Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 188969 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Muzakki
"Salah satu komponen penting kendaraan adalah rangka atau chassis. Rangka merupakan bagian kendaraan yang berfungsi melindungi pengendara dari benturan. Rangka yang nantinya akan didesain tersebut dirancang dengan bobot seringan mungkin dan tetap memerhatikan factor keamanan yang sesuai dengan regulasi Shell Eco-Marathon. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk merancang struktur rangka komposit serat karbon mobil untuk kompetisi Shell Eco-Marathon dengan sumber energi penggerak yaitu motor pembakaran dalam atau ICE (Internal Combustion Engine) dan motor listrik. Skripsi difokuskan untuk mendesain struktur rangka komposit untuk mobil hemat energi konsep urban berbahan bakar gasoline dan listrik dengan material komposit serat karbon.Jenis serat karbon yang digunakan yaitu woven wet dengan matriks epoxy serta core material yang digunakan yaitu divinycell h-100. Pembuatan desain struktur menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor 2022 dan Solidworks 2018, penetapan struktur komposit menggunakan Ansys ACP Workbench 19.2, dan simulasi beban menggunakan Ansys Static Stuctural Workbench 19.2. Besar beban pada simulasi didapatkan dengan mengambil data torsi dan daya mobil hemat energi ICE dan listrik tim Universitas Indonesia Supermileage Vehicle (UI-SMV) dengan dynamometer dan shaft dynamometer sebagai data acuan torsi dan daya yang dibutuhkan oleh mobil hemat energi. Uji simulasi kekuatan chassis yaitu beban vertikal, beban puntir, beban pengereman, beban rollbar sebesar 700 N, beban lateral dan beban traksi. Simulasi kekuatan pada perangkat lunak tersebut untuk menemukan hasil berupa tegangan von-mises, faktor keamanan, total deformasi dan massa. Data hasil simulasi akan dijadikan acuan untuk mendesain rangka komposit serat karbon mobil hemat energi dengan mempertimbangkan deformasi maksimal dan safety faktor juga. Massa yang diperoleh dari hasil simulasi untuk mobil ICE sebesar 18,742 kg sedangkan mobil listrik sebesar 19,1 kg. Kemudian untuk target kekakuan dan kekuatan kedua desain chassis mobil layak atau aman untuk digunakan.

One of the important components of the vehicle is the frame or chassis. The frame is the part of the vehicle that serves to protect the driver from collisions. The frame that will be designed will be designed with the lightest possible weight and still pay attention to the safety factor in accordance with the Shell Eco-Marathon regulations. This thesis research aims to design a car carbon fiber composite frame structure for the Shell Eco-Marathon competition with a driving energy source, namely an internal combustion engine or ICE (Internal Combustion Engine) and an electric motor. The thesis is focused on designing a composite frame structure for an energy-efficient urban concept car using gasoline and electricity with carbon fiber composite material. The type of carbon fiber used is woven wet with an epoxy matrix and the core material used is divinycell h-100. The structure design was made using Autodesk Inventor 2022 and Solidworks 2018 software, the determination of the composite structure using Ansys ACP Workbench 19.2, and load simulation using Ansys Static Stuctural Workbench 19.2. The magnitude of the load in the simulation is obtained by taking the torque and power data of the ICE energy-efficient car and the electricity of the Universitas Indonesia Supermileage Vehicle (UI-SMV) team with a dynamometer and shaft dynamometer as reference data for torque and power required by energy-efficient cars. The chassis strength simulation tests are vertical loads, torsional loads, braking loads, rollbar loads of 700 N, lateral loads and traction loads. Strength simulation in the software to find results in the form of von-mises stress, safety factor, total deformation and mass. The data from the simulation results will be used as a reference for designing a carbon fiber composite frame for energy-efficient cars by considering maximum deformation and safety factors as well. The mass obtained from the simulation results for the ICE car is 18.742 kg while the electric car is 19.1 kg. Then to target the stiffness and strength of both the car chassis design is feasible or safe to use.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zhafir Naufal Afif
"ABSTRAK
Penulisan ini membahas mengenai perancangan desain motor BLDC 12 slot dan 8 pole dengan kapasitas 40 kW menggunakan material komposit, dalam hal ini Somaloy, pada inti motor. Penelitian berfungsi untuk melihat pengaruh perubahan diameter stator, panjang stack, diameter rotor, ketebalan magnet, jumlah lilitan dan material yang digunakan untuk melihat perbandingan performa berdasarkan keluaran torsi, daya keluaran, dan faktor daya pada motor. Hasil penelitian didapatkan bahwa keluaran nilai torsi pada material Somaloy sebesar 97.9 Nm, daya keluaran mencapai 41 Nm, dan faktor daya sebesar 0.72. Simulasi tersebut menunjukan penggunaan bahan komposit pada inti motor mampu menghasilkan keluaran berupa torsi, daya keluaran, dan faktor daya yang cukup baik. Simulasi motor menggunakan software Finite Element Method FEM.

