Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 28646 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kurniawan
"Pemilik bermaksud untuk meningkatkan kapasitas Crude Distillation Unit (CDU) yang ada. Tujuan proyek ini adalah untuk meningkatkan kapasitas sebesar 20%. Kapasitas CDU akan ditingkatkan dari 125 MBSD menjadi 150 MBSD dengan komposisi minyak mentah berat baru (maks. Sulfur 0,37% wt). Tujuan lain dari proyek ini adalah untuk memverifikasi dan merancang apakah peralatan dan sistem yang ada memadai untuk kapasitas baru dengan investasi minimum, biaya operasi dan periode penutupan minimum. Perubahan kapasitas produksi akan menyebabkan perubahan dinamika fluida yang mengalir pada jaringan pipa dan peralatan eksisting yang dapat mempengaruhi tekanan fluida. Perhitungan hidraulik diperlukan untuk memahami dampak kapasitas produksi terhadap perubahan tekanan melalui pipa. Modifikasi pada penyesuaian pressure drop control valve dapat memastikan bahwa tekanan fluida di tempat tujuan (battery limit / peralatan) dapat tercapai. Hasil menunjukkan bahwa pipa dan sistem memadai untuk kapasitas baru dan tekanan pada battery limit dapat mengikuti persyaratan pemilik.

Owner intends to upgrade the existing Crude Distillation Unit (CDU). The objective of project is to upgrade the capacity by 20%. The CDU capacity shall be increased from 125 MBSD to 150 MBSD with new heavy crude composition (max. sulphur 0.37%wt). Another objective of this project is to verify and design whether the existing equipment and systems are adequate for the new capacity with minimum investment, operating cost and minimum shutdown period. Changes in production capacity will lead to changes the dynamics of the fluid flowing in the existing pipelines and equipment which can affect fluid pressure. Hydraulic calculation is needed to understand impact of production capacity on pressure changes through the pipelines. Modification on pressure drop control valve adjustment can ensure that fluid pressure at the destination (battery limit / equipment) can be achieved. Result shown that pipelines and systems are adequate for the new capacity and pressure at battery limit can follow owner’s requirement"
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Minaco Rino
"Dalam rangka pemenuhan kebutuhan minyak dalam negeri dan potensi penurunan produksi Crude Duri & Minas sehingga memerlukan alternatif crude lain yang lebih ringan dan sour, maka diperlukan upgrading dan revamping kilang-kilang saat ini di PT XYZ salah satunya dengan peningkatan kapasitas dan fleksibilitas produksi kilang minyak PT XYZ melalui proyek revamping Crude Distillation Unit (CDU) di salah satu kilang PT XYZ. Dengan proyek revamping ini diharapkan adanya peningkatan kapasitas CDU dari 125 MBSD ke 150 MBSD, peningkatan kandungan sulphur mixed crude dari 0,2% Sulphur ke 0,37% Sulphur dan komposisi mixed crude yang lebih ringan dengan estimasi nilai proyek sebesar USD 67.873.382 selama total durasi proyek 20 tahun. Berdasarkan perhitungan nilai keekonomian, proyek ini sangat layak dengan nilai NPV (Net Present Value) sebesar USD 20 juta (positif), IRR (Internal Rate Return) sebesar 15,88%, PBP (Pay Back Period) sebesar 10,92 tahun dan PI (Profitability Index) sebesar 1,34. Berdasarkan keekonomian proyek diatas, IRR proyek revamping CDU di salah satu kilang PT XYZ memenuhi kriteria layak karena berada diatas Hurdle Rate (USD) Corporate RKAP 2020 sebesar 10,52% pada Bidang Kegiatan Kelompok Bisnis Hilir Oil Refining. Aspek K3L (Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan) telah diterapkan dalam praktik keinsinyuran dengan menganalisis bahaya serta mengambil tindakan untuk mengurangi dampak resiko dari bahaya tersebut. Diantara bahaya yang ada yaitu pada aspek Kesehatan, keselamatan, keamanan dan lingkung juga didukung pelaksanaan HSE Plan dalam menjalankan proyek. Penerapan kode etik, etika profesi dan profesionalisme juga telah menerapkan prinsip dasar (Catur Karsa) dan tuntutan sikap & perilaku (Sapta Dharma).

