Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 66130 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fadhillah Fairuzzahira
"ABSTRAK
Pemasok (supplier) adalah aset yang sangat berharga, tidak hanya di mana perusahaan mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan tetapi juga sumber informasi yang dapat membantu perusahaan. Loyalitas dari pemasok (supplier loyalty) adalah kunci penting dalam produktivitas perusahaan. Fokus pada bagaimana pemasok dapat loyal
pada manufaktur dengan hubungan pembeli-pemasok (buyer-supplier relationship) sebagai mediasi. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan faktor-faktor penting dalam buyer-supplier relationship untuk mencapai loyalitas pemasok, yaitu komunikasi, pembayaran, logistik dan kepercayaan.
Sampel diambil dari pemasok bahan baku yang melakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengukuran dalam bentuk beberapa pertanyaan yang didistribusikan kepada 112 responden yang mewakili masing-masing perusahaan. Penelitian ini menggunakan pemodelan persamaan struktural berbasis komponen atau varians dimana dalam mengolah data menggunakan partial least square (Smart-PLS) yang merupakan metode Variance Based SEM.
Analisis data telah dilakukan dari tahap konseptualisasi model untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis dapat menunjukkan bagaimana peran mediasi dilakukan oleh hubungan pembeli-pemasok dalam komunikasi, pembayaran, logistik, kepercayaan, dan hubungan loyalitas pemasok. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa dari tiga belas hipotesis yang diuji, tujuh hipotesis diterima dan enam hipotesis ditolak.

ABSTRACT
Supplier is a very valuable asset, not only where the company gets the raw materials needed but also sources of information that can help the company. Loyalty from suppliers is an important key in company productivity. Focus on how supplier can be loyal to a manufacture with buyer-supplier relationship as mediation. This study aims to model the
important factors in buyer-supplier relationship (BSR) to achieve the supplier loyalty, there are communication, payments, logistics and trust.
Sampling are taken from supplier of raw material conducting by using
questionnaires as an measurement instrument in the form of several questions distributed to 112 respondents representing each company. This research uses component or variance based structural equation modeling where in processing data using partial least square (Smart-PLS) version 3.0 PLS (Partial Least Square) is a method of Variance Based SEM.
Data analysis has been carried out from the conceptualization stage of the model to testing the research hypothesis. The results of the analysis can show how the mediating role carried out by buyer-supplier relationships in communications, payments, logistics, trust and supplier loyalty relationships. From the results of testing the hypothesis shows
that of the thirteen hypotheses tested, seven hypotheses were accepted and six hypotheses were rejected."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Bayu Radhitya
"ABSTRAK
Hubungan antara pembeli dengan pemasok pada korporasi besar dapat terjalin dengan mudah dan lebih sistematis. Perdebatan muncul ketika pembeli bukanlah korporasi besar melainkan usaha mikro kecil menengah. Penelitian ini membahas hubungan antara pembeli dengan pemasok serta pengaruhmya terhadap performa organisisasi tersebut. Peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh peningkatan hubungan antara pembeli dengan pemasok terhadap performa usaha mikro kecil dan menengah. Dengan mengetahui hal ini diharapkan usaha mikro kecil menengah dapat mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan oleh UMKM selaku pembeli terhadap supplier serta manfaatnya terhadap kebaikan organisasi UMKM tersebut. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis PLS (Partial Least Square). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan buyer specificity, peningkatan supplier specificity berpengaruh positif terhadap hubungan jangka panjang antara pembeli dan pemasok serta hubungan jangka panjang antara pembeli dan pemasok berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha mikro kecil dan menengah.

ABSTRACT
The relationship between the buyers and suppliers in a large corporation can be established easily and more systematically. The debate arises when the buyer is not the big corporations but small and medium micro enterprises. This study examines the relationship between buyer and supplier and their impact towards organizational performance. Researchers want to know how to influence the improvement of relations between the buyers and suppliers to the performance of micro, small and medium enterprises. Knowing these SMEs are expected to know the things that need to be considered and carried out by SMEs as buyers and the benefit against SME organizations. The data analysis techniques used PLS (Partial Least Square). The results of this study indicate that increased buyer specificity, increased supplier specificity have a positive effect on long-term relationships between buyers and suppliers as well as long-term relationships between buyers and suppliers have a positive and significant impact on the performance of micro, small and medium enterprises."
