Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 191190 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Iqbal Alfarisi
"Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor yang memengaruhi akses ke jasa keuangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari World Bank Enterprise Survey dan melibatkan 881 UMKM dari sembilan provinsi di Indonesia sebagai sampel penelitian. Pengujian hipotesis dilakukan dalam menentukan determinan kesuksesan perolehan pinjaman menggunakan metode regresi logistik biner data cross-section. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyertaan laporan keuangan, pemberian jaminan, usia usaha, penjualan usaha, dan jenis kepemilikan usaha secara signifikan mampu memengaruhi akses ke jasa keuangan UMKM di Indonesia. Penelitian ini juga mendiskusikan implikasi dari hasi penelitian baik bagi pembuat kebijakan, pelaku industri, dan akademisi
This study discusses several factors that affect the access to finance among micro, small, and medium-sized enterprises (MSMEs) in Indonesia. The study utilizes secondary data from World Bank Enterprise Survey and involved 881 MSMEs from nine provinces in Indonesia as the research sample. The hypothesis testing regarding the determinants of obtaining access to external finance is carried out using the binary logistic regression and cross section data. The results of this study indicate that the financial statements lending, the provision of collateral, firm age, firm revenues, and firm ownership significantly influence access to external finance of Indonesian MSMEs. This study also discusses the implications of the results both for policy makers, industry players, and academics."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhelia Budi Pratiwi
"Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi pendorong perekonomian utama di Indonesia. Namun permasalahan akses pembiayaan pelaku UMKM merupakan titik penghambat perkembangan bahkan kebertahanan UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis akses pembiayaan pemilik UMKM di Kabupaten Jember sebelum dan pada masa pandemi Covid-19. Dimensi akses pembiayaan yang digunakan adalah Aksesibilitas terhadap lembaga keuangan formal/non-formal, karakteristik pemilik, kelayakan atas pembiayaan keuangan, kendala kredit, karakteristik usaha, keterjangkauan, dan peran atau dukungan pemerintah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penyebaran kuesioner secara online dan offline kepada 288 responden pemilik UMKM. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, Mann Whitney test dan Kriskall Wallis test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akses pembiayaan pemilik UMKM di Kabupaten Jember secara keseluruhan tidak memiliki perbedaan yang signifikan baik sebelum masa pandemi Covid-19 maupun pada masa pandemi Covid-19, namun ditemukan perbedaan rata-rata persepsi. Indikator yang terkait adalah risiko bisnis, kemampuan pemenuhan persyaratan pembiayaan, kebutuhan pembiayaan, dan peran pemerintah.

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) since long have been acknowledged as the main actor in Indonesian economic. Nevertheless, the issue of access to finance for MSMEs remains a conundrum and one of the obstacles for the business to develop or even to stay sustainable. The purpose of this study was to analyze access to finance for MSMEs owners in Jember before and during the Covid-19 pandemic. The dimensions of access to finance used were accessibility to financial institutions, owner characteristics, the feasibility for financing, credit constraints, business characteristics, affordability to acquire financing, and the role and support of the government. This research applied quantitative approach using a survey method with online and offline questionnaires distributed to 288 respondents who are MSMEs’ owner. The data analysis used was descriptive statistical analysis, Wilcoxon-signed test, Mann Whitney test, and Kruskall Wallis test. The results of this study indicated that the access to finance for MSME owners in Jember as a whole did not have a significant difference, both before the Covid-19 pandemic and during the Covid-19 pandemic, however, there were differences in the average perception of indicators related to business risk, ability to meet financing requirements, financing needs, and the role of the government."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Inas Syadzwina
"Kemajuan teknologi telah mengarah pada pembentukan konsep peer-to-peer lending, yang memberikan pinjaman untuk usaha mikro, kecil dan menengah UMKM di internet tanpa lembaga keuangan seperti bank. Namun, karena ini adalah metode pembiayaan baru, kepercayaan perlu dibina untuk mempengaruhi pemberi pinjaman untuk dipinjamkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan pada peminjam, kepercayaan pada perantara dan manfaat yang dirasakan pada intensi untuk memberikan pinjaman kepada UMKM di Indonesia dalam pinjaman peer-to-peer.
