Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 131918 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dwi Paranita
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan penerapan strategi content marketingyang dilakukan oleh Shopee Indonesia melalui fitur live streamingShopee Live. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tiga pendekatan yang digunakan Shopee Live dalam mengembangkan strategi content maretingmereka, yaitu pendekatan konten yang menghibur, mengedukasi, dan melibatkan khalayak. Konten entertaimentmerupakan pendekatan utama yang menjadi key selling pointbagi Shopee Live dan membedakan dengan konten pada platformlainnya. Strategi content marketingyang dikembangkan Shopee Live memiliki keterkaitan dengan ekpektasi khalayak terhadap konten hiburan pada platformbelanja daring. Penerapan strategi content marketingShopee Live juga berimplikasi pada peningkatan leadsdi platform utama.

ABSTRACT
This study aims to find out and explain the implementation of content marketing strategy by Shopee Indonesia through live streaming feature, Shopee Live. This research uses post-positivism paradigm and qualitative approach withcase study strategy. The results of this study indicate three approaches used by Shopee Live in developing their content marketing strategy, such as entertaining, educative, and engaging content. Entertainment content is the main approach and the key selling point that differentiates Shopee Live content with other platforms. Content marketing strategy developed by Shopee Live correlates to customer expectation towards entertainment content in mobile shopping application. The application of content marketing strategy through Shopee Live feature also has implications for increasing leads on the main paltform."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatimah Azmi
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas preferensi khalayak mengenai konten video di aplikasi live streaming. Saat ini, khalayak memiliki banyak pilihan untuk menonton video, di antara pilihan yang telah banyak digunakan oleh banyak orang, live streaming menjadi pilihan alternatif untuk khalayak. Penelitian ini berfokus pada aplikasi siaran V LIVE dengan lebih fokus membahas kanal K-Pop, yang menjadi kanal utam di aplikasi V LIVE. Penelitian ini bertujuan mengetahui preferensi khalayak dan pengelompokkan karakter khalayak berdasarkan preferensi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 96 responden sebagai sampel untuk mengetahui preferensi khalayak dalam menonton video siaran live streaming. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi khalayak dalam memilih jenis siaran dipengaruhi oleh jenis konten dan kualitas tayangan. Preferensi khalayak dalam memilih jenis siaran video tidak dipengaruhi oleh profil geodemografis. Pengelompokkan karakteristik khalayak dalam pemilihan konten video aplikasi V LIVE didasari oleh aktivitas khalayak saat menonton video siaran live streaming dan preferensi khalayak dalam memilih jenis siaran video. Berdasarkan hasil analisis cluster, pengelompokkan karakteristik khalayak menjadi tiga kelompok yaitu Kelompok Penikmat Setia, Kelompok Pengguna Biasa, dan Kelompok Pengguna Sambil Lalu.

