Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 205375 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Febry Gunawan
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas keragaman perilaku individu yang menggambarkan upaya berbagi dan tidak berbagi pengetahuan dalam interaksi antar individu di komunitas. Seiring berjalannya operasional restoran setiap hari, pegawai kitchen akan terus berbagi dan tidak berbagi pengetahuan saat melaksanakan tugas persiapan penyajian menu. Penelitian ini menemukan dua kategori empirik yang menggambarkan ketika pegawai kitchen tidak berbagi pengetahuan dan ketika pegawai kitchen menerima potongan pengetahuan yang tidak dibagi sebelumnya. Beberapa hal seperti kuantitas bumbu, jenis bahan, langkah pembuatan menu, dan pengalaman pribadi menjadi faktor-faktor yang mendukung terwujudnya keragaman perilaku pegawai kitchen dalam menjalankan tugas operasional restoran. Faktor faktor tersebut yang menggambarkan adanya praktik berbagi dan tidak berbagi pengetahuan yang diterapkan secara mandiri oleh pegawai kitchen. Penelitian ini menemukan bahwa berbagi dan tidak berbagi pengetahuan merupakan bagian dari proses pembentukan pengetahuan sesuai dengan model connectionism. Berbagi dan tidak berbagi pengetahuan dalam komunitas pegawai kitchen terjadi karena pengetahuan terutama yang tidak dibagi dinilai dapat menjadi pemecah masalah yang dihadapi pegawai kitchen pada level individu. Proses berbagi dan tidak berbagi pengetahuan sesungguhnya telah menjadi budaya yang hidup dalam komunitas.

ABSTRACT
This study discusses the diversity of individual behavior that illustrates efforts of shared and unshared knowledge in interactions between individuals in the community. As restaurant operations run each day, kitchen employees will continue applying their shared and unshared knowledge while carrying out their preparation tasks for the menu. This study found two empirical categories that describe when kitchen employees unshared knowledge and when kitchen employees receive pieces of knowledge that are unshared beforehand. Some things such as quantity of seasonings, types of ingredients, steps to make menus, and personal experiences are factors that support the realization of the diversity of kitchen employees behavior in carrying out restaurant operational tasks. These factors illustrate the practice of shared and unshared knowledge that is applied independently by kitchen employees. This study found that shared and unshared knowledge is part of the process of forming knowledge according to the connectionism model. Shared and unshared knowledge in the kitchen employees community occurs because knowledge, especially those not shared, is considered to be a problem solver faced by kitchen employees at the individual level. The process of shared and unshared knowledge has actually become a living culture in the community"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisa Adelia
"Berbagi pengetahuan dinilai mampu meningkatkan inovasi. Hal ini dapat menjadi alternatif solusi bagi Indonesia yang mengalami masa surut dalam produksi penelitian. Rendahnya hasil penelitian yang ada di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu faktor sumber daya manusia peneliti. Kualitas sumber daya manusia peneliti pada lembaga penelitian merupakan modal utama untuk tercapainya produksi pengetahuan baru. Sehingga penting memiliki kemampuan pengelolaan pengetahuan. Mengelola pengetahuan melalui kegiatan berbagi pengetahuan pada lembaga penelitian membawa dampak pada lahirnya inovasi. Pusat Studi dan Dokumentasi Sajogyo Institute merupakan salah satu bentuk lembaga penelitian, dimana, memiliki proses berbagi pengetahuan yang utuh. Hal ini dibuktikan dengan runtutnya daur pengetahuan mulai dari sharing-creation-desimination.
Penelitian kali ini dikaji dengan menggunakan konsep knowledge creation dari Nonaka dan Toyama, dimana dalam konsep tersebut terdapat 4 bagian utama yakni sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi dan internalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses berbagi pengetahuan pada pegiat Pusat Studi dan Dokumentasi Sajogyo Institute. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif interpretative dengan jumlah informan 6 pegiat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses berbagi pengetahuan pada pegiat telah terinternalisasi dalam diri pegiat. Kemudian dari keempat proses yang ada pada knowledge creation Nonaka dan Toyama, proses sosialisasi dan internalisasi menjadi praktik paling dominan yang dijalankan.

