Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 170207 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aunia Yasyfin
"Penggunaan teknologi selama pandemik COVID-19 berpotensi mengakibatkan stres pada karyawan. Stres ini dapat memengaruhi kepuasan kerja mereka. Penelitian ini akan melihat hubungan antara technostress creators dan technostress inhibitors pada kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan teori Job Demand-Resources, peneliti berasumsi bahwa teknostres dapat menjadi tuntutan dan sumber daya bagi karyawan. Technostress inhibitors merupakan sumber daya yang dapat meningkatkan kepuasan kerja, sedangkan kepuasan kerja tersebut menurun karena adanya tuntutan dari technostress creators. Oleh karena itu, peran technostress inhibitors sangat penting untuk tetap menjaga tingkat kepuasan kerja karyawan. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 255 karyawan dengan rentang usia 20-64 tahun yang sehari-hari menggunakan teknologi untuk bekerja. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan teknik non-probability sampling untuk pemilihan partisipan. Alat ukur yang digunakan adalah Technostress Scale (Ragu-Nathan et al., 2008) dan Global Job Satisfaction dari Hackman & Oldham (1980) yang diadaptasi oleh Luthans (2006). Seluruh alat ukur telah di translasi ke Bahasa Indonesia dan memiliki konsistensi internal yang baik (kepuasan kerja; α dan ω = 0,80, technostress inhibitors; α dan ω = 0,81, technostress creator; α = 0,73 dan ω = 0,67). Pengumpulan data dilakukan secara daring menggunakan software SurveyMonkey. Korelasi Pearson menunjukkan bahwa hubungan technostress creators dan kepuasan kerja tidak signifikan (r = 0,02, p = 0,35), namun terdapat korelasi positif signifikan antara technostress inhibitors dengan kepuasan kerja (r = 0,26, p = 0,00). Effect size menunjukkan koefisien sebesar 0,07, sehingga dapat disimpulkan bahwa varians kepuasan kerja dapat dijelaskan oleh technostress inhibitors dan technostress creator. Technostress inhibitors terbukti memengaruhi kepuasan kerja karyawan secara positif. Hasil penelitian dapat dijadikan acuan bagi penelitian selanjutnya dan menjadi catatan bagi perusahaan untuk mendukung karyawan agar mampu beradaptasi dengan adanya kemajuan teknologi saat ini.

Current usage of technologies during the COVID-19 pandemic may potentially cause employees’ stress. The stress then may influence their job satisfaction. This study investigated the relationship between technostress creators and technostress inhibitors on employees’ job satisfaction. Based on the Job Demands-Resources theory, we suggested that technostress can become both demands and resources for employees. Technostress inhibitors are a resource that can increase job satisfaction. However, job satisfaction decrease due to demands from technostress creators. Therefore, the role of technostress inhibitors is very important to maintain the level of job satisfaction among employees. Participants in this study were 255 employees aged 20-64 years who technologies for work in daily basis. This study is a cross-sectional study design with a non-probability sampling technique for participant selection. The measurements used were the Technostress Scale Ragu-Nathan et al. 2008) and Global Job Satisfaction (Hackman & Oldham, 1980 - adapted by Luthans (2006). All measurements were translated into Bahasa Indonesia and reliable (job satisfaction; α and ω = 0,80, technostress inhibitors; α and ω = 0,81, technostress creator; α = 0,73 and ω = 0,67). Data collection was collected online using SurveyMonkey software. Pearson's correlation showed that the relationship between technostress creators and job satisfaction was not significant (r = 0.02, p = 0.35). However, a significant positive correlation evidenced between technostress inhibitors and job satisfaction (r = 0.26, p = 0, 00). The effect size showed a coefficient of 0.07. It can be concluded that the variance of job satisfaction can be explained by both technostress inhibitors and technostress creators. Technostress inhibitors have been shown positively affect employee job satisfaction. This finding then can be used as a reference for further research particularly to provide a suggestion for the organisation to support employees to adapt with current technologies."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisah Suci Yanti
