Ditemukan 72547 dokumen yang sesuai dengan query
Siregar, Fillipi Rodo Tua
"Dalam dunia sekarang ini pemodelan sistem menjadi hal yang penting dalam pengembangan dunia teknologi. Berbagai cara telah dilakukan untuk membuat algoritma pemodelan sistem yang baik dan tantangan yang dihadapi pun semakin banyak. Salah satunya tantangan yang perlu dihadapi adalah adanya sistem yang kompleks. Dalam contoh praktis, penggunaan model sistem multivariabel dalam menggambarkan sistem sungguhan sudah menjadi hal yang umum untuk memenuhi tuntutan zaman. Salah satu usaha untuk dapat memodelkan sistem multivariabel adalah dengan menggunakan algoritma machine learning dengan struktur artificial neural network. Algoritma ini memiliki kemampuan untuk dapat meningkatkan performanya secara otomatis sehingga diharapkan dapat membangun pemodelan yang terbaik untuk sistem yang ingin dimodelkan secara otomatis juga sehingga dapat memudahkan kerja manusia tanpa harus membangun persamaan matematis secara manual terlebih dahulu. Studi ini ingin memelajari hasil yang didapatkan dari percobaan pemodelan sistem dinamik pesawat terbang dengan menggunakan artificial neural network dan menjadikan hasil studi tersebut bahan pengembangan lebih lanjut dalam teknologi pemodelan sistem menggunakan artificial neural network.
In the modern world, system modelling becomes an important part of technology development. Various ways have been done to create good system modelling algorithms and with that more and more challenge comes. One of the challenges that need to be faced is the existence of complex systems. For example, using multivariable system model to represent real world system is becoming common nowadays to fulfil demands. One effort to model a multivariable system is to use machine learning algorithms with artificial neural network structures. This algorithm has the capability to be able to improve its performance automatically so it is expected to build the best model parameter for the system that wants to be modelled. Also, this helps to make modelling easier for human without having to build a mathematical equation manually first. This study wanted to present the results from experimental modelling of aircraft dynamic systems by using artificial neural network and with that contribute to the development of system modelling technology using artificial neural network."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Risky Agung Septiyanto
"Emisi kendaraan terutama yang menggunakan mesin diesel merupakan masalah yang sudah tidak asing lagi. Nox, HC, O2, CO, CO2 dan asap yang merupakan zat- zat hasil pembakaran mesin diesel dapat di ukur melalui percobaan eksperimental. Tetapi tentunya percobaan eksperimental ini mempunyai beberapa kekurangan seperti pengoperasiannya yang mahal serta prosesnya yang memakan waktu cukup panjang.
Untuk mengatasi masalah itu semua, maka dibuatlah suatu metode pemodelan matematika menggunakan Artificial Neural Network (ANN). Metode ANN yang digunakan dalam skripsi ini adalah Backpropagation. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan karakter emisi kendaraan mesin diesel dapat diprediksi secara akurat. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa ANN cukup handal dalam memprediksi emisi bahan bakar mesin diesel.
Vehicle emissions, especially using diesel engine is not a strange problem anymore. NOx, HC, O2, CO, CO2 and smoke emissions comes from the combustion of substances in diesel engines can be measured through experimental test. Certainly this experimental test has several shortcomings such as the operation is expensive and time consuming process which is long enough. To cope with this problem, then a mathematical modeling method using Artificial Neural Network (ANN) was made. ANN method used in this thesis is Backpropagation. This research expect to predict characters of diesel engine emissions accurately. The results of this study proves that ANN quite good to predict diesel engine emission."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S43928
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Joshua Alviando
"Penelitian ini membahas tentang perancangan sistem identifikasi pada sistem dinamik kapal Makara 03 dengan konfigurasi multi masukan dan multi keluaran. Penelitian ini merancang berbagai metode perombakan struktur Jaringan Saraf Tiruan (JST) baik metode sekuensial maupun fungsional untuk dapat menangkap dinamik yang ada pada dinamik kapal Makara 03. Metode-metode pada JST yang dibuat akan dibandingkan dengan hasil dari model matematika yaitu Transfer Function dan State Space untuk membuktikan keberhasilan dan keunggulan JST dalam membuat sistem identifikasi. Hasil dari perbandingan tersebut membuktikan semua metode yang dihasilkan pada penelitian ini mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan model matematika konvensional.
