Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 120508 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fariz Qasmal Maulana
"Tesis ini membahas tentang studi kasus Pengendalian Persediaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak di industri makanan dan minuman, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, tahun 2020. Meningkatnya jumlah UMKM yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman memiliki dampak positif bagi perekonomian Indonesia, tetapi juga mengarah pada peningkatan daya saing di kalangan UMKM. Untuk bersaing dengan orang lain dalam industri makanan dan minuman yang selalu tumbuh dari tahun ke tahun, UMKM harus mampu mengelola inventaris secara profesional. Warteg ABC adalah UMKM, yang bergerak di industri makanan dan minuman, yang menjual masakan Indonesia. Warteg ABC sudah beroperasi selama kurang lebih 4 tahun di Jakarta Selatan. Data diperoleh dengan menggunakan metode pelatihan bisnis, penelitian kualitatif dari wawancara dengan pemilik dan pengamatan, untuk memetakan kondisi dan masalah UMKM, dilanjutkan dengan tindakan korektif untuk mengimplementasikan solusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Warteg ABC tidak memiliki catatan yang tepat untuk keputusan pembelian persediaan, jumlah persediaan dan perhitungan biaya persediaan dalam mengelola bisnis mereka pada kegiatan sehari-hari. Dengan demikian, solusi yang diberikan adalah meningkatkan kontrol inventaris dan efisiensi biaya. Penilaian implementasi tidak dapat dilakukan untuk mendukung hasil perbaikan karena Pandemi Covid 19 yang membuat UMKM memutuskan untuk menutup sementara. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Warteg ABC meningkatkan kontrol inventaris dan efisiensi biaya.

This thesis discusses about case study Micro, Small, and Medium Enterprise (MSME) inventory control which is engaged in food and beverages industry, students of the Faculty of Economics and Business of UI, of 2020. The increasing number of MSMEs which is engaged in food and beverages industry has positive impact to the economy of Indonesia, but also leads to the increases of competitiveness among MSMEs. To compete with others in the food and beverages industry which is always growing year by year, MSMEs should be able to manage the inventory professionally. Warteg ABC is a MSME, engaged in the food and beverages industry, which is sell Indonesian cuisine. Warteg ABC was already operated for more or less 4 years in South Jakarta. Data is obtained using business coaching method, a qualitative research from the interview with the owner and observation, to mapping the MSME's conditions and problems, continued with the corrective action to implement solution. The result shows that Warteg ABC did not have proper record for the inventory purchase decision, the amount of inventory and the calculation of inventory cost in managing their business on the daily activities. Thus, the solution that given is to improve the inventory control and cost efficiency. Implementation assessment can't be carried out to support the results of the improvements because of the Covid 19 Pandemic that makes the MSME decided to close temporarily. This research is aimed to help Warteg ABC to improve the inventory control and cost efficiency."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aprilio Robih Akbar Susilo
"Sektor kesehatan memiliki fokus utama untuk dapat menyediakan perawatan dengan kualitas yang baik bagi pasien, salah satunya dengan pemberian obat-obatan. Untuk dapat memenuhi kebutuhan obat, rumah sakit memerlukan kebijakan dalam mengendalikan persediaan obat yang ada. Namun, kebijakan pengendalian yang belum terarah dapat menyebabkan biaya perawatan kesehatan terus meningkat sehingga diperlukan rantai pasok perawatan kesehatan yang efektif untuk dapat mengurangi beberapa biaya yang tidak perlu. Untuk dapat mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model kebijakan persediaan dengan mengembangkan Simulasi Monte Carlo untuk menentukan model pengendalian persediaan dan parameter model persediaan yang optimal yang dapat digunakan oleh rumah sakit. Hasil penelitian menunjukan dengan menggunakan model pengendalian persediaan yang tepat dapat mengurangi total biaya persediaan hingga lebih dari 30% pada poli pediatri dengan tetap memenuhi kendala-kendala yang ada di rumah sakit.

