Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 125370 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Annisa Puspa Dewi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran internal audit dalam pelaksanaan audit keselamatan bandar udara studi kasus pada PT Angkasa Pura II (Persero). Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu dengan membandingkan antara konsep, teori, dan standar dengan implementasi audit keselamatan. Penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan terhadap literatur yang mendukung, wawancara langsung pada unit perusahaan, serta pengamatan langsung atas dokumen pendukung. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa peran internal audit terhadap pelaksanaan audit keselamatan terlihat dari pelaksanaan audit atas risiko keselamatan yang bernilai tinggi, namun terdapat beberapa yang perlu disempurnakan. Adanya unit lain dalam organisasi bernama Airport Safety yang melakukan audit keselamatan selain internal audit, mengakibatkan pelaksanaan audit keselamatan menjadi kurang efektif dan efisien. Hasil penelitian menyarankan internal audit melakukan koordinasi dengan unit Airport Safety agar audit keselamatan lebih efektif dan efisien

study at PT Angkasa Pura II (Persero). This research used descriptive analysis method, by comparing the concepts, theories, and standards with the implementation of a safety audit. This research was conducted by collecting data through literature study of the supporting literature, direct interviews with company units associated with this research, This conclusion of this research, that the role of internal audit on the implementation of safety audits seen from safety audit conducted by a high safety risks, but there are still need an improvement. The existence of other units in the organization named Airport Safety who conduct safety audits in addition to internal audit, lead to the implementation of safety audits to be less effective and efficient. The researcher suggests internal audit units need to coordinate with the Airport Safety that safety audits are more effective and efficient"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renaldi Purnayudha
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan unit SPI pada Universitas X atas sistem informasi dalam mendokumentasikan kertas kerja audit dan mendesain rancangan dokumentasi kertas kerja audit secara elektronik yang terintegrasi dalam satu aplikasi database. Kertas kerja audit elektronik dirancang dengan model Framework For The Aplication of System Thinking (FAST).
Dokumentasi kertas kerja audit dilakukan untuk mengumpulkan dokumen-dokumen selama melakukan kegiatan audit yang berasal dari sumber manapun dan memiliki hubungan dengan lingkup audit. Kegiatan audit dimulai dari perencanaan, survei pendahuluan, evaluasi pengendalian manajemen, pengujian substantif, pelaporan dan tindak lanjut hasil audit.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan single case study. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang didapatkan. Implikasi Penelitian ini adalah memfasilitasi unit SPI agar pendokumentasian kertas kerja audit dilakukan secara elektronik dan terintegrasi sehingga dokumen kertas kerja audit tersebut lengkap dan terintegrasi.

The study aims to analyze the needs of the SPI unit at the X University for information systems in documenting the audit work papers and designing the electronic audit paperwork documentation that is integrated in one database application. Electronic audit paperwork designed with Framework For The Application Of System Thinking (FAST) model.
Documentation of audit work papers is undertaken to collect documents during audit activities originating from any source and related to the scope of the audit. Audit activities start from planning, preliminary survey, evaluation of management control, substantive testing, reporting and follow up of audit result.
The research method used is qualitative method with single case study approach. Methods of data collection were acquired by observation, interview and documentation obtained. The Implications of this research is to facilitate the SPI unit to document audit paperwork electronically and integrated so that the audit paperwork document is complete and integrated.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasmin Julianti
"Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan rancangan program review berbasis risiko atas pemeriksaan laporan keuangan pemerintah oleh Tim BPK RI dan KAP untuk Inspektorat Utama BPK-RI Itama . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Itama belum menggunakan pendekatan berbasis risiko dalam perencanaan penugasan. Dengan demikian, Peneliti mengusulkan rancangan program review berbasis risiko. Penelitian ini memfasilitasi penilaian risiko terkait pemeriksaan laporan keuangan pemerintah oleh Tim BPK RI dan KAP dengan melibatkan para Pemeriksa BPK selaku pemilik risiko. Hasil penilaian risiko menjadi dasar penentuan tujuan, ruang lingkup, kriteria, dan prosedur pengujian. Penelitian ini menghasilkan program review berbasis risiko di tengah keterbatasan sumber daya yang dimiliki Itama.

