Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 138219 dokumen yang sesuai dengan query
cover
M.Haikal Syauqi
"Perkembangan teknologi saat ini memicu masyarakat untuk menggunakan platform ecommerce
sebagai penyedia transaksi. Hal ini berdampak pada peningkatan bisnis jasa
kurir servis untuk pengiriman barang. Sebelumnya telah dilakukan penelitan mengenai
pengiriman dengan menggunakan kendaraan homogen tanpa pengelompokan dengan
jumlah pengiriman < 1.500 per hari. Oleh karena itu, diperlukan optimalisasi rute
pengiriman serta jenis kendaraan heterogen yang melayani > 1.500 kiriman perhari
melalui jasa kurir dengan menggunakan VRP berdasarkan konsep kendaraan heterogen
untuk meminimalkan rute kendaraan. Penelitain ini menggunakan metode cluster KMeans
untuk mengklasifikasikan customer, meminimalkan jarak pengiriman dan
mempersingkat waktu komputasi. Pendekatan berbasis Genetic Algorithm (GA)
diterapkan dengan menggunakan kriteria banyak generasi yang ingin dicapai dan
perbedaan tingkat efisiensi antar generasi untuk mendapatkan hasil optimasi rute. Hasil
Penelitan ini menunjukan bahwa dengan dengan GA dan cluster per jenis kendaraan
heterogen berdasarkan pengelompokan area dengan jumlah > 1500 customer yang dibagi
menjadi 4 cluster pada jenis kendaraan mobil, 2 cluster pada jenis kendaraan motor, dan
2 cluster pada jenis kendaraan truck didapatkan rute optimal dengan jarak 8.99453 KM
dengan total 34 rute

Current technological developments triggered people to use e-commerce platforms as
providers of transactions. This has an impact on increasing the courier service business
for delivery of goods. Previously, research had been carried out on shipments using
homogeneous vehicles without grouping with a number of shipments <1.500 per day.
Therefore, it is necessary to optimize delivery routes as well as heterogeneous vehicle
types serving > 1.500 shipments per day via courier services using VRP based on
heterogeneous vehicle concept to minimize vehicle routes. This research uses the KMeans
cluster method to classify customers, minimize delivery distances and shorten
computation time. Genetic Algorithm (GA) based approach is applied by using the criteria
of many generations to be achieved and differences in efficiency levels between
generations to obtain route optimization results. The results of this research show that
with GA and clusters per heterogeneous vehicle type based on area grouping with a
number of > 1.500 customers which are divided into 4 clusters on the type of car, 2clusters
on the type of motor cycle, and 2 clusters on the type of truck, the optimal route is obtained
8,99453 KM with total of 34 routes
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Haikal Syauqi
"Perkembangan teknologi saat ini memicu masyarakat untuk menggunakan platform e-commerce sebagai penyedia transaksi. Hal ini berdampak pada peningkatan bisnis jasa kurir servis untuk pengiriman barang. Sebelumnya telah dilakukan penelitan mengenai pengiriman dengan menggunakan kendaraan homogen tanpa pengelompokan dengan jumlah pengiriman < 1.500 per hari. Oleh karena itu, diperlukan optimalisasi rute pengiriman serta jenis kendaraan heterogen yang melayani > 1.500 kiriman perhari melalui jasa kurir dengan menggunakan VRP berdasarkan konsep kendaraan heterogen untuk meminimalkan rute kendaraan. Penelitain ini menggunakan metode cluster K-Means untuk mengklasifikasikan customer, meminimalkan jarak pengiriman dan mempersingkat waktu komputasi. Pendekatan berbasis Genetic Algorithm (GA) diterapkan dengan menggunakan kriteria banyak generasi yang ingin dicapai dan perbedaan tingkat efisiensi antar generasi untuk mendapatkan hasil optimasi rute. Hasil Penelitan ini menunjukan bahwa dengan dengan GA dan cluster per jenis kendaraan heterogen berdasarkan pengelompokan area dengan jumlah > 1500 customer yang dibagi menjadi 4 cluster pada jenis kendaraan mobil, 2 cluster pada jenis kendaraan motor, dan 2 cluster pada jenis kendaraan truck didapatkan rute optimal dengan jarak 8.99453 KM dengan total 34 rute.