This research discusses the design of the identification system on the dynamic system of the Makara 03 ship with a multi-input and multi-output configuration. This study designed various structural reshuffle methods for sequensial and functional model of Artificial Neural Network (ANN) to be able to capture the dynamics of Makara 03. The methods in the ANN that were made will be compared with the results of mathematical models namely Transfer Function and State Space for prove the success and superiority of ANN in making identification systems. The results of this comparison prove that all the ANN methods produced in this study get better results compared to conventional mathematical models."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Maulana Bisyir Azhari
"Identifikasi sistem dinamik merupakan tahapan awal dalam melakukan perancangan algoritma kendali pada suatu sistem dinamik. Namun, pada sistem dinamik yang multivariabel, tidak linier dan kopling tinggi-seperti pada misil AIM-9L Sidewinder-identifikasi sistem dinamik umumnya akan gagal dan sering terjadi simplifikasi pada sistem yang diidentifikasi, seperti dekopling dan linearisasi sistem. Pada penelitian ini, identifikasi sistem dinamik misil dilakukan dengan menggunakan algoritma
artificial neural network dengan harapan karakteristik sistem dinamik tetap terjaga dengan baik. Penerbangan misil dilakukan dengan menggunakan simulator X-Plane dan akuisisi data penerbangannya dilakukan menggunakan bahasa pemrogramman python. Penerbangan dilakukan dengan sinyal referensi
swept-sine dan
zig-zag untuk mancakup banyak kemungkinan penerbangan misil. Hasilnya,
artificial neural networks dapat melakukan pemetaan pola sistem dinamik misil dengan
standardized MSE 7.155x10^(-2).
Dynamical system identification is the very first step in designing a control algorithm on a dynamic system. However, in the multivariate, nonlinear and coupled dynamical system-like the AIM-9L Sidewinder missile-dynamical system identifications are often failed and oversimplified the dynamical system, such as decoupling and linearization. In this research, system identification is done by using artificial neural networks algorithm with expectations that its characteristics will be maintained well. The missile flights are done by using the X-Plane flight simulator and the acquisition process is done by using python language. The flights use swept sine and zig-zag references to cover lots of missile flight conditions possibility. As a result, artificial neural networks can do missile dynamical pattern mapping with 7.155x10^(-2) standardized mean squared errors."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hanif Furqon Hidayat
"Biomassa merupakan salah satu potensi energi alternatif untuk mengurangi ketergantungan penggunaan energi fosil. Indonesia memiliki potensi energi biomassa sebesar 49.810 MW yang berasal dari limbah dan tanaman. Pemanfaatan energi tersebut dapat dilakukan melalui proses gasifikasi yang mengubah biomassa menjadi gas sintetik. Salah satu metode untuk memodelkan proses tersebut adalah dengan menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Studi literatur yang dilakukan menunjukkan bahwa metode artificial neural network (ANN) adalah pendekatan AI yang sering dipakai untuk melakukan pemodelan proses gasifikasi. Namun, ANN memiliki beberapa kekurangan dalam pemodelan dinamis yang kemudian disempurnakan melalui salah satu pengembangannya yang dinamakan recurrent neural network (RNN) yang mampu memodelkan variabel dependen terhadap waktu. Kesimpulan dari penelitian ini menyarankan agar pengembangan RNN dapat dijadikan acuan untuk membuat sistem kontrol pintar pada prototipe gasifier yang akan datang.