ABSTRACT
This research discussed people preference about video content of a live streaming application. Nowadays, people have a lot of choice to watch videos, one of those is live streaming that was chosen as alternative. This research focused on broadcast application V LIVE with more focused on K pop, which the main channels of V LIVE application. The purpose of this research is to understand people 39 s preference and categorized their character based on their reference. This research using the quantitative approach and 96 respondent as a sample to understand people preference on watching video of live streaming. The result of this research showed that people preference on choosing type of broadcast affected by type of content and quality of broadcast. People 39 s preference on choosing type of broadcast video is not affected by geodemografis profile. Cateogrizing people 39 s character on choosing video content of V LIVE application is based on what actvities they were doing while they are watching and people 39 s preference on choosing type of broadcast video. Based on the result of cluster analysis, categorizing people 39 s preference into three groups, Loyal Lovers Group, Usual Users Group, and Casual Users Group.
"
2017
S67348
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ambun Salsabila Kandung Sonda
"Fitur live streaming telah menjadi alat yang populer sebagai strategi bisnis sebagai upaya untuk membangun interaksi. Maraknya strategi ini menyebabkan perusahaan berlomba untuk membangun user stickiness, yang jika terbentuk dapat berpengaruh positif terhadap pembentukan word of mouth. Word of mouth yang positif merupakan peran penting dalam penjualan karena dianggap sebagai indikator untuk menilai produk sebelum membeli sebagai bantuan untuk mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Namun, penelitian yang sudah ada tidak memberi perhatian yang cukup pada manfaat penggunaan strategi ini pada pembentukan word of mouth. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pembentukan word of mouth yang didapatkan oleh penggunaan live streaming menggunakan teori socio-technical approach dan attachment theory. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui kuesioner online dan memiliki 12 hipotesis dengan pendekatan purposive sampling. Responden sebanyak 319 orang yang merupakan pengguna TikTok Live Shopping. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS. Hasil yang didapatkan adalah live streaming memiliki dampak positif terhadap pembentukan user stickiness dan word of mouth. Streamer memiliki pengaruh cukup besar pada interaksi dengan penonton live streaming, pembentukan platform attachment, user stickiness, dan word of mouth. Penelitian ini menemukan bahwa vicarious expression tidak berpengaruh positif terhadap platform attachment. Penelitian ini memberikan kontribusi kepada praktisi bisnis di Indonesia untuk memanfaatkan live streaming sebagai strategi untuk mempertahankan konsumen dengan menjadi lebih dekat dengan konsumen, dan mengisi celah dalam penelitian sebelumnya yang hanya mempertimbangkan loyalitas suatu brand dalam bentuk transaksi saja, yaitu bantuan teoritis yang mempelajari hubungan antara user stickiness terhadap pembentukan word of mouth pada platform live streaming.

Live streaming has been a popular tool as a selling strategy in an attempt to promote interaction, which drove businesses to compete to build user stickiness that later have a positive effect on word of mouth. Word of mouth plays an important role in business since it is viewed as an indicator to evaluate the product before buying to help eliminate uncertainty in decision making. However, past research does not give enough attention to the benefits of using live streaming in the forming of word of mouth. Therefore, the goal of this research is to see the forming of word of mouth formed by the use of live streaming using the socio-technical method and attachment theory. There are a total of 12 hypotheses in this quantitative research. Purposive sampling was used to collect data through the distribution of online questionnaires. Respondents were 319 TikTok Live Shopping users, examined using SmartPLS. The result is live streaming has a positive effect on user stickiness and word of mouth. Streamers have a big influence on interaction with the audience, building platform attachments, user stickiness, and word of mouth, so that marketers may maximize the use of live streaming by working with the most suitable streamers. This research also found that vicarious expression has no positive effect on platform attachment. This research contributes to business practitioners in Indonesia by using live streaming as a strategy to retain consumers by being closer to consumers, and fills the gaps in previous research that only considered brand loyalty in the form of transactions by giving theoretical support for studying the relationship between user stickiness and the forming of word of mouth on the live streaming platform. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diaz Pradista Diandra
"ABSTRAK
Lahirnya internet memberikan dampak tumbuhnya berbagai macam sosial media untuk berhubungan dengan satu sama lain Sosial media tersebut hadir dalam berbagai bentuk mulai dari berbentuk percakapan halaman web hingga layanan media streaming Media streaming memiliki berbagai karakteristiknya sendiri Semua video dapat kita saksikan secara langsung namun hanya beberapa yang menawarkan siaran langsung secara real time Periscope hadir sebagai sosial media yang memiliki fitur menyiarkan siaran pengguna secara langsung dan real time dan juga memiliki fitur fitur yang dapat membantu pengguna berhubungan dengan penontonnya Televisi sebagai media konvensional mulai menggunakan ketimbang melawan media baru tersebut NET menjadi salah satu stasiun televisi yang memulai menggunakan Periscope secara tetap Berbagai konten siaran disiarkan melalui akun Periscopenya yang terlihat mulai menarik penonton untuk menyaksikan konten tambahan yang ditawarkan Banyak jenis konten siaran lain yang masih dapat dicoba oleh NET untuk menarik lebih banyak penonton dan makin mendekatkannya dengan penonton.

