Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 87085 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Michelle Dwi Margareth Munthe
"Laporan magang ini membahas tentang pembentukan sistem approval routing dalam rangka meningkatkan kualitas pengendalian internal PT X. PT X sendiri merupakan salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Dalam pembentukan sistem approval routing, terdapat berbagai tahapan hingga sistem yang dihasilkan dapat membantu entitas dalam mengotomatisasi proses bisnisnya. Setelah dilakukan analisis, dapat disimpulkan bahwa kehadiran sistem ini membantu perusahaan meningkatkan pengendalian internalnya. Namun, masih ada beberapa kekurangan dari sisi manajemen proyek, mengingat proyek pembangunan sistem approval routing yang masih belum selesai. 

his report discusses the establishment of an approval routing system in order to improve the quality of PT X's internal control. PT X itself is one of the largest Fast Moving Consumer Goods (FMCP) company in Indonesia, even in the world. In establishing the approval routing system, there are various stages so that the resulting system can assist entities in automating their business processes. After analysis, it can be concluded that the presence of this system helps the company in improving it's internal control. However, there are still many shortcomings in terms of project management, given the project consruction of approval system is still unfinished. 

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nathanael Abednego
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas tentang pembentukan risk radar dalam rangka
meningkatkan kualitas manajemen risiko PT ABC. PT ABC sendiri merupakan
salah satu perusahaan Fast Moving Consumers Good (FMCG) terbesar di dunia.
Dalam pembentukan risk radar, terdapat tahap-tahapan hingga risk radar yang
dihasilkan dapat membantu perusahaan mengidentifikasi risiko kemungkinan gagal
bayar customer. Risk radar yang terbentuk memiliki berbagai komponen yang pada
akhirnya dihitung berdasarkan prosedur yang dibuat. Setelah dilakukan analisis
terkait dengan hasil dari risk radar yang terbentuk, dapat disimpulkan bahwa risk
radar dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi risiko. Namun, masih
ada banyak hal yang perlu untuk terus dikembangkan dari risk radar kedepannya,
mengingat proyek risk radar masih belum selesai. Selain itu, risk radar harus tetap
didukung dengan komponen manajemen risiko lain yang dimiliki oleh PT ABC
agar dapat terbentuk manajemen risiko yang baik dan efektif. Hal ini disebabkan
karena risk radar yang terbentuk hanya berfokus pada piutang perusahaan. Oleh
karena itu, risk radar merupakan sebuah sarana dalam meningkatkan kualitas dari
manajemen risiko PT ABC.

ABSTRACT
This internship report discusses the establishment of risk radar in order to improve
the quality of PT ABCs risk management. PT ABC itself is one of the largest Fast
Moving Consumers (FMCG) companies in the world. In establishing a risk radar,
there are a lot of stages, in order to make risk radar have the ability to help PT ABC
to identify the risk of customer defaults. The risk radar formed from various
components which are calculated based on the procedures that has been made
through many research and historical data. After conducted analysis related to the
results of the risk radar, it can be concluded that risk radar can help companies to
identify risks. However, there are still many things that need to be further developed
from the risk radar in the future, considering that the risk radar project has not been
finished. In addition, risk radar must be supported by other risk management
components owned by PT ABC and thus the effective risk management can be
formed. This is because the risk radar that is formed only focuses on the companys
receivables, while risk management focus on a larger scale. Therefore, risk radar is
a means of improving risk management of PT ABC."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mariatin Sri Widowati
"Tesis membahas mengenai bagaimana penggunaan sistem scoring 5C pada proses pemberian persetujuan pembiayaan dan kredit dan sistem scoring pada tahapan supervisi monitoring/pengawasan pada proses pengawasan ketaatan terhadap sistem berpengaruh terhadap kualitas pembiayaan atau kredit. Penelitian dilakukan terhadap kasus yang ada pada suatu perusahaan BUMN dengan bidang usaha utama jasa pembiayaan kepada UKMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem scoring yang dilakukan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pembiayaan kredit mikro dan kecil, dimana faktor Prospek Usaha pada sistem scoring untuk melihat kelayakan permohonan pembiayaan menunjukkan sangat signifikan dibandingkan dengan Jaminan Collateral . Sedangkan pada sistem scoring supervisi, aspek ketaatan terhadap proses kredit sangat sigifikan terhadap kualitas pembiayaan, dibanding dengan ketaatan terhadap proses Sales ataupun operational.

