Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 27714 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Salsabila Annisa Arista
"Lanjut usia atau lansia adalah mereka yang berusia 60 tahun ke atas dan secara umum menghadapi penurunan kemampuan secara fisik, psikomotorik, dan sensorik. Akibat perubahan kondisi tersebut, tentunya lansia memiliki kebutuhan yang berbeda dibandingkan mereka yang berusia lebih muda. Sebagian besar fasilitas di tempat huni lansia masih menggunakan rancangan yang sama untuk orang dewasa secara umum, belum dirancang khusus untuk lansia, termasuk kamar mandi. Berdasarkan studi literatur terkait, ditemukan bahwa angka terjadinya kecelakaan di kamar mandi oleh lansia terus meningkat setiap tahunnya dan lansia wanita memiliki risiko untuk jatuh lebih tinggi dibandingkan pria. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan rancangan kamar mandi yang ergonomis untuk lanjut usia wanita. Secara garis besar, alur penelitian yang digunakan pada penelitian ini mengadaptasi dari 4 fase dalam Design Process oleh Hanington & Martin (2019). Untuk mengevaluasi hasil rancangan, dilakukan pengumpulan data feedback kepada target pengguna serta analisis postur dengan metode RULA, OWAS, dan LBA secara virtual. Hasilnya menunjukkan bahwa seluruh responden sudah puas dengan hasil akhir rancangan setelah melalui tahap perbaikan. Hasil analisis postur pada rancangan akhir menunjukkan bahwa tidak ada permasalahan pada semua postur yang diuji saat melakukan berbagai aktivitas di rancangan akhir.

Elderly are those who aged 60 years old and over and generally face a decline in physical, psychomotor, and sensory abilities. As the result of those changing conditions, elderly have different needs compared to those who are younger. Most of the facilities in elderly homes still use the same design for adults in general, not specifically designed for the elderly, including bathrooms. Based on related literature studies, it was found that the number of accidents in the bathroom by the elderly continues to increase every year and elderly women have a higher risk of falling than men. Therefore, this study was conducted to produce an ergonomic bathroom design for elderly women. The research flow used in this study was adapted from 4 phases in the Design Process by Hanington & Martin (2019). To evaluate the result of the design, a target users feedback data collection and virtual posture analysis using the RULA, OWAS, and LBA methods was conducted. The results show that all respondents were satisfied with the final design results after going through the refinement phases. The results of posture analysis in the final design show that there are no problems in all postures tested when carrying out various activities in the final design.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabila Annisa Arista
"Populasi lanjut usia (lansia) di dunia saat ini terus meningkat, dimana populasi lansia tersebut sudah mencapai lebih dari 7 persen dari total populasi. Peningkatan populasi lansia ini terjadi setiap tahunnya di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Secara umum, lansia mengalami perubahan pada kondisi fisiknya, salah satunya adalah instabilitas atau jatuh. Ditemukan beberapa penelitian yang mengatakan bahwa kecelakaan jatuh merupakan salah satu penyebab utama kematian pada lansia dan umum terjadi di lingkungan rumah. Beberapa penelitian mengenai rancangan kamar mandi ramah lansia ditemukan. Namun, penelitian mengenai perancangan kamar mandi ramah lansia di Indonesia masih relatif terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan kamar mandi umum untuk lansia wanita di panti jompo. Evaluasi postur dengan metode RULA, LBA, dan OWAS, serta analisis keselamatan dengan metode Job Safety Analysis dilakukan untuk mengevaluasi hasil desain. Hasil menunjukkan bahwa rancangan kamar mandi umum ini sudah sesuai untuk digunakan oleh lansia wanita Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi pedoman untuk perancangan kamar mandi umum ramah lansia, terutama untuk lansia wanita, dan dapat diimplementasikan di panti jompo di Indonesia

