Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 161655 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Al Bahri
"Indonesia akan mengalami bonus demografi pada tahun 2045. Salah satu faktor yang harus dipenuhi Indonesia untuk menikmati bonus demografi adalah sumber daya manusia yang berkualitas dan penyerapan sumber daya manusia tersebut. Sayangnya, kualitas sumber daya manusia dan penyerapannya ke pasar tenaga kerja masih kurang baik. Angka pengangguran mengalami tren kenaikan setiap tahunnya. Menganalisis keahlian kerja yang dimiliki oleh sumber daya manusia adalah langkah menuju pengembangan sistem pendidikan dan karir untuk masa yang akan datang.Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesenjangan keahlian yang terjadi di kalangan lulusan sarjana teknik industri saat pertama kali mendapatkan pekerjaan, serta melihat hubungan antara variabel keahlian kerja dalam membentuk employability confidence. Penelitian dilakukan berdasarkan teori keahlian kerja dan employability confidence serta pengolahan data dilakukan dengan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Penelitian menggunakan data primer melalui kuesioner online. Total terdapat 121 responden dari lulusan sarjana teknik industri yang sudah memiliki pekerjaan tetap dengan total pengalaman 6-24 bulan. Dari penelitian diketahui beberapa hal, diantaranya seberapa besar kesenjangan keahlian yang terjadi dan variabel-variabel keahlian kerja apa saja yang berpengaruh terhadap employability confidence

Indonesia will gain a demographic bonus in 2045. One of the factors that must be acquired by Indonesia to gain the benefits of demographic bonus is great quality in human resources and absorption of these human resources. Unfortunately, the quality of human resources and their absorption into the labor market is under standard. The unemployment rate is experiencing an increasing trend each year. Analyzing the work skills possessed by human resources is a step towards developing the education and career system for the future. This study aims to look at the skills gaps that occur among industrial engineering graduates when they got their first employment and see the relationship between skill variables that created the employability confidence. The research was conducted based on the theory of employability skills and employability confidence and data processing was carried out using the Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method. This study uses primary data through an online questionnaire. A total of 121 respondents from industrial engineering graduates who already have permanent employment with a total experience of 6-24 months. From the research, it is known several things such as how big the skills gap that occurs and what employability skills variables that affect the employability confidence"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Budi Laksono
"Indonesia sebagai negara berkembang sedang mengalami masa pembangunan infrastruktur yang besar. Masalah keselamatan kerja tidak terpisahkan dari berbagai masalah yang sering terjadi dalam proyek konstruksi. Implementasi desain untuk keselamatan (DfS) adalah salah satu strategi terpenting untuk mencegah kecelakaan kerja. Studi ini bertujuan untuk menganalisis beberapa faktor yang mempengaruhi implementasi desain keselamatan kerja menggunakan dua pendekatan statistik, yaitu pemodelan persamaan struktural (SEM) dan jaringan syaraf tiruan (ANN). SEM menganalisis pola hubungan antara variabel dan indikatornya, sementara ANN memetakan berbagai pola serupa untuk membuat prediksi tentang variabel yang mempengaruhi implementasi DfS. Sebagai hasilnya, desainer, pemilik, kebijakan, alat/peralatan, pengetahuan, dan dokumen kontrak secara positif mempengaruhi implementasi DfS dengan desainer dan dokumen kontrak sebagai variabel yang paling signifikan. Oleh karena itu, industri dan lembaga pemerintah disarankan untuk memprioritaskan faktor dokumen kontrak dan desainer dengan variabel lain sebagai faktor pendukung dalam program mereka untuk mempercepat implementasi DfS di Indonesia.