2013
S44142
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyudi Sutopo
"In recent years, the rising competitive environment with shorter product life cycles and high customization forces
industries to increase their flexibility, speed up their response, and enhance concurrent engineering designs. To integrate
these prospects, supply chain collaboration becomes a pertinent strategy for industries to strengthen their
competitiveness. The network design problem is used to implement supply chain collaboration. In the buying and
selling process, sharing information between buyer and supplier are important to obtain a transaction decision. The
optimimum supply chain profit can be identified by mathematical model of network design problem. The Mathematical
Model takes into consideration the uncertainity in negotiation of supply chain, transportation problems, and locationallocation
of products from supplier to buyer in the planning based on the time value of money. The results show that
the model can be used to optimize the supply chain profit. The supplier gets a profit because income were received in
the initial contract, while the buyer profit comes from lower pay."
2016
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Hugo Priladi
"Seluruh perusahaan membutuhkan faktor produksi, termasuk tenaga kerja danbahan baku untuk menyediakan produk dan jasa kepada pelanggan mereka. Bahan baku pada umumnya diperoleh dari supplier, sedangkan tenaga kerja dan jasa lainnya dapat diperoleh dari internal perusahaan atau aktivitas outsourcing. Secara khusus, tujuan penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian yang telah ada dengan mengkaji pengaruh supplier selection terhadap partnership quality kemitraan dan supplier selection pada success of buyer-supplier relationship SBSR dan firm performance pada UKM restoran di Jakarta, Bogor dan Depok. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode survei denganmen distribusikan kuesioner kepada 96 responden yang merupakan pemilik/manajer restoran UKM di ketiga daerah tersebut, dan analisis hasil survei dilakukan dengan menggunakan partial least square structural equation model PLS SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supplier selection berpengaruh terhadap partnership quality dan SBSR, sedangkan partnership quality tidak berpengaruh terhadap SBSR serta SBSR berpengaruh terhadap firm performance.

All companies require all factors of production, including labor and raw materials, to provide goods and services to their customers. The raw materials are usually obtained from the suppliers, while labor and other services can be managed in house or obtained through outsourcing activities. Specifically, the objective of this research is to explore an existing model by assessing the influence of supplier selection on partnership quality, partnership quality and supplier selection on the success of buyer supplier relationship SBSR and firm performance of small medium restaurants in Jakarta, Bogor and Depok. A questionnaire is developed and distributed through a field survey to 96 respondents who are restaurant sowner manager in the aforementioned areas. Partial least square structural equation model PLS SEM is used to analize survey result. The research result shows that supplier selection has effect on partnership quality and SBSR, while partnership quality does not affect on SBSR, and SBSR has effect on firm performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T51409
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Primawaty
"Penggunaan pengadaan elektronik (e-Procurement) di dunia bisnis telah meningkat secara dramatis dalam dekade terakhir ini dengan makin banyaknya- perusahaan yang menggunakan teknologi Internet untuk pengadaan berbagai variasi barang dan jasa. Menjadi yang pertama atau setidaknya menjadi pendahulu dalam penggunaan e-Procurement telah menjadi langkah inti stratejik, untuk memastikan bahwa organisasi tidak akan tertinggal dalam kompetisi yang ada. Sejalan dengan pertumbuhan bisnis, banyak alat e-Procurement telah dikembangkan pada tahun-tahun terakhir ini untuk membantu organisasi mencari, membuat kontrak, dan membeli secara lebih efisien dan efektif. Salah satu alat yang sering digunakan di organisasi adalah electronic Reverse Auction dimana pemasok-pemasok potensial berkompetisi secara online dan pada 'waktu yang sebenarnya, menyediakan harga untuk barang atau jasa dalam sebuah lelang. Harga mulai pads tingkatan tertentu dan secara bertahap, sepanjang lelang tesebut, menurun seiring denga adanya perbaikan penawaran untuk mendapatkan kontrak yang ada. Metode electronic reverse auction telah terbukti menghasilkan penghematan di sisi finansiai dan efisiensi proses.