ABSTRACT
The Development of Internet gives us a wide variety of social media to connect to others Those social media have different kind of use and also characteristic it comes in website format chatting and also media streaming format Social media based on media streaming also has its own characteristics All of them provided us with live video streaming but only a few of them gives us a real time live streaming Periscope offers us the real time live streaming in form of social media app In addition Periscope also provided user a real time commentary from audience and also audience can interact with user with likes Television as a conventional media starts to use Periscope instead of strive against that new kind of social media NET became one of Indonesian Televisions who started using Periscope regularly Variety of contents has already broadcasted through its own Periscope account which begin to look succeeded to gain some interest from its conventional audiences NET provides the audience with its value added content on its Periscope account There are lot of broadcast type need to be explored by NET to gain more audiences and make NET rsquo s Audiences feel more close to its television.
"
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Putra Ramadhani
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari interactivity, humor appeal dan sex appeal terhadap continuous watching intention penonton live streaming commerce platform Shopee. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pengambilan data secara cross-sectional melalui penyebaran kuesioner kepada responden menggunakan Google Form. Target responden dalam penelitian ini adalah penonton live streaming commerce platform shopee dengan usia 16-34 tahun dan pernah menonton live streaming commerce platform shopee setidaknya 5 kali dalam tiga bulan terakhir. Jumlah responden yang didapatkan dalam penelitian ini adalah 200 responden. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Smart PLS 2.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interactivity, humor appeal dan sex appeal secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap continuous watching intention.

This study aims to examine the effect of interactivity, humor appeal and sex appeal towards continuous watching intention viewer live streaming commerce of Shopee platform. This study uses a descriptive research design with cross-sectional data collection through distributing questionnaires to respondents using Google Form. The target respondents in this study are the audience live streaming commerce of shopee platform with ages 16-34 and have watchedlive streaming commerce the shopee platform at least 5 times in the last three months. The number of respondents obtained in this study was 200 respondents. The data obtained is then processed using the method Structural Equation Modeling (SEM) with the help software Smart PLS 2.0. The results of this study indicate that interactivity, humor appeal and sex appeal significantly has a positive influence on continuous watching intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meilinda Kurniawati
"Konsumen yang aktif dalam pasar online sering mengalami tantangan terkait ketidakseimbangan informasi yang berfokus pada dua sumber utama asimetri informasi yang dihadapi yaitu tentang ketidakpastian penjual dan ketidakpastian tentang produk. Penelitian ini menggunakan Uncertainty Reduction Theory untuk mengurangi asimetri informasi yang dihadapi konsumen dengan mengaplikasikan tiga strategi utama dalam mengurangi ketidakpastian yaitu melalui efektivitas deskripsi produk, interaktivitas yang dirasakan, dan efektivitas sistem ulasan. Penelitian bertujuan untuk membuktikan dan menjelaskan pengaruh strategi komunikasi URT, ketidakpastian tingkat produk dan penjual terhadap perilaku konsumen secara online melalui live streaming shopping. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui kuesioner online dan memiliki 13 hipotesis dengan pendekatan purposive sampling. Responden sebanyak 240 orang yang merupakan pengguna Shopee Live Streaming Shopping. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS. Sebagian besar teori hubungan antara strategi komunikasi uncertainty reduction theory dan ketidakpastian penjual, ketidakpastian kualitas produk, serta ketidakpastian kesesuaian produk adalah signifikan, dengan pengecualian yaitu dampak efektivitas sistem ulasan terhadap ketidakpastian penjual tidak terkonfirmasi. Efektivitas sistem ulasan secara kuat mengurangi ketidakpastian kesesuaian produk yang dirasakan konsumen. Hal ini menyiratkan bahwa efektivitas sistem ulasan merupakan faktor mitigasi yang paling efektif dari ketiga fasilitator strategi komunikasi dalam mengatasi ketidakpastian produk.