Biomass is one of the alternative energy sources to reduce the usage of fossil energy. The potential of biomass energy in Indonesia reaches 49,810 MW, which comes from organic wastes and plants. Gasification is a process to convert biomass to synthetic gas, which is one of the utilizations of biomass energy. Artificial Intelligence (AI) implemented to model the complex process of gasification. Artificial Neural Network (ANN) is a common approach in AI to model the process in the gasifier. Yet, ANN is still inferior in modeling dynamic process that leads to an improvement of ANN called recurrent neural network (RNN). The result of this study suggests that RNN could be the foundation for the development of smart control for the next prototypes."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Geraldi Oktio Dela Rosa
"Secara teoritis, biometrik dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan memverifikasi suatu individu. Iris mata merupakan salah satu instrumen biometric yang handal, karena keunikan dari dan kompleksitasnya.
Di dalam penelitian ini dirancang bangun program identifikasi iris mata menggunakan metode Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Citra mata dijital yang akan diidentifikasi pertama-tama dilakukan pra-pengolahan terlebih dahulu. Proses ini memisahkan bagian iris dari citra mata menggunakan metode morphologi, yaitu close, erosi dan dilasi. Selanjutnya, citra disegmentasi untuk memisahkan citra iris berbentuk lingkaran dalam koordinat x-y menjadi format polar r-θ berbentuk persegi panjang. Citra polar kemudian diekstrasi untuk mendapatkan nilai karakteristik rata-ratanya dalam bentuk matriks 40 x 1. Nilai karakteristik dilatih dan dimasukkan ke dalam database sebagai input pembanding untuk proses identifikasi. JST terdiri dari 10 layer tersembunyi, 1 layer keluaran, dengan fungsi aktifasi tansig dan purelin.
Setelah dilakukan pelatihan untuk 80 citra iris, baik mata kiri maupun kanan, proses identifikasi mencapai tingkat akurasi rata-rata sebesar 87% untuk 5 buah input citra dengan 20 kali uji coba.
Theorically, biometric can be used to identify dan verify an individu. Iris is one of biometric identifier that highly acceptable because of its uniqueness and complexity.The objective of this research is to identifiy an iris using Artificial Neural Network (ANN) method. First, the digital infrared image of eye will be preprocessed which separate the iris from the eye using morphology technique, such as closing, erosion, and dilation. The iris is then transformed from x-y dimension into r-θ polar image, which convert the circle shape into rectangle one. The image was then extracted in order to get the average value of its intensities and saved in 40 x 1 matrix size. These values will be trained in the ANN and inserted into a database to be used as a comparator in identification process. The ANN consisted of 10 hidden layer, 1 output layer, and activation functions of tansig and purelin, respectively.Using 80 images as training data, the identification accuracy reached 87 % for 5 images and 20 times of test for left side and right side eyes."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S52158
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Putu Bagus Raka Kesawa
"Kemajuan umat manusia dalam penerbangan modern sangat bergantung pada kemampuan untuk melakukan pemodelan sistem idenifikasi penerbangan dari suatu wahana pernerbangan. Pemodelan suatu sistem identifikasi penerbangan bergantung dengan tingkat kualitas dan kuantitas dari data simulasi yang digunakan untuk mendapatkan pendekatan situasi dan kondisi penerbangan aktual yang seakurat mungkin. Akurasi dan presisi dari data simulasi yang digunakan dalam pemodelan sistem penerbangan akan mempengaruhi hasil algoritma yang digunakan dalam sistem identifikasi. Dalam pencapaian kualitas data tersebut, digunakanlah perangkat lunak X-Plane yang berfungsi sebagai simulator penerbangan ultra-realistis yang menyuplai set data yang memungkinkan pembelajaran mesin dari algoritma berbasis komputer. Data pembelajaran pesawat terbang terdiri dari attitude orientasi pesawat. Data yang diperoleh dari simulator tersebut akan diproseskan menggunakan metode preprocessing, sehingga layak digunakan untuk pelatihan sistem identifikasi. Suatu algoritma artificial neural network diterapkan untuk mengidentifikasi sistem pesawat dengan mempelajari dataset yang disebutkan di atas, yang kemudian akan digunakan dalam pengembangan perancangan sistem kontrol. Algoritma artificial neural network yang dirancang dalam penelitian ini telah menunjukkan keberhasilan dalam sistem identifikasi untuk sistem penerbangan pesawat, dan siap digunakan dalam percobaan dan pengujian sistem kontrol pada pesawat.
