ZnO 4% dan 125.00 mAh/g untuk LTO/ZnO 7%. Nilai konduktifitas tertinggi yang didapatkan dari pengujian Electrochemical Impedance Spectrometry (EIS) adalah LTO/ZnO 4%. Berdasarkan hasil XRD, Hasil dari semua variabel dipengaruhi oleh impuritas yang terdapat dalam material aktif yang digunakan.

Lithium Titanate Oxide (Li4Ti5O12) is a promising candidate for an anode material in Lithium-ion battery. In this research, Li4Ti5O12 is synthesized using the solid-state method with the addition of ZnO Nanorod. The variable used for this research are at 0%, 4% and 7% and each sample is labelled as LTO anode, LTO/ZnO 4% and LTO/ZnO 7%. Characterization tests were made to all the sample by using SEM and XRD. Characterizations were done to examine the structure of ZnO Nanorod as well as the effect of the addition of ZnO Nanorod to the sample and the elements consisting in the active material.
Result shows that LTO anode has the highest capacity at 127.73 mAh/g followed by LTO/ZnO 7% at 125.00 mAh/g and LTO/ZnO 7% 120.74 mAh/g. The conductivity tested using Electrochemical Impedance Spectroscopy (EIS) shows that the highest conductivity is possessed by LTO/ZnO 4%. The outcome of the research is affected by the impurities in the active materials as shown in the XRD result.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Ridho Nugraha
"Litium Titanat, Li4Ti5O12 (LTO) adalah kandidat yang menjanjikan sebagai bahan anoda baterai lithium ion. Dalam penelitian ini, LTO/C@ZnO disintesis dengan LTO nanorod dengan metode hidrotermal dari TiO2 xerogel yang dibuat dengan metode sol-gel, litium hidroksida (LiOH), Karbon aktif, dan Zinc Oksida (ZnO) nanorod. Tiga variasi penambahan konten ZnO dalam % berat, yaitu, 4, 7 dan 10%, diberi label sampel LTO/C@ZnO-4, LTO C@ZnO-7 dan LTO/C@ZnO-10. Karakterisasi dilakukan menggunakan XRD, SEM, FE-SEM, dan BET. Ini dilakukan untuk mengamati efek penambahan ZnO pada struktur, morfologi, dan luas permukaan sampel yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas optimum dari masing- masing sampel adalah 32,84 mAh/g dalam LTO/C@ZnO-4 dengan ukuran kristal 11,86 nm dan luas permukaan 348,736 m2/g. Dalam pengujian cyclic voltametry, menunjukkan pergeseran dalam tegangan reaksi dan pengurangan kapasitas yang disebabkan oleh penambahan C@ZnO dan kurangnya Li4Ti5O12 yang terbentuk.

Lithium titanate, Li4Ti5O12 (LTO) is a promising candidate as lithium ion battery anode material. In this investigation, LTO/C@ZnO was synthesized with LTO nanorod by hydrothermal method using TiO2 xerogel that prepared by the sol-gel method, lithium hydroxide (LiOH), Activated carbon, and Zinc Oxide (ZnO) nanorod. Three variations of ZnO content addition in weight% , i.e., 4, 7 and 10%, labelled as sample LTO/C@ZnO-4, LTO/C@ZnO-7 and LTO/C@ZnO-10, respectively. The characterizations were made using XRD, SEM, FE-SEM, and BET testing. These were performed to observe the effect of ZnO addition on astructure, morphology, and surface area of the resulting samples. Result showed that the optimum discharge capacity from each samples was 32.84 mAh/g in LTO/C@ZnO-4 with the crystallite size of 11.86 nm and the surface area of 348.736 m2/g. In cyclic voltammetry testing, it shows a shift in reaction voltage and reduction in capacity that caused by the addition of C@ZnO and the lack of Li4Ti5O12 that are formed.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laksamana Zakiy Ramadhan
"Lititum Titanat Oksida Li4Ti5O12 dipertimbangkan menjadi elektroda anoda pada baterai Litium Ion. LTO adalah kandidat yang menjanjikan untuk menggantikan Grafit. Grafit memiliki kapasitas yang tinggi, namun disamping itu, keamanan dari material ini dipertanyakan, pembentukan struktur dendritik yang dapat menyebabkan hubungan arus pendek atau konslet akhir-akhir ini banyak di diskusikan. Oleh karena itu LTO dengan properti lsquo;zero strain rsquo;, dimana tidak ada perubahan volume selama interkalasi adalah kandidat yang menjajikan. Dibandingkan dengan grafit, LTO memiliki kapasitas yang kecil, oleh karena itu penambahan elemen lain untuk meningkatkan kapasitas dari LTO dibutuhkan. Dalam penelitian ini, penambahan Sn dalam LTO telah dilakukan, penambahan Sn bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan konduktifitas. Menggunakan metode sol-gel untuk mensintesis LTO, dan diikuti oleh metode solid-state, LTO di campur dengan Sn menggunakan HEBM High energy Ball Mill , beberapa penambahan konsentrasi Sn dilakukan, yaitu 10 , 20 , 30. Karakterisasi material telah dilakukan menggunakan SEM-EDS, BET, XRD.