Active consumers in online market often challenges related to information imbalance, focusing on two main sources of information asymmetry: seller uncertainty and product uncertainty. This study uses Uncertainty Reduction Theory (URT) to reduce the information asymmetry faced by consumers by applying three main strategies to reduce uncertainty which the effectiveness of product descriptions, perceived interactivity, and the effectiveness of the review system. Study aims to demonstrate and explain the impact of URT communication strategies, product uncertainty, and seller uncertainty on consumer behavior online through live streaming shopping. This research is quantitative, conducted via an online questionnaire, and involves 13 hypotheses using a purposive sampling approach. The respondents are 240 users of Shopee Live Streaming Shopping. Data analysis using SmartPLS. Most of the theoretical relationships between the communication strategies of uncertainty reduction theory and seller uncertainty, product quality uncertainty, and product fit uncertainty are significant, with the exception of the impact of the review system's effectiveness on seller uncertainty, which is not confirmed. The effectiveness of the review system strongly reduces the perceived product fit uncertainty. This implies that the effectiveness of the review system is the most effective mitigating factor among the three communication strategy facilitators in addressing product uncertainty."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Savana Orcaputri
"Media sosial merupakan wadah komunikasi baru bagi masyarakat, untuk bisa saling berinteraksi dan bertukar informasi dengan menggunakan sistem elektromagnetik. Namun, dengan meningkatnya jumlah pengguna media sosial, hal tersebut juga diikuti dengan berkembangnya tindak kejahatan pornografi dengan menyalahgunakan media sosial yang ada. Maka dari itu, media sosial sebagai salah satu penyelenggara sistem elektronik (PSE) di Indonesia, dapat dimintakan pertanggungjawaban secara hukum atas tindak pidana pornografi yang difasilitasi dalam sistem elektroniknya. Fokus penelitian ini, akan membahas lebih mendalam mengenai aplikasi TikTok, dan menguraikan secara akademis tentang (i) bagaimana kewajiban media sosial TikTok sebagai PSE dalam mematuhi norma kesusilaan berdasarkan hukum positif di Indonesia; (ii) bagaimana media sosial TikTok mengatur pembatasan muatan seksual yang dilarang untuk disiarkan; (iii) bagaimana pertanggungjawaban media sosial Tiktok terhadap konten pornografi yang ditayangkan pada sistem elektroniknya dalam fitur live streaming. Metode penelitian yang digunakan penulis ialah penelitian yuridis normatif, dengan menggunakan sumber penelitian pustaka, serta dengan sifat penelitian yang analitis dan berbagai jenis data sekunder yang mendukung. Dasar hukum utama yang mengatur mengenai media sosial sesuai dengan hasil analisis penulis ialah, UU ITE, UU Pers, serta UU Penyiaran. Namun penulis akan memfokuskan pembahasan kepada TikTok sebagai PSE resmi di Indonesia, yang diatur oleh peraturan turunan UU ITE, yakni Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2019, dan Peraturan Menteri No. 5 Tahun 2020. Penelitian penulis juga ditinjau dari dasar hukum utama mengenai pornografi, yakni pada UU Pornografi dan KUHP. Pada dasarnya, ketentuan diatas telah memuat hak dan kewajiban TikTok sebagai PSE, yang dimana salah satunya untuk tidak menyebarkan informasi/dokumentasi elektronik yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan. Dalam praktiknya, TikTok masih menyebarkan konten pornografi, sehingga badan usaha asing tersebut wajib mempertanggungjawabkan tindakannya secara hukum dalam hal belum terpenuhi secara lengkap kewajibannya, sebagai PSE berdasarkan peraturan perundangundangan.

Social media is a new communication platform for the public, to be able to interact and exchange information using electromagnetic systems. However, with the increasing number of social media users, this is also followed by the development of pornography crimes by abusing existing social media. Therefore, social media as one of the organizers of the electronic system (PSE) in Indonesia, can be held legally responsible for pornography crimes facilitated in its electronic system. The focus of this research, will go deeper into the TikTok app, and elaborate academically on (i) how TikTok’s as a social media comply with obligations as a PSE in based on moral norms positive law in Indonesia; (ii) how TikTok's as a social media regulates restrictions on sexual content that is prohibited from being broadcast; (iii) how Tiktok's as a social media is responsible for pornographic content that is aired on its electronic system in the live streaming feature. The research method used by the author is normative juridical research, using literature research sources, as well as with the analytical nature of research and various types of supporting secondary data. The main legal basis governing social media in accordance with the results of the author's analysis is the ITE Law, the Press Law, and the Broadcasting Law. However, the author will focus the discussion on TikTok as an official PSE in Indonesia, which is regulated by derivative regulations of the ITE Law, namely Government Regulation No. 71 of 2019, and Ministerial Regulation No. 5 of 2020. The author's research is also reviewed from the main legal basis regarding pornography, namely the Pornography Law and the KUHP. Basically, the provisions have contained the rights and obligations of TikTok as a PSE, one of which is not to disseminate electronic information/documentation that is prohibited by laws and regulations. In practice, TikTok still spreads pornographic content, so the foreign business entity is obliged to legally responsible its actions based on the law, in terms of they have not fully fulfilled their obligations as a PSE based on laws and regulations."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Randey Juliano Rasyid
"