Humanitys progress in modern aviation is very dependent on the ability to model the flight identification system of a flight vehicle. Modeling a flight identification system depends on the quality and quantity of simulation data used to get the most accurate representation of the actual flight situation and condition. The accuracy and precision of the simulation data used in the flight system modeling will affect the results of the algorithm used in the identification system. In achieving this data quality, X-Plane software is used which functions as an ultra realistic flight simulator that supplies data sets that enable machine learning from computer based algorithms. Airplane learning data consists of airplane orientation attitude. Data obtained from the simulator will be processed using the preprocessing method, so it is feasible to use for identification system training. An artificial neural network algorithm is applied to identify aircraft systems by studying the dataset mentioned above, which will then be used in the development of control system design. The artificial neural network algorithm designed in this study has shown success in the identification system for aircraft flight systems, and is ready to be used in the testing and testing of control systems on aircraft."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sitinjak, Hermanto
"Suara denyut jantung memiliki pola khusus yang bersesuaian dengan kondisi jantung seseorang. Jantung yang tidak normal akan menimbulkan suara khas yang disebut murmur. Murmur disebabkan oleh berbagai hal yang menunjukkan kondisi jantung seseorang. Melalui Phonocardiogram (PCG) dapat dilihat gelombang sinyal denyut jantung seseorang. Spektrum denyut jantung abnormal memiliki pola spektrum yang khas. Sehingga melalui pola spektrum tersebut dapat diketahui kelainan jantung apa yang diderita oleh seseorang. Penelitian ini akan membuat suatu program simulasi yang akan mengenali tiga jenis kelainan jantung. Program simulasi ini menggunakan metode Jaringan Syaraf Tiruan dalam mengidentifikasi ketiga jenis kelainan jantung tersebut. Data yang akan digunakan sebagai database yaitu berupa sampel suara denyut jantung dengan format .wav, mono. Metode pelatihan Jaringan Syaraf Tiruan yang dibuat ini menggunakan fungsi traingdx yang terdapat pada Neural Network Toolbox MATLABTM. Adapun penggunaan fungsi traingdx ini karena waktu pelatihannya lebih cepat. Berdasarkan hasil pengujian pengenalan beberapa sampel kelainan jantung diperoleh akurasi rata-rata sebesar 82.2% dalam mengenali tiga jenis kelainan jantung tersebut.
Heartbeat has a unique pattern which corresponding to heart condition. Abnormal heart has a unique sounds which called murmurs. An murmur can be caused by something that indicates heart condition. It can be shown as a signal waveform of heartbeats by Phonocardiogram (PCG). Abnormal heartbeat has a unique spectral pattern. So with that spectral pattern it can be identify what kind of murmur types. This research make a simulation program which will identify 3 kinds of murmur heartbeats. This simulation program use Artificial Neural Network (ANN) to identify that murmurs. ANN database will use some murmurs heartbeats which record in .wav, mono fomat. Training method in this ANN use traingdx function which provided by Neural Network Toolbox MATLABTM. Traingdx function is a faster training method. This simulation program has 82.2% accuracy to detect 3 kinds of heartbeat murmur."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51434
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Jermanto Setia Kurniawan
"Emisi polusi dan kebisingan pesawat merupakan bagian penting dari sumber polusi di sekitar bandara, yang secara langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi resiko bahaya bagi kesehatan manusia dan ekosistem. Efek suara pesawat dan emisi pada populasi di sekitar bandara berkaitan dengan gangguan yang terkadang sangat berbahaya. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengusulkan model yang mengintegrasikan emisi pesawat dari kebisingan dan polutan dengan menggabungkan efek dari kedua emisi tersebut dengan menggunakan Artificial Neural Network (ANN) untuk menentukan indeks resiko kesehatan di sekitar bandara. Pengukuran emisi pesawat baik kebisingan maupun polutan di Bandara Internasional Soekarno Hatta - Cengkareng Indonesia digunakan untuk memvalidasi model yang dikembangkan sebagai data masukan.
