Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 128015 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aprilia Mardiastuti
"Menghadapi era industri 4.0, Perpustakaan UGM memanfaatkan media viral untuk memasarkan produk dan layanannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pemanfaatan media viral untuk memasarkan produk dan layanan Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, serta memberikan usulan pengembangannya di masa depan. Penelitian
yang dilakukan berjenis deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara kepada 8 orang informan dan diskusi kelompok. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi dengan menggunakan analisis SWOT. Media viral yang dimanfaatkan Perpustakaan UGM untuk memasarkan produk dan layanannya berupa media sosial dan website. Produk dan layanan perpustakaan yang dipasarkan meliputi
koleksi, unit pelayanan, dan kegiatan. Perpustakaan UGM telah memanfaatkan media yang bersifat viral untuk untuk memasarkan produk dan layanan yang ada. Ke depan, Perpustakaan UGM perlu menambah media viral Youtube dan Line.

ABSTRACT
To prepare the industrial era 4.0, the UGM Library uses viral media to market its products and services. The research
objective is to determine the viral media usage to market Gadjah Mada University Library products and services, as
well as to propose future developments. Qualitative descriptive research with data collection methods in the form of
interviews with 8 informants and focus group discussions. Data analysis included data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification using a SWOT analysis. Viral media used by UGM Library to market its
products and services in the form of social media and websites. Library products and services that are marketed include
collections, service units, and activities. UGM Library has utilized viral media to market existing products and services. In the future, the UGM Library needs to add youtube and line viral media."
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2019
020 PUS 26:3 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"This research aims to explore the practice of book loan renewal service through Facebook social media at the Library of Faculty of Social &Political Sciences Gadjah Mada University. Type of this research is quantitative. Variable of this research is a single variable that is the utilization of loan renewal services through Facebook. The sampling technique in this research was accidental sampling. Samples in this research consisted of 4829 library users. Data collection methods in this research comprised observation, documentation, and interviews. Data analysis used a percentage formula and regression analysis to examine the results of the percentage of the data obtained The results of the study utilization of renewal service throughFacebook reached 64.43% and fine for overdue loan reached 13%. A test through simple analysis indicated r count > 0.723 0.576 table. So it can be said to be significant, which meant service throughFacebook was considered more beneficial. To conclude, theutilization of loan renewal service through Facebook social media was founduseful."
BIPI 11 :2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan kebijakan UGM, 2001
020 BPUGM
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"This research on the use of reference collection as reconciliation material at library of Gadjah Mada University aims to know how far the use of Reference collection level main Library Gadjah Mada University, by focusing on visiting intensity,knowledge of the benefit,and the benefit value of refernce book...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Seno Yudhanto
"Skripsi ini membahas kompetensi pustakawan referensi Perpustakaan Universitas Gadjah Mada dalam melayani pengguna. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kompetensi yang dimiliki oleh pustakawan referensi Perpustakaan Universitas Gadjah Mada dengan berdasar pada Professional Competencies for Reference and User Services Librarians milik Reference and User Services Association (RUSA), suatu divisi bawahan American Library Association (ALA). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode fenomenologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan referensi memenuhi dua kompetensi dari lima kompetensi yang ditetapkan oleh Reference and User Services Association (RUSA), yaitu kompetensi akses dan kompetensi dasar pengetahuan. Sedangkan kompetensi kolaborasi, pemasaran, dan evaluasi dan pengkajian sumber-sumber dan layanan secara keseluruhan belum terpenuhi. Penulis menyarankan agar pustakawan referensi meningkatkan kompetensi dalam hubungan dengan profesi, kompetensi pemasaran, dan kompetensi evaluasi dan pengkajian sumber-sumber dan layanan. Selain itu, Perpustakaan Universitas Gadjah Mada juga perlu untuk menerapkan program-program agar memiliki pustakawan referensi yang berkompeten.

The focus of this study is the reference librarian competencies of Academic Library at Gadjah Mada University in serving the users. The purpose of this study is to identify competencies owned by reference librarian at Gadjah Mada University Library based on Professional Competencies for Reference and User Services Librarians belonging to Reference and User Services Association (RUSA), subdivision of American Library Association (ALA). This research is qualitative descriptive with phenomenolgy method.
