Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 96552 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arya Aribimo Soeranto
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pengadaan aset tetap pada PT PNI dan mengevaluasi refleksi diri berdasarkan pengalaman magang. proses pengadaan aset tetap PT PNI terdiri dari empat aktivitas utama, yaitu proses pemesanan barang, proses penerimaan dan penyimpanan barang, proses persetujuan tagihan supplier, dan proses pembayaran kas. Evaluasi yang dilakukan terdiri dari evaluasi proses pengadaan aset tetap, dan evaluasi standar operasional prosedur yang dilakukan PT PNI dengan menggunakan beberapa pengendalian intern seperti pengendalian otorisasi dan pengendalian pemisahan tugas. Metode penulisan yang dilakukan penulis dalam menyusun laporan magang ini adalah dengan melakukan observasi dan studi pustaka. Hasil dari laporan magang ini menyimpulkan bahwa standar operasional prosedur yang di implementasikan oleh PT PNI pada proses pengadaan aset tetap sudah memadai dalam penempatan pengendalian intern. Mengenai refleksi diri, penulis menemukan pengalaman yang sangat berguna untuk karir ke depan seperti kerjasama tim, keterampilan komunikasi yang baik, dan keahlian dalam keterampilan teknologi.

This internship report aims to evaluate the procurement process on fixed assets at PT PNI and evaluate the self-reflection based on the internship experience. PT PNI's fixed asset procurement process consists of four main activities, namely the process of ordering goods, the process of receiving and storing goods, the process of approving supplier invoice, and cash disbursement process. The evaluation consisted of evaluating the fixed asset procurement process, and evaluating the standard operating procedures carried out by PT PNI by using several internal controls such as authorization and segregation of duties. The writing method used by the writer in compiling this internship report is by conducting observation and literature study. The results of this internship report conclude that the standard operating procedures implemented by PT PNI in the fixed asset procurement process are sufficient in term of internal control implied. As for self-reflection, writer found very useful experiences for the career ahead such as team works, good communication skill, and expertise in technological skills."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Wijayanti
"Siklus dan proses pengadaan merupakan salah satu proses operasional yang sangat penting dalam pencapaian tujuan dan target perusahaan. Proses pengadaan yang efektif, efisien serta mempunyai acuan data master pemasok yang akurat akan meningkatkan performa perusahaan serta memaksimalkan pencapaian target perusahaan yang akan dicapai.  Penelitian ini dilakukan karena permasalahan tidak akuratnya data master pemasok yang berakibat menjadi tidak efektifnya proses pengadaan dan berakibat menjadi timbulnya masalah dalam pemenuhan proyek kepada pelanggan serta mengakibatkan terjadi selisih yang cukup besar dalam konfirmasi audit atas hutang sehingga mengakibatkan terlambatnya finalisasi laporan audit perusahaan. Penelitian dengan menggunakan strategi studi kasus berikut ini membahas mengenai evaluasi kualitas data master pemasok didalam proses pengadaan dalam kaitannya dengan peningkatan performa perusahaan untuk pencapaian tujuan perusahaan. Setelah dilakukan evaluasi, penelitian ini menyimpulkan bahwa proses reviu atas data master pemasok di bagian pengadaan PT X belum dilakukan secara efektif dan harus diperbaiki karena buruknya kualitas data master pemasok yang dimiliki perusahaan. Dari hasil penelitian dapat direkomendasikan berupa masukan aksi tindak lanjut dalam penerapan proses reviu data master pemasok sehingga tercipta perbaikan kinerja dalam proses pengadaan untuk efektivitas proses bisnis yang ada pada PT X

The procurement cycle and process is one of the most important operational processes in achieving the company's goals and targets. An effective, efficient procurement process and having an accurate supplier master data reference will improve company performance and maximize the action of company in order to achieve target.  This research was conducted due to the problem of inaccurate supplier master data from ineffective procurement process and resulted in problems in fulfilling projects to customers and resulted in difference in audit confirmation of debts, resulting in late finalization of the company's audit report.  