Current technological developments triggered people to use e-commerce platforms as providers of transactions. This has an impact on increasing the courier service business for delivery of goods. Previously, research had been carried out on shipments using homogeneous vehicles without grouping with a number of shipments <1.500 per day. Therefore, it is necessary to optimize delivery routes as well as heterogeneous vehicle types serving > 1.500 shipments per day via courier services using VRP based on heterogeneous vehicle concept to minimize vehicle routes. This research uses the K-Means cluster method to classify customers, minimize delivery distances and shorten computation time. Genetic Algorithm (GA) based approach is applied by using the criteria of many generations to be achieved and differences in efficiency levels between generations to obtain route optimization results. The results of this research show that with GA and clusters per heterogeneous vehicle type based on area grouping with a number of > 1.500 customers which are divided into 4 clusters on the type of car, 2 clusters on the type of motor cycle, and 2 clusters on the type of truck, the optimal route is obtained 8,99453 KM with total of 34 routes."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lindra Sahara
"ABSTRAK
Pesatnya perkembangan dunia informasi yang pesat saat ini tidak terlepas dari peranan jaringan komputer. Semakin kompleks jaringan komputer menandai tingginya kebutuhan berkomunikasi sehingga dilakukanlah sistem terdistribusi untuk mengurangi kerumitan masalah tersebut. Sistem instrumentasi terdistribusi terdapat sensor, hardware, TCP/IP protokol konverter, TCP/IP jaringan Ethernet,
Database Server, Web/ApplicationServer dan PC Client. Sebagai bagian dari penelitian yang diusulkan, Tiny InterNet Interface (TINI, TBM390:Dallas Semiconductor) telah digunakan sebagai TCP / IP stack, dan java bahasa pemrograman sebagai alat perangkat lunak. Sebuah fitur yang didukung oleh Java, yang terutama relevan dengan sistem terdistribusi adalah applet nya. Applet adalah kelas java yang dapat didownload dari server web dan dapat dijalankan dalam konteks aplikasi seperti web browser atau applet viewer. Untuk melakukan
sistem terditribusi monitoring temperatur, TINI diinstal sebagai TCP/IP stack dan dirancang untuk dapat berkomunikasi dengan OneWireDevice (OWD) melalui sebuah jaringan. Di sini kita akan membahas aspek perangkat keras dan perangkat lunak TINI dengan OWD untuk sistem ini.

ABSTRACT
The rapid development of rapid world of information today is inseparable from the role of computer networks. The more complex marks the high demand for computer networks so that was performed in a distributed system to reduce the complexity of the problem. Sensors are distributed instrumentation systems, hardware, TCP / IP protocol converters, TCP / IP Ethernet network, Database Server, Web / ApplicationServer and PC Client. As part of the proposed research, Tiny Internet Interface (Tini, TBM390: Dallas Semiconductor)
has been used as a TCP / IP stack, and the Java programming language as a tool of software. A feature supported by Java, which is particularly relevant to distributed systems is its applets. Applet is a java class that can be downloaded from the web server and can be run in the context of applications such as web browser or applet viewer it. To perform temperature monitoring system terditribusi, Tini installed as TCP / IP stack and is designed to be able to communicate with OneWireDevice (OWD) through a network. Here we will discuss aspects of the device and software Eras Tini by OWD for this system."
Universitas Indonesia, 2011
S1457
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Galuh Bayuardi
"Pontianak merupakan kota madya di Indonesia. Secara geografis, lokasi Pontianak dekat dengan negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Kondisi ini menyebabkan Pontianak sering dikunjungi pelancong dari negara tetangga, baik pengunjung yang memeliki urusan di kota Pontianank, maupun yang sekedar singgah sebelum sebelum menuju destinasi lain di wilayah Indonesia. Jika ditelusuri dari sejarahnya, pada dsarnya Pontianak didesain sebagai kota perdagangan. Pontianak mengalami pembangunan yang cepat saat kedatangan VOC yang membuat kesepakatan dengan Kesultanan Pontianak. Sebagai tindaklanjut dari kesepakatan itu, mereka membangun kantor pemerintahan dan juga keraton untuk mendukung aktivitas politik di Pontianak. Seiring pesatnya pertumbuhan di Kota Pontianak, berbagai kelompok etnis menjadikan Pontianak sebagai kota yang heterogen, Kini, pontianak di kunjungi berbagai etnis dari berbagai wilayah di Indonesia. Kelompok etnis yang tinggal di Poontianak dia antaranya adalah, Melayu, Dayak, Tionghoa, Jawa, Batak, Bugis, Madura, Banjar, Sunda, dan Bali. Berbagai etnis bergaul satu sama lain. Kondisi sosial di Pontianak tidak serta merta melahirkan pluralitas. TErkadang muncul sentimen kedaerahan baik itu klaim penduduk lokal, maupun oleh mereka yang di tandai sebagai pendatang, meskipun pernyataan ini tidak terlihat secara langsung, tapi meilki potensi masalah di kemudian hari. "
Yogyakarta: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta, 2017
959 PATRA 18: 3 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Guoqi Xie
"This book focuses on scheduling algorithms for parallel applications on heterogeneous distributed systems, and addresses key scheduling requirements – high performance, low energy consumption, real time, and high reliability – from the perspectives of both theory and engineering practice. Further, it examines two typical application cases in automotive cyber-physical systems and cloud systems in detail, and discusses scheduling challenges in connection with resource costs, reliability and low energy.
The book offers a comprehensive and systematic treatment of high-performance, low energy consumption, and high reliability issues on heterogeneous distributed systems, making it a particularly valuable resource for researchers, engineers and graduate students in the fields of computer science and engineering, information science and engineering, and automotive engineering, etc. The wealth of motivational examples with figures and tables make it easy to understand. "
Singapore: Springer Singapore, 2019
e20511021
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
B. Suprianto
"Dalam makalah ini dipresentasikan Adaptive Neuro Fuzzy Inference Systems (ANFIS) yang digunakan pada konverter dc-dc paralel non identik. Skema pengendalian master-slave dimanfaatkan untuk distribusi arus pada setiap konverter yang disusun paralel, sebagai referensi arus adalah arus keluaran konverter pertama dikurangi dengan arus keluaran konvereter ke dua dan ketiga, sehingga di hasilkan Error 1= I1-I2 dan Error 2= I1-I3 kemudian error tersebut di gunakan sebagai masukan kontroller, konsep inilah yang diusulkan dalam makalah ini. Tujuan lain dalam makalah ini penerapan ANFIS, pengembangan dan pembuktian secara matematika dan keuntungannya melalui perbandingan hasil simulasi, sehingga dihasilkan Root Mean Square Error (RMSE) sekecil mungkin. Struktur ANFIS yang digunakan sebanyak 45 parameter yang dibagi menjadi dua yaitu 27 parameter linier dan 18 parameter non linier dan 9 rules. Jumlah data sebanyak 30005. Hasil simulasi menunjukkan RMSE trn=0.000465492, RMSE chk= 0.0202974 dengan pengulangan 30 kali dan pada pengulangan 15 kali RMSE trn=0.000484379, RMSE chk= 0.020331. Hasil ini menunjukkan terjadi perbaikan sistem dalam keseimbangan distribusi arus yang diberikan oleh masing-masing konverter yang memiliki parameter tidak sama.

