Ditemukan 1573 dokumen yang sesuai dengan query
Jakarta: PT. Ina Publiktama, 2013
720 TAT 06 (2013)
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Jakarta: Archipelago Press, 1998
R 720.9 ARC
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Singapore: Archipelago Press, 1998
720 ARC
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Singapore : Archipelago, 1998
720 ARC
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Farida Indriani
"Metafora hubungan konsumen dengan merek telah mendominasi pemikiran pemasaran dan praktek. Meskipun demikian, masih ada keterbatasan penjelasan mengenai fenomena transgression dalam domain produk konsumsi, khususnya di tingkat merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand transgression terhadap hubungan konsumen dengan merek. Sebagai inspirasi, penelitian ini mengacu pada teori hubungan interpersonal, yang menekankan pada penilaian dari kesalahan dan keseriusan dampak dari brand transgression; serta teori keadilan distributif, yang mempertimbangkan prinsip keadilan dan keseimbangan antara manfaat dan biaya. Selain itu, efek dari kedekatan hubungan konsumen dengan merek juga sangat menarik untuk diteliti, karena potensinya dalam mempengaruhi brand behavioral intention.
Penelitian ini dilakukan pada tiga studi eksperimen. Studi pertama meneliti dampak dari brand transgression, brand relationship closeness dan kategori product involvement terhadap brand behavioral intention. Studi kedua meneliti dampak dari brand transgression, brand relationship closeness dan upaya pemulihan apology terhadap brand behavioral intention. Studi ketiga meneliti dampak dari brand scandal, brand relationship closeness dan upaya pemulihan brand recall terhadap brand behavioral intention. Hasil pada semua studi menunjukkan bahwa brand transgression, brand relationship closeness, kategori product involvement dan upaya pemulihan merupakan kunci untuk memahami perbedaan perilaku konsumen pada saat peristiwa brand transgression.
Although the consumer-brand relationships metaphor dominates contemporary marketing thought and practice, surprisingly little empirical work has been conducted on transgression phenomena in the consumer products domain, particularly at the level of the brand. The aim of this research was to investigate how brand transgression influence consumer relationships with the brand. For inspiration, this research draws on interpersonal relationship theory, which highlights judgments of culpability and seriousness of the brand transgression, and distributive justice theory, which considers the fairness and equity-balance of benefits and costs. Furthermore, the effects of brand relationship closeness also become especially interesting in this regard, due to their potential to influence brand behavioral intention. This research was conducted on three experiment studies. First study examines the impacts of brand transgression, brand relationship closeness and product involvement on brand behavioral intention. Second study examines the impacts of brand transgression, brand relationship closeness and apology on brand behavioral intention. Third study examines the impacts of brand scandal, brand relationship closeness and brand recall on brand behavioral intention. Across all of these studies, results show that brand transgression type, brand relationship closeness, product involvement and recovery effort are a key construct to understanding the differences in behaviors following brand transgression."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
D-Pdf
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
Arthanti Ayu Puspaningrum
"Dengan datangnya era VUCA-BANI dan kompetisi yang ketat akibat pemain yang semakin padat, kasus brand transgression seringkali dialami merek-merek dalam industri kecantikan. Nobi et al (2021) dalam penelitianya menyatakan bahwa hal ini dapat diatasi dengan mendorong brand forgiveness dan brand evangelism untuk dapat meningkatkan brand relationship quality pasca terjadinya kasus. Skripsi ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh brand transgression terhadap brand relationship quality melalui brand forgiveness dan brand evangelism sebagai variabel mediasi. Objek penelitian yang digunakan peneliti adalah kasus brand transgression yang dialami oleh merek kecantikan Carasun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei berdasarkan purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 105 responden yang didapatkan melalui online questionnaire. Dengan analisis menggunakan teknik analisis jalur dan pengujian hipotesis menggunakan sobel test, penelitian ini menemukan bahwa brand transgression berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand relationship quality dimediasi oleh brand forgiveness pada kasus merek Carasun. Selain itu, ditemukan juga bahwa hipotesis kedua ditolak yaitu brand transgression berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap brand relationship quality dimediasi oleh brand evangelism pada kasus merek Carasun. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi dan saran bagi perusahaan pra dan pasca terjadinya brand transgression. Dengan diterimanya hipotesis pertama, usaha Carasun dinilai efektif. Untuk itu, perusahaan dapat mencontoh upaya Carasun dalam mendorong brand forgiveness. Selain itu dengan diterimanya hipotesis kedua, maka perusahaan dapat fokus mendorong faktor lain yang mempengaruhi brand evangelism dikarenakan masih ditemukanya pengaruh positif dan signifikan kepada variabel brand relationship quality.