Banyak perusahaan di Indonesia, agar dapat bersaing secara global, telah mengaplikasikan e-Reverse Auction. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar mengaplikasikannya sejalan dengan strategi yang dimiliki oleh perusahaan induknya di luar negeri. Namun, masalah yang ada adalah apakah pemasok-pemasok di Indonesia telah siap untuk mendukung dan berpartisipasi dalam e-Reverse Auction untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari metode Untuk menjawab pertanyaan ini, fokus diarahkan pada studi kasus dari aplikasi e-Reverse Auction di salah satu perusahaan multinasional minyak dan gas burni di Indonesia, XYZ Indonesia Inc. (XYZI). Analisa dilakukan terhadap tiap dimensi dari model empirikal hubungan pembeli-pemasok. Dimensi-dimensi tersebut adalah kepercayaan, kepuasan, adaptasilinvestasi transaksi spesifik, kekuatan/ketergantungan, komunikasi, komitmen, dan kerja sama.
XYZ telah membuat perjanjian dengan satu dari pembuat pasar terdepat untuk e-Procuremennt, Ariba, untuk menyediakan dukungan terhadap e-Reverse Auction kepada seluruh anak perusahaan -XYZ secara global. Di Indonesia, XYZI telah mengaplikasikan e-Reverse Auction sejak kuartal keempat 2004 dan menyelesaikan lima lelang menggunakan e-RA. Penghematan total yang didapat adalah sebesar US$ 785,984.49 dan dinyatakan sebagai kesuksesan terhadap pengaplikasiannya. Namun, jumlah tersebut pada kenyataannya adalah jumlah kotor karena terdapat beberapa kehilangan selama proses. Kehilangan yang diidentifikasi sebagian besar berasal dari waktu pengerjaan dan investasi yang dibuat oleh pembeli XYZ dan pemasok.
Setelah menganalisa ketujuh dimensi dari hubungan pembeli-pemasok, kepercayaan dan komitmen merupakan dimensi-dimensi terkuat. Fokus sebaiknya dibuat lebih untuk adaptasil investasi transaksi spesifik, kekuatand ketergantungan, komunikasi, dan kerja sama untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari penggunaan e-Reverse Auction baik kepada pembeli maupun pemasok. Dimensi terakhir, kepuasan, lebih ditekankan pada pihak lain, Ariba, sebagai penyedia pembuat pasar.
Terakhir, beberapa strategi telah diajukan untuk mengembangkan e-Reverse Auction di XYZI. Strategi-strategi tersebut menyarankan untuk membuat perkenalan dan pendidikan terus menerus untuk e-Reverse Auction kepada semua pemasok-pemasok potensial XYZI, komitmen jangka panjang dengan pemasok sebagai basil lelang e-Reverse Auction, mempercepat waktu proses e-Reverse Auction, dan mendapatkan bantuan yang Iebih baik dari Ariba di Indonesia.

The use of electronic procurement (e-Procurement) in business has increased dramatically over this decade with more and more companies utilizing internet technology to procure a wide variety of goods and services. Being first or at least being early into the use of e-Procurement was considered a key strategic move, ensuring that the organization was not left behind the competition. In line with the nature growth of business, many e-Procurement tools have been developed over recent years to help organizations source, contract, and purchase more efficiently and effectively. One of the tools that commonly used in the organizations is electronic Reverse Auction (e-Reverse Auction) where potential suppliers are competing online and in 'real time', providing prices for the goods or services under an auction. Prices start at certain level and gradually, throughout the course of the auction, decline as suppliers offer improved terms in order to obtain the contract. This method of electronic reverse auction has been proven by many companies to provide savings in term of money and process efficiency.
Many companies in Indonesia, to be able to compete globally, have been implemented the e-Reverse Auction. These companies, mostly implemented it as an allignment to the strategy of its foreign parent company. However, the highlighted problem is whether the nature of suppliers in Indonesia is ready to support and participate in the e-Reverse Auction in order to obtain the most advantages of this method. To address this question, focus has been made to a case study of e-Reverse Auction implementation in one of the oil and gas multinational companies in Indonesia, XYZ Indonesia Inc. (XYZI). The analysis is made to each dimensions of empirical model of buyer supplier relationship. The dimensions are trust, satisfaction, adaptation) transaction specific investment, power/dependence, communication, commitment, and co-operation.