In this paper is presented an Adaptive Neuro Fuzzy Inference Systems (ANFIS) for parallel connected dc-dc converters non identic. Scheme controlling the master-slave be used for the current distribution at each parallel converter, where as reference is the first converter current output lessened with the second converter current output and third converter current output, become the error 1 yielded from I 1-I2 and error 2 from I1-I3, then used as input controller, this is model proposed in the article. The objective of the paper is to introduce an ANFIS application, develop the associated mathematical theory and prove the concept and its advantages through comparative simulation with its existing, so that reached the RMSE as minimum as possible. Structure anfis use 45 parameter which is divided become 27 linear parameter, 18 parameter non linear and also 9 rules. Amount of data is 30005 pairs. Result of simulation of rmse trn = 0.000465492, rmse chk= 0.0202974 at 30 epochs and at 15 epochs mrse trn=0.000484379, rmse chk= 0.020331. This matter show there is system repair in well-balanced current distribution though converter used unegual of its parameter."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sidauruk, Julius Tomris
"Vehicle routing problem (VRP) merupakan aplikasi dari optimasi kombinatorial untuk menentukan sejumlah rute yang diawali dan diakhiri di suatu tempat. Permasalahan pengelolaan pengangkutan sampah merupakan bagian yang sangat penting dalam menjaga estetika dan kenyamanan suatu kota maupun wilayah. Provinsi Sumatera Utara sendiri merupakan salah satu provinsi di Indonesia penghasil timbunan sampah, dimana wilayah pada provinsi tersebut yang memiliki rasio produksi sampah harian per penduduk tertinggi adalah di Kota Pematangsiantar sebanyak 0,83 kg/hari per penduduk yang tentunya akan mengakibatkan tingginya angka timbunan sampah harian. Tingginya angka timbunan sampah tentunya harus di imbangi dengan baiknya pelayanan pengangkutan keseluruhan sampah yang ada di suatu wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rute kendaraan untuk distribusi pengangkutan sampah dengan meminimalkan waktu tempuh yang optimal untuk distribusi tersebut. Dengan menggunakan vehicle routing problem diperoleh 43 rute untuk 34 unit kendaraan pengangkut sampah, dengan total timbunan sampah 183,1 m3/hari dan total waktu operasional 4608 menit

