Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang memengaruhi intensi masyarakat Indonesia untuk berinvestasi pada produk investasi Green Sukuk Ritel, sebuah produk investasi yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Kementerian Keuangan RI. Dalam model penelitian yang disusun, investasi pada Green Sukuk Ritel dapat dipengaruhi oleh tiga variabel, yaitu perilaku konsumsi yang bertanggung jawab sosial, persepsi keuntungan pribadi, dan persepsi efektivitas tindakan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan dilaksanakan dengan menggunakan teknik Partial Least Squares-Structural Equation Modelling. Data penelitian dikumpulkan melalui survei terhadap 265 responden di Indonesia yang sebelumnya pernah membeli produk finansial atau investasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumsi yang bertanggung jawab sosial dari investor dan persepsi efektivitas tindakan dari produk Green Sukuk Ritel memiliki pengaruh positif terhadap intensi untuk berinvestasi pada produk Green Sukuk Ritel. Sementara, persepsi atas keuntungan pribadi hanya memiliki pengaruh tidak langsung terhadap intensi melalui persepsi efektivitas tindakan. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi DJPPR Kementerian Keuangan dalam mendesain strategi komunikasi dan pemasaran untuk produk Green Sukuk Ritel.
The aim of this research is to analyze the explanatory variables of the intention to invest in Green Sukuk Ritel, an investment product offered by Directorate General of Budget Financing and Risk Management (DGBFRM), Ministry of Finance of the Republic of Indonesia. In the relationship model proposed, the intention to invest in Green Sukuk Ritel can be explained by three variables: the socially responsible consumption of the individual, their perception of personal gain and their perception of the effectiveness of the action. The relationships among the variables were analyzed using the Partial Least Squares -Structural Equation Modelling technique. The data was collected through a survey involving 265 respondents in Indonesia who have purchased financial or investment products. Based on the results, intention to invest in Green Sukuk Ritel is explained by the proposed explanatory variables. The socially responsible consumption habits of the investor and the perception of the effectiveness toward Green Sukuk Ritel have a direct and positive effect on the intention to invest Green Sukuk Ritel. However, the perception of the personal gain only has an indirect effect on the intention through the mediation of perception of the effectiveness of the action. These findings should be taken into account by DGBFRM when designing the marketing and communication strategies for Green Sukuk Ritel.
"
Studi secara spesifik mendisuksikan intensi konsumen milenial untuk mengunjungi kembali restoran “hijau”. Theory of planned behavior (TPB) merupakan teori yang digunakan sebagai dasar pada penelitian ini. Studi ini menambahkan variabel environmental concern, dan satisfaction sebagai determinan intensi perilaku. Selain itu, satisfaction diukur menggunakan pengukuran ECOSERV yang memiliki konstruk assurance, reliability, responsiveness, empathy, tangibles, dan ecotangibles. Studi ini bertujuan untuk menggali lebih jauh determinan yang paling kuat menentukan intensi konsumen untuk mengunjungi kembali restoran “hijau”. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dari 499 responden dan diolah dengan PLS-SEM. Pada penelitian empiris ini, ditemukan bahwa environmental concern memiliki pengaruh signifikan terhadap consumer’s behavioral intention secara tidak langsung melalui perceived behavioral control dan attitude. Sebagai tambahan, konstruk tangibles, ecotangibles, dan responsiveness berpengaruh secara signifikan terhadap satisfaction. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah literatur yang masih terbatas mengenai intensi perilaku konsumen terhadap restoran yang menerapkan praktik ramah lingkungan.
This study specifically discusses millennials’ intention to revisit “green” restaurant. Theory of Planned behavior (TPB) is adopted as the theoretical framework. Environmental concern and satisfaction are added in the study as the determinant of behavioral intention. Besides, satisfaction is measured with ECOSERV that has assurance, reliability, responsiveness, empathy, tangibles, and ecotangibles as its constructs. The objective of this study is to further investigate the “key” driver of consumer’s revisit intention to “green” restaurant. This study uses quantitative method. The data was collected from 499 respondents, and analyzed with PLS-SEM. The findings of this study illustrate that environmental concern has significant impact on consumer’s revisit intention indirectly through perceived behavioral control and attitude. Also, tangibles, ecotangibles, and responsiveness is found to have significant impact on satisfaction. Findings form this research is expected to enrich the limited literature about consumers’ behavioral intention toward restaurants that practice green.
"