Dari hasil BET, penambahan Sn mengakibatkan berkurangnya surface area. Pada hasil SEM-EDS dari lembaran anoda, memperlihatkan aglomerasi dan distribusi yang buruk dari partikel, dari hasil XRD menunujukan adanya pengotor berupa TiO2 Rutile. Pembuatan baterai sel setengah telah dilakukan, dengan Litium logam sebagai Anoda, LTO dan Sn sebagai Katoda. Diikuti dengan pengujian performa electrokimia, yaitu EIS, CV, CD. EIS dilakukan sebelum dan sesudah tes CV, EIS sebelum tes CV menunjukan LTO dengan 30 kandungan Sn memiliki konduktifitas yang paling tinggi, sementara untuk EIS setelah CV, menunjukkan LTO dengan 20 kandungan Sn memiliki konduktifitas paling tinggi, Sn yang berlebih akan mengakibatkan penurunan performa karena fenomena Pulverisasi. Hasil CV menunjukan adanya dua peak pada masing-masing elemen, menunjukan reversibilitas dari reaksi. Pada hasil CD, LTO dengan 20 kandungan Sn memiliki kapasitas paling baik, oleh karena itu penambahan Sn yang optimum ialah 20.

Lithium Titanate Oxide Li4Ti5O12 has been considered as anode electrode in Lithium Ion Batteries. LTO is a promising candidate to replace Graphite. Graphite has high capacity, but despite their superiority, safety concern of this material is questioned, formation of dendritic structure which leads to short circuit is commonly discussed. Thus, LTO with zero strain property, where there is no volume change during intercalation is a promising candidate. Compared with graphite, LTO has small capacity, thus addition of other elements to increase its capacity is required. In this experiment, addition of Sn in LTO was done, addition of Sn purposed to increase its capacity and conductivity. Using sol gel method to synthesis LTO, and followed by solid state method, LTO is mixed with Sn using HEBM High energy Ball Mill . Various Sn concentration was added, which are 10 , 20 , 30. Material characterization in this experiment was using SEM EDS, BET, XRD.