.Aging population is currently rising in the world, where the elderly population exceeds 7 percent of the total population. Elderly population are continually increasing from year to year, which occurs globally, including in Indonesia. In general, elderly experience changes in their physical conditions, one of them is instability or falls. There are several studies stated that falls are one of the main causes of death due to accidents among the elderly and most likely happens in home environment, especially bathrooms. Previous studies about elderly-friendly bathroom are found. However, research related to bathroom design for elderly in Indonesia is still considerably limited. This research aims to produce public bathroom design for elderly women in nursing homes. Posture evaluation using RULA, LBA, and OWAS and safety analysis using Job Safety Analysis are performed to evaluate the design. The results show that the public bathroom design is suitable to be used by Indonesian elderly women. The results of this research are expected to be a guide for designing elderly-friendly public bathroom, especially for older women, that can be implemented in nursing homes in Indonesia."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hasiholan, Bonardo Prayogo
"Lansia merupakan kelompok usia yang sudah mengalami degenerasi di berbagai aspek seperti antropometri dan kemampuan fisiologis. Namun peralatan yang dipakai lansia dalam kegiatannya masih cenderung disamakan dengan kondisi usia dewasa. Ketidakcocokan peralatan dan kemampuan tubuh dapat memicu risiko kesehatan dan keselamatan bagi lansia yaitu jatuh. Lokasi yang memiliki tingkat risiko tinggi jatuh diantaranya adalah kamar mandi dan kamar tidur.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan semi-kuantitatif. Sasaran penelitian yaitu lansia yang bertatus mandiri di PSTW Budi Mulia 1 berjumlah 80 orang. Lokasi yang menjadi fokus penelitian adalah Wisma Catelya dan Wisma Edelweis. Pengambilan data dilakukan dengan pengukuran pada antropometri, tingkat pencahayaan, dimensi fasilitas pada kamar mandi dan kamar tidur. Selain itu, pengambilan data dilakukan dengan observasi dan wawancara untuk mendapatkan kemampuan fisiologis lansia, aktivitas yang dilakukan, tata letak, dan keadaan lantai.
Hasil penelitian menunjukkan masih ditemukan aspek-aspek pada fasilitas di kamar tidur dan di kamar mandi yang tidak ergonomis bagi lansia. Oleh sebab itu diperlukan perbaikan di beberapa aspek agar lebih aman digunakan oleh penghuni lansia.

Elderly is a population that degenerates in various aspects such as anthropometry and physiological abilities. However, the equipments that are used still tend to be made for general adult condition. The incompatibility of the equipments and the ability of the elderly can trigger a health and safety risk for the elderly such as fall. Locations with high risk of falling are the bathrooms and bedrooms.
This research is a descriptive with semi quantitative approach. The research target is elderly with independent status in PSTW Budi Mulia 1 which amounts to 80 people. This study focuses on Catelya House and Edelweis House. Data collection was done by measuring anthropometry, lighting level, facility dimension in the bathroom and bedroom. Additional data was collected through observation and interview to get the physiological ability of elderly, daily activities, layout, and floor condition.
The results showed that the facility in the bedroom and in the bathroom is not ergonomic for the elderly. Therefore, it is necessary to improve in some aspects to be safer for elderly residents.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feronika
"Perusahaan manufaktur merupakan jenis perusahaan yang melibatkan banyak pekerja terutama pada lini packaging. Keterlibatan banyak pekerja tersebut sering kali tidak didasarkan pada perhitungan jumlah optimal pekerja dan kondisi stasiun kerja yang tidak mendukung kenyamanan kerja yang ergonomis. Padahal kenyamanan kerja merupakan salah satu faktor penunjang performa dan produktivitas kerja. Untuk itu perlu dirancang stasiun kerja yang ergonomis dan penentuan jumlah pekerja yang optimal, sehingga efisiensi dan produktivitas meningkat. Dalam rangka mencapai kedua hal tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode simulasi software Jack dan ProModel.
Simulasi software Jack digunakan untuk menganalisis pengaruh perubahan rancangan stasiun kerja terhadap performa pekerja dengan indikator nilai PEI (Posture Evaluation Index), dimana tingkat kenyamanan tertinggi diperoleh pada nilai PEI terendah. Simulasi dengan menggunakan ProModel digunakan untuk menganalisis pengaruh jumlah pekerja dan kecepatan konveyor terhadap tingkat utilisasi masing-masing pekerja untuk kemudian menentukan jumlah pekerja dan kecepatan konveyor yang ideal, Sehingga didapat tingkat utilisasi yang tinggi dan seimbang pada statsiun kerja.