"Penelitian ini dilakukan pada petugas pemadam kebakaran yang memiliki aktivitas berisiko mengalami stres kerja dan kelelahan kerja. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kelelahan kerja dan stres dengan melihat faktor risiko fisik dan psikososial. Penelitian dilakukan pada 80 orang petugas pemadam kebakaran dan tenaga administrasi dengan menggunakan desain penelitian cross-sectional dengan melakukan observasi, pengisian kuisioner, melakukan pengujian aktivasi enzim amylase dalam saliva dengan alat Cocorometer (Nipro Cocoro), pengukuran waktu reaksi dengan aplikasi smartphone Sleep 2 Peak (S2P), dan pengukuran tanda vital tubuh seperti suhu tubuh, denyut nadi dan tekanan darah Faktor risiko fisik (force, postur janggal dan manual handling), faktor risiko psikososial (usaha, penghargaan, over committment, stres terhadap peran, beban emosional, dukungan sosial dan non pekerjaan) dan faktor organisasi kerja (shift kerja dan status pekerja) menjadi faktor independen penelitian terhadap stres dan kelelahan kerja. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quick Exposures Checklist untuk menilai faktor fisik, kuesioner Effort Reward Imbalance, COPSOQ, NIOSH Generic Job Stress dan NIOSH Quality of Work Life (QWL) untuk menilai faktor risiko psikososial dan stres kerja. Kelelahan kerja diukur dengan menggunakan kuesioner Sweedish Occupational Fatigue Inventory (SOFI) dan Fatigue Assessment Scale (FAS). Hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara faktor risiko pada leher memiliki pengaruh terhadap kelelahan (CI 95% 1,75 sampai 16,16; OR 5,32), faktor psikosoial yaitu beban emosional (CI 95% 1,04 sampai 5,78; OR 1,56), stres terhadap peran (CI 95% 1,23 sampai 4,76; OR 1,52) dan dukungan sosial dari keluarga (CI 95% 1,27 sampai 5,43; OR 2,51) terhadap stres serta faktor organisasi pekerjaan terdiri dari jenis pekerjaan (CI 95% 0,05 sampai 0,55; OR 0,16), sistem shift (CI 95% 0,06 sampai 0,54; OR 0,18) dan status pekerja memiliki hubungan terhadap stres yang dialami oleh petugas pemadam kebakaran.

The object of this study is firefighters in fire and rescue department who are at risk having work related stress and fatigue due to their task. The purpose of this study is to identify the physical and psychosocial factors of work related stress and fatigue on firefighters. The design used in this study is cross-sectional design by conducting the observation, sharing questionnaires and do the test of Salivary Amylase Activation (SAA) with Cocorometer (Nipro Cocoro), test of time reaction with Sleep 2 Peak application on mobile phone and test of vital sign such temperature, heart rate and blood pressure to 80 workers at Fire and Rescue Department. The tools used in this study are Quick Exposure Checklist to assess physical factors, the combination of psychosocial questionnaire are Effort Reward Imbalance, COPSOQ, NIOSH Generic Job Stress dan NIOSH Quality of Work Life (QWL) to assess psychosocial factors and Salivary Amylase Activation testing to assess work uhrelated stress and fatigue among fire fighters. Fatigue subjective measurement use tools form Sweedish Occupational Fatigue Inventory (SOFI) and Fatigue Assessment Scale (FAS). Physic factors (force, awkward posture and manual handling), psychosocial factors (effort, reward, overcommittment, rolestress, emotional demand, social support and non work related factors) and organisational factors are the independent variables of work related stress and fatigue which are the dependent variable in this study. The result of this study shows that risk factor (neck) has correlation with fatigue (CI 95% 1,75-16,16; OR 5,32), psychosocial factors such emotional demand (CI 95% 1,04-5,78; OR 1,56), rolestress (CI 95% 1,23-4,76; OR 1,52) and family social support (CI 95% 1,27-5,43; OR 2,51) influence stress, organisational factors such type of work (CI 95% 0,05-0,55; OR 0,16), shift work (CI 95% 0,06-0,54; OR 0,18) and status of workers have correlations with stress."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elyska Imardini