The following research using the case study strategy discusses the evaluation of supplier master data quality in procurement process that affecting the achievement of purpose in the company. This research provide conclusions on the results of the evaluation of the effectiveness of review supplier master data in procurement process at PT X and give recommendations of action plan for performance improvement in achieve purpose in PT X."

Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dila Ardana Reswari
"Skripsi ini membahas tentang pengelolaan aset tetap di lingkungan Ditjen Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini mencakup penganggaran, pengadaan, penghapusan, serta pencatatan dan pelaporan aset tetap. Hasil penelitian ini menunjukkan masih terdapat masalah dalam pengelolaan aset tetap pada Ditjen Keuangan Daerah. Masalah dari sisi penganggaran adalah belum adanya pengukuran dan evaluasi kinerja aset tetap. Masalah dari sisi pengadaan adalah pejabat pengadaan barang pada Ditjen Keuangan Daerah memiliki SDM yang terbatas dan regenerasi pergantian pejabat kurang optimal. Secara keseluruhan, Ditjen Keuangan Daerah belum mempunyai Standar Operasional Prosedur yang dituangkan dalam peraturan tertulis untuk diterapkan dalam pengelolaan aset tetap, mulai dari penganggaran, pengadaan, penghapusan, serta pencatatan dan pelaporan aset tetap.

The focus of this study is the Management of Fixed Assets in Financial Management State of the Directorate General for Regional Finance Ministry of Home Affair. This research is a qualitative descriptive interpretive. The main problem in this research includes budgeting, procurement, removal, also recording and reporting fixed assets at the Directorate General of Regional Finance. There are problems in asset management of Directorate General of Regional Finance. The problem from the budgeting is the absence of measurement and performance evaluation of fixed assets. The problem from the procurement is the limited human resources officer and turnover regeneration less than optimal. Meanwhile, of the whole, there is no specific Operating Standard Procedures related to asset management procedures in budgeting, procurement, removal, also recording and reporting of fixed assets.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54578
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafi Habib Irta
"Laporan ini akan membahas mengenai prosedur audit yang diterapkan oleh KAP ABC dalam melakukan audit interim atas aset tetap pada PT. XYZ serta membahas terkait kebijakan dan perlakuan akuntansi yang diterapkan oleh PT. XYZ atas aset tetap. Kedua hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi pada laporan magang ini. Evaluasi akan diberikan dengan cara melakukan perbandingan antara prosedur audit interim yang dijalankan oleh KAP ABC dengan Standar Audit yang berlaku serta perlakuan akuntansi PT. XYZ atas aset tetap berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku. Selain itu, laporan magang ini juga berisi pembahasan terkait aktivitas magang yang dijalankan di KAP ABC serta refleksi diri untuk tujuan pengembangan diri penulis. Berdasarkan evaluasi pada laporan ini, secara umum KAP ABC telah menjalankan audit interim atas aset tetap PT. XYZ sesuai dengan Standar Audit dan teori pendukung lainnya. Namun, KAP ABC tidak menjalankan prosedur seperti pemeriksaan fisik aset tetap dan verifikasi umur manfaat atas aset tetap.