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas live streaming meningkat secara drastis sebagai akibat dari pandemi COVID-19, terutama live streaming terkait game. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat keberlanjutan untuk menonton live streaming terkait game dan niat bermain game dengan menerapkan Flow Theory. Berdasarkan Flow Theory, niat keberlanjutan untuk menonton dipengaruhi oleh flow experience. Penelitian ini mengidentifikasi tiga kategori faktor utama yang memengaruhi flow experience, yaitu karakteristik streamer yang terdiri dari interactivity, streamer skills, dan social presence, kualitas konten live streaming yang terdiri dari entertainment dan informativeness, serta kualitas platform live streaming yang terdiri dari technology & functional quality dan security. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis pengaruh niat keberlanjutan untuk menonton live streaming terkait game terhadap niat bermain game yang dimainkan oleh streamer. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif melalui survei. Analisis data dilakukan dengan menggunakan partial least square structural equation modeling terhadap data dari 470 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interactivity, social presence, entertainment, technology & functional quality, dan security memengaruhi flow experience, sedangkan streamer skills dan informativeness tidak memengaruhi flow experience. Selain itu, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa flow experience memengaruhi continuous watching intention, dan continuous watching intention memengaruhi play intention. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara teoritis kepada penelitian selanjutnya terkait live streaming, serta memberikan manfaat secara praktis kepada streamer, pengembang platform live streaming, dan perusahaan pengembangan game.


In the past few years, the popularity of live streaming has drastically increased as a result of the COVID-19 pandemic, especially game live streaming. The aim of this study is to analyze the factors that affect viewers’ continuous intention to watch game live streaming and their intention to play games by implementing Flow Theory. According to Flow Theory, continuous watching intention is affected by flow experience. This study identifies three main categories of factors, namely streamer characteristics which consist of interactivity, streamer skills, and social presence, live streaming content quality which consist of entertainment and informativeness, as well as live streaming platform quality which consists of technology & functional quality and security. In addition, this study also analyzes how the continuous intention to watch game live streaming affects viewers’ intention to play games that the streamer has played. This study was done by using a quantitative method via survey. Data analysis was done by using partial least square structural equation modeling on data from 470 respondents. The results of this study indicate that interactivity, social presence, entertainment, technology & functional quality, and security affect flow experience, whereas streamer skills and informativeness do not affect flow experience In addition, the results of this study indicate that flow experience affects continuous watching intention, and continuous watching intention affects play intention. The results of this study will hopefully provide theoretical benefits towards future studies related to live streaming, as well as practical benefits towards streamers, live streaming platform developers, and game development companies.

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanny Arifiani
"Pandemi COVID-19 meningkatkan angka pengangguran sehingga mendorong munculnya pekerja lepas dalam dunia digital, salah satunya host live streaming. Namun saat ini masih belum ada jaminan dalam pekerjaan mereka, sehingga kondisi psikososial pekerja lepas host live streaming Mico Live di Management 30M perlu ditinjau. Penelitian ini diawali dengan gambaran terkait status kelas pekerja host live streaming sebagai pekerja rentan dan tantangan yang dihadapinya. Kemudian gambaran kondisi pekerja terkait psikososial terhadap pekerjaanya dan peran manajemen berkaitan dengan hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan deskriptif yang dilakukan sejak September 2022 hingga Juni 2023 dengan teknik pengambilan data melalui wawancara kepada enam informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pekerja lepas host live streaming di management 30M telah dapat mengelola permasalahan sosialnya dengan baik dan memaksimalkan kesempatan sosial yang ada. Hal tersebut digambarkan dengan terpenuhinya kebutuhan akan otonomi, kompetensi, dan hubungan sosial yang terdapat pada lingkungan kerja host live streaming, yang berhubungan dengan pengelolaan yang dilakukan oleh manajemen.. Penelitian ini memiliki manfaat di bidang Ilmu Kesejahteraan Sosial, untuk menjadi acuan bahan ajar terkait mata kuliah Kesejahteraan Sosial dalam Sektor Industri khususnya mengenai pekerja lepas.