Hasil penelitian mencatat bahwa intensi untuk meminjamkan dalam platform pinjaman peer-to-peer secara signifikan dipengaruhi oleh manfaat yang dirasakan dari transaksi, sementara kepercayaan baik peminjam dan kepercayaan dalam peer-to-peer lending intermediary tidak memainkan keharusan faktor untuk mempengaruhi kemauan pemberi pinjaman untuk meminjamkan.

Recent technological advancements have led to the establishment of online peer to peer lending concept, which allows lending for small and medium enterprises in the internet without the inclusion of financial institutions such as banks. However, since this is a new financing method, trust needs to be cultivated to influence lenders to lend. This research aims to analyze the effect of trust in borrower, trust in intermediary and perceived benefit on the intention to lend to small and medium enterprises in Indonesia in peer to peer lending.
The results of the research notes that willingness to lend in peer to peer lending platform is significantly influenced by the perceived benefit of the transaction, while trust in both borrower and trust in the peer to peer lending intermediary do not play an imperative factor to affect lenders willingness to lend.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gina Rhamdina Akbar
"Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah mempunyai peran besar dan memiliki potensi sebagai alat penunjang dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Perbankan masih dianggap kurang dalam menyalurkan kredit kepada UMKM. Bank Syariah dapat dijadikan sebagai alternatif bagi perkembangan UMKM untuk memecahkan masalah akses pembiayaan karena saat ini pembiayaan yang disalurkan oleh bank syariah didominasi oleh pembiayaan kepada UMKM. Dengan pertimbangan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pembiayaan yang disalurkan oleh bank syariah di Indonesia.
Data Penelitian ini diolah menggunakan program Eviews 6.0 dengan metode data panel dan hasil penelitian menjelaskan ROA, NPF, dan PDB tidak mempengaruhi porsi pembiayaan mikro, kecil, dan menengah yang disalurkan sedangkan ukuran bank (size) signifikan mempengaruhi dengan prob. sebesar 0.0002.

Micro, Small and Medium Enterprises has a big role and has potential as a means of supporting the growth of the national economy. Banking is still considered to be less in lending to MSMEs. Islamic Banking can be used as an alternative for the development of SMEs to solve the problem of access to financing due to the current financing disbursed by Islamic banks dominated financing to SMEs. with these considerations, the aim of this study is to discuss the factors that influence the financing disbursed by Islamic banks in Indonesia.
The research data was processed using Eviews 6.0 program with panel data methods and results of the study describes the ROA, NPF, and GDP does not affect the portion of financing micro, small, and medium enterprises. Whereas bank size (size) significantly positive affect with a probability of 0.0002.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S43954
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lulu Kamilia Sudirman
"Dalam era digital saat ini, Indonesia mengalami pergeseran signifikan dalam metode pembayaran dari tunai ke non-tunai. Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) meluncurkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia. UMKM yang juga mendominasi merchant pengadopsi QRIS, memiliki andil besar terhadap perkembangan perekonomian Indonesia di masa mendatang. Ditinjau dari jenis usaha, salah satu sektor UMKM terbesar adalah industri kuliner, 70% dari UMKM di Indonesia bergerak di industri pangan atau kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi niat perpindahan metode pembayaran dari tunai ke QRIS pada UMKM bidang kuliner dari perspektif pelaku usaha dengan menggunakan framework Push-pull-mooring (PPM). Melalui framework ini, faktor- faktor yang memengaruhi niat beralih pengguna dikelompokkan menjadi tiga faktor, yaitu faktor yang mendorong (push), menarik (pull), dan menghambat (mooring). Penelitian ini menggunakan analisis data dengan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS- SEM), melibatkan 227 responden valid yang merupakan pelaku usaha UMKM di bidang kuliner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang push perpindahan metode pembayaran dari tunai ke QRIS pada UMKM bidang kuliner meliputi perceived risk, transaction inconvenience. Faktor pull perpindahan metode pembayaran meliputi ease of use, mobile usefulness, social influence, dan QRIS perceived benefit. Faktor mooring yang menghambat perpindahan metode pembayaran meliputi perceived distrust dan perceived switching cost. Kegunaan aplikasi QRIS memengaruhi niat beralih pelaku usaha untuk menggunakan QRIS secara signifikan, sehingga penyedia layanan QRIS diharapkan meningkatkan kualitas fitur notifikasi dan riwayat transaksi. Dengan demikian, pelaku usaha dapat lebih mudah memantau dan mengelola transaksi mereka, meningkatkan efisiensi operasional sehari-hari.

