Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 195089 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Triss Nitisastro
"Fenomena booming-nya destinasi film menjadi sebuah hal baru dalam industri pariwisata dalam beberapa tahun terakhir seperti Kafe Filosofi Kopi dari film Filosofi Kopi, Rumah Pengabdi Setan yang menjadi latar utama film Pengabdi Setan. Dalam upaya mengelola daerah dan destinasi wisata, Kementerian Pariwisata Indonesia perlu mengetahui berbagai faktor yang dianggap berpengaruh terhadap intensi pemilihan destinasi wisata dari film yang ditonton oleh calon wisatawan. Film yang dijadikan objek penelitian adalah Ada Apa Dengan Cinta 2 dan Rudy Habibie. Metode judgemental sampling digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan pre-experimental: intact-group comparison membagi kelompok penelitian menjadi experimental (responden yang sudah menonton Ada Apa Dengan Cinta 2) dan control group (responden yang sudah menonton film Rudy Habibie) dengan jumlah sebanyak 200 responden pada masing-masing kelompok dan dianalisis menggunakan pemodelan Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap intensi pemilihan destinasi wisata di Indonesia dari film adalah empathy dan nostalgia. Di sisi lain, perceived risk tidak sepenuhnya berpengaruh terhadap intensi pemilihan destinasi wisata.
A booming phenomenon of movie destination tourism has become a new thing in tourism industry in recent years, such as Filosofi Kopi Cafe from the Filosofi Kopi film, Rumah Pengabdi Setan which is the main setting of the film Pengabdi Setan. In terms of maintaining and developing tourism area and tourist destinations, The Indonesian Ministry of Tourism needs to know the factors considered related to
the intention to select tourist destinations from films watched by potential tourists. The film used as the object of the research is Ada Apa Yang Cinta Cinta 2 and Rudy Habibie. Judgmental sampling method used in the study with preexperimental: intact-group comparison which divided the whole group of research into experimental groups (respondents who have watched Ada Apa Dengan Cinta 2) and the control group (respondents who have watched the film Rudy Habibie)
with a total of 200 respondents in each group and analyzed using Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The results showed that the facts intended for the intention of choosing tourist destinations in Indonesia from the film were empathy and nostalgia. On the other hand, the perceived risk is not entirely determined the intention to select tourist destinations."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saladin Markanday
"ABSTRAK
Jakarta berpotensi besar di bidang pariwisata, dan jika dibanding dengan daerah lain, pariwisata Jakarta telah berkembang secara pesat. Untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi objek wisata di Jakarta berdasarkan karakteristik demografi wisatawan. Penelitian ini menggunakan data karakteristik demografi berdasarkan dari usia dan pekerjaan. Jenis wisata yang digunakan dalam penelitian ini adalah wisata rekreasi, sejarah dan budaya, serta belanja dan kuliner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Statistik deskriptif digunakan untuk mengetahui kecenderungan wisatawan terhadap pemilihan objek wisata, dilihat dari karakteristik demografi wisatawan tersebut dan juga untuk melihat pengaruh efisiensi terhadap pemilihan rute wisata. Hasil penelitian preferensi menunjukkan bahwa wisata rekreasi yang menjadi pilihan utama kelompok demografi berusia 17-23 tahun dan 24-30 tahun, serta kelompok pekerjaan sebagai PNS dan Swasta, memilih Taman Mini Indonesia sebagai pilihan utama. Kelompok usia 31 ndash; 40 tahun dan 41 tahun ke atas, serta kelompok pekerjaan lain-lain memilih Kebun Binatang Ragunan sebagai pilihan utama. Kelompok pelajar memilih Kota Tua sebagai pilihan utama. Untuk objek wisata sejarah dan budaya, semua kelompok usia serta kelompok pekerjaan pelajar, swasta, dan lain-lain memilih Monumen Nasional sebagai pilihan utama, hanya kelompok pekerjaan PNS saja yang memilih Museum di Kawasan Kota Tua sebagai pilihan utama. Jenis wisata yang ketiga yaitu belanja dan kuliner, yang menjadi objek wisata pilihan utama wisatawan berprofesi sebagai pelajar serta kelompok pekerjaan pelajar dan PNS adalah Senayan City. Kelompok usia 31-40 tahun dan 41 tahun keatas, serta kelompok pekerjaan lain-lain yang memilih Kelapa Gading sebagai pilihan utama, sedangkan kelompok usia 24-30 tahun serta kelompok pekerjaan swasta, memilih Blok M sebagai pilihan utama mereka. Kesimpulan penelitian pengaruh efisiensi terhadap pemilihan rute wisata berbeda tiap jenis wisata dan tidak berpengaruh secara signifikan antara efisiensi dengan pemilihan rute wisata. Wisata rekreasi mempunyai persentase pemilihan rute efisien sebesar 42 dari total pemilihan rute wisata rekreasi. Wisata sejarah dan budaya, persentase pemilihan rute efisien sebesar 32,5 dari total pemilihan rute wisata sejarah dan budaya. Wisata belanja dan kuliner, persentase pemilihan rute efisien sebesar 31 dari total pemilihan rute wisata belanja dan kuliner.