This report will discuss the audit procedures applied by KAP ABC in conducting interim audits of fixed assets at PT. XYZ and discuss the accounting policies and treatment implemented by PT. XYZ on fixed assets. These two things will be used as evaluation material in this internship report. The evaluation will be given by comparing the interim audit procedures carried out by KAP ABC with the Auditing Standard issued by the Indonesian Institute of Certified Public Accountants and the accounting treatment of PT. XYZ on fixed assets based on Indonesian Financial Accounting Standard. In addition, this internship report also contains discussion of internship activities carried out at KAP ABC as well as self-reflections for the purpose of self-development of the author. Based on the evaluation of this report, in general KAP ABC has conducted an interim audit of the fixed assets of PT. XYZ conforms to Auditing Standard and other supporting theories. However, KAP ABC does not carry out procedures such as physical examination and useful life verification of these fixed assets."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fakhriy Luthfi Mustafa
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas tentang prosedur audit aset tetap yang merupakan bagian dari audit laporan keuangan PT IXX, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang informasi dan telekomunikasi. Prosedur evaluasi atas kebijakan kapitalisasi aset tetap menunjukkan terdapat kekeliruan dalam kapitalisasi atas penambahan aset tetap FTTH (Fiber To The Home). Kekeliruan tersebut disebabkan ketidakkonsistenan PT IXX dalam menerapkan kebijakan kapitalisasi aset tetap, antara lain mengapitalisasi biaya yang tidak teratribusi secara langsung terhadap penambahan aset tetap, dan mengapitalisasi nilai aset yang tidak memenuhi kebijakan batas minimal kapitalisasi yang ditetapkan perusahaan. Setelah koreksi/penyesuaian yang diajukan auditor diterima oleh perusahaan klien dan mempertimbangkan hasil audit secara keseluruhan, KAP AAA memberikan opini wajar tanpa pengecualian terhadap laporan keuangan PT IXX tahun 2015.

ABSTRACT
This report explains about audit procedure of fixed assets, as a part of financial statement audit in PT IXX, an information and telecommunication company. Evaluation of fixed asset FTTH (Fiber To The Home) capitalization policy procedure shows that there is a misstatements in the recognition of the addition of fixed asset FTTH. The reason behind the misstatement was PT IXXs inconsistency in applying fixed asset capitalization policy, such as capitalize the cost that is indirectly attributable to the fixed asset addition, and capitalize asset value that do not pass the company capitalization threshold policy. Since adjustments proposed by the auditor were agreed by the client and by considering audit result in general, KAP AAA gave an unqualified opinion to PT IXX financial statement for the year ended 2015."
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Prista Ratnasari
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi desain pengendalian internal dalam pengadaan barang/jasa pemerintah pada Kementerian HNY. Evaluasi tersebut dilakukan berdasarkan kerangka pengendalian internal COSO 2013. Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil pemeriksaan BPK tahun 2021 yang mengungkapkan permasalahan-permasalahan terkait kelemahan pengendalian internal salah satunya pada kegiatan pengadaan barang/jasa. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis berdasarkan 5 komponen yang dijabarkan ke dalam 17 prinsip pengendalian internal COSO 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kelemahan yang teridentifikasi pada seluruh komponen pengendalian internal dalam kegiatan pengadaan barang/jasa di Kementerian HNY. Hal ini membuktikan bahwa komponen pengendalian internal yang saat ini berjalan belum efektif mengatasi permasalahan yang ada.