The healthcare sector has a primary focus on providing high-quality care to patients, and one crucial aspect is ensuring the availability of medications. To meet the medication needs effectively, hospitals need well-directed inventory control policies. Without proper control measures, healthcare costs can escalate, making it essential to establish an efficient healthcare supply chain that minimizes unnecessary expenses. To be able to overcome this problem, this research aims to develop an optimized inventory management model by developing Monte Carlo Simulation. The objective is to determine the most effective inventory control policies and optimal parameter settings for hospitals. The findings highlight the significant impact of implementing the appropriate inventory control models, showcasing a reduction of over 30% in total inventory costs in the pediatric department. These improvements are achieved while still fulfilling the existing operational constraints within the hospital."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Vince Nova Elfrida
"Saat ini managed service merupakan suatu peluang bisnis baru bagi vendor telekomunikasi dan metode strategis bagi operator untuk mengurangi biaya operasionalnya OPEX dan CAPEX Karena vendor managed service bertanggung jawab terhadap total biaya operasional seluruh jaringan operator maka vendor managed service juga harus mampu mengelola biaya operasionalnya dengan baik dan bijaksana Efisiensi biaya merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh vendor managed service untuk dapat meningkatkan profit Untuk melakukan efisiensi biaya maka vendor managed service harus mengetahui rincian biaya yang dikeluarkannya untuk setiap aktifitas yang dilakukan Activity Based Costing ABC adalah salah satu metode manajemen yang digunakan untuk menelusuri biaya berdasarkan aktifitas Sedangkan Activity Based Management ABM merupakan metode manajemen yang digunakan untuk menganalisa aktifitas untuk meningkatkan nilai Setelah biaya setiap aktifitas bisa ditelusuri dengan ABC maka dengan menggunakan ABM setiap aktifitas tersebut dapat dievaluai aktifitas mana yang memberikan nilai tambah aktifitas mana yang harus diperbaiki atau aktifitas mana yang bisa dibuang ditiadakan Dari hasi identifikasi dan evaluasi tersebut diharapkan bisa memperbaiki margin yang diperoleh yang artinya penambahan profit bagi perusahaan Tesis ini melakukan 3 perhitungan alternatif Berdasarkan hasil simulasi evaluasi aktifitas maka bisa disebutkan bahwa back to back managed service kurang efisien karena seharusnya proyek bisa menekan biaya yang dikonsumsinya minimal 8 setiap tahunnya dan bisa memperoleh margin minimal sebesar 30 pada tahun 2010 dibandingkan aktualnya yang hanya 29 tahun 2011 sebesar 25 dibanding aktualnya 23 tahun 2012 sebesar 15 dibanding aktualnya 14 dan pada tahun 2013 bisa memperoleh margin sebesar 20 dibandingkan aktualnya yang hanya sebesar 15

Currently Managed Service become a new business opportunity for telecom equipment vendors and a strategic methods for telecom operators to reduce their operational cost OPEX and CAPEX Since managed service vendors are responsible for the total cost for the whole network rsquo s operator operations so the managed service vendor should be able to manage their operational cost wisely Cost efficiency is one of ways that can be used by managed service vendor to increase the profits For cost efficiency managed service vendor must know the detail of their cost for any activities conducted related to the project Activity Based Costing ABC is one of management rsquo s methods to identified the cost based on the activities While Activity Based Management ABM is a management method that is used to analyze the activities to increase the value ABM will used information that given by ABC to identified which activities that give value added which activities that should be fixed or which activities that can be reduce or deleted The result of this identification expected could give margin improvement that means increase the company profit This thesis calculate simulation for 3 alternative condition Based on the simulation of activities evaluation can stated that back to back managed service not efficient enough since there is a possibility for project to decrease their cost at least to 8 from their current cost in every year and laso can have at least minimum margin 30 in 2010 compare to their actual margin 29 in 2011 could be have 25 compare to the actual 23 in 2012 could be have 15 compare to the actual 14 and in 2013 could be have margin 20 compare to the actual 15
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42766
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shinta Allentya
"ABSTRAK
Tesis ini menganalisis pengendalian di PT. ABC terkait dengan kegiatan
operasional dan persediaan batubara di daerah tambang. Selain itu, tesis ini
menganalisis dampak yang akan dihadapi PT. ABC terkait dengan adanya
perubahan standar akuntansi keuangan terkait pertambangan umum dalam
aktivitas pengupasan lapisan tanah. Hal-hal tersebut dianalisis guna melihat
keterkaitan dalam tujuan umum suatu sistem pengendalian internal yaitu efisiensi dan efektivitas kegiatan operasi, keandalan laporan keuangan, serta kepatuhan terhadap hukum dan peraturan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dari data-data perusahaan maupun referensi lainnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa PT. ABC masih harus meningkatkan pengendalian atas kegiatan operasionalnya serta mempersiapkan diri secara perlahan untuk mengadopsi perubahan standar akuntansi keuangan yang berlaku saat ini.