In today's digital era, Indonesia is experiencing a significant shift in payment methods from cash to non-cash. Bank Indonesia, together with the Indonesian Payment System Association (ASPI), launched the Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) to facilitate QR code payments in Indonesia. MSMEs, which dominate merchants adopting QRIS, play a significant role in the future development of the Indonesian economy. Among various business types, the culinary industry stands out, with 70% of MSMEs in Indonesia engaged in food or culinary activities. This study aims to identify factors affecting the switching intention of payment methods from cash to QRIS in culinary MSMEs from the perspective of business owners' using the Push-Pull-Mooring (PPM) framework. Through this framework, the factors influencing user switching intentions are categorized into three groups: push factors, pull factors, and mooring factors. This research employs Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) for data analysis, involving 227 valid respondents who are MSME business owners' in the culinary field. The results indicate that the push factors for shifting payment methods from cash to QRIS in culinary MSMEs include perceived risk and transaction inconvenience. Pull factors include ease of use, mobile usefulness, social influence, and QRIS perceived benefit. Mooring factors that hinder the switch include perceived distrust and perceived switching cost. The usefulness of the QRIS application significantly influences business actors' intention to switch to QRIS. Therefore, QRIS service providers are encouraged to improve the quality of notification features and transaction history, enabling businesses to monitor and manage their transactions more effectively and improve daily operational efficiency."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Visianita Widyaningrum
"Dalam era digital saat ini, Indonesia mengalami pergeseran signifikan dalam metode pembayaran dari tunai ke non-tunai. Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) meluncurkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia. UMKM yang juga mendominasi merchant pengadopsi QRIS, memiliki andil besar terhadap perkembangan perekonomian Indonesia di masa mendatang. Ditinjau dari jenis usaha, salah satu sektor UMKM terbesar adalah industri kuliner, 70% dari UMKM di Indonesia bergerak di industri pangan atau kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi niat perpindahan metode pembayaran dari tunai ke QRIS pada UMKM bidang kuliner dari perspektif pelaku usaha dengan menggunakan framework Push-pull-mooring (PPM). Melalui framework ini, faktor- faktor yang memengaruhi niat beralih pengguna dikelompokkan menjadi tiga faktor, yaitu faktor yang mendorong (push), menarik (pull), dan menghambat (mooring). Penelitian ini menggunakan analisis data dengan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS- SEM), melibatkan 227 responden valid yang merupakan pelaku usaha UMKM di bidang kuliner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang push perpindahan metode pembayaran dari tunai ke QRIS pada UMKM bidang kuliner meliputi perceived risk, transaction inconvenience. Faktor pull perpindahan metode pembayaran meliputi ease of use, mobile usefulness, social influence, dan QRIS perceived benefit. Faktor mooring yang menghambat perpindahan metode pembayaran meliputi perceived distrust dan perceived switching cost. Kegunaan aplikasi QRIS memengaruhi niat beralih pelaku usaha untuk menggunakan QRIS secara signifikan, sehingga penyedia layanan QRIS diharapkan meningkatkan kualitas fitur notifikasi dan riwayat transaksi. Dengan demikian, pelaku usaha dapat lebih mudah memantau dan mengelola transaksi mereka, meningkatkan efisiensi operasional sehari-hari.