ABSTRACT
This research discusses about the design of BLDC motor 12 slots and 8 poles with a capacity of 40 kW using composite material, in this case is Somaloy, at its core. The research functioned to see the effect of stator diameter change, stack length, rotor diameter, magnet thickness, number of turns, and material used to see performance comparison based on torque output, output power, and power factor. The results obtained that the output value of torque on Somaloy material is 97.9 Nm, output power is 41 Nm, and power factor is 0.72. The simulation results show that the use of composite materials on the motor core is capable of producing good output such as torque output, output power, and power factor. Simulation software motor using Finite Element Method FEM."
[, ]: 2017
S68446
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andre Yosi
"Dewasa ini, penggunaan material komposit polimer berpenguat serat karbon (carbon fiber reinforced polymer, CFRP) dalam berbagai bidang semakin populer dan berkembang. Hal ini dikarenakan nilai ekonomis serta sifat mekanik yang baik yang mampu dihasilkan oleh material komposit tersebut. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi sifat/ karakteristik material komposit CFRP, diantaranya adalah arah orientasi serat karbon serta perlakuan panas. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh orientasi serat anyam karbon dan temperatur perlakuan panas terhadap sifat mekanik material komposit laminate bermatrik polimer. Komposit CFRP dimanufaktur dengan menggunakan metode hand lay-up dengan variasi orientasi [00 or 900]s, [00 or 900]/[±450] dan [±450]s. Spesimen komposit selanjutnya dilakukan pemanasan pada variasi temperatur lalu dilakukan pengujian berupa pengujian tarik, tekuk, impak, dan FTIR. Kekuatan tarik tertinggi diperoleh pada orientasi [0o or 90o]s dengan pemanasan 200 oC selama 3 jam, kekuatan tekuk tertinggi diperoleh pada orientasi [0o or 90o]s dengan pemanasan 100 oC selama 3 jam, serta energi impak tertinggi diperoleh pada orientasi [0o or 90o]s dengan pemanasan 100 oC selama 3 jam. Hasil pengujian FTIR menunujukkan gugus fungsi polimer yang dihasilkan dari Unsaturated Polyester Resin setelah pemanasan pada temperature curing adalah ikatan C=O (ester) dan ikatan ikatan C=C (cincin aromatik).