ABSTRACT
This thesis analyzes the controling activities in PT. ABC related to operational
activities and coal pit inventory. Moreover, this thesis analyzes the impact that
would be faced by PT. ABC regarding the change of accounting standards related to general mining in stripping cost. The analysis is done in order to see the connection of a general-purpose internal control system which are the efficiency and effectiveness of operations, reliability of financial reporting, and compliance with regulations. The collecting data process in this thesis is done by interviewing, observation, and study of document method such as company working paper or other references. Results of this analysis indicate that the PT. ABC still has to improve the operation control and prepares to adopt the standards with the current accounting standards."
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oktavian
"Laporan magang ini membahas evaluasi kontrol internal atas aset tetap yang dimiliki oleh PT ABC, perusahaan di sektor otomotif yang mendistrubusikan produk otomotif dan suku cadang di bawah merek TANGGUH dan PERKASA dari pabrik manufaktur dari luar negeri. Dalam laporan magang ini, evaluasi dilakukan berdasarkan konsep, PSAK, kerangka COSO ICIF, dan aturan internal yang diadopsi oleh PT ABC. Prosedur pengujian kontrol yang dilakukan meliputi pengujian desain dan efektivitas dari aktivitas kontrol yang selama ini dilakukan untuk memitigasi risiko teridentifikasi dalam operasional perusahaan. Pada saat aktivitas magang berlangsung, penulis mengidentifikasi temuan pada jumlah aset tetap yang berbeda di kenyataan dengan catatan data induk aset. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, aktivitas kontrol internal yang dilakukan oleh PT ABC secara garis besar telah sesuai dengan konsep, standar akuntansi, kerangka kontrol internal, serta aturan internal yang berlaku. Dengan demikian, pengujian kontrol yang dilakukan terhadap aset tetap PT ABC terbukti memenuhi standar dan konsep yang berlaku dengan didukung oleh bukti pengujian yang memadai. Dalam laporan magang ini, penulis juga mengulas tentang refleksi diri berdasarkan pengalaman yang didapat selama masa magang di PT ABC.

This internship report discusses the evaluation of internal control over fixed assets owned by PT ABC, a company in the automotive sector that distributes automotive products and spare parts under the TANGGUH and PERKASA brands from overseas manufacturing plants. In this internship report, the evaluation was carried out based on concepts, PSAK, COSO ICIF framework, and internal rules adopted by PT ABC. The control testing procedures carried out include testing the design and effectiveness of control activities that have been carried out to mitigate identified risks in the company's operations. During the internship activities, the author identified findings regarding the number of fixed assets which were different in reality from the asset master data records. Based on the results of the evaluation carried out, the internal control activities carried out by PT ABC are broadly in accordance with concept, accounting standards, internal control framework and applicable internal regulations. Thus, the control tests carried out on PT ABC's fixed assets were proven to meet applicable standards and concepts, supported by adequate test evidence. In this internship report, the author also reviews self-reflection based on experiences gained during the internship period at PT ABC.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Hikmayanti
"Laporan magang ini membahas analisis prosedur pengujian pengendalian dan aktifitas pengendalian internal atas persediaan pada perusahaan konstruksi PT ABC. Pembahasan dimulai dari perlakuan akuntansi persediaan pada PT ABC, dilanjutkan dengan pembahasan prosedur pengendalian internal atas persediaan dan pergudangan PT ABC. Pembahasan juga mencakup identifikasi kelemahan-kelemahan atas pengendalian internal, beserta temuan-temuan audit atas lemahnya pengendalian internal tersebut. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengendalian internal perusahaan tersebut memiliki beberapa kelemahan. Selanjutnya, analisis dari prosedur tersebut dibandingkan dengan teori yang ada. Selain itu, pembahasan juga akan mengungkapkan mengenai pencatatan dan pengukuran persediaan pada perusahaan konstruksi beserta analisis terhadap praktik yang dilakukan di lapangan.