The COVID-19 pandemic has increased unemployment rates, leading to the emergence of freelancers in the digital world, including live streaming hosts. However, currently, there is still no job security for them, so the psychosocial conditions of freelancers working as live streaming hosts at Management 30M need to be examined. This research began by providing an overview of the vulnerable working class status of live streaming hosts and the challenges they face. Subsequently, it depicted the workers' psychosocial conditions related to their work and the role of management in this regard. The study is qualitative in nature, with a descriptive purpose, conducted from September 2022 to June 2023, using data collection techniques such as interviews with six informants.The findings of this research indicate that freelance hosts in Management 30M have been able to manage their social issues effectively and maximize existing social opportunities. This is illustrated by the fulfillment of their needs for autonomy, competence, and social relationships within the live streaming host work environment, which is related to the management's practices. The study's significance lies in the field of Social Welfare Sciences, as it serves as a reference for teaching materials related to the Social Welfare course in the Industrial Sector, especially concerning freelancers."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Talahatu, Shayna Yemima
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi impulsive buying behavior pada konsumen yang menonton live streaming shopping melalui platform Shopee dan TikTok di Indonesia. Untuk menemukan penjelasan atas hal tersebut, penelitian mengadopsi kerangka Stimulus-Organism-Response yang menjelaskan bagaimana lingkungan eksternal melalui kondisi kogntif dan psikologis memengaruhi tindakan individu. Pengumpulan data dilakukan kepada 400 responden di Indonesia yang pernah melakukan pembelian produk saat menonton live streaming shopping pada platform Shopee dan TikTok, yang terbagi atas 200 responden pengguna Shopee dan 200 responden pengguna TikTok. Data terkumpul dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh faktor impulsive buying behavior antara konsumen yang menonton live streaming shopping pada platform Shopee dan TikTok. Anchor characteristics, promotion incentive information, dan promotion time-limit memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perceived trust dan perceived value konsumen yang menonton live streaming shopping pada platform Shopee dan TikTok. Sementara itu, online comments tidak memengaruhi perceived trust dan perceived value di Shopee dan logistics service quality tidak memengaruhi perceived trust dan perceived value di TikTok. Selanjutnya, peneliti menemukan bahwa perceived trust dan perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying behavior konsumen yang menonton live streaming shopping pada platform Shopee dan TikTok.

This study aims to determine the factors influencing impulse buying behavior in consumers who watch live streaming shopping through Shopee and TikTok in Indonesia. The study adopted the Stimulus-Organism-Response framework that explains how the external environment through cognitive and psychological conditions influences individual actions. Data collection was carried out on 400 respondents in Indonesia who had made product purchases while watching live streaming shopping on Shopee and TikTok, which were divided into 200 respondents of Shopee users and 200 respondents of TikTok users. The collected data was analyzed using the PLS-SEM method with SmartPLS 3.0 software.The findings indicate differences in the impact of factors influencing impulsive buying behavior between consumers who engage in live streaming shopping on Shopee and TikTok. Anchor characteristics, promotional incentive information, and promotion time-limit positively and significantly affect both perceived trust and perceived value among viewers on these platforms. In contrast, online comments do not influence perceived trust and value on Shopee, while logistics services quality has no impact on these perceptions on TikTok. Additionally, the research demonstrated that perceived trust and perceived value significantly and positively influence the impulsive buying behavior of consumers who participate in live streaming shopping on both Shopee and TikTok."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>