Thesis discusses about how to use the scoring system 5C in the financing approval process and scoring system at the supervision phase monitoring supervision in the observance of the compliance of the system affects the quality of financing or credit. The research tries to conduct research on cases that occurs in a state owned company with the main business financing services to UKMK. The results showed that the scoring system made 14.6 bring significant effect on the quality of financing small and micro loans, and the rest is determined by other variables that are not used in the research. Business Prospects factors in the scoring system to assess the feasibility of financing request showed highly significant compared to the guarantee collateral , Financial capability and quality debtors. While the scoring system supervision, shown that the aspect of the operation one of its adherence to the billing process had significant influence than others. So it can be said that in financing UMK, billing process still be instrumental order to ensure payments from debtor that nonperformance loan could be controlled. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Nurpratiwi Hakim
"Laporan Magang ini bertujuan membahas sistem pengendalian internal pada siklus pendapatan pada salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Pembahasan diawali dengan gambaran siklus pendapatan pada perusahaan telekomunikasi khususnya untuk pelanggan B2B Business to Business. Siklus tersebut dimulai dari penawaran jasa hingga menerima pembayaran dari pelanggan. Selanjutnya siklus pengendalian internal perusahaan akan dibandingkan dengan lima komponen kerangka pengendalian internal yang diterbitkan oleh COSO untuk mencari penyebab munculnya isu pada siklus pendapatan. Laporan magang ini menyimpulkan bahwa gagalnya perusahaan dalam memantau keefektifan pengendalian internal pada setiap aktivitas bisnis, menyebabkan tidak terpenuhinya prinsip-prinsip yang ada pada kelima komponen pengendalian internal.

This internship report aims to discuss the internal control system in the revenue cycle of a telecommunication service provider in Indonesia. The discussion begins with an overview of revenue cycle of telecommunication companies, specifically for B2B Business to Business customer. The cycle starts from offering service activities to receiving payment from customers. Furthermore, the company's internal control system will be compared with the five components of internal control framework issued by COSO to looking for the problem at current revenue cycle. This report conclude that the failure of the monitoring activities to ensure internal controls operates effectively, leads to non compliance with the principles contained in the five internal control components. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Juang Patria Pratama
"Bank yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, wajib melaporkan data debiturnya melalui SLIK sehingga pelaporan data yang berkualitas menjadi penting bagi perbankan. Sebuah studi kualitatif, dilakukan pada 2022 dengan mewawancarai sample 3 orang dari unit pengendali internal yang memiliki pengalaman kerja di Bank X lebih dari 5 tahun. Orang yang diwawancarai dianggap telah memahami sistem informasi internal Bank X. Untuk memperdalam analisis, dilakukan review terhadap dokumen internal Bank X terkait sistem informasi internal. Kesadaran pegawai atas pentingnya kualitas data debitur yang dilaporkan menjadi faktor utama yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas data pelaporan informasi debitur pada SLIK. Kesadaran tersebut akan terbentuk apabila terdapat prosedur yang didukung oleh sosialisasi dan pelatihan yang memadai. Studi kasus ini membahas bagaimana meningkatkan kualitas data melalui perbaikan sistem informasi internal berdasarkan kerangka pengendalian internal COSO

Banks supervised by the Financial Services Authority (OJK), required to report debtor data through the Financial Information Service System (SLIK). So that quality data reporting becomes important for banks. A qualitative study, conducted in 2022 by conducting interviews with 3 people from the Internal Control unit who has work experience at Bank X for more than 5 years. The interviewee has understood the internal information system of Bank X. Conduct deep dive analysis to review of Bank X's internal documents related to the internal information system. Reconciliation and verification procedures between sub-systems are the main factors that need to be improved to increase the quality of debtor information reporting data on SLIK. The procedure will not work if it is not supported by the awareness of each party involved, so it is necessary to conduct adequate socialization and training. This case study describe how to improve data quality through internal information systems improvement based on the COSO internal control framework"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chairunnisa
"