This internship report discusses the analysis of Test Of Control (TOC) procedure, and the internal control activity for inventory in a construction company, PT ABC. The discussion starts from inventory accounting treatment in PT ABC, then continues to internal control procedures of material and warehousing in PT ABC. Discussion also consists of identificatiion of weaknesses in internal control along with its audit findings. The results show that the company’s internal control has several weaknesses. Furthermore, the analysis of that procedure is compared to the theories. In addition, the discussion reveals the recording and measurement of inventories at the construction company and the analysis of the practices conducted in the internship."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marselinus Aditya Hartanto Tjungadi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi akuntabilitas dan pengendalian internal pelaporan keuangan Gereja Toraja ABC. Keunikan dari organisasi nirlaba dibandingkan organisasi yang berorientasi pada laba dapat mempengaruhi aspek akuntabilitas dan pengendalian internal. Tiap kategori organisasi nirlaba memiliki keunikan, sehingga masing-masing memiliki konsekuensi yang berbeda. Salah satu kategori organisasi nirlaba adalah organisasi nirlaba keagamaan. Dibandingkan kategori organisasi nirlaba lainnya, organisasi nirlaba keagamaan tidak hanya bertanggung jawab kepada sesama makhluk hidup lainnya, terutama manusia, tetapi juga bertanggung jawab kepada Tuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada single case unit analysis. Objek penelitian adalah Gereja Toraja ABC karena dari hasil wawancara awal dengan beberapa jemaat gereja, diketahui bahwa terjadi selisih atas jumlah dana dari rekapan penerimaan dan pengeluaran uang yang diterima gereja, serta nama penyumbang tidak diinformasikan padahal dana sudah diberikan oleh penyumbang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan dalam pelaksanaan akuntabilitas pelaporan keuangan gereja belum berjalan dengan optimal. Pengendalian internal pun belum berjalan dengan baik, terutama pengurus keuangan gereja yang kurang kompeten, pemisahan tugas yang belum sepenuhnya baik, dan penerapan pedoman umum yang belum optimal. Kurangnya pemahaman para pengurus keuangan juga dimaklumi oleh jemaat, sehingga menerima saja keadaan tersebut. Bagi unit analisis disarankan agar isi dari Pedoman Umum Pengelolaan Keuangan dan Harta Milik Gereja Toraja diperbaiki dan meningkatkan sosialisasi kepada para pengurus keuangan dan majelis jemaat. Sebaiknya menggunakan aplikasi akuntansi, menyusun bagan akun, merekrut staf khusus sebagai pegawai keuangan atau akuntansi, dan menggunakan metode penilaian kinerja untuk mengukur kinerja staf tersebut.