ABSTRACT
Jakarta is growing rapidly in the field of tourism compared with other provinces. To support the development of the tourism sector, this study aims to determine the attraction preference based on tourist demographic characteristics. This study uses demographic characteristics data based on age range and occupation. Types of tours used in this study are recreational, history and culture, as well as shopping and culinary. The method of analysis used in this study is descriptive statistics. Descriptive statistics used to determine the tendency of tourists to the attractions preference, viewed from the demographic characteristics of these tourists and also to see the effect of efficiency on the tour routes preference. The results show the majority of demographic groups aged 17 23 years and 24 30 years, as well as employment groups as civil servants and private, chose Taman Mini Indonesia as the main choice of recreational tours. Groups aged 31 40 years also 41 years and over, as well as other employment groups chose Ragunan Zoo as the top choice. Student groups choose Old Town as the primary choice. For historical and cultural attractions, all age groups and occupation types like student, private, and others choose the National Monument as the primary choice, only civil servant groups who choose the Museum in the Old Town Area as the primary choice. The last type of tours is shopping and culinary, which Senayan City became the main choice of the 17 23 year age group as well as the student work group and civil servants. Age groups 31 40 years also 41 years and above, as well as other employment groups chose Kelapa Gading as the primary choice, while the 24 30 years age groups as well as private employment groups chose Blok M as their primary choice. The conclusion for the effect of efficiency on the selection of different tour routes for each type of tours, is that the efficiency does not significantly influence the selection of tour routes. Recreational tours has an efficient routes selection percentage of 42 of the total selection of recreational tourist routes. Historical and cultural tours, efficient routes selection percentage of 32.5 of total selection of historical and cultural routes. Shopping and culinary tours, efficient routes selection percentage of 31 of total selection of shopping and culinary tour routes."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasmin Humairoh
"Local cuisine has become one of the main attractions for tourists to visit a destination. Local cuisine shifts tourist behavior towards Indonesian local cuisine, to the extent of repurchasing. In order to find out the intention to repurchase, satisfaction, perceived quality, and perception are analyzed. To this date, very few researches examined Indonesian cuisine in relation with the tourist behavior. Currently, cuisine tourism has become a trend, increasing the amount of tourist visiting Indonesia. The aspects of Tourist Satisfaction, Tourist Perception, Repurchase Intention, Perceived Quality, Consumer Behavior Local Cuisine, and Tourist Behavior are among tourists preference for local cuisines. This research had 148 participants taking part on the online survey that was conducted in Indonesia. Data were collected both online and offline in Yogyakarta. The respondents are tourist who have visited Indonesia in the past 12 months and have tried Indonesian food during their visit. The data were then analyzed using structural modeling equation, specifically using Partial Least Square method (Smart PLS 3.2.8). The results showed that Tourist Behavior (willingness to recommend Indonesian food, revisit Indonesia and the impression on Indonesia food) was influenced by Repurchase Intention. Repurchase Intention was influenced directly by Tourist Satisfaction on Local Food and Tourist Perception. While Perceived Quality of Local Food influenced Tourist Repurchase Intention through Tourist Perception.