"Situasi yang menekan dapat dialami oleh siapapun. Individu dapat mengalami stres akibat peristiwa hidup yang besar dan masalah hidup sehari-hari, dan stres yang bersifat kumulatif pada kehidupan seseorang dapat memprediksi hasil buruk pada kesehatan mental. Dalam mengatasi efek negatif dari kesulitan, kedekatan dengan alam dan makna hidup dapat berperan penting dalam membantu individu beradaptasi dan memperoleh hasil yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran makna hidup serta dimensi-dimensinya yakni accomplished life, exciting life, principled life, purposeful life, dan valued life dalam memediasi hubungan antara kedekatan dengan alam dan resiliensi pada 175 partisipan dengan rentang usia 18–63 tahun (M = 25,00). Analisis data dilakukan dengan menggunakan PROCESS Macro Model 4 dari Hayes. Penulis menemukan bahwa makna hidup secara keseluruhan, maupun dimensi accomplished life, dan dimensi exciting life memediasi secara penuh hubungan antara kedekatan dengan alam dengan resiliensi. Sementara itu, peran mediasi dari dimensi principled life, purposeful life, dan valued life tidak signifikan.

Anyone can experience stressful situations. Individuals can experience stress from major life events and everyday life problems, and stress that is cumulative in a person's life can predict adverse outcomes for mental health. In overcoming the negative effects of adversity, nature relatedness and the meaning in life can play an important role in helping individuals adapt and achieve positive results. The purpose of the present research is to investigate the role of meaning in life and its dimensions, namely accomplished life, exciting life, principled life, purposeful life, and valued life, in mediating the relationship between nature relatedness and resilience in 175 participants with an age range of 18–63 years (M = 25,00). Data analysis was performed using Process Macro Model 4 from Hayes. This study found that meaning in life in general, along with the accomplished life dimension, and the exciting life dimension fully mediated the relationship between nature relatedness and resilience. Meanwhile, the mediating role of the dimensions of principled life, purposeful life, and valued life was not significant"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Archifihan Millenadya Handoko
"Pandemi global Covid-19 mengharuskan karyawan untuk bekerja dari rumah. Hal ini membuat karyawan menjadi terpapar technostress. Hal tersebut dikarenakan mereka harus selalu terhubung dan menerima informasi melalui teknologi informasi dan komunikasi (TIK) setiap saat. Tidak jarang, karyawan terpapar TIK dengan berlebihan sehingga menyebabkan job burnout akibat kelelahan fisik dan emosional dan juga penarikan diri dari pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah technostress dapat memprediksi tingkat job burnout yang dialami oleh karyawan, khususnya pada saat pandemi ini. Analisis data menggunakan regresi berganda dilakukan pada 257 karyawan yang menggunakan TIK dalam pekerjaannya setiap hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua dimensi technostress, yaitu technostress creator dan technostress inhibitor dapat memprediksi job burnout pada karyawan. Technostress creators secara positif signifikan dalam memprediksi job burnout karyawan ( B = 0,32, SE = 0,24, p <0,01), sedangkan technostress inhibitor juga ditemukan secara negatif signifikan dalam memprediksi job burnout karyawan (B = -0,34, SE = 0,07, p <0,01). Besarnya effect size pada penelitian ini adalah sebesar 15%, artinya 15% varians job burnout dapat dijelaskan oleh technostress creators dan technostress inhibitor secara bersamaan. Penelitian ini berkontribusi pada penelitian technostress dengan menunjukkan peran technostress dalam memprediksi munculnya job burnout pada karyawan. Implikasi praktis dalam penelitian ini juga dapat digunakan sebagai pertimbangan organisasi agar dapat melakukan pencegahan terbentuknya technostress agar tidak lebih lanjut menimbulkan job burnout pada karyawan.