This research aims to propose a design of review program on audit of government's financial statement conducted by Supreme Audit Board and Public Accountant for The Comptroller of Supreme Audit Board. This is a qualitative research with descriptive analysis. The result shows that in preparing the engagement plan, The Comptroller has not used a risk based approach. Therefore, we proposed a risk based approach in designing the review program. We facilitated to arrange risk assessment and used it to determine the audit objective, audit scope, audit criteria, and audit procedures. This research produce a risk based review program in the midst of limited resources for The Comptroller.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vega Lavlinesia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan di Sekretariat Jenderal DPR RI Setjen DPR RI. Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah nomor 71 tahun 2010, bahwa laporan keuangan pemerintah harus memenuhi kualitas sesuai karakteristik kualitatif, yaitu relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan dan menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas sumber daya manusia SDM, kualitas teknologi informasi TI, Penelitian ini mengembangkan model dalam bentuk persamaan, dan dituangkan dalam hipotesis. Teknik analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji model penelitian, dan uji hipotesis dilakukan dengan uji signifikansi, dan koefisien determinan.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas SDM memberikan pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap laporan keuangan, hal ini disebabkan kurangnya kesadaran untuk mengelola SDM berdasarkan kompetensi yang harus dimiliki oleh pengelola anggaran, dan penempatan SDM berdasarkan latar belakang pendidikannya.
Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa kualitas TI, SPI, dan intervensi negatif tidak memberikan pengaruh dan tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Hal ini menarik untuk dicermati, karena berdasarkan penelitian dan tinjauan literatur menunjukkan bahwa TI dan SPI yang berkualitas memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi. Ketidaksesuaian yang terjadi di Setjen DPR RI disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan kesadaran untuk memanfaatkan TI, dan kurangnya kebutuhan atas SPI dalam pelaksanaan kerja organisasi karena SPI di Setjen DPR RI lemah. Intervensi negatif tidak memberikan pengaruh kepada kualitas laporan keuangan, karena SDM pengelola anggaran mengharapkan tidak terjadinya intervensi negatif dalam pengelolaan anggaran.

This study aims to determine the factors that affect the quality of the financial statements at the Secretariat General of the House of Representatives Setjen DPR RI. Based on Government Regulation PP number 24 of 2005 and Government Regulation PP No. 71 of 2010, that the government's financial statements must meet the appropriate quality of qualitative characteristics, that is relevant, reliable, comparable, and understandable.
Factors that affect the quality of financial reporting and become independent variable in this study is the quality of human resources HR, the quality of the information technology IT, the quality of the internal control system SPI, and intervention. Data collect by distributing questionnaires to 70 people managing the budget, ranging from budget user to verifikatur, and staff officers of commitment makers in the Parliament Secretariat. of the 70 questionnaires distributed, 61 questionnaires that can be declared valid and worthy to be processed by using SPSS 22. This study develops a model in the form of the equation, and poured in a hypothesis.
The results show that the quality of human resources, but no significant effect on the financial statements, this is due to lack of awareness to manage human resources based on the competencies that must be owned by budget managers, and HR placement based on educational background. Positive intervention results significant impact on the quality of the financial statements, it demonstrates the need for leadership roles and responsibilities in the implementation of the immediate supervisor as the manager of the budget.
The test results also showed that the quality of IT, SPI, and negative intervention have no significant effect on the quality of financial reporting. It is interesting to observe, because it is based on research and review of the literature shows that the quality of IT and SPI provides a positive and significant effect on the performance of the organization. Mismatches that occur in the Parliament Secretariat is caused by a lack of understanding and awareness to take advantage of IT, and the lack of need for SPI in the implementation of the organization's work for SPI in the Parliament Secretariat is weak.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Sina Aginanda
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas dewan komisaris dan komite audit terhadap kemungkinan terjadinya Financial distress serta mengetahui pengaruh kepemilikan keluarga atas Efektivitas dewan komisaris dan komite audit terhadap kemungkinan terjadinya Financial distress. Penelitian ini mengacu pada penelitian Hermawan 2009 . Efektivitas dewan komisaris dan komite audit dinilai melalui penetapan skor yang dinilai dari beberapa karakteristik yakni independensi, aktivitas, size/ukuran, dan kompetensi, sedangkan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi logit menggunakan 242 sampel yang terdiri dari 63 perusahaan yang mengalami Financial distress dan 179 perusahaan non-Financial distress yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013.
Hasil penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa dengan skor efektivitas dewan komisaris yang tinggi memiliki pengaruh yang signifikan dalam menurunkan kemungkinan terjadinya Financial distress sedangkan skor Efektivitas komite audit yang tinggi tidak memiliki pengaruh dalam menurunkan kemungkinan terjadinya Financial distress, selain itu dapat disimpulkan juga bahwa perusahaan yang dimiliki keluarga tidak memiliki pengaruh dalam memperkuat skor Efektivitas dewan komisaris dan komite audit dalam menurunkan kemungkinan terjadinya Financial distress.