Manufacture company involving lot of worker especially on its packaging line. It is often that the involvement of the workers doesn't be based on the optimal calculation and don't follow with the adjustment between workstation and the need of worker about convenience at work. Infract, convenience is one of the important factor which is supporting worker performance and productivity. So the ergonomic design of workstation and optimal calculation of worker on that ergonomic workstation are very crucial things to do because those things can create working convenience, efficiency, and high working productivity on that workstation. To make those things happen, this research is held with using two simulation methods. Two simulation methods are Jack simulation and ProModel simulation.
Simulation with Jack is being used for analyzing the effect of workstation design changing on worker performance which is scored with PEI (Posture Evaluation Index) method. The result from Jack analysis is further use for deciding the workstation design where the highest level of convenience can be achieved at the lowest PEI score. Simulation with ProModel is being used for analyzing the effect of number of worker and conveyor speed to worker utilization and also for deciding the number of worker and conveyor speed which can give the highest and most balance worker utilization level.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51947
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sharmi Mahdi
AUVI Indonesia Indah, 1987
747.78 SHA k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Clara Puspita Ningrum
"Perkembangan dunia esports (electronic sports) atau olahraga elektronik dalam skema kompetitif sangatlah pesat. Jumlah penonton esports mencapai 397,8 juta di tahun 2019 lalu dan diperkirakan akan mencapai 577,2 juta di tahun 2024 mendatang. Jumlah penghasilan para atlit esports mencapai 1,5 miliar USD dari sponsor dan hadiah kompetisi profesional. Pasar global esports diperkirakan akan mencapai 2,89 miliar USD pada tahun 2025. Banyak para atlit yang menjadikan esports sebagai pekerjaan utama mereka. Para atlit tersebut berlatih selama 3 hingga 8 jam dalam sehari demi meningkatkan performa saat bertanding di kompetisi profesional. Potensi risiko kerja yang dialami altit esports tersebut hampir sama dengan risiko kerja yang dialami oleh atlit olahraga. Risiko yang dialami termasuk risiko muskuloskeletal, ergonomis, biologis dan psikososial. Penulis bermaksud untuk merancang fasilitas yang ergonomis yang dapat digunakan oleh para atlit esports untuk mendukung mereka dalam melakukan latihan berdasarkan pendekatan ergonomi. Perancangan fasilitas ini disesuaikan dengan postur kerja dan antropometri atlit esports di Indonesia. Fasilitas pendukung yang dirancang berupa kursi gaming ergonomis yang dapat digunakan oleh para atlit mobile esports yang ada di Indonesia. Fasilitas ini dapat membantu memperbaiki postur kerja dari para atlit mobile esports sehingga mengurangi risiko terjadinya gangguan muskuloskeletal.

The development of the world of esports (electronic sports) in a competitive scheme is very rapid. The number of esports viewers reached 397.8 million in 2019 and is expected to reach 577.2 million in 2024. The total income of esports athletes reaches 1.5 billion USD from sponsorships and professional competition prizes. The global esports market is expected to reach 2.89 billion USD by 2025. Many athletes make esports their main job. The athletes train for 3 to 8 hours a day to improve their performance when competing in professional competitions. The potential work risk experienced by esports athletes is almost the same as the work risk experienced by sports athletes. Risks include musculoskeletal, ergonomic, biological and psychosocial risks. The author intends to design ergonomic facilities that can be used by esports athletes to support them in performing exercises based on ergonomic approaches. The design of this facility is adjusted to the working posture and anthropometry of esports athletes in Indonesia. Supporting facilities designed in the form of ergonomic gaming chairs that can be used by mobile esports athletes in Indonesia. This facility can help improve the working posture of mobile esports athletes so as to reduce the risk of musculoskeletal disorders."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Frita Afrianty Triswara
"ABSTRAK
Globalisasi telah membawa semakin banyaknya program asing di pertelevisian
disiarkan oleh stasiun televisi nasional. Subtitle memiliki peran penting untuk
membantu penonton televisi dalam memahami program-program asing. Unsur
yang penting dalam menayangkan subtitle yang memberikan kenyamanan dan
pemahaman baik bagi penontonnya adalah bahasa translasi yang mudah dimengerti
dan presentasi terjemahan. Presentasi terjemahan akan mempengaruhi keterbacaan
subtitle. Kondisi subtitle di pertelevisian Indonesia memiliki beragam bentuk pada
presentasi terjemahan, baik dari bentuk huruf yang digunakan, warna huruf, ukuran
huruf, banyaknya karakter dan kata yang digunakan dalam satu kali tampilan, posisi
teks dan lama munculnya teks. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain
subtitle pada program film katagori RBO di Indonesia dengan menganalisa aspek
ergonomis. Aspek ergonomis yang dimaksud disini adalah Kecepatan Efektif
Membaca (KEM), dan presentasi terjemahan. Pada penelitian ini dilakukan analisa
terhadap 7 kombinasi dari atribut subtitle yang didapatkan melalui metode conjoint
analysis, Sementara untuk pengambilan data dilakukan dengan metode eye
tracking. Pengolahan data dilakukan dengan penghitungan Kecepatan Efektif
Membaca (KEM) dan metode Probabilistic Hits.