The global Covid-19 pandemic requires employees to work from home which makes them exposed to technostress. It is because they must always be connected and receive information through information and communication technology (ICT) at all times. It is then not uncommon for employees to be exposed to excessive ICT, causing job burnout due to physical and emotional exhaustion and disengagement from work. This study aims to understand whether technostress can predict the level of job burnout experienced by employees, especially during this pandemic. Data analysis using multiple regression was carried out on 257 employees who use ICT in their work every day. The results showed that that two dimensions of technostress, namely technostress creators and technostress inhibitors, can predict job burnout. Technostress creator was positively significant in predicting job burnout in employees (ß = 0.23, SE = 0.24, p = <0.01). Technostress inhibitors was negatively significant in predicting job burnout in employees (ß = -0.33, SE = 0.07, p= <0.01). The effect size in this study was 15%, meaning that 15% of job burnout variance can be explained by Technostress creators and Technostress inhibitors simultaneously. This study contributes to technostress research by showing the role of technostress in predicting job burnout in employees. Practical implications in this study can also be used as an organizational consideration to prevent the establishment of technostress from causing job burnout in employees further."
Depok: Universitas Indonesia Fakultas Psikologi, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Inna Indah Sejati
"Pendahuluan: Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS Cov-2. Covid-19 menyebabkan pandemic yang sudah berlangsung sejak tahun 2020. Sejak pandemic banyak orang yang pernah terkonfirmasi dan ada banyak juga yang sudah sembuh yang dikatakan sebagai penyintas covid-19. Penyintas covid-19 masih dapat merasakan gejala seperti brain fog (kabut otak). Pada mahasiswa sebagai penyintas Covid-19 yang melakukan pembelajaran dapat merasakan stress, stress yang di dapat ini disebut stress akademik. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mencari suatu hubungan antara stress akademik dengan brain fog pada mahasiswa penyintas Covid-19. Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain potong lintang dengan melibatkan 125 mahasiswa penyintas Covid-19. Hasil: Analisa data menunjukan sebanyak 49 mahasiswa (39.2%) tidak mengalami Brain Fog, sedangkan 76 mahasiswa (60.8%) diduga mengalami Brain fog. Uji korelasi Rank Spearman juga menunjukan adanya korelasi antara tingkat stres akademik dengan Brain Fog (p value= 0.000) pada mahasiswa penyintas Covid-19 dengan nilai r sebesar 0.409. Kesimpulan: Kejadian Brain Fog pada penyintas Covid-19 diduga dipengaruhi adanya stres akademik. Perlu adanya manajamen stres yang baik pada mahasiswa penyintas Covid-19 untuk menjaga kemampuan berpikir.