With the arrival of the VUCA-BANI era and intense competition due to increasingly denser players, brand transgression cases are often experienced by brands in the beauty industry. Nobi et al (2021) in their research stated that this can be overcome by encouraging brand forgiveness and brand evangelism to be able to improve brand relationship quality after a case has occurred. This thesis aims to analyze how brand transgression influences brand relationship quality through brand forgiveness and brand evangelism as mediating variables. The research object used by researchers is the case of brand transgression experienced by the beauty brand Carasun. This study uses a quantitative approach through a survey method based on purposive sampling. The number of respondents in this study were 105 respondents who were obtained through an online questionnaire. By analyzing using path analysis techniques and testing hypotheses using the sobel test, this study found that brand transgression has a positive and significant effect on brand relationship quality mediated by brand forgiveness in the case of the Carasun brand. In addition, it was also found that the second hypothesis was rejected. This research is expected to provide recommendations and suggestions for companies before and after a brand transgression occurs. With the acceptance of the first hypothesis, Carasun's efforts are considered effective. For this reason, companies can emulate Carasun's efforts in encouraging brand forgiveness. Besides that, by accepting the second hypothesis, the company can focus on encouraging other factors that influence brand evangelism because there is still a positive and significant influence on the brand relationship quality variable."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Melissa Berlina
"Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis pelanggaran terhadap Tatanan Simbolik dan konflik yang timbul sebagai akibatnya dalam Film Normal. Keinginan tokoh Roy untuk mengubah identitas gendernya melanggar Tatanan Simbolik sehingga menimbulkan sejumlah konflik. Konflik yang muncul antara lain adalah konflik di dalam ruang publik, ruang privat, dan di dalam diri Roy sendiri. Konflik pada ruang publik terbagi menjadi konflik di dalam tempat kerja Roy dan gereja, dan konflik pada ruang privat merupakan konflik di dalam keluarga Roy yang terbagi menjadi konflik di antara Roy dengan istrinya, ayahnya, dan anaknya. Konflik-konflik yang muncul sebagai akibat pelanggaran Tatanan Simbolik yang dilakukan Roy dengan mengganti identitas gendernya inilah yang akan menjadi akan menjadi fokus pada penelitian ini. Teori psikoanalisa Jacques Lacan akan digunakan untuk menganalisis fokus permasalahan tersebut.
This writing intends to analyze the transgression of the Symbolic order and the conflicts that appear in the movie Normal. The character Roy’s wish to change his gender identity breaks The Symbolic Order, and thus creates conflicts. The conflicts that appear are those in the public room, in the private room, and inside Roy himself. The conflict in the public room consists of the conflicts in Roy’s workplace and the church, while the conflict in the private room consists of those between Roy and his wife, Roy and his father, and Roy and his son. The conflicts that arise as the cause of the transgression of the Symbolic Order by changing his gender identity will be the focus of this research. Jacques Lacan’s psychoanalytic theory will be used to analyze this focus."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S52926
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Scully, Vincent, Jr., 1920-2017
New York: G. Braziller, 1974
724.9 SCU m
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Umar Hifzhulhaq Sulaiman
"Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa dalam situasi tertentu pemimpin yang melakukan transgresi tetap didukung oleh pengikut dan proses tersebut dipengaruhi oleh prototipikalitas. Namun, penelitian sebelumnya masih membandingkan antara pemimpin transgresif, bukan antara pemimpin transgresif dan normatif, serta belum mengeksplorasi pengaruh perbedaan individu pengikut. Berdasarkan teori kepemimpinan identitas dan ketidakpastian diri, penelitian ini membandingkan pengesahan pemimpin transgresif vs. normatif yang dimoderasi prototipikalitas pemimpin. Penelitian ini juga menguji pengaruh ketidakpastian diri terhadap prototipikalitas dalam interaksi tiga arah. Eksperimen daring (N = 190), mengukur ketidakpastian diri partisipan dan menggunakan vignette dengan kondisi 2 (transgresif dan normatif) x 2 (prototipikal dan nonprototipikal), dilakukan untuk menguji hipotesis. Analisis regresi majemuk menunjukkan bahwa pemimpin transgresif mendapatkan pengesahan yang lebih rendah dibandingkan pemimpin normatif. Perbedaan tersebut lebih kecil ketika pemimpin prototipikal dan pengikut memiliki ketidakpastian diri tinggi. Namun, pengaruh moderasi prototipikalitas dan interaksi tiga arah dengan ketidakpastian diri tidak signifikan. Analisis eksploratori menunjukkan terdapat perbedaan antara pemimpin prototipikal dan nonprototipikal yang dimoderasi oleh transgresi pemimpin dan ketidakpastian diri pengikut. Beberapa saran perbaikan penelitian didiskusikan meliputi desain studi, teknik manipulasi, dan metode analisis. Secara keseluruhan, penelitian ini berhasil mengobservasi beberapa temuan yang sejalan dengan penelitian terdahulu.
Previous studies have shown that in some situations leaders who transgress are still supported by their followers and leader prototypicality contributes to this process. However, previous studies primarily compared evaluations between transgressive leaders and not between normative and transgressive leaders; investigation on the influence of follower’s individual differences is also limited. Based on identity leadership theory and uncertainty identity theory, this study compared endorsement for transgressive vs. normative leader, moderated by prototypicality. This study also tested the role of followers’ self-uncertainty on prototypicality in a three way interaction. Online experiment (N = 190), measuring self-uncertainty and utilizing vignette with 2 (transgressive and normative) x 2 (prototypical and nonprototypical) between subject conditions, is conducted to test the hypotheses. Analysis using multiple regression showed transgressive leader received lower endorsement compared to normative leader. Aforementioned difference was attenuated when the leader was prototypical and follower’s self-uncertainty was high. However, those moderational effects were not significant. Exploratory analysis revealed differences in endorsement received based on leader prototypicality, which were moderated by leader transgression and follower self-uncertainty. Some suggestions for improving the study are discussed including suggestions on study design, manipulation, and analytical technique. Overall, this study observed several findings in line with previous study. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Moore, Charles Willard, 1925-1993
London: Thomas and Hudson, 1994
714 MOO w (1)
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library