Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10699 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Berlian Helmy
"ABSTRAK
Laut Cina Selatan (LCS) sudah menjadi isu utama bagi pemerintahan RI karena kaitannya
dengan masalah pengamanan kedaulatan wilayah RI yang bersentuhan dengan kepentingan
negara-negara yang terlibat di dalamnya. Indonesia memliki kepentingan dalam sengketa
LCS karena sebagian dari ZEE Indonesia bertentangan dengan 9 garis putus-putus cina.
Meskipun Indonesia bukan negara yang bersengkata langsung (non-claimant states), akan
tetapi apabila tidak dikelola dengan baik, akan memicu konflik antar negara yang dapat
mengancam keamanan wilayah RI. Untuk mendalami permasalahan ini, penulis akan
menggunakan 1,5 track diplomacy sebagai cara utama untuk mengelola potensi konflik di
wilayah LCS. 1,5 track diplomacy adalah gabungan antara track 1 diplomacy dan track 2
diplomacy. 1,5 track diplomacy mengedepankan low-politics yang djalankan oleh negara
maupun LSM dalam koordinasinya untuk menciptakan sinkronisasi dan harmonisasi untuk
meredam potensi konflik resolusi secara konstruktif. Dengan demikian, teori liberalism
menguatkan pembenaran bahwa LSM dan negara mempunyai peran yang luar biasa dan sangat
menentukan dalam politik global bagi pengelolaan potensi konflik untuk ditransformasikan
menjadi potensi kerjasama yang saling menguntungkan. 1,5 track diplomacy merupakan
pilihan strategi yang paling tepat dalam menghasilkan konstruksi keamanan baru yang lebih
konstruktif sehingga implementasinya perlu dikedepankan oleh Indonesia sebagai negara
besar yang paling berpengaruh di kawasan."
Jakarta : Biro Humas Settama Lemhannas RI , 2019
321 JKLHN 40 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Joesep Andrea Lutfi
"Kereta api sampai dengan saat ini merupakan moda transportasi unggulan di berbagai wilayah di belahan dunia manapun. Kelebihan kereta api dalam hal mengangkut penumpang maupun barang dalam jumlah besar di dalam satu perjalanan tidak dapat disaingi oleh angkutan moda darat lainnya. Dengan demikian, efisiensi dan efektifitas kegiatan perangkutan dengan kereta api sangat besar nilainya, dan bila diteliti lebih lanjut lagi akan ditemukan berbagai penghematan, dalam hal ini nilai ke-ekonomian, yang akan dihasilkan sebagai akibat penggunaan transportasi massal ini. Beberapa kecelakaan, keterlambatan jadwal perjalanan dan penurunan kecepatan operasional KA sudah sangat mengganggu aktifitas bisnis utama perusahaan dalam menyediakan jasa transportasi angkutan KA. Salah satu penyebab dari tidak andalnya operasional kereta berasal dari kurang baiknya performansi prasarana jalan rel yang disebabkan tertundanya beberapa program pemeliharaan jalan rel. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan alat bantu manajemen di dalam perawatan jalan KA dengan melakukan penerapan VE yang sesuai dengan prinsip-prinsip dan teknik standar internasional VE. Penelitian dilakukan dengan meneliti faktor-faktor dominan pada perawatan jalan rel dan penerapan VE dalam rangka efisiensi biaya perawatan jalan rel. Selain itu pada laporan ini juga dibuat pemodelan VE untuk perawatan jalan rel. Dari hasil temuan penelitian diharapkan para pengambil kebijakan di PT Kereta Api (Persero) dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Departemen Perhubungan dapat menerapkan VE sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan efisiensi biaya perawatan jalan rel kereta api.