In order to meet domestic oil needs and the potential for a decrease in Crude Duri & Minas production so that it requires other crude alternatives that are lighter and sour, it is necessary to upgrade and revamp PT XYZ's existing refineries, one of which is by increasing the capacity and production flexibility of PT XYZ's oil refineries through Crude Distillation Unit (CDU) revamping project at one of PT XYZ's refineries. With this revamping project, it is expected that there will be an increase in CDU capacity from 125 MBSD to 150 MBSD, an increase in the sulfur content of mixed crude from 0.2% Sulfur to 0.37% Sulfur and a lighter mixed crude composition with an estimated project value of USD 67,873,382 over the the total duration of the project is 20 years. Based on the calculation of the economic value, the project is currently very feasible with an NPV (Net Present Value) of USD 20 million (positive), IRR (Investment Rate Return) of 15.88%, PBP (Pay Back Period) within 10.92 years and PI (Profitability Index) of 1.34. Based on the economics of the above projects, the IRR of the revamping CDU in one of refinery PT XYZ meets the eligibility criteria because it is above the 2020 Corporate RKAP (Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan) Hurdle Rate (USD) of 10.52% in the Downstream Oil Refining Business Group Activities Sector. HSE aspects have been applied in engineering practice by analyzing hazards and taking action to reduce the impact of risks from these hazards. Among the existing hazards, namely the aspects of health, safety, security and the environment, are also supported by the implementation of the HSE Plan in carrying out the project. The application of the code of ethics, professional ethics and professionalism has also implemented basic principles (Catur Karsa) and attitude & behavior demands (Sapta Dharma)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Nur Tsani Rizka
"Pada tahun 2015, Indonesia diproyeksikan mengalami defisit bahan bakar minyak sebesar 562.000 barrel/ hari. Untuk menutupi defisit tersebut diperlukan upaya luar biasa berupa pembangunan terminal transit bahan bakar minyak impor atau pembangunan kilang baru dan modifikasi kilang eksisting dengan kapasitas pengolahan sebesar minimal 300.000 barrel/ hari guna menjaga ketahanan energi nasional. Disain kilang yang ada harus dipasang dengan sistem pengendalian untuk menghindari gangguan pada proses yang berdampak pada keefektifan dan kestabilan operasi pabrik. Pada awalnya minyak bumi akan diproses pada bagian Crude Distillation Unit (CDU) untuk mendapatkan produk straight run. Unit ini sangat menentukan rate produk sehingga perlu diterapakan konfigurasi sistem pengendalian yang optimum. Jenis pengendali yang akan diterapkan pada penelitian ini adalah pengendali PI (Proportional - Integral) karena dapat menangani hampir setiap situasi pengendalian proses di dalam skala industri. Telah banyak rancangan kilang dengan model konfigurasi tertentu dan metode pengendali tertentu, misalnya kilang dengan dominasi produk bensin dengan pengendali PID dan kilang dengan dominasi produk kerosene dengan pengendali PI. Pengendalian proses kolom distilasi ini dilakukan dengan mensimulasikan secara dinamik pada perangkat lunak Aspen Hysys v.8. Penyetelan pengendali dilakukan untuk mendapatkan parameter kinerja alat kendali yang optimum yaitu dihitung berdasarkan metode Ziegler - Nichols, Lopez dan fine tunning. Sebagai hasilnya, pada pengendali laju alir diesel dan light naphta, pengendali tekanan pada reboiler, dan pengendali temperatur feed masukan kolom distilasi digunakan penyetelan Lopez. Sedangkan untuk pengendali laju alir AGO (atmospheric gas oil) dan level kondenser digunakan penyetelan fine tuning.