From BET result, addition of Sn decrease its surface area, SEM EDS result of layered anode shows agglomeration for Sn element and poor particle distribution in layered anode, XRD result shows impurities which is TiO2 Rutile. Half cell battery fabrication was done using Lithium metal as anode and LTO Sn as cathode. Followed by electrochemical performance test, which are EIS, CV, CD. EIS performed before and after CV test, from EIS before CV results, LTO with 30 of Sn has highest conductivity, for EIS after CV, LTO with 20 of Sn has highest conductivity, excessive Sn concentration leads to performance decrease because of pulverization. From CV result, two anodic and two cathodic peaks are shown, which indicates reversible reaction of LTO and Sn, also from CV test, highest capacity is attribute to LTO with 20 of Sn with 168,9 mAh g. From CD result, LTO with 20 of Sn has the most stable performance, 30 of Sn considered as excessive addition of Sn, thus LTO with 30 of Sn has poor electrochemical performance.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Alya Firnadya
" ABSTRAK
Baterai lithium ion merupakan baterai yang sedang dikembangkan untuk menjadi tempat penyimpanan energi khususnya untuk mobil listrik. Anoda Li4Ti5O12 LTO atau lithium titanat merupakan anoda yang cukup menjanjikan untuk aplikasi ini karena sifat zero-strain yang dimiliki sehingga dapat tahan pada high rate. Namun, kapasitas yang dimiliki LTO masih tergolong rendah. Oleh karena itu LTO perlu dikombinasikan dengan bahan lain yang memiliki kapasitas tinggi seperti Si. Silikon memiliki kapasitas yang sangat tinggi yaitu 4200mAh/g namun volume ekpansinya pun tinggi. Ukuran nano juga dapat membantu meningkatkan kapasitas. Oleh karena itu komposit LTO/nano Si dibuat untuk mendapat anoda dengan kapasitas yang tinggi dan bersifat stabil. Nano Si yang ditambahkan dengan variasi 1 , 5 , dan 10 . Komposit LTO/nano Si dikarakterisasi dengan XRD, SEM-EDX, dan TEM-EDX. Lalu, untuk mengetahui performa baterai, pengujian yang dilakukan adalah EIS, CV, dan CD. Hasil yang didapat adalah Si meningkatkan konduktivitas, namun tidak signifikan. Penambahan Si menghasilkan kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 262,54 mAh/g pada LTO-10 Si. Stabilitas dari komposit LTO/nanoSi baik, dibuktikan dengan efisiensi coulomb pada high rate yang mendekati 100 .
ABSTRACT The lithium ion battery is a battery that is being developed to become a repository of energy, particularly for electric cars. Li4Ti5O12 LTO anode or lithium titanate anodes are quite promising for this application because of its zero strain properties so it can withstand the high rate. However, the capacity of LTO is still relatively low. Therefore, the LTO needs to be combined with other materials that have high capacity such as Si. Silicon has a very high capacity which is 4200mAh g but, it has a high volume of the expansion. Nano size can also help increase the capacity. Therefore composite of LTO nano Si is made to create an anode with a high capacity and also stable. Nano Si is added with a variation of 1 , 5 and 10 . LTO nano Si composite is characterized using XRD, SEM EDX, and TEM EDX. Then, to determine the battery performance, EIS, CV, and CD tests were conducted. From those tests, it is studied that Si improves the conductivity of the anode, but not significantly. The addition of Si results a greater battery capacity which is 262.54 mAh g in the LTO 10 Si. Stability of composite LTO nanoSi is good, evidenced by the coulomb efficiency at the high rate of close to 100 ."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S66640
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puthut Bayu Murti
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi energi ramah lingkungan seperti sel surya, wind energy,
dan lain-lain mendorong perkembangan media penyimpanan energi (baterai) yang
lebih efisien. Lithium Titanate atau Li4Ti5O12 merupakan salah satu material anoda
yang sedang dikembangkan guna menciptakan baterai yang efisien. Hal ini
dikarenakan Lithium Titanate memiliki sifat zero-strain yang menyebabkan
Li4Ti5O12 memiliki kestabilan yang baik. Di sisi lain, Lithium Titanate memiliki
konduktivitas yang rendah sehingga kemampuan baterai pada kondisi C-rate yang
tinggi menjadi berkurang. Pada penelitian ini dilakukan percobaan dengan variasi