Knowledge sharing is considered to enhance an innovation. It can emerge as an alternative solution for Indonesia which has unproductive research period. The research publication short age in Indonesia was caused by several factors the important one was the human resource of researcher. The quality of this human resource at research institutions comes to be the main asset for the achievement of new knowledge production. Therefore, it is important to have knowledge management capability. Managing the knowledge through knowledge sharing at research institutions has impact to the rise of innovation. Center for Studies and Documentation Sajogyo Institute is a research institution which hasa holistic process of knowledge sharing. It is proved by the consecutive knowledge cycle start from sharing creation dissemination.
This study was assessed by the knowledge creation concept from Nonaka and Toyama, which has four main parts, including socialization, externalization, combination and internalization. Those four parts are linked each other in a spiral model. The purpose of this study was to analyze the knowledge sharing process in the activists of Center of Studies and Documentation Sajogyo Institute. This study was qualitative interpretative study which involved six activists The study result showed that the knowledge sharing process has been internalized inside them. Further, according to the four processes of Nonaka and Toyama knowledge creation, the socialization and internalization processes were became the most dominantly applied.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T47144
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Luh Putu Sri Aryani
"Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses preservasi pengetahuan mengenai sistem pengelolaan koleksi dan layanan pada Perpustakaan Gedong Kirtya, usaha-usaha preservasi yang dilakukan oleh Perpustakaan Gedong Kirtya baik yang menyangkut preservasi fisik maupun preservasi pengetahuan lontar sebagai bagian dari kebudayaan Bali, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh Perpustakaan Gedong Kirtya dalam rangka melakukan presevasi terhadap berbagai koleksi yang dimilikinya.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang dititikberatkan pada deskripsi serta interpretasi perilaku manusia dalam melakukan preservasi pengetahuan mengenai pengelolaan perpustakaan Gedong Kirtya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Gedong Kirtya memiliki sistem preservasi pengetahuan secara internal yaitu transfer pengetahuan yang dilakukan antar pegawai, serta preservasi pengetahuan secara eksternal yang dilakukan dengan pihak luar Gedong Kirtya.

This study aims to understand the process of knowledge preservation on collection management systems and library services in Gedong Kirtya, preservation efforts undertaken by the Gedong Kirtya Library both concerning on physical and knowledge of lontar as part of Balinese culture, and the constraints faced by this library in order to perform preservation to its various collections.
This research was conducted by using qualitative methods that focused on the description and interpretation of human behavior in conducting knowledge preservation concerning to Gedong Kirtya libarary management. The results show that Gedong Kirtya Library has knowledge preservation system that is internally performed by knowledge transfer among employees, as well as the preservation that is done externally with outside parties of Gedong Kirtya.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
T35876
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agustian Subijakko
"Salah satu kunci dari kesuksesan dan keberlangsungan sebuah organisasi dalam dunia yang sangat dinamis serta kompetitif terletak pada ketersediaan pengetahuan Iahad, Oye, Salleh, 2011. Peneliti menduga bahwa dalam menyediakan pengetahuan tersebut dibutuhkan perilaku berbagi pengetahuan dari setiap anggota organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi dari kepercayaan interpersonal dan komunikasi virtual sebagai prediktor dari perilaku berbagi pengetahuan pada anggota Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya. Berdasarkan data yang diperoleh dari 252 responden ditemukan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari kepercayaan interpersonal dan komunikasi virtual dalam memprediksi perilaku berbagi pengetahuan R2 = 0,46; F 2,12 = 107,56, p < 0,001 sebagai prediktor. Secara lebih khusus, komunikasi virtual ? = 0,56, p < 0,001 memiliki kontribusi yang lebih besar dalam memprediksi perilaku berbagi pengetahuan dibandingkan kontribusi kepercayaan interpersonal ? = 0,20, p < 0,001. Penelitian ini memperluas penelitian sebelumnya terkait perilaku berbagi pengetahuan yang masih jarang dilakukan, khususnya dalam organisasi Kepolisian di Indonesia.