By 2015, Indonesia is projected in deficit of fuel oil by 562.000 barrels/ day. To cover that deficit, Indonesia requires a tremendous efforts such as the construction of a transit terminal which is imported fossil fuels or the construction of new refineries and modification of the existing refinery with a processing capacity of at least 300.000 barrels/ day in order to maintain national energy security. The design of the existing refinery has to be fitted with a control system to avoid interruptions that have an impact on the effectiveness and stability of plant operations. At first, crude oil will be processed at the Crude Distillation Unit (CDU) to obtain straight run products. This unit will determine the rate of product that needs to be applied an optimum configuration of system control. PI controller (Proportional - Integral) will be applied to the system control because it can handle almost any situation in process control in industrial scale. Have many designs refineries with a particular configuration model and specific control methods, such as a refinery with a petrol product dominance with a PID controllers and refineries with kerosene product dominance with a PI controller. The distillation column of process control is done by simulating the plant dynamically in Aspen Hysys v.8 software. Adjustments made to obtain the optimum performance parameters of control device that is calculated based on Ziegler - Nichols, Lopez and fine tunning methods. As a result, the diesel and light naphtha flowrate controllers, reboiler pressure controller, and input feeds temperature of a distillation column controller used Lopez adjustment. As for the AGO (atmospheric gas oil) flowrate controller and the level of conndenser controller used fine tuning adjustment."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58870
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Nur Tsani Rizka
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi sekarang masih sangat bergantung pada bahan bakar fosil
sebagai sumber energi pentingnya. Minyak mentah yang keluar dari perut bumi
memiliki kegunaan yang terbatas sehingga perlu diproses di kilang untuk merubah
minyak mentah menjadi beberapa produk seperti BBM, fuel oil untuk proses
pemanasan, diesel untuk kendaraan berat dan bitumen untuk aspal jalan.Pada tahun
2015, Indonesia mengalami defisit bahan bakar minyak sebesar 562.000 barrel/ hari
sehingga pemerintah harus melakukan impor. Untuk menutupi defisit tersebut
diperlukan upaya luar biasa berupa pembangunan kilang baru atau modifikasi
kilang eksiting. Pemerintah Indonesia bersama dengan UOP dalam proyek
graasroot refinery mencanangkan pembangunan kilang baru dengan feed sebesar
300.000 barrel/ hari dengan umpan dari Irak (basarh lighr crude) dan Arab Saudi
(arabian light crude). Wahid dan Rizka, 2015, telah melakukan disain crude
distillation unit serta sistem pengendaliannya dengan pengendali PI yang
menghasilkan laju produk straight run naphta sebesar 2050 ton/ hari. Pada
penelitian ini akan digagas hasil laju produk straight run naphta sebesar 8129 ton/
hari dengan model dari PT. X. Pengendali MPC akan dipertimbangkan untuk
digunakan mengenai objektif pengendalian kualitas produk dan pengendali PI
digunakan untuk menangani low performance dari pengendali MPC seperti pada
pengendali laju alir produk. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah disain
crude distillation dan sistem pengendaliannya dengan pemilihan jenis pengendali
yang tepat untuk menjaga laju alir produk straight run naphta sesuai spesifikasi yang
diinginkan. Pada penelitian ini dihasilkan produk straight run naphta sebesar 21.527
ton/ hari (55,58 %vol umpan) dengan menggunakan model desain CDU tipe prefraksinasi.
Semua pengendali dapat merespon dengan baik terhadap gangguan
kenaikan laju alir umpan hingga 100% lebih.

ABSTRACT
Technology development nowdays still depends on fossil fuel as its main source.