Introduction: Covid-19 is an infectious disease caused by the SARS Cov-2 virus. Covid-19 caused a pandemic that has been going on since 2020. Since the pandemic many people have been confirmed and many have recovered who are said to be survivors of covid-19. Covid-19 survivors can still experience symptoms such as brain fog. Students as survivors of Covid-19 who do learning can feel stress, the stress they get is called academic stress. Purpose: This research was conducted to find a relationship between academic stress and brain fog in students who survived Covid-19. Methodology: This study used a cross-sectional design involving 125 student survivors of Covid-19. Results: Data analysis showed that 49 students (39.2%) did not experience Brain Fog, while 76 students (60.8%) were suspected of experiencing Brain Fog. Spearman's Rank correlation test also showed a correlation between academic stress levels and Brain Fog (p value = 0.000) in students who survived Covid-19 with an r value of 0.409. Conclusion: The incidence of Brain Fog in Covid-19 survivors is deemed to be influenced by academic stress. There needs to be good stress management for students who are survivors of Covid-19 to maintain their thinking skills"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ivan Paulus Gunata
"Stresor dapat menyebabkan Gangguan Terkait Stres pada prajurit dan masalah yang dialami oleh prajurit dengan gangguan ini menghambat pelaksanaan tugas pokok dan perintah yang harus dilaksanakan, serta merusak hubungan dengan atasan ataupun rekan kerja hingga menimbulkan terjadinya berbagai pelanggaran, sehingga perlu adanya kebijakan serta sistem manajemen Combat Stress Control (CSC) yang tepat dan sesuai. Dengan adanya pengetahuan yang baik pada seluruh unsur pelayanan kesehatan jiwa mengenai stresor pada prajurit, kebijakan dan penerapan sistem manajemen pelayanan yang sesuai pada fasilitas kesehatan maka kesembuhan yang lebih optimal dapat dicapai dan berbagai dampak buruk dapat dicegah lebih dini. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Responden berjumlah 3 orang yang dipilih berdasarkan pusposive sampling dan penyaringan sesuai kriteria. Studi dilaksanakan selama 3 bulan dengan menggunakan instrumen Holmes and Rahe Stress Scale, Instrumen Penilaian Stres Psikososial, dan wawancara mendalam. Bertambahnya stresor dalam kehidupan, diperberat dengan stresor dalam penugasan dapat menyebabkan gangguan terkait stres pada prajurit, dan memperlambat kesembuhan serta memperluas dampak. Pelayanan dalam mengatasi hal ini pada Prajurit belum sesuai, sehingga diperlukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ketidaksesuaiannya dan membuat sistem manajemen yang lengkap dan sesuai dalam pembekalan pengetahuan, sosialisasi, hingga pencegahan PTSD dan tatalaksana yang sesuai dengan unsur Brevity, Immediacy, Centrality, Expentancy, Proximity, Smplicity bagi prajurit yang mengalami PTSD mulai dari garis depan, fasilitas kesehatan kesatuan, hingga rumah sakit militer dan sistem koordinasinya dengan rumah sakit non militer, maupun dalam pengambilan keputusan oleh atasan.

Stress can cause stress related disturbance to soldiers and the problems experienced by soldiers with this disorder hinder the implementation of basic tasks and orders that must be carried out, as well as damage relationships with superiors or co-workers to cause various violations. It is a need to find a relationship between stressors and this disorder, and the need for policies and management systems in stress control for soldiers or Combat Stress Control (CSC), both in prevention and handling in combat units to referral health facilities. With good knowledge in all elements of mental health services regarding stressors for soldiers, policies and implementation of appropriate service management systems in health facilities, optimal healing can be achieved and various adverse effects can be prevented early. This is a qualitative study with a study case approach. Respondents in this study amounted to 3 people who were selected based on purposive sampling and filtering according to the criteria. The study was conducted for 3 months using the Holmes and Rahe Stress Scale instrument, the Psychosocial Stress Assessment Instrument, and in-depth interviews. The addition of stressors in life, compounded by stressors in assignment can cause stress-related disturbances in soldiers. Stressors can cause other stressors, slowing healing and extending the impact. Services in overcoming Stress-Related Disorders for Soldiers are not appropriate, so research is needed that aims to determine the mismatches so that they can be repaired and create a complete and appropriate management system in knowledge provision, socialization, prevention of PTSD and management in accordance with the elements of Brevity, Immediacy, Centrality , Expentancy, Proximity, Smplicity for soldiers experiencing PTSD starting from the front lines, unit health facilities, to military hospitals and their coordination system with non-military hospitals, as well as in decision making by superiors."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hasna Azzahra Mamoen