In today's digital era, Indonesia is experiencing a significant shift in payment methods from cash to non-cash. Bank Indonesia, together with the Indonesian Payment System Association (ASPI), launched the Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) to facilitate QR code payments in Indonesia. MSMEs, which dominate merchants adopting QRIS, play a significant role in the future development of the Indonesian economy. Among various business types, the culinary industry stands out, with 70% of MSMEs in Indonesia engaged in food or culinary activities. This study aims to identify factors affecting the switching intention of payment methods from cash to QRIS in culinary MSMEs from the perspective of business owners' using the Push-Pull-Mooring (PPM) framework. Through this framework, the factors influencing user switching intentions are categorized into three groups: push factors, pull factors, and mooring factors. This research employs Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) for data analysis, involving 227 valid respondents who are MSME business owners' in the culinary field. The results indicate that the push factors for shifting payment methods from cash to QRIS in culinary MSMEs include perceived risk and transaction inconvenience. Pull factors include ease of use, mobile usefulness, social influence, and QRIS perceived benefit. Mooring factors that hinder the switch include perceived distrust and perceived switching cost. The usefulness of the QRIS application significantly influences business actors' intention to switch to QRIS. Therefore, QRIS service providers are encouraged to improve the quality of notification features and transaction history, enabling businesses to monitor and manage their transactions more effectively and improve daily operational efficiency."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nindy Prastuti
"Kebanyakan mengenai pelaku UMKM di Indonesia mengalami penurunan omset usahanya, bahkan hingga harus menghentikan operasional usahanya dikarenakan masa pandemi. Namun, China menyerbu pasar-pasar dunia, bahkan dalam beberapa kasus China dengan berani melakukan bargaining (tawar-menawar) dengan perusahaan-perusahaan barat. Tipe penelitian dalam tesis ini menggunakan penelitian hukum empiris, menggunakan penelitian perbandingan dan peraturan perundang-undangan, sumber bahan hukum primer dan sekunder, dengan metode pengumpulan kepustakaan dan selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian tesis ini adalah terdapat beberapa pengaturan yang ditujukan untuk memberikan kemudahan dan kebijakan yang berpihak dengan usaha mikro, usaha kecil, dan usah menengah (UMKM). Kemudian Small Medium Enterprise (SME) mengembangkan orientasi kewirausahaan di dalam perusahaan mereka dan meramalkan kinerja Small Medium Enterprise (SME) yang memiliki orientasi kewirausahaan yang lebih baik daripada Small Medium Enterprise (SME) yang tidak berada dalam lingkungan yang tidak pasti. Saran dalam tesis ini adalah bahwa pemerintah lah yang menjadi Lembaga yang bertanggung jawab atas pendaftaran perusahaan. Dimana pendaftaran tersebut harus sesuai dengan persyaratan yang ada serta sesuai dengan prosedur hukum yang ada.

Most of the MSME players in Indonesia have experienced a decrease in business turnover, even to the point of having to stop their business operations due to the pandemic. However, China invaded world markets, even in some cases China boldly bargained with western companies. The type of research in this thesis uses empirical legal research, using comparative research and legislation, sources of primary and secondary legal materials, with literature collection methods and then analyzed qualitatively. The result of this thesis research is that there are several arrangements aimed at providing convenience and policies in favor of micro, small, and medium enterprises (MSMEs). Then Small Medium Enterprises (SMEs) develop an entrepreneurial orientation within their companies and predict the performance of Small Medium Enterprises (SMEs) that have a better entrepreneurial orientation than Small Medium Enterprises (SMEs) that are not in an uncertain environment. The suggestion in this thesis is that the government is the agency responsible for company registration. Where the registration must be in accordance with existing requirements and in accordance with existing legal procedures."
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hasbi
"Transformasi Facebook, Instagram, dan Tiktok yang semulanya digunakan untuk bersosialisasi kini telah dimanfaatkan sebagai social commerce (s-commerce) untuk berjualan. Ketiga platform tersebut berhasil menduduki posisi s-commerce dengan popularitas tertinggi namun sayangnya belum banyak UMKM yang memanfaatkannya untuk meningkatkan proses bisnis mereka. Kebutuhan UMKM dieksplorasi menggunakan technology affordance untuk meningkatkan perilaku intensi penggunaan s-commerce dari UMKM yang kemudian diintegrasikan dengan model Innovation Diffusion Theory (IDT) untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intensi perilaku penggunaan s-commerce pada UMKM. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan mixed-method dengan 10 responden wawancara daring dan 470 responden kuesioner dimana kedua jenis narasumber merupakan pelaku UMKM yang telah menggunakan s-commerce untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Didapatkan lima konstruk technology affordance dari s-commerce, diantaranya adalah metavoicing, brand visibility, monitorability, customer shopping guidance, dan association. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa relative advantage, compatibility, dan complexity berhasil memengaruhi intensi perilaku penggunaan s-commerce oleh UMKM secara signifikan. Relative advantage dan complexity sama-sama dipengaruhi oleh seluruh aspek technology affordance, namun relative advantage dipengaruhi paling kuat oleh brand visibility sedangkan complexity dipengaruhi paling kuat oleh customer shopping guidance. Berbeda dengan relative advantage dan complexity, compatibility hanya memiliki tiga aspek technology affordance yang memengaruhi secara signifikan, yaitu metavoicing, brand visibility, dan customer shopping guidance. Pengembangan lanjutan dari penelitian ini dapat memperdalam kegunaan platform s-commerce serta memberikan implikasi berupa saran pengembangan fitur enhanced chat bot, katalog, dan kustomisasi ads agar dapat dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna.