Crude oil from the earth has limited function so that it needs to be proceed on
refinery to get more useful product such as gasoline, fuel oil for heating process,
diesel for heavy vehicle and bitumen for road asphalt. By 2015, Indonesia is
projected on fossil fuel deficit by 562,000 barrel/ day that the Indonesia?s
government need to import it. To cover this deficit, Indonesia requires construction
of a new refinery or modification of the existing one. Indonesia?s government and
X company on grassroot refinery project arrange the construction of a new refinery
with 300,000 barrel/ day production capacity and the feed from iraq (basrah light
crude) and Saudi Arabia (arabian light crude). Wahid and Rizka, 2015, have
executed on the design of crude distillation unit (CDU) with its control system using
PI controller and the result of straight run naphta (SRN) product is 8,129 ton/ day
with the CDU?s model from X company. MPC Controller will be considered on
behalf of product quality control objective and PI controller will handle the low
performance of MPC controller like on product flow control. The expected result
from the research is CDU design and its control system with the right choice of
control method on each controller to preserve SRN product flow rate as same as the
desired spesification. On this research, the SRN product flow rate is 21,527 ton/ day
(55.58%vol of feed) by using CDU design with pre-fractionation type model. The
controllers did respond well on the disturbance rejection test with the increasing of
the feed flow rate up to 100%."
2016
T46299
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Aditia Eka Putra
"Penelitian ini membahas mengenai optimasi alokasi minyak mentah sebagai bahan baku utama untuk memenuhi kebutuhan kilang-kilang pengolahan pada sebuah perusahaan perminyakan. Variabel-variabel yang diperhitungkan dalam perhitungan antara lain kebutuhan masing-masing kilang, ketersediaan tiap jenis minyak mentah, kandungan sulfur maksimum yang dapat diterima kilang, kandungan SG yang harus dan dapat diterima kilang, serta total biaya harian dalam pengalokasian. Total biaya disini adalah total biaya pembelian minyak mentah dan pengangkutannya. Model perhitungan dibuat dengan menggunakan metode programa linear dan dihitung dengan menggunakan perangkat lunak lingo. Hasil penelitian menunujukkan bahwa biaya total pengadaan alokasi minyak mentah untuk permintaan ideal kilang adalah sebesar 70,702,800 USD per hari dengan alokasi minyak mentah sebanyak 900,700 barel.

This research focus on optimization of crude oil allocation as main raw material to fulfill the demand of refinery unit in an oil company. Variables that considered in the optimization model are demand of each mill refinery, crude oil availability, maximum total sulfur in each mill refinery, minimum and maximum of total SG in each mill refinery, and total daily cost of allocation. The total daily cost itself is calculated based on the estimation of crude oil price and the freight cost of purchasing crude oil. The optimization model is made using linear programming method and calculated using lingo software programming. The result of this research shows that the daily total cost of crude oil allocation for ideal mill refinery demand is 70,702,800 USD with 900,700 barel of crude oil allocation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52057
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ardhana Atmayudha
"Kegiatan logistik minyak mentah merupakan salah satu bagian penting dalam industri pengilangan minyak. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk menghadapi tantangan global dalam industi pengilangan minyak adalah dengan melakukan optimisasi terhadap biaya logistik minyak mentah dari lapangan minyak ke kilang. Kegiatan logistik minyak mentah yang sebagian besar dilakukan dengan menggunakan kapal tanker merupakan salah satu penyumbang emisi gas rumah kaca (GRK). Berdasarkan hasil studi IMO tahun 2014, emisi GRK hasil dari kegiatan logistik diprediksi akan terus naik secara signifikan sampai tahun 2050 sehingga perlu dikendalikan dengan strategi perencanaan logistik yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan optimisasi muti tujuan dengan meminimalkan biaya dan emisi GRK pada kegiatan logistik minyak mentah dari lapangan minyak ke kilang dengan mempertimbangkan multi depot, multi product, dan heterogeneous fleet. Penelitian ini mengambil studi kasus untuk logistik minyak mentah ke kilang RU-X dengan skenario menggunakan kapal tanker konvensional dan kapal tanker berteknologi baru yang berbahan bakar LNG. Optimisasi multi tujuan dilakukan dengan permodelan matematika dan pemrograman linear pada piranti lunak AIMMS dan solver CPLEX. Hasil optimisasi multi tujuan dengan menggunakan kapal tanker konvensional menunjukkan bahwa sebagai akibat dari perubahan rute dan lapangan minyak terpilih, emisi GRK turun sebesar 11% yang disertai dengan penambahan biaya logistik minyak mentah sebesar 0,47%. Penggunaan kapal tanker berteknologi baru dengan bahan bakar LNG dapat menurunkan emisi GRK sebesar 22% dengan penambahan biaya sebesar 0,42%. Hasil optimisasi juga menunjukkan bahwa perubahan biaya logistik lebih didorong oleh biaya pembelian minyak mentah dari lapangan minyak terpilih yang memiliki porsi 99% terhadap total biaya logistik.