Rail transportation, so far, is known as the most efficient transportation mode in the world. With its ability to carry passengers and goods in such a massive way, the existance of rail transportation is second to none compared with the other land transportation mode. Therefore, the value of its efficiency and effectivity is so immense, and should an in-depth research is carried out to find more fact about railway, we will discover many savings, in term of economical value, as the result of this mass transportation use. However, there are issues regarding train accident and delayed schedule hamper the railway operation in Indonesia, and, somehow, have been causing disturbance on its business. The quality of track structure and materials are supposed to be one of the reasons why the performance of train operation declines. It happens since there are numbers of postponed maintenance programs. An effort to overcome such problems is needed, and it provides value engineering as suitable tool for management to solve the problem emerged. This research will convey the most dominant factor of track maintenance as the result of fact-finding during the analysis and the application of value engineering for cost efficiency on track maintenance. Moreover, The modelling of VE simulation for track maintenance will be made to underpin the research. The research is addressed to rail transportation stakeholders, especially the Indonesian Railway Company and the General Directorate of Railway of Ministry of Transportation, to be able to conduct value engineering as an aid to solve problems and to enhance the efficiency of track maintenace cost."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T31390
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rakhmat Adi Sampurno
"Pertumbuhan jumlah penduduk dan pertumbuhan PDRB merupakan faktorfaktor penting yang mempengaruhi terciptanya kegiatan transportasi. Ser3nua variabel diatas merupakan suatu variabel yang bersifat linear artinya jumlah dari masingmasing variabel tersebut akan meningkat dari tahun ke tahun. Kereta merupakan salah sate mods transportasi yang memfasilitasi kebutuhan perjalanan. Sebagai moda transportasi yang murah,cepat,bebas macet dan hemat energi kereta akan menjadi salah satu moda transportasi masa depan mengingat kemacetan di daerah Jabotabek sudah semakin tidak terbendung. Serpong dan Tanah Abang merupakan dua daerah yang mewakili zona origin (sebagai trip maker) dan destination (sebagai trip attraction). Kedua daerah tersebut di fasilitasi dengan jalur Kereta Rel Listrik Jabotabek yang menggunakan sistem jalur tunggal (single track). Berdasarkan data data jumlah penumpang,temyata petak jalan Pondok Ranji - Kebayoran merupakan petak jalan yang terpadat. Maka analisis perhitungan dikonsentrasikan pada bagian ini. Dengan melakukan peramalan (forecasting) jundah penumpang, yang menggunakan metode regresi linear, dilakukan perbandingan antara pertumbuhan jumlah penumpang dengan kapasitas yang tersedia. Tujuannya adalah untuk menentukan sampai kapan jalur tunggal ini masih bisa melayani jumlah penumpang yang melewati jalur Tanah Abang - Serpong. Ternyata pada tahun 2007 fluktuasi jumlah penumpang yang menggunakan fasilitas single track ini sudah tidak bisa dilayani lagi. Load Factor pada tahun 2007 adalah 1.057 sehingga pada tahun 2007 jalur Tanah Abang- Serpong sudah membutuhkan penambahan jalur baru yaitu dengan sistem jalur ganda (double track). Dengan menggunakan sistem jalur ganda ini akan menambah kapasitas hingga dua kali lipat dibanding kapasitas jalur tunggal (tergantung ketentuan headway mini mum),mempersingkat headway,dan mempersingkat travel lime . Hal tersebut dikarenakan pada sistem jalur ganda ini kereta dapat bersilangan di antara block sinyal dan di antara petak jalan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S35260
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Berridge, G. R
New York: Berridge, 2005
327.222 BER d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Berridge, G. R.
London: Prentice-Hall, 1995
327.2 BER d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Respiratori Saddam Al Jihad
Jakarta: PT Pustaka Alvabet, 2022
327.2 RES s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Human rights is an elusive concept that is often be disputed in the practics of Indonesia's human rights diplomacy and although it is widely accepted but few have a genuine belief in Indonesia's political will to promote human rights..."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Cattell, David T.
Los Angeeles, Cal. : University of California Press, 1957
946.081 CAT s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Berle, Adolf A., Jr.
New York: Harper & Row, , 1962
327.2 BER l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Against the backdrop of our young democracy, the conduct of Indonesia's diplomacy in the Netherlands has always been challenging. the majority of Dutch people have good image about Islam and in particular, about their fellow Muslim citizens. There is a strong conscience among communities in the Netherlands to mountain harmony and integration."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>