The objective of this study is to evaluate the internal control design in the government procurement of goods/services at the Ministry of HNY. The evaluation is conducted based on the internal control – integrated framework COSO 2013. The research is motivated by the findings of the BPK examination in 2021, which revealed various issues pertaining to weaknesses in internal controls, specifically in the procurement of goods and services. This study adopts a case study design and utilizes a descriptive research method. Data collection is carried out through an extensive literature review, interviews, documentary analysis, and observations. The collected data is subsequently analyzed in accordance with the 17 principles derived from the underlying 5 components of internal controls outlined in the COSO 2013 framework. The research findings indicate the identification of weaknesses across all components of the internal control system in the procurement of goods and services at the Ministry of HNY. This substantiates the contention that the existing internal control components have yet to effectively address the prevailing issues.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdian
"[Dalam pembangunan proyek EPC dimana memiliki tingkat risikonya cukup tinggi tidak terlepas dari keterlambatan waktu dan pembengkakan biaya proyek. Permasalahan yang terjadi pada PT.X dimana waktu proyek terlambat dan terjadi pembengkakan biaya. Oleh karena itu analisa berbasis risiko akan dilakukan pada proses pengadaan jasa, penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan strategi pengelolaan risiko yang baik sehingga kinerja waktu dan biaya pada proyek EPC dapat dioptimalkan. Hasil penelitian menunjukkan faktor risiko yang berpengaruh terhadap kinerja waktu dan biaya paket pekerjaan subkontraktor tidak jelas, data spesifikasi & teknikal yang berubah - ubah, kompleksitas pekerjaan pada proyek, waktu proses tender terlalu singkat sehingga penawaran harga bersifat masih kasar, waktu proses tender formulir isian terlalu banyak sehingga memakan waktu, Bentuk kontrak kurang menarik bagi subkontraktor, kesalahan dalam strategi dan perencanaan paket pengadaan yang tidak memperhitungkan analisis pasar, subkontraktor kurang memahami vendor yang harus di tuju untuk pengadaan material, subkontraktor tidak akurat dalam estimasi biaya proyek, tingginya penawaran harga subkontraktor yang jauh di atas OE. Kata Kunci : Pengadaan Jasa, Proyek EPC, Faktor Risiko, Subkontraktor, Kinerja Waktu Dan Biaya;In the EPC project development which has a fairly high degree of risk can not be separated from the delay time and cost overruns of the project.Problems that occur in PT.X which time the project is late and cost overruns occur. Therefore, the analysis will be performed on a risk-based procurement process, this research is expected to generate good risk management strategies so that the performance time and cost of the EPC project can be optimized. The results showed the risk factors that affect the performance of the time and cost subcontractor work packages is not clear, the data specifications and technical change oftenly, the complexity of the work on the project, the tendering process time is too short so the bidding prices are still rough, tender form is too much so it takes a lot of time, contract type less attractive to subcontractors, errors in strategy and planning procurement package that does not account for market analysis, the subcontractor vendors to be less understanding in the heading for the procurement of materials, subcontractors are not accurate in the project cost estimate , the high bid price that is far above subcontractor OE, In the EPC project development which has a fairly high degree of risk can not be separated from the delay time and cost overruns of the project.Problems that occur in PT.X which time the project is late and cost overruns occur. Therefore, the analysis will be performed on a risk-based procurement process, this research is expected to generate good risk management strategies so that the performance time and cost of the EPC project can be optimized. The results showed the risk factors that affect the performance of the time and cost subcontractor work packages is not clear, the data specifications and technical change oftenly, the complexity of the work on the project, the tendering process time is too short so the bidding prices are still rough, tender form is too much so it takes a lot of time, contract type less attractive to subcontractors, errors in strategy and planning procurement package that does not account for market analysis, the subcontractor vendors to be less understanding in the heading for the procurement of materials, subcontractors are not accurate in the project cost estimate , the high bid price that is far above subcontractor OE]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44745
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Brigita Triandita Putri
"ABSTRAK
Laporan ini disusun untuk membahas proses audit atas aset tetap PT CUKUP yang dilakukan oleh KAP AAJMS untuk periode yang berakhir pada 30 Juni 2015. Aset tetap merupakan aset yang memiliki nilai signifikan pada PT CUKUP sehingga pengelolaannya memiliki risiko yang besar. Proses audit dilakukan untuk meneliti kesesuaian perlakuan akuntansi atas aset tetap dengan peraturan dan standar yang berlaku di Indonesia. Laporan akan membahas proses audit dari tahap awal, yaitu perencanaan, hingga tahap penyelesaian, yaitu pelaporan dan pembuatan management letter. Laporan ini juga akan membahas temuan-temuan yang didapat serta rekomendasi atas temuan tersebut.