Kuliner lokal merupakan salah satu daya tarik utama bagi wisatawan untuk mengunjungi suatu tempat wisata. Kuliner lokal mengubah Tourist Behavior terhadap kuliner lokal Indonesia dan melakukan pembelian lagi. Untuk mengetahui keinginan mereka untuk membeli lagi, maka dilakukan analisis terhadap kepuasan, kualitas yang dirasakan, dan persepsinya. Namun, masih sedikit penelitian yang meneliti hubungan makanan Indonesia terhadap perilaku wisatawan. Saat ini, wisata kuliner telah menjadi sebuah tren dan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia semakin meningkat. Aspek Tourist Satisfaction, Tourist Perception, Repurchase Intention, Perceived Quality, Consumer Behavior Local Food, Tourist Behavior menjadi seleksi wisatawan terhadap kuliner lokal. Selanjutnya, penelitian ini memiliki 148 peserta untuk survei online yang dilakukan di Indonesia. Data dikumpulkan secara online dan offline di Yogyakarta. Responden adalah turis yang telah mengujungi Indonesia dalam 12 bulan terakhir dan mencoba makanan Indoesia selama kunjungan mereka. Data kemudian dianalisis menggunakan persamaan pemodelan struktural, khususnya metode partial least square (Smart PLS 3.2.8). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tourist Behaviour (kesediaan untuk merekomendasikan makanan Indonesia, mengunjungi kembali Indonesia dan kesan pada makanan Indonesia) dipengaruhi oleh Tourist Repurchase Intention. Tourist Repurchase Intention dipengaruhi langsung oleh Tourist Satisfaction on Local food dan Tourist Perception. Sedangkan Perceived Quality of Local food Tourist Repurchase Intention melalui Tourist Perception. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistiyaning Rahayu
"ABSTRAK
Julukan Bandung sebagai kota dengan seribu satu menu, sejuta rasa untuk kuliner khas Bandung, menjadikan Bandung memiliki potensi sebagai salah satu tujuan wisata kuliner. Penelitian dengan desain riset deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dimensi culinary brand equity (brand loyalty, brand image, perceived quality dan brand awareness) terhadap future travel intention serta mengetahui destination familiarity sebagai efek moderasi berpengaruh positif terhadap hubungan antara dimensi culinary brand equity dengan future travel intention. Responden penelitian ini adalah 215 wisatawan domestik yang pernah berkunjung ke Bandung dalam tiga bulan terakhir. Model penelitian dengan delapan hipotesis diuji menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menyatakan bahwa tidak semua dimensi culinary brand equity memiliki pengaruh terhadap travel intention. Satu-satunya dimensi culinary brand equity yang berpengaruh terhadap travel intention adalah brand loyalty. Penelitian ini juga menyatakan bahwa destination familiarity memiliki efek moderasi yang berpengaruh terhadap hubungan positif antara dimensi culinary brand equity dengan travel intention.

ABSTRACT
Bandung known as city of 1001 menu, a million appetite for Bandung's Culinary, it makes Bandung has potential as a culinary tourism destination. The purpose of this descriptive research is twofold: to identify the impact of culinary brand equity dimensions on travel intention, and to identify the moderating effect of destination familiarity, which positively moderates the effect of culinary brand equity dimensions on travel intentions. Research respondents are 215 domestic tourists who have visited Bandung for minimum three months. The eight-hypotheses research model is then tested with Structural Equation Modeling (SEM). The result suggests that not all dimensions of culinary brand equity give affect on domestic tourist's travel intention. The only one dimension affecting travel intention is brand loyalty. The other result suggests that destination familiarity has positively moderates effect of culinary brand equity on travel intention."
2013
S45044
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusnia Novianti
"Pariwisata merupakan komponen yang penting dalam perekonomian Indonesia untuk meningkatkan pendapatan devisa dan dapat membuka lapangan pekerjaan. Indonesia memiliki alam yang indah, pantai yang indah, iklim tropis, keragaman budaya dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia, sehingga berpotensi untuk mengembangkan pariwisata halal. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor motivasi turis Muslim mancanegara dalam memilih Indonesia sebagai destinasi Wisata halal. Penelitian ini mengambil 221 sampel dan analisis yang digunakan untuk pengolahan data yaitu Structural Equation Modeling SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima faktor motivasi turis Muslim mancanegara berpengaruh signifikan terhadap Indonesia is my halal tourism destination, di antaranya yaitu Islamic compliance with self-fulfillment, Islamic compliance with self esteem needs, Islamic tourists safety needs, Islamic compliance with relationship needs dan Islamic compliance with physiological needs.