One of the key factors which is important for the success and the survival of an organization is the availability of knowledge Iahad, Oye, Salleh, 2011. The author assumes that knowledge sharing by all the members of an organization is necessary to support the availability of knowledge in an organization. This research was conducted to identify the contribution of interpersonal trust dan virtual communication usage as the predictors of knowledge sharing among The Jakarta Regional Metropolitan officers. Based on the data collected from 252 respondents, this research has found that there is a positive and significant contribution of interpersonal trust dan virtual communication on knowledge sharing among The Jakarta Regional Metropolitan officers R2 0,46, F 2,12 107.56, p 0,001. It was also revealed that virtual communication usage s contribution 0,56, p 0,001 towards knowledge sharing is higher than interpersonal trust s contribution 0,20, p 0,001 . This study broadens the previous studies about knowledge sharing, especially in the Indonesian National Police Organization."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Thomy Prasetyo
"[Skripsi ini membahas tentang pengaruh dari motivasi intrinsik (intrinsic
motivation), budaya inovatif organisasi (innovative culture) dan pengetahuan yang
diperoleh dari perguruan tinggi (acquired knowledge) terhadap transfer
pengetahuan mahasiswa magang (transfer knowledge). Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menjelaskan dampak dari motivasi intrinsik, pengetahuan yang
didapat dan budaya inovatif organisasi terhadap transfer pengetahuan pada yang
melakukan program magang. Studi kasus yang dipilih adalah para mahasiswa
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, karena pengetahuan yang didapat dari
Fakultas Teknik merupakan pengetahuan terapan dan Fakultas Teknik Universitas
Indonesia mewajibkan program magang pada semester genap. Analisis data pada
penelitian ini menggunakan analisis Sturctural Equation Modelling (SEM) di
program Lisrel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan yang
didapat di perguruan tinggi dan budaya inovatif organisasi memiliki hubungan
yang signifikan terhadap transfer pengetahuan para mahasiswa yang melakukan
magang. Selain itu, penelitian ini juga memperlihatkan adanya pengaruh
signifikan antara motivasi intrinsik mahasiswa terhadap pengetahuan yang
didapat, dan budaya inovatif organisasi terhadap motivasi intrinsik mahasiswa.
Untuk meningkatkan motivasi intrinsik dan transfer pengetahuan mahasiswa yang
dapat meningkatkan performa kerja, maka perguruan tinggi diharapkan dapat
memicu transfer pengetahuan serta menciptakan suasana belajar yang menarik dan
menyenangkan serta memberikan pengetahuan dan keterampilan yang berguna
dan relevan bagi mahasiswa. Selain itu, perusahaan tempat mahasiswa magang
diharapkan dapat memberikan mahasiswa kesempatan untuk berinovasi serta
menumbuhkan budaya inovatif.;This paper discusses the influence of intrinsic motivation, innovative
organizational culture and knowledge gained from college (acquired knowledge)
to transfer knowledge of student interns. The purpose of this study was to describe
the impact of intrinsic motivation, acquired knowledge and organizational
innovative culture to transfer knowledge on conducting internship program. The
selected case studies are the students of the Faculty of Engineering, University of
Indonesia, because the knowledge gained from the Faculty of Engineering is an
applied science and Faculty of Engineering, University of Indonesia require an
apprenticeship program in the second semester. Analysis of the data in this study
using analysis Sturctural Equation Modeling (SEM) in lisrel program. These
results indicate that the knowledge gained in college and innovative organizational