This study aims to determine the effectiveness of the board of directors and audit committee of the likelihood of Financial distress as well as determine the effect of family ownership on the effectiveness of the audit committee of the board of commissioners and the possibility of Financial distress. This study on research by Herman 2009. Effectiveness of the board of directors and audit committee assessed through the scoring which assessed the independence of some of the characteristics, activities, size and competence. Hypothesis testing is done by using a logit regression of 242 samples consisting of 63 companies experiencing Financial distress and 179 non Financial distress company listed on the Indonesia Stock Exchange in 2013.
The results of this study provide empirical evidence that the score of the effectiveness of the high commissioners have significant effect in reducing the likelihood of Financial distress while scoring high effectiveness of the audit committee has no effect in reducing the likelihood of Financial distress, but it can be concluded also that the family owned company does not have the effect of strengthening the effectiveness scores commissioners and the audit committee in reducing the likelihood of Financial distress
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Elfira Catherine Miranda
"Laporan magang ini membahas mengenai prosedur audit substantif yang dilakukan oleh KAP XYZ untuk akun kas dan setara kas PT AM dalam laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2020. PT AM merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri pengembangan properti yang berdomisili di Jakarta dan memiliki gedung perkantoran bertaraf internasional yang disewakan untuk keperluan komersial. Evaluasi atas prosedur audit yang dilakukan terbatas pada tahap pengujian dan pengumpulan bukti, yaitu prosedur substantif yang meliputi test of details dan analytical procedures. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan atas prosedur audit akun kas dan setara kas PT AM oleh KAP XYZ, dapat disimpulkan bahwa prosedur audit telah sesuai dengan teori dan standar audit yang dikeluarkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI).

This internship report discusses the substantive audit procedure of PT AM’s cash and cash equivalent accounts in the financial statements that ended on December 31st 2020. PT AM is a company engaged in the property development industry domiciled in Jakarta and owns an international standard office building that is leased for commercial purposes. The main focus in this internship report is to evaluate the suitability between audit procedure practices by KAP XYZ and the applicable auditing standards. The evaluation of audit procedures is limited to the testing and evidence gathering stages, namely substantive procedures which include tests of details and analytical procedures. Based on the evaluation of audit procedures on PT AM’s cash and cash equivalent accounts by KAP XYZ, it can be concluded that the audit procedure practices are in accordance with applicable audit theory and auditing standards issued by the Indonesian Institute of Certified Public Accountants (IAPI)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kunti Dewi Kismanto
"Laporan magang ini membahas mengenai audit atas akun pendapatan pada PT DEF sebuah hotel bintang lima yang berlokasi di Jawa Tengah yang dilakukan oleh KAP XYZ untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016. Pembahasan dalam laporan magang ini mencakup perlakuan pendapatan yang dilakukan oleh PT DEF dan proses audit yang dilakukan oleh KAP XYZ pada pendapatan PT DEF.Berdasarkan hasil proses audit, PT DEF telah melaporkan pendapatannya sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan PSAK yang berlaku sehingga tidak terdapat salah saji material pada akun pendapatan PT DEF. Selain itu, prosedur audit yang dilakukan oleh KAP XYZ atas pendapatan PT DEF juga telah sesuai dengan teori dan standar audit yang berlaku.