The transformation of Facebook, Instagram and Tiktok, which were originally used for socializing, has now been used as social commerce (s-commerce) for sales. The three platforms successfully occupied s-commerce's position with the highest popularity but unfortunately not many MSME have used it to improve their business processes. MSME’s need are explored using state-of-the-art of technology affordance to build s-commerce behavior from MSME, then integrated with Innovation Diffusion Theory (IDT) models to identify factors that influence the behavioral intention to use s-commerce in MSMEs. This study was conducted using a mixed-method approach of 10 online interview respondents and 470 online questionnaire respondents whom both types of respondents are MSME actors who are likely to used s-commerce to support their business activities. Five technology affordance constructs were obtained from s-commerce, including metavoicing, brand visibility, monitorability, customer shopping guidance, and association. Furthermore, quantitative data processing used the Structural Equation Model Partial Least Square called PLS-SEM method. The results of the quantitative analysis show that relative advantage, compatibility, and complexity have succeeded in significantly influencing the behavioral intention to use s-commerce by MSMEs. Relative advantage and complexity are both influenced by all aspects of technology affordance, but relative advantage is most strongly influenced by brand visibility while complexity is most strongly influenced by customer shopping guidance. In contrast to relative advantage and complexity, compatibility has only three aspects of technology affordance that significantly affect them, namely metavoicing, brand visibility, and customer shopping guidance. Further development of this research can deepen the use of s-commerce platforms and provide implications in the form of suggestions for developing enhanced chat bot features, catalogs, and ad customization so that they can be developed according to user needs.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faatihah Tharra Sabbih
"Transformasi Facebook, Instagram, dan Tiktok yang semulanya digunakan untuk bersosialisasi kini telah dimanfaatkan sebagai social commerce (s-commerce) untuk berjualan. Ketiga platform tersebut berhasil menduduki posisi s-commerce dengan popularitas tertinggi namun sayangnya belum banyak UMKM yang memanfaatkannya untuk meningkatkan proses bisnis mereka. Kebutuhan UMKM dieksplorasi menggunakan technology affordance untuk meningkatkan perilaku intensi penggunaan s-commerce dari UMKM yang kemudian diintegrasikan dengan model Innovation Diffusion Theory (IDT) untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intensi perilaku penggunaan s-commerce pada UMKM. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan mixed-method dengan 10 responden wawancara daring dan 470 responden kuesioner dimana kedua jenis narasumber merupakan pelaku UMKM yang telah menggunakan s-commerce untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Didapatkan lima konstruk technology affordance dari s-commerce, diantaranya adalah metavoicing, brand visibility, monitorability, customer shopping guidance, dan association. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa relative advantage, compatibility, dan complexity berhasil memengaruhi intensi perilaku penggunaan s-commerce oleh UMKM secara signifikan. Relative advantage dan complexity sama-sama dipengaruhi oleh seluruh aspek technology affordance, namun relative advantage dipengaruhi paling kuat oleh brand visibility sedangkan complexity dipengaruhi paling kuat oleh customer shopping guidance. Berbeda dengan relative advantage dan complexity, compatibility hanya memiliki tiga aspek technology affordance yang memengaruhi secara signifikan, yaitu metavoicing, brand visibility, dan customer shopping guidance. Pengembangan lanjutan dari penelitian ini dapat memperdalam kegunaan platform s-commerce serta memberikan implikasi berupa saran pengembangan fitur enhanced chat bot, katalog, dan kustomisasi ads agar dapat dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna.