Tourism is an important component of the Indonesian economy to increase foreign exchange as well as create job opportunities. Indonesia has wonderful natural, gorgeous beaches, a tropical climate, cultural diversity with the largest number of Muslims in the world, and the potentially to develop halal tourism. The purpose of this research was to analyzed the factors of motivation of foreign Muslim tourists to choose Indonesia as a halal tourism destination. This research used 221 samples and used Structural Equation Modeling SEM as its methodology. The result of this research showed that all factors of motivation significantly affect Indonesia is my destination halal tourism. There are Islamic compliance with self fulfillment, Islamic compliance with self esteem needs, Islamic tourists safety needs, Islamic compliance with relationship needs and Islamic compliance with physiological needs. "
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jennifer
"Tesis ini menganalisis sikap penonton serta minat kunjungan penonton terhadap suatu objek wisata setelah penonton tersebut menyaksikan adegan-adegan yang memperlihatkan keindahan alam dan panorama di Indonesia. Penelitian dilakukan di pada dua film yang baru saja diproduksi pada akhir 2012 kemarin. Kedua film tersebut adalah Rayya, Cahaya diatas Cahaya dan 5cm. Lokasi wisata yang muncul dalam film dan sekaligus menjadi topik penelitian ini adalah Gunung Semeru dan Kawah Ijen.
Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dan merupakan riset eksploratory yang bersifat komparatiff dimana bertujuan untuk mengetahui pengaruh movie attitude terhadap place attitude dan visit intention terhadap kedua daerah wisata tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa movie attitude berpengaruh positif terhadap place attitude dan visit intention terhadap kedua daerah wisata tersebut.

This thesis analyzed the attitude of the audience as well as interest in the audience to visit a tourist attraction after the audience watched the scenes that show the natural beauty and panoramic in Indonesia. The study was conducted in the two films recently produced by the end of 2012. The two movies are Rayya, Light upon Light and 5cm. Tourism destination that has appeared in movies and become the topic of this research is Mount Semeru and Ijen Crater.
This research is quantitative descriptive and exploratory research that is comparative which aims to determine the attitude of the place movie influence attitude and intention to visit both the tourist area. These results indicate that the movie attitude has positive effect on the place attitude and intention to visit both the tourist area.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Nabila
"ABSTRACT
Pembahasan dalam skripsi ini adalah, bagaimana hubungan place branding yang dapat diidentifikasi dengan identitas tempat dan aspek. Hubungan antara place branding dan aspek pariwisata memengaruhi image keseluruhan dari kampung yang membawa dampak positif. Kampung ini memiliki aspek pembentuk image pariwisata dengan adanya potensi kampung yang bersinggungan dengan teori aspek pariwisata. Identitas tempat ditentukan dengan kondisi fisik dan kondisi non-fisik kampung. Studi kasus dilakukan di Kampung Krapu, Tongkol, dan Lodan yang berlokasi di Jakarta Utara. Kampung ini berdekatan dengan area wisata Kota Tua. Kampung Tongkol sudah mulai berkembang dari kampung lainnya, namun kampung ini kurang terekspos, kegiatan pariwisata yang jelas, dan kurangnya perawatan terhadap gudang bersejarah. Pembahasan ini dilakukan dengan mengelaborasikan dan menyimpulkan kajian teori, survei lapangan, dokumentasi, dan wawancara terhadap masyarakat kampung dan peserta Eco City 2018. Kesimpulan dari skripsi ini adalah, studi place branding menunjukkan bahwa pihak eksternal dan masyarakat harus bekerjasama dalam mengembangkan dan merencanakan kampung untuk meningkatkan Kampung Tongkol sebagai tujuan wisata.