The Vehicle Routing Problem is an application of combinatorial optimization to determine a number of routes that start and end at one place. The problem of managing waste transportation is a very important part in maintaining the aesthetics and comfort of a city or region. North Sumatra Province itself is one of the provinces in Indonesia that produces waste piles, where the area in the province that has the highest daily waste production ratio per resident is Pematangsiantar City as much as 0.83 kg/day per resident which of course will result in high daily waste accumulation rates. The high number of landfills must of course be balanced with good transportation services for the entire waste in an area. This study aims to obtain vehicle routes for the distribution of waste transportation by minimizing the optimal travel time for the distribution. By using the Vehicle Routing Problem, 43 routes were obtained for 34 units of garbage transporting vehicles, with a total waste pile of 183.1 m3/day and a total operational time of 4608 minutes"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Supeni
"Proses optimasi pada Probabilistic Neural Network (PNN) dapat dilakukan terhadap nilai smoothing parameter maupun struktur neuron. Setiap permasalahan memiliki nilai smoothing parameter optimal yang berbeda. Optimasi struktur neuron bertujuan untuk mereduksi banyak neuron yang digunakan sehingga dapat mempersingkat waktu komputasi.
Skripsi ini membahas proses pencarian nilai smoothing parameter optimal menggunakan algoritma genetika dan struktur neuron optimal menggunakan algoritma ortogonal dalam sistem pengenal wajah. Terdapat dua jenis teknik optimasi yang akan dibahas, lalu membandingkan hasilnya dengan PNN struktur utuh dan backpropagation. Data wajah yang digunakan berupa foto infra merah dan cahaya tampak.

Optimization of Probabilistic Neural Network (PNN) can be performed to the value of smoothing parameter and neuron structure. Every problem has different value of smoothing parameter. Optimization of neuron structure aims to reduce the number of neurons used, in order to shorten computation time.
This thesis discusses the process of finding the optimal value of smoothing parameter using genetic algorithms and optimal neuron structure using orthogonal algorithms in face recognition system. Two types of optimization techniques which will be discussed, then the results are compared with full structure PNN and backpropagation. Face data used in the form of infrared and visible light images.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1579
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Wisnu Krisnantio
"The Pickup & Delivery Problem With Time Windows (PDPTW) merupakan permasalahan umum yang sering terjadi dalam industri jasa logistik untuk pengambilan dan pengantaran barang. PDPTW bersifat Non Polynominal-hard (NP-hard) yang berarti kompleksitas dalam penyelesaian permasalahan meningkat secara eksponensial apabila semakin banyak data dan parameter yang diukur, sehingga menjadi sulit untuk dipecahkan dengan menggunakan metode eksak. Oleh karena itu, penting untuk dilakukan penelitian dalam memecahkan masalah PDPTW dengan mempertimbangkan ketepatan hasil solusi dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah dengan keterbatasan sumber daya yang ada. Kendala umum yang terjadi dalam industri jasa logistik berupa keterbatasan jumlah kurir, kapasitas kendaraaan serta jumlah permintaan pelanggan yang dinanis. Model permasalahan PDPTW yang diangkat dalam penelitian ini merupakan kondisi nyata yang terjadi pada PT X sebagai perusahaan penyedia jasa logistik. Dari hasil perhitungan dan pengolahan data diperoleh bahwa algoritma Tabu Search cukup efektif untuk memecahkan masalah PDPTW. Hasil penelitian menunjukkan rute yang optimal sehingga diperoleh penurunan jarak tempuh dari seluruh kendaraan sebesar 147.01 km (25.23%) dan penurunan total waktu dari seluruh armada kendaraan sebesar 215.53 menit (12.89%). Penggunaan solusi awal juga berpengaruh pada kecepatan Tabu Search untuk memperoleh hasil akhir. Selain itu Tabu Search juga dapat digunakan untuk menentukan jumlah kurir yang optimal dalam melayani permintaan pelanggan yang bersifat dinamis.

The Pickup & Delivery Problem With Time Windows (PDPTW) is common problem that often faced by logistics service provider for pick-up and delivery goods. The PDPTW is a Non Polynominal-hard (NP-hard) problem, which means the complexity will increase as the size of the problem grows, and also it will be difficult to solve the problem with exact method. Therefore it is important to do research studying to solve PDPTW with a good accuracy, limited time and resources. General constrains on logistic service provider are limitation of courier number, limited vehicle capacity, and dynamic number of customer demands. The PDPTW models that used in this study is a real condition which is occur on PT X as logistic service provider. The result of this study show that Tabu Search Algorithm is effective for solving PDPTW. Final calculation show an optimal routes with total distance reduction about 147.01 km (25.23%) and also decrease the total time cost for 215.53 minutes (12.89%). Another result of this study show that the use of initial solution take effect on calculating time for Tabu Search algorithm. Beside that, the Tabu Search algorithm can be used to determine the optimal number of couriers to serve dynamic customer demands."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Patan, Maciej
"Optimal sensor network scheduling in identification of distributed parameter systems discusses the characteristic features of the sensor scheduling problem, analyzes classical and recent approaches, and proposes a wide range of original solutions, especially dedicated for networks with mobile and scanning nodes. Both researchers and practitioners will find the case studies, the proposed algorithms, and the numerical examples to be invaluable. "
Berlin: [, Springer-Verlag], 2012
e20398630
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>