XYZI is an -Indonesian subsidiary of XYZ with location based in Houston. XYZ has came up with an agreement with one of the leading market makers for e-Procurement, Ariba, to provide support in e-Reverse Auction to all XYZ subsidiaries globally. In Indonesia, XYZI has implemented e-Reverse Auction since fourth quarter 2004 -and completed five tenders using e-RA as a result. A total savings of USS 785,984.49 has been claimed as a success to the implementation_ However, this claimed number is actually a - gross number due to several losses occured during the process. The losses identified are mostly in terms of time of process and investments made_ to both XYZI buyers and suppliers.
Having analyzed the seven dimensions of buyer-supplier relationship, trust and commitment have been considered the strongest dimensions. Focus should be made more in adaptation/ transaction specific investment, power/ depence, communication, and co-operation in order to gain the most advantage of e-Reverse Auction to both buyer and suppliers. The last dimension, satisfaction, is giving more attention to the other party, Ariba, as the market maker provider.
In the end, several strategies have been proposed to develop implementation of e-Reverse Auction in XYZI. The strategies are suggesting a continuous introduction and education of e-Reverse Auction to all future XYZI's suppliers, a long term commitment with supplier as a result of e-Reverse Auction tenders, speed up the timing of e-Reverse Auction process, and obtain a thorough assistance from Ariba in Indonesia.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006
T18454
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lucya Amanda
"[ABSTRAK
Tantangan bagi PT. Trakindo Utama pada saat ini adalah bagaimana memastikan
bahwa barang-barang direct memiliki supply management yang dapat diandalkan.
Terutama dalam pengadaan barang-barang direct yang berkualitas dan dengan
total biaya perolehan yang minimal. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang
penjualan (dealership), kualitas barang dituntut untuk selalu terjaga dengan baik
dan juga biaya perolehan barang hendaknya minimal agar PT. Trakindo
mendapatkan keleluasaan dalam pengambilan marjin. Pada saat ini gejala yang
ditemukan adalah adanya keluhan dari user (enjinir) maupun pelanggan yang
memesan barang direct, yang menyatakan bahwa barang tersebut sering terdapat
defect (cacat) ataupun spesifikasi yang dipesan tidak sesuai dengan yang diminta.
Jumlah retur juga semakin meningkat atas barang-barang direct. Berdasarkan
studi literatur dan jurnal, salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas barang dan
menurunkan total biaya perolehan adalah dengan membina buyer-supplier
relationship. Hal ini sesuai dengan karakterisik perusahaan dealership yaitu dapat
berusaha untuk meningkatkan kualitas dengan cara meningkatkan aspek diluar sisi
produksi fisik barang tersebut seperti dari sisi relasi dengan pemasoknya. Oleh
sebab itu, akan diteliti lebih lanjut pengaruh antara buyer-supplier relationship
dengan kualitas dan total biaya perolehan barang demi meningkatkan supply
management yang baik bagi PT. Trakindo Utama. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif, dengan pengolahan data menggunakan regresi linear serta
secara kualitatif dengan melakukan interview kepada pihak-pihak terkait
penelitian ini.

ABSTRACT
Challenge for PT. Trakindo Utama nowadays is about how to ensure direct item
have reliable supply management. Especially in procurement of direct goods
which require high quality and low total cost of ownership. As a company that run
dealership type of business, quality of goods is expected to be well maintained all
the time and also the total cost of ownership of the goods should be minimized in
order to get the opportunity to increase the margin. Currently, the symptom that
occured is there is complaint from the users (engineer)/ customer because of
defect or incorrect specification which does not comply with the intial order.
Number of return to vendor is increasing also. Based on literature study and
journal, one of the solution to improve the quality and decreasing the total cost of
ownership is via developing the buyer-supplier relationship. Therefore, this
research will continue to check whether there is influence of buyer-suppplier
relationship in quality and total cost in order to improve supply management in
PT. Trakindo Utama. This research is using descriptive method and data
processing using linear regression. Interview is performed to confirm the result of
linear regression to the parties that related to this research, Challenge for PT. Trakindo Utama nowadays is about how to ensure direct item
have reliable supply management. Especially in procurement of direct goods
which require high quality and low total cost of ownership. As a company that run
dealership type of business, quality of goods is expected to be well maintained all
the time and also the total cost of ownership of the goods should be minimized in
order to get the opportunity to increase the margin. Currently, the symptom that
occured is there is complaint from the users (engineer)/ customer because of
defect or incorrect specification which does not comply with the intial order.