Crude oil logistics activity is an important part of the oil refining industry. One strategy that can be taken to face global challenges in the oil refining industry is to optimize the logistics costs of crude oil from oil fields to refineries. Crude oil logistics activities, which are mostly carried out using tankers, are one of the contributors to greenhouse gas (GHG) emissions. Based on the results of the IMO study in 2014, GHG emissions from logistics activity are predicted to continue to increase significantly until 2050 so it needs to be controlled with an appropriate logistical planning strategy. This research aims to perform multi-objective optimization by minimizing cost and GHG emissions in the crude oil logistics activity from oil fields to refinery by considering multi-depot, multi-product, and heterogeneous fleet. A case study for crude oil logistics from certain oil fields to RU-X refinery is considered under the scenario of using conventional oil tankers and new technology oil tankers that are fueled by LNG. Multi-objective optimization is performed with mathematical modeling and linear programming on AIMMS software and CPLEX solver. The result of the multi-objective optimization shows that by using conventional tankers, GHG emissions decreased by 11% accompanied by additional logistical costs of crude oil by 0.47% because of changes in selected routes and oil fields. The use of new technology tankers with LNG fuel can reduce GHG emissions by 22% with an additional cost of 0.42%. Optimization result also show that the logistics costs are driven more by the cost of crude oil purchasing from selected oil fields, which account for 99% of the total logistics costs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Darmawan Saputra
"ABSTRAK
Proses Konversi lsquo;Very Large Crude Carrier rsquo; Tanker menjadi lsquo;Floating Storage Offloading rsquo; FSO merupakan satu acuan pilihan sebagai sarana eksplorasi dalam industri Minyak dan Gas Bumi. Pada pelaksanaan proses konversi proyek ini teridentifikasi beberapa tahapan yang memiliki resiko dan mempengaruhi kinerja proyek secara keseluruhan,berdasarkan pada temuan kondisi tersebut penulis melakukan penelitian melalui suatu evaluasi proses konversi proyek dengan berbasis risiko.Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder baik dari kuesioner maupun arsip dokumen yang dianalisa menggunakan qualitative risk analysis untuk mendapatkan level risiko dari faktor risiko yang berasal dari setiap kegiatan pelaksanaan proses konversi proyek FSO dimana ditemukan bahwa Pengadaan Long Lead Item, Prakualifikasi EPCI Kontraktor dan Studi kelayakan enjiniring permulaan merupakan risiko dominannya. Selanjutnya dilakukan evaluasi dan diketahui bahwa mitigasi risiko merupakan respon prefentive yang tepat. Sementara, tindakan korektif yang tepat adalah melakukan pembagian paket pengadaan , merevisi syarat prakualifikasi dan melibatkan pakar enjiniring. Sayangnya respon risiko tersebut masih belum berjalan optimal bahkan terdapat respon yang belum diterapkan untuk itu dilakukanlah beberapa improvisasi dalam pengembangan sistem konversi.

ABSTRACT
The 39 Very Large Crude Carrier 39 Tanker Converting Process to 39 Floating Storage Offloading 39 FSO is a reference choice as a means of exploration in the Oil and Gas industry. In the implementation of this project conversion process identified several stages that have risks and affect the overall performance of the project, based on the findings of these conditions the authors conduct research through an evaluation of project conversion process with risk based methode. This research using primary and secondary data from both the questionnaire and archive documents and analyzed using qualitative risk analysis to obtain the risk level of risk factors derived from each activity of FSO project conversion process where it was found that the Procurement of Long Lead Item, Prequalification of EPCI Contractor and Feasibility Study of Engineering is most dominant risk factor. Further evaluations are made and it is known that risk mitigation is an appropriate prefentive response. Meanwhile, appropriate corrective action is to procure procurement packages, revise the prequalification requirements and involve engineering experts. Unfortunately the risk response is still not running optimally even there is a response that has not been applied for that done some improvisation in the development of FSO conversion system."