ABSTRACT
The report is prepared to explain KAP AAJMS? audit process of fixed assets of PT CUKUP for the period ended June 30 ix t 2015. Fixed assets have significant value at PT CUKUP so that the management of them has a big risk. Audit process is carried out to investigate the compatibility of accounting treatment of fixed assets and the standard that applies in Indonesia. Report will explain from the initial of audit process, the planning stage, until the completion, which is reporting and making of management letter. This report also explainsthe findings obtained and the recommendations of these findings.
"
2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dzaki Aulia
"Bank Indonesia memiliki fungsi dan tugas yang sangat penting yaitu untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai Rupiah. Dalam menjalankan fungsinya, Bank Indonesia perlu didukung dengan manajemen kelembagaan yang baik, salah satunya dalam hal pengadaan barang dan jasa. Peningkatan kinerja pengadaan perlu dilakukan secara berkesinambungan agar efisiensi dan efektivitas proses pengadaan semakin meningkat. Berdasarkan studi literatur, salah satu metode untuk meningkatkan kinerja pengadaan adalah dengan mengukur tingkat kematangan proses pengadaan agar dapat diketahui komponen pengadaan yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan strategi berdasarkan analisis gap terhadap kondisi eksisting kematangan proses pengadaan dengan menggunakan Procurement Maturity Model (Guth, 2010) untuk meningkatkan kinerja pengadaan di Bank Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dan survei yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden di Departemen Pengadaan Strategis Bank Indonesia. Selanjutnya dilakukan studi literatur untuk menyusun konsep strategi peningkatan yang akan dibahas secara mendalam melalui focus group discussion untuk menghasilkan strategi peningkatan tingkat kematangan proses pengadaan di Bank Indonesia. Strategi tersebut kemudian divalidasi sehingga dihasilkan rekomendasi strategi peningkatan tingkat kematangan pengadaan. Hasil dari penelitian ini adalah 21 strategi yang disarankan untuk diimplementasikan oleh Bank Indonesia untuk meningkatkan kinerja proses pengadaan barang dan jasa di Bank Indonesia.

Bank Indonesia has very important duties to achieve and maintain the stability of the Rupiah value. In carrying out its functions, Bank Indonesia needs to be supported by good institutional management, one of which is in the procurement. Procurement performance improvement needs to be done continuously hence the efficiency and effectiveness of the procurement will increase. Based on literatures, method to improve procurement performance is by measuring the procurement maturity level to identify which procurement components need to be improved. This research aims to produce improvement strategies based on a gap analysis of the existing procurement maturity level using the Procurement Maturity Model (Guth, 2010) to improve procurement performance at Bank Indonesia. This research uses literature studies and surveys by distributing questionnaires to respondents at the Strategic Procurement Department of Bank Indonesia. Subsequently, literature studies were conducted to formulate conceptual improvement strategies that would be discussed in focus group discussions to produce strategies. These strategies are then validated to produce recommendation in the form of strategies to increase the procurement maturity level. The results of this study are 21 strategies that are suggested to be implemented by Bank Indonesia to improve the performance of the procurement process at Bank Indonesia."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Varissa Artamevia Adawiya
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit yang diimplementasikan oleh KAP VW terhadap aset tetap PT CAT, yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam produksi listrik. Prosedur audit yang dilakukan mencakup prosedur substantif yaitu menyiapkan lead schedule, melakukan review analitis, memverifikasi informasi detail aset tetap dan pergerakannya untuk tahun berjalan, dan menghitung ulang penyusutan aset tetap. Dari hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa prosedur audit yang dilakukan oleh KAP VW atas akun aset tetap PT CAT sudah sesuai dengan standar audit yang berlaku serta konsep yang relevan.

This internship report aims to evaluate the audit procedures implemented by KAP VW on the fixed assets of PT CAT, which is a company engaged in electricity production. The audit procedures conducted include substantive procedures, namely preparing lead schedules, conducting analytical reviews, verifying detailed information on fixed assets and their movements for the current year, and recalculating the depreciation of fixed assets. The results of the evaluation concluded that the audit procedures carried out by KAP VW on PT CAT's fixed asset accounts are in accordance with applicable auditing standards and relevant concepts."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>