Number of return to vendor is increasing also. Based on literature study and
journal, one of the solution to improve the quality and decreasing the total cost of
ownership is via developing the buyer-supplier relationship. Therefore, this
research will continue to check whether there is influence of buyer-suppplier
relationship in quality and total cost in order to improve supply management in
PT. Trakindo Utama. This research is using descriptive method and data
processing using linear regression. Interview is performed to confirm the result of
linear regression to the parties that related to this research]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dita Sari Suwandi
"Di tahun 2015, industri kecantikan Indonesia terus bertumbuh pesat hingga memunculkan merek-merek lokal dibidang kometika dan perawatan kulit yang menumbuhkan persaingan, baik dengan merek asing yang masuk ke pasar kecantikan Indonesia, ataupun dengan sesama merek lokal. Persaingan yang ketat, dapat membuat konsumen beralih ke produk lainnya, terutama adanya persaingan harga. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pengalaman merek terhadap loyalitas merek melalui kegemaran merek, hubungan diri dengan merek, dan afeksi merek pada konsumen merek perawatan kulit lokal Avoskin di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 122 responden. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis regresi mediasi (metode causal step) dan analisis sobel test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengalaman merek memengaruhi loyalitas merek, kegemaran merek, hubungan diri dengan merek dan afeksi merek secara signifikan, serta kegemaran merek, hubungan diri dengan merek dan afeksi merek memengaruhi loyalitas merek secara signifikan. Kemudian, berdasarkan hasil uji mediasi yang dilakukan, terdapat pengaruh pengalaman merek terhadap loyalitas merek melalui kegemaran merek, hubungan diri dengan merek dan afeksi merek. Penelitian ini merekomendasikan agar sebuah merek mampu memberikan pengalaman yang menumbuhkan keterikatan emosi yang spesifik seperti kegemaran, hubungan diri, dan afeksi pada konsumennya sehingga membangun hubungan jangka panjang.

In 2015, the Indonesian beauty industry has continued to grow especially for local cosmetics and skincare brands which led to a competition among fellow local and foreign beauty brands in Indonesia. Therefore, to be able to retain its consumers, a brand must be able to provide other things that can maintain consumer interest by ignoring the price. The purpose of this study was to analyze the effect of brand experience on brand loyalty through brand passion, self-brand connection, and brand affection towards the consumers of Avoskin in Jabodetabek. This study utilized a sample of 122 consumers of Avoskin by distributing online questionnaires. The data analysis in this study was carried out by descriptive analysis, mediation regression analysis and sobel analysis test. The finding revealed that brand experience significantly affected brand loyalty, through brand passion, self-brand connection, and brand affection, brand passiom, self-brand conncetion and brand affection influence significantly affected brand loyalty. Then, based on the mediation analysis, there is an mediation effect of brand experience on brand loyalty through brand passion, self-brand connection, and brand affection. This study offers recommedations for brands to give unique experiences that can raise emotional ties that will lead to a long-lasting brand loyalty"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Katon Prawoto
"ABSTRAK
Penelitian ini berfokus untuk meneliti pengaruh fitur website hedonik dan
utilitarian terhadap kepercayaan dan loyalitas dengan komitmen afektif dan
kalkulatif sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan pengunjung situs online
Traveloka sebagai objek penelitian. Data penelitian ini diolah dengan software
Lisrel 8.51, menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM). Tujuan
penelitian ini untuk menemukan bahwa fitur hedonik dan utilitarian merupakan
faktor penting yang harus difokuskan dalam menciptakan E-Loyalty terhadap
website. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa fitur hedonik dan utilitarian
berpengaruh signifikan terhadap komitmen afektif. Kemudian, komitmen afektif
mempengaruhi kepercayaan, sehingga dapat tercipta E-Loyalty. Dalam penelitian
ini komitmen kalkulatif tidak mempengaruhi kepercayaan dan E-Loyalty.