Nowadays, the use of carbon fiber reinforced polymer (CFRP) composite in various fields is getting more popular and fast growing. This is due to the economic value and good mechanical properties of the composite materials can produce. There are many factors that affect the characteristics of CFRP composite materials, including orientation of the carbon fiber and heat treatment. This study discusses the effect of the orientation of carbon woven fibers and the temperature of heat treatment on the mechanical properties of polymer matrix composite laminates. CFRP composites were manufactured using the hand lay-up method with various orientations [0 or 90o]s, [0 or 90o] / [± 45o] and [± 45o]s. The composite specimens were then heating at various temperatures. Characteristics of the composites were examined in the form of tensile test, bending test, impact test and FTIR analysis. The highest tensile strength was obtained at orientation [0o or 90o]s followed by heating at 200 oC for 3 hours. The highest bending strength was obtained at orientation [0o or 90o]s followed by heating at 100 oC for 3 hours, whereas the highest impact energy was obtained at orientation [0o or 90o]s followed by heating at 100 oC for 3 hours. FTIR test showed that the polymer functional groups from unsaturated polyester resin after heating at curing temperature are C=O bonds (ester) and C=C bonds (aromatic rings)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Pandu Wicaksono
"Bahan anti peluru berfungsi untuk menahan serangan peluru dengan menahan penetrasi dan tumbukan yang dihasilkan oleh peluru yang ditembakan. Dalam perkembangannya, material komposit sudah sering digunakan sebagai bahan rompi antipeluru karena sifatnya yang kaku, kuat, dan memiliki densitas yang rendah. Material komposit serat karbon/epoksi dan serat grafit/epoksi diuji coba dalam penelitian kali ini dengan tujuan untuk mendapatkan jumlah lapisan serat karbon dan serat grafit yang dapat menahan penetrasi peluru Tipe I 38 Spesial Round Nose. Simulasi uji balistik dilakukan dengan perangkat lunak Abaqus/Eksplisit. Berdasarkan hasil simulasi, 14 lapis serat karbon/epoksi dengan ketebalan 4,2 mm dan 10 lapis serat grafit/epoksi dengan ketebalan 30 mm mampu menahan penetrasi peluru. 14 Lapis serat karbon/epoksi menyerap energi kinetik sebesar 130 Joule dan meneruskan energi kinetic sebesar 48 Joule. 10 Lapis serat grafit/epoksi menyerap energi kinetik sebesar 140,6 Joule dan meneruskan energi kinetik sebesar 32,4 Joule. Kerusakan yang terjadi pada serat karbon/epoksi berbentuk radial fracture, sedangkan pada grafit/epoksi berbentuk brittle fracture. Perubahan bentuk peluru pada simulasi 14 lapis serat karbon/epoksi berebentuk bulat sedangkan pada simulasi 10 lapis grafit/epoksi berbentuk jamur.

The bulletproof material serves to withstand the bullet attack by holding back the penetration and impact produced by the shot bullets. During its development, composite materials have often been used as bulletproof vest materials because of their rigid, strong, and low-density properties. Carbon fiber/epoxy and graphite fiber/epoxy composite material were tested in this study with the aim of obtaining the number of layers of carbon fiber and graphite fiber that can withstand the penetration of bullet type I 38 Special Round Nose. Ballistic test simulation is done by Abaqus / Explicit software. Based on the simulation results, 14 layers of carbon/epoxy fiber with the thickness of 4.2 mm and 10 layers of graphite fiber/epoxy with the thickness of 3 mm can withstand bullet penetration. 14 carbon/epoxy layers absorb 130 Joules of kinetic energy and transmit 48 Joules of energy. 10 Layers of graphite/epoxy fibers absorb kinetic energy of 140.6 Joules and transmit energy of 32.4 Joules. The damage that occurs in carbon fiber/epoxy is in the form of radial fracture, whereas in graphite/epoxy it is in the form of brittle fracture. Bullet shape changes in the simulation of 14 layers of carbon fiber/epoxy in a round shape while in the simulation of 10 layers of graphite/epoxy in the shape of a mushroom.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satria Resdiana Nugraha
"