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis desain dan penerapan pengendalian internal pada siklus pembelian PT X serta memberikan rekomendasi cara-cara optimalisasi pengendalian internal. Penelitian ini dilakukan dipicu oleh banyaknya kasus pencurian dan penyalahgunaan aset di PT X dari 2015-2017 yang menunjukkan kelemahan pengendalian internal terutama pada siklus pembelian. Analisis atas desain dan penerapan pengendalian dilakukan dengan mengacu pada kerangka kerja pengendalian internal yang dikeluarkan oleh COSO tahun 2013 dan komponen yang dinilai yaitu control environment, control activity dan monitoring activity. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi serta data sekunder berupa peraturan perusahaan yang kemudian data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode content analysis. Dari hasil penelitian ini, masih ditemukan kelemahan baik dari sisi desain maupun penerapan pada masing-masing komponen pengendalian internal COSO pada PT X. Pada komponen control environment, kelemahan disebabkan oleh penerapan yang kurang memadai pada sub komponen tone at the top, code of ethics, pembagian dan pemisahan tugas, evaluasi kompetensi dan tindak lanjut perbaikan, manajemen sumber daya manusia, sistem penilaian kinerja dan peninjauan atas tekanan. Pada komponen control activity, kelemahan disebabkan karena aktivitas pengendalian belum dipilih berdasarkan hasil penilaian risiko, belum dilakukan evaluasi atas pengendalian yang diterapkan, belum adanya pertimbangan penerapan pengendalian pada level aktivitas yang sesuai serta peninjauan berkala atas kesesuaian aktivitas pengendalian dengan lingkungan bisnis organisasi. Pada komponen monitoring activity, kelemahan disebabkan proses evaluasi yang kurang memadai, belum adanya kebijakan yang mengharuskan evaluasi pengendalian internal ketika terjadi perubahan struktur organisasi serta pemantauan pelaksanaan tindakan perbaikan yang masing kurang memadai. Atas kelemahan tersebut, PT X diharapkan mempertimbangkan melaksanakan rekomendasi cara-cara perbaikan pengendalian internal pada siklus pembelian.


The purpose of this research is to analyze the design and implementation of internal control at PT X’s purchasing cycle and to give recommendations in ways to optimize its internal control. This research is based on the fact that there are a lot of theft and asset misappropriation cases at PT X from 2015 to 2017 which is a signal of weak internal control in purchasing cycle. The analysis is done based on the internal control framework issued by COSO on 2013 and the components that being analyzed in this study are control environment, control activity and monitoring activity component. The data used in this research namely primary data that is gathered from interview and observation also secondary data that taken from company regulations. This data will be analyzed by using content analysis method. From this research, it shows that there are a lot of internal control weaknesses at PT X’s purchasing cycle based on COSO Internal Control Framework. On control environment component, the weaknesses source from lack of tone at the top and code of ethics, lack of segregation of duties, deficiencies in evaluating competence and address shortcomings, inadequacy in human source management, incapability in doing performance measurement and considering excessive pressures. On control activity component, the weaknesses source from the control activity has not chosen based on the risk assessment result, evaluation on mix of control activity types has not been done properly, consideration on what level control activities are applied has not been done fairly and reassessing policies and procedures has not been done routinely. On monitoring activity, weaknesses come from the ongoing and separate evaluations that has not been done sufficiently, absence in policy that considering the evaluation of company procedure when corporate structure is changing and lastly is the monitoring actions has not been done adequately. From all this weaknesses, PT X can reconsider to do the recommendation to optimize its internal control in purchasing cycle.

 

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Jordan
"Laporan Magang ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengendalian internal PT MNK dalam proses GRPO, sebagai bagian dari tahap penerimaan barang, dalam proses pengadaan perusahaan. Penggunaan software SAP dalam proses GRPO telah terbukti membantu PT MNK dalam perbaikan kualitas sistem pengendalian internal perusahaan, sehingga dapat meminimalisir risiko-risiko yang terjadi pada proses pengadaan. Dalam menganalisis pengendalian internal PT MNK pada proses GRPO, digunakan perbandingan bagan alir terlebih dahulu untuk memastikan kejelasan alur penerimaan barang pada perusahaan. Selanjutnya, digunakan lima komponen aktivitas pengendalian untuk mengukur apakah aktivitas pengendalian internal PT MNK sudah tercapai atau belum. Sebagai hasil analisis, PT MNK diketahui telah melakukan upaya pengendalian melalui aktivitas pengendalian dan penerapan bagan alir dalam prosedur penerimaan barang. Meski demikian, terdapat upaya-upaya yang dapat dilakukan PT MNK untuk mengoptimalkan pengendalian internal perusahaannya, seperti menjelaskan bagan alir penerimaan barang dan menambah posisi baru sebagai pemeriksa dalam proses pengadaan. Selain menganalisis terkait pengendalian internal, kegiatan magang memberikan kesempatan untuk belajar mengenai software SAP dalam sistem akuntansi dan etika dalam bekerja. Pengalaman yang berharga tersebut diharapkan dapat menjadi bekal penulis yang dapat diterapkan dalam kerjaan kedepannya.