The result of this study shows the reference librarians fulfilled two of five competencies defined by Reference and User Services Association (RUSA), that is access and knowledge base. While collaboration, marketing, and evaluation and assessment of resources and services has not been fulfilled. The author also suggest that reference librarians should increase collaboration within profession, marketing, and evaluation and assessment of resources and services competencies. Besides, Gadjah Mada University Library need to implement any programs to have competent reference librarians.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45967
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sukirno
"Perpustakaan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada menghadapi pemustaka yang berubah. Pemustaka akrab dengan teknologi informasi dengan konten digital, sehingga memengaruhi kebiasaan dan perilaku dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan dengan laptop maupun smartphone. Pemustaka membutuhkan fasilitas yang memadai dan nyaman untuk belajar. Menyadari terjadinya pergeseran kebiasan dan perilaku pemustaka, Perpustakaan FK-KMK berusaha untuk mengembangkan fasilitas perpustakaan dengan pendekatan Coworking Space. Rumusan masalah adalah bagaimana implementasi Coworking Space dalam pengembangan fasilitas Perpustakaan FK-KMK UGM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Coworking Space dalam pengembangan fasilitas Perpustakaan FK-KMK UGM. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan variabel penelitian implementasi Coworking Space untuk pengembangan fasilitas Perpustakaan FK-KMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Coworking Space untuk pengembangan fasilitas perpustakaan dilakukan dengan: mengubah tata letak di lantai 1, yaitu rak koleksi buku, meja, kursi dan layanan sirkulasi; pilar di lantai 1 dicat dengan warna cerah; penambahan reading space di teras depan Perpustakaan FK-KMK; dan ketersediaan fasilitas sehingga pemustaka merasa nyaman belajar atau diskusi di perpustakaan. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah agar Coworking Space mendorong pemustaka merasa nyaman menggunakan fasilitas perpustakaan FK-KMK UGM. Untuk itu, perawatan dan kebersihan harus senantiasa dilakukan."
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2021
020 PUS 28:3 (2021)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
M. Sofi-Jusuf
"ABSTRAK
Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada mula-mula berfungsi hanya sebagai penyalur buku dan majalah ke seksi-seksi dan bagian-bagian dalam lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Dengan demikian perpustakaan masing-masing seksi dan bagian berkembang, sedang perpustakaan Fakultas menjadi pasif.
Keadaan ini berakhir tahun 1969. Pada waktu itu Dekan menginstruksikan kepada Kepala Perpustakaan untuk mengadakan inventarisasi kembali koleksi yang telah di_terima. Mulai saat itu Perpustakaan Fakultas Kedokteran mengadakan kegiatan pemiajaman. Sistem pelayanan yang di gunakan adalah sistem tertutup. Pada tahun 1975/76 Fa_kultas Kedokteran pindah ke kampus Bulak Sumur, dan mu_lai saat itu pelayanan diberikan dengan sistem terbuka.
Dalam usaha-meningkatkan pelayanan, Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada menghadapi berbagai masalah. Dengan dibukanya program pendidikan S2 dan S3 di Fakultas Kedokteran, koleksi perlu ditambah.

"
1985
S15730
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Buku ini tentang sejarah dan perkembangan Panitia social research. Panitia Social Research terbentuk karena faktor-faktor diluar dan didalam Universitas Gadjah Mada. Faktor diluar Universitas adalah kemauan dari Harvard University di Amerika Serikat untuk mengadakan social research dimasyarakat Indonesia.
Buku ini membagi fase pertama, 1952-1955 dan fase kedua, 1955-1958."