Indonesia as a developing country is experiencing a period of massive infrastructure development. Problems regarding work safety are inseparable from various issues that often occur in construction projects. Implementing design for safety (DfS) is one of the most important strategies to prevent work accidents. This study aims to analyze multiple factors that influence the implementation of work safety design using two statistical approaches, namely structural equation modeling (SEM) and artificial neural network (ANN). SEM analyzes the relationship pattern between variables and their indicators and ANN maps various similar patterns to make predictions on variables that influence DfS implementation. As a result, designer, owner, policy, tools/equipment, knowledge, and contract document are positively affect DfS implementation with designer and contract document as the most significant variables. Accordingly, the industry and government agencies are advised to prioritize contract document and designer factors with other variables as supporting factors in their program to accelerate DfS implementation in Indonesia."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nandyto Widyanto
"Memiliki sumber daya manusia yang berkualitas merupakan suatu hal yang diinginkan oleh setiap perusahaan. Hal tersebut merupakan keunggulan kompetitif yang perlu dimiliki oleh perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan yang lainnya. Salah satu cara untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas adalah dengan memiliki pegawai-pegawai yang merasa engaged dengan pekerjaannya. Seorang pegawai yang engaged, akan memiliki kinerja yang baik selama bekerja berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu, dan pegawai yang berkinerja baik adalah pegawai yang diinginkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan menganalisis pengaruh dari work engagement terhadap kinerja pegawai pada salah satu perusahaan pertambangan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam pengolahan data adalah metode structural equation modeling (SEM), dimana dari metode tersebut, diperoleh hubungan antar variabel dalam model penelitian, hubungan apa sajakah yang signifikan, serta seberapa signifikan hubungan tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa work engagement memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja pegawai, dimana semakin tinggi engagement pegawai, maka semakin baik kinerja pegawai. Work engagement juga dipengaruhi oleh job resources seperti autonomy, developmental opportunities, dan social support dimana pengaruh yang paling signifikan diberikan oleh developmental opportunities. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa work engagement memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja pegawai pada perusahaan, serta perusahaan perlu berfokus untuk meningkatkan developmental opportunities pegawai agar tingkat engagement pegawai dapat meningkat, yang dapat mengakibatkan meningkatnya kinerja pegawai tersebut.

Having qualified human resources is something that is wanted by every company. It is a competitive advantage that every company needs to keep it competitive with other companies. One way to get qualified human resources is by having employees that feels engaged with their job. An engaged employee, they will perform better when working based on previous studies, and employees that have good performance are the employees that is wanted by companies. This study aims to obtain and analyze the effect of work engagement on employee performance at one of mining company in Indonesia. The method that is used in processing the data is structural equation modeling (SEM) method, in which from that method, the relationships between variables in study model, which relationships are significant, and how significant the relationships were obtained.
Study results shows that work engagement have a significant relationship with employee performance, in which the higher the engagement level of an employee, the better the performance of that employee. Work engagement is also affected by job resources such as autonomy, developmental opportunities, and social support, in which the most significant effect are given by developmental opportunities. Therefore, based on the study results, it can be concluded that work engagement have significant relationship with employee performance in the company, and the company needs to focus on increasing employee?s developmental opportunities so that the engagement level of employees will increase, in which it will make the employee to perform better.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63045
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Awal Maulana
"Untuk mempertahankan dan mengembangkan hubungan dengan konsumen, kepuasan pelanggan (customer satisfaction) adalah hal yang utama. Dari kepuasan ini akan tercipta loyalitas pelanggan yang pada akhirnya akan menjamin kehidupan dan daya saing bisnis perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang harus diprioritaskan oleh perusahaan untuk terus ditingkatkan kualitasnya, hal tersebut untuk meningkatkan customer satisfaction dan customer loyalty bagi perusahaan pada tiga bank BUMN, yaitu Bank BNI,Bank BRI, dan Bank Mandiri.
Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah bank reliability, physical aspect, bank trust, customer orientation, bank image, bank facilities, dan bank fee. Dengan metode structural equation modeling didapatkan bahwa faktor yang berpengaruh pada customer satisfaction dan customer loyalty pada setiap bank berbeda-beda. Oleh karena itu, bank-bank tersebut juga harus menyesuaikan perancangan aktivitas Customer Relationship Management (CRM) dari sisi yang berbeda pula.

In order to retain customers and develop relationship with them, customer satisfaction is the main key. Customer satisfaction will lead to customer loyalty that will ultimately guarantee the existence and competitiveness of the organization. This research aims to find out what factors should be prioritized to continuously be improved that will increase customer satisfaction and customer retention of the company on three state-owned banks, Bank BNI, Bank BRI, and Bank Mandiri.
The factors used in this research are bank reliability, physical aspect, bank trust, customer orientation, bank image, bank facility, and bank fee.Structural equation modeling method shows that the factors that influence customer satisfaction and customer loyalty at each bank are different and therefore each bank also has to adjust the design of their CRM activities from different side.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S45961
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Harmawan Susetiyana
"Loyalitas pelanggan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam sebuah industri baik itu produk maupun jasa. Jika pelanggan sudah loyal pada perusahaan atau organisasi tertentu maka pelanggan akan terus menggunakan produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Industri forwarder merupakan salah satu industri yang bergerak di bidang jasa. Forwarder adalah penyedia jasa logistik pihak ketiga (third party logistics) yang melakukan pengiriman barang melalui beberapa mode transportasi yang salah satunya adalah melalui udara atau lebih sering disebut dengan istilah airfreight.
Dalam industri airfreight forwarder, loyalitas pelanggan sangatlah penting, karena dalam persaingan di dunia airfreight forwarder jarang di temukan pelanggan yang hanya loyal pada satu perusahaan saja. Pelanggan umumnya berpindah-pindah dari satu perusahaan forwarder ke perusahan forwarder lainnnya. Krisis finansial global yang terjadi saat ini, sedikit banyak juga mempengaruhi jumlah kegiatan ekspor impor yang melibatkan industri forwarder didalamnya. Mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar tetap setia tentunya akan menjadi penting sekali bagi pelaku industri forwarder.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pada industi airfreight forwarder sehingga dapat dijadikan dasar untuk perbaikan demi meningkatkan loyalitas pelanggan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode structural equation modeling (SEM), dimana diajukan enam konstruk yang dihipotesiskan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Konstruk-konstruk tersebut adalah perceived value, perceived quality, customer satisfaction, trust, customer complaint, dan image. Setelah pengujian dengan bantuan perangkat lunak AMOS, didapat hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konstruk-konstruk tersebut dengan loyalitas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ternyata loyalitas pelanggan dalam industri airfreight forwarder dipengaruhi oleh perceived value, perceived quality, customer satisfaction, trust, customer complaint dan image baik secara langsung maupun tidak langsung.

Customer Loyalty is an important thing in industry both product and services. If customer become loyal to one company or organization then those customer will keep using the company?s product and services. Forwarder is a third party logistics services provider which shipped goods using several transportation mode which one of them is through airfreight.
In airfreight forwarder industry, customer loyalty has also become such an important thing to survive, s ince in airfreight forwarder competition, it has been so rarely found a customer who has a loyalty only to one company. Commonly, customer moved from one to another company. The global financial crisis that currently happen has also impact the export and import activity which involved the forwarder inside. In this kind of situation, keep the existing customer to be loyal would be very important for the forwarder.
This research's aim is to find out the factors that affect customer loyalty in airfreight forwarder industry, this factor will be the basis to do improvement to create customer loyalty.
Structural Equation Modeling (SEM) was used in this research as the tools where there were six construct proposed and hypoteses to have effect to customer loyalty. Those construct are perceived value, perceived quality, customer satisfaction, trust, customer complaint and image. Having tested the model by using AMOS software, the result shows that there are significant relationships between the proposed construct and loyalty. This lead to a conclusion that in fact customer loyalty in airfreight forwarder industry is affected by perceived value, perceived quality, customer satisfaction, trust, customer complaint and image, both directly and indirectly."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T26178
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Monasisca Noviannei
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pelanggan pada perusahaan telekomunikasi. Perusahaan telekomunikasi yang dijadikan objek penelitian adalah PT Telkomsel, PT Exelcomindo Tbk., dan PT Indosat Tbk., dengan sampel diambil dari pelanggan ketiga operator tersebut yang berada di Jabodetabek dan menggunakan kartu prabayar. Variabel yang digunakan untuk mengetahui pengaruh terhadap kepuasan adalah image (citra perusahaan), customer expectation (harapan pelanggan), perceived quality (kualitas yang dirasakan pelanggan), dan perceived value (nilai yang dirasakan pelanggan). Dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), didapatkan bahwa ternyata faktor customer expectation tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun tetap memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan melalui pengaruhnya terhadap anteseden dari kepuasan, seperti image dan perceived quality. Faktor perceived value tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan. Selain itu, didapatkan pula bahwa factor image, customer expectation, perceived quality, dan customer satisfaction merupakan empat faktor utama yang memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Untuk itu, ketiga operator selular tersebut perlu mempertimbangkan faktor image dan perceived quality dalam meningkatkan kepuasan pelanggannya, yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas pelanggan.

This study aimed to investigate the influence of factors which influenced the increasing of customer satisfaction in the telecommunication companies. Telecommunications Company which becomes object of the research is PT Telkomsel, PT Exelcomindo Tbk., dan PT Indosat Tbk., and samples were taken from their customers who live in Jabodetabek and use their pre-paid cards. The variables which are used to analyze their effects to customer satisfaction are image, customer expectation, perceived quality, and perceived value. The using of Structural Equation Modeling (SEM) showed that customer expectation does not have any significant direct effect on customer satisfaction although still has significant indirect effect through its influence on the antecedents of satisfaction as image and perceived quality. In addition, perceived value does not have any significant effect on customer satisfaction. On the other side, image, customer expectation, perceived quality, and customer satisfaction are four factors which have significant effect on loyalty. Thus, those providers need to consider the factor image and perceived quality in improving customer satisfaction, which in turn will increase the loyalty of their customers."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S817
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farrel Alonzo Hamid
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian rumah oleh konsumen di wilayah Jabodetabek serta merumuskan strategi pemasaran bagi sebuah perusahaan properti di Jakarta Selatan agar dapat terus bersaing dan mempertahankan nilai penjualan. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk pengolahan data menggunakan metode partial least squares-structural equation modeling (PLS-SEM) dan dengan melakukan wawancara mendalam kepada pihak perusahaan untuk perumusan strategi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan faktor yang berpengaruh secara terhadap keputusan pembelian rumah, yaitu trust, environment, characteristics, attitude, dan legality, serta lima usulan alternatif strategi pemasaran yang dapat dilakukan, yaitu peningkatan nilai brand equity, perbaikan fasilitas proyek, skema promo baru, dan kerja sama dengan pihak eksternal.

This study aims to analyze the most influential factors in the decision-making process of home purchases by consumers in the Jabodetabek area and formulate marketing strategies for a real estate company in South Jakarta to remain competitive and maintain sales value. Data for this research were collected using questionnaires for the data processed using the partial least squares-structural equation modeling (PLS-SEM) method, and in-depth interviews were conducted with company representatives to formulate a marketing strategy. Based on the findings of this study, the factors influencing house purchase decisions were identified as trust, environment, characteristics, attitude, and legality. Additionally, five alternative marketing strategy proposals were suggested, including enhancing brand equity, improving project facilities, introducing new promotional schemes, and collaborating with external parties."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ismi Mey Gunanti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi orang bersepeda dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Pengambilan data dilakukan kepada para pesepeda sebagai responden. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah kebutuhan (person need), kebijakan pemerintah (government), infrastruktur (private infrastructure), karakteristik individu (individual characteristic), komunitas (community), dan lingkungan (environment).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang terbukti mempengaruhi motivasi orang bersepeda secara positif adalah kebutuhan (person need), kebijakan pemerintah (government), komunitas (community), dan lingkungan (environment). Sedangkan faktor infrastruktur (private infrastructure) dan karakteristik individu (individual characteristic) tidak berpengaruh terhadap motivasi bersepeda.

The purpose of this research is to identify factors that influence motivation of cycling by using Structural Equation Modeling (SEM). The data is taken from bikers as respondens. Factors used in this research are person need, government's policy, private infrastructure, individual characteristic, community, dan environment.
The result of the research shows that factors person need, government policy, community and environment have positively influence motivation of cycling. While, private infrastructure and individual characteristic have no influence to the motivation of cycling.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51941
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Paramitha Mansoer
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kualitas dan harga dalam mempengaruhi kesetiaan pelanggan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Pengambilan data dilakukan kepada pengguna traditional airlines dan low-cost carrier sebagai responden. Faktor-faktor kualitas dan harga yang digunakan dalam penelitian ini adalah penawaran penerbangan (offer of flights and destination), pengalaman pembelian tiket (ticket purchase experience), pengalaman di bandara (airport experience), pengalaman dalam penerbangan (flight experience), kehandalan layanan (service reliability) dan harga (price).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang terbukti mempengaruhi kesetiaan pelanggan pada pengguna traditional airlines adalah penawaran penerbangan (offer of flights and destination), pengalaman dalam penerbangan (flight experience) dan kehandalan layanan (service reliability). Sedangkan faktor-faktor yang terbukti mempengaruhi kesetiaan pelanggan pada pengguna low-cost carrier adalah pengalaman di bandara (airport experience), kehandalan layanan (service reliability) dan harga (price).

The purpose of this research is to identify factors that influence motivation of cycling by using Structural Equation Modeling (SEM). The data is taken from traditional airlines and low-cost carrier users. Factors used in this research are offers of flight and destination, ticket purchase experience, airport experience, flight experience, service reliability, and price.
The result of the research on traditional airlines users show that offers of flight and destination, flight experience, and service reliability positively influence customer loyalty. While the low-cost carrier users show that airport experience, service reliability, and price have the positive influence to customer loyalty.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1135
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>