Material komposit sangat cocok penggunaanya sebagai bahan balistik karena dari sifat kekakuan dan kekuatan serta densitas yang rendah. Selain itu, penggunaan material komposit akan meningkatkan mass efficiency serta daya tahan untuk jenis kendaraan perang serta protection devices, metode yang digunakan pada saat ini untuk melakukan pengujian ballistic impact berbasis kepada elemen hingga (finite element method) yang merupakan metode penyelesaian dengan membagi objek yang rumit menjadi bagian-bagian yang kecil dan sederhana. Hasil dari metode ini pada permasalahan balistik adalah penggambaran distribusi tegangan-regangan yang terjadi pada pelat komposit. Parameter mechanical properties dalam aplikasi Abaqus CAE, menggunakan pendekatan Johnson-Cook method serta hashin criteria untuk mengetahui damage impact yang terjadi antara proyektil dan pelat komposit. Pada penelitian ini, perforasi terjadi pada pelat graphite/epoxy dan carbon/epoxy dengan jumlah lapisan 15 ply untuk peluru tipe II dan III, sedangkan partial penetration terjadi pada pelat graphite/epoxy dengan menggunakan proyektil tipe II (9mm) pada lapisan ply ke-30, dan untuk proyektil tipe III (44 magnum) terjadi pada lapisan ply ke-72. Partial penetration terjadi pada pelat carbon/epoxy dengan menggunakan proyektil tipe II (9mm) pada lapisan ply ke-42 dan untuk proyektil tipe III (44 magnum) terjadi pada lapisan ply ke-84. Variabel young modulus yang menyebabkan graphite/epoxy lebih stiffness dibandingkan dengan  carbon/epoxy, serta variabel kecepataan yang menyebabkan kerusakan pada pelat dengan jumlah ply yang lebih banyak menggunakan proyektil tipe III (44 Magnum) dengan kecepatan 450 m/s dibandingkan proyektil tipe II (9mm) dengan kecepatan 344 m/s.

           

 


Composite materials are suitable for use as ballistic materials because of their stiffness and low strength and density. The applications of composite materials will increase mass efficiency and durability for types of war vehicles and protection devices, the method currently used to conduct ballistic impact testing based on finite element method which is a method of settlement by dividing complicated objects into small and simple parts. The result of this method in ballistic problems is the depiction of the stress-strain distribution that occurs on the composite plate. Mechanical property parameters in the Abaqus CAE application, using the Johnson-Cook approach and hashin criteria to determine the damage impact that occurs between projectiles and composite plates. In this study, perforation occurred on graphite/epoxy and carbon/epoxy plates with 15 ply layers for type II and III bullets, while partial penetration occurred on graphite/epoxy plates using type II projectiles (9mm) on the 30th ply layer, and for type III projectiles (44 magnum) occurring in the 72nd ply layer. Partial penetration occurs on carbon/epoxy plates using type II projectiles (9mm) in the 42nd ply layer and for type III projectiles (44 magnum) occurs in the 84th ply layer. The young modulus variable that causes graphite/epoxy has more stiffness compared to carbon/epoxy, and the velocity variable causes damage to plates with a higher number of ply using type III (44 Magnum) projectiles with velocity 450 m/s than type II projectiles (9mm) with velocity 344 m/s.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sudirja
"Penelitian ini membahas tentang metode pembuatan bodi kendaraan terbang dan analisa dari material yang dihasilkan. Konten penelitian ini meliputi literatur, metode penelitian, dan hasil penelitian. Fokus dari penelitian ini adalah pada teknik pembuatan bodi kendaraan terbang dengan cara menyemprot cetakan bodi yang telah dilapisi kain elastis menggunakan resin. Jenis kain elastis yang digunakan untuk penelitian ini adalah kain yang memiliki kemampuan tahan air dan kain yang menyerap air. Ring cetakan digunakan sebagai rangka dan kain elastis untuk membentuk permukaan kemudian disemprotkan oleh resin agar menjadi lebih keras. Setelah kain elastis mengeras maka fiberglass/karbonfiber dan lapisan microsphere akan ditambahkan untuk memperkuat material. Kemudian uji tarik dan uji bending dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kekakuan material ini. Dari pengujian diperoleh bahwa spesimen GRVeWP kain tahan air memiliki kekuatan yang lebih baik daripada spesimen GRVeWP kain penyerap air dengan tegangan tarik 5 [49] Kg / mm [MPa], perpanjangan 2,26 , dan von misses 1.718e 008 N / m sedangkan kain elastis penyerap air dengan 4 [39 ] Kg / mm [MPa] untuk tegangan tarik, perpanjangan 2,24 , dan von misses 2.736e 008 N / m . Kemudian nilai kuat tarik material komposit hasil dari metode penyemprotan rangka kain elastis menggunakan resin ripoksi vinyl ester type 804 dengan material carbon fiber double layer CRVe adalah sebesar 243,729 MPa dengan beban maksimal 3425.98 N sedangkan apabila ditambah dengan lapisan microsphere CRVeM kuat tariknya menjadi 111,014 MPa dengan beban maksimal 4787,33 N. Untuk hasil uji bending specimen CRVeM memiliki modulus elastisitas yang lebih tinggi yaitu sebesar 9,34493 GPa dengan regangan yang lebih kecil yaitu 1,17423 sedangkan untuk specimen CRVe sebesar 7,42774 GPa dengan regangan lebih besar yaitu 2,48458.