ABSTRACT
This thesis aims to discuss the relation between place branding and tourism aspects. The relation between place branding and tourism, affect the whole image of kampung which has giving the positive impact. This kampung has some potentials that create tourism image of the kampung which intersect with tourism theory. Place identity determined by physical and non physical condition. A case study was taken in Kampung Krapu, Tongkol, and Lodan or it can be shortened to Kampung Tongkol in North Jakarta, Indonesia. This kampung located near the tourism area called Jakarta Old City Kota Tua which known as a historical tourism area. Kampung Tongkol is already developing compared to others but does not have much exposure, clean tourism activities, and lack of care of the historical site. Data were collected by using field surveys, documentation, and interviews with kampung rsquo s communities. This study finds out that Kampung Tongkol has the distinctive and authentic identity that make it suitable to do place branding as a tourism destination. Based on findings, this study suggests that authorities should develop appropriate kampung tourism products as a planning threshold to boost Kampung Tongkol as a tourism destination."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nunut Amalia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan dari variabel need for uniqueness terhadap attitude toward product, variabel attitude toward product terhadap perceived quality dan emotional value serta hubungan kedua variabel tersebut terhadap intensi menonton (purchase intention) pada film Indonesia dan film asing di bioskop. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksploratif dan deskriptif yang dilakukan satu kali dalam satu periode. Responden penelitian ini berjumlah 290 orang penonton film Indonesia dan asing dengan kunjungan terakhir ke bioskop adalah 6 bulan Model penelitian dengan lima hipotesis diuji menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menyatakan bahwa need for uniqueness berpengaruh signifikan dan positif terhadap attitude toward product pada film Indonesia dan asing. Attitude toward product juga memiliki pengaruh terhadap perceived quality dan emotional value pada film Indonesia dan film asing. Tetapi ketika perceived quality dan emotional value keduanya memiliki pengaruh positif dan signifikan pada purchase intention film Indonesia, film asing berbeda dengan hasil perceived quality nya yang tidak signifikan.

The purpose of this study is to identify the impact and relation from some need for uniqueness to attitude toward product, then attitude toward product to perceived quality and emotional value, and both of them toward purchase intention Indonesian and foreign movie in cinema. This research uses exploratory and descriptive design research conducted in one time period (cross sectional design). Respondents of this study are 290 people who watch Indonesian or foreign movie for minimum six months. The five-hypotheses research model in this study are tested with Structural Equation Modeling (SEM). The results finds that almost all variables have a significant and positive relationship for both Indonesian and foreign movie. Only one variable in foreign movie that have unsignificant result that is perceived quality toward purchase intention of foreign movie in cinema.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S47508
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christie Elizabeth
"ABSTRACT
Penelitian ini menguji pengaruh brand familiarity terhadap minat konsumen pada produk Sephora Gerai Kota Kasablanka dengan variabel mediasi brand fit. Variabel yang akan diuji pada penelitian ini ada variabel brand familiarity, variabel brand fit dan variabel minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan data penelitian dikumpulkan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang merupakan wanita usia 18 sampai 35 Tahun yang pernah mendengar produk Sephora. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear, regresi linear berganda, uji sobel, dan uji analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh brand familiarity terhadap minat beli produk Sephora gerai Kota Kasablanka, Jakarta Selatan melalui brand fit.

ABSTRACT
This study examines the effect of brand familiarity toward consumer purchase intention on Sephora rsquo s Product in Kota Kasablanka Outlet with mediator variable Brand Fit. The variable that used in this research is brand familiarity, brand fit and purchase intention. This research uses quantitative approach and the data collected through survey by distributing questionnaires to 100 respondents who are woman age 18 to 35 years old who rsquo ve heard Sephora before. The analysis technique used in this research is linear regression, multiple regressions, sobel and path analysis. The result shows there rsquo s effect from brand familiarity toward consumer purchase intention on Sephora rsquo s Product in Kota Kasablanka Outlet, South Jakarta mediated by brand fit."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faatih Natasha Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh signifikan di dalam model Destination Branding Image yang terdiri dari tiga dimensi destination image yakni cognitive image, unique image, dan affective image terhadap intention to revisit dan intention to recommend wisatawan nasional yang pernah berwisata ke Kota Solo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cognitive image, unique image, dan affective image secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap intention to revisit dan tidak signifikan terhadap intention to recommend. Variabel yang satusatunya berpengaruh signifikan dalam model ini adalah unique image. Unique image dapat dijadikan sebagai strategi jika suatu destinasi wisata ingin berbeda dengan destinasi wisata lainnya.

This research is aimed to find out significant variables in destination branding image model. The model contains of three destination image dimensions: cognitive image, unique image, and affective image toward intention to revisit and intention to recommend domestic tourists who have ever travelled to Solo.
The result shows that cognitive image, unique image, and affective image significantly influence intention to revisit altogether. However, it does not significantly influence intention to recommend. The only one significant variable in this model is unique image. Unique image can be a strategy for a region to be different from other tourists destination.
"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45801
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>