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatimah Az Zahra
"Dalam era digital saat ini, penting untuk memahami faktor-faktor yang dapat bertindak sebagai penyangga terhadap dampak negatif dari technostress creators terhadap kesejahteraan karyawan. Penelitian ini bersifat korelasional dengan pengambilan data menggunakan kuesioner secara cross-sectional dan sampel diambil dengan convenience sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran otonomi kerja sebagai moderator dalam hubungan antara technostress creators dan kesejahteraan karyawan di kalangan pekerja IT, dengan sudut pandang teori Job Demands-Resources (JDR). Data dikumpulkan dari 117 pekerja IT yang bekerja di berbagai perusahaan teknologi di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara technostress creators dan kesejahteraan karyawan (b = -.17, SE = .13, 95% CI [-.45, .06], p = .18). Selain itu, ditemukan korelasi positif yang signifikan antara otonomi kerja dan kesejahteraan karyawan (b = .72, SE = .12, 95% CI [.47, .95], p < .001). Namun, otonomi kerja tidak memoderasi secara signifikan hubungan antara technostress creators dan kesejahteraan karyawan (b = -.06, SE = .20, 95% CI [-.41, .38], p = .76). Hal ini berarti tinggi atau rendahnya tingkat otonomi kerja tidak dapat memengaruhi hubungan technostress creators dan kesejahteraan karyawan. Temuan dari penelitian ini dapat bermanfaat untuk memperkaya literatur yang telah ada seputar technostress creators, kesejahteraan karyawan, dan otonomi kerja.

In today's digital era, it is important to understand the factors that can act as buffers against the negative impacts of technostress creators on employee well-being. This correlational study uses cross-sectional data collected through questionnaires, with the sample obtained via convenience sampling. The study aims to explore the role of job autonomy as a moderator in the relationship between technostress creators and employee well-being among IT workers, from the perspective of the Job Demands-Resources (JDR) theory. Data was collected from 117 IT workers employed in various technology companies in Indonesia. The results indicate that there is no significant relationship between technostress creators and employee well-being (b = -.17, SE = .13, 95% CI [-.45, .06], p = .18). Additionally, a significant positive correlation was found between job autonomy and employee well-being (b = .72, SE = .12, 95% CI [.47, .95], p < .001). However, job autonomy does not significantly moderate the relationship between technostress creators and employee well-being (b = -.06, SE = .20, 95% CI [-.41, .38], p = .76). This means that the level of job autonomy does not influence the relationship between technostress creators and employee well-being. This study's findings can enrich the existing literature on technostress creators, employee well-being, and job autonomy."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ihsan Mustika
"Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berperan penting dalam memastikan stabilitas dan pengendalian perekonomian Indonesia, terutama sebelum dan sesudah pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 telah mempercepat digitalisasi kegiatan sektor publik dan swasta di Indonesia dan negara lain. Untuk beradaptasi dengan percepatan digitalisasi akibat pandemi, BUMN harus terus tumbuh dan berkembang untuk mencapai target dan tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Technostress, Perceived Organizational Support (POS), Total Reward Systems (TRS), dan Work-Life Balance (WLB) terhadap Job Performance, dimediasi oleh Employee Wellbeing (studi pada karyawan BUMN). Pendekatan kuantitatif menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan jumlah sampel 263 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Employee Wellbeing sepenuhnya memediasi hubungan antara variabel yang diteliti dan Job Performance. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi perusahaan dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi Employee Wellbeing dan kinerja pekerjaan, menyoroti Perceived Organizational Support yang dirasakan sebagai pendorong utama dengan dimediasi Employee Wellbeing. Temuan ini menekankan pentingnya melibatkan semua generasi secara efektif, terutama Generasi Y dan Generasi Z, di dalam BUMN untuk mengoptimalkan kinerja dan mencapai kesuksesan organisasi.