This study discusses about the method of flying car's body manufacturing and the analysis of the material product. The content of this study includes literature, research methods, and research results. The focus of this research is on the technique of manufacturing the body of a flying car by spraying molded body that has been coated with elastic fabric using resin. The type of elastic fabric used for this research is a cloth that has waterproof properties and a water absorbing properties fabric. Ring mold is used as a frame and elastic fabric to form a surface then sprayed by resin to make it harder. Once the elastic fabric is hardened then fiberglass carbonfiber and microsphere layers will be added to strengthen the material. Then a tensile test and bending test are performed to determine the strength and rigidity of this material. From the test it was found that the GRVeWP specimen waterproof cloth had better strength than the specimen GRVeWP water absorbent cloth with tensile stress 5 49 Kg/mm MPa, elongation 2.26, and von misses 1.718e 008 N m while the water absorbent cloth with 4 39 Kg mm MPa for tensile stress, 2.24% elongation, and von misses 2.736e 008 N m. Then the value of tensile strength of composite material resulting from this spraying method using vinyl ester type 804 ripoksi resin with carbon fiber double layer CRVe material is 243,729 MPa with maximal load 3425.98 N whereas when added with microsphere layer CRVeM its tensile strength becomes 111.014 MPa with maximum load 4787.33 N. For bending test specimen CRVeM has a higher elastic modulus that is equal to 9.34493 GPa with a smaller strain that is 1.17423% while for CRVe specimen of 7.42774 GPa with a larger strain of 2.48458%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T50637
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hana Nabila Anindita
"Dalam penelitian ini dilakukan pembuatan komposit semikonduktor dengan menggunakan matriks akrilik yang ditambahkan dengan dua jenis filler yakni ZnO dan serat nata de coco. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan material komposit semikonduktor yang memiliki kekuatan mekanik, serta ketahanan termal yang baik. Metode yang digunakan adalah polimerisasi in situ dimana filler dan monomer matriks yang berupa resin dicampurkan kemudian ditambahkan katalis sebanyak 1% berat resin untuk mempercepat polimerisasi sehingga didapat komposit dengan filler yang terdistribusi di dalam polimer akrilik setelah didiamkan selama 12 jam. Komposit ini kemudian diukur modulus elastisitas, suhu transisi gelas, serta konduktivitas listriknya. Penambahan filler nata de coco mampu meningkatkan modulus elastisitas dan suhu transisi gelas dari akrilik. Modulus elastisitas serta suhu transisi gelas tertinggi dicapai oleh komposit akrilik/nata de coco dengan persen volume sebesar 30% yakni 2,68 GPa dan 199,47oC.
Secara umum penambahan filler ZnO dan nata de coco meningkatkan konduktivitas dari komposit. Komposit yang dihasilkan dapat dinyatakan sebagai material semikonduktor karena berada pada rentang konduktivitas 10-8-103 S/cm. Komposit dengan sifat semikonduktor yang paling baik adalah komposit akrilik/ZnO dengan persen volume ZnO sebesar 30% dengan konduktivitas sebesar 2,7 x 10-7 S/cm. Komposit dengan kombinasi filler ZnO sebesar 20% dan nata de coco 10% volume memberikan modulus elastisitas serta suhu transisi gelas yang lebih tinggi dari komposit akrilik/ZnO yakni mencapai 1,79 GPa dan 175,73oC. Sementara konduktivitas dari komposit tersebut lebih tinggi dari konduktivitas akrilik/nata de coco yakni mencapai 1,9 x 10-7 S/cm.