2017
T48733
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Oktaviandri
"ABSTRAK
Dalam mendisain sebuah peralatan kilang, proses pemilihan material dinilai baik apabila dalam pemakaiannya material tersebut paling tidak mempunyai umur sama dengan umur disain. Untuk mencapai hal itu maka semua kriteria yang disyaratkan bagi kandidat material harus dibuat selengkap mungkin.
Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah tersedianya sistem informasi material itu sendiri. Dengan adanya sistem informasi material yang lengkap, konsisten dan beraku umum, maka hasil proses pengambilan keputusan itu akan menjadi sangat memuaskan dan dapat dipertanggungjawabkan secara teknis.
Dengan memanfatkan teknologi komputer, dilakukan perancangan piranti lunak sistem pemilihan material dengan pendekatan sistem pakar yang didukung oleh sistem informasi pangkalan data untuk mempermudah proses pemilihan material yang; sesuai dengan kriteria disain, dapat dipertanggungjawabkan dari segi teknis, mengurangi ketergantungan kelompok rekayasa terhadap sumber pengetahuan, serta dapat menyimpan informasi data material yang mutakhir, lengkap, konsisten dan berlaku umum, sehingga waktu penelusuran informasi dapat dipersingkat.
ABSTRACT
In designing a refinery equipment, process of selecting material is good if the lift of using the material is at least the same as design Life. To get it, all of the criteria that is conditioned for considerate of material must be made as complete as possible.
Something else that is important enough is the material Information system itself. With a complete, consistent and generally implemented the result of decision-making process will be very satisfying and can be responsible technically.
By using computer technology, software of material selection system is made with expert system approach that is backed up by database information system to make the process of selecting material easy that is; fit with design criteria; can be responsible technically; decreasing dependence of engineer to source of knowledge; can store up to date, complete, consistent and generally implemented data of material, so that time of seeking information can be shortered.
"
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ewin Abadi
"PT. X berperan untuk distribusi BBM ke Kalimantan dan Sulawesi. Unit ini menjadi salah satu roda perekonomian Indonesia dengan kapasitas 260 MBSD (metric barrels per stream day). Hal ini setara dengan 25% kapasitas intake nasional bahan bakar minyak (BBM) nasional per akhir 2017. Objek penelitian ini ditekankan pada studi di salah satu Kilang minyak terbesar di Indonesia, dengan data tahun 2018 dan 2019. Saat ini Publikasi LCA untuk Emisi di PT. Kilang Balikpapan belum pernah dipublikasi/ditemukan. Kebaruan dalam penelitian ini adalah membuat basis data (database) emisi per produk berharga dari setiap Unit seperti Crude Distillation Unit (CDU), HydroCracking Unit (HCU), Hydro Vacuum Unit (HVU), Naphta Hydrotreating Unit (NHT) dan Platforming Unit di Indonesia dengan memperhatikan dua variabel yaitu Global Warming Potential dan Acidification Potential, selain itu akan dilakukan perbandingan emisi dari tahun 2018 dan 2019 agar dari penelitian ini dapat diketahui kondisi Unit di PT. X dan juga dilakukan perbandingan dari nilai LCIA (Life Cycle Impact Assesment) dan beberapa parameter lingkungan. Dari hasil penelitian ini dUnit CDU-IV mengeluarkan Emisi CO2 yang paling besar pada tahun 2019 sebesar 314.077.190,17 Kg.CO2.eq/Unit dan Unit NHT mengeluarkan Emisi SOx yang paling besar di tahun 2018 dan 2019 sebesar 91.852,48 Kg.SO2.eq/Unit. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa nilai emisi semua unit di PT. X tidak melebihi Nilai Ambang Batas Parameter Lingkungan yang dijadikan acuan penelitian ini.