culture has a significant relationship to knowledge transfer students who do
internships. In addition, this study also showed a significant effect between
intrinsic motivation of students to knowledge gained, and the innovative culture of
the organization to the intrinsic motivation of students. To increase students
intrinsic motivation and knowledge transfer that can improve work performance,
then the university is expected to trigger the transfer of knowledge and create an
atmosphere of learning interesting and fun as well as providing knowledge and
skills that are useful and relevant for students. In addition, the company where the
student intern is expected to provide students an opportunity to innovate and foster
an innovative culture., This paper discusses the influence of intrinsic motivation, innovative
organizational culture and knowledge gained from college (acquired knowledge)
to transfer knowledge of student interns. The purpose of this study was to describe
the impact of intrinsic motivation, acquired knowledge and organizational
innovative culture to transfer knowledge on conducting internship program. The
selected case studies are the students of the Faculty of Engineering, University of
Indonesia, because the knowledge gained from the Faculty of Engineering is an
applied science and Faculty of Engineering, University of Indonesia require an
apprenticeship program in the second semester. Analysis of the data in this study
using analysis Sturctural Equation Modeling (SEM) in lisrel program. These
results indicate that the knowledge gained in college and innovative organizational
culture has a significant relationship to knowledge transfer students who do
internships. In addition, this study also showed a significant effect between
intrinsic motivation of students to knowledge gained, and the innovative culture of
the organization to the intrinsic motivation of students. To increase students
intrinsic motivation and knowledge transfer that can improve work performance,
then the university is expected to trigger the transfer of knowledge and create an
atmosphere of learning interesting and fun as well as providing knowledge and
skills that are useful and relevant for students. In addition, the company where the
student intern is expected to provide students an opportunity to innovate and foster
an innovative culture.]
"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59306
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Clara Menna
"Reaksi anafilaksis adalah reaksi hipersensitivitas hebat yang merupakan kasus emergensi dan dapat mengancam nyawa. Data mengenai prevalens reaksi anafilaksis di Indonesia masih sangat kurang dan belum ada studi yang menganalisis laporan kasus reaksi anafilaksis secara spesifik di Indonesia. Diagnosis dan penanganan tepat oleh tenaga medis diperlukan ketika menghadapi pasien dengan reaksi anafilaksis. Namun demikian, berdasarkan penelitian di luar negeri, banyak dokter tidak mempunyai pengetahuan yang cukup untuk mendiagnosis dan menangani reaksi anafilaksis dengan tepat. Penelitian cross-sectional ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dokter umum di Puskesmas DKI Jakarta mengenai reaksi anafilaksis dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Terdapat 158 responden, dengan persebaran pengetahuan 10,8% baik, 50% sedang, dan 39,2% buruk. Selain itu, ditemukan bahwa tidak ada hubungan antara lama praktek sebagai dokter umum, jumlah kasus anafilaksis yang pernah ditangani, serta jumlah sumber pengetahuan mengenai reaksi anafilaksis terhadap tingkat pengetahuan responden. Sebagai kesimpulan, pengetahuan dokter umum di Puskesmas DKI Jakarta mengenai reaksi anafilaksis masih kurang dan tidak ditemukan faktor yang diteliti berhubungan pengetahuan tersebut.