Synthesis of semiconductor composite using acrylic matrix filled with ZnO and nata de coco fiber has been conducted in this research. The purpose of this research is to obtain semiconductor composite material that have a good mechanical strength and thermal resistance. In situ polymerization method is used in this research where fillers and matrix monomer are mixed and then 1%wt of catalyst is added into the mixture to make it polymerizes faster. After 12 hours, the composite with acrylic matrix and filler is ready to be characterized. Three parameters are characterized in this research such as elastic modulus, glass transition temperature, and electric conductivity of the composite. The addition of nata de coco filler can increase the elastic modulus and glass transition temperature of the acrylic. The highest elastic modulus and glass transition temperature is obtained from acrylic/nata de coco composite with 30% filler volume percentage that reach 2,68 GPa and 199,47oC.
In general the addition of ZnO and nata de coco filler can increase the conductivity of the composite. The composites that has been made in this research can be classified as semiconductor material because the conductivity is in the range of 10-8-103 S/cm. Composite that has a high semiconductor characteristic is obtained from acrylic/ZnO composite with 30% filler volume percentage that reach 2,7 x 10-7 S/cm. The composite with 20% volume of ZnO filler and 10% volume of nata de coco gives a higher elastic modulus and glass transition temperature than those in acrylic/ZnO composite that reach 1,79 GPa and 175,73oC. In addition, the conductivity of this composite is 1,9 x 10-7 S/cm which is higher than the conductivity of acrylic/nata de coco composite.;
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44494
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifqi Hadyan Pandyashani
"Komposit sandwich merupakan material yang mempunyai potensi tinggi dalam aplikasi rancang bangun struktur ringan karena memiliki perbandingan strength to weight yang tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mencari sifat mekanik dari komposit sandwich dengan kulit kombinasi serat woven S-glass dan epoxy dan inti dari polyurethane foam. Material dibuat menjadi dua jenis orientasi S-glass yang berbeda yaitu 0°/90°/PU/0°/90 dan 0°/90°/PU/-45°/+45°. Material dibuat dengan menggunakan metode hand lay up dan vacuum bagging. Uji mekanik yang dilakukan adalah uji tekuk dan uji tekan arah edgewise. Penelitian ini memberikan hasil bahwa komposit sandwich jenis 0°/90°/PU/0°/90 memiliki sifat mekanik yang lebih baik dibandingkan dengan jenis 0°/90°/PU/-45°/+45°, dengan nilai kekuatan geser inti (74,38 ± 3,55) kPa, nilai kekuatan tekuk (1,22 ± 0,02) MPa, dan nilai kekuatan tekan (222,96 ± 8,98) kPa, serta kerusakan patahan pada citra SEM.