The transformation of Facebook, Instagram and Tiktok, which were originally used for socializing, has now been used as social commerce (s-commerce) for sales. The three platforms successfully occupied s-commerce's position with the highest popularity but unfortunately not many MSME have used it to improve their business processes. MSME’s need are explored using state-of-the-art of technology affordance to build s-commerce behavior from MSME, then integrated with Innovation Diffusion Theory (IDT) models to identify factors that influence the behavioral intention to use s-commerce in MSMEs. This study was conducted using a mixed-method approach of 10 online interview respondents and 470 online questionnaire respondents whom both types of respondents are MSME actors who are likely to used s-commerce to support their business activities. Five technology affordance constructs were obtained from s-commerce, including metavoicing, brand visibility, monitorability, customer shopping guidance, and association. Furthermore, quantitative data processing used the Structural Equation Model Partial Least Square called PLS-SEM method. The results of the quantitative analysis show that relative advantage, compatibility, and complexity have succeeded in significantly influencing the behavioral intention to use s-commerce by MSMEs. Relative advantage and complexity are both influenced by all aspects of technology affordance, but relative advantage is most strongly influenced by brand visibility while complexity is most strongly influenced by customer shopping guidance. In contrast to relative advantage and complexity, compatibility has only three aspects of technology affordance that significantly affect them, namely metavoicing, brand visibility, and customer shopping guidance. Further development of this research can deepen the use of s-commerce platforms and provide implications in the form of suggestions for developing enhanced chat bot features, catalogs, and ad customization so that they can be developed according to user needs.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadiya Latifah
"Transformasi Facebook, Instagram, dan Tiktok yang semulanya digunakan untuk bersosialisasi kini telah dimanfaatkan sebagai social commerce (s-commerce) untuk berjualan. Ketiga platform tersebut berhasil menduduki posisi s-commerce dengan popularitas tertinggi namun sayangnya belum banyak UMKM yang memanfaatkannya untuk meningkatkan proses bisnis mereka. Kebutuhan UMKM dieksplorasi menggunakan technology affordance untuk meningkatkan perilaku intensi penggunaan s-commerce dari UMKM yang kemudian diintegrasikan dengan model Innovation Diffusion Theory (IDT) untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intensi perilaku penggunaan s-commerce pada UMKM. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan mixed-method dengan 10 responden wawancara daring dan 470 responden kuesioner dimana kedua jenis narasumber merupakan pelaku UMKM yang telah menggunakan s-commerce untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Didapatkan lima konstruk technology affordance dari s-commerce, diantaranya adalah metavoicing, brand visibility, monitorability, customer shopping guidance, dan association. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa relative advantage, compatibility, dan complexity berhasil memengaruhi intensi perilaku penggunaan s-commerce oleh UMKM secara signifikan. Relative advantage dan complexity sama-sama dipengaruhi oleh seluruh aspek technology affordance, namun relative advantage dipengaruhi paling kuat oleh brand visibility sedangkan complexity dipengaruhi paling kuat oleh customer shopping guidance. Berbeda dengan relative advantage dan complexity, compatibility hanya memiliki tiga aspek technology affordance yang memengaruhi secara signifikan, yaitu metavoicing, brand visibility, dan customer shopping guidance. Pengembangan lanjutan dari penelitian ini dapat memperdalam kegunaan platform s-commerce serta memberikan implikasi berupa saran pengembangan fitur enhanced chat bot, katalog, dan kustomisasi ads agar dapat dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna.

The transformation of Facebook, Instagram and Tiktok, which were originally used for socializing, has now been used as social commerce (s-commerce) for sales. The three platforms successfully occupied s-commerce's position with the highest popularity but unfortunately not many MSME have used it to improve their business processes. MSME’s need are explored using state-of-the-art of technology affordance to build s-commerce behavior from MSME, then integrated with Innovation Diffusion Theory (IDT) models to identify factors that influence the behavioral intention to use s-commerce in MSMEs. This study was conducted using a mixed-method approach of 10 online interview respondents and 470 online questionnaire respondents whom both types of respondents are MSME actors who are likely to used s-commerce to support their business activities. Five technology affordance constructs were obtained from s-commerce, including metavoicing, brand visibility, monitorability, customer shopping guidance, and association. Furthermore, quantitative data processing used the Structural Equation Model Partial Least Square called PLS-SEM method. The results of the quantitative analysis show that relative advantage, compatibility, and complexity have succeeded in significantly influencing the behavioral intention to use s-commerce by MSMEs. Relative advantage and complexity are both influenced by all aspects of technology affordance, but relative advantage is most strongly influenced by brand visibility while complexity is most strongly influenced by customer shopping guidance. In contrast to relative advantage and complexity, compatibility has only three aspects of technology affordance that significantly affect them, namely metavoicing, brand visibility, and customer shopping guidance. Further development of this research can deepen the use of s-commerce platforms and provide implications in the form of suggestions for developing enhanced chat bot features, catalogs, and ad customization so that they can be developed according to user needs.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>