This research aims to evaluate accountability and internal control of financial reporting on ABC Toraja Church. The uniqueness of non-profit organizations compared to profit-oriented organizations can affect aspects of accountability and internal control. Each category of a non-profit organization is unique, so each has different consequences. One of the categories is religious non-profit organizations. Compared to other categories of organizations, religious nonprofits are not only responsible to other living beings, especially humans, but also to God. The method used in this research is qualitative descriptive that uses case study approach with single case unit analysis. The object of research was the ABC Toraja Church because from the results of initial interviews with several church members, it was found that there was a difference in the amount of funds received from the recapitulation of cash receipt and disbursement by the Church, and the names of donors were not informed even though the funds had been given by donors.
The results of the research show that the stages in implementation of financial reporting accountability on church have not run optimally. The internal control also has not run well, especially Church financial administrators is not competent, segregation of duties that have not fully good, and application of general guidance have not run optimally. The lack of understanding of Church financial administrators also understood by the church members. For the unit of analysis, it is suggested that the contents of the General Guidelines for Financial Management and Property of the Toraja Church be improved and increase outreach to financial administrators and church councils. Researcher recommends using an accounting application, compiling a chart of accounts, recruiting specialized staff as financial or accounting employees, and using key performance index to measure the performance of those staff."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardian Nandakusuma
"Skripsi ini bertujuan untuk menggambarkan tentang manajemen sebuah tempat makan dan pengalaman makan oleh konsumen di tempat tersebut. Penulis berfokus melalui tawaran dari Warde dan Martens (2003) yang melihat tiga bentuk tempat makan yaitu the commercial mode, institutional catering dan communal mode. Penelitian dilakukan di warteg (warung tegal) Warmo, Tebet Timur ,Jakarta Selatan terkenal dengan julukannya yaitu ‘warteg artis’ atau ‘warteg pejabat publik’ menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengamatan terlibat, wawancara yang mendalam dan studi kepustakaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai tempat makan Warmo memiliki singgungan dan campuran dalam tiga bentuk rumah makan.

This thesis aims to illustrate and explaining the eating place management and consumer experiences. The author focuses on concepts which were presented by Warde and Martens (2003) to examine types of eating places such as the commercial mode, institutional catering, and communal mode. This research was conducted in warteg Warmo, East Tebet, South Jakarta that is famous with nicknames such as ‘warteg for celebrities’ and ‘warteg for government officials’. Using a qualitative approach that relies on participant observation, in-depth interview, and literature study. This thesis shows that warteg Warmo as a place to eat has allusions and mixed in three forms of eating place"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jeffri Ivander
"ABSTRAK
Klasifikasi indirect material pada industri otomotif tempat penelitian ini
dilakukan belum dapat dilakukan dengan baik sehingga diharapkan dengan
menggunakan metode multi-attribute ABC dan support vector machine performa
klasifikasi indirect material dapat ditingkatkan. Multi-attribute ABC digunakan
untuk melakukan klasifikasi berdasarkan kriteria klasifikasi dengan bobot yang
dihitung dengan analytic hierarchy process , dan support vector machine
digunakan untuk menemukan pola hubungan antara kriteria dengan hasil
klasifikasi dan melakukan penilaian performa klasifikasi . Hasil akhir dari
penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria harga dan kritikalitas merupakan
kriteria paling berpengaruh terhadap hasil klasifikasi dan terjadi peningkatan
performa klasifikasi setelah memanfaatkan metode ini

ABSTRACT
Indirect material classification on the automotive industry where the research was
done is not being done properly so it is expected that by using multi-attribute
ABC and support vector machine the classification performance could be
enhanced. Multi-attribute ABC is used to classify the item based on the criterion
and weight that is calculated using analytic hierarchy process , and support vector
machine is used to find hidden pattern about the criterion and classification result
and assess classification performance. The end results of this research show that
price and criticallity are the most influental criterion for the classification results
and there is classification performance enhancement after using these methods."
2014
S56119
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jessy Rosinta
"Skripsi ini membahas bagaimana model perhitungan yang tepat dapat diterapkan dalam sistem informasi untuk menentukan kuantitas pembelian persediaan yang optimal pada industri makanan dan minuman. Penelitian disusun dengan pendekatan kuantitatif di mana dilakukan perumusan untuk menghitung kuantitas pesanan persediaan berdasarkan estimasi penjualan (diproyeksikan dari data penjualan historis), data produk, data persediaan, dan data proporsi bahan baku sebagai input pengolahan data. Dari hasil penelitian diperoleh model perhitungan yang dikembangkan dalam sistem informasi manajemen persediaan. Dengan menggunakan metode ini maka akan terjadi efisiensi biaya pengiriman.

This thesis discusses how appropriate calculation models can be applied in information systems to determine the optimal quantity of inventory purchases in the food and beverage industry. The research was prepared using a quantitative approach where a formulation was carried out to calculate the order quantity based on sales estimates (projected from historical sales data), product data, inventory data, and raw material proportion data as data processing input. From the research results, a calculation model was obtained which was developed in the inventory management information system. By using this method there will be efficiency in shipping costs."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>