This internship report discusses the audit procedure for revenue of PT DEF, a five star hotel located in Central Java that conducted by KAP XYZ for the year ended December 31st 2016. The discussion covers the accounting treatment for revenue in PT DEF and the audit procedures conducted by KAP XYZ for revenue in PT DEF. The audit results showed that accounting treatment in PT DEF complies with the Indonesia Financial Accounting Standards. Therefore no material misstatements for revenue account in PT DEF. Moreover, the audit procedures conducted by KAP XYZ for revenue in PT DEF have been complied with International Standards on Auditing ISA.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ichsan Nugroho
"Laporan magang ini menjelaskan mengenai prosedur audit yang dilakukan oleh KAP ABC terhadap laporan keuangan PT XYZ untuk periode 30 Juni 2016. PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan kayu untuk dijadikan furnitur luar ruangan. Selain dijelaskan mengenai prosedur audit yang dilakukan, didalam laporan magang ini juga dijelaskan mengenai penerapan standar yang dilakukan oleh PT XYZ dalam mengelola kas yang dimiliki. Dari hasil audit yang dilakukan oleh KAP ABC, PT XYZ telah melaporkan akun kas dan setara kas yang dimiliki dengan benar. Selain itu untuk laporan keuangan secara keseluruhan PT XYZ untuk periode 30 Juni 2016 telah membuat dengan benar dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.

This internship report describes the audit procedures performed by the Firm ABC on PT XYZ financial statements for the period June 30, 2016. PT XYZ is a company engaged in the processing of wood to be used as outdoor furniture. Besides explained on the audit procedures performed, in the internship report is also explained on the application of standards carried out by PT XYZ manage existing cash and cash equivalents. From the results of the audit conducted by firm ABC, PT XYZ has reported cash and cash equivalents account held properly. In addition to the overall financial statement XYZ for the period June 30, 2016 have been made properly and in accordance with applicable accounting standards in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Rifqi
"Laporan magang ini membahas mengenai proses audit yang dilakukan oleh KAP JKL terhadap akun pendapatan PT DPI untuk periode yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2016. Fokus pembahasan terletak pada pengakuan, pengukuran dan pengungkapan akun pendapatan PT DPI prosedur audit, temuan audit, dan proses audit yang dilakukan oleh KAP JKL, serta analisisnya. Berdasarkan hasil proses audit, kebijakan akuntansi atas pendapatan di PT DPI telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan PSAK yang berlaku. Prosedur audit yang dijalankan oleh KAP JKL telah sesuai dengan teori standar yang berlaku.

The Report is aimed to explain KAP JKL's process towards revenue accounts of PT DPI for the period ended June, 30th 2016. The focus of the report lies on recognition, measurement and disclosure of revenue account of PT DPI audit Findings, audit procedures performed by KAP JKL as well as the analysis. Based on the result of the audit process, accounting policy for that revenue accounts have complied with the Indonesian Financial Accounting Standards IFAS . In addition, the audit procedures, which are applied by KAP JKL, have complied with the theory and the standards which prevailed.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dini Ade Putri
"Laporan magang ini membahas mengenai proses audit yang dilakukan oleh KAP GRE atas akun pendapatan dan beban dari laboratorium klinik PT SHI untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016. Pembahasan dalam laporan magang ini mencakup perlakuan akuntansi atas akun pendapatan dan beban yang dilakukan oleh PT SHI, prosedur audit yang dilakukan oleh KAP GRE beserta temuan audit dan analisisnya. Berdasarkan hasil audit, PT SHI telah melaporkan pendapatan dan bebannya sesuai dengan kaidah dalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan PSAK yang berlaku. Selain itu, prosedur audit yang dilakukan oleh KAP GRE atas akun pendapatan dan beban PT SHI telah sesuai dengan standar audit yang diterbitkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia IAPI.

This report discusses about the audit process performed by KAP GRE for revenue and expenses of PT SHI clinical laboratory for the year ended on December 31st 2016. The discussion in this report covers the accounting treatment for revenue and expenses performed by PT SHI, the audit procedures performed by KAP GRE for revenue and expenses of PT SHI, and audit findings and the analysis as well. Based on the results of the audit process, PT SHI has reported its revenue and expenses in accordance with the rules in PSAK. In addition, the audit procedures performed by KAP GRE for revenue and expenses of PT SHI have also been in accordance with the auditing standards by IAPI.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>