PT. X plays a role in the distribution of fuel to Kalimantan and Sulawesi. the company is one of the wheels of the Indonesian economy with a capacity of 260 MBSD (metric barrels per stream day). This is equivalent to 25% of the national intake of national fuel oil (BBM) as of the end of 2017. The object of this research focused on the study in one of the largest Oil refinery in Indonesia, with the data in 2018 and 2019. Presently Publications about LCA Emission PT Balikpapan refinery has not been published/found. The novelty in this research is to create a database of emissions per valuable product from each Unit such as the Crude Distillation Unit (CDU), HydroCracking Unit (HCU), Hydro Vacuum Unit (HVU), Naphta Hydrotreating Unit (NHT) and Platforming Unit in Indonesia with two variables: Global Warming Potential and Potential Acidification, and the, in this research will do a comparison of emissions from 2018 and 2019 to find the condition of the Unit at PT. X and also carried out a comparison of the value of the LCIA with some environmental parameters. From the results of this study the CDU-IV Unit issued the largest CO2 emissions in 2019 amounting to 314,077,190.17 Kg.CO2.eq/Unit and the NHT Unit issued the largest SOx Emissions in 2018 and 2019 amounting to 91,852.48 kg. SO2.eq/Unit. The results of this study also indicate that the emission value of all units in PT X does not exceed the Threshold Value of Environmental Parameters used as a reference for this study."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bahrain Munir
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko pipa bawah laut milik PT. AZ yang terdampak proyek reklamasi kilang PT. XY berlokasi di perairan Jawa Barat. Menggunakan penilaian risiko proteksi pipa bawah laut DNVGL-RP-F107, penelitian memperhatikan Skenario Bahaya Besar yang teridentifikasi, yaitu: kejatuhan jangkar (dropped anchor) dan pengerukan tanah (soil excavation). Objek penelitian difokuskan pada pipa bawah laut berdiameter 12” dari GG A ke OPF (Onshore Processing Facilities) dalam kondisi terkubur dengan tingkat kedalaman 2 meter dari KP 24,6 ke KP 34,713 dekat area Reklamasi kilang seluas 280 Ha. Penelitian menggunakan data sekunder yang melingkupi karakteristik dan properti pipa bawah laut, karakteristik kapal serta jangkar yang melintas, dan aktivitas pengerukan tanah. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif analitik yang mengutamakan indepth-analysis. Hasil penelitian menunjukkan konsekuensi dropped anchor mendapat level kerusakan pipa D1, yang artinya tidak diperlukan tambahan safeguard untuk menurunkan residual risk. Untuk penilaian risiko soil excavation nilai initial risk yang dihasilkan adalah 9 (medium) dengan tingkat kerusakan D3 sehingga direkomendasikan safeguard tambahan untuk menurunkan residual risk menjadi Tolerable (ALARP). Beberapa saran ditambahkan untuk menjamin keselamatan operasi pasca proyek.

This study aims to analyze the risk on subsea pipeline of PT. AZ affected by the PT. XY refinery reclamation project located on West Java Coastal. Using the DNVGL-RP-F107 subsea pipeline protection risk assessment, the study pays attention to the identified Major Accident Event, i.e., dropped anchor and soil excavation. The object of this research is focused on the 12” diameter subsea pipeline from GG A to OPF (Onshore Processing Facilities) with 2 meters burial depth from KP 24.6 to KP 34,713 near the 280 Ha refinery vii Universitas Indonesia reclamation area. This study uses secondary data covering the characteristics and properties of the subsea pipeline, the passage ships/tugboat and deployed anchors, and the soil excavation activity. The approach used is quantitative descriptive analytic which prioritizes in-depth analysis. The results shows that the consequence of dropped anchor is with pipe damage level of D1 which means that no additional safeguard is needed to further reduce the residual risk. On soil excavation risk assessment, the initial risk value generated is 9 (medium) with pipe damage level of D3, therefore some additional safeguards recommended so that the residual risk becoming Tolerable (ALARP). Some additional advises are provided to ensure post-project operational safety."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>