kadar acetylen black yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kadar acetylen
black yang diberikan terhadap konduktivitas dan performa baterai lithium. Variasi
acetylen black dilakukan dengan mengubah rasio berat lembaran anoda Li4Ti5O12
menjadi 3, yakni 9:0,5:0,5 untuk LTO-HT2 AC 0.5, 8:1:1 untuk LTO-HT2 AC 1
dan 7:1,5:1,5 untuk LTO-HT2 AC 1.5. Li4Ti5O12 yang digunakan pada penelitian
ini merupakan Li4Ti5O12 hasil sintesa dengan metode Sol-gel yang diikuti oleh
metode hidrotermal-ballmill. Pengujian XRD, SEM dan BET dilakukan pada
serbuk Li4Ti5O12 guna mengetahui kualitas serbuk yang dihasilkan. Serbuk
Li4Ti5O12 kemudian di mixing, coating, stacking, filling dan crimping hingga
terbentuk baterai lithium setengah sel berbentuk koin. Baterai kemudian diuji
performa nya dengan EIS, CV dan CD. Dari pengujian maka akan terlihat
konduktivitas, kemampuan difusi ion lithium, reversibilitas reaksi, coulombic
efficiency dan rate capability dari baterai. Dengan penambahan acetylen black yang
sesuai, maka performa optimum dari baterai dapat dicapai

ABSTRACT
The development of green environmentally technology like solar cell, wind energy
and any others push (encourage) the development of more efficient storage energy
(battery). Lithium Titanate or Li4Ti5O12 is one of anode material that has been
developed to create more efficient battery. It?s because Lithium Titanate has zerostrain
properties that cause the Li4Ti5O12 have good stability. Other than that,
Lithium Titanate has low conductivity that makes the ability of battery at high crate
condition to be reduced. In this study will be done an experiment with variety
of acetylene black level that aim to know the effect of acetylene black level which
given to conductivity and perform of lithium battery. Variation of acetylene black
is done by changing the weight of anode sheet Li4Ti5O12 to 3, which is 9:0,5:0,5 for
LTO-HT2 AC 0.5, 8:1:1 for LTO-HT2 AC 1, and 7:1,5:1,5 for LTO-HT2 AC 1.5.
Li4Ti5O12 which used in this study is Li4Ti5O12 result from synthesis with sol-gel
method followed by hidrotermal-ballmill method. XRD, SEM and BET testing is
done at Li4Ti5O12 powder to know the result of powder quality. The Li4Ti5O12
powder and then do the mixing, coating, stacking, filling and crimping until lithium
battery formed a half cell like a coin. The Battery is tested it?s performance by doing
EIS, CV and CD. From that test can be seen the conductivity, the ability of lithium
ion difusion, reaction of reversibility, coulombic efficiency and rate capability of
battery. With the adding of appropiate acetylene black, the optimum performance
can be obtain;"
2016
S65630
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jeffrey Riady
"Senyawa Li4Ti5O12 merupakan senyawa yang memiliki potensial sebagai material anoda namun memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan dari LTO adalah memiliki konduktivias yang rendah dan kapasitas teoritis yang lebih rendah dari grafit yang dipakai sebagai material anoda pada baterai lithium ion.
Pada penelitian ini mixing element yang diberikan pada LTO adakah karbon aktif dan SnO2 untuk menutupi kekurangan dari LTO. Jumlah karbon aktif yang diberikan adalah sebanyak 1, 3 dan 5. Persen SnO2 yang ditambahkan adalah 10. Senyawa SnO2 ditambahkan pada komposit LTO/C menggunakan metode deposisi in-situ.
Dengan metode deposisi in-situ senyawa SnO2 yang diperoleh memiliki ukuran partikel yang kecil dan tersebar secara merata. Li4Ti5O12 disintesis menggunakan metode sol-gel, hidrothermal dan mekanokimia dengan menggunakan LiOH sebagai sumber ion lithium. Karakterisasi yang digunakan adalah XRD dan SEM-EDX. Untuk pengujian performa baterai dilakukan pengujian EIS, CV dan CD untuk mengetahui efek dari penambahan karbon aktif dan SnO2 pada performa elektrokimia.
Hasil pengujian XRD menunjukkan partikel SnO2 telah terbentuk dan tanpa pengotor. Hasil pengujian SEM menunjukkan partikel SnO2 yang terbentuk memiliki ukuran partikel yang kecil dan tersebar merata begitu pula dengan partikel karbon aktif tersebar secara merata. hasil pengujian CV menunjukkan bahwa penambahan karbon aktif meningkatkan kapasitas spesifik LTO. Hasil pengujian CD menunjukkan dengan penambahan karbon aktif, capacity loss pada c-rate tinggi dapat dikurangi.