Sandwich composite is a material with high potential in light weight structure because of high strength to weight ratio. Research was done to find the mechanical properties of sandwich composite with S-glass and epoxy combination skin and polyurethane foam core. The sample is divided into two different S-glass orientation, 0°/90°/PU/0°/90 and 0°/90°/PU/-45°/+45°. The sample was made by hand lay up and vacuum bagging method. Flexural test and edgewise compressive test were used to determine the mechanical properties of the sample. From the result of the mechanical test, we know that sandwich composite 0°/90°/PU/0°/90 has a better mechanical properties than 0°/90°/PU/-45°/+45°, with (74,38 ± 3,55) kPa core shear stress, (1,22 ± 0,02) MPa facing bending stress, and (222,96 ± 8,98) kPa facing compressive stress, also with a fracture in SEM image."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2015
S60039
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ibrahim Azizi
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas perancangan, optimasi, serta simulasi desain motor induksi squirrel cage untuk aplikasi mobil listrik, dengan menggunakan material Soft Magnetic Composite SMC sebagai material inti motor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan simulasi, dimana perancangan dan optimasi dilakukan berdasarkan petunjuk dan rumus yang ada untuk dimasukkan ke dalam desain motor yang akan disimulasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desain Final motor bisa dipakai untuk aplikasi mobil listrik, walaupun memiliki sedikit kekurangan pada aspek starting torque dan efisiensi nya.

ABSTRACT
This undergraduate thesis discusses the design, optimation, and simulation of a squirrel cage induction motor for electric car application, by using Soft Magnetic Composite SMC material as the motor core material. This research uses the experimentation and simulation method, where design and optimation is conducted based on the existing instructions and formulas to be imported to the designed motor that will be simulated. Simulation results show that the motor rsquo s Final Design can be used for electric car application, although it has a few drawbacks in its starting torque and efficiency aspect."
2017
S67119
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Freza Elnan Ramadhanya
"Perkembangan industri kendaraan tempur terus berkembang dan mendukung Indonesia sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat se-Asia Tenggara tahun 2023. Material yang umumnya digunakan sebagai kendaraan tempur adalah baja HSLA AISI 4140, karena memiliki sifat mekanis dan ketahanan balistik yang baik. Namun, densitas material masih cenderung tinggi sehingga mempengaruhi mobilitas dan konsumsi bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari komposit laminat sebagai material substitusi, dengan variasi jumlah lapisan serat karbon dan perlakuan 70% cold rolling pada matriks aluminium. Laminasi komposit dilakukan dengan metode hand lay-up menggunakan adesif resin epoksi. Pengujian balistik level 2 dan level 3 dilakukan terhadap masing-masing komposit laminat menunjukkan kegagalan delaminasi, fiber breakage, bulging, shear plugging, dan petalling. Ketahanan balistik terbaik diraih oleh sampel tanpa cold rolling dan lapisan serat karbon terbanyak. Penambahan lapisan serat karbon mengurangi fraksi volume aluminium sehingga didapat massa komposit yang lebih ringan. Karakterisasi mikrostruktur serta pengujian kekerasan dan tarik menunjukkan bahwa cold rolling memberikan efek strain hardening yang signifikan pada aluminium namun reduksi ketebalan keseluruhan menyebabkan kurangnya penyerapan energi balistik. Maka, perlu disesuaikan antara faktor jumlah lapisan serat karbon yang mempengaruhi densitas dan cold rolling matriks aluminium yang mempengaruhi ketebalan keseluruhan komposit laminat.

Development of armor vehicle industries continues to grow and supports Indonesia as 2023’s strongest country with military forces in Southeast Asia. HSLA AISI 4140 is generally used as armor material regarding its favorable mechanical properties and ballistic resistance. However, its high density affects mobility and fuel consumption. This study aims to learn laminate composite as substitute material, which varies number of carbon fiber layers and 70% cold rolling of aluminum matrix. Hand lay-up lamination method will be conducted by epoxy resin as adhesive. Ballistic testing level 2 and level 3 on each laminate composite then shows delamination, fiber breakage, bulging, shear plugging, and petalling as failure mode. Highest ballistic performance is achieved by non-rolled aluminum and most carbon fiber layered composite. Addition of carbon layers decreases aluminum’s volume fraction that leads to more lightweight composite. Microstructure characterization, hardness and tensile testing show significant strain hardening effect on aluminum after cold rolling, but great reduction in composite thickness causes less ability in distributing ballistic energy. In conclusion, number of carbon layers and aluminum cold rolling reduction must be adjusted in order to reach most optimal density and overall thickness of laminate composite."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>