State-Owned Enterprises (SOEs) play a crucial role in ensuring stability and control in Indonesia's economy, especially before and after the COVID-19 pandemic. The COVID-19 pandemic has accelerated the digitization of public and private sector activities in Indonesia and other countries. To adapt to the accelerated digitization caused by the pandemic, SOEs must continue to grow and develop to achieve their targets and goals. This study aims to investigate the impact of Technostress, Perceived Organizational Support (POS), Total Reward Systems (TRS), and Work-Life Balance (WLB) on Job Performance, mediated by employee well-being (studies of SOEs employee). A quantitative approach using Structural Equation Modeling (SEM) was employed with a sample size of 263 respondents. The results show that employee well-being fully mediates the relationship between the variables studied and Job Performance. This research provides valuable insights for companies in understanding the factors that affect employee well-being and Job Performance, highlighting the role of Perceived Organizational Support as a key driver through its impact on employee well-being. The findings emphasize the significance of effectively engaging all generations, particularly Generation Y and Generation Z, within SOEs to optimize Job Performance and achieve organizational success."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Debora Uliana
"Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) selama pandemi COVID-19 meningkat, khususnya untuk membantu karyawan mengerjakan pekerjaannya. Berdasarkan literatur sebelumnya, penggunaan TIK dalam dunia kerja berpengaruh negatif pada karyawan, antara lain dapat menimbulkan stres (technostress) dan memengaruhi keterikatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana hubungan kedua konstruk dari technostress, yaitu technostress creators dan technostress inhibitors, dengan keterikatan kerja. Penelitian menggunakan teori Job Demands – Resources untuk menguji technostress creators dalam memprediksi keterikatan kerja dengan hubungan yang negatif dan technostress inhibitors dalam memprediksi keterikatan kerja dengan hubungan yang positif. Penelitian merupakan penelitian korelasional dengan sampel karyawan di Indonesia (N=256) yang menggunakan TIK ketika bekerja sehari-hari. Data diambil melalui penyebaran kuesioner daring yang berisikan alat ukur UWES-9 (Schaufeli et al., 2006) untuk mengukur keterikatan kerja dan technostress scale (Ragu-Nathan et al., 2008). Hasil analisis menunjukkan bahwa technostress creators tidak mampu memprediksi keterikatan kerja, sedangkan technostress inhibitors mampu memprediksi keterikatan kerja secara positif. Keduanya secara bersama mampu memprediksi 11% variansi dari keterikatan kerja (F (2,253) = 16,19, p < 0,01, R2 = 0,11). Implikasi dari hasil penelitian adalah organisasi dapat menyediakan layanan bantuan teknis dan pelatihan pengadopsian TIK terbaru yang dipakai untuk bekerja. Pada tingkatan individual, karyawan dapat menetapkan batasan dalam pekerjaan dan rumah, serta menambah pengetahuan tentang pengaplikasian TIK.

The use of Information and Communication Technology (ICT) during the COVID-19 Pandemic has increased, especially to help employees do their tasks. Based on previous literatures, the use of ICT has negative impacts in the work-field, for instance, it can cause stress (technostress) dan affect job engagement. This study aims to examine the relationship between two constructs of technostress, namely technostress creators and technostress inhibitors, and job engagement. This study uses Job Demands-Resources theory to test if technostress creators negatively predicts job engagement; and technostress inhibitors positively predicts job engagement. This study is a correlational research with a sample of employees in Indonesia (N=256) who use ICT when working on a daily basis. The data were collected through online survey containing the UWES-9 (Schaufeli et al., 2006) to measure job engagement and technostress scale (Ragu-Nathan et al., 2008). The results indicated that technostress creators did not predict job engagement, whereas technostress inhibitors predicted job engagement positively. Together, both predictor variables predicted 11% variance of job engagement (F (2,253) = 16,19, p < 0,01, R2 = 0,11). The implication of this study is that organizations can provide help-desk service and training of the newest ICT adoption for work-related tasks. On an individual level, employees can set boundaries in using ICT after work hours and increase computer literacy."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>