Hasil yang telah diperoleh dalam penelitian ini adalah arsitektur model ANN yang terbaik yang terdiri dari 4 (empat) variabel input (CO, NOx, SOx, Noise level), 10 (sepuluh) untuk proses layer tersembunyi (hidden layer) dan satu variabel output (indeks risiko kesehatan) atau dapat ditulis model 4-10-1. Berdasarkan kriteria validasi ANN, kinerja validasi terbaik dicapai pada epochs 15 dari 21 epochs dengan Mean Squared Error (MSE) yang bernilai 0,035062. Korelasi antara target dan output divalidasi dengan R = 0,98823, yang berarti bahwa ada hubungan erat antara target dan output. Jaringan nilai output kesalahan mendekati nol, yang
Aircraft noise and pollutant emissions are an important part of the sources of pollution around airport that directly or indirectly will affect harmful to human health and ecosystems. The effects of aircraft noise and pollutant emissions on the populations around airport deal with annoying and sometimes dangerous. In order to address this issue, this research proposes an integrating model of aircraft noise and pollutant emissions by combining effects of both noise and pollutant emissions using Artificial Neural Network (ANN) to determine the healthy risk level around the airport. Measurement of aircraft noise and pollutant emissions at Soekarno Hatta International Airport - Cengkareng Indonesia is used to validate the developed model as input data. The results obtained in this research are the best ANN architecture model is 4 (four) variable input (CO, NOx, SOx, Noise Level), 10 for variable process (hidden layer) and one for output variable (healthy risk level) that can be written as 4-10-1 model. Based on ANN validation criteria, the best validation performance is achieved at epoch 15 from 21 epochs with the Mean Squared Error (MSE) of 0.035062. The correlation between targets and outputs are validated with R = 0.98823, which means that there is a close relationship between targets and outputs. The value of network output errors approaches to zero, ranging from -0.6 to 0.6."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
D1903
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
Yusuf Donner Dwiyantama
"Optimalisasi operasi sistem HVAC dan parameter bangunan yang dimaksudkan untuk meminimalkan konsumsi energi tahunan disajikan dalam makalah ini. Kombinasi artificial neural network (ANN) dan multi-objectives genetic algorithm (MOGA) diterapkan untuk mengoptimalkan operasi sistem HVAC pada sebuah bangunan. Sistem HVAC yang dipasang di gedung mengintegrasikan sistem AHU dan sistem fan coil chiller. Parameter meliputi temperatur ruangan, kelembaban ruangan, konduktivitas Phase Change Material (PCM) dan suplai udara maksimum dianggap sebagai variabel keputusan. Selanjutnya, konsumsi energi bangunan tahunan dan Laju Korosi dipilih sebagai fungsi tujuan. Optimasi tujuan ganda digunakan untuk mengoptimalkan sistem dengan dua fungsi tujuan. Hasilnya, ANN melakukan korelasi yang baik antara variabel keputusan dan fungsi tujuan. Selain itu, MOGA berhasil memberikan optimasi yang optimal dalam hal konsumsi energi tahunan dan Laju Korosi. Kesimpulannya, optimasi yang mempertimbangkan dua tujuan menunjukkan hasil terbaik mengenai konsumsi energi dan Laju Korosi dibandingkan dengan desain sebelumnya
The optimization of HVAC system operations and building parameters intended to minimize annual energy consumption is presented in this paper. The combination of artificial neural network (ANN) and multiple-objective genetic algorithm (SOGA) is applied to optimize the HVAC system operation in a building. The HVAC system installed in the building integrates AHU systems and Fan coil chiller system. Several parameters including room’s temperature, room’s humidity, and supply maximum air are considered as decision variables. Subsequently, the annual building energy consumption is chosen as objective functions. Single-objective optimization is employed to optimize the system with two objectives functions. As the result, ANN performed a good correlation between decision variables and the objectives function. Moreover, MOGA successfully provides design to achieve optimum system in terms of annual energy consumption. In conclusion, the optimization that considers one objective shows the best result regarding energy consumption compared to base case design."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library