Jogjakarta: [publisher not identified], 1959
K 378.598 UNI s
Buku Klasik  Universitas Indonesia Library
cover
Tristiana Candra Dewi Trias Iriani
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui cara
penyelenggaraan pelayanan majalah ilmiah (2) mengetahui
keterpakaian majalah ilmiah dan kepuasan pemakai atas
pelayanan majalah ilmiah, (3) mengetahui hubungan antara
keterpakaian dengan kepuasan pemakai. Penelitian ini
dilakukan sebagai penelitian evaluatif. Subjek penelitian
adalah mahasiswa S2/S3 Universitas Gadjah Mada yang aktif
menggunakan jasa pelayanan majalah ilmiah yang tercatat
pada periode pemakaian 1995/1996. Perpustakaan Pascasarja-
na Universitas Gadjah Mada menyediakan jasa layanan maja-
lah ilmiah ini sebagai upaya untuk mendukung pelaksanaan
Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi pemakai utamanya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan
pelayanan majalah ilmiah telah diupayakan untuk memenuhi
kebutuhan 50 program studi yang ada pada Program Pascasar-
jana UGM, Serta telah didukung oleh staf pelayanan yang
memiliki latar belakang pendidikan dan ketrampilan yang
diperlukan dan dengan sarana pendukung pelayanan yang
sesuai untuk kegiatan pelayanan dan sistem layanan yang
lebih memuaskan pemakai. Hasil penelitian terhadap keter-
pakaian apabila ditinjau dari aspek frekuensi kunjungan
masih rendah, karena mahasiswa yang berkunjung ke pelaya-
nan majalah per hari hanya 23 orang atau sebesar 0,7 dari
keseluruhan mahasiswa yang sebetulnya menjadi pemakai
potensial. Dari aspek lamanya waktu berkunjung dan volume
pemanfaatan majalah, pemakai banyak yang berkunjung mini-
mal seminggu sekali untuk memanfaatkan 2 sampai 3 judul
majalah dalam tempo 1 sampai 2 jam lebih pada setiap kali
kunjungannya. Hasil evaluasi terhadap kepuasan pemakai
akan kualitas, waktu dan biaya pelayanan menunjukkan
tanggapan yang berbeda-beda, namun secara umum banyak yang
ditanggapi positif (memuaskan pemakai). Tanggapan negatif
(tidak memuaskan) terutama terhadap (1) aspek kualitas
layanan, yakni judul majalah yang tersedia masih dianggap
belum memadai dengan program studi dan nomor majalah
sering tidak lengkap, penempatan majalah yang terpisah
antara nomor terbaru dengan yang terjilid dan penempatan
ruang layanan fotokopi yang berjauhan dengan ruang pelaya-
nan majalah, fasilitas foto kopi yang kualitas hasilnya
dianggap tidak memuaskan.(2) aspek waktu, yakni jam buka
pelayanan yang ditanggapi belum memadai dan majalah yang
sedang dalam proses penjilidan untuk dapat tersaji kembali
di ruang pelayanan memakan waktu lama. (3) Aspek biaya,
yakni biaya fotokopi dianggap cukup memberatkan. Hasil uji
hipotesis menunjukkan tidak ada hubungan antara keter-
pakaian dengan kepuasan pemakai.
Secara statistik :1) Terdapat hubungan secara nyata
antara keterpakaian majalah ilmiah dengan kepuasan pemakai
2) Tidak ada hubungan secara nyata antara frekuensi kun-
jungan dengan kepuasan pemakai 3) Tidak ada hubungan
secara nyata antara lamanya waktu berkunjung dengan kepua-
san pemakai 4) Tidak ada hubungan secara nyata antara
volume penggunaan dengan kepuasan pemakai.

Abstract
The Objectives of this research are 1) to identity
the scientific Journal service management 2) to identity
the usage and users satisfaction of scientific Journal
service 3) to identity the relationship between the usage
and the user's satisfaction. The Subjects of this research
are the postgraduate students of Gadjah Mada University
who are active used the scientific journal service, within
the period of 1995/1996.
The Result of the research shows that the scientific
journal service has been organized by collecting the
journals that are appropriate and suitable with the 50
study programs in the Gadjah Made University Postgraduate
Programs. The service has been supporrted by profesional
staff and sufficient fasilities. The result of the re-
search on the evaluation of the usage of the service
observed bassed on the visiting frequency, the length of the
visiting and the volume of the Journal using is still low.
The result of the evaluation on the user?s satisfaction of
the service quality, time, and its fee shows positive re-
sponds. Furthermore, the result of show that 1) there is
relationship between the usage of the service and the
user's satisfaction 2) there is no relationship between
the visiting frequency and user?s satisfaction 3) the
length of the visiting and user's satisfaction 4) volume
of the journal using and user?s satisfaction."
1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>