Li4Ti5O12 is one of the compound which has potential as anode material on lithium ion battery but with certain limitation. The limitation of Li4Ti5O12 are it hasa low conductivity and low theoritical capacity compared to graphite which is anode material of state of the art litihum ion battery.
In this research mixing element given to LTO are activated carbon and SnO2 to decrease LTO limitation. Activated carbon as mixing element added in LTO are 1, 3 and 5. SnO2 added to LTO are 10. SnO2 added to LTO composite with in situ deposition method.
Using in situ deposition method, SnO2 particle acquired from deposition has small particle size and distribute evenly. Li4Ti5O12 synthetized with sol gel method, hydrotermal method and mechano chemical method using LiOH as ionic Li source. The sample was characterized with XRD and SEM EDX. For battery performance, EIS, CV and CD testing was conducted to determine the effect of addition activated carbon and SnO2 on electrochemical performance.
Based on XRD result, SnO2 particle is formed with no residue from previous reaction. Based on SEM EDS result, SnO2 particle has small size and distribute evenly same with active carbon. The result from CV testing show with addition of activated carbon increase specific capacity of LTO. The result from CD tewting show with addition of activated carbon, capacity loss on high c rate can be reduced.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hugo Abraham
"Optimalisasi kinerja untuk anoda baterai lithium-ion (LIBs) dapat dilakukan dengan mencampur ZnO-nanorods dengan ketentuan Karbon Aktif. Dalam penelitian ini, ZnO-nanorods di sintesis melalui suatu proses yang menggunakan bahan dasar HMTA dan Zinc Oxide. Untuk mengatasi masalah ini karbon telah diaktifkan karena memiliki sifat konduktivitas yang baik dan dapat mempengaruhi volume yang terjadi. Variasi dalam persentase nanorods ZnO yang 4wt%, 7wt%, dan 10wt%. Karakterisasi sampel diperiksa menggunakan X-Ray Diffraction (XRD), Scanning Electron Microscope (SEM), dan Brunauer-Emmett-Teller (BET). Kinerja baterai sampel diperoleh dengan Electrochemical Impedance Spectroscopy (EIS), Cyclic Voltammetry (CV), dan Charge-Discharge (CD) pengujian setelah dirangkai menjadi baterai sel berbentuk koin.
Penelitian ini membahas tentang pengaruh penambahan karbon aktif terhadap komposit nanorod ZnO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nanorod AC-10%/ZnO-7% memiliki kapasitas spesifik tertinggi 270,9 mAh/g. Menurut tes Brunner-Emmet-Teller (BET), luas permukaan terbesar adalah 631.685 m2/g. Kinerja elektrokimia paling baik diperoleh oleh nanorods AC-10%/ZnO-7%.

Performance optimization for lithium-ion battery anodes (LIBs) can be done by mixing ZnO-nanorods with the provisions of Active Carbon. In this study, ZnO-nanorods synthesized a process that uses basic ingredients HMTA and Zinc Oxide, in addition. To solve this problem, carbon has been activated because it has good conductivity properties and can affect the volume that occurs. Variations in the percentage of ZnO nanorods which are 4wt%, 7wt%, and 10wt%. Characterization of the samples was examined using X-Ray Diffraction (XRD), Scanning Electron Microscope (SEM), and Brunauer-Emmett-Teller (BET). The battery performance of the samples was obtained by Electrochemical Impedance Spectroscopy (EIS), Cyclic Voltammetry (CV), and Charge-Discharge (CD) testing after being assembled into coin cell batteries.
This study discusses the effect of adding activated carbon to ZnO nanorods composites. The results showed that the AC-10%/ZnO-7% nanorods have the highest specific capacity of 270.9 mAh/g. According to Brunner-Emmet-Teller (BET) test, the largest surface area was 631.685 m2/g. Electrochemical performance is best obtained by AC-10% / ZnO-7% nanorods.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>