ABSTRACT
Globalization has bring many foreign television programs broadcasted in national
television. Subtitle play an important role to help audience understand foreign
television program. Important factors on subtitle to give comfortness and
comprehension for audience are translation and text presentation. Text presentation
will affect the subtitle’s readibility. Subtitle Indonesia has various form on text
presentation, start on font type, font color, font size, number of characters, text
position and duration text on screen. The purpose of this research was to propose
subtitle design on parental guidance (PG-13) movie program in Indonesia by
analysing ergonomic aspect. Ergonomic aspect on this research are audience
reading speed and text presentation. On this research, there are seven combination
on subtitle’s attribute as a result from conjoint analysis method, while eye tracking
method was used to capture audience’s eye movement. This research used reading
speed formula and probabilistic hits method for data tabulation."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53973
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Universal design is a design is a design approach which considering that all products, building, exterior and interior spaces be usable to the greatest possible extent by all, regardless of ages and abilities...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Seno Gumira Ajidarma, 1958-
Yogyakarta: Jogja Bangkit , 2017
899.221 SEN d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Izzuddin Gassing
"Penduduk lanjut usia di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Menurut data dari BPS tahun 2021, terdapat 43,29% lansia yang berasal dari rumah tangga dengan ekonomi rendah. Kebutuhan hidup para lansia semakin meningkat, namun berbanding terbalik dengan pendapatan yang mereka terima. Salah satu solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan produk reverse mortgage. Berdasarkan dari Korean Reverse Mortgage, pihak bank atau lembaga keuangan akan memberikan sejumlah uang tunai kepada pemilik rumah dan pemilik rumah akan tetap dapat tinggal di rumah tersebut selama sisa masa hidupnya. Namun, produk reverse mortgage masih belum populer di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan simulasi perhitungan manfaat bulanan yang diterima peminjam, dan menghitung net loss bagi pihak pemberi pinjaman serta akan dilakukan prediksi terhadap pergerakan tingkat kenaikan harga rumah menggunakan Gerak Geometrik Brownian, dan model Vasicek untuk memprediksi pergerakan tingkat suku bunga berdasarkan data dari Bank Indonesia. Setelah dilakukan simulasi produk reverse mortgage menggunakan data yang dihasilkan dari prediksi, produk reverse mortgage dapat diaplikasikan dengan baik serta dapat memberikan keuntungan terhadap dua belah pihak. Diharapkan dengan adanya produk reverse mortgage ini dapat membantu mengatasi masalah perekonomian untuk memenuhi kebutuhan hidup penduduk lansia di Indonesia.

The elderly population in Indonesia is increasing year by year. According to data from BPS in 2021, 43.29% of the elderly come from low-income households. The living expenses of the elderly are rising, but their income is not keeping up with the pace. One potential solution to address this issue is through the implementation of a reverse mortgage product. In this product, banks or financial institutions would provide a certain amount of cash to the homeowners, allowing them to continue living in their homes for the rest of their lives. However, the reverse mortgage product is not yet popular in Indonesia. This research aims to simulate the monthly benefits received by borrowers, calculate the net loss for the lenders, and predict the movement of housing price increases using the Geometric Brownian Motion and the Vasicek model to forecast changes in interest rates based on data from Bank Indonesia. After conducting simulations of the reverse mortgage product using the generated prediction data, it can be implemented successfully without causing losses for both parties. It is hoped that the introduction of this reverse mortgage product can help address the economic problems faced by the elderly population in Indonesia and meet their living needs."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>