This Internship Report aims to analyze PT MNK's internal control system in the GRPO process, as part of the goods receipt stage, in the company's procurement process. The use of SAP software in the GRPO process has been proven to assist PT MNK in improving the quality of the company's internal control system, so as to minimize the risks that occur in the procurement process. In analyzing PT MNK's internal control in the GRPO process, a flow chart comparison is used first to ensure clearness of the flow of goods received at the company. Next, five components of control activities are used to measure whether PT MNK's internal control activities have been achieved or not. As a result of the analysis, PT MNK is known to have made efforts to control through control activities and the application of flowchart in the procedure of receiving goods. However, there are efforts that can be done by PT MNK to optimize the company's internal control, such as explaining the flow of goods receipt and adding new positions as inspectors in the procurement process. In addition to analyzing internal control, internships provide opportunities to learn about SAP software in accounting systems and work ethics. This valuable experience is expected to be a provision for writers who can be applied in future work.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Veronika Lutfi Anindhita
"Laporan magang ini membahas pengendalian internal yang diterapkan oleh PT. X dalam melakukan pembayaran In House Transfer. Tujuan ditulisnya laporan magang ini adalah memberikan evaluasi terhadap implementasi pengendalian internal yang diterapkan oleh PT. X berdasarkan pada tiga prinsip Control Activities menurut COSO yaitu memilih dan membangun aktivitas pengendalian untuk mencegah risiko dalam upaya mencapai tujuan suatu entitas, memilih dan membangun aktivitas pengendalian atas teknologi dalam rangka mendukung upaya mencapai tujuan yang ditetapkan, serta menerapkan aktivitas pengendalian dengan mengevaluasi kebijakan yang telah ditetapkan. Dari hasil evaluasi, PT. X masih perlu meninjau kembali otorisasi akses masuk ke dalam sistem agar pengendalian internalnya dapat berjalan dengan lebih efektif. Bab terakhir dari laporan ini membahas refleksi diri atas pengalaman magang yang telah dilakukan. Tujuannya adalah mengevaluasi pengalaman yang diperoleh selama magang.

This internship report discusses the internal control implemented by PT. X in doing In House Transfer payment. The objective of this report is to give an evaluation towards the implementation of internal control by PT. X based on three control activities principles by COSO (2013), which are choose and establish control activities to mitigate the occurance of the risk while trying to achieve the entitiys objectives, choose and establish control activities towards technology to support the effort of achieving objectives, and implement the control activities by doing a review towards policies that has been develop. The result of the evaluation shows that PT. X should review about authorization of entry access to company system so that the internal control would be more effective. The last part of this internship report discusses about self reflection of internship experience. The objective of this self reflection is to evaluate the experiences that gained during the internship program."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Mikael Wil Iskandar
"Laporan magang ini membahas tentang analisis penerapan kerangka pengendalian internal terhadap proses pemberian kredit mikro pada PT Bank XYZ Tbk. Penerapan pengendalian internal diperlukan sebagai tindakan mitigasi risiko oleh PT Bank XYZ Tbk. Hasil evaluasi terhadap kegiatan pengendalian pada standar operational prosedur pemberian kredit mikro, menunjukkan bahwa PT Bank XYZ Tbk telah menerapkan Kegiatan Pengendalian Internal yang sesuai dengan komponen pengendalian internal Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission. Aktivitas pemberian kredit mikro PT Bank XYZ Tbk dilakukan telah sesuai dengan standar operasional prosedur yang dimiliki oleh PT Bank XYZ Tbk.

This intern report discuss the implementation analysis of internal control framework in PT Bank XYZ Tbk 39 s micro credit approval process. Implementation of internal control framework neededas risk mitigation action by PT Bank XYZ Tbk. The evaluation results of the control activities on a standard operational procedures for granting micro credits, indicate that PT Bank XYZ Tbk has implemented internal control activities in accordance with the internal control components of the Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission. PT Bank XYZ Tbk 39 s micro credit approval activity have been conducted according to PT Bank XYZ Tbk 39 s Standart Operating Procedure."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fransisca Listyaningsih Utami
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis pengendalian internal atas realisasi anggaran proyek berdasarkan kerangka COSO. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengendalian internal terhadap realisasi anggaran proyek sangat penting dalam meningkatkan pelaksanaan proyek karena dapat dilihat hubungan antara konsumsi pembiayaan proyek dengan pekerjaan fisik yang diselesaikan dengan pengeluaran tersebut sehingga tujuan proyek dapat tercapai dengan memenuhi 3 batasan yaitu tepat waktu, tepat biaya dan tepat mutu.

ABSTRACT
The purpose of this study was to conduct an internal control analysis of project budget realization based on COSO framework. This research is a qualitative research.The result of the research concludes that the internal control on the realization of project budget is very important in improving the project implementation because it can be seen the relationship between project financing consumption and the physical work completed with the expenditure so that the project objectives can be achieved by fulfilling 3 constraints i.e timely, precise cost and quality. "
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>