ABSTRACT
This study focuses on examining the influence of hedonic and utilitarian features
of the website toward trust and loyalty with affective and calculative commitment
as mediation. This study uses Traveloka online visitors as research objects. This
research data is processed by using Structural Equation Modeling (SEM)
technique with software Lisrel 8.51. The purpose of this study is to find the
hedonic and utilitarian features which are important factors for creating ELoyalty
to the website. The results of this data processing showed that the hedonic
and utilitarian features have significant effect on affective commitment.
Afterwards, affective commitment does affects trust to create E-Loyalty. Whereas,
calculative commitment does not affect the trust and E-Loyalty."
2017
S65962
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dudi Anandya
"Penelitiani ini mencoba melihat efek mediasi iklan yang terhadi pada dua kelompok berbeda berandaskan "Dual mediation Model". Serangkaian penelitian telah dilakukan untuk menemukan model terbaik, mengenai bagaimana konsumen mengintegrasikan informasi yang diterima. Karya ini merupakan replikasi dari penelitian Smith (1993) dengan melakukan beberapa adaptasi seperti (1) produk yang digunakan benar-benar produk yang baru memasuki pasar, (2) jumlah kelompok yang disederhanakan, (3) jumlah responden jauh lebih besar. Hasil analisis secara terpisah menunjukkan kesesuaian dengan teori yang dipakai. Sedangkan, hasil analisis secara simultan menggunakan dummy variabel menunjukkan hasil yang tidak sesuai dengan teori yang digunakan. Penelitian terhadap dua kelompok responden mahasiswa itu memberi kesimpulan bahwa produk kopi kaleng "Wong Coco Ice Coffee" seharusnya menggabungkan kekuatan iklan dan uji coba. Iklan berguna utnuk meningkatkan awareness konsumen terhadp suatu produk, sedangkan uji coba berguna utnuk memacu pembelian."
2002
JMIN-I-1-Feb2002-28
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Maudy Bunga Rosmita
"Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemasaran media sosial memiliki hubungan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan secara langsung dalam konteks Instagram @tokopedia. Namun, variabel pemasaran media sosial tidak memiliki hubungan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan melalui mediasi kepuasan pelanggan. Pemasaran melalui media sosial Instagram @tokopedia, seperti informasi mengenai cashback, diskon, gratis ongkir, dan lainnya, serta membuat konten-konten interaktif yang mengajak pengikut untuk berpartisipasi, terbukti dapat menarik pelanggan untuk puas dan menjadi loyal. Kemudian, Variabel kepercayaan merek memiliki hubungan terhadap loyalitas pelanggan baik secara langsung ataupun dengan mediasi kepuasan pelanggan. Tokopedia telah berhasil memenuhi semua aspek dari kepercayaan merek. Dengan demikian, loyalitas pelanggan dalam bentuk retensi, frekuensi pembelian, maupun WOM yang baik, adalah hasil dari meningkatnya kepercayaan pelanggan terhadap platform Tokopedia Penelitian ini diharapkan dapat membantu para manajer pemasaran khususnya di bidang industri e-commerce untuk mengoptimalkan strategi komunikasi pemasaran di media sosial dengan menggunakan pendekatan yang bersifat emosional terhadap pelanggannya untuk mendorong peningkatan loyalitas pelanggan.

The results of the study show that social media marketing have a significant relationship to customer loyalty directly in the context of Instagram @tokopedia. However, social media marketing do not have a significant relationship to customer loyalty through the mediation of customer satisfaction. Marketing through social media Instagram @tokopedia, such as information about cashback, discounts, free shipping, and more, as well as creating interactive content that invites followers to participate, has been proven to attract customers to be satisfied and loyal. Then, brand trust has a relationship to customer loyalty either directly or by mediating customer satisfaction. Tokopedia has succeeded in fulfilling all aspects of brand trust. Thus, customer loyalty in the form of good retention, purchase frequency, and WOM is the result of increased customer trust in the Tokopedia platform. This research is expected to help marketing managers, especially in the e-commerce industry, to optimize marketing communication strategies on social media by uses an emotional approach to its customers to encourage increased customer loyalty."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>