Anaphylaxis is a massive hypersensitivity reaction that can be life threatening. There is lack of prevalence data and no study regarding anaphylactic cases in Indonesia. Proper diagnosis and treatment by physicians is needed to handle anaphylactic cases. However, based on several studies in other countries, a considerable amount of physicians still lack the knowledge to diagnose and treat anaphylaxis properly. This cross-sectional study is conducted to discover the level of knowledge about anaphylaxis among physicians in primary healthcares in DKI Jakarta and its related factors. There are 158 respondents, with a distribution of 10.8% on high level of knowledge, 50% on moderate level of knowledge, and 39.2% on low level of knowledge. Apart from that, there is no correlation between the level of knowledge and the factors studied, which are years of practice, amout of anaphylaxis cases treated, and amount of knowledge source acquired. In conclusion, the level of knowledge about anaphylaxis among physicians in primary healthcares in DKI Jakarta is low and there are no related factors found."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kiki Fauziah
"Tesis ini membahas mengenai proses berbagi pengetahuan antara staf dan pimpinan Perpustakaan Bank Indonesia. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui proses berbagi pengetahuan antara staf dan pimpinan perpustakaan Bank Indonesia serta melihat nilai-nilai yang terkandung dalam diri staf dan pimpinan dalam proses berbagi pengetahuan diantara mereka guna mengembangkan kompetensi personal. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode interpretif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait proses berbagi pengetahuan di Perpustakaan Bank Indonesia. Adapun hasil penelitian ini bahwa budaya berbagi pengetahuan telah terinternalisasi di dalam diri individu baik staf maupun pimpinan di Perpustakaan Bank Indonesia sehingga mereka dapat mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan. Pembentukan budaya berbagi pengetahuan tersebut dibangun berdasarkan adanya relasi antar staf perpustakaan dan pimpinan. Pembanguan relasi antara staf dan pimpinan dibangun atas dasar nilai kepercayaan dan saling menghargai antar staf perpustakaan. Dalam proses menjaga relasi tersebut terdapat juga proses negosiasi yang dapat menyeimbangkan antara kepentingan individu yang berbeda-beda dengan kepentingan kelompok yang akan dituju.

This thesis discusses about the process of knowledge sharing between the commissioners and staffs of Bank Indonesia Library. The aim of conducting this research is to figure out the process of knowledge sharing between the commissioners and staffs of Bank Indonesia Library and to examine values internalized within commissioners and staffs in the process of knowledge sharing to develop personal competence. The approach used in this research is qualitative approach with interpretive method. The data collection is done through deep interview, direct observation, and document analysis related to the process of knowledge sharing at Bank Indonesia Library. The result of this research is that the culture of knowledge sharing has been internalized within individuals, either staffs of commissioners of Bank Indonesia Library so that they are able to develop the competence needed. The formulation of knowledge sharing culture is built based on the relation between the library staffs and commissioners. The development of relations between staff and commissioners is built on the basis of trust and mutual respect among the library staffs. In the process of maintaining the relation, there is also a process of negotiation which can balance between the interests of different individual with the interests of the group to be addressed.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
T43169
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulia Nova
"Masih belum tercapainya target pangsa pasar bank syariah sering dikaitkan dengan rendahnya pemahaman masyarakat muslim di Indonesia tentang system perbankan syariah. Tesis ini bertujuan untuk melihat pengaruh pcngetahuan,tingkat pendidikan dan pendapatan terhadap preferensi nasabah dalam mengambil keputusan menjadi nasabah bank syariah.
Data di dapat dari 50 responden yang merupakan nasabah bank Muamalat Indonesia cabang Sudirman Jakana Pusat. Untuk melihat pengaruh variable pengctahuan, tingkat pendidikan dan pendapatan terhadap preferensi nasabah dilakukan hipotesis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi dengan variable dummy Hasil penelitian menunjukkan adanya peugaruh pengetahuan, tingkat pendidikan dan pendapatan terhadap preferensi nasabah untuk menjadi nasabah di bank syariah.

Still not achieving the target market share of islamic banks are often associated with a poor understanding of Muslim society in Indonesia about the Islamic banking system. This thesis aims to look at the influence of knowledge, education level and income of' customer preferences in decision-making become customers of Islamic banks.
Data obtained from 50 respondents who are customers of Muamalat Indonesia bank in Sudirman branch, Central Jakana. To see the effect of variables of knowledge, education and income level of customer preferences conducted hypothesis by using descriptive analysis and regression analysis with dummy variables. The results showed the influence of knowledge, education level and income of customer preferences for a customer to become Islamic bank's customer.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011
T32354
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aliya Salsabila
"Di dalam organisasi kepolisian, perilaku berbagi pengetahuan menjadi penting karena pekerjaan mereka yang banyak melibatkan prosedur baku dan juga keterampilan serta pengalaman. Pengetahuan terkait prosedur, keterampilan, dan juga pengalaman tersebut tentu menjadi hal secara sadar maupun tidak sadar akan disalurkan dari individu ke individu agar pekerjaan yang mereka lakukan dapat mencapai target. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat bagaimana perilaku kewargaorganisasian, sebagai faktor internal, dan kepemimpinan pelayanan, sebagai faktor eksternal, mempengaruhi perilaku berbagi pengetahuan di dalam organisasi kepolisian. Responden penelitian adalah 252 anggota kepolisian yang bekerja di dan/atau dalam wilayah Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya Polda Metro Jaya. Hasil utama penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari perilaku kewargaorganisasian dan kepemimpinan pelayanan terhadap perilaku berbagi pengetahuan R2=0,258, F=43,329.

In police organization case, knowledge sharing is becoming more crucial due to their profession which involve particular standard operational procedures as well as skills and experiences in executing or decision making. Knowledge related to the procedures, skills, and also experiences must be consciously or unconsciously shared throughout the individual within the organization in order to achieve the target. This study was aiming to see how organizational citizenship behavior, as an internal factor, and servant leadership, as an external factor, affect knowledge sharing within police organization. Research respondents were 252 police officers working in and or within the Jakarta Regional Metropolitan Police Polda Metro Jaya. The results of this study found that there is a positive and significant effect of organizational citizenship behavior and servant leadership toward knowledge sharing R2 0,258, F 43,329."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meiryzka Widyarini
"Penelitian ini membahas mengenai berbagi pengetahuan yang dilakukan oleh pustakawan Kementerian Sekretariat Negara RI. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan berbagi pengetahuan antar pustakawan, dilihat dari faktor-faktor yang mendasari dan menghambat berbagi pengetahuan. Terdapat lima faktor yang mendasari yaitu sifat pengetahuan, budaya lingkungan kerja, motivasi untuk berbagi, kesempatan untuk berbagi dan sikap staf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara mendalam, observasi langsung, serta analisis dokumen terkait berbagi pengetahuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan yang dibagi sifatnya berupa tacit dan eksplisit. Adapun motivasi para pustakawan untuk melakukan berbagi pengetahuan berasal dari dalam dan luar individu seperti penghargaan dan kedekatan dengan orang lain. Organisasi memberikan kesempatan melalui sarana formal dan informal, meskipun belum menjadi program yang terstruktur. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor yang paling dominan dalam mendasari berbagi pengetahuan antar pustakawan yaitu sikap staf. Hal ini dapat terlihat dari bagaimana pustakawan senior rela membagikan pengetahuan yang mereka miliki kepada rekannya. Selain itu, hambatan terbesarnya yaitu kurangnya dukungan dari manajemen atas yang belum menjadikan berbagi pengetahuan sebagai sebuah budaya di dalam organisasi.

This research discusses about the practice of knowledge sharing among librarians of the Ministry of State Secretariat Indonesia. This study aims to determine the implementation of knowledge sharing among librarians, and analyze it through factors and the barriers that influence knowledge sharing. The factors that influence knowledge sharing between librarians such as nature of knowledge, work culture, motivation to share, opportunity to share and attitude of staff. The researcher employed a qualitative research design with a case study method. Data collection is through in-depth interviews, observation and analysis of documents that related to knowledge sharing in the Ministry of State Secretariats Library. The study findings revealed that the nature of knowledge consists of tacit and explicit. Related to motivation of librarians to share knowledge, there are two types of motivation extrinsic and intrinsic. Organizations provide opportunities to share knowledge in formal and informal, even though its still not become a systematic program.  Meanwhile, staff attitude is the most dominant factor in influence knowledge sharing process among librarians. It was found by how senior librarians are willing to share the knowledge that they have with others. Furthermore, lack of management support was identified as a barrier because knowledge sharing still not become a culture of the organization."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>