Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 176203 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jeffry Andreas
"Hubungan antara pengeluaran untuk pemasaran dengan performa keuangan perusahaan masih belum jelas. Salah satu alasannya adalah karena peneliti memakai proksi yang kurang tepat seperti beban penjualan, umum dan administrasi yang mengikutkan beban selain pemasaran dan beban iklan yang belum mencakup semua kegiatan pemasaran. Penelitian ini menganalisis hubungan beban pemasaran dengan proksi Marketing Intensity, perbandingan antara beban pemasaran dengan total aset perusahaan, dengan profitabilitas perusahaan ritel di Indonesia dari tahun 2010 sampai 2019. Penelitian ini menggunakan metode estimasi GMM dan regresi efek tetap. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Marketing Intensity mempengaruhi performa keuangan secara positif.

The relationship between marketing spending and financial performance is unclear. One of the reason is because researchers used proxies such as sales, general and administrative expense which includes expenses other than marketing and advertising expense that does not cover all marketing activities. This study analyzes the relationship between marketing expenditure proxy named Marketing Intensity which is comparison between marketing expenses and company’s total assets, and the profitability of retail companies in Indonesia from 2010 to 2019. This study uses the GMM estimation method and fixed effects regression. The results of this study reveal that Marketing Intensity affects financial performance positively.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ardhika Zulu
"Penelitian ini meneliti hubungan antara karakteristik CEO, intensitas inovasi dan profitabilitas perusahaan. Sampel yang digunakan adalah 82 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Enam hipotesis penelitian dikembangkan dan diuji menggunakan model regresi berganda. Hasil hipotesis pengujian menunjukkan bahwa kepemilikan saham CEO berhubungan positif terhadap intensitas inovasi. Sedangkan karakteristik CEO yang lain yaitu umur CEO, jenjang pendidikan CEO, CEO dari keluarga pemilik perusahaan, dan masa jabatan CEO tidak berhubungan dengan intensitas inovasi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa intensitas inovasi berpengaruh positif terhadap profitabilitas perusahaan.

This study investigates the relationship between CEO characteristics, innovation intensity and firm profitability. The sample used is from 82 manufacture firms that listed in Indonesia Stock Exchange (IDX). Six research hypotheses are developed and tested using a multiple regression model. The hypothesis testing results shows that CEO ownership has positive relationship with innovation intensity. While other CEO characteristics like CEO age, CEO education level, CEO from family of the firm’s owner, and CEO tenure has no relationship with innovation intensity. The results of this study also showed that innovation intensity has a positive effect on firm profitability."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54393
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gentiga Muhammad Zairin
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris yang membuktikan apakah terdapat pengaruh positif yang diberikan tingkat manajemen laba terhadap Causal Reasoning Intensity (CRI) direksi atas kinerja perusahaan publik di Indonesia. Kekhawatiran investor terhadap tingginya tingkat manajemen laba diprediksi akan menimbulkan masalah akuntabilitas sehingga manajemen memberikan lebih banyak alasan-alasan logis (causal reasoning) untuk memitigasi kekhawatiran investor tersebut. Tingkat manajemen laba diukur menggunakan model Kothari et al. (2005). CRI diukur dengan metode analisis konten terhadap setiap Analisis dan Pembahasan Manajemen tentang kinerja pada Laporan Tahunan perusahaan. Penelitian ini menemukan bahwa tingkat manajemen laba berpengaruh positif terhadap CRI direksi atas kinerja perusahaan.
ABSTRACT
This research aims to give empirical evidence to prove whether earnings management is positively associated with Management’s Causal Reasoning Intensity (CRI) on performance in Indonesian public companies. Earnings management concerns are argued to constitute accountability predicament bringing management to offer more causal reasoning to mitigate the investors’ concerns. Kothari et al. (2005) model is used to calculate discretionary accruals to measure earnings management. CRI is measured using content analysis method to each Management’s Discussion and Analysis (MD&A) related to performance in companies’ annual report. The result shows that accruals earnings management is positively associated with management’s CRI on performance."
2014
S60627
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Yani Rossa Safira
"Penggunaan sosial media telah mengalami kenaikan yang signifikan dari seluruh negara terutama Indonesia. Sosial media telah menjadi sebagai jembatan setiap pengguna melakukan aktivitasnya dalam dunia maya. Bahkan sosial media telah dimanfaatkan penggunanya mulai dari perusahaan, pemerintahan serta lainnya untuk memasarkan bisnis yang dijalankan. Fenomena ini akhirnya memunculkan adanya pengaruh Sosial Media Marketing Activities dalam meningkatkan Brand Equity. Terlihat dari beberapa perusahaan seperti perusahaan retail Indonesia yang memanfaatkan Social Media Marketing Activities untuk memasarkan produknya pada kalangan generasi Z dan Milenial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Equity yang dimediasi oleh Brand Love and Brand Trust pada perusahaan retail Indonesia di kalangan generasi Z dan Millenial. Penelitian ini dilakukan menggunakan sampel 300 data responden yang didapatkan dari penyebaran kuesioner secara online dengan spesifikasi karakteristik harus mengikuti salah satu media sosial perusahaan retail Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing Activities tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap Brand Equity. Begitu juga, Brand Love tidak berpengaruh signifikan terhadap Brand Equity. Sedangkan, Brand Trust berpengaruh positif signifikan terhadap Brand Equity.  Penelitian ini dapat membantu perusahaan retail Indonesia aspek-aspek apa saja yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan pemanfaatan Social Media Marketing Activities secara tepat di kalangan generasi Z dan Millenial.

The use of social media has experienced a significant increase from all countries, especially Indonesia. Social media has become a bridge for every user to carry out their activities in cyberspace. Even social media has been used by its users, ranging from companies, governments and others to market the business they run. This phenomenon finally gave rise to the influence of Social Media Marketing Activities in increasing Brand Equity. It can be seen from several companies such as Indonesian retail companies that utilize Social Media Marketing Activities to market their products to Generation Z and Millennials. This study aims to analyze the influence of Social Media Marketing on Brand Equity mediated by Brand Love and Brand Trust in Indonesian retail companies among Generation Z and Millennials. This research was conducted using a sample of 300 respondent data obtained from distributing questionnaires online with the specification of the characteristics of having to follow one of the Indonesian retail company's social media. The results of the study show that Social Media Marketing Activities have no significant positive effect on Brand Equity. Likewise, Brand Love does not have a significant positive effect on Brand Equity. Meanwhile, Brand Trust has a significant positive effect on Brand Equity. This research can help Indonesian retail companies in what aspects need attention in increasing the proper utilization of Social Media Marketing Activities among Generation Z and Millennials."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Putra Aryanto
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan EBITDA terhadap intensitas investasi di perusahaan-perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan bagaimana tingkat growth opportunity perusahaan mempengaruhi hubungan EBITDA terhadap intensitas investasi. Penelitian menggunakan sampel perusahaan-perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2007-2011. Hasil penelitian menunjukkan nilai EBITDA perusahaan berubungan positif signifikan terhadap intensitas investasi perusahaan di periode berikutnya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perusahaan dengan tingkat growth opportunity yang tinggi memiliki pengaruh EBITDA yang lebih besar terhadap intensitas investasi perusahaan.
This research is aimed to identify the relationship between EBITDA and investment intensity on companies listed in Indonesia Stock Exchange and how the growth opportunity level affects the relationship between EBITDA and investment intensity. This research uses non-financial companies listed in Indonesia Stock Exchange from 2007 to 2011 as research samples. The result shows the value of EBITDA has significant positive association with the investment intensity in the next period. This result also shows that companies with high level of growth opportunity have greater EBITDA influence on the investment intensity of the companies."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S47082
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sausan Nurnadya
"Perkembangan industri fashion mampu berkontribusi sekitar Rp166 triliun, atau setara dengan 18,15% terhadap PDB industri kreatif dan berada pada posisi kedua sebagai penyumbang terbesar. Apabila ditelaah lebih lanjut, dalam hal fashion muslim, Indonesia merupakan negara dengan konsumen busana muslim terbesar ketiga setelah Turki dan Uni Emirat Arab. Konsumsi fashion muslim di Indonesia berada di angka 21 miliar US dengan laju pertumbuhan sebesar 18,2% per tahunnya. Adanya karakteristik khusus pada fashion muslim, terutama seperti momentum keagamaan di bulan Ramadhan, juga turut berkontribusi dalam meningkatkan konsumsi fashion muslim di Indonesia. Selama pandemi, terjadi percepatan pertumbuhan e-commerce di Indonesia sebesar 91% dibanding tahun sebelumnya yang hanya 54%. Pandemi COVID-19 membuat 17,5% konsumen beralih ke platform belanja online dan mengurangi kebiasaan berbelanja offline. Perubahan perilaku konsumen memaksa perusahaan untuk dengan cepat menggeser saluran pemasarannya. Ketika saluran baru seperti internet meningkat dan ditawarkan kepada konsumen, pengalaman konsumen menjadi lebih digital dan menghasilkan peningkatan jumlah dan kompleksitas konsumen. Melihat adanya fenomena ini, penelitian difokuskan untuk menganalisis efektivitas saluran pemasaran dalam meningkatkan jumlah konsumen ritel fashion muslim. Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan untuk dapat memaksimalkan saluran pemasarannya.

The development of the fashion industry can contribute around Rp. 166 trillion, or equivalent to 18.15% of the GDP of the creative industry, Moreover, it is in the second position as the largest contributor of GDP. In terms of Muslim fashion, Indonesia is the country with the third largest consumer of Muslim clothing after Turkey and the United Arab Emirates. Consumption of Muslim fashion in Indonesia is at US 21 billion with a growth rate of 18.2% per year. The existence of special characteristics in Muslim fashion, especially such as the religious momentum in the month of Ramadan, also contributes to increasing the consumption of Muslim fashion in Indonesia. During the pandemic, there was an acceleration of e-commerce growth in Indonesia by 91% compared to the previous year which was only 54%. The COVID-19 pandemic has made 17.5% of consumers switch to online shopping platforms and reduce their offline shopping habits. Changes in consumer behavior are forcing companies to quickly shift their marketing channels. As new channels such as the internet are offered to customers, the customer experience becomes more digital and results in an increase in the number and complexity of customers. Seeing this phenomenon, the research is focused on analyzing the effectiveness of marketing channels in increasing the number of Muslim fashion retail consumers. The results of this study are strategies that can be applied by companies to maximize their marketing channels.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raihana Rifkin Tsania
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, ukuran, dan intensitas R D perusahaan terhadap intensitas inovasi perusahaan. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2015, dengan jumlah total sampel 13 perusahaan. Uji model dilakukan dengan menggunakan model regresi berganda. Penelitian ini membuktikan bahwa tidak ada pengaruh antara profitabilitas, pertumbuhan, dan intensitas R D perusahaan terhadap intensitas inovasi perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya ukuran perusahaan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap intensitas inovasi perusahaan. Pengaruh pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas perusahaan terhadap intensitas inovasi perusahaan dapat berbeda-beda dari satu perusahaan dengan perusahaan lain, tergantung pada lingkungan teknologi perusahaan.

The main purpose of this research is to analyze the influence of firm profitability, firm growth, firm size, and the intensity of firm's R D on the intensity of firm's innovation. The samples used are manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange period 2010 2015, with a total sample of 13 companies. Model test is done by using multiple regression model. This study proves that there is no influence between the profitability, growth, and intensity of firm's R D on the intensity of firm's innovation in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange period 2010 2015. The results showed that only the size of the company that has a significant influence on the intensity of firm's innovation. The influence of firm growth and firm profitability on the intensity of firm's innovation may vary from one company to another, depending on the company 39 s technological environment."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Ali Hakim
"Penelitian ini meneliti dampak akuisisi asing terhadap perusahaan domestik yang menjadi target akuisisi, dengan fokus terhadap preferensi perusahaan asing dan pengaruh intensitas akuisisi asing dalam mempengaruhi besar dampak akuisisi asing, yang dibagi menjadi sebagian dan sepenuhnya. Penelitian ini menemukan bahwa akuisisi asing di Indonesia menunjukkan perilaku Strategic Market Entry, yaitu memilih perusahaan domestik yang merupakan winners. Juga ditemukan bukti bahwa akuisisi asing sebagian maupun sepenuhnya berdampak positif terhadap output, tingkat upah, dan jumlah tenaga kerja, namun akuisisi sebagian berpengaruh lebih besar dan positif daripada akuisisi sepenuhnya.

This study examines the impact of foreign acquisitions on domestic companies that are the target of acquisition, and also focusing on the preferences of foreign companies and the impact of the intensity of foreign acquisitions, which are divided into partial and full acquisition. This study finds that foreign acquisitions in Indonesia shows Strategic Market Entry behavior, namely choosing domestic companies that are winners. There is also evidence that foreign acquisitions, both partially or fully, have a positive impact on output, wage levels, and the number of workers, but partial acquisitions have a larger and more positive effect than full acquisitions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riris Boutilda
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal sebagai keputusan pendanaan terhadap profitabilitas perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2009-2013. Adapun variabelvariabel yang digunakan adalah LDA (Long-term debt to total assets) , DA (Total debt to total assets), SIZE, dan SG (Sales growth) sebagai variabel bebas dan ROE (Return on Equity) sebagai variabel terikat. Data penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Indonesia Capital Market Directory (ICMD) tahun 2009-2013. Model penelitian ini menggunakan metode fixed effect.
Hasil pengujian model data panel ini menunjukkan bahwa DA dan SG memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap nilai ROE, sedangkan LDA dan SIZE memiliki pengaruh signifikan yang negatif terhadap nilai ROE.
This study aimed to analyze the effects of capital structure as financing decisions on profitability of manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange periods 2009-2013. The variables used for the analysis are LDA (Long-term debt to total assets), DA (total debt to total assets), SIZE, and SG (sales growth) as the independent variable and ROE (Return on Equity) as the dependent variable. The research data used in this study were secondary data obtained from the company's financial statements published by the Indonesia Stock Exchange (IDX) and the Indonesian Capital Market Directory (ICMD) in 2009-2013. This research model using fixed effect method.
The results of the panel data model testing shows that the DA and SG has a significant positive effect on the value of ROE, while LDA and SIZE has a significant negative effect on the value of ROE.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57277
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shalva Fadhilla
"Penelitian ini ditujukan untuk menetapkan korelasi empiris antara kebijakan modal kerja dan kinerja keuangan perusahaan (seperti profitabilitas dan nilai pasar) dari perusahaan Crude Palm Oil (CPO) yang terdaftar di Indonesia. Data laporan keuangan yang diterbitkan dari perusahaan Crude Palm Oil yang terdaftar selama lima tahun mulai dari tahun 2017 hingga 2021, dikumpulkan dari situs web perusahaan dan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan disusun menjadi sebuah panel data yang sesuai. Hasil dari uji Hausman menyimpulkan bahwa random effect model (REM) dari panel Ordinary Least Square (OLS) adalah estimasi yang paling tepat dan dengan demikian digunakan sebagai spesifikasi model yang paling sesuai menggunakan STATA. Studi ini menunjukkan bahwa CPO di Indonesia menggunakan kebijakan investasi modal kerja agresif dan kebijakan pembiayaan modal kerja agresif. Penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan investasi modal kerja memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap profitabilitas dan pengaruh negatif yang tidak signifikan terhadap nilai pasar. Sedangkan, kebijakan pembiayaan modal kerja memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap profitabilitas namun berpengaruh positif yang tidak signifikan terhadap nilai pasar.

This study aims to establish the empirical correlation between working capital policies and the company's financial
performance (such as profitability and market value) of registered Crude Palm Oil (CPO) companies in Indonesia.
Published financial report data of Crude Palm Oil companies listed for five years from 2017 to 2021, collected from
company websites and the Indonesia Stock Exchange (IDX) and compiled into an appropriate data panel. The results of the Hausman test conclude that the random effect model (REM) from the Ordinary Least Square (OLS) panel is the most appropriate estimate and thus used as the most suitable model specification using STATA. This study shows that CPO in Indonesia uses an aggressive working capital investment policy and an aggressive working capital financing policy. This study shows that employment investment policy has a significant negative effect on profitability and an insignificant negative effect on market value. While the working capital financing policy has a significant negative effect on profitability but an insignificant positive effect on market value.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>