Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 157440 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sheila Rezkia
"Dalam pembuatan User Interface (UI) aplikasi, selain perlu memastikan bahwa fungsionalitas aplikasi dapat berjalan dengan baik, pengembangan juga perlu memerhatikan keinginan pengguna terhadap tampilan visual aplikasi. Perbedaan selera pengguna terhadap tampilan UI memberikan sebuah tantangan lain dalam pembuatan aplikasi web front-end secara otomatis. Studi ini mengajukan sebuah solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan terkait penyediaan variasi styling UI aplikasi secara otomatis dengan keinginan pengguna. Penyediaan variasi styling UI dilakukan dengan menggunakan komponen UI. Proses otomatisasi pembuatan aplikasi pada studi ini berkaitan dengan paradigma Software Product Line Engineering (SPLE). Paradigma SPLE adalah paradigma pengembangan aplikasi yang memanfaatkan kesamaan ciri umum sekelompok aplikasi untuk dapat menekan biaya dan waktu yang dibutuhkan dalam pengembangan sekelompok aplikasi tersebut. Dalam studi ini digunakan bahasa permodelan Interaction Flow Modeling Language (IFML) untuk memodelkan UI aplikasi yang perlu dihasilkan. Adapun dalam studi ini ditemukan bahwa dengan model aplikasi IFML, dapat dilakukan konstruksi UI yang bervariasi. Selain itu, juga ditemukan beberapa modifikasi yang dapat dilakukan terhadap konstruksi UI untuk dapat mengembangkan tampilan aplikasi dengan penyesuaian terhadap keinginan pengguna.

In the development of an application User Interface (UI), besides making sure that the functionalities of the application work as expected, it is also mandatory to take users preferences for the interface itself. How users opinion may differ from one another regarding the visual representation of the application UI itself can be seen as a challenge when it comes to generating a front-end application. This study proposes a solution to solve the problem of providing an application UI styling variations with a front-end application generator. In this study, we utilize UI components as a way to provide variations of UI styling. The generator used to automate the development of a front-end application is also related to the Software Product Line Engineering paradigm (SPLE). SPLE paradigm is a paradigm created to optimize the time and resources needed for developing of a group of applications by looking at their commonalities. In order to model the application the generator has to create, a UI model created with Interaction Flow Modelling Language (IFML) is used. From the research conducted within this study, it has been found that provided an application UI model, it is possible to construct a UI with variations of styling. It has also been found that modifications done on the generator also provide a way to construct a UI that takes user preferences into development."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sheila Rezkia
"Dalam pembuatan User Interface (UI) aplikasi, selain perlu memastikan bahwa fungsionalitas
aplikasi dapat berjalan dengan baik, pengembangan juga perlu memerhatikan
keinginan pengguna terhadap tampilan visual aplikasi. Perbedaan selera pengguna
terhadap tampilan UI memberikan sebuah tantangan lain dalam pembuatan aplikasi web
front-end secara otomatis. Studi ini mengajukan sebuah solusi yang dapat menyelesaikan
permasalahan terkait penyediaan variasi styling UI aplikasi secara otomatis dengan keinginan pengguna. Penyediaan variasi styling UI dilakukan dengan menggunakan komponen UI. Proses otomatisasi pembuatan aplikasi pada studi ini berkaitan dengan
paradigma Software Product Line Engineering (SPLE). Paradigma SPLE adalah paradigma pengembangan aplikasi yang memanfaatkan kesamaan ciri umum sekelompok aplikasi untuk dapat menekan biaya dan waktu yang dibutuhkan dalam pengembangan sekelompok aplikasi tersebut. Dalam studi ini digunakan bahasa permodelan Interaction Flow Modeling Language (IFML) untuk memodelkan UI aplikasi yang perlu dihasilkan. Adapun dalam studi ini ditemukan bahwa dengan model aplikasi IFML, dapat dilakukan
konstruksi UI yang bervariasi. Selain itu, juga ditemukan beberapa modifikasi yang dapat dilakukan terhadap konstruksi UI untuk dapat mengembangkan tampilan aplikasi dengan penyesuaian terhadap keinginan pengguna.

In the development of an application User Interface (UI), besides making sure that the
functionalities of the application work as expected, it is also mandatory to take users preferences for the interface itself. How users opinion may differ from one another regarding
the visual representation of the application UI itself can be seen as a challenge when it
comes to generating a front-end application. This study proposes a solution to solve the problem of providing an application UI styling variations with a front-end application generator. In this study, we utilize UI components as a way to provide variations of UI styling. The generator used to automate the development of a front-end application is also related to the Software Product Line Engineering paradigm (SPLE). SPLE paradigm is a paradigm created to optimize the time and resources needed for developing of a group of applications by looking at their commonalities. In order to model the application the generator has to create, a UI model created with Interaction Flow Modelling Language (IFML) is used. From the research conducted within this study, it has been found that
provided an application UI model, it is possible to construct a UI with variations of styling. It has also been found that modifications done on the generator also provide a way to construct a UI that takes user preferences into development.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Qalbun Salim Buanaputra
"Software product line engineering (SPLE) merupakan paradigma perangkat lunak yang digunakan untuk memproduksi berbagai varian perangkat lunak dengan waktu dan biaya yang efektif. Penelitian sebelumnya telah mengembangkan Prices-IDE, yaitu sebuah integrated development environment (IDE) yang menghasilkan aplikasi web menggunakan paradigma SPLE. Aplikasi web tersebut dihasilkan secara otomatis (generated) menggunakan plugin UI Generator pada PRICES-IDE yang menerima model interaction flow modeling language (IFML) untuk dihasilkan menjadi aplikasi React. Aplikasi yang dihasilkan secara otomatis tersebut belum memiliki user interface (UI) yang dapat dikustomisasi secara lengkap. Penelitian sebelumnya telah berhasil mengembangkan mekanisme kustomisasi tema warna pada aplikasi. Namun, mekanisme kustomisasi tersebut belum dapat dilakukan pada aspek UI lainnya, seperti layout halaman dan bentuk komponen. Penelitian ini mengusulkan mekanisme kustomisasi UI yang terintegrasi pada Prices-IDE dengan menyediakan variasi template UI yang adaptif dengan fitur aplikasi. Mekanisme kustomisasi UI dilakukan dengan memvariasikan kode template projek React yang digunakan serta memvariasikan aturan code generator yang digunakan dalam UI Generator. Variasi tersebut dipaketkan menjadi pilihan template UI yang dapat dipilih pengguna ketika menggunakan UI Generator. Agar penambahan variasi baru dapat dilakukan dengan mudah, dilakukan refactoring terhadap UI Generator sehingga penambahan variasi baru tidak mengubah kode yang sudah diimplementasi sebelumnya. Hasil implementasi mekanisme kustomisasi kemudian dianalisis dan dievaluasi dengan melakukan studi kasus pada aplikasi Amanah, yaitu sebuah layanan aplikasi untuk menghasilkan aplikasi web bagi organisasi nirlaba. Setelah itu, evaluasi dilakukan menggunakan six quality criteria serta kemudahan untuk menjalankan mekanisme kustomisasi. Berdasarkan hasil studi kasus dan evaluasi, disimpulkan bahwa mekanisme kustomisasi dapat memvariasikan tampilan UI dari fitur aplikasi dan terintegrasi dengan plugin UI Generator dalam Prices-IDE.

Software Product Line Engineering (SPLE) serves as a paradigm to develop multiple software variants while optimizing time and costs. Previous researches introduce Prices-IDE, an integrated development environment (IDE) that uses SPLE to automate web application generation via UI Generator plugin. The plugin accepts Interaction Flow Modeling Language (IFML) models as an input to generate React applications. However, these auto-generated applications lack comprehensive User Interface (UI) customization. Although prior studies have already implemented color theme customizations, extending the customization to other UI aspects, such as layout and component structure, has not yet been implemented. This study proposes an integrated UI customization mechanism within Prices-IDE, providing adaptive UI template variations that aligns with generated application features. The mechanism involves providing multiple variations of React project template and diversifying UI Generator’s code generation rules, packaged as selectable options for users. UI Generator is also refactored so that the addition of new variations will not alter existing code. Evaluation is done through case study using Amanah, a service providing web application for non-profit application. UI Generator is also evaluated and analyzed through six quality criteria and usability assessment. This study concludes that the proposed customization mechanism can be used to diversify UI appearance and integrate smoothly with Prices-IDE’s UI Generator."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asfiolitha Wilmarani
"Software Product Line Engineering (SPLE) merupakan paradigma untuk memproduksi perangkat lunak dengan waktu, usaha, dan biaya yang minimal. Adaptive Information System for Charity Organization (AISCO) adalah perangkat yang dikembangkan dengan pendekatan SPLE untuk menghasilkan aplikasi web bagi organisasi sosial. Proses memproduksi aplikasi melibatkan sebuah kerangka pengembangan yang bernama Prices-IDE, yaitu sebuah development framework yang mendukung SPLE. Penelitian terdahulu telah mengembangkan UI Generator yang dapat mentransformasikan diagram IFML (Interaction Flow Modeling Language) menjadi source code sebuah aplikasi React. Akan tetapi, antarmuka yang dihasilkan masih sangat sederhana, belum menimbang prinsip desain antarmuka pengguna, dan belum menggunakan pendekatan SPLE. Terlebih, fitur kustomisasi antarmuka yang sudah ada belum terintegrasi dengan Prices-IDE. Penelitian ini mengusulkan variasi komponen antarmuka yang telah diperbarui, serta metode untuk melakukan kustomisasi antarmuka saat runtime. Proses pengembangan melibatkan pembuatan prototipe dan penyesuaian terhadap UI Generator berdasarkan rancangan yang diusulkan. Aplikasi yang dihasilkan kemudian dianalisis dan dites dengan functional testing secara manual oleh penulis menggunakan 16 skenario tes. Audit performa menggunakan Lighthouse juga dilakukan terhadap aplikasi dari UI Generator versi sebelum dan setelah diperbarui. Berdasarkan tes dan analisis tersebut, disimpulkan bahwa UI Generator yang diperbarui dapat menghasilkan aplikasi React yang mempertahankan fungsionalitas yang sudah ada, mengalami peningkatan dalam performa sebanyak 14%, dan kini memiliki tambahan fitur kustomisasi UI.

Software Product Line Engineering (SPLE) is the paradigm for producing a diverse set of similar software products with lower cost, time, and effort. Adaptive Information System for Charity Organization (AISCO) is a tool to generate web applications for charity organizations developed with an SPLE framework. The process of generating web applications is assisted by Prices-IDE, a development framework that supports SPLE. Previous studies have succeeded in developing a UI Generator that transforms an IFML (Interaction Flow Modeling Language) Diagram into the source code of a React application. However, the generated UI display is barebones, does not consider UI design principles, and was not developed with the SPLE approach. Moreover, the existing UI customization feature is entirely separate from Prices-IDE. This study proposes a revamped UI design, interface variations of the generated application, and a way to customize said interface during runtime. The development process involves creating a prototype based on the proposed design, then applying necessary adjustments to the UI Generator. Applications generated by the renewed UI Generator are then analyzed and tested using functional testing with 16 scenarios and performance audits with Lighthouse. Based on these analyses and test results, it is concluded that the updated UI Generator can generate React applications that maintain previous functionalities, with the addition of a UI customization feature and an increase by 14% in performance.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Masykuri
"Pemanfaatan gas alam di Indonesia, dari sumber yang berjauhan, akan didistribusikan menggunakan LNG yang akan diterima di terminal regasifikasi. Oleh karena itu Indonesia membutuhkan beberapa terminal, yaitu di Jawa Timur, Jawa Barat, dan Medan. Pada perancangan ini, akan dibangun unit-unit fasilitas penyimpanan LNG dan dermaga di Terminal di Jawa Timur. Studi yang dilakukan menggunakan beberapa tahapan dalam front end engineering design (FEED) yang meliputi perancangan process flow diagram, pembuatan P&ID, dan penggambaran plot plant. Hasil dari perancangan ini, diperoleh model 3D fasilitas penyimpanan dengan luas area 7764.8 m2 dan dermaga dengan luas area 1100 m2, serta perkiraan biaya investasi untuk pembangunan fasilitas-fasilitas tersebut, yakni sebesar $ 314,304,971.

Utilization of natural gas in Indonesia, from the distant sources, will be distributed using the LNG that will be received at regasification terminal. Therefore, Indonesia needs some terminals, mainly in East Java, West Java, and Medan. In this design, the units will be built are LNG storage facilities and the jetty at Terminal in East Java. Studies conducted using several stages of the front end engineering design (FEED) which covers the design of process flow diagram, making P & ID, and description of the plot plant. Results from this design, are 3D model of the storage facility with an area of 7764.8 m2 and jetty with an area of 1100 m2, and estimates of investment costs for the construction of these facilities, which is $ 314,304,971."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tolhas Parulian Jonathan
"Software Product Line Engineering (SPLE) merupakan suatu paradigma untuk menghasilkan berbagai perangkat lunak dengan variasi fitur yang berbeda-beda. Produk perangkat lunak yang dihasilkan dengan paradigma SPLE membutuhkan autentikasi dan otorisasi agar pengguna dapat dikenali dan dibatasi aksesnya untuk setiap fitur. Penelitian sebelumnya telah mengembangkan autentikasi pada perangkat lunak bagian front-end menggunakan diagram Interaction Flow Modeling Language (IFML) dan IFML UI Generator Plugin, namun belum terdapat fungsionalitas untuk mengelola data pengguna dan membatasi akses pengguna yang terhubung dari front-end ke back-end. Berdasarkan kebutuhan tersebut, penelitian ini akan mengembangkan lima halaman autentikasi dan otorisasi, halaman autentikasi terdiri dari halaman login, register, dan lupa password, halaman otorisasi terdiri dari manajemen pengguna dan manajemen role. Penelitian ini memodifikasi halaman login dari pengembangan sebelumnya, dan menambahkan halaman register, forgot password, manajemen pengguna, dan manajemen role. Penelitian ini akan memodifikasi diagram IFML dan UI Generator agar dapat menyediakan halaman autentikasi untuk mengidentifikasi pengguna dan halaman otorisasi untuk membatasi akses pengguna berdasarkan role. Selain itu, pengembangan autentikasi dan otorisasi juga dilakukan di bagian back-end pada library Auth Variability Modules for Java (VMJ) yang akan digunakan pada framework WinVMJ, untuk membuat bagian back-end berdasarkan paradigma SPLE. Pengembangan bagian back-end pada penelitian sebelumnya telah menyediakan penyimpanan data pengguna dan role, namun dibutuhkan modifikasi untuk memenuhi kebutuhan login, manajemen pengguna, manajemen role, serta pembatasan akses pengguna. Modifikasi dilakukan pada library Auth VMJ agar dapat memberikan fungsionalitas menambah, membaca, mengubah, dan menghapus data pengguna serta role pada suatu perangkat lunak. Produk yang dihasilkan akan dievaluasi melalui perbandingan dengan pengembangan sebelumnya serta dilakukan pengujian pembatasan akses fitur-fitur produk. Secara umum, penelitian ini berhasil menyediakan autentikasi dan otorisasi pada bagian front-end dan back-end perangkat lunak yang dikembangkan dengan paradigma SPLE.

Software Product Line Engineering (SPLE) is a paradigm that can be used to produce various software with feature variations. Software developed based on SPLE paradigm requires authentication and authorization to identify and restrict users to access each feature. Previous research has developed authentication in the front-end side using Interaction Flow Modeling Language (IFML) diagram and IFML UI Generator Plugin, but there are issues with managing user data and restricting user access. Based on these issues, this research will develop five authentication and authorization pages, authentication pages consist of login page, register, and forgot password, authorization pages consist of user management and role management. This research modifies login page from previous research, and add register page, forgot password, user management, and role management. This research will modify IFML diagram and UI Generator to implement authentication pages to identify user and authorization pages to restrict user based on role. On the other side, authentication and authorization development is also carried out on the back-end side using Variability Modules for Java (VMJ) Auth Library. VMJ Auth Library will be used in WinVMJ framework, to create back-end based on SPLE paradigm. Previous research on back-end authentication has provided user and role databases, but modifications are still needed to support login, manage user data, manage role data, and restrict user access. Modifications are made to the VMJ Auth Library, to provide functionality for adding, reading, changing, and deleting user and role data. The resulting product will be evaluated through comparison with the previous development and testing of access restrictions on product features. In general, this research successfully implements authentication and authorization on front-end and back-end that developed based on SPLE paradigm."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Ilham Danesamarruf
"Jurnalisme modern memperketat persaingan dalam segi kecepatan penerbitan berita. Sementara itu, pembuatan berita sendiri melibatkan proses yang panjang dan penuh ketelitian. Hal ini menimbulkan dilema antara mengutamakan kecepatan pemberitaan atau kualitas berita. Imbasnya, sistematika penulisan berita tidak dijalankan dengan baik sehingga tidak sedikit media massa memberitakan hal tidak benar. Menyadari permasa- lahan tersebut, Automatic Indonesian News Generation System (AINGS) menghadirkan sebuah inovasi dengan mengembangkan Content Management System (CMS) berbasis web yang terintegrasi dengan kecerdasan buatan untuk membantu jurnalis dalam menulis dan melakukan veri kasi berita secara otomatis. Dengan fokus pada perancangan sistem dan implementasinya dalam bentuk front-end berbasis web, pengembangan ini mencoba menyelesaikan masalah yang lebih spesi k dengan membagi CMS AINGS menjadi dua bagian, yaitu CMS untuk wartawan dan CMS untuk redaktur. Wartawan dan redaktur dipilih menjadi aktor utama dalam sistem karena dua profesi tersebut terjun langsung dalam proses penulisan dan veri kasi berita. Pengembangan dilakukan dengan mener- apkan phased development methodology, mulai dari perencanaan, analisis, hingga system versioning. Melalui 3 iterasi, tujuan pengembangan berturut-turut antara lain MVP, kebu- tuhan pengguna, dan evaluasi pengguna. Berdasarkan hasil evaluasi akhir produk meng- gunakan metode UAT dan survei evaluasi penggunaan, kedua sistem dinilai sudah cukup memenuhi kebutuhan jurnalis, baik wartawan maupun redaktur, dalam membantu proses pembuatan berita.

Modern journalism has intensi ed competition in terms of speed of news publication, while news production itself involves a long and careful process. This creates a dilemma between prioritizing the speed of reporting or the quality of the news. As a result, the systematic of news writing are not carried out well so that quite a few media people re- port false news. Realizing this problem, Automatic Indonesian News Generation System (AINGS) presents an innovation by developing a web-based Content Management System (CMS) that is integrated with arti cial intelligence to assist journalists in writing and ver- ifying news automatically. By focusing on the system design and front-end of the AINGS system implementation, this development tries to solve speci c problems by dividing the AINGS CMS into two parts, namely CMS for reporter and CMS for editor. Reporter and editors were chosen to be the main actors in the system because these two professions are directly involved in the process of writing and verifying news. Development is carried out by implementing phased development methodology, starting from planning, analysis, to system versioning. Through 3 iterations, the development objectives in each iterations are for the MVP, ful lling user needs, and re ne based on user evaluations. Based on the results of the nal product evaluation using UAT method and system’s usage evaluation survey, the two systems were deemed suf cient to meet the needs of journalists, both re- porters and editors, in assisting the news creation process."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Waskitho Wibisono
"The integration of transportation systems is a very important issue within our society. In order to realize more secure and efficient systems, an integrated system needs to be developed that is decentralized, stable and highly automated. In previous papers we have proposed a three layer object model (3LOM) as the base architecture for the integration of transportation systems. This a per describes the design of the physical input/output sub-system in the bottom layer of the architecture and how to implement this layer from the technical perspective. This layer is primarily responsible for data acquisition, filtering and transmission of data to the middle layer and related control centers. Local knowledge is organized to be used to perform controlling functions within a localized environment. This paper is an important contribution to design the logical view of the bottom layer as an important step to develop the proposed integrated transportation system as our ultimate aim."
2004
JIKT-4-1-Mei2004-1
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rundle, Peter G.
"This volume outlines a progressively staged process focused on fostering a more effective, more efficient, and greener global construction industry. The research-based book commences with an evaluation of eight methodologies identified after a worldwide literature and compliance review. It is followed by a more detailed report on four of these options, with the ultimate objective of independent selection within the construction engineering community of a single most appropriate methodology as the approach for further, more-detailed investigation. The eight methodologies were selected against six key performance indicators developed as assessment criteria and include knowledge management, lean construction, construction contract procurement practices, optimal work duration on site, construction site waste, rationalization of construction safety regulations, sustainable construction labor force, and portfolio project development. A primary outcome of the selected methodology being a triple bottom-line benefit to key stakeholders, commercially and also to the ecology, along with the community at large.
Front-end construction waste strategies to serve as best practices to minimize waste generated by construction projects was the methodology selected for detailed research. The text also covers the primary sources of construction waste. The book is ideal for civil and construction engineers as well as project developers; managers and public sector waste management specialists."
Switzerland